SITE STATUS
Jumlah Member :
493.627 member
user online :
1332 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: suntik kb 3 bulan dan 6 bulan tak datang bulan minum ness v langsung menstruasi

New Topic :  
07-06-2011 11:22:32 Hamil to Gak?
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
Dear Bunda,,

share y bunda2..
q dah nikah hampir 9 bulan dan masih blm punya baby.  Bulan Maret q haid tgl 10, bulan April q haid tgl 7, bulan Mei q haid tgl 6. dan bulan ne klo ikt siklus y sktr tgl 5 to 6 tp pe skrg q blm haid juga dan daerah V mulai kering. di bulan ne, 10 hari sblm tgl haid q dah merasakan sakit di payudara pdhl biasa.ny 4-5 hari sblm dpt q rasakan itu. Perut juga kdg terasa sakit n srg kali q mudah lelah.
satu lagi, klo du2k kerasa bgt sesak..sktr jm 8 pagi td q coba pk TP tp hasil.ny msh negatif..
sbnr.ny itu tnda2 hamil bukan sh..?


   


13-04-2016 19:36:58 Lomba STW
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
Ini adalah kisahku tentang masa-masa penantian kehadiran my princess...

Aku menikah tahun 2013.
Setelah sebulan menikah, alhamdulillah aku langsung positif hamil. Namun sayang, di usia kandungan yg ke 10 minggu aku mengalami pendarahan dan setelah di USG ternyata janin yg di dlm rahimku tdk berkembang hingga akupun mengalami keguguran.
Stelah mengalami keguguran, butuh waktu dua tahun hingga aku bisa hamil lagi.
Banyak faktor yg membuat aku menjadi sulit untuk hamil lagi. Di antaranya adalah kenaikan berat badan yg sangat drastis, dari yg 40kg ke 52kg. Dokter kandunganku pun menyarankan agar berat badanku sedikit dikurangi karna kelebihan berat badan dapat mempengaruhi tingkat kesuburan.
Faktor lainnya adalah siklus haidku yg sering mengalami keterlambatan. Kata dokterku, setidaknya siklus haidku setiap bulannya harus teratur agar mudah untuk mengecek masa subur saat mau promil.
Faktor lainnya juga adalah keputihan yang sering aku alami. Banyak cara yg aku tempuh untuk membasmi keputihan, mulai dari menkonsumsi obat2an dari dokter hingga meminum ramuan muan dari daun sirih.

*Desember 2014
Promilku pun aku mulai dari menurunkan berat badan. Aku rajin berolahraga dengan melakukan joging setiap pagi dan makan teratur dengan menu yg seimbang serta mengurangi konsumsi karbohidrat. Alhasil berat badanku dalam sebulan berhasil turun 3kg.
Akupun rajin mengkonsumsi tablet asam folat, madu, serta susu rendah lemak yg mengandung asam folat.

Di samping berusaha, sebagai manusia yg percaya pada kuasa Tuhan, akupun rajin berdoa dan beribadah sambil tak henti2nya meminta agar diberi kepercayaan untuk bisa hamil lagi.

Di bulan ini aku telat lagi datang bulannya hingga 10 hari. Setelah di TP hasilnya negatif, aku langsung check up lagi ke dokter, dan hasilnya memang negatif. Dokterpun menyarankan aku untuk kembali check up lagi saat datang bulan. USG yg dilakukan saat datang bulan, untuk mengecek kalau2 dlm rahim ada kistanya atau tidak. Dan Alhamdulillah dokternya bilang,, rahimnya bagus dan sehat walafiat. Aku dan suami pun diberi resep obat penyubur kandungan dan diberitahukan tanggal2 yg tepat untuk menjalankan promil.

Januari 2015
Datang bulan lagi,, tapi gak pake telat.
Dalam hatiku; alhamdulillah kalo gak positif setidaknya gak telat datang bulannya.

Februari 2015
Datang bulan lagi,, dan gak pake telat lagi.
Kayaknya udah lancar2 aja datang bulannya. Alhamdulillah..

Maret 2015
Mestinya tanggal 20 udah datang bulan. Tapi malah gak ada. Aku pun mulai deg2an. sehari, dua hari hingga pas seminggu lewat. Aku ditemani suami membeli TP di apotik. Pas di TP, Alhamdulillah udah positif.

20 November 2015 lahirlah putri kecil kami dalam keadaan sehat walafiat. Alhamdulillah.

Buat Bunda-bunda yang lagi promil,, ayoo yang semangat yaa Bun.
Dibawa enjoy aja. Jangan risau jika masih negatif lagi negatif lagi.
Positif thinking aja sama Sang Maha Pemberi.
Semua akan ada masanya. Dan si Baby yg dirindu2kan akan datang di waktu yang tepat.
Tetap semangat.
BERUSAHA, BERDOA DAN TAWAKAL..
   
27-02-2016 16:27:36 berat janin
Jumlah Posts : 2504
Jumlah di-Like : belum ada like
nah bener tuh. aku juga gitu pas hamil. pas masuk 6 bulan dibilang kaya masih 4 5 bulan. yang penting bbj naik tiap bulan dan dokter bilang sehat ga usah kawatir ya bun
   


29-06-2010 08:51:18 Hamil di usia muda
Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like
Dear bunda,
Bunda mau tanya ni, batas usia minimal wanita mengandung itu sekitar berapa ya? (yang aman-nya). Kebetulan saya baru aja menikah  bulan lalu, dan umur saya sekarang 21 tahun 7 bulan, *hehehe.. masih muda banget yakh..?? apakah saya aman2 aja kalo langsung hamil ya bunda?, karena bulan ini saya sudah telat datang bulan dan saya testpek alhamdulillah positif. Sudah cek ke dokter dan memang positif, dan katanya usia kandungannya jalan 6 minggu ini.

Oya mohon support untuk bunda2 smua, selain saya masih muda banget, suami juga kerjanya jauh di papua sana, sementara saya juga bekerja sbg karyawati bumn di yogyakarta. Walau saya menikmatinya, tapi di usia kehamilan pertama ini saya mudah sekali merasa lelah dan capek. Apakah karna kondisi psikis saya yg masih terlalu muda dan jauh dari suami atau memang ini wajar2 aja diusia kehamilan muda ini ya bunda?

Thanks,
Salam,
Irviana - Yogyakarta
   
28-10-2016 13:02:20 benjolan dibelakang telinga
Jumlah Posts : 17
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda mohon infonya dong, saya punya baby yg dibelakang telinganya ada benjolan seperti tulang tapi tidak sekeras tulang, sepertinya tidak sakit krna kalau dipegang anak saya tidak menangis, dan tidak disertai demam atau rewel. saya sadar ada benjolan ketika anak saya berumur dua bulan, dan sekarang anak saya 10 bulan, dan benjolannya masih ada..sepertinya tidak membesar, hanya saja saya khawatir. adakah bunda dsni yg memiliki problem yg sama?
   


18-04-2016 19:38:10 datang bulan telat 2 minggu
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
malam dok saya yulius dan istri saya namanya rohani kami baru 4 bulan menikah. yg saya mau tanyakan biasanya istri saya dapat datang bulan tgl 22 tiap bulanya. tapi kx di bulan depannya dia dapat datang bulan tgl 29 dibulan maret. sedangkan di bulan ni belum dapat sampai mw akhir bulan ini belum dapat juga datang bulan. dan kami juga sudah lakukan test pack tapi hasil nya negatif.apakah itu wajar atw ndak ya dok mohon bantuanya dok
   
Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like
Menurut jadwal imunisasi  dari IDAI 2007, Imunisasi campak ke-1 umur 9 bulan, campak ke-2 diberikan pada program BIAS pada SD kls.1, umur 6 tahun.   MMR diberikan pd usia 15 - 18 bulan.Dapat diberikan pada usia 12 bulan , apabila belum mendapat campak 9 bulan.Umur 6 tahun diberikan untuk ulangan MMR maupun catch up immunization. Apabila telah mendapat vaksin MMR pada usia 15-18 bulan, vaksin campak ke-2 tidak perlu dilakukan (sumber:GlaxoSmithKline, Leading the way in vaccines)   klo Niswa sih abis campak 9 bulan gak demam, trus gak timbul bintik2 juga...gak usah takut bun...
   
Jumlah Posts : 45
Jumlah di-Like : belum ada like
KB yang aman buat ibu menyusui ada 3..KB suntik per 3 bln, pil, atau spiral. Semua nya aman...jangan sekali kali make yang lain karena akan bikin ASI tidak hanya berkurang tapi habis. tentang plus minusnya entar deh tak cariin
IUD (Spiral)

Berbeda dengan pil, IUD (Intra Urine Device) atau spiral tidak terpengaruh faktor lupa dari si pemakai karena bersifat jangka panjang. Sekali dipasang, IUD bisa bertahan hingga lima tahun. Memang IUD bisa membuat haid menjadi lebih lama dan banyak, siklus haid menjadi lebih pendek, atau munculnya bercak (spotting) atau bahkan menyebabkan nyeri haid yang hebat. Sama dengan suntik KB yang bisa membuat perubahan pola haid serta pendarahan bercak.
Namun sekarang telah dikembangkan kontrasepsi Intra Urine System (IUS). Ini adalah alat kontrasepsi yang memadukan keunggulan alat kontrasepsi hormonal dengan IUD, sehingga si pemakai merasa nyaman dan kualitas hidup pun meningkat.
Menurut Prof. DR. Biran Affandi, SpOG (K) , guru besar kesehatan reproduksi bagian Obstetri-Ginekologi FKUI-RSCM, selain sebagai alat kontrasepsi, IUS juga dapat digunakan sebagai terapi mengatasi idipatik menorhagia (pendarahan uterus). Dengan begitu, jumlah darah yang dikeluarkan lebih sedikit dan hari menstruasi jadi lebih pendek. IUS juga mengatasi nyeri haid dan mengurangi resiko radang tulang panggul serta ektopik (kehamilan diluar kandungan) yang selama ini dikhawatirkan banyak perempuan.
Karena kadar hormon rendah, IUS juga mengembalikan kesuburan dan aman digunakan ibu menyusui. Hanya, menstruasi pemakai IUS akan berkurang bahkan berhenti dalam satu tahun. Meskipun begitu, ia tetap mengalami ovulasi. Karena pertumbuhan endometrium sangat tipis menstruasi pun tidak terjadi. Kendalanya, masyarakat kita masih menganggap tidak menstruasi berarti ada darah kotor menumpuk di tubuh. Padahal, IUS membuat darah menstruasi tidak terbentuk. Kalaupun ada, jumlahnya sangat sedikit dan tetap keluar.
PIL KB KOMBINASI
Sangat efektif bila diminum setiap hari. Bila berhenti akan terjadi
kehamilan. Pada bulan-bulan pertama pemakaian, mungkin dapat menimbulkan efek samping, seperti mual, perdarahan atau flek diantara masa haid, kenaikan berat badan, atau sakit kepala. Semua gejala ini tidak berbahaya. Aman untuk hampir semua wanita karena efek samping jarang terjadi. dapat digunakan wanita berbagai golongan umur, baik yang sudah maupun yang belum punya anak. mencegah penyakit kanker tertentu, kurang darah (akibat kekurangan zat besi ), nyeri pada waktu haid dan beberapa kesehatan lain. Pil KB Kombinasi yang beredar saat ini antara lain :
Mycrogynon-30,Neugynon, Nordette-28, Mercilon-28, Ovostat, Marvelon, Eugynon.
dan Gynera.
PIL PROGESTIN / MINI PIL
Pilihan yang baik bagi ibu menyusui dan ingin menggunakan pil,
mulai diminum pada minggu ke-6 setelah melahirkan. Sangat efektif selama masa menyusui. Jika digunakan tidak pada mas menyusui, biasanya terjadi perubahan pola haid terutama flek-flek diantara masa haid. Pil Progestin / Mini Pil yang beredar saat ini antara lain :
Exluton
SUNTIK KB
Sangat efektif untuk mencegah kehamilan bila disuntik setiap 1
bulan atau 3 bulan (sesuai dengan jenis suntik KB). Gangguan perdarahan biasa terjadi-seperti flek-flek, perdarahan ringan diantara dua masa haid. Setelah pemakaian satu tahun sering tidak mengalami haid. Kenaikan berat badan juga biasa terjadi atau timbul sakit
kepala ringan. Dapat digunakan wanita berbagai golongan umur, baik yang sudah maupun yang belum mempunyai anak. Bila berhenti memakai cara KB ini, kehamilan dapat segera terjadi. Aman digunakan pada masa menyusui, setelah 6 minggu setelah melahirkan. Membantu mencegah tumor rahim dan mencegah kehamilan diluar rahim. Suntik KB yang beredar saat ini antara lain :
Suntik KB 1 bulan sekali : Cyclofem
Suntik KB 3 bulan sekali : Depo Provera, Depo Geston, Depo Progestin.

   
Jumlah Posts : 33
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda enggar: saya suntik kb 3 bulan cuma 2x suntik.jadi 6 bulan 2x suntik. setelah itu saya stop karna tidak haid.setelah 3bulan stop kb. saya haid 1x. setelah itu tidak mens 2bulan . dan dinyatakan positif hamil 4w5d. saya gemuk. dari awal suntik 68. sampe naik jd 72kg. jd saya stop. dan sekarang usia kehamilan saya 7w. dan ga ngerasain apa2 mual muntah pu ga ada. cuma cepet capek aja. hampir sama ya bun.. gatau klo lagi hamil 😄
   
13-08-2015 11:49:03 berhubungan pd saat hmil tua
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

sudah pernah di bahas di artikel

“Lepas KB kok malah susah hamil ya?”. Keluhan ini kerap kali dilontarkan para Bunda yang ingin hamil lagi setelah lepas KB. Mungkin Bunda adalah salah satunya.

Menggunakan KB khususnya suntik memang akan mengganggu produksi hormon. Apalagi jika Bunda sudah bertahun-tahun menggunakannya. Tetapi efek suntik KB ini tidak sama pada setiap Bunda. Jadi, jangan panik dulu bila melihat teman atau saudara Bunda mudah hamil setelah melepas KB.

Jenis KB

Selain dari reaksi hormon tubuh, sulit atau tidaknya hamil setelah melepas KB tergantung juga dari jenis KB yang Bunda gunakan. Bila menggunakan jenis KB suntik (KB 3 bulan atau Depo Progestin) yang mengatur kadar hormon, tentunya butuh penyesuaian untuk mengembalikan hormon seperti semula. Misalnya pada penggunaan suntik KB 3 bulan (Depo Progestin), siklus menstruasi akan kembali teratur dalam waktu 6 bulan hingga 1 tahun setelah penggunaan dihentikan.

Berbeda dengan jenis KB pil, kemungkinan besar siklus menstruasi Bunda bisa langsung normal. Itu artinya kesempatan untuk hamil pun menjadi lebih tinggi.

Jenis KB spiral dan IUD lebih disarankan untuk Bunda yang ingin memiliki momongan lagi setidaknya dalam kurun waktu 2 tahun. KB Spiral bukan KB tanpa diberi hormon. Tetap diberikan hormon, hanya saja kadarnya tidak sebanyak KB suntik. Bila ingin KB yang tanpa hormonal, gunakan kondom. Tetapi jangan lupa ya, Bun. Efek samping KB pada setiap Bunda memang berbeda-beda, jadi tidak perlu cemas dengan terus membanding-bandingkan dengan wanita lainnya.

Periksa ke Dokter

Memang efek KB pada setiap wanita berbeda-beda, tetapi biasanya dalam kurun waktu 1 tahun hormon sudah kembali normal dan Bunda siap hamil. Bila Bunda pernah hamil dan memiliki anak tetapi kini sulit untuk hamil lagi, itu dinamakan infertilitas sekunder.

Penanganannya hampir sama dengan infertilitas primer di mana kualitas sperma suami dan sel telur Bunda diperiksa terlebih dahulu. Bila ternyata kualitasnya bagus, maka harus dicari penyebab lain mengapa belum bisa hamil.

Bila Bunda ragu, tidak perlu menunggu 1 tahun Bunda boleh periksa dan konsultasikan dengan dokter kandungan Bunda.

   
13-08-2015 11:06:14 mau promil
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Sudah pernah di bahas di artikel

 “Lepas KB kok malah susah hamil ya?”. Keluhan ini kerap kali dilontarkan para Bunda yang ingin hamil lagi setelah lepas KB. Mungkin Bunda adalah salah satunya.

Menggunakan KB khususnya suntik memang akan mengganggu produksi hormon. Apalagi jika Bunda sudah bertahun-tahun menggunakannya. Tetapi efek suntik KB ini tidak sama pada setiap Bunda. Jadi, jangan panik dulu bila melihat teman atau saudara Bunda mudah hamil setelah melepas KB.

Jenis KB

Selain dari reaksi hormon tubuh, sulit atau tidaknya hamil setelah melepas KB tergantung juga dari jenis KB yang Bunda gunakan. Bila menggunakan jenis KB suntik (KB 3 bulan atau Depo Progestin) yang mengatur kadar hormon, tentunya butuh penyesuaian untuk mengembalikan hormon seperti semula. Misalnya pada penggunaan suntik KB 3 bulan (Depo Progestin), siklus menstruasi akan kembali teratur dalam waktu 6 bulan hingga 1 tahun setelah penggunaan dihentikan.

Berbeda dengan jenis KB pil, kemungkinan besar siklus menstruasi Bunda bisa langsung normal. Itu artinya kesempatan untuk hamil pun menjadi lebih tinggi.

Jenis KB spiral dan IUD lebih disarankan untuk Bunda yang ingin memiliki momongan lagi setidaknya dalam kurun waktu 2 tahun. KB Spiral bukan KB tanpa diberi hormon. Tetap diberikan hormon, hanya saja kadarnya tidak sebanyak KB suntik. Bila ingin KB yang tanpa hormonal, gunakan kondom. Tetapi jangan lupa ya, Bun. Efek samping KB pada setiap Bunda memang berbeda-beda, jadi tidak perlu cemas dengan terus membanding-bandingkan dengan wanita lainnya.

Periksa ke Dokter

Memang efek KB pada setiap wanita berbeda-beda, tetapi biasanya dalam kurun waktu 1 tahun hormon sudah kembali normal dan Bunda siap hamil. Bila Bunda pernah hamil dan memiliki anak tetapi kini sulit untuk hamil lagi, itu dinamakan infertilitas sekunder.

Penanganannya hampir sama dengan infertilitas primer di mana kualitas sperma suami dan sel telur Bunda diperiksa terlebih dahulu. Bila ternyata kualitasnya bagus, maka harus dicari penyebab lain mengapa belum bisa hamil.

Bila Bunda ragu, tidak perlu menunggu 1 tahun Bunda boleh periksa dan konsultasikan dengan dokter kandungan Bunda.

   
18-09-2014 10:44:16 pengen cepat hamil
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

“Lepas KB kok malah susah hamil ya?”. Keluhan ini kerap kali dilontarkan para Bunda yang ingin hamil lagi setelah lepas KB. Mungkin Bunda adalah salah satunya.

Menggunakan KB khususnya suntik memang akan mengganggu produksi hormon. Apalagi jika Bunda sudah bertahun-tahun menggunakannya. Tetapi efek suntik KB ini tidak sama pada setiap Bunda. Jadi, jangan panik dulu bila melihat teman atau saudara Bunda mudah hamil setelah melepas KB.

Jenis KB

Selain dari reaksi hormon tubuh, sulit atau tidaknya hamil setelah melepas KB tergantung juga dari jenis KB yang Bunda gunakan. Bila menggunakan jenis KB suntik (KB 3 bulan atau Depo Progestin) yang mengatur kadar hormon, tentunya butuh penyesuaian untuk mengembalikan hormon seperti semula. Misalnya pada penggunaan suntik KB 3 bulan (Depo Progestin), siklus menstruasi akan kembali teratur dalam waktu 6 bulan hingga 1 tahun setelah penggunaan dihentikan.

Berbeda dengan jenis KB pil, kemungkinan besar siklus menstruasi Bunda bisa langsung normal. Itu artinya kesempatan untuk hamil pun menjadi lebih tinggi.

Jenis KB spiral dan IUD lebih disarankan untuk Bunda yang ingin memiliki momongan lagi setidaknya dalam kurun waktu 2 tahun. KB Spiral bukan KB tanpa diberi hormon. Tetap diberikan hormon, hanya saja kadarnya tidak sebanyak KB suntik. Bila ingin KB yang tanpa hormonal, gunakan kondom. Tetapi jangan lupa ya, Bun. Efek samping KB pada setiap Bunda memang berbeda-beda, jadi tidak perlu cemas dengan terus membanding-bandingkan dengan wanita lainnya.

Periksa ke Dokter

Memang efek KB pada setiap wanita berbeda-beda, tetapi biasanya dalam kurun waktu 1 tahun hormon sudah kembali normal dan Bunda siap hamil. Bila Bunda pernah hamil dan memiliki anak tetapi kini sulit untuk hamil lagi, itu dinamakan infertilitas sekunder.

Penanganannya hampir sama dengan infertilitas primer di mana kualitas sperma suami dan sel telur Bunda diperiksa terlebih dahulu. Bila ternyata kualitasnya bagus, maka harus dicari penyebab lain mengapa belum bisa hamil.

Bila Bunda ragu, tidak perlu menunggu 1 tahun Bunda boleh periksa dan konsultasikan dengan dokter kandungan Bunda.

   
27-08-2014 11:00:39 blm positip jg
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25

Hai Bunda semua, memang sebagian dari wanita yang setelah kb malah sulit untuk hamil, karena menggunakan KB khususnya suntik memang akan mengganggu produksi hormon. Apalagi jika Bunda sudah bertahun-tahun menggunakannya. Tetapi efek suntik KB ini tidak sama pada setiap Bunda. Jadi, jangan panik dulu bila melihat teman atau saudara Bunda mudah hamil setelah melepas KB. Seperti yang dijelaskan pada artikel Infobunda yang berjudul "Sulit Hamil Setelah Lepas KB" :

Jenis KB

Selain dari reaksi hormon tubuh, sulit atau tidaknya hamil setelah melepas KB tergantung juga dari jenis KB yang Bunda gunakan. Bila menggunakan jenis KB suntik (KB 3 bulan atau Depo Progestin) yang mengatur kadar hormon, tentunya butuh penyesuaian untuk mengembalikan hormon seperti semula. Misalnya pada penggunaan suntik KB 3 bulan (Depo Progestin), siklus menstruasi akan kembali teratur dalam waktu 6 bulan hingga 1 tahun setelah penggunaan dihentikan.

Berbeda dengan jenis KB pil, kemungkinan besar siklus menstruasi Bunda bisa langsung normal. Itu artinya kesempatan untuk hamil pun menjadi lebih tinggi.

Jenis KB spiral dan IUD lebih disarankan untuk Bunda yang ingin memiliki momongan lagi setidaknya dalam kurun waktu 2 tahun. KB Spiral bukan KB tanpa diberi hormon. Tetap diberikan hormon, hanya saja kadarnya tidak sebanyak KB suntik. Bila ingin KB yang tanpa hormonal, gunakan kondom. Tetapi jangan lupa ya, Bun. Efek samping KB pada setiap Bunda memang berbeda-beda, jadi tidak perlu cemas dengan terus membanding-bandingkan dengan wanita lainnya.

Periksa ke Dokter

Memang efek KB pada setiap wanita berbeda-beda, tetapi biasanya dalam kurun waktu 1 tahun hormon sudah kembali normal dan Bunda siap hamil. Bila Bunda pernah hamil dan memiliki anak tetapi kini sulit untuk hamil lagi, itu dinamakan infertilitas sekunder.

Penanganannya hampir sama dengan infertilitas primer di mana kualitas sperma suami dan sel telur Bunda diperiksa terlebih dahulu. Bila ternyata kualitasnya bagus, maka harus dicari penyebab lain mengapa belum bisa hamil.

Bila Bunda ragu, tidak perlu menunggu 1 tahun Bunda boleh periksa dan konsultasikan dengan dokter kandungan Bunda.

   
06-03-2014 11:04:00 dokter mau tanya donk
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

 “Lepas KB kok malah susah hamil ya?”. Keluhan ini kerap kali dilontarkan para Bunda yang ingin hamil lagi setelah lepas KB. Mungkin Bunda adalah salah satunya.

Menggunakan KB khususnya suntik memang akan mengganggu produksi hormon. Apalagi jika Bunda sudah bertahun-tahun menggunakannya. Tetapi efek suntik KB ini tidak sama pada setiap Bunda. Jadi, jangan panik dulu bila melihat teman atau saudara Bunda mudah hamil setelah melepas KB.

Jenis KB

Selain dari reaksi hormon tubuh, sulit atau tidaknya hamil setelah melepas KB tergantung juga dari jenis KB yang Bunda gunakan. Bila menggunakan jenis KB suntik (KB 3 bulan atau Depo Progestin) yang mengatur kadar hormon, tentunya butuh penyesuaian untuk mengembalikan hormon seperti semula. Misalnya pada penggunaan suntik KB 3 bulan (Depo Progestin), siklus menstruasi akan kembali teratur dalam waktu 6 bulan hingga 1 tahun setelah penggunaan dihentikan.

Berbeda dengan jenis KB pil, kemungkinan besar siklus menstruasi Bunda bisa langsung normal. Itu artinya kesempatan untuk hamil pun menjadi lebih tinggi.

Jenis KB spiral dan IUD lebih disarankan untuk Bunda yang ingin memiliki momongan lagi setidaknya dalam kurun waktu 2 tahun. KB Spiral bukan KB tanpa diberi hormon. Tetap diberikan hormon, hanya saja kadarnya tidak sebanyak KB suntik. Bila ingin KB yang tanpa hormonal, gunakan kondom. Tetapi jangan lupa ya, Bun. Efek samping KB pada setiap Bunda memang berbeda-beda, jadi tidak perlu cemas dengan terus membanding-bandingkan dengan wanita lainnya.

Periksa ke Dokter

Memang efek KB pada setiap wanita berbeda-beda, tetapi biasanya dalam kurun waktu 1 tahun hormon sudah kembali normal dan Bunda siap hamil. Bila Bunda pernah hamil dan memiliki anak tetapi kini sulit untuk hamil lagi, itu dinamakan infertilitas sekunder.

Penanganannya hampir sama dengan infertilitas primer di mana kualitas sperma suami dan sel telur Bunda diperiksa terlebih dahulu. Bila ternyata kualitasnya bagus, maka harus dicari penyebab lain mengapa belum bisa hamil.

Bila Bunda ragu, tidak perlu menunggu 1 tahun Bunda boleh periksa dan konsultasikan dengan dokter kandungan Bunda.

   
04-03-2014 16:32:30 pelengketan dinding rahim
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

“Lepas KB kok malah susah hamil ya?”. Keluhan ini kerap kali dilontarkan para Bunda yang ingin hamil lagi setelah lepas KB. Mungkin Bunda adalah salah satunya.

Menggunakan KB khususnya suntik memang akan mengganggu produksi hormon. Apalagi jika Bunda sudah bertahun-tahun menggunakannya. Tetapi efek suntik KB ini tidak sama pada setiap Bunda. Jadi, jangan panik dulu bila melihat teman atau saudara Bunda mudah hamil setelah melepas KB.

Jenis KB

Selain dari reaksi hormon tubuh, sulit atau tidaknya hamil setelah melepas KB tergantung juga dari jenis KB yang Bunda gunakan. Bila menggunakan jenis KB suntik (KB 3 bulan atau Depo Progestin) yang mengatur kadar hormon, tentunya butuh penyesuaian untuk mengembalikan hormon seperti semula. Misalnya pada penggunaan suntik KB 3 bulan (Depo Progestin), siklus menstruasi akan kembali teratur dalam waktu 6 bulan hingga 1 tahun setelah penggunaan dihentikan.

Berbeda dengan jenis KB pil, kemungkinan besar siklus menstruasi Bunda bisa langsung normal. Itu artinya kesempatan untuk hamil pun menjadi lebih tinggi.

Jenis KB spiral dan IUD lebih disarankan untuk Bunda yang ingin memiliki momongan lagi setidaknya dalam kurun waktu 2 tahun. KB Spiral bukan KB tanpa diberi hormon. Tetap diberikan hormon, hanya saja kadarnya tidak sebanyak KB suntik. Bila ingin KB yang tanpa hormonal, gunakan kondom. Tetapi jangan lupa ya, Bun. Efek samping KB pada setiap Bunda memang berbeda-beda, jadi tidak perlu cemas dengan terus membanding-bandingkan dengan wanita lainnya.

Periksa ke Dokter

Memang efek KB pada setiap wanita berbeda-beda, tetapi biasanya dalam kurun waktu 1 tahun hormon sudah kembali normal dan Bunda siap hamil. Bila Bunda pernah hamil dan memiliki anak tetapi kini sulit untuk hamil lagi, itu dinamakan infertilitas sekunder.

Penanganannya hampir sama dengan infertilitas primer di mana kualitas sperma suami dan sel telur Bunda diperiksa terlebih dahulu. Bila ternyata kualitasnya bagus, maka harus dicari penyebab lain mengapa belum bisa hamil.

Bila Bunda ragu, tidak perlu menunggu 1 tahun Bunda boleh periksa dan konsultasikan dengan dokter kandungan Bunda.