SITE STATUS
Jumlah Member :
493.665 member
user online :
1548 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: wujud darah menstruasi seperti serat ben

New Topic :  
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
mw tnya bun... saya hamil 13 w tapi tiap bulanya saya menstruasi rutin tapi yg keluar hnya darah cair untk darah bergumpal seperti biasanya itu gk ad... saya tw klo saya hamil itu sama embah tukang urut trus saya usg memang keliatan janinya...kata sih embah bnyk pasienya kyk saya... katanya hamil bulan namanya.... apa ad hamil seperti itu??? saya takut anak yg saya kandung ad kelainan...
   


15-07-2016 15:14:22 HB sebelum 40 hari masa nifas
Jumlah Posts : 227
Jumlah di-Like : belum ada like
waktu tgl 9 itu sudah tidak ada darah yang keluar lagi dok, tapi kenapa saat tgl 12 saya pendarahan lagi & keluarnyapun bayaj tidak seperti darah sebelumnya, apakah ini masih darah nifas atau darah menstruasi dokter??
   
23-05-2016 14:10:07 sulit hamil
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Infobunda telah membahas masalah menstruasi, untuk mengenal menstruasi anda maka silahkan membaca:

1. Menstruasi saya sedikit, apakah itu normal?
Normal atau tidaknya menstruasi tidak bisa dilihat hanya dari berapa banyaknya darah menstruasi yang keluar. Biasanya darah menstruasi akan keluar banyak pada hari pertama hingga ketiga. Selanjutnya sedikit, bercak hingga lama kelamaan hilang. Asalkan menstruasi datang rutin setiap bulan, darah menstruasi yang sedikit bukanlah suatu masalah.

2. Mengapa darah menstruasi menggumpal?
Biasanya darah menstruasi menggumpal karena darah tertahan di dalam vagina sehingga tidak langsung keluar. Gumpalan darah ini tergolong normal karena memang hanya tampungan darah saja.

3. Mengapa menstruasi datangnya tidak beraturan di tanggal yang sama?
Menstruasi terjadi karena adanya sel telur matang yang tidak dibuahi.
Bila sel telur matang tetapi tidak pecah, maka hormon progesteron tidak akan muncul yang membuat menstruasi tertunda. Biasanya hal ini dipicu oleh masalah hormon, stres, diet yang terlalu ketat atau terjadi radang/infeksi.

4. Mengapa saat menstruasi terasa nyeri di bawah perut? Apakah itu tandanya ada endometriosis?
Pada beberapa wanita, saat menstruasi adalah saat yang menyiksa. Perut bagian bawah akan terasa nyeri dan pegal. Tetapi ada juga yang merasa nyeri terutama pada saat buang air besar (BAB). Pada saat menstruasi tubuh juga mengeluarkan zat yang akan menimbulkan rasa sakit.tetapi bila sakitnya spesifik hanya pada saat BAB saja, ada baiknya Bunda periksakan ke dokter, karena salah satu gejala endometriosis memang seperti itu.

5. Apakah kalau menstruasi tidak teratur, ada resiko tidak bisa punya anak?
Untuk memastikan hal ini Bunda harus melakukan pemeriksaan ke dokter. Biasanya menstruasi tidak teratur hanya karena gangguan hormonal saja. Tetapi supaya lebih yakin, Bunda bisa memeriksakan apakah ada siklus anovulasi, yaitu di mana sel telur tidak terlepas. Tetapi jangan kuatir. Bunda bisa melakukan terapi sejak dini untuk menyembuhkan gangguan tersebut.

6. Apakah benar minum minuman dingin saat menstruasi akan memperlambat aliran darah menstruasi?
Tidak benar. Itu hanyalah mitos belaka. Minuman dingin tidak memberikan efek apa pun pada menstruasi. Darah menstruasi tidak akan membeku dan menjadi lambat karenanya.

Nah, sekarang terjawab sudah pertanya yang mungkin selama ini Bunda ragukan. Bila ada yang Bunda ragukan pada menstruasi Bunda. Jangan ragu, segeralah konsultasikan ke dokter demi kesehatan Bunda.

Tips:
- Bila Bunda melewati siklus menstruasi selama tiga kali berturut-turut segera ke dokter.

   


28-07-2015 11:18:36 haid tidak teratur :(
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Mengenal Lebih Dekat dengan Menstruasi

1. Menstruasi saya sedikit, apakah itu normal?
Normal atau tidaknya menstruasi tidak bisa dilihat hanya dari berapa banyaknya darah menstruasi yang keluar. Biasanya darah menstruasi akan keluar banyak pada hari pertama hingga ketiga. Selanjutnya sedikit, bercak hingga lama kelamaan hilang. Asalkan menstruasi datang rutin setiap bulan, darah menstruasi yang sedikit bukanlah suatu masalah.

2. Mengapa darah menstruasi menggumpal?
Biasanya darah menstruasi menggumpal karena darah tertahan di dalam vagina sehingga tidak langsung keluar. Gumpalan darah ini tergolong normal karena memang hanya tampungan darah saja.

3. Mengapa menstruasi datangnya tidak beraturan di tanggal yang sama?
Menstruasi terjadi karena adanya sel telur matang yang tidak dibuahi.
Bila sel telur matang tetapi tidak pecah, maka hormon progesteron tidak akan muncul yang membuat menstruasi tertunda. Biasanya hal ini dipicu oleh masalah hormon, stres, diet yang terlalu ketat atau terjadi radang/infeksi.

4. Mengapa saat menstruasi terasa nyeri di bawah perut? Apakah itu tandanya ada endometriosis?
Pada beberapa wanita, saat menstruasi adalah saat yang menyiksa. Perut bagian bawah akan terasa nyeri dan pegal. Tetapi ada juga yang merasa nyeri terutama pada saat buang air besar (BAB). Pada saat menstruasi tubuh juga mengeluarkan zat yang akan menimbulkan rasa sakit.tetapi bila sakitnya spesifik hanya pada saat BAB saja, ada baiknya Bunda periksakan ke dokter, karena salah satu gejala endometriosis memang seperti itu.

5. Apakah kalau menstruasi tidak teratur, ada resiko tidak bisa punya anak?
Untuk memastikan hal ini Bunda harus melakukan pemeriksaan ke dokter. Biasanya menstruasi tidak teratur hanya karena gangguan hormonal saja. Tetapi supaya lebih yakin, Bunda bisa memeriksakan apakah ada siklus anovulasi, yaitu di mana sel telur tidak terlepas. Tetapi jangan kuatir. Bunda bisa melakukan terapi sejak dini untuk menyembuhkan gangguan tersebut.

6. Apakah benar minum minuman dingin saat menstruasi akan memperlambat aliran darah menstruasi?
Tidak benar. Itu hanyalah mitos belaka. Minuman dingin tidak memberikan efek apa pun pada menstruasi. Darah menstruasi tidak akan membeku dan menjadi lambat karenanya.

Nah, sekarang terjawab sudah pertanya yang mungkin selama ini Bunda ragukan. Bila ada yang Bunda ragukan pada menstruasi Bunda. Jangan ragu, segeralah konsultasikan ke dokter demi kesehatan Bunda.

Tips:
- Bila Bunda melewati siklus menstruasi selama tiga kali berturut-turut segera ke dokter.

   
30-06-2015 14:44:23 mau promil
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

 Banyaknya darah dan terdapat gumpalan darah pada saat menstruasi dapat bervariasi pada masing-masing individu. Apabila Anda merasa bahwa darah menstruasi terlalu banyak bahkan mendapati gumpalan darah yang terlalu banyak dalam ukuran besar, maka sebaiknya Anda menemui dokter untuk pemeriksaan. Banyaknya darah menstruasi yang berlebihan dapat dikarenakan oleh banyak faktor seperti hormonal, adanya massa pada alat reproduksi dan lain-lain. Selain pemeriksaan pada alat reproduksi, kemungkinan diperlukannya pemeriksaan pada darah untuk menilai keadaan darah Anda. Bila menstruasi terjadi antara 2-7 hari maka menstruasi tersebut masih termasuk dalam batas normal dengan volume bervariasi antara 10-80 mililiter per siklus. Bila siklus Bunda terjadi secara teratur setiap 21-28 hari maka siklus tersebut juga termasuk dalam batas normal dan di harapkan ovulasi terjadi secara teratur juga dengan rentang masa subur antara hari ke 11-16 di dalam siklus menstruasi.

   


25-03-2015 06:51:17 telat 8 hari tapi tp -
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like

assalam bu bidan.. mau nanya, sy dtg haid warna kecoklatan di bulan jan selama dua hari tanggal 22, dan 23 sorenya baru mulai keluar darah sampai tanggal 29, terus taggal 20 feb sy dtg haid lge sampai tggl 27, nah bulan ini menstruasi sy kayaknya seperti terlambat 2 hari seharusnya tggl 21 maret ini udah dtg tp belum dtg lge sampai tggl 23 kelmaren keluar warna coklat tapi dikit aja setetes sampai tggl 24 hri ini, sore klmaren udah agak banyak dikit tp masih coklat dan gelap kali disertai dengan kram kayak menstruasi, udah sy tespek pgi kelmaren tp hasilnya negatif..dan pagi ini keluar darah yang lancar disertai dengan gumpalan darah sebesar ibu jempol, sy biasanya nga pernah ngalamin keluar darah gumpalan seperti ini dan nga pernah telat haidnya, dan biasanya hari pertama aja keluar warna cklatnya nga berlnsung selama dua hari dan darahnya lancar terus.. apakah sy hamil atau ada penyakit yang lain? mohon bantuannya y bu bidan.. trimas.. :)

   
13-01-2015 11:13:25 masa nifas
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear bunda,

Masa nifas dapat berlangsung selama 6 minggu. Cairan yang keluar melalui vagina awalnya seperti darah menstruasi, dan berangsur-angsur berubah menjadi lebih bening dan memudar, menjadi berwarna keputihan bening dan berhenti. Hal ini wajar saja, jaga kebersihan Bunda agar terhindar dari infeksi.

   
11-01-2015 23:10:41 Hamil haid mungkin kah ?
Jumlah Posts : 31
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda tantrisura, just share ya bun,,, ini pengalamannya sama kya aq waktu kmrn hamil bun, sept aq telat haid aq seneng banged pas cek ke dokter dan dinyatakan hamil setelah menunggu selama 2thn, pas minggu ke-5 kehamilanku, aq mulai keluar bercak (flek) cokelat, tadinya sedikit lama2 makin banyak bahkan sampe keluar darah sampe seperti menstruasi, seminggu pertama aq disuruh bedrest, dikasih obat penguat kandungan dan blm ada hasilnya, minggu kedua bedrest lagi 1minggu, ternyata blm ada hasil juga masih keluar darah, alhasil bedrest ditambah seminggu lagi dan dikasih obat penguat kandungan yg dimasukin ke vagina, setelah di usg ternyata janinnya gak berkembang baik, pas di umur 8minggu kehamilan, aq lgsg operasi kuret, sedih rasanya, karena kecapean pendarahan akhirnya keguguran :(,
   
Jumlah Posts : 10
Jumlah di-Like : belum ada like
assalamualaikum..
bunda2 smuanya.. saya mau bertanya..mungkin ada yg lbh paham.. usia kandungan saya 8w.. td keluar darah berlendir seperti tanda2 mau menstruasi.. apakah ini bahaya buat kandungan saya? apakah bunda2 pernah mengalami seperti saya?mohon sharenya bunda. karna saya khawatir skali.. :(
   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
selamat sore dok, mau tanya, saya melahirkan 4 bln yang lalu dengan sesar. Saya tidak tahu apakah saya sudah dipasangkan kb, akan tetapi di persetujuan tindakan medik dikatakan langsung dipasangkan spiral. haid pertama saya setelah operasi itu darahnya keluar banyak. memang tidak lama sekitar 5 hari. Pertanyaan saya adalah :
1. Apakah pendarahan itu artinya saya sudah dipasangkan alat kb?
2. Baru2 ini saya merasa didalam (maaf) vagina saya teraba seperti kawat. apakah itu spiral? wajar tidak teraba?
3. Apakah wajar jika pendarahan setelah dipasangkan alat kb?.
Sebelumnya terima kasih atas jawabannya.


Dari : sri wahyuningsih

Jawaban:

Dear Bunda,







Setelah masa nifas berakhir, maka siklus menstruasi akan berangsur normal dan teratur kembali. Pada akseptor KB spiral terkadang mengeluhkan adanya spotting atau flek, kram saat menstruasi dan jumlah darah menstruasi yang bertambah dari biasanya namun efek ini tidak selalu dialami oleh semua pengguna KB IUD. KB IUD memiliki benang yang akan keluar dari mulut rahim sampai pada liang vagina, pengguna KB IUD dapat meraba keberadaan benang tersebut (yang kadang di potong agak pendek untuk kenyamanan) pada liang vagina, benang ini nantinya berfungsi untuk menarik KB IUD keluar dari rahim saat pelepasan KB IUD juga sebagai indikator bagi pengguna bahwa KB IUD masih berada pada tempatnya. KB IUD tidak mengganggu ataupun terasa saat berhubungan intim karena letaknya berada di dalam rahim bukan pada liang vagina. Setelah pemasangan KB IUD sebaiknya dilakukan pemeriksaan follow up atau lanjutan untuk meyakinkan bahwa KB IUD telah berada pada tempatnya dan tidak ditemui masalah yang bersangkutan dengan pemakaian KB IUD tersebut.






   
14-04-2014 16:25:20 tanda haid atau hamil?
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like

Salam kenal, saya Galuh
dok, saya mau tanya
saya terakhir menstruasi tanggal 11 maret 2014, lalu karena belum mens juga bulan ini saya coba TP tanggal 13 maret 2014 hasilnya dua garis, satu garis tebal, satu garis tipis. lalu hari ini ternyata perut saya sakit, keluardarah seperti menstruasi, awalnya saya pikir kok aneh, daranya berwarna kecoklatan. tetapi setelah beberapa kali buang air kecil semakin mirip darah menstruasi
dan (maaf) payudara saya tegang trus sakit kalau kesenggol sedikit saja 
dan tasi siang saya coba TP lagi, tapi hasilnya negatif. 
saya mau tanya, saya hamil ataukah hanya telat menstruasi? (biasanya sih gak pernah telat, tepat 30 hari dok)
terimakasih sebelumnya

   
Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like

salam kenal bunda,

sy menikah sudah 1th 4bulan tapi belum juga hamil. sebelumnya saya pernah telat hampir 2 minggu tapi setelah saya tespek hasilnya negatif, begitupun pernah telat 5 hari, tapi sebelumnya saya ga merasakan tanda kehamilan.Yang terjadi saat bulan ini, saya telat 11 hari belum saya check, saya merasakan mual2 ga enak makan. lalu saya HB dg suami saya, besok paginya keluar darah menstruasi tp tidak berbau agak amis seperti biasanya, dan keluarnya sedang ga seperti biasanya banyak dihari pertama. apakah saat telat Db kita tidak boleh HB ditakutkan kita sedang hamil? lalu apakah masih bisa saya check telat 11 hari itu hamil atau tidak dg kondisi saya akhirnya mens lg?

Mohon share bunda,

   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Dear dok,
Saya mau tnya, apa benar pengaruh dari alt,kontrspsi suntik itu menimbulkan flek n darah selain haid, istri saya suntik yg per 3 bln, tgl 19-10-2013 habisnya, bln 12 saya minta melakukan hub. Tsb tp istri saya menolak n takut, krn ada flek tsb sampai skrng, shngga saya n istri tdk perna berhubungan suami istri sampai detik ini, tolong penjelasannya dok, trima kasih

Dari : samuel ps

Jawaban:

Dear Ayahanda,



Pada penggunaan kontrasepsi KB 3 bulan (Depo) mengandung hormon progesteron. Metode kontrasepsi ini dapat memberikan efek terganggunya siklus menstruasi seperti berhentinya menstruasi, menstruasi menjadi lebih panjang dan volume banyak daripada normalnya, atau flek-flek diantara siklus menstruasi. Bila terdapat efek seperti ini, masih dianggap normal, namun bila mengkhawatirkan dapat memeriksakan diri pada dokter. Bila wanita merasa tidak nyaman dengan efek terganggunya siklus menstruasi ini, maka dapat mengganti metode kontrasepsi lainnya. Pada ibu yang menyusui, sebagai alternatif lain dapat menggunakan kontrasepsi IUD (spiral) ataupun penggunaan kondom saat berhubungan. Bila tidak sedang menyusui dapat menggunakan kontrasepsi pil KB kombinasi atau suntik 1 bulan ataupun KB IUD, karena efek terganggunya siklus menstruasi lebih jarang dikeluhkan.


   
Jumlah Posts : 27
Jumlah di-Like : belum ada like
pagi dok,,,
mau tanya,, bulan januari kemarin saya dpt menstruasi tgl 28,trus abisnya tgl 3 februari,,nah trus bulan februari aku blm dpt menstruasi lagi sampe sekarang,, tp kemarin ada bercak merah seperti darah tp cuma dikit aja. apakah itu darah menstruasi ato tanda hamil?
trus bs gak konsumsi susu prenagen essensis+folat 400mg+santa e400mg secara samaran? tq dok
   
27-01-2014 11:23:34 mens coklat campur darah
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Bunda ikut KB?

Pada masa PMS (pre menstruasi syndrom) akan timbul flek-flek kecoklatan sebelum masuk masa menstruasi dengan darah segar, setelah beberapa hari darah menstruasi berwarna lebih muda kemudian kembali menjadi flek kecoklatan. Siklus seperti ini masih dalam batas normal.