SITE STATUS
Jumlah Member :
492.584 member
user online :
1586 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: ujung lidah bayi belah

New Topic :  
29-06-2016 20:44:38 perkenalan
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
mh0n infonya ya ..... arti lidah diujungnya belah pada bayi apa ya
   


Jumlah Posts : 16
Jumlah di-Like : 2
halo para bunda,..
m nanya nich gmana menghilangkan putih2 di lidah bayi,.soalnya lidah bayi ku putih2 kl minum susu da di kasih air putih hangat n lidahnya di berrsihin pake kain kasa campur air hangat cuma muncul lagi dan di ujung lidah masih tebal karna susah di bersihin apalagi bayiku kl jari masuk lgsg di gigit dan mulutnya di tutup lidahnya lgsg di masukkan jadi susah membersihkan di ujung lidah ,aku membersihinnya setelah 2.5 jam minum susu abis bayiku suka muntah masukin jarinya ke mulutnya aja dan muntah makanya habis minum tangannya langsung di masukin ke celana supaya ngk hisap jari,...
bayiku juga dah 2 bulan ini malas minum susu jadi di akalin pas tidur apa karna putih lidahnya itu ya .
trus gmana cara menyembuhkannya

trimss


bunda aira
   
21-02-2008 18:09:30 aneka resep makanan buat baby
Jumlah Posts : 62
Jumlah di-Like : 2
sekilas artikel tentang MPASI utk Ibu muda/ ibu baru



Bayi sebaiknya di berikan ASI eklusif hingga usia 6 bulan. Karena bagi bayi usia tersebut tidak ada makanan lain yang sebaik ASI. Namun jika kondisi tertentu, seperti produksi ASI tidak mecukupi kebutuhan nutrisi bayi atau alasan medis yang lain, maka pada usia 4 bulan bayi sudah bisa diberikan makanan pendamping ASI. Menginjak usia 6 bulan ke atas, ASI sebagai sumber nutrisi sudah tidak mencukupi lagi kebutuhan gizi yang terus berkembang. Perlu diberikan makanan pendamping ASI. Teks & Foto: Budi Sutomo



Bayi dilahirkan dengan kemampuan refleks makan, seperti mengisap, menelan dan akhirnya mengunyah. Pemberian makanan pendamping ASI harus disesuaikan dengan perkembangan sistem alat pencernaan bayi, mulai dari makanan bertekstur cair, kental, semi padat hingga akhirnya makanan padat. Secara umum kesiapan bayi menerima makanan pendamping ditandai dengan hal-hal berikut:

1. Bayi mulai memasukan tangan ke mulut dan mengunyahnya.

2. Bayi merespon dan membuka mulutnya saat disuapi makanan.

3. Hilangnya refleks menjulurkan lidah

4. Bayi lebih tertarik pada makanan dibandingkan botol susu atau ketika disodorkan puting susu.

5. Bayi rewel atau gelisah padahal sudah diberi asi atau susu formula sebanyak 4-5 kali sehari.

6. Bayi sudah bisa duduk sambil disangga dan sudah mampu menegakkan kepalanya.



Variasi Makanan Pendamping

Memberikan makanan pendamping ASI sebaiknya diberikan secara bertahap baik dari tekstur maupun jumlah prosinya. Kekentalan makanan dan jumlah harus disesuaikan dengan ketrampilan dan kesiapan bayi di dalam menerima makanan. Dari sisi tekstur makanan, awalnya bayi diberi makanan cari dan lebut, setelah bayi bisa menggerakan lidah dan proses mengunyah, bayi sudah bisa diberi makanan semi padat. Sedangkan makanan padat diberikan ketika bayi sudah mulai tumbuh gigi geligi. Porsi makana juga berangsur mulai dari satu sendok hingga berangsur-angsur bertambah sesuai porsi bayi.



Sebaiknya pengenalan makanan bayi dimulai dari satu jenis makanan, misalnya pisang, papaya, avokad. Perhatikan responnya, apakah bayi mentoleransi atau tidak. Bayi biasanya lebih menyukai makanan manis dan bayi biasanya akan memuntahkan jika tidak suka. Jangan dipaksakan jika bayi menolak, berikan jenis makanan pengganti lain dengan rasa berbeda sebagai gantinya. Ketrampilan menelan pada bayi tergantung pada rangsangan yang tepat pada saraf pengecapannya. Karenanya berikan makanan manis seperti sari buah-buahan pada ujung lidah. Dan sayuran pada bagian tengah. Kenalkan sayuran terlebih dahulu dibandingkan buah. Citarasa sayuran cenderung langu dan kurang diminati bayi, agar terbiasa makan sayuran, kenalkan sayuran terlebih dahulu dibandingkan buah.



Pada usia 6-9 bulan tekstur makanan sebaiknya makanan cair, lembut atau saring, seperti bubur buah, bubur susu atau bubur sayuran saring/dihaluskan. Menginjak usia 10-12 bulan, bayi mulai beralih ke makanan kental dan padat namun tetap bertekstur lunak, seperti aneka nasi tim. Usia 12-24 bulan bayi sudah mulai dikenalkan makanan keluarga atau makanan padat namun tetap memperhatikan rasa. Hindari makanan-makanan yang dapat menggangu organ pencernaan, seperti makanan terlalu berbumbu tajam, pedas, terlalu asam atau berlemak. Pada masa ini kenalkan finger snack atau makanan yang bisa dipegang seperti cookies, nugget atau potongan sayuran rebus atau buah. Ini penting untuk melatih ketrampilan di dalam memegang makanan dan merangsang pertumbuhan giginya.



Organ pencernaan bayi belum sesempurna orang dewasa, makanan tertentu bisa menyebabkan ganguan pencernaan, seperti sembelit, muntah atau perut kembung. Makanan yang dihindari seperti, makanan yang mengandung gas, durian, nangka, cempedak, tape, kol dan kembang kol.



Makanan untuk Daya Tahan Tubuh Bayi



Makanan yang diberikan bayi harus tepat baik jenis makanannya, jumlahnya hingga kandungan gizinya. Meskipun secara fisik masih bayi namun kebutuhan akan jenis zat gizi, bayi sama dengan orang dewasa, yaitu karbohidrat untuk sumber tenaga (padi-padian, kentang), protein nabati dan hewani untuk pertumbuhan (susu, daging, telur, ikan, kacang-kacangan), vitamin dan mineral untuk menjaga dan memelihara kesehatan.

Agar bayi tumbu sehat diperlukan vitamin A agar kesehatan matanya terjaga dan menjaga dari serangan inveksi. Vitamin D baik untuk pertumbuhan gigi. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menghindari serangan penyakit, bayi memerlukan beragam vitamin dan mineral esensial. Seperti vitamin C, E, A dan seng. Sedangkan golongan antioksidan penangkal radikal bebas bayi perlu golongan vitamin A,E dan C.



Variasi Bubur untuk Bayi

Bubur susu cocok untuk bayi usia 6 bulan ke atas, teksturnya yang lembut mudah dicerna dan diserap alat pencernaan bayi. Penambahan tepung seperti tepung beras atau tepung maizena bisa dilakukan. Tujuan penambahan tepung adalah meningkatkan nilai gizi dari bubur, susu sebagai sumber protein dan tepung sebagai sumber karbohidrat pemberi energi bayi. Sebenarnya variasi makanan bayi tidak hanya bubur susu. Yang perlu diperhatikan adalah dalam pemilihan susu, jika menggunakan susu olahan berikan susu formula yang sesuai dengan usia bayi. ASI juga bisa ditambahkan ke dalam bubur susu, proses membuatnya setelah tepung direbus dengan air atau kaldu (air rebusan daging ayam/daging atau ikan) hingga matang dan mengental, tambahkan larutan susu formula hangat atau ASI, baru diaduk rata. Susu apalagi ASI sebaiknya jangan direbus karena akan merusak kandungan gizinya, cukup diseduh dengan air panas/hangat dan di campur dengan bubur tepung.



Variasi makanan pendamping asi tidak hanya bubur tepung, bubur buah dan bubur sayuran. Perlu diberikan selang-seling dengan bubur susu agar kebutuhan akan vitamin dan mineral bayi terpenuhi. Bubur buah bisa menggunakan avokad, sari jeruk manis, papaya, melon, semangka atau pisang. Jangan menggunakan buah-buahan terlalu asam dan berserat kasar seperti nanas karena bayi belum pencernaan bayi belum bisa menerima. Sayuran seperti wortel, kacang merah, kacang hijau, tomat dan kentang juga bisa dibuat bubur sayuran. Cairan yang digunakan bisa kaldu daging, kaldu ikan, kaldu ayam atau kaldu sayuran.



Nasi Tim
Variasi nasi tim untuk MP-ASI sebaiknya jangan menggunakan bahan yang monoton. Variasikan setiap hari, ini penting agar bayi tercukupi semua gizinya. Mengingat kandungan gizi setiap bahan pangan juga berbeda satu dengan yang lain. Selain nasi sebagai bahan utama sumber karbohidrat, di dalam nasi tim sebaiknya mengandung protein hewani atau nabati dan sayuran. Seperti nasi tim, ditambah dengan daging cicang dan potongan kecil wortel. Atau nasi tim dikombinasi dengan tahu, tomat atau bayam.


Makanan yang Dianjurkan untuk Bayi Usia 4-6 bulan
1. Bubur tepung beras/beras merah, dimasak dengan menggunakan cairan air/kaldu daging/sayuran, susu formula, ASI atau air.
2. Bubur tepung baik tepung maizena, dimasak dengan kaldu atau susu formula/ASI
3. Pure buah atau buah yang dihaluskan, seperti pisang, papaya, melon, apel, avokad.
4. Pure sayuran, sayuran yang direbus kemudian dihaluskan menggunakan blender. Sayuran yang dianjurkan, kacang polong, kacang merah, wortel, tomat, kentang, labu kuning. Selama memblender sayuran sebaiknya ditambah dengan kaldu atau air matang agar tekstur sayuran dapat lembut.
5. Pure Kacang, kacang merah/kacang hijau/kacang polong yang direbus dengan kaldu hingga empuk kemudian di haluskan dengan blender. Pastikan blender dan alat saji berlabel food grade agar aman bagi bayi.
6. Daging, pilih yang tidak berlemak
7. Ayam, pilih daging ayam kampung muda tanpa tulang, kulit dan lemak.
8. Ikan, pilih daging ikan tanpa duri seperti fillet salmon, fillet ikan kakap dan gindara.

Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Bayi Usia 4-6 bulan
1. Semua jenis makanan yang mengandung protein gluten, biasanya terdapat di dalam tepung terigu, barley, biji kandum, cookies dari tepung terigu dan havermut. Protein gluten di dalam bahan pangan ini seringkali menyebabkan reaksi gluten intolerance yang menyebabkan perut kembung, mual dan diare pada bayi.
2. Hidari pemberian gula, garam, bumbu masak/penyedap rasa terhadap makanan bayi.
3. Makanan terlalu berlemak
4. Buah terlalu asam, seperti jeruk, sirsak
5. Makanan terlalu pedas atau berbumbu tajam, hindari cabe, lada dan asam
6. Susu sapi dan olahannya. Khususnya untuk bayi yang memiliki reaksi alergi terhadap susu sapi atau lactose intolerance
7. Buah-buahan mengandung gas, durian, cempedak, pemicu kembung dan sembelit
8. Sayuran mengandung gas, kol, kembang kol, lobak, pemicu perut kembung
9. Kacang tanah, bisa menyebabkan alergi atau pemicu anaphylactic shock atau pembengkakan pada tenggorokan sehingga bayi susah bernapas.
10. Seringkali telur memicu alergi, berikan bertahap dengan porsi kecil dan lihat reaksinya. Jika tidak menimbulkan alergi telur bisa diberikan.

Jadwal Pemberian Makanan Pada Bayi
Pola makan bayi sebenarnya tidak ada acuan pastinya, karena waktu makan bayi dan istirahat bayi belum teratur seperti orang dewasa, karenanya gunakan pola makan sehari sebagai berikut.
Berikan ASI sekehendak atau semaunya bayi.
Jika menggunakan susu formula pengganti ASI, berikan 5 kali sehari dengan takaran 180-210 ml untuk bayi usia 4-5 bulan. Untuk, bayi usia 5-6 bulan, berikan 5 kali sehari dengan takaran susu 210 ml-240 ml setiap kali minum. Tambahkan satu kali bubur susu dan satu kali bubur buah atau pure sayuran.

Kebutuhan gizi bayi
Usia bayi 0-6 bulan dengan berat 6,0 kg dan tinggi 60 cm, angka kecukupan gizi yang dianjurkan perharinya adalah:

Energi 550 kkal
Protein 10 g
Vitamin A 375 RE
Vitamin D 5 mcg
Vitamin E 4 mg
Vitamin C 40 mg
Vitamin B12 0/4 mcg
Kalsium 200 mg
Besi 0.5 mg
Seng 1.3 mg

Sumber: Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi, 2004
   


08-02-2017 02:50:41 hpl Desember 2016
Jumlah Posts : 14
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda,gimna ya ngilangin putih2 pada lidah bayi. anak q asi+sufor. ksian lihat nya..bgi pnglamannya donk bun......
   
07-01-2017 08:00:52 bercak putih pada lidah bayi
Jumlah Posts : 27
Jumlah di-Like : belum ada like
iya bund itu karna susu, sufor ato asi juga bisa.. anak sy asi mulutnya pernah gt..
dibersih kan aja bund stelah menyusu menggunakan kain kasa yg d balutkan k tangan lalu dicelupkan k air hangat.. dibersihkan pelan2.. bisa menggunakan kapas yg direndam air panas, stelah airnya dingin bisa diusapkan ato d bersihkan d area lidah bayi..
anak sy kmarin gak hanya d lidah, tp d langit2 mulut, d pipi bagian dlm, digusi, d bawah lidah di bibir.. alhamdulillah d telatenin sering d bersihkan setelah menyusu skrg sudah kmbali sprt smula..
   


09-12-2016 07:08:00 bercak putih pada lidah bayi
Jumlah Posts : 33
Jumlah di-Like : belum ada like
bun mau tanya dong, ada ga yg pernah ngalamin bercak putih pada lidah bayi ? biasanya penyebabnya apa sih bun? apa krna sufor yg saya pakai? apa gmn ?
   
29-09-2016 17:59:29 Lidah bayi putih
Jumlah Posts : 52
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda2 mau tanya dnk cara ngilangin putih d lidah bayi gmn?
   
29-08-2016 21:58:59 perkenalan
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
Maaf mau tanya ni doc, anak saya berumur 6 bulan, sy perhatikan ujung lidah anak saya laki laki ujung lidahnya terbelah doc, apakah itu akan pengaruh dlm bicaranya itu doc.
   
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
menurut bunda mitos atau fakta sih..katanya kalo ibu yg lg menyusui ga blh makan makanan panas atau dingin krn bsa buat lidah bayi putih n akhirnya bayi nya rewel n gak mau nyusu..dan minum es bs buat bayi pilek
   
30-07-2016 08:39:07 puting susu tenggelam
Jumlah Posts : 733
Jumlah di-Like : belum ada like
lidah bayi tuh tajam bun jd jgn kaget sedikit perih puting na hii pernah aku empengin keponakan yg msh bayi waktu aku msh perawan sumpah bun 2 minggu baru sembuh lecet na hii
   
Jumlah Posts : 9
Jumlah di-Like : belum ada like
aku sblum hamil suka minum air hangat kuku dan makanan yg hangat2,kata org2 tua dulu gara2 itu lidah bayi jadinya putih karna minum asi jga dari kita,skrg bayiku umur 6 bln ,kadang melet2 gitu lidahnya mngkin ada sesuatu yg mngganjal jga,,bunda2 tau gak cara ampuh ngilangin putih2 dilidah bayi?
   
Jumlah Posts : 9
Jumlah di-Like : belum ada like
aku sblum hamil suka minum air hangat kuku dan makanan yg hangat2,kata org2 tua dulu gara2 itu lidah bayi jadinya putih karna minum asi jga dari kita,skrg bayiku umur 6 bln ,kadang melet2 gitu lidahnya mngkin ada sesuatu yg mngganjal jga,,bunda2 tau gak cara ampuh ngilangin putih2 dilidah bayi?
   
13-04-2016 08:55:04 lidah ada putih putih
Jumlah Posts : 32
Jumlah di-Like : belum ada like
mungkin karena bunda suka minum air tapi terlalu panas bun....jd bs menyebabkan lidah bayi putih,cb bun hindari minum air terlalu panas anget kuku aja bunnnn...
   
12-04-2016 07:58:35 lidah ada putih putih
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
ada saya pengen tanya kenapa ank saya di dalam lidah nya ada putih " yang menempel.apaka semua lidah bayi yg baru 2 bulan semua seperti itu?
   
15-02-2016 13:33:23 oral trush di mulut bayi
Jumlah Posts : 66
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda , ada yang pernah ngalamin oral trush ga ,, byk nya sih yg blg sariawan .. tp itu lbh tepat ny jamur di mulut sm lidah bayi , baby aq ngalamin nih bun pas plg dri RS .. d Rs kan pke dot tuh , mgkin krg steril dot nya pas suster nyuci .. oya bunda ciri oral trush itu putih di lidah , pipi bagian dalam ,bibir atas dan bawah bagian dalam udah gtu tebel dan susah di bersiin , beda sama sisa susu yg bs d bersiin .. kalo jamur susah dan ktika di gosok malah luka , ad yg pernah ngalamin ? share yu bun