SITE STATUS
Jumlah Member :
493.622 member
user online :
1099 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: tanda tanda kista mengecil

New Topic :  
10-02-2014 11:50:59 Ada benjolan diketiak kiri
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Benjolan pada ketiak Bunda yang menyusui dapat merupakan suatu perpanjangan dari jaringan payudara. Benjolan ini berisi susu ASI, dan akan mengecil setelah ASI di susukan atau payudara dikosongkan. Hal ini sebenarnya tidak mengganggu, dapat menghilang dengan sendirinya atau muncul kembali saat kehamilan.

Bedakan dengan benjolan yang menandakan adanya infeksi atau hal lain (misalnya karena mencabut bulu ketiak atau mencukur bulu ketiak, adanya kista atau lainnya), benjolan dari kelenjar limfe yang membengkak bisa dikarenakan adanya pertahanan tubuh yang sedang melawan infeksi (misalnya saat demam dan batuk pilek), atau karena keadaan autoimun. Bila tidak ada tanda-tanda infeksi ataupun peradangan (seperti demam, berwarna kemerahan, nyeri tekan, adanya nanah atau adanya luka, adanya perubahan warna kulit atau ukuran pori-pori yang membesar) maka tidak perlu di khawatirkan. Namun, meski bagaimanapun, baiknya dilakukan pemeriksaan untuk memastikan bahwa benjolan tersebut tidak ada tanda-tanda kearah keganasan. Tidak dianjurkan meminum obat-obatan maupun jamu atau herbal tanpa sepengetahuan dan anjuran dokter. Pada ibu yang menyusui, kandungan obat atau herbal dapat terbawa pada air susu. Maka itu, pengobatan yang dilakukan oleh dokter akan pertimbangkan jenis maupun kadar dan indikasinya.

   


Jumlah Posts : 41
Jumlah di-Like : belum ada like
awww maaaciiw yaa  bunda bunda cantik, btw salam kenal yaa buat yang baru ketemu nih hihi...

kalo ga salah kista sepupu ku tuh 4,6 cm bun (gede yah) sebenernya dia udah berusaha keras banget loh bun buat pebgobatan alternatif ituu, aku sekeluarga sih nyaranin di ambil aja kista nya tapi dianya kekeh gakmau, takut katanya, sedangkan tiap malam (aku lagi dirumahnya sebulan hihi) dia nangis terus dan tiap nge bbm aku status nangis terus pengen hamil pengen ngebahagiain suami, dan aku cuma bisa bilang belom waktunya..

mungkin udah di kejar target umur kali yah? kan udah 29 dan suaminya juga jadi cuek gitu bun, agak dingin sama sepupuku, jadi takut sama pernikahan mereka , karena pas nikah juga kondisinya sepupu aku ga cinta sama suaminya, pernikahan juga karena dipaksa, menurut bunda bunda itu pengaruh gak yaa?? au hanya mau mereka punya momongan..

apa ada cara lain yaa untuk ngasih motivasi atau membujuk sepupuku untuk terima second opinion dari usahanya selama ini yaa operasi, tapi apa kah bakal berhasil yaa bun?? aku takut nih, masalahnya bun, kakakku malah udah lama ikut program biar cepat hamil dan sampai sekarang belom ada tanda tanda + sama TP nya setelah peristiwa silam. Kalo hamil kistanya mengecil yaa bun? tapi ini sepupuku malah gabisa hamil sama sekali bun, harus makan ato minum obat apa yaa?? sampai depresi nih sepupuku, aku cuma bisa ngeliat ajaaa, takut dia nya tersinggung , gimana yaa bunda??

walah kalo ada kista begitu yaa?? aku baru tau, aku jadi takut nih sama tubuhku sendiri, kalo ada apa apa gimana yaa?? pinggang sebelah kiriku suka sakit sih, itu tanda tanda bukan yaa??

#TAKE CARE AND HAPPY PREGNANT BUNDA BE HEALTH
   
Jumlah Posts : 23
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda uci & bunda nta: hai bunda..
pengalaman ku,, sekrg usi pernikahanku 8 bulan.wktu nikah 1 bulan, aq periksa ke dr, ktanya ada kista 2,8 cm..terus aq minum daun antanan direbus dgn air 2 gelas, jadi 1 gelas.
alhmdulilah 2 bulan kmudian kista nya mengecil dan skrg alhmdulilah menghilang.
puji syukur bgt..
terus hari 3 mens aq dtg lgi ke dr, terus dkasih obat penyubur deh slama 5 hari, nmanya PROVULA..
tapi smpai sekrg aq blm merasakan tanda-tanda kehamilan..hanya pyudara membesar dan nyeri sekitar payudara, putingnya kalo disenggol nyeri. biasanya mens seminggu, tp ini cuma 2 hari, trus flek2 slama 3 hari..ya semoga saja positif hamil untuk bulan ini. amin ya rabbal alamin. belum mau test, krna blm mrasakan apa2 slain nyeri di payudara.
kalo bunda uci, diksih obat nya apa bun?
trus jaraknya brp bulan bun, dari minum obat ke positif hami?

smoga bulan ini aq positif hamil ya bun..amin ya rabbal alamin
   


20-10-2016 05:27:32 Pasca kuret
Jumlah Posts : 9
Jumlah di-Like : belum ada like
Apa itu tanda bahwa kista saya membesar?? atau siklus haid saya jadi gak teratur?
karna sebelumnya haid saya teratur..

Dan kata dokter jika ingin hamil kembali minimal harus tunggu 3 bulan lagi dan jika hamil harus bedrest..
   
06-01-2014 09:53:15 bayi ngorokk..
Jumlah Posts : 527
Jumlah di-Like : belum ada like
Suaranya grok2 kali yah,bund Lhiie?Berikut penjelasannya




Si kecil kerap mengeluarkan suara grok-grok. Patutkah dikhawatirkan?Bagian dalam tubuh manusia, asal tahu saja, selalu berlendir. Jadi memang sudah dirancang untuk terus memproduksi lendir yang berfungsi membersihkan saluran pernapasan dan menangkal infeksi kuman ataupun virus dari dalam tubuh. Nah, tubuh bayi pun memproduksi lendir. Hanya saja karena refleksnya untuk mengeluarkan lendir belum baik, akibatnya jumlah lender ?menumpuk?. Ini wajar saja selama lendir tersebut tidak sampai mengganggu aktivitas bayi (seperti makan-minumnya tetap baik, tidurnya pun bisa nyenyak), tidak muntah, dan tak ada demam. Kalau begini, tak ada yang perlu dikhawatirkan.Namun, beri perhatian jika suara grok-grok yang timbul terdengar begitu nyaring (terlebih saat bayi menangis). Bayi pun tampak sulit tidur dan aktivitasnya kerap terganggu (sulit makan dan minum, sering muntah, dan berat badan susah naik). Apalagi bila disertai hidung meler dan tersumbat, bersin-bersin, dan suhu tubuh meninggi. Ini biasanya disebabkan infeksi virus.Yang perlu diketahui, pada bayi normal bunyi grok (karena adanya lendir di saluran pernapasan) akan menghilang di saat usianya menginjak satu tahun. Nah, jika di usia itu si kecil masih mengeluarkan suara grok-grok berarti ia berpotensi sebagai pengidap asma di kemudian hari. Tanda-tanda lainnya, bayi kerap mengalami keluhan pada kulit, seperti dermatitis atopik atau eksimPENYEBAB LENDIR BERLEBIHYang jelas, bukan karena tenaga medis yang kurang tuntas membersihkan lendir di mulut bayi baru lahir. Berlebihnya lendir bisa karena faktor-faktor di bawah ini:Alergi yang diderita bayi (bisa dipicu udara, asap, makanan, minuman dan lainnya). Jika pencetus alergi bisa diketahui, lalu bayi dijauhkan dari faktor pencetusnya itu, biasanya jumlah lendir dalam tubuh akan berangsur-angsur berkurang dengan sendirinya. Berat badan akan kembali naik, nafsu makan-minum kembali normal, tidurnya menjadi pulas, aktivitasnya juga kembali lincah.Infeksi virus bisa diatasi dengan memperkuat sistem imunitas bayi. Caranya beri bayi banyak ASI dan banyak istirahat. Bagi bayi di atas 6 bulan yang sudah melewati ASI eksklusif, bisa diberikan cairan lain, seperti air putih, jus dan sup. Selebihnya biarkan lendir yang bertugas membawa virus dan kotoran keluar.TIDURKAN TENGKURAPBerlebihnya lendir dapat membuat napas bayi terganggu dan membuatnya merasa tidak nyaman.Berikut yang dapat orangtua lakukan:Mencari tahu dan menjauhkan pencetusnya.Berikan stimulasi untuk membantu bayi mengeluarkan lendir, caranya:Saat tidur posisikan kepala bayi lebih tinggi dari badan.Posisi tidur tengkurap juga baik karena posisi saluran napas jadi lebih rendah hingga lendir pun akan turun ke arah mulut.Suhu dalam ruangan bayi harus hangat.Jika bayi tidak alergi bisa diberikan penghangat tambahan seperti minyak telon atau balsem khusus bayi, yang dibalurkan di dada, leher, dan punggungnya.Baik jika setiap pagi bayi dijemur di bawah sinar matahari pukul 07.00-08.00, selama 10 menit. Letakkan bayi dalam posisi tengkurap lalu tepuk-tepuk punggungnya. Posisikan bayi miring ke kanan lalu ke kiri dan tepuk-tepuk dada sampingnya. Dengan cara ini biasanya dia akan ?muntah?, bisa juga lendir luluh lalu masuk saluran pencernaan dan terbuang lewat kotoran. Tapi ingat, lakukan cara ini sebelum bayi minum-makan apa pun.Kalau hidung si kecil tersumbat karena kentalnya lendir, berikan tetes hidung garam fisiologis atau NaCL (yang bisa dibeli di apotek-apotek). Jika tidak mempan, bayi bisa dibawa ke klinik fisioterapi untuk menjalani terapi inhalasi. Terapi ini baik meluluhkan lendir sehingga dapat dengan mudah dikeluarkan oleh tubuh dengan cara dibatukkan, dibersinkan atau lewat feses.Penanganan sama untuk berlebihnya lendir yang disebabkan infeksi virus. Namun kondisi ini perlu diperiksakan ke dokter untuk memastikan infeksi apa yang menyerang si kecil.MALAM HARI SALURAN NAPAS MENGECILBayi terkadang mengalami sulit bernapas di malam hari atau di pagi hari. Perlu diketahui, saluran pernapasan manusia pada malam hari akan mengecil. Hanya derajat mengecilnya berbeda-beda. Pada orang-orang yang tidak alergi, diameter mengecilnya saluran pernapasan tidak sampai 10%. Sedangkan yang alergi lebih dari itu. Namun tak perlu panik, karena akan reda dengan sendirinya seiring menghangatnya suhu lingkungan.sumber:www.ayahasi.org
   


30-12-2013 18:39:06 bayi 2m flu
Jumlah Posts : 527
Jumlah di-Like : belum ada like
Mungkin nafasnya kedengaran grok2 kali ya,bund?Wajar sih kalo baby under 3m kayak gitu.Berikut penjelasannya

Si kecil kerap mengeluarkan suara grok-grok. Patutkah dikhawatirkan?Bagian dalam tubuh manusia, asal tahu saja, selalu berlendir. Jadi memang sudah dirancang untuk terus memproduksi lendir yang berfungsi membersihkan saluran pernapasan dan menangkal infeksi kuman ataupun virus dari dalam tubuh. Nah, tubuh bayi pun memproduksi lendir. Hanya saja karena refleksnya untuk mengeluarkan lendir belum baik, akibatnya jumlah lender ?menumpuk?. Ini wajar saja selama lendir tersebut tidak sampai mengganggu aktivitas bayi (seperti makan-minumnya tetap baik, tidurnya pun bisa nyenyak), tidak muntah, dan tak ada demam. Kalau begini, tak ada yang perlu dikhawatirkan.Namun, beri perhatian jika suara grok-grok yang timbul terdengar begitu nyaring (terlebih saat bayi menangis). Bayi pun tampak sulit tidur dan aktivitasnya kerap terganggu (sulit makan dan minum, sering muntah, dan berat badan susah naik). Apalagi bila disertai hidung meler dan tersumbat, bersin-bersin, dan suhu tubuh meninggi. Ini biasanya disebabkan infeksi virus.Yang perlu diketahui, pada bayi normal bunyi grok (karena adanya lendir di saluran pernapasan) akan menghilang di saat usianya menginjak satu tahun. Nah, jika di usia itu si kecil masih mengeluarkan suara grok-grok berarti ia berpotensi sebagai pengidap asma di kemudian hari. Tanda-tanda lainnya, bayi kerap mengalami keluhan pada kulit, seperti dermatitis atopik atau eksimPENYEBAB LENDIR BERLEBIHYang jelas, bukan karena tenaga medis yang kurang tuntas membersihkan lendir di mulut bayi baru lahir. Berlebihnya lendir bisa karena faktor-faktor di bawah ini:Alergi yang diderita bayi (bisa dipicu udara, asap, makanan, minuman dan lainnya). Jika pencetus alergi bisa diketahui, lalu bayi dijauhkan dari faktor pencetusnya itu, biasanya jumlah lendir dalam tubuh akan berangsur-angsur berkurang dengan sendirinya. Berat badan akan kembali naik, nafsu makan-minum kembali normal, tidurnya menjadi pulas, aktivitasnya juga kembali lincah.Infeksi virus bisa diatasi dengan memperkuat sistem imunitas bayi. Caranya beri bayi banyak ASI dan banyak istirahat. Bagi bayi di atas 6 bulan yang sudah melewati ASI eksklusif, bisa diberikan cairan lain, seperti air putih, jus dan sup. Selebihnya biarkan lendir yang bertugas membawa virus dan kotoran keluar.TIDURKAN TENGKURAPBerlebihnya lendir dapat membuat napas bayi terganggu dan membuatnya merasa tidak nyaman.Berikut yang dapat orangtua lakukan:Mencari tahu dan menjauhkan pencetusnya.Berikan stimulasi untuk membantu bayi mengeluarkan lendir, caranya:Saat tidur posisikan kepala bayi lebih tinggi dari badan.Posisi tidur tengkurap juga baik karena posisi saluran napas jadi lebih rendah hingga lendir pun akan turun ke arah mulut.Suhu dalam ruangan bayi harus hangat.Jika bayi tidak alergi bisa diberikan penghangat tambahan seperti minyak telon atau balsem khusus bayi, yang dibalurkan di dada, leher, dan punggungnya.Baik jika setiap pagi bayi dijemur di bawah sinar matahari pukul 07.00-08.00, selama 10 menit. Letakkan bayi dalam posisi tengkurap lalu tepuk-tepuk punggungnya. Posisikan bayi miring ke kanan lalu ke kiri dan tepuk-tepuk dada sampingnya. Dengan cara ini biasanya dia akan ?muntah?, bisa juga lendir luluh lalu masuk saluran pencernaan dan terbuang lewat kotoran. Tapi ingat, lakukan cara ini sebelum bayi minum-makan apa pun.Kalau hidung si kecil tersumbat karena kentalnya lendir, berikan tetes hidung garam fisiologis atau NaCL (yang bisa dibeli di apotek-apotek). Jika tidak mempan, bayi bisa dibawa ke klinik fisioterapi untuk menjalani terapi inhalasi. Terapi ini baik meluluhkan lendir sehingga dapat dengan mudah dikeluarkan oleh tubuh dengan cara dibatukkan, dibersinkan atau lewat feses.Penanganan sama untuk berlebihnya lendir yang disebabkan infeksi virus. Namun kondisi ini perlu diperiksakan ke dokter untuk memastikan infeksi apa yang menyerang si kecil.MALAM HARI SALURAN NAPAS MENGECILBayi terkadang mengalami sulit bernapas di malam hari atau di pagi hari. Perlu diketahui, saluran pernapasan manusia pada malam hari akan mengecil. Hanya derajat mengecilnya berbeda-beda. Pada orang-orang yang tidak alergi, diameter mengecilnya saluran pernapasan tidak sampai 10%. Sedangkan yang alergi lebih dari itu. Namun tak perlu panik, karena akan reda dengan sendirinya seiring menghangatnya suhu lingkungan.sumber:www.ayahasi.org
   
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
Obat Mioma Jelly Gamat Gold-G
Menurut Dr.dr. T Z Jacoeb SpOG, karena adanya hubungan antara miom dengan hormone estrogen, maka miom dapat membesar pada usia reproduksi dan mengecil pada pasca menopause. Sebenarnya tanda-tanda yang bisa menjadi petunjuk adanya miom ini sangat beragam. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan besar-kecilnya tumor jinak yang sedang tumbuh dan keberadaan tumor tersebut. Gejala yang paling sering ditemukan adalah terjadinya pendarahan yang banyak, yang diakibatkan rongga rahim yang lebih luas dan adanya gangguan kontraksi rahim akibat massa tumor. Lalu adanya penekanan pada kandung kemih, ureter, rectum atau organ rongga panggul lainnya sehingga menimbulkan gejala sakit apabila sedang buang air kecil dan susah buang air besar.
Untuk mengetahui info lebih lengkap nya lagi mengenai obat mioma jelly gamat gold-g silahkan klik di sini
   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Dok,sewaktu hamil kmrn sy kena darah tinggi sewaktu hamil. pdhl sblm mengandung sy tdk ada riwayat darah tinggi jd wkt usia kandungan 32 week saya diharuskan ceasar karena bayi dlm kandungan wkt diperiksa smakin mengecil cm 1,2 kg dan wkt dilahirkan ternyata hanya 1,18 kg dgn kondisi plasenta dah pengapuran. Dokter blg sy sudah tdk blh melahirkan lg karena resikonya lbh besar untuk kena darah tinggi lg. yg ingin saya tanyakan benarkah pendapat dokter sy?? karena stlah melahirkan tekanan darah saya kembali normal. thx dok

Dari : Maryati

Jawaban:

Dear Bunda, tensi darah yang meningkat hanya ketika hamil merupakan salah satu tanda-tanda dari pre eklampsia, yaitu terjadinya peningkatan tensi darah dan protein urine ketika dalam masa kehamilan , yang nantinya menjadi normal kembali setelah selesai masa melahirkan. Apabila tidak tertangani dengan baik maka akan mengakibatkan kejang (eklampsia) bahkan kematian. Bagi ibu yang berumur di atas 35 tahun , kehamilan itu sendiri merupakan suatu hal yang memiliki resiko cukup besar, terutama bagi ibu yang telah mengalami hipertensi kehamilan sebelumnya. Selain membahayakan bagi janin, pre eklapmsia juga sangat berbahaya bagi sang Ibu. Apabila Bunda memang ingin sekali untuk hamil, maka sebaiknay di pertimbangkan dan di konsultasikan lagi dengan dokter OBSGYN anda alasan , resiko baik upaya-upaya yang harus idlakukan apabila anda ingin tetap hamil kembali. Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu Anda.
   
25-11-2011 15:35:20 keguguran tapi tidak di kuret
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Dear Dr. Tanti
Dok, saya baru saja mengalami keguguran pd usia janin 6 minggu, menurut dokter janin saya tidak berkembang dan ada kelainan kromosom dan juga janin saya mengecil (diameter sblmnya 12,3 setelah kontrol lg dlm waktu 2 minggu janin saya menjadi 5,2).
tp dokter tidak menyuruh saya untuk di kuret, saya hanya dikasih obat untuk membersihkan rahim. kata dokter nanti janin saya akan keluar dengan sendiri nya, karna janin saya masih kecil .
pertanyaan saya:
1. apakah tidak apa2 jika saya tdk di kuret? apakah dgn tdk di kuret nanti akan menyebabkan tuba saya infeksi? dan akan sulit hamil lagi?
2. apa yg menyebabkan janin saya mengecil?
3. setelah berapa bulan saya boleh hamil lagi setelah mengalami keguguran ini?
4. apakah kelainan kromosom itu penyakit turunan?
Mohon informasi nya ya dok.
Terima kasih


Dari : Melisa

Jawaban:

Dear Bunda, saya turut prihatin dengan kejadian yang bunda alami. Keguguran kerap kali terjadi tanpa diketahui penyebabnya. Kelainan kromosom dapat menjadi salah satu dugaan penyebab keguguran, namun tidak di ketahui dengan jelas apa yang menjadi penyebabnya. Gaya hidup sehat dan pola hidup sehat adalah pencegahan terbaik untuk menghindar terjadinya kelainan-kelainan atau penyakit dalam hal kesehatan. Apabila dokter anda menilai bahwa keguguran saat ini cukup dengan menggunakan pengobatan dan tidak di kuret, maka anda tidak perlu khawatir, namun tetaplah control dan memperhatikan tanda-tanda perdarahan. Anda dapat kembali hamil sebaiknya setelah tiga siklus menstruasi, agar tubuh anda telah siap untuk menjalani kehamilan berikutnya. Makanlah makanan segar dan bergizi serta cukup beristirahat untuk menjaga kondisi kesehatan anda. Demikian jawaban saya.
   
Jumlah Posts : 41
Jumlah di-Like : belum ada like
@ bunda tirta : iya bundaaa, your information is so much helping me, maaciiw.. jadi gitu yaa bun?? berarti kalo hamil baru mengecil gitu yaa?? tapi ini sepupu ku gabisa hamil gimana dong?? itu bunda nunggu 1 tahun dulu apa gmana baru bisa hamil (maaf agak blak-blakan yaa bunda)


@ bunda armel : hmm kalo suaminya sih gapapa bun, ga ada yg perlu di khawatirin makanya semua mata tertuju sama sepupu aku aja, sampe mertuanya tuh jutek gitu kalo sepupu aku berkunjung, gatau kenapa tapi aku rasa yaa mungkin salah satunya itu, belom ada tanda tanda kehamilan lagi dari menantunya.. aku gatega liatnya bundaaa, menurut bunda mungkin aja belom waktunyaa yaa??
ohh kalo masalah stres, kalo aku liat kayaknya dua duanya lagi stres deh (dalam pengelihatan aku sih bun) soalnya sepupu lagi pusing ituuu sama suaminya juga lagi ujian kelulusan kuliah gitu bun.. pengaruh banget yaa bun??
aku dan keluarga besar maunya sih dia ke ahlinya terus nurut aja disuruh dokternyaa tapi dianya terlalu takut bun, gatau kenapa tuh...
makasih atas do'anya yaa bun, semoga aja do'a kami semua dikabulkan amin hehe


@ bunda ucie : makasiihh bundaaaa, iyaa aku tau gabegitu bahaya tapi masih was was ajaa bundaaa, pasalnya udah 5 tapi belum berhasil juga padahal segala macem makanan (yg katanya bikin subur) udah di makan sama diaa rutin gituuu, mungkin belum rezeki yaa dari Tuhan.... kita selalu yemangatin dia kok bun, ingetin dia kalo sekarang belom tepat waktunya buat dia... mudah mudahan dia bisa bangkit lagi tanpa terus berlarut larut dalam kesedihannya dia yaa bun amiiiinnn

makasih bunda bunda cantikk #TAKE CARE AND KEEP PRAYING
   
Jumlah Posts : 18
Jumlah di-Like : 1

hallo bun,
ini saya punya artikelnya semoga bermanfaat. Btw, umur kehamilan kita sama lho ;-)
Sumber: http://bayidananak.com/2008/11/20/tanda-tanda-akan-melahirkan/

Tanda-Tanda Akan MelahirkanNyeri, tegang, mulas…. Ups! Jangan-jangan saat persalinan sudah dekat. Punya pengetahuan tentang tanda serta tahap persalinan jelas sangat membantu, meski tidak berarti setiap wanita hamil akan melewati rasa dan pengalaman yang sama saat melahirkan.

Diawali kontraksi

Normalnya, di minggu ke 38-40 kehamilan, kepala janin sudah mulai turun ke rongga panggul. Bersamaan dengan itu, otot-otot rahim pun mulai melakukan gerakan mengerut dan meregang secara bergantian, terus-menerus secara teratur. Nah, gerakan otot rahim seperti inilah yang disebut kontraksi.

Seperti apa rasanya? Ada yang mengatakan nyeri seperti diperas, kaku dan tegang di perut, khususnya bagian bawah, atau mulas seperti ingin buang air besar.

Yang pasti, frekuensi terjadinya kontraksi semakin lama semakin meningkat, begitu juga dengan kekuatannya. Awalnya, jarak waktu antara kontraksi yang satu dan selanjutnya cukup panjang, biasanya selang satu jam. Lalu, semakin memendek, bisa tiap 30 menit, 15 menit, dan menjelang waktunya bayi lahir, jarak kontraksi bisa mencapai 2 atau 1 menit sekali.

Sewaktu jarak antar-kontraksi masih jauh, mungkin rasa nyeri terasa hanya pada bagian atas perut. Namun seiring dengan kemajuan proses awal ini, rasa nyeri semakin menjalar ke bagian bawah perut, bahkan ke arah bawah punggung dan belakang pinggang. Saat mulut rahim sudah membuka sempurna, rasa nyeri yang hebat di daerah tadi akan terasa sangat kuat.

Dr Erick, spesialis kandungan menuturkan, proses setiap wanita saat persalinan berbeda. Tetapi tanda-tandanya sama.

”Biasanya saat akan melahirkan, ibu akan merasa adanya kontraksi rahim yang teratur. Dan ini merupakan salah satu tanda yang akan dialami semua ibu yang akan melahirkan,” terangnya.

Tidak seperti kontraksi Braxton hick, kontraksi timbul secara teratur, mula-mula kontraksi hanya sebentar kemudian bertambah lama dan bertambah kuat, dan kontraksi terjadi simetris di kedua sisi perut mulai dari bagian atas dekat saluran telur ke seluruh rahim, dan nyeri tidak hilang atau berkurang dengan istirahat atau elusan saja.

Bagi ibu yang akan melahirkan dan mulai terasa kontraksi yang nampak teratur, mulailah untuk menghitung waktunya. Biasanya, persalinan hanya terjadi bila kontraksi menjadi semakin dekat 40 detik antara kontraksi lainnya. Persalinan pertama kali akan berlangsung 12-14 jam sehingga lebih baik anda menunggu dirumah sambil beristirahat mengumpulkan energi untuk persalinan. Jadi jika kontraksi anda sudah setiap 5 menit sekali atau sangat sakit anda dapat pergi ke rumah sakit.

‘”Setelah tanda kontraksi teratur, maka akan keluar darah bercampur lendir, ini merupakan tanda kedua akan terjadinya persalinan,” ujarnya.

Ia menerangkan, darah bercamur lendir ini terjadi karena sumbatan yang tebal pada mulut rahim terlepas. Sehingga menyebabkan lendir yang berwarna kemerahan. Karena bercampur darah.

Jalan lahir membuka

Saat otot rahim mengerut, ukuran rahim akan mengecil, sehingga kepala janin semakin terdorong ke arah bawah (jalan lahir). Bersamaan dengan itu, mulut rahim sedikit demi sedikit mulai membuka.

Perlu Anda tahu, sejak terjadinya kehamilan, secara alami mulut rahim tertutup oleh semacam sumbat berupa lendir kental. Sumbat lendir ini bertugas menjaga agar kehamilan bisa terus berjalan sekaligus melindungi janin dari kuman. Nah, pada awal tahap pembukaan mulut rahim, sumbat lendir itu terbuka dan lendir (yang berwarna merah muda) keluar melalui vagina.

Mulut rahim yang semula hanya membuka sedikit, seiring dengan datangnya kontraksi yang semakin kuat, akan terus melunak dan terbuka semakin lebar. Lama-kelamaan, mulut rahim akan terlihat semakin datar dan menyatu dengan rahim bagian bawah. Saat inilah pembukaan lengkap terjadi.

Pembukaan mulut rahim biasanya dihitung dengan satuan sentimeter (cm). Bila dokter mengatakan mulut rahim Anda sudah pembukaan 8, artinya jalan lahir sudah membuka sepanjang 8 cm. Pembukaan mulut rahim dikatakan lengkap bila sudah mencapai pembukaan 10, atau 10 cm.

Lamanya tahap pembukaan jalan lahir dari awal hingga sempurna, bervariasi pada setiap kehamilan. Namun, secara gamblang tahap persalinan dibagi atas:

* Kala/tahap I laten: di mulai dari tanpa pembukaan sampai pembukaan 2, yang bisa berlangsung 24-48 jam,

* Kala I aktif: dimulai dari pembukaan 3-10, yang berlangsung sekitar 7 jam pada persalinan anak pertama, 3 1/2 jam pada persalinan bukan pertama.

* Kala II: disebut fase mengejan, pada pembukaan 10/lengkap yang bisa berlangsung maksimal 1 jam.

* Kala III: adalah fase melahirkan plasenta, hanya berlangsung sekitar 15 menit.

Penting diingat, menjelang akhir kala I, meski Anda merasakan mulas yang luar biasa, Anda masih belum boleh mengejan. Sebab, saat ini mulut rahim belum membuka sempurna. Bila Anda mengejan saat ini, bisa mengakibatkan jalan lahir membengkak dan terjadi perobekan.

Jadi, harus bagaimana? Bernapaslah dalam-dalam dan hembuskan perlahan. Lakukan hal ini berulang-ulang setiap kali rasa nyeri yang luar biasa itu datang.

Bila mulut rahim sudah membuka sempurna, artinya Anda sudah melewati tahap pertama dari proses persalinan, dan siap menuju tahap kedua, yaitu kelahiran bayi.

Siap lahir

Bila tidak ada hambatan, misalnya tali pusar yang melilit anggota tubuh janin, maka tahap yang dikenal dengan kala II ini berlangsung jauh lebih cepat dibanding tahap sebelumnya. Ada yang melewatinya tidak lebih dari 30 menit, meski ada juga yang lebih.

Pada tahap ini, kepala janin yang memang sudah tepat berada di mulut rahim akan terus mendesak. Bersamaan dengan itu, secara alamiah, rahim dan vagina akan membentuk semacam cekungan yang menjadi jalur untuk dilewati bayi. Saat ini, Anda akan merasakan tekanan yang sangat kuat di daerah perineum (daerah antara vagina dan anus).

Saat kepala janin sudah di ambang pintu dan siap keluar, lendir dan darah yang keluar dari vagina semakin bertambah. Selain itu, desakan kuat kepala janin akan menyebabkan kantung ketuban pembungkus janin pecah lebih awal atau saat pembukaan lengkap, sehingga cairan ketuban keluar membasahi daerah vagina. Cairan ini sekaligus membuat jalan lahir semakin licin yang justru memudahkan bayi meluncur keluar dengan mulus. Setelah pembukaan benar-benar lengkap dan kepala bayi sudah terlihat di pintu lahir, saat inilah Anda diijinkan mengejan.

Apa yang harus dilakukan? Ikuti saja baik-baik panduan penolong persalinan Anda. Ikuti aba-abanya, kapan Anda menarik napas dan kapan waktunya mengeluarkan napas sambil mengejan, Mengapa harus demikian? Sebab, saat mengejan harus dilakukan berbarengan dengan saat kontraksi datang, sehingga bayi akan lebih mudah meluncur di jalan lahirnya.

Saat kepala bayi berhasil keluar dari mulut vagina, bagian tubuh bayi yang masih di dalam secara alami akan berputar dengan sendirinya. Kondisi ini memungkinkan bagian bahu dan seluruh tubuh bayi keluar.

Nah, kini sambutlah kehadiran buah hati Anda di dunia dengan penuh cinta dan syukur. Anda bisa meminta penolong persalinan untuk membawakan bayi Anda sesaat dalam dekapan Anda.

Plasenta selesai bertugas

Dengan lahirnya sang buah hati, selesai pula tugas plasenta atau ari-ari yang selama ini menemaninya di dalam rahim. Plasenta yang selama 9 bulan lebih bertugas mensuplai nutrisi dan oksigen, mengeluarkan sisa metabolisme serta sebagai organ yang menyalurkan antibodi ke tubuh janin, juga harus dilahirkan. Proses yang terjadi dalam tahap ketiga ini biasanya berlangsung tidak lebih dari 15 menit.

Alam sudah mengatur, setelah bayi keluar, kontraksi masih terus berlangsung, meski tidak sehebat sebelumnya. Tujuannya untuk membantu melepaskan plasenta dari tempat menempelnya di dinding rahim. Hampir sama seperti proses kelahiran bayi, Anda akan diminta mengejan bersamaan dengan datangnya kontraksi.

Untuk memeriksa apakah seluruh plasenta sudah terlepas dari dinding rahim atau belum, penolong persalinan akan menekan perut Anda. Setelah itu, ia akan menarik perlahan-lahan tali pusar agar plasenta bisa keluar. Setelah seluruh plasenta beserta tali pusar keluar, barulah tubuh Anda dibersihkan.

Nah, kini selesailah sudah seluruh tahap proses persalinan. Anda pun memasuki babak baru dalam hidup Anda, yakni jadi seorang ibu. Sebuah peran yang luar biasa indahnya!

   
18-11-2008 13:04:08 menstruasi setelah nifas
Jumlah Posts : 198
Jumlah di-Like : 10
GELISAH MENANTI "TAMU BULANAN" USAI MELAHIRKAN Tak perlu cemas bila haid belum datang lagi usai melahirkan. Selama masih menyusui, normal, kok, jika "si tamu" baru datang 3 bulan atau malah 4-6 bulan kemudian. Sebetulnya, jelas dr.Jelondra Djoesman, Sp.OG, usai persalinan mayoritas ibu haidnya jadi kacau meski semula siklusnya teratur. Pada mereka dengan persalinan normal, secara teori keteraturan haid akan lebih cepat terjadi. Pasalnya, lanjut ginekolog dari Subbagian Fetomaternal Departemen Obstetri dan Ginekologi FK UPN Veteran/RSPAD Gatot Subroto, Jakarta ini, saat hamil akan terjadi perubahan hormonal dalam diri wanita yang bersangkutan. Tepatnya, peningkatan hormon estrogen, progesteron, hCG (human Chorionic Gonadotropin), dan lain-lain, yang memang diperlukan untuk mempertahankan kehamilan. Ketidakseimbangan hormonal ini juga terjadi pada pascapersalinan. Terutama meningkatnya hormon prolaktin dan oksitosin yang berkaitan dengan aktivitas menyusui. Itu sebabnya, sambung Yelon, mereka yang menyusui bayi umumnya relatif lebih lambat menstruasinya kembali datang dibanding yang tidak menyusui. Dan dengan melakukan program menyusui ASI eksklusif (selama 4 bulan pertama), dalam tenggang waktu tersebut ibu mendapat manfaat tambahan berupa KB alami. Artinya, kadar hormon prolaktin yang tinggi akan menekan aktivitas indung telur dalam mengurangi kepekeaan ovarium terhadap hormon pengatur kesuburan. Selain menghambat pematangan folikel maupun menghambat umpan balik positif, hingga menekan pengeluaran hormon kesuburan dari hipofisis (otak) hingga akhirnya tak pernah terjadi ovulasi/pengeluaran sel telur. Dengan tidak terjadinya ovulasi, menstruasi pun jadi datang lambat. Karena itu bisa saja ibu menyusui tidak haid paling cepat 2 bulan dan selambat-lambatnya 18 bulan kemudian setelah melahirkan. Tergantung dari variasi biologis dan intensitas menyusui masing-masing individu. Sementara mereka yang tidak menyusui, kata ginekolog lulusan UI ini, begitu selesai masa nifas yang berlangsung sekitar 6 minggu (40 hari) biasanya sudah akan terjadi ovulasi kembali dan bila tidak terjadi kehamilan akan diikuti dengan menstruasi. TAKUT HAMIL LAGI Sayangnya, tidak datangnya haid telanjur diidentikkan sama dengan kehamilan. Tak heran kalau sampai lewat masa nifas, bahkan lebih dari 3 bulan "si tamu bulanan" belum muncul juga, si ibu lantas gelisah/khawatir kalau-kalau dirinya hamil lagi. Terlebih mereka yang tak ingin hamil dalam waktu dekat. Padahal, bukan tidak mungkin ibu-ibu yang menyusui dan tidak ber-KB, kesuburannya segera pulih selepas masa nifas. Kalau sudah begitu bukan mustahil bakal terjadi pembuahan yang bisa membuat si ibu langsung hamil lagi tanpa mengalami menstruasi terlebih dulu. Soalnya, tingkat kesuburan ini bersifat individual dan tidak bisa diprediksi hanya dengan mengandalkan pemberian ASI. "Karena itu, mereka yang bersikeras tak ingin segera hamil, biasanya dianjurkan untuk segera ber-KB begitu usai nifas." Sementara untuk memastikan apakah dirinya hamil atau tidak, harus dilakukan tes kehamilan. Semisal pemeriksaan Beta-HCG air seni, pemeriksaan kadar hormon kehamilan, Beta HCG darah, dan diperkuat dengan pemeriksaan USG vaginal. Bila hasilnya positif, terlambatnya datang bulan dari jadwal semestinya, berarti si ibu sudah berbadan dua kembali. KENALI PENYEBAB Mengenai keterlambatan menstruasi usai bersalin, mau tidak mau harus dicari penyebabnya. Apakah terjadi gangguan hormonal, atau malah ada kista pada indung telur, endometriosis, endometritis/ perlekatan rongga rahim akibat radang pada selaput lendir rongga rahim. Meski pada kasus-kasus ibu usai melahirkan yang umumnya terjadi adalah gangguan hormonal. Mekanismenya, hormon prolaktin yang banyak diproduksi semasa menyusui akan memberi sinyal tertentu pada kelenjar hipofisis di otak. Sinyal ini membuat tidak terjadinya proses pematangan folikel. Selanjutnya, sel telur akan dikondisikan untuk tidak mengalami pematangan, hingga ovulasi pun tidak terjadi. Jadi, jelas Yelon, mekanisme semacam itulah yang membuat ibu-ibu menyusui tidak haid. Memang pada beberapa kasus, tetap terjadi "kebobolan". Sebab memang tidak bisa dijadikan jaminan si ibu tak bakal hamil sepanjang ia memberikan ASI-nya dengan benar. Tak heran jika si ibu lantas jadi was-was menanti datangnya kembali menstruasi. "Justru karena khawatir, haid malah tak datang. Kondisi si ibu yang stres menjadi semacam feedback bagi otak. Semakin banyak faktor yang muncul, kerja bagian otak yang mengatur soal menstruasi ini juga kian kacau." Idealnya, saran Yelon, "Buang segala kekhawatiran tadi. Kalau masih ragu-ragu, pastikan dengan tes kehamilan. Termasuk mencari penyebab-penyebab keterlambatan tadi, semisal melalui analisa hormonal." Bila stres berat atau terdapat kelainan pada hipotalamus hipofisis-ovarium yang menjadi faktor penyebabnya, akan memunculkan gangguan hormon. Salah satu akibatnya, terjadi kekurangan hormon progesteron yang pada kondisi normal justru diperlukan bagi terjadinya menstruasi. SALING TERKAIT "Dok, kalau saya enggak mens, lalu darah mensnya ke mana?" begitu pertanyaan awam yang acap dilontarkan. Padahal, jelas Yelon, saat seorang wanita tidak menstruasi, darah mensnya memang tidak terbentuk. Sebabnya, folikel-folikel tidak berkembang sementara lapisan selaput lendir rahim pun tidak mengalami penebalan yang memang dipersiapkan kalau-kalau terjadi pembuahan dan kehamilan. Kondisi ini tentu saja tidak memungkinkan terjadinya penebalan dinding rahim yang bila tidak terjadi pembuahan selanjutnya akan luruh dalam bentuk menstruasi. Semua proses tersebut tidak terjadi karena memang tidak ada sel telur yang disiapkan untuk jadi matang. Dengan begitu, jika haid tak juga datang, harus dicari dari mana sumber masalahnya. Apakah ada kelainan di bagian otak, hingga Folikel Stimulating Hormone(FSH) tak diproduksi, ataukah fungsi-fungsi organ reproduksinya belum kembali pulih seperti sedia kala. "Semua itu, kan, saling terkait." Akibatnya, terjadi gangguan keseimbangan hormon estrogen dan progesteron yang berperan penting dalam pengaturan haid normal. Bila secara fisik tidak dijumpai adanya kelainan pada organ-organ reproduksinya, gangguan haid ini akan hilang dengan sendirinya apabila wanita yang bersangkutan telah berhasil mengatasi faktor stres yang mengakibatkan ketidakseimbangan hormonal atau sudah tak menyusui lagi Semestinya, setiap ada gangguan hormon, lakukan pemeriksaan kadar estrogen dan progesteron ke ahli endokrinologi. Ketidakseimbangan hormon itulah yang kemudian dijadikan pertimbangan pengobatan. Agar terjadi keseimbangan kembali biasanya akan diberikan progesteron. Itu sebabnya, langkah awal yang ditempuh adalah Test-P/tes progesteron. Yakni di saat haid tak kunjung datang dan yang bersangkutan dipastikan tidak hamil, sementara vagina dan jalan lahirnya tidak tertutup, serta di uterus pun tak ada hambatan. Langkah non-invasif tersebut biasanya mengharuskan yang bersangkutan bersabar menunggu seminggu sampai 10 hari. Bila lewat waktu tersebut ternyata tetap tidak haid, kemungkinan besar ada masalah dengan progesteron sekaligus estrogen yang tidak terbentuk. Nah, langkah berikut yang biasanya ditempuh adalah pemberian hormon estrogen sekaligus progesteron. Tentu saja ini diberikan jika tidak ada tanda-tanda kehamilan. Toh, bila tak kunjung haid, bisa dilakukan anamnesa. Apakah dari situ akan muncul keluhan-keluhan yang mengarah pada kepastian tanda-tanda kehamilan atau bukan.
   
Jumlah Posts : 161
Jumlah di-Like : belum ada like
Hallo mama dafanna...

Aku pernah baca di artikel, bahaya sunat untuk anak perempuan. Kayaknya kalo yang ini dari milis...Sori panjang tapi semoga bermanfaat.



Dear Mama Kevan & Belfa,



Ini ada artikel yang saya punya mengenai sunat pada anak perempuan dari segi

kesehatan. Artikel ini dimuat di majalah ayahbunda. Mudah2an membantu.

Regards,

Diah



Stop Sunat Anak Perempuan

Beberapa komplikasi yang mungkin timbul akibat tindakan sunat pada

perempuan adalah:

Terjadi risiko perdarahan

Syok akibat kehilangan darah

Nyeri

Infeksi local

Tetanus

Trauma dari bagian-bagian seputar alat reproduksi

Air seni tertahan

Timbul kista yang nyeri

Infeksi panggul

Rasa sakit saat bersenggama

Masalah infertilitas

Infeksi saluran kemih berulang



Berbeda dengan anak laki-laki, sunat pada anak perempuan terbukti tidak ada

manfaatnya secara medis. Malah merugikan!

Bagi kebanyakan orang di Indonesia, sirkumsisi (lebih dikenal dengan

sunat) pada anak laki-laki merupakan peristiwa penting. Ibarat pintu gerbang

yang menghubungkan masa kanak-kanak ke masa remaja dan dewasa. Makanya, selalu

ada perayaan khusus ketika melakukannya. Bahkan bagi penganut agama Islam,

sunat pada laki-laki diwajibkan.



Sebaliknya, tidak demikian dengan sunat pada anak perempuan. Meski banyak

juga yang melakukan, tetapi di Indonesia, sunat pada anak perempuan umumnya

tidak “seheboh” anak laki-laki. Penting Anda tahu, kalangan medis pun kini

tidak lagi menganjurkan anak perempuan disunat.

Tidak ada manfaatnya Menurut dr. Rini Sekartini, SpA dari

Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI/RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta, secara

media sunat pada anak laki-laki, yaitu berupa pemotongan kulit kepala penis,

memang bermanfaat.

Ia menjelaskan, “Lapisan kulit penis terlalu panjang, sehingga sulit

dibersihkan. Kalau tidak dibersihkan, kotoran yang biasa disebut smegma akan

mengumpul, dan sering menimbulkan infeksi pada penis. Bahkan bisa memicu

timbulnya kanker leher rahim pada perempuan yang disetubuhinya. Selain itu

secara medis juga membuktikan, bagian kepala penis peka terhadap rangsangan

karena banyak mengandung saraf erotis. Ini membuat kepala penis yang tidak

disunat lebih sensitive daripada yang disunat. Jadi, sunat ternyata juga

membantu mencegah terjadinya ejakulasi dini.”

Di negara lain, misalnya Amerika Serikat, walau masih controversial,

mereka juga melakukan sunat pada bayi laki-laku yang baru lahir. Tujuannya,

antara lain untuk mengurangi risiko infeksi saluran kemih, penyakit menular

seksual, dan pencegahan terhadap kanker penis.

Nah, berbeda dengan anak laki-laki, masih menurut dr. Rini, secara medis

sunat pada anak perempuan (female genetical mutilation – FGM) ini, tidak ada

manfaatnya. Praktik ‘amputasi’alat kelamin perempuan yang terjadi selam ini

pada dasarnya memang tidak terlepas dari nilai kultur masyarakat. Sebagian

masyarakat meyakini, perempuan memiliki nafsu seksual lebih tinggi disbanding

lelaki. Makanya, menurut mereka, cara efektif untuk mereduksi nafsu seksual

perempuan ini adalah dengan melakukan tindakan sunat,” jelas dr. Rini.

Di beberapa komunitas memang ada anggapan, perempuan tidak berhak

menikmati kepuasan sekual sebab dia hanya pelengkap kepuasan seksual lelaki.

“Di luar masalah kultur, yang pasti bila tindakan ini tidak dilakukan dengan

hati-hati dan tepat, justru menimbulkan komplikasi, baik akut maupun kronis,”

lanjut dr. Rini.

Bentuk Kekerasan

Belakangan ini beberapa organisasi Internasional, seperti Humanitarian

National, The World Health Organization (WHO) dan The International Federation

of Gynecology and Obstetrics, berpendapat bahwa FGM secara medis tidak

diperlukan. Bahkan, The American Collage of Obstretricians and Gynecologist

and the College of Physicians and Surgeons of Ontario, Canada, melarang

anggotanya untuk melakukan kegiatan tersebut.

Beberapa ahli juga menyebutkan bahwa FGM adalah tindakan illegal, dan

orang yang melakukannya dikatagorikan melakukan tindakan kriminal. Ini dianut

oleh negara seperti Swedia, Norwegia, Australia dan Inggris.

The American Academy of Pediatrics (AAP) pun menganjurkan anggotanya

untuk memberikan informasi tentang FGM dan komplikasinya pada masyarakat.

Selain intu, AAP juga minta anggotanya untuk mengenali tanda-tanda fisik dari

FGM, waspada terhadap isyu kultur dan etik yang dikaitkan dengan FGM, serta

memberikan penjelasan/edukasi pada pasien yang ingin melakukan FGM, dan

mengurangi prosedur medik yang diperlukan untuk mengubah alat genital

perempuan. Bagaimana di Indonesia? Rini menyayangkan data di Indonesia

mengenai tindakan sunat pada anak perempuan tidak banyak. Data yang ada adalah

laporan di Somalia (Afrika) dan populasi Sunda, diperkirakan sekitar 100 juta

perempuan menjalani tindakan sunat, dan 4-5 juta diantaranya dilakukan pada

bayi perempuan. Sehubungan dengan hal itu, Rini pun menyarankan, sebaiknya

dilakukan program edukasi tentang sunat pada anak perempuan ini pada

masyarakat. Dalam hal ini tentu saja perlu dipertimbangkan factor budaya dari

masyarakat

yang bersangkutan. “Penjelasan secara rinci tentang anatomi genital perempuan

dan fungsinya, sangat penting. Begitu juga dampak fisik dan psikologis jangka

panjang dari tindakan FGM. Program ini jelas memerlukan kerja keras, terutama

bagi dokter anak atau dokter bedah anak, dan tenaga medis pada umumnya,”

katanya.

Perlu Anda tahu, pemerintah Indonesia, melalui Kantor Menteri Negara

Pemberdayaan Perempuan, mendukung penuh semua usaha untuk menghapus

pelaksanaan sunat pada perempuan, terutama yang merusak organ reproduksi.

Karena, hal ini dianggap sebagai salah satu tindak kekerasan terhadap

perempuan. Apalagi, Menteri Kesehatan dr. Siti Fadilah Supari,Sp.JP(K) pun

mengungkapkan, sunat perempuan tidak pernah ada dalam standar pelayanan

kesehatan.

Sumber; majalah Ayahbunda, no.18/1-14 September 2005





Erpini Ekonomi wrote:

Dear Mama Kevan,



Hasil searching dari beberapa website, kesimpulan saya "dari segi agama

(Islam) masalah khitan pada wanita tidak ada satu dalilpun yang sah yang dapat

dijadikan pegangan untuk menunjukkan kesunnatannya /kewajibannya menurut

kaidah"

Dengan pertimbangan itu dan pertimbangan kesehatan seperti yang dibahas Ibu

Laila Andaryani H. , 2 anak perempuan saya tidak dikhitankan.

Mungkin ada yang punya info lain dari segi agama ............. ?



Regards.





   
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
saya 16feb jg blm ada tanda tanda hihi, udah kluar asinya blm bund?
   
13-12-2017 20:19:44 HPL Desember 2017 😊
Jumlah Posts : 12
Jumlah di-Like : belum ada like
hpl 10 desember tpi nyampe skrg 13 desember blum ada tanda tanda mau lahiran :(