SITE STATUS
Jumlah Member :
478.601 member
user online :
1602 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - ingin asi berlimpah


ingin asi berlimpah
siang dokter dan bu bidan
u/ menghasilkan asi yang berlimpah bagaimana ya? saat ini saya juga sudah coba makan2an sehat, sayur2an dan sudah minum susu u/ ibu menyusui. tp ttp klo d pompa hasilnya sedikit, jd stok u/ d rumah ndk bs banyak (saya kerja). mohon informasinya
10 Aug 2017, 14:51
Dari : Sugiyati

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Makanan untuk Ibu Menyusui " :Bagi para bunda yang sedang menyusui sebaiknya mengkonsumsi makanan bergizi dalam jumlah yang lebih banyak. Menurut Dr. William Sears dalam bukunya The Baby Book, bila Bunda menyantap makanan yang baik dan sehat, maka Bunda akan memiliki lebih banyak energi, seperti pada masa nifas dan saat stres karena menjadi ibu baru. Untuk gizi seimbang, Dr. Sears menyarankan kelima kelompok makanan dasar ini:

1. kelompok nasi, serealia, roti gandum, atau pasta
2. kelompok sayuran
3. kelompok buah-buahan
4. kelompok ikan, daging, unggas, kacang kering, telur, dan kacang
5. kelompok susu, yoghurt, dan keju.

Selain itu, makanan yang dapat dikonsumsi oleh Ibu menyusui adalah jenis makanan yang sebaiknya dapat menambah kalori kira-kira 500 kkal, diantaranya adalah:
1. Minum air putih lebih banyak, karena Ibu menyusui akan merasa lebih cepat haus. Sebagian cairan tersebut digunakan untuk memproduksi ASI. Ibu Menyusui sedikitnya minum 2 liter air putih per hari. Hal tersebut juga disertai konsumsi susu dan buah, sehingga cairan dalam tubuh cukup.

2. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein,kalsium dan zat besi/zinc seperti daging (ayam, sapi, kambing), ikan (salmon, tuna), susu dan olahannya (keju dan yoghurt), telur, daun-daunan hijau (sayur bayam, kangkung, katuk),kacang kedelai, brokoli, buncis, jus wortel serta buah-buahan dan sayur yang mengandung vitamin c.

Tips:
Pantangan makanan Ibu menyusui adalah makanan yang menyebabkan alergi dan beresiko mengandung merkuri.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " sabrina.r.augustine " dengan judul pertanyaan " Merangsang Produksi ASI " pada Tanya Bidan:Bu, saya baru melahirkan sekitar 3,5 bulan yang lalu dengan operasi cesar. ASI saya lancar pada bulan 1 - 2, tapi setelah itu ASI saya sudah tidak keluar lagi. Apakah ada cara untuk merangsang produksi ASI lagi?

Bidan menjawab
Dear bunda Sabreena Ree Mahendra,
Selamat ya bunda atas kelahiran buah hatinya. Cara untuk merangsang produksi ASI adalah yakinkan hati dan pikiran bunda bahwa produksi ASI melimpah sehingga kebutuhan buah hati terpenuhi, perbanyak kontak kulit payudara dengan mulut bayi, teruslah berupaya dan semangat untuk menyusui secara langsung, serta lakukan pijatan pada daerah punggung untuk merangsang keluarnya hormon oksitosin yang berguna untuk meningkatkan produksi ASI.

Demikianlah jawaban dari saya, tetap semangat untuk memberikan ASI ya bunda.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Aat(0) " dengan judul pertanyaan " Produksi ASI " pada Tanya Dokter:Dokter yth, saya penasaran krn ketika baru melahirkan anak lakilaki 18 Agustus 2011 Asi keluar sedikit sekali. Obat dokter utk melancarkan Asi pun tidak bisa. Ada info utk diurut tapi tidak ada perubahan. Saya sudah minum susu khusus ibu menyusui, banyak makan, pijat sendiri payudara setiap hari. Dokter faktor usia mempengaruhi produksi Asi atau tidak? Terimakasih

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, Untuk memperbanyak dan memperlancar produksi ASI , anda dapat memperhatikan beberapa hal sebagai berikut: • Hindari keadaan stress , karena akan menimbulkan kegelisahan bagi anda dan mengurangi produksi ASI anda. • Minum banyak air, terutama ketika anda sedang menyusui bayi anda. • Hentikan pemberian susu sebelum bayi anda benar-benar kenyang, sehingga ia akan mau menyusu kembali ketika anda berikan ASI di waktu berikutnya. Salah satu factor dalam produksi ASI adalah rangsangan menyusu dari bayi, apabila bayi anda terlalu kenyang dan tidak mau menyusu, maka tubuh anda akan mulai mengurangi jumlah produksi ASI. • Berikan pijatan pada payudara anda, ini dapat dilakukan ketika anda sedang mandi ataupun ketika menyusui, hal ini akan memberikan sinyal kepada tubuh anda bahwa bayi sedang menyusu dan akan terus memproduksi ASI. • Konsumsi makanan bergizi dan menghindari fast food (junk food) serta caffeine. Ganti makanan cemilana anda dengan buah-buahan atau sayuran. Bila perlu, anda dapat mengkonsumsi supplement multivitamin.


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "yuzza.amin " dengan judul pertanyaan " suplemen ibu menyusui " pada Tanya Apoteker:met kenal bu,,sy ibu dr 2 anak,anak pertama ys baru 2,5 thun dan anak ke2 sy baru 4bulan,,selain itu sy jg ibu yg bekerja,,sy merasa sering cape,,cape kerja,,cape ngurus anak juga,,yg sy mau tanyakan,,kira2 adakah suplemen makanan yg aman biar ga cepat lelah untuk ibu menyusui sperti sy?makasih bu..

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda Yuzza,
Terima Kasih atas pertanyaannya.
Menurut penelitian, menyusui sendiri dapat membakar 500 kalori/hari (sekitar 200- 600 kalori/hari). Oleh karena itu, ibu menyusui dapat merasa lelah dan memerlukan pola makan yang baik dan sehat. Pola makan sebaiknya mengandung karnohidrat, buah dan sayur, protein dan lemak yang sehat. Hindari makanan fast food dan makanan yang mengandung zat pengawet, pewarna atau penguat rasa.

Salah satu penyebab kelelahan adalah kekurangan vitamin B12. Gejala lainnya adalah, rasa lemas. Tubuh membutuhkan vitamin B12 untuk membuat sel darah merah yang digunakan untuk sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh.

Supplemen yang saya sarankan untuk dikonsumsi ibu menyusui adalah yang mengandung :
- Kalsium
- Vitamin K & D3
- Magnesium
- Vitamin B (termasuk B3,B6 dan B12)
- Zat Besi (jika anemia)
Demikian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.
Terima Kasih

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter