SITE STATUS
Jumlah Member :
485.981 member
user online :
2733 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - hanief arkhan abdullah


hanief arkhan abdullah
vitamin penambah nafsu makan buat bayi umur 11 bulan
19 May 2017, 11:35
Dari : Arkhan Abdullah

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Jangan Asal Memberinya Suplemen! " :
Sebagai orangtua tentu kita merasa sedih bila pertumbuhan dan pekembangan putra-putri kita tidak normal. Salah satunya perihal kurangnya berat badan anak. Pertumbuhan berat badan anak dipengaruhi pola makan dan nafsu makannya. Kebanyakan Bunda mengeluhkan anaknya yang tidak nafsu makan, selalu menolak makanan atau menangis saat waktu makan tiba. Mungkin Bunda sudah melakukan berbagai cara untuk membujuk si kecil tetapi, hasilnya nol.
Bagaimana bila Bunda memberinya suplemen penambah nafsu makan? Tunggu dulu, Bun! sebelum memberinya suplemen Bunda perlu tahu apakah si kecil benar-benar memerlukannya. Berikut ulasannya.

Cari Penyebabnya
Terganggunya nafsu makan si kecil disebabkan beberapa alasan yang berbeda. Ia tidak nafsu makan mungkin karena sakit. Bisa juga karena suasana makan yang tidak menyenangkan, atau mungkin ia memang tipe pemilih makanan (picky eater). Dengan alasan yang berbeda ini tentu Bunda tidak bisa menyamaratakan solusi hanya dengan memberinya suplemen. Bila penyebabnya tak diketahui dengan pasti dan Bunda hanya memberikannya suplemen, bukan tak mungkin ia malah akan ketergantungan suplemen dalam jangak waktu panjang.

Perbaikan Gizi
Sebenarnya suplemen bukanlah solusi untuk meningkatkan nafsu makan anak. Suplemen hanyalah sebagai pendorong untuk memperbaiki gizi yang hilang saat sakit. Saat sakit, metabolisme tubuhnya tidak berfungsi dengan baik. Nah, suplemen inilah yang kemudian membantu mengembalikan fungsi metabolisme tubuh.

Suasana Hati
Bila orang dewasa makan hanya sebagai pemenuh kebutuhan dan selera saja, lain halnya dengan anak. Si kecil makan menuruti suasana hatinya. Bila ia senang, tentu kualitas makannya baik, begitu juga sebaliknya. Untuk itu penting untuk menciptakan suasana makan yang menyenangkan sehingga ia tidak ‘memusuhi’ waktu makan.

Tips :
Konsultasikan ke dokter gizi untuk mencari tahu penyebab kurang nafsu makannya.
Bila memerlukan suplemen, tanyakan pada dokter jenis apa yang benar-benar ia butuhkan dan pahami berapa takarannya.
Jangan memberikan makanan manis saat jam makan hampir tiba karena ia akan merasa kenyang dan menolak makanannya.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " titik_p@ymail.com " dengan judul pertanyaan " Vitamin Nafsu Makan untuk Anak " pada Tanya Dokter: Dear Dr Tanti, Anak saya usia 16 bulan, BB:10kg TB:78cm, saat ini anak saya tidak mau minum susu dok, sudah coba disuapi pakai sendok, minum dari gelas, dan sedotan tetap menolak, bahkan sampai menangis. untuk makan dan minum air putih biasa dok, masih doyan, minum asi hanya malam saja, karena saya bekerja. saya bingung dan sedih dokter, khawatir anak saya kekurangan gizi. bolehkah diberikan vitamin? kalau boleh, apa nama vitaminnya? atau bisa kasih saran lain dokter. terima kasih salam -titi-

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, untuk anak usia 16 bulan (1,5 tahun) susu bukan lagi menjadi kebutuhan utama. Berikan nutrisi yang baik melalui sayur-sayuran dan buah-buahan juga protein hewani (telur, daging sapi, ayam dan ikan) untuk memenuhi kebutuhannya. Sebagai pengganti susu, Bunda dapat memberikan makanan berbahan dasar susu, seperti keju, yoghurt ataupun makanan lain yang mengandung susu (dairy food). Mengenai status gizi sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis anak untuk pemeriksaan lebih lanjut. Menurut saya pemberian vitamin suplemen tidak diperlukan bila asupan nutrisi alami sang anak berjalan dengan baik.


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " bahiya " dengan judul pertanyaan " agar nafsu makan dan berat badan bertambah " pada Tanya Apoteker:Dok,anak sy umur 2thn,gmna caranya agar nafsu makan,susah klau diksh makan inginnya minum trus klau g susu,air putih.bbnya jg hnya 8kg.
Jenis makanan apa yg hrus sy berikan,agar bb anak sy bertambah sesuai dgn umurny.
Mhon infonya dok

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda Bahiya,
Terima kasih atas pertanyaannya.
Peningkat nafsu makan yang natural seperti fenugreek (klabet), kunyit, jahe dan ginseng dapat diberikan pada anak. Kekurangan vitamin dapat menyebabkan penurunan nafsu makan pada anak. Berikan vitamin khusus anak seperti vitamin C, D, zink, kalsium dan B12. Suplemen yang dapat diberikan untuk peningkat nafsu makan seperti minyak ikan serta madu dapat meningkatkan nafsu makan.

Pemberian makanan yang tinggi nutrisi juga dapat meningkatkan nafsu makan pada anak, karena tinggi vitamin dan mineral. Buah-buahan yang mengandung vitamin A, C dan serat dapat membantu meningkatkan nafsu makan seperti mangga, pisang, jeruk dan blueberi. Buat makanan tampil semenarik mungkin. Pemberian makanan berbasis susu seperti smoothies dan yoghurt yang kaya akan serat, kalsium serta vitamin B12. Sayuran hijau seperti bayam dan selada juga dapat meningkatkan nafsu makan. Buatlah jadwal makan yang teratur untuk anak.
Demikian jawaban dari saya, semoga dapat membantu bunda. Terima kasih.

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :