SITE STATUS
Jumlah Member :
493.599 member
user online :
1188 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: setelah pasang iud setelah hubungan kelu

New Topic :  
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
salam kenal dokter...

ada yg mau saia tanyakan,krn ada masalah pd IUD saia.

tgl 08.06.2011 lalu saia pasang IUD,setelah pasang IUD timbul plek2 & keputihan yg berlebihan,berbau/amis tapi tdk gatal.
baru2 2 minggu ini peranakan/kandungan saia nyeri,saia periksakan kebidan menurut beliau ada infeksi/jamur sehingga terjadi peradangan pd kandungan saia.

saia dberi obat2an & ada jg obat seperti kapsul yg musti saya masukkan lewat vagina,walhasil setelah 2 hari masa pengobatan plek2 & keputihan td berkurang.
tapi sampai skr nyeri pd kandungan itu msh saia rasakan,yg mau saia tanyakan :

apa saia habiskan saja obatx & baru melihat hasilx lbh lanjut atau saia stop saja obat2anx trs IUDx saia lepas ????

mohon penjelasanx ya dokter,thanks be4.

Dari : norma faried

Jawaban:

Dear Bunda,

Sebaiknya bunda meminum obat sesuai anjuran, apabila obat tersebut adalah antibiotik atau anti jamur, sebaiknya di habiskan sesuai anjuran. Apabila setelah obat habis masih terjadi keluhan, anda dapat memeriksakan kembali keadaan anda. Pada pemasangan IUD sering di temui keluhan keputihan yang bertamabh dari keadaan sebelumnya, apabila tidak ada gatal ataupun bau yang tidak sedap, maka tidak perlu khawatir. Namun bila timbul gatal dan bau yang tidak sedap sebaiknya memeriksakan diri kembali. Apabila anda tidak nyaman dengan keadaan ini, dapat memikirkan alternative alat KB lainnya. Demikian jawaban saya.
   


16-03-2016 12:15:49 kb iud
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
dok,saya habis pasang kb iud tgl 5 maret 2016,tetapi sampai sekarang kok keputihan dan terasa gatal,sudah kontrol ke dok tgl 12 maret 2016 cman dikasih obat aja gak tau obat apa dok krn ngambil obatnya di klinik dokter itu juga.yang saya tanyakan bagaimana cara mengatasi keputihan itu setelah pasang iud dok?terima kasih
   
01-03-2016 08:22:24 KB IUD
Jumlah Posts : 51
Jumlah di-Like : belum ada like
dok, sebulan setelah pasang iud saya blum dapet haid dok, apa wajar spt itu dok?
ssya jadi takut buat hb dengan suami, takut hamil lagi karna anak saya baru 2 bln usianya 😟
   


25-02-2015 00:29:04 Haid yang tdk kunjung dapat
Jumlah Posts : 20
Jumlah di-Like : belum ada like
ga sakit bunda,, saya pasang IUD setelah 40 hari dari tgl melahirkan
sekalian kontrol jahitan ke SpOG nya

ASI eks bisa jadi KB alami dg beberapa syarat dan ketentuan bunda
tidak berarti tidak mens selama menyusui itu KB alami
kita tidak mens pada saat ASI masih melimpah karena ada hormon menyusui yg menghambat hormon untuk mematangkan sel telur

kalau syarat ASI eks untuk KB alami tidak terpenuhi
tidak mens bukan berarti KB
takutnya malah kebobolan
jadi sebaiknya setelah selesai nifas pakai KB
   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
selamat siang dok ..
bulan april 2013 lalu saya melahirkan dan bulan Juni 2013 saya mulai pasang kb spiral
tp sampai sekarang kok saya blm mens ya dok ..
sudah saya tes dan hasilnya negatif ..
terus setelah pasang iud itu kok jadi banyak keluar cairan kental dan baunya tdk sedap dok.. apa itu pengaruh karena tidak mens
mohon jawabannya .. terima kasih

Dari : santi kristiani

Jawaban:

Dear Bunda,
Setelah melahirkan, bila Bunda memberikan ASI kepada bayi Anda, maka dapat mempengaruhi siklus menstruasi Bunda karena pengaruh hormonal pada saat menyusui. Pemakaian KB IUD memang dapat mengalami keputihan yang lebih banyak dari biasanya atau flek-flek pada awal-awal pemakaian dan hanya bersifat sementara. Bila hal ini terus berkelanjutan terutama keputihan yang berbau tidak sedap dan berwarna, sebaiknya Bunda memeriksakan kembali kepada dokter atau bidan untuk keadaan ini.
   


Jumlah Posts : 16
Jumlah di-Like : belum ada like
hai para bunda....

Minta share'a dooonk....

saya sudah 3,5 bulan setelah melahirkan tak kunjung mendapat haid.... sedikit bercerita ya....
dari awal melahirkan sampai pas selesai masa nifas 40hr saya masih mengeluarkan darah memutuskan untuk sekalan pasang IUD... setelah saya pasang IUD darahpun tak kunjung selesai,,,banyak yang bilang itu biasa krn setelah pemasangan IUD memang akan mengeluarkan banyak darah..... tapi sekian lama di tunggu akhirnya pas 2,5 aq periksa kembali ke dokter langgananku (melahirkan dan pasang IUD di dokter lain krn aq pulang kampung) dan setalah dicek ternyata ada penggumpalan di dinding rahimku yang cukup tebal...dokterpun memutuskan untuk melakukan kuretase krn tdk ada cara lain untuk mengetahui gumpalan darah itu apa ?? setelah saya melakukan kuret ternyata hasilnya msh terdapat sisa plasenta saat melahirkan dahulu,,,,,,dan semenjak kuret dan lepas IUD saya belum mendapatkan haid.....

sampai saat ini saya masih khawatir dengan haid tak kunjung tiba,,,
   
24-12-2009 14:22:48 KB IUD(SPIRAL).....?
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
dear moms sy mau sharing...:
awal pakai spiral juga takut, pikirnya macam2 tp tidak ada pilihan lain..sy paling tidak disiplin dalam hal minum obat & jg paling takut di suntik. Krn melahirkan dgn op.caesar ,shg sy memilih ikut prog KB. Pertama pasang IUD , 40 hr setelah melahirkan ,jg ada flek setelah pemasangan. sedikit tapi mengganggu. Sy konsul ke dokter di kasih obat, &fleknya hilang . Setelah pasang IUD siklus haid bertambah lama & juga banyak. Selebihnya tidak ada keluhan lain. Setelah memakai IUD 3,5 th tidak ada masalah(alhamdulillah). Minggu lalu terakhir kontrol menurut SPOG nya semuanya oke2 sj. Menurut sy IUD aman,Yang penting pasangnya di dokter/bidan yg berpengalaman dan jg ttp berdoa . demikian moms..smg membantu
   
Jumlah Posts : 9
Jumlah di-Like : belum ada like
hiii,kebayang wkt rencana pasang iud setelah fath, anakku yg kedua berusia 4 bln. Abis Dokter wanti2 hrs dipasang, krn alasan melahirkan dg operasi sesar, dan karena anakku yg pertama baru 1 tahun (dokter takut aku ksundulan lg) Sblm iud dipasang, diukur dulu. Katanya spy bisa diketahui apakah rahim masih besar atau sudah mengecil. Takut bgt smp "penggarisnya" ga bisa masuk krn aku da kburu stres. Maklum aku tuh orangnya penakut bgt. Setelah beberapa menit terganjal, akhirnya rahim bisa diukur dg angka yg menurut dokter blm bisa dpasang iud. Katanya si, takut spiralnya lari2, buntut2nya hamil jg. Jadinya aku cuma dikasih obat untuk memperkecil rahim, sbenernya menyusui bisa juga memperkecil rahim, tp anakku susah nyusunya, mungkin krn aku yg ga telaten. Setelah kejadian itu, aku ga mau pasang iud, ngeriii. Ntar aja kalo da punya anak tiga.
   
13-04-2017 10:56:37 Promil setelah Keguguran
Jumlah Posts : 36
Jumlah di-Like : belum ada like
Bun, kalo mau promil setelah Keguguran seperti minum asam folat, susu prenagen Dan Madu penyubur. Itu baik nya di konsumsi setelah haid pertama setelah Keguguran atau setelah darah nifas berhenti ya?
   
Jumlah Posts : 396
Jumlah di-Like : 1
Salam kenal bunda nisa

Sekedar sharing..

ak berhasil hamil lagi setelah menunggu 10bln setelah keguguran.. Karena setelah keguguran hormon ak jadi ngga seimbang akhirnya ak kena PCO (telur kecil") setelah melakukan pengobatan kurang lebih 8bln dan ak blm hamil juga akhirnya ak stop berobat ke dokter dan mencoba alternatif pijat refleksi..

Alhamdulillah setelah ak melakukan pijat refleksi selama 2bln & setelah ak nitip doa ke tetangga ak yg pergi haji minta didoakan disana biar cepet hamil.. akhirnya ak positif hamil dan sekarang usia kehamilanku 24w ..

Selain itu yg ak lakukan biar cepet hamil a/ :

- Ak baca doa nabi zakaria setiap habis sholat, sampai sekarang pun ak masi baca.
- Jangan stress dan dibawa santai aja, jngan terllau difikirin.
- setelah berhubungan badannya ak miringin ke kiri & ke kanan secara bergantian selama 1jam supaya sel spermanya bisa berenang ke kedua saluran telur kita..
- karena suami ak sperma nya kurang bagus jadi ak selalu sediain buah semangka tiap harinya.
- karena telur ak ngga bisa gede" & rahimku lemah jadi ak disaranin sama bpk tukang pijatnya tiap hari makan pir packham..

Pil KB nya apa bun? klo ak waktu itu selama 3bln minum pil KB yasmin.. ada juga siy yang bilang seperti itu katanya takut rahimnya kering, tapi ada juga yg bilang buat kesuburan..
Di suruh terapi hormon karena haid bunda berantakan jadwalnya atau gmn bun? klo ak waktu itu minum pil kb karena telur ku kecil"..

Kita hanya berusaha hasil akhirnya kita serahkan semuanya pada ALLAH.. InsyaAllah klo sudah waktunya bunda juga akan dititipkan anugrah indah itu koq bun.. Akan indah pada waktunya..

Semangat ya bun
   
Jumlah Posts : 396
Jumlah di-Like : 1
SAlam kenal buat bunda" semua...

Sekedar sharing..

Aku berhasil hamil lagi setelah menunggu 10bln setelah keguguran.. Karena setelah keguguran hormon ak jadi ngga seimbang akhirnya ak kena PCO (telur kecil") & suami ku spermanya kurang bagus "Teratozoospermae" yg aktif cuma 4% dan dokter bilang klo mau hamil alami kemungkinannya kecil sekali jadi ak disuruh insem..
Tapi karena ak yakin ak bisa hamil secara alami akhirnya ak stop berobat ke dokter dan mencoba alternatif pijat refleksi..

Alhamdulillah setelah ak & suami melakukan pijat refleksi selama 1,5bln & setelah ak nitip doa ke tetangga ak yg pergi haji minta didoakan disana biar cepet hamil.. akhirnya ak positif hamil dan sekarang usia kehamilanku sudah 4bln ..

Selain itu yg ak lakukan biar cepet hamil a/ :
- Jangan stress dan dibawa santai aja, jngan terllau difikirin & jngan lupa juga berdoa
- setelah berhubungan badannya ak miringin ke kiri & ke kanan secara bergantian selama 1jam supaya sel spermanya bisa berenang ke kedua saluran telur kita..
- karena suami ak sperma nya kurang bagus jadi ak selalu sediain buah semangka tiap harinya.
- karena telur ak ngga bisa gede" & rahimku lemah jadi ak disaranin sama bpk tukang pijatnya tiap hari makan pir packham..

Kehamilan itu terjadi karena adanya kerjasama antara suami istri, jadi klo bisa jangan hanya istrinya aja yg di periksa ke dokter, suami juga musti mau u/ cek sperma..

Benar kata bunda Era, ak setiap habis sholat selalu baca doa "Nabi Zakaria" yg bunda Era tulis diatas.. Yang penting jangan dibawa stress. InsyaAllah klo memang sudah waktunya ALLAH akan memberikan kehamilan koq bun... Tetap Semangat ya bunda" semua


   
Jumlah Posts : 396
Jumlah di-Like : 1
Halo bunda" salam kenal..

Sekedar sharing..

ak berhasil hamil lagi setelah menunggu 10bln setelah keguguran.. Karena setelah keguguran hormon ak jadi ngga seimbang akhirnya ak kena PCO (telur kecil") setelah melakukan pengobatan kurang lebih 8bln dan ak blm hamil juga akhirnya ak stop berobat ke dokter dan mencoba alternatif pijat refleksi..

Alhamdulillah setelah ak melakukan pijat refleksi selama 1,5bln & setelah ak nitip doa ke tetangga ak yg pergi haji minta didoakan disana biar cepet hamil.. akhirnya ak positif hamil dan sekarang usia kehamilanku jalan 15w ..

Selain itu yg ak lakukan biar cepet hamil a/ :
- Jangan stress dan dibawa santai aja, jngan terllau difikirin & jngan lupa juga berdoa
- setelah berhubungan badannya ak miringin ke kiri & ke kanan secara bergantian selama 1jam supaya sel spermanya bisa berenang ke kedua saluran telur kita..
- karena suami ak sperma nya kurang bagus jadi ak selalu sediain buah semangka tiap harinya.
- karena telur ak ngga bisa gede" & rahimku lemah jadi ak disaranin sama bpk tukang pijatnya tiap hari makan pir packham..

Semoga membantu ya bun ^_^

Semangat


   
23-07-2010 14:46:49 kb iud
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Pagi Dok,saya mau tanya,saya pakai KB IUD baru 1 minggu kemarin,setelah 40 hari kelahiran anak saya yg pertama.selesai pasang keluar darah malamnya sampai besoknya (2 hari),setelah itu tidak lagi. yg saya tanyakan
1.Apa keluar darah itu termasuk mens?tapi klu memang mens,kenapa cuma dua hari?
2.Setelah pasang KB IUD kapan boleh berhubungan dengan suami lagi?
3.Bagaimana orang bisa hamil setelah pasang KB IUD?
4.Kapan saya harus kontrol ke dokter lagi karena dokter yg memasangkan saya KB kemarin tidak ada menyuruh saya kontrol,

Harap dijelaskan,terima kasih



Dari : Dita Farisyahdah

Jawaban:

Dear bunda Dita Farisyahdah,

Masa nifas pada normalnya adalah sekitar 40 hari, jangan terlalu khawatir bila darah yang dikeluarkan tidak terlalu banyak dan deras. Untuk pemasangan spiral pada minggu ke 6 setelah melahirkan atau pada saat haid diharapkan portio servix ( jalan masuk ke dalam kandungan) masih lunak dan tidak menimbulkan rasa sakit.

Sebaiknya pemasangan alat KB dilakukan sebelum anda melakukan hubungan suami istri kecuali suami anda menggunakan alat kontrasepsi kondom untuk mencegah terjadinya kehamilan.

Kontrol kembali satu minggu setelah pemasangan IUD. Hubungan intim sebaiknya dilakukan setelah kontrol, karena kontrol bertujuan untuk memastikan IUD terpasang dengan baik dan mencegah kehamilan.
   
24-05-2017 09:47:17 Kisaran biaya pasang IUD
Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like
Assalamu'alaikum, bunda2 mohon info biaya dan pengalaman pasang IUD dong. kalau yg lahiran SC kn biasanya langsung pasang, tapi kalau yang lahiran normal gimana bund? harus setelah 40 hri kah? dan gimana rasanya bund? mohon sharingnya ya bunda2. makasih😉
   
14-03-2017 19:43:29 bagi info seputar IUd
Jumlah Posts : 93
Jumlah di-Like : belum ada like
aku pk IUD bun, gaada yg aneh ko rasany biasa aja gaada yg ganjel..
meskipun sempet keluar benang IUDny krn masih kepanjangan tp setelah dipotong udh gaada keluhan lagi..
untuk HB juga kata suami biasa aja gaada yg kerasa ko..
cuma memang sebaiknya cari tempat pasang IUD dan dokter / bidan yg bagus, krn pada beberapa kasus alatnya jalan2 (tidak pada tempat seharusnya) itu yg menyebabkan sakit pinggul dan juga bisa membahayakan organ lainnya.
setelah pasang baiknya rutin periksa, untuk memastikan si IUD berada di posisi yg tepat..