SITE STATUS
Jumlah Member :
482.011 member
user online :
2772 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: tanda negatif atau fositif pada test str

New Topic :  
23-06-2008 09:20:19 tes Mantoux
Jumlah Posts : 918
Jumlah di-Like : 4
Dear Bunda Abdurahman...   Berikut saya carikan artikel mengenai Test Mantoux ya... Mudah-2an Berguna :D

Ada sejumlah pemeriksaan untuk memastikan TBC, tapi yang paling menentukan adalah tes Mantoux

TBC merupakan penyakit yang disebabkan kuman Mycrobacterium tuberculosis. Kuman ini ditemukan oleh Robert Koch pada tahun 1882. Bisa juga disebabkan oleh kuman Mycobacterium bovis yang terdapat pada susu sapi yang tidak dipasteurisasi. Sayangnya, menegakkan diagnosis TBC secara pasti pada anak sangat sulit. Saking sulitnya sering terjadi overdiagnosis, dimana dokter terlalu cepat memvonis padahal data yang dimilikinya masih minim.

Hal ini kemudian sering kali diikuti overtreatment alias pengobatan yang berlebihan. Akibatnya, konsekuensi yang diterima anak tidak ringan. Pasalnya, anak harus mengonsumsi 2-3 jenis obat sekaligus minimal selama 6 bulan atau bahkan lebih. Pengobatan yang tidak tepat ini tentu saja amat berisiko mengganggu fungsi hati, saraf pendengaran dan organ-organ tubuhnya yang lain.

Di lain pihak ditemukan juga underdiagnosis alias diagnosis yang terlambat hingga berbuntut menjadi undertreatment. Hal ini sama-sama bisa membahayakan anak. Soalnya, anak penderita TBC perlu mendapat penanganan segera secara tepat. Bila tidak, jiwa anak pun menjadi taruhannya.

Untuk mendapatkan diagnosis tepat, tes Mantoux dilakukan jika anak menujukkan gejala-gejala berikut:

1. MMBB (Masalah Makan dan Berat Badan)

Bila anak sulit makan dan memiliki berat badan yang kurang dari rata-rata anak seusianya, orangtua patut waspada. Atau, ada peningkatan berat badan tapi tak sesuai alias masih di bawah jumlah yang semestinya (tidak sesuai dengan yang tertera pada KMS/Kartu Menuju Sehat).

2. Mudah sakit

Anak sakit batuk pilek wajar saja. Bedanya, anak yang terinfeksi TB akan lebih mudah tertulari penyakit. Jika orang di lingkungan sekitarnya batuk pilek, anak mudah tertulari atau sebulan sekali mesti sakit. Kondisi ini patut mendapat perhatian.

3. Lemah, letih, lesu dan tidak bersemangat dalam melakukan aktivitas

Anak-anak dengan TB, umumnya terlihat berbeda dari anak kebanyakan yang sehat dalam beraktivitas. Ia tampak lemah, lesu dan tidak bersemangat.

4. Reaksi cepat BCG

Pada lokasi suntik vaksin BCG akan timbul tanda menyerupai bisul. Jika reaksi ini muncul lebih cepat, misalnya seminggu setelah pemberian, berarti tubuh anak sudah terinfeksi TB. Padahal normalnya, tanda itu paling cepat muncul pada 2 minggu setelah anak divaksinasi BCG. Namun rata-rata, benjolan pada kulit muncul setelah 4­6 minggu.

4. Batuk berulang

Batuk berkepanjangan merupakan gejala yang paling dikenal di kalangan masyarakat sebagai pertanda TBC. Batuk yang awalnya berupa batuk kering kemudian lama-kelamaan berlendir dan berlangsung selama 2 minggu lebih, merupakan salah satu tanda TBC. Gejala ini akan muncul bila sudah terdapat gangguan di paru-paru. Hanya saja, bedakan dari batuk alergi dan asma.

5. Benjolan di leher

Pembesaran kelenjar getah bening di leher samping dan di atas tulang selangkangan bisa saja merupakan tanda TBC. Soalnya, kelenjar getah bening merupakan salah satu benteng pertahanan terhadap serangan kuman. Kelenjar ini akan membesar bila diserang kuman. Namun, meski merupakan salah satu gejala TB, tidak semua pembengkakan kelenjar getah bening adalah gejala penyakit TB. Bisa jadi pembengkakan itu karena adanya infeksi atau radang di tenggorokan.

6. Demam dan berkeringat di malam hari

Gejala awal TBC biasanya muncul demam pada sore dan malam hari, disertai keluarnya keringat. Gejala ini dapat berulang beberapa waktu kemudian. Namun hal ini tetap belum dapat memastikan kalau anak menderita TBC. Tidak selalu anak-anak yang berkeringat di malam hari menderita TB. Keringat tidur justru merupakan pertanda sistem metabolisme yang sedang aktif bekerja. Tak heran, pada saat tidurlah anak-anak mengalami metabolisme yang pesat.

7. Diare persisten

Diare akibat TBC biasanya tidak kunjung sembuh dengan pengobatan biasa. Sebagai orangtua, kita bisa membantu dokter untuk menjelaskan apakah gejala-gejala di atas memang muncul pada anak atau tidak; berapa lama berlangsungnya, dan seberapa sering gejala-gejala tersebut muncul. Nah, dari pengamatan kita sehari-hari ini dokter akan sangat terbantu untuk mendiagnosis penyakit anak serta memutuskan apakah perlu dijalani tes Mantoux atau tidak.

PROSES TES

Tes Mantoux dilakukan dengan cara menyuntikkan protein dari kuman Mycobacterium tuberculosis pada lengan bawah anak. Agar hasilnya akurat, penyuntikannya harus benar-benar teliti. Bahan yang dimasukkan harus dengan dosis tepat dan masuk sepenuhnya ke dalam kulit, bukan di bawah kulit. Kemudian, reaksi yang dihasilkan harus dibaca tepat waktu.

Untuk memastikan anak terinfeksi kuman TBC atau tidak, akan dilihat indurasinya setelah 48-72 jam. Indurasi ini ditandai dengan bentuk kemerahan dan benjolan yang muncul di area sekitar suntikan. Bila nilai indurasinya 0-4 mm, maka dinyatakan negatif. Bila 5-9 mm dinilai meragukan, sedangkan di atas 10 mm dinyatakan positif.

Setelah hasil Mantoux dinyatakan positif, anak sebaiknya diikutkan pada serangkaian pemeriksaan lainnya. Salah satunya adalah rontgen yang bertujuan mendeteksi TBC lebih detail lewat kondisi paru yang tergambar dalam foto rontgen dan dan tes darah. Tes mantoux dilakukan lebih dulu karena hasil rontgen tidak dapat diandalkan untuk menentukan adanya infeksi kuman TB. Bercak putih yang mungkin terlihat pada hasil foto bisa memiliki banyak penyebab. Anak yang sedang menderita batuk pilek pun kemungkinan memiliki bercak putih di paru. Jadi, tes Mantoux sangat perlu, tak cukup hanya rontgen paru.

Namun dokter juga harus mencermati adanya tanda negatif palsu. Mungkin saja hasil tes menunjukkan negatif, tapi sebenarnya anak menderita TBC. Hal ini bisa terjadi pada anak-anak yang kondisi tubuhnya sangat buruk, seperti anak yang mengalami kekurangan gizi atau sedang menderita sakit berat. Disamping pemeriksaan di atas, ciri-ciri lain dari TBC pun harus dicermati. Misalnya apakah anak kurus, sering sakit, mengalami pembesaran kelenjar getah bening dan sebagainya.

TES BAYI BARU LAHIR

Bila saat mengandung si ibu menderita TBC bisa saja bayi akan terkena TBC begitu dilahirkan. Ini disebut dengan TBC kongenital dan bayi harus segera dites Mantoux pada usia sekitar 1 bulan. Usahakan jangan di bawah 1 bulan karena dapat memberi reaksi negatif meski boleh jadi si bayi tersebut menderita TBC. Itu karena sistem imun bayi usia ini masih belum baik. Kendati kasusnya sangat jarang ditemui, setidaknya orangtua dapat segera mengatasinya bila bayinya memang positif TBC.

Narasumber:

dr. Ema Nurhaema, Sp.A dari RSUP Persahabatan, Jakarta

dr. Darmawan Budi Setyanto, SpA(K), Ahli Respirologi Anak dari RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta

Sumber Artikel : http://bud1nugroho.wordpress.com/2007/03/05/saat-tepat-tes-mantoux/

   


Jumlah Posts : 9
Jumlah di-Like : belum ada like
Bismillah,,,,,malam bunda" aq telat 8 hari tp hasil test pack negatif,padahal sebelumnya tidak pernah telat tiap bulanx,,,,tiap pagi mual" terus tp tdk muntah,perut bagian bawah tembus pinggang belakang sakit sekali apakah itu tanda hamil atau mau haid yach bunda? adakah yang mengalami hal yang sama seperti aq
   
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear bunda,

strip pada alat pemeriksaan kehamilan dengan urin akan memiliki dua garis, yaitu garis kontrol (pada umumnya di tulis sebagai C  atau tidak ada label namun pada pada kemasan diberitahu bahwa garis tersebut adalah garis kontrol) dan test line atau garis yang akan muncul bila terdeteksi kehamilan. Pada control line, akan selalu muncul setelah di celupkan pada urine meskipun hasilnya negatif atau tidak hamil. Sedangkan pada test line atau garis test, hanya akan muncul bila ternyata positif hamil. Maka itu bila terdapat satu garis, hasil dari pemeriksaan adalah negatif dan positif bila terdapat dua garis.

   


21-04-2014 14:23:07 hamil apa gak
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Bila Bunda mengalami telat atau tidak adanya menstruasi, dan perubahan-perubahan pada tubuh seperti payudara nyeri, nyeri kepala, perubahan mood dan sebagainya, Bunda dapat memastikan apakah hamil atau tidak, dengan test pregnancy (test pack urine kehamilan) di rumah. Bila hasilnay negatif dan Bunda merasakan ada yang tidak seperti biasanya, pastikan kembali dengan memeriksakan dirii pada dokter, dan dapat dilakukan pemeriksaan USG sebagai pemeriksaan pembantu.

   
18-03-2014 14:21:10 apakan tanda2 hamil?
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda, 
Tanda awal kehamilan yaitu tidak adanya menstruasi, adanya nyeri ringan pada payudara, berubahnya warna daerah sekitar puting payudara menjadi lebih gelap, bertambah nafsu makan, cepat lelah dan terkadang terasa kencang atau nyeri pada daerah perut bawah karena ada perubahan pada rahim. Timbulnya tanda bervariasi pada masing-masing individu, maka itu untuk lebih pastinya anda lebih baik memeriksa urine Beta HCG dengan alat test pack HCG. Demikian jawaban saya.

   


Jumlah Posts : 3025
Jumlah di-Like : 1
Berhubungan Badan saat Hamil tetap boleh dilakukan, namun tentu harus dengan batas-batasan aman yang boleh dilakukan. Asal dilakukan dengan posisi tepat, Berhubungan badan Saat Hamil tidak berbahaya, tetapi yang dapat memberikan efek Negatif adalah masuknya sperma ke dalam rahim ibu hamil. Sperma mengandung suatu zat yang menyebabkan reaksi sensitif pada mulut rahim, yang tentu akan sangat berbahaya terhadap kondisi janin. Sehingga ketika anda Berhubungan Badan Saat hamil, sebaiknya sperma dikeluarkan di luar vagina atau dengan menggunakan kondom.

Reaksi sensitive pada mulut rahim memicu reaksi kontraksi dini, sehingga bisa menyebabkan kelahiran prematur, atau resiko keguguran apabila usia kehamilan anda masih muda. Berhubungan Badan pada usia kehamilan masih muda, harus berhati-hati karena gerakan atau guncangan yang terlalu kuat sangat beresiko tidak baik bagi janin. Kesehatan ibu hamil juga harus terjaga, jangan sampai terlalu lelah.

Berhubungan Badan tetap aman dilakukan saat kehamilan trimester pertama sampai usia kehamilan tujuh bulan. Pengurangan frekuensi Berhubungan Badan harus dilakukan ketika usia kehamilan mencapai tujuh sampai sembilan bulan. Pada usia tersebut tentu perut sudah lebih besar dan akan lebih sulit untuk berhubungan seks, dan akan beresiko menekan perut yang tentu berbahaya bagi janin. Sperma yang mungkin masuk ke dalam rahim juga akan memicu kelahiran prematur.

Larangan Berhubungan Badan Saat Hamil

Meskipun Berhubungan Badan Saat Hamil boleh dilakukan, namun ada beberapa kondisi kehamilan yang tidak diperbolehkan melakukan hal tersebut sama sekali (meski dengan mengeluarkan Sperma diluar vagina atau penggunaan Kondom), yaitu:

Resiko Keguguran yang tinggi

Beberapa ibu hamil dan mungkin termasuk anda mempunyai kondisi kehamilan yang lemah, atau kehamilan berbahaya. Dan ketika kehamilan tersebut beresiko tinggi terhadap ancaman keguguran, sebaiknya hindari hubungan seks sama sekali. Lakukan pemeriksaan rutin, karena kehamilan yang lemah bisa berubah setelah usia kehamilan beberapa minggu, dan janin menjadi lebih kuat begitu juga sebaliknya.

Resiko Lemahnya kandungan biasanya ditandai dengan munculnya flek (darah) dari vagina. Adanya flek ini memberikan tanda bahwa ada masalah pada janin. Sedangkan rasa mulas pada bagian perut bisa menandakan adanya kontraksi rahim dini yang bisa menyebabkan keguguran atau kelahiran prematur.

Resiko Plasenta Previa

Placenta previa adalah gangguan kehamilan, dimana ari-ari menutupi jalan lahir bayi. Plasenta Placenta previa menghalangi serviks, menyebabkan terjadinya pelebaran serviks prematur, sehingga memicu terjadinya persalinan prematur. Placenta previa dibagi menjadi tiga kondisi yang diantaranya adalah: placenta previa lateralis (hanya terjadi sebagian pembukaan jalan lahir tertutup oleh plasenta), placenta previa marginalis (kondisi pinggir plasenta berada di pinggir pembukaan jalan lahir), dan yang terakhir adalah placenta previa letak rendah (kondisi plasenta berada 3-4 cm di atas bagian pinggir pembukaan jalan lahir janin).
   
Jumlah Posts : 527
Jumlah di-Like : belum ada like
Stimulasi Bayi Tengkurap BAGI beberapa bayi, tengkurap sangat menyenangkan. Tapi belum tentu bagi bayi lain. Ia sangat malas bila sang mama menengkurapkannya, apalagi kalau badannya sangat montok. Hmm, sejak kapan sih biasanya bayi mulai belajar tengkurap? Adakah cara asyik agar si "malas" jadi rajin tengkurap? Nah untuk Anda yang ingin mengetahuinya, pemaparan dr Eka Nurfitri SpA dari RSUP Fatmawati, Jakarta berikut mampu menjawabnya. Bayi Mulai Tengkurap Umumnya, bayi mulai tengkurap sekitar usia 4 bulan. Tetapi sesuai dengan denver developmental screening test II, rentangnya bisa dimulai dari usia 3-7 bulan. Jadi, pada akhir bulan ke-3, kebanyakan bayi sudah mampu tengkurap dan menendang-nendang, kakinya sudah mulai menapak bila diberdirikan dan dia suka memasukkan tangan ke mulut. Sebenarnya bayi akan belajar sendiri untuk mengguling-gulingkan badannya. Bagi bayi yang montok, biasanya dia akan lebih malas untuk bergerak. Sementara itu, bayi yang terlahir prematur mungkin akan sedikit lambat perkembangannya. Nah sebagai orangtua, Anda bisa memberikan bantuan dan stimulasi untuk mempercepat proses belajarnya. Ciri Bayi Mulai Tengkurap Pada bayi normal, kemampuan tengkurap dimulai secara alamiah. Diawali dengan kemampuan memiringkan badan sekitar usia 1,5-2 bulan, bayi sudah menunjukkan keinginannya untuk tengkurap. Selanjutnya, dia akan belajar tengkurap pertama kali pada satu sisi, dilanjutkan dengan sisi yang lain, kemudian belajar berbalik lagi. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan orangtua saat melatih bayi tengkurap. Pada bulan ketiga bayi belum bisa menopang kepalanya, tidak memerhatikan kedua tangannya, tidak bisa meraih benda yang ditaruh di depannya, tidak bisa menggenggam, kaki tidak menapak, dan bila diangkat kepala masih jatuh. Nah, ketika bayi Anda nanti sudah bisa tengkurap, semua hal di atas akan menjadi posisi favoritnya. Meskipun Anda telentangkan, bayi Anda akan dengan cepat berguling untuk kemudian tengkurap kembali. Siap-siap kerepotan, ya Moms, utamanya ketika ingin mengganti celana bayi Anda! Otot Semakin Kuat Ketika bayi semakin sering berguling atau tengkurap, koordinasi otot-otot tubuhnya akan dilatih untuk menjadi kuat. Pada masa ini, cobalah merangsangnya dengan memberikan permainan-permainan baru. Biarkan dia terangsang untuk meraih barang yang Anda pamerkan di depannya. Ketika bayi tengkurap, letakkan barang menarik di atas kepalanya, sehingga tangannya akan berusaha menggapai-gapai barang di atas kepalanya. Latihan-latihan sederhana ini akan memberikan efek untuk semakin memperkuat otot tangan dan koordinasi kaki, leher, tangan, kepala, dan badan. Hati-hati, Moms. Seiring semakin aktif pergerakannya, dia juga harus lebih diperhatikan. Tak bisa disangkal, bila tak berhati-hati, risiko bayi untuk terluka akibat bersentuhan dengan berbagai benda di sekitarnya, atau terkilir, bisa terjadi. Tanda Peringatan! Moms, bila pada usia 6 bulan bayi belum bisa tengkurap, juga belum menunjukkan keaktifan terhadap hal-hal di sekitarnya, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter anak. Bila pada usia 3 bulan, kepalanya masih jatuh terkulai atau lemas, ini suatu peringatan bahwa mungkin dia mengalami keterlambatan. Tip Agar Bayi Betah Tengkurap - Bunyikan mainan di depan bayi, kemudian pindahkan ke arah samping agar dia terangsang untuk mendekati mainannya. - Bantu bayi Anda dengan cara mendorong badannya secara perlahan. Jika sudah terbiasa, maka bayi akan mencoba untuk tengkurap sendiri. Jika masih belum bisa, jangan bosan untuk membantunya hingga bisa. - Seringlah melatih bayi dengan meletakkannya dalam posisi tengkurap. Bila bayi sedang tengkurap, balikkan tubuhnya hingga telentang. Atau sebaliknya. Awalnya cukup 3 hingga 5 menit, tidak perlu berlama-lama. Jika bayi Anda cepat menangis, balikkan kembali badannya. Namun cobalah lagi dalam beberapa waktu kemudian. Cara ini akan membantu memperkuat otot lehernya. - Latihlah motoriknya dengan sedikit memiringkan posisi bayi ketika menyusui. - Ajaklah bayi Anda bermain pada alas yang agak empuk, tanpa terlalu banyak menggendongnya. (nsa)                                          http://lifestyle.okezone.com/read/2010/03/19/27/314233/hebat-dedek-sudah-bisa-tengkurap   
   
30-12-2013 04:56:32 bayi blm tengkurap
Jumlah Posts : 527
Jumlah di-Like : belum ada like
Stimulasi Bayi Tengkurap BAGI beberapa bayi, tengkurap sangat menyenangkan. Tapi belum tentu bagi bayi lain. Ia sangat malas bila sang mama menengkurapkannya, apalagi kalau badannya sangat montok. Hmm, sejak kapan sih biasanya bayi mulai belajar tengkurap? Adakah cara asyik agar si "malas" jadi rajin tengkurap? Nah untuk Anda yang ingin mengetahuinya, pemaparan dr Eka Nurfitri SpA dari RSUP Fatmawati, Jakarta berikut mampu menjawabnya. Bayi Mulai Tengkurap Umumnya, bayi mulai tengkurap sekitar usia 4 bulan. Tetapi sesuai dengan denver developmental screening test II, rentangnya bisa dimulai dari usia 3-7 bulan. Jadi, pada akhir bulan ke-3, kebanyakan bayi sudah mampu tengkurap dan menendang-nendang, kakinya sudah mulai menapak bila diberdirikan dan dia suka memasukkan tangan ke mulut. Sebenarnya bayi akan belajar sendiri untuk mengguling-gulingkan badannya. Bagi bayi yang montok, biasanya dia akan lebih malas untuk bergerak. Sementara itu, bayi yang terlahir prematur mungkin akan sedikit lambat perkembangannya. Nah sebagai orangtua, Anda bisa memberikan bantuan dan stimulasi untuk mempercepat proses belajarnya. Ciri Bayi Mulai Tengkurap Pada bayi normal, kemampuan tengkurap dimulai secara alamiah. Diawali dengan kemampuan memiringkan badan sekitar usia 1,5-2 bulan, bayi sudah menunjukkan keinginannya untuk tengkurap. Selanjutnya, dia akan belajar tengkurap pertama kali pada satu sisi, dilanjutkan dengan sisi yang lain, kemudian belajar berbalik lagi. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan orangtua saat melatih bayi tengkurap. Pada bulan ketiga bayi belum bisa menopang kepalanya, tidak memerhatikan kedua tangannya, tidak bisa meraih benda yang ditaruh di depannya, tidak bisa menggenggam, kaki tidak menapak, dan bila diangkat kepala masih jatuh. Nah, ketika bayi Anda nanti sudah bisa tengkurap, semua hal di atas akan menjadi posisi favoritnya. Meskipun Anda telentangkan, bayi Anda akan dengan cepat berguling untuk kemudian tengkurap kembali. Siap-siap kerepotan, ya Moms, utamanya ketika ingin mengganti celana bayi Anda! Otot Semakin Kuat Ketika bayi semakin sering berguling atau tengkurap, koordinasi otot-otot tubuhnya akan dilatih untuk menjadi kuat. Pada masa ini, cobalah merangsangnya dengan memberikan permainan-permainan baru. Biarkan dia terangsang untuk meraih barang yang Anda pamerkan di depannya. Ketika bayi tengkurap, letakkan barang menarik di atas kepalanya, sehingga tangannya akan berusaha menggapai-gapai barang di atas kepalanya. Latihan-latihan sederhana ini akan memberikan efek untuk semakin memperkuat otot tangan dan koordinasi kaki, leher, tangan, kepala, dan badan. Hati-hati, Moms. Seiring semakin aktif pergerakannya, dia juga harus lebih diperhatikan. Tak bisa disangkal, bila tak berhati-hati, risiko bayi untuk terluka akibat bersentuhan dengan berbagai benda di sekitarnya, atau terkilir, bisa terjadi. Tanda Peringatan! Moms, bila pada usia 6 bulan bayi belum bisa tengkurap, juga belum menunjukkan keaktifan terhadap hal-hal di sekitarnya, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter anak. Bila pada usia 3 bulan, kepalanya masih jatuh terkulai atau lemas, ini suatu peringatan bahwa mungkin dia mengalami keterlambatan. Tip Agar Bayi Betah Tengkurap - Bunyikan mainan di depan bayi, kemudian pindahkan ke arah samping agar dia terangsang untuk mendekati mainannya. - Bantu bayi Anda dengan cara mendorong badannya secara perlahan. Jika sudah terbiasa, maka bayi akan mencoba untuk tengkurap sendiri. Jika masih belum bisa, jangan bosan untuk membantunya hingga bisa. - Seringlah melatih bayi dengan meletakkannya dalam posisi tengkurap. Bila bayi sedang tengkurap, balikkan tubuhnya hingga telentang. Atau sebaliknya. Awalnya cukup 3 hingga 5 menit, tidak perlu berlama-lama. Jika bayi Anda cepat menangis, balikkan kembali badannya. Namun cobalah lagi dalam beberapa waktu kemudian. Cara ini akan membantu memperkuat otot lehernya. - Latihlah motoriknya dengan sedikit memiringkan posisi bayi ketika menyusui. - Ajaklah bayi Anda bermain pada alas yang agak empuk, tanpa terlalu banyak menggendongnya. (nsa)                                         http://lifestyle.okezone.com/read/2010/03/19/27/314233/hebat-dedek-sudah-bisa-tengkurap   
   
10-12-2013 10:03:24 kram perut menjelang haid
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Tanda awal kehamilan yaitu tidak adanya menstruasi, adanya nyeri ringan pada payudara, berubahnya warna daerah sekitar puting payudara menjadi lebih gelap, bertambah nafsu makan, cepat lelah dan terkadang terasa kencang atau nyeri pada daerah perut bawah karena ada perubahan pada rahim. Timbulnya tanda bervariasi pada masing-masing individu, maka itu untuk lebih pastinya anda lebih baik memeriksa urine Beta HCG dengan alat test pack HCG.

 

   
05-10-2013 03:48:58 tanda kehamilan apa sih
Jumlah Posts : 158
Jumlah di-Like : belum ada like
salam knal bunda..
Tanda awal kehamilan yaitu tidak adanya
menstruasi, adanya nyeri ringan pada payudara,
berubahnya warna daerah sekitar puting
payudara menjadi lebih gelap, bertambah nafsu
makan, cepat lelah dan terkadang terasa
kencang atau nyeri pada daerah perut bawah
karena ada perubahan pada rahim. Timbulnya
tanda bervariasi pada masing-masing individu,
maka itu untuk lebih pastinya anda lebih baik
memeriksa urine Beta HCG dengan alat test pack
HCG.
   
Jumlah Posts : 158
Jumlah di-Like : belum ada like
salam kenal bunda, aku mau share gejala awal kehamilan. : Tanda awal kehamilan yaitu tidak adanya menstruasi, adanya nyeri ringan pada payudara, berubahnya warna daerah sekitar puting payudara menjadi lebih gelap, bertambah nafsu makan, cepat lelah dan terkadang terasa kencang atau nyeri pada daerah perut bawah karena ada perubahan pada rahim. Timbulnya tanda bervariasi pada masing-masing individu, maka itu untuk lebih pastinya anda lebih baik memeriksa urine Beta HCG dengan alat test pack HCG. yanga ingin promil juga bisa ikhtiar dengan mengganti pembalut n pantyliner yg biasa anda gunakan.dgn pembalut n pantyliner herbal sehat AVAIL yg aman,sehat dan direkomendasikan dokter,bidan dan yayasan kanker indonesia. u/menjaga "mahkota" kewanitaan dari masalah kewanitaan yg terjadi akhir2 ini. u/info dan order: 08567821588
   
02-09-2013 07:48:15 Kehamilan bisa terdeteksi
Jumlah Posts : 26
Jumlah di-Like : belum ada like
Terdeteksi.a kehamilan thu pada usia berapa minggu sich bun,dh mengalami tanda" hamil,tp tiap kali test pack hasil.a selalu negatif..
   
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7
 Dear Bunda, 

Tanda awal kehamilan yaitu tidak adanya menstruasi, adanya nyeri ringan pada payudara, berubahnya warna daerah sekitar puting payudara menjadi lebih gelap, bertambah nafsu makan, cepat lelah dan terkadang terasa kencang atau nyeri pada daerah perut bawah karena ada perubahan pada rahim. Timbulnya tanda bervariasi pada masing-masing individu, maka itu untuk lebih pastinya anda lebih baik memeriksa urine Beta HCG dengan alat test pack HCG. 
   
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7
 Dear Bunda, ada kalanya test urine pack menunjukan false positif atau false negative karena suatu dan lain hal. Apabila Bunda mencoba pemeriksaan test pack dan hasilnya negatif sedangkan hasil pemeriksaan fisik menunjukkan tanda-tanda kehamilan, maka dapat diusulkan untuk melakukan pemeriksaan USG atau pemeriksaan urine test kembali setelah satu minggu.
   
Jumlah Posts : 1722
Jumlah di-Like : 25
Dear Dr. Tanti,

Saya telah menikah selama 6bln dan hingga kini belum hamil. Periode menstruasi saya tidak teratur (selalu lebih cepat) tapi hingga hari ini saya telah telat 10 hari (terakhir mens 16 September). Saya selalu mengalami kram perut sebelah kiri dan badan terasa berat jika berjalan kaki. Kmrn keluar sedikit darah dan keputihan warna coklat.
Yang ingin saya tanyakan:
1. Apakah itu tandanya saya hamil?
2. Mengapa perut saya selalu kram?

Terima Kasih,
Welly Suzana

Dari : Welly Suzana

Jawaban:

Dear Bunda,
Untuk mengetahui apakah anda hamil atau tidak, cara termudah yang dapat Bunda lakukan adalah melakukan test urin dengan test pack kehamilan. Test pack kehamilan dapat Bunda dapatkan di apotik secara bebas tanpa resep dokter. Terdapat petunjuk penggunaan dan cara membaca apakah anda postif hamil ataupun negatif yang tertera pada alat tersebut. Apabila ternyata anda tidak hamil, maka kemungkinan yang terjadi adalah, mungkin anda memiliki masalah hormonal sehingga menyebabkan keterlambatan menstruasi atau tidak mendapatkan menstruasi sama sekali juga kram perut yang anda rasakan. Anda dapat memeriksakan diri kepada dokter spesialis kandungan (OBSGYN) untuk pemeriksaan lebih lanjut, memastikan apakah ada keadaan lain yang terdapat pada organ reproduksi anda. Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu Anda.