SITE STATUS
Jumlah Member :
488.281 member
user online :
1879 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - tentang orga wanita


tentang orga wanita
trimakasih yg dok jwaban yg kmren tp alhamdulilah sya tdak ada" tanda" seperti kata dokter.., tp saya mau tanya lgi ya dok,, klo turun pranakan itu gmana sih dok? klo ada sesuatu yg timbul dari miss V itu trunnya pranakan atau trun nya kantong kemih, cara mengatasi nya gmana ya dok? kata org coba di urut tp udh di urut ttp masih ada.. ..terimakasih dok
08 Jan 2018, 22:20
Dari : Renata Karlina

Jawaban

Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Macam-Macam Posisi Rahim " :Posisi rahim wanita ternyata ada bermacam-macam. Infobunda akan membahas beberapa diantaranya yaitu anteversi, retroflexi, anteflexi dan retroversi. Posisi apakah yang pada umumnya dianggap berhubungan dengan kesuburan Bunda dan apa penyebabnya? Berikut ini beberapa point yang bisa Bunda ketahui:

1. Sumbu vagina dan sumbu uterus (rahim) akan membentuk suatu sudut, jika sudut membuka ke depan disebut anteversio dan jika sudut membuka ke belakang disebut retroversio.

2. Sumbu serviks dan sumbu korpus uteri (rahim) akan membentuk sudut, jika membuka ke depan disebut anteflexio dan jika membuka ke belakang disebut retroflexio.

3. Posisi yang paling sering ditemui dan di anggap normal adalah posisi anteversi anteflexio.

4. Penyebab utama yang sering terjadi adalah karena bawaan sejak lahir. Sejak lahir kondisi rahim sudah seperti itu, tetapi ada juga yang berubah saat dewasa.

5. Penyebab lain posisi rahim yang tidak normal bisa karena endometriosis. Gejala rahim terbalik perlu diwaspadai, seperti nyeri di sekitar perut saat menstruasi, sakit saat bercinta. Periksa ke dokter bila gejala ini muncul.

6. Penyakit radang panggul atau pernah operasi radang panggul juga bisa membuat posisi rahim terbalik (retroflexio).

7. Solusinya bisa dilakukan operasi untuk mengoreksi posisi rahim. Namun, hal ini tidak umum dilakukan karena posisi rahim bisa berubah dengan sendirinya.

8. Disarankan untuk mengganjal bokong Bunda dengan bantal supaya dapat membantu sperma meluncur ke dalam dan menemukan sel telur. Tidak ada salahnya mengangkat kaki ke atas dalam posisi tidur.

9. Jangan patah semangat bila posisi rahim Bunda tidak berada pada posisi normal. Bila kualitas sperma bagus dan kuat, bukan tidak mungkin Bunda hamil. Ada beberapa wanita yang berhasil hamil meski memiliki posisi rahim terbalik.

10. Hindari pemijatan atau urut pada daerah perut bawah karena dapat melukai rahim atau malah akan menyebabkan perubahan posisi rahim yang tidak diinginkan.

Tips: Bila Bunda memiliki masalah kesuburan, periksakan dengan seksama kepada dokter karena posisi uterus belum tentu mempengaruhi kesuburan Bunda.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Aisyah Amini " dengan judul pertanyaan " turun rahim " pada Tanya Dokter:dok gmna y crax mngatasi trun rahim tanpa hrs d pjat
klo bahasa sundanya itu turun pianakan dok mksdnya ...
biasanya yg spt itu rahim bsa kembali ke tmpatnya dg cara dipijat oleh paraji ..
hal spt itu didapat misal klo perempuan bepergian jauh dg mtor melalui jalanan yg krg bagus..atw jga seringnya naik turun tangga..
naahh..cara mengatasi turun pianakan itu bgmn dok?
apa ada selain dg dipijat?
bgmn jga ya dok spya tdk mudah mengalami turun pianakan itu?apalagi bagi perempuan yg blm hamil ..
trmkasih :)

dr. Tanti menjawab
Mulut rahim sampai pada vagina atau keluar melalui vagina? Mungkin yang di maksud adalah prolaps uteri, rahim turun bahkan mulut rahim bisa muncul keluar melalui vagina. Jangan dilakukan urut karena dapat memperburuk. Biasa terjadi pada ibu yang telah melahirkan banyak anak, bisa juga karena ada masalah dengan syaraf ataupun otot ataupun jaringan pendukung lainnya. Terapi dapat dilakukan operasi. Lakukan gerakan kegel yaitu mengencangkan otot seperti ketika sedang menahan buang air kecil, secara rutin untuk melatih kekuatan otot.

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Forum
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter