SITE STATUS
Jumlah Member :
493.858 member
user online :
1193 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: tempat yoga di sunter

New Topic :  
16-08-2017 08:38:52 Yoga Prenatal di Tangerang
Jumlah Posts : 9
Jumlah di-Like : belum ada like
Halo bunda2 cantik, ada yg tau info tempat Yoga khusus prenatal di Tangerang ga? Kehamilan saya saat ini 3 bulan, apa sudah bisa ikut Yoga prenatal ya?
   


06-12-2010 09:44:55 Biaya persalinan 2010 update
Jumlah Posts : 79
Jumlah di-Like : 4
bunda
kayaknya kalau due date maret 2011, harganya belum keluar tuh..
karena rs biasanya masih ada harga yg sd des 2010:)
mungkin bunda bisa tanya harga 2010, lalu kira2 naik berapa %

cuma saya juga kmrn tanya ke rs tempat saya kontrol harga 2010 (di sunter)
tapi kok ditanya naik brp %, belum tahu..
   
10-03-2018 11:25:37 senam hamil
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
aku di anggaswangi sukodono mbak. besok 11 maret ada prenatal gentle yoga di club house kahuripan nirwana. ikut yuk. meet up disana
   


23-05-2017 10:38:22 tempat n biaya usg
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
ass... ada yg tau tempat usg di kota Sampit Kalteng dmna n kira" brpa biaya ny.. makasih
   
Jumlah Posts : 31
Jumlah di-Like : belum ada like
sabar bun, semoga diberi tempat terindah di sisi Tuhan. btw, waktu ak bayi ak jg pernah stip bun. kt ibuku ak kejang sampai mata ke atas (tinggal kelihatan putihnya). ,,z😥😟😟😭😭
   


25-02-2017 19:54:29 keharmonisan rumah tangga
Jumlah Posts : 10
Jumlah di-Like : belum ada like
saya ada info para bunda... bsk tgl 26 februari 2017 ada acara sekolah menjadi ibu di sunter... ada yg mau ikutan? hehehe kopi darat kita #gaya org2 tua dulu... hayuk.kalau mau kumpullll
   
25-01-2016 05:52:48 baby sungsang
Jumlah Posts : 72
Jumlah di-Like : belum ada like
ko murah ya bun didaerah mana bunda,di tempat aq di brebes lahiran normal aja dah nympe 4/5 jt.alhmdllh kalau gak mahal takutnya mpe 10jt lebih.haha....
   
Jumlah Posts : 28
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda2 semua disini ada yang tau tempat usg di bogor yang buka hari minggu klinik atau rs ??
   
Jumlah Posts : 28
Jumlah di-Like : belum ada like
malem bunda2 .. disini ada yang dari bogor gak ? aku mau tanya nii tempat usg di bogor yang buka hari minggu ??
   
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
Hey bund, ada yg tau ga dokter anak yg recomended di daerah Cikampek .. kebetulan saya baru pindah tempat tinggal di Pangulah Cikampek.. Trims :-)
   
Jumlah Posts : 93
Jumlah di-Like : belum ada like

Kemaren baca-baca di Fbnya Stimuno nah liat foto wedang jahe jadi bikin gatel tangan buat share resep wedang jahe yang dikasih almarhum nenek dulu. Bunda sekalian jg suka kan minum wedang jahe?

Apalagi kalo kondisi cuaca lagi kaya gini, kalo aku sih sering banget bikin wedang jahe apalagi kalo suami pulang kerja kan selalu malem. Kasihan juga kerjanya di Sunter lumayan jauh dari rumah kami di Kebayoran Lama. Nah kalo resep wedang jahe yg aku tahu sih kaya gini bunda,

Bahan Wedang Jahe 

  • 1 cup / 200 gr gula merah, sisir
  • 2000 ml air bersih
  • 500 gr jahe, bakar sampai layu dan memarkan
  • 2 lbr daun pandan, simpulkan
  • 1/4 sdt garam
  • 2 btg serai, digeprek

Cara Membuat

  • Rebus air sampai mendidih, kecilkan api kemudian masukkan jahe, serai, daun pandan, dan garam. diamkan beberapa saat.
  • Setelah itu tambahkan gula merah. Aduk hingga rata.
  • Didihkan terus hingga semua bahan larut dan warna airnya berubah kekuning- kuningan.
  • Jika sudah mengeluarkan bau khasnya, angkat dan saring ampasnya.
  • Tuang dalam gelas cantik, sajikan wadang jahe selagi hangat.

Oh iya menurut info dari Fb Stimuno juga katanya selain menghangatkan tubuh, wedang jahe membantu buat memperlancar peredaran darah loh bun,. Oh iya share yuk bund, kalo bunda punya resep varian wedang jahe lainnya ??

   
Jumlah Posts : 131
Jumlah di-Like : belum ada like
jdr santii ad 3 tempat praktek ..di rsi senin sam9ek jum.at
di rs al hasanah hari kamis jam 3 sampek selesai
1 lgi di kimia farma jl.jawa..
usg tergantung tempat ..di al hasanah 83rb ..
di rsi 85rb usg ..itu dokter santi ...
   
18-09-2015 13:49:05 Hamil anak kedua
Jumlah Posts : 326
Jumlah di-Like : belum ada like

 WEANING WITH LOVE (WWL): Menyapih Dengan Cinta

Bunda si kecil sudah 2 tahun ya, aduh sudah saatnya disapih nih, bisa gak ya??

Menyusui merupakan kedekatan yang sangat intens antara ibu dan bayinya. Sehingga saat harus melalui proses menyapih, seringkali ibu merasa tak tega untuk melakukannya. Demikian pula bagi si bayi, yang juga tak rela berpisah dari ibunya. Akibatnya, proses yang sebenarnya alamiah ini, maju mundur bahkan menimbulkan masalah yang bisa menjadi momok bagi ibu dan anak.

Kapan waktu yang tepat untuk menyapih?

Menentukan kapan anak perlu disapih, terkadang bukan keputusan mudah. Walau memang sudah masanya, terkadang justru bunda belum siap untuk menyapih.

Berikut yang perlu kita perhatikan:

1. Ibu ingin menyapih, anak belum siap. Alasan ibu ingin menyapih, karena tidak menikmati kegiatan menyusui, kelelahan atau sibuk bekerja.

Saran ahli:

  • Jika anak masih di rentang usia menyusui, pikirkan kembali apakah ia perlu disapih? Bila alasannya tidak mendesak, tunda dulu niat menyapih.
  • Bila kurang menikmati kegiatan menyusui, atasi pencetus masalahnya. Semisal, bila puting ibu sakit, atasi dengan cara menyusui yang benar.

Bila menyusui terasa membosankan, ubah jadi menyenangkan sambil mendengarkan musik

2. Anak ingin disapih, ibu belum siap. Anak tidak tertarik lagi minum ASI dari payudara dan ingin minum dari cangkir. Padahal ibu masih ingin menyusui dan ASI banyak.

Saran ahli:

  • Tunda penyapihan dengan menciptakan suasana menyusui yang tenang, jauh dari rangsangan yang bisa membuyarkan konsentrasi anak
  • Jika anak sudah bisa diajak komunikasi, beri pengertian manfaat ASI dengan bahasa yang sederhana
  • Bila anak ingin tetap disapih, berpikir positif dan jangan sedih atau kecewa karena bisa mengganggu kerja hormon prolaktin dan oksitosin sehingga bisa menghambat produksi ASI.
  • Karena inisiatif datang dari anak, biasanya proses menyapih menjadi lebih mudah. Tetap berikan ASI, namun melalui cangkir

3. Ibu dan anak sama-sama tidak siap. Anjuran menyapih dari pihak luar, bukan kehendak ibu ataupun anak. Misalnya, lingkungan menganggap anak sudah besar sehingga perlu disapih.

Saran ahli:

  • Pemberian ASI dianjurkan hingga anak usia 2 tahun. Tapi jika ibu dan anak masih nyaman, boleh terus dilanjutkan. Kekurangannya, anak bisa menjadi manja, kurang mandiri, tergantung pada ibu dan jadi bahan ejekan.
  • Pada kasus ibuhamil lagi, keputusan menyapih atau tidak tergantung pada kesehatan kandungan

4. Penyapihan sementara. Bisa dialami bunda yang mendapat tugas sehingga harus meninggalkan anak. Atau bunda harus minum obat sehingga ASI "tercemar" dan tidak boleh diminumkan bayi

Saran ahli:

  • Bila bepergian lama, lakukan penyapihan sementara, setelah itu relaktasi. Selama bunda pergi anak minum ASI dari cangkir. Begitu bunda kembali, anak menyusu lagi dari payudara.
  • Jika menjalani pengobatan, ASI tetap diperah namun dibuang hanya untuk menjaga produksinya. Setelah pengobatan selesai, lakukan relaktasi.

Bagaimana tips menyapih dengan cinta?

Mestinya selama proses penyapihan itu tidak perlu terjadi saling menekan antara ibu dan anak karena proses tersebut alami. Menyapih bukan proses pemisahan hubungan antara ibu dan anak, baik secara fisik maupun emosi. Menyapih adalah bagian dari fase perkembangan yang harus dijalani oleh anak. Justru karena cinta Anda, anak harus melewati fase perkembangan ini untuk menghadapi fase perkembangan selanjutnya.

Tapi perlu diingat sebisa mungkin hindari menyapih anak dengan membohonginya. Kalau ada anjuran, olesi saja daerah areola Anda dengan buah mengkudu atau obat merah agar bayi tak ingin menyusu, abaikan saran ini. Menyapih anak dengan cara ini sama dengan melakukan kekerasan padanya. Anda mengambil paksa 'kepemilikannya', yang dapat menimbulkan luka batin.

Kerelaan Anda dan si bayi untuk mengakhiri kegiatan menyusu adalah kunci utama dari menyapih dengan cinta atau weaning with love. Lakukan sepenuh cinta dengan langkah-langkah ini:

  1. Kurangi frekuensi menyusui secara bertahap dimulai pada siang hari. Sebab pada saat inilah waktu yang tepat untuk mengenalkan dia pada sesuatu yang baru, seperti rasa, bentuk dan tekstur pada makanan pendamping ASI (MP-ASI).
  2. Tidur terpisah. Balita mau tak mau belajar menahan diri untuk tidak menyusu di malan hari. Dalam hal ini perlu kerja sama ayah seperti menemani tidur, agar balita tidak rewel ketika pisah dengan ibunya.
  3. Tambah pemberian MP-ASI sebanyak 3-4 kali sehari untuk mengurangi pemberian ASI pada siang hari.
  4. Tetapkan tempat menyusui hanya pada satu tempat, misalnya di kamar. Gunanya agar si kecil tidak meminta susu di sembarang tempat sekaligus mengajaknya untuk belajar mengenal aturan.
  5. Tunjukkan perhatian dan kasih sayang selama proses menyapih, misalnya mendekap, mengusap atau mencium agar anak tahu bahwa Anda tetap menyayangi dia meski Anda sudah tidak menyusuinya lagi.
  6. Ajak bicara. Sekalipun masih kecil, sedikit-sedikit balita bisa mengerti maksud kita, asalkan dijelaskan dengan bahasa sederhana dan lemah lembut
  7. Bulatkan tekad. Artinya Anda benar-benar siap untuk melepaskan aktivitas ini. Bila Anda ragu-ragu, Anda akan kesulitan sendiri. Keraguan Anda terbaca oleh anak. Alhasil, anak pun tidak rela disapih.
  8. Sapih anak saat ia dalam keadaan sehat, karena dalam keadaan sakit ia akan semakin butuh kelekatan dengan Anda.  
  9. Libatkan suami sebagai orang yang mampu menghibur dan mengalihkan perhatian anak ketika rewel minta ASI.
  10. Berikan penjelasan pada anak mengapa ia harus disapih. Misalnya, “Ayo, kamu sudah besar, sudah tidak perlu lagi menyusu bunda. Makan kue saja yuk. Atau minum susu di cangkir?” Lakukan dengan sabar, lembut dan cinta Anda. Jangan pernah bosan untuk memberikan alasan padanya.
  11. Ganti aktivitas menyusu dengan membaca buku atau mendongeng sebelum tidur. Aktivitas ini tidak jauh berbeda saat Anda menyusuinya bukan?

Ada aturannya? Pernyataan WHO dan UNICEF di Geneva pada tahun 2001, “Tidak ada keharusan anak disapih pada usia 2 tahun. Benar bila ibu menyusui bayi secara eksklusif di enam bulan pertama kehidupannya. Kemudian ASI dapat dilanjutkan secara bersamaan dengan MP-ASI hingga anak berusia 2 tahun. Tapi tidak ada keharusan kapan harus menyapih.” Penelitian Dewey KG, Pediatric Clinics of North American, tahun 2001, ASI masih boleh diberikan pada anak usia 2 tahun karena masih mengandung: 43% protein, 36% kalsium, 75% vitamin A, dan 60% vitamin C. 

Saat proses penyapihan terjadi, sebenarnya anak sedang berada pada fase alami untuk:

  • Belajar mengenal aneka ragam rasa dan tekstur makanan.
  • Latihan mengunyah makanan padat karena gigi dan rahangnya 'diuji' agar dapat berkembang secara optimal.
  • Latihan kemandirian, sebab anak tidak harus bergantung lagi pada ASI setiap ia merasa lapar atau haus. Dia sudah bisa menikmati makanan padatnya.
  • Latihan percaya pada orang lain dalam pemenuhan kebutuhannya. Saat ini Anda bukanlah satu-satunya orang yang bisa memenuhi kebutuhannya. Selain itu anak juga sedang berlatih untuk beradaptasi dan berinteraksi dengan orang lain.

Bagaimana jika anak tidak mau disapih?

Bagi anak, menyusu bukan sekadar kegiatan yang mengenyangkan perut. Menyusu juga memenuhi kebutuhan emosi anak. Berhenti menyusu bisa jadi masalah jika anak tidak siap untuk disapih dengan alasan:

  1. Tidak mau kehilangan kedekatan bersama ibu. Dia sudah mengerti kalau dia bisa memiliki perhatian dan waktu Anda seluruhnya hanya saat menyusu.
  2. Menikmati kontak kulit. Lewat sentuhan dan pelukan, dia merasa dicintai.
  3. Memberi ketenangan. Bagi balita Anda yang selalu aktif, saat menyusu adalah waktu dimana dia bisa tenang di tengah rasa ingin tahunya yang tinggi.
  4. Memberi kenikmatan oral dan bonusnya dia bisa mendapat susu.

Apa yang sebaiknya Anda lakukan? Upayakanlah agar anak berhenti menyusu tanpa membahayakan perkembangan fisik dan emosinya.  Kuncinya mudah saja, beri anak hubungan dekat dan rasa cinta yang sama seperti pertama kali Anda menyusui dirinya.

Ini kiatnya! Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua ketika anak menolak untuk disapih:

1. Jelaskan alasan Anda menyapihnya. Biasanya strategi yang Anda gunakan ketika ingin menyapih anak adalah dengan menjauhi anak. Namun pesan yang sampai pada anak berbeda, dia justru merasa Anda tidak ingin bersamanya lagi. Untuk menhindari hal ini, anak perlu penjelasan dan anak usia 2 tahun  sudah bisa mendengarkan dan memahami penjelasan Anda.

2. Alihkan perhatiannya. Anak  tidak bisa berhenti memikirkan tentang menyusu kecuali kesempatan tersebut muncul. Anda adalah orang yang bisa tahu kapan anak ingin menyusu pada Anda. Setiap kali dia mendekati Anda untuk meminta menyusu, segera ajak dia bermain atau melakukan kegiatan menyenangkan yang bisa membuat dia lupa tujuan awalnya mendekati Anda.

3. Tinggalkan kebiasaan saat menyusui. Bila Anda terbiasa menyusui dia sebelum tidur ganti ritual tersebut dengan membacakan dia dongeng. Jika Anda punya sudut favorit untuk menyusui anak, misalnya di sofa kamar, hindari duduk di sofa tersebut di jam-jam di mana Anda biasa menyusui anak.

4. Siap dengan camilan sehat pengganti ASI. Jika Anda ingin menyapih anak, pastikan Anda sudah menyediakan  camilan lezat dan sehat yang bisa memuaskan rasa laparnya.

5. Beri waktu. Anda tidak bisa langsung berhenti menyusuinya seketika. Lakukan secara perlahan-lahan karena jika tidak Anda justru bisa membuat anak mengalami kecemasan saat berpisah. Biasanya anak lebih mudah untuk mengurangi menyusu pada Anda, bila dia masih bisa mendapat jaminan di waktu menyusu favoritnya, misalnya pagi hari atau malam hari sebelum tidur.

Yuk tunjukkan kasih sayang kita kepada anak, sapihlah dengan cinta dan antar anak ke gerbang masa depan gemilangnya dengan cinta.

   
Jumlah Posts : 689
Jumlah di-Like : belum ada like

. Bayi baru lahir memang suka nemplok sama payudara ibunya, karena dekat sama "rumah" nya yg lama (rahim). Dgn nempel di tubuh ibu, bayi bisa merasakan kehangatan pelukan ibu, bisa mendengarkan detak jantung ibu, dia sedang cari kenyamanan aja, bayangkan dia baru keluar dari tempat ternyaman di dunia yaitu rahim ibu, dan berada di tempat asing. Sangaaaatt wajar kalau bayi selalu ingin dekat dengan orang yg sudah dikenalnya sejak dalam kandungan, ibunya.

Lagipula, ingat kan bahwa produksi ASI tergantung pada permintaan? Semakin banyak bayi meminta menyusu, semakin banyak ASI dikeluarkan, semakin banyak juga produksinya

   
10-08-2015 11:02:25 Imunisasi otak
Jumlah Posts : 543
Jumlah di-Like : belum ada like
saya setuju dgn dokter tanti,saya berharap juga banyak ibu2 sadar dgn pentingnya imunisasi... Bunda Enya :: owh klo pneumon anak sy udh bund,udh 3x imunisasi tsb.Udh tunai d usia 14m 😁 Ada 2jenis imunisasi ini ada yg 10jenis bakteri dan 13jenis bakteri.Dan harganya jg beda2 bund 😂 share pengalaman d tahun 2014 kmrn sya sekeluarga menginap di tempat mertua di daerah barito utara(kalimantan tengah).saat itu ada bayi yg trkena pneumon tengah mlam.Jarak antara kota ini dgn ibukota provinsi hampir 11jam menggunakan angkutan darat(ambulance),dan bayinya meninggal d tengah perjalanan.Penyakit ini jrg d ketahui dan d daerah tsb imunisasi ini tdk ada,saat itu sy sdar imunisasi itu wajib mau mahal ato murah yg penting anak sdh d berikan "helm".Sebagai orgtua mmpu beli barang mahal,masa ga mampu beri investasi kesehatan u/ anak???