SITE STATUS
Jumlah Member :
492.679 member
user online :
1355 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: sakit senut 2 pada bagian bawah perut se

New Topic :  
Jumlah Posts : 30
Jumlah di-Like : belum ada like
mules mules nyeri pada bagian bawah perut dengan kontraksi nyerinya 2-3 x setiap 10mnt dan keluar flek coklat dan lendir bun.
   


29-03-2014 09:28:22 obtt pelusur abis keguguran
Jumlah Posts : 395
Jumlah di-Like : 4

Dear Bunda Dyah,

Terima kasih atas pertanyaannya.

Beberapa hal yang dapat terjadi : 

  • Mungkin terjadi pendarahan dari vaginal, yang dapat terjadi sampai satu minggu setelah keguguran. 
  • Spotting atau adanya bercak darah
  • Nyeri pada bagian bawah perut seperti nyeri menstruasi yang dapat terjadi sampai 2 hari setelah keguguran. 
  • Nyeri pada payudara, keluarnya ASI yang berlangsung sekitar 1 minggu. Gunakan kompress dan BH dengan penyangga. 

Ketika keguguran, bunda perlu memeriksakan diri ke Bidan atau dokter kandungan, karena dapat ada kemungkinan untuk infeksi. 

Terima kasih

   
Jumlah Posts : 11
Jumlah di-Like : belum ada like
bu saya Mau Tanya kenapa saya sering merasa nyeri pada bagian bawah perut Dan masih sering merasa mual di usia kandungan 15 minggu? ini kehamilan saya yg ke2 kalo waktu hamil anak ke1 saya tidak merasa keluhan apa2 tidak seperti yg kedua Dan bagaimana caranya biar anak ke2 bisa perempuan..terimakasihbbu bidan
   


04-09-2012 13:21:29 Obat Alami Miom
Jumlah Posts : 14
Jumlah di-Like : belum ada like
Obat Alami Miom


Penyakit miom adalah suatu penyakit tumor yang jinak yang terdapat di dinding rahim.Dan penyakit ini kebanyakan di derita oleh para wanita.Penyakit miom ini bisa di kategorikan penyakit berbahaya karena jika dibiarkan penyakit miom ini dapat berubah menjadi kanker.Oleh sebab itu jangan sekali kali anda menyepelekan penyakit ini karena dapat menghilangkan nyawa penderita.
Miom ini dapat tumbuh di dinding rahim baik di permukaan rahim atau di tengah dinding rahim juga dapat tumbh di permukaan dalam rahim.Miom ini juga tumbuh cepat dari satu jadi tumbuh banyak jika anda biarkan.Jika anda menderita penyakit miom peluang hamil sangat tipis karena rahimnya telah diambil alih oleh tumor ini sehingga sel sperma susah untuk masuk ke rahim.Karena miom ini tumbuh di dalam rahim maka besar resikonya jika kita hamil karena dapat menimbulkan pendarahan juga mengganggu fungsi rahim itu sendiri.

Adapun gejala dari penyakit miom ini adalah :

Rasa nyeri karena tekanan tumor dan terputarnya tangkal tumor, serta adanya infeksi di dalam rahim.
Pada bagian bawah perut dekat rahim terasa kenyal.
Penekanan pada organ di sekitar tumor dapat menimbulkan gangguan buang air besar dan buang air kecil, pelebaran pembuluh darah vena dalam panggul, gangguan ginjal
Gangguan sulit hamil karena terjadi penekanan pada saluran indung telur.
Perdarahan yang banyak

Banyak yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit miom di dalam rahim kita diantaranya faktor keturunan.Faktor ini sangat berpengaruh besar akan kita terjangkitnya penyakit ini.ada juga karena adanya rangsangan hormon, obesitas, dan makanan yang tinggi kadar lemaknya.


cara pemesanan klik di sini


Dengan format SMS:
Xamthone: Jumlah Pesanan : Nama : Alamat Pengiriman: No. Hp / Telepon
Contoh untuk pemesanan 4 botol :
Xamthone: 4 botol : fahmi : Jl. Tentara pelajar No. 001 Tasikmalaya Jawa Barat : Hp. 08565812345
kirim ke 081 222 991 999 / 0853 2248 9000

   
20-03-2015 15:53:54 sering terasa sakit di perut
Jumlah Posts : 60
Jumlah di-Like : belum ada like

Hi bunda aku coba sharing ya dikutip dari artikel infobunda mengenai "Nyeri Perut Bawah saat Hamil" (http://www.infobunda.com/pages/articles/artikelshow.php?id=536&catid=4)

" Pada masa kehamilan, Bunda akan merasakan nyeri pada perut bagian bawah, hal ini normal dirasakan, karena peregangan ligamen untuk menahan perkembangan rahim yang semakin membesar. Namun, nyeri perut bawah pada masa kehamilan dapat menjadi masalah yang serius, walaupun hal tersebut sangat jarang terjadi.  Yuk, kita ketahui apa saja masalah serius yang menjadi penyebabnya.

Apa Saja  sih Masalah Serius tersebut?

1.       Kehamilan Ektopik

Kehamilan Ektopik adalah kehamilan yang terjadi di luar rahim. Segera periksa ke dokter, jika Bunda merasakan gejalanya, semisal:  nyeri perut bawah yang berlebihan, pendarahan atau spotting (bercak darah), rasa nyeri hebat ketika melakukan aktifitas sehari-hari dan nyeri di pundak. 

2.       Abortus Spontan

Biasanya terjadi pada 20 minggu pertama kehamilan. Spotting disertai perdarahan, merupakan gejala awalnya, diikuti dengan nyeri perut bagian bawah selama beberapa jam atau berhari-hari. 

3.       Persalinan Prematur

Salah satu gejala Persalinan Prematur adalah ketika Bunda mengalami kontraksi yang lebih sering dan menyakitkan sebelum usia kehamilan mencapai 37 minggu, dan merasakan nyeri punggung yang terus-menerus. Kontraksi tersebut tidak selalu disertai dengan pecah ketuban atau pendarahan, bahkan banyak yang tidak dapat membedakannya dengan Braxton Hicks (Kontraksi Palsu).

4.       Abrupsi Plasenta

Abrupsi Plasenta dapat menyebabkan pendarahan hebat secara tiba-tiba, namun gejala  tersebut tidak selalu sama pada tiap orang, beberapa ada yang mengalami pendarahan ringan, spotting, sakit punggung, kontraksi cepat dan sakit kepala.

5.       Preeklamsia

Preeklamsia merupakan kondisi dimana Bunda akan mengalami tekanan darah tinggi yang disertai dengan meningkatnya kadar protein dalam urin. Gejala dari preeklamsia adalah nyeri perut bawah, sakit kepala, bengkak pada bagian tubuh dan gangguan visual.

6.       Infeksi Saluran Kemih

Gejalanya adalah nyeri di bawah perut dan kesulitan untuk berkemih. ISK yang tidak ditangani akan menimbulkan masalah serius pada kehamilan.

Apa Saja Penyebab Nyeri Perut yang  Tidak Berbahaya?

Ketika Bunda memasuki masa pertengahan kehamilan, kadangkala Bunda akan merasakan rahim mengencang dan kembali normal seperti semula, jenis kontraksi ini disebut dengan Braxton Hicks atau Kontraksi Palsu. Kembung dan Konstipasi juga merupakan penyebab nyeri perut yang tidak berbahaya. 

Tidak setiap nyeri perut bawah pada kehamilan adalah berbahaya, selama nyeri tersebut berlangsung sebentar, maka aman. Rasa nyeri tersebut dapat Bunda minimalisir dengan melakukan olah tubuh ringan, berendam air hangat, perbanyak konsumsi air putih dan istirahat yang cukup. Tapi, tetaplah waspada! Jika Bunda tidak yakin mengenai aman tidaknya nyeri yang dirasakan, segera periksa ke dokter."

Semoga bermanfaat ya bun..

   


13-05-2011 12:22:18 tanda-tanda mau melahirkan
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
siang dok, sekarang saya hamil 36 minggu berat badan si bayi 2.790kg. sdh 2 hr ini d bagian bawah perut saya suka sakit setiap 1/2 jam dan tegang trs. yang mau saya tanyakan bagaimanakah ciri-ciri mau melahirkan? apakah yg sy rasakan ini gejala awal mau melahirkan? sy kwatir msh kerja dok, kapan sebaiknya saya ambil cuti dgn keadaan perut yg sudah sering merasakan sakit dan tegang d bagian bawah?

Dari : siti saodah

Jawaban:

Dear Bunda,

Bila anda merasakan adanya tegang atau kontraksi yang teratur terus menerus, maka sebaiknya anda memeriksakan kepada dokter kandungan atau bidan anda. Kontraksi Braxton hick atau kontraksi semu tidak akan terjadi secara teratur dan tidak akan semakin kuat seperti kontraksi pada awal melahirkan. Kontraksi Braxton hick ini kerap terjadi namun bukanlah tanda awal kelahiran. Untuk memastikan keadaan anda, anda dapat memeriksakan diri pada dokter atau bidan anda. Demikian jawaban saya.
   
Jumlah Posts : 583
Jumlah di-Like : 5
hai para bunda yg pada baru mengetahui kalau ternyata hamil ..... :D

apa kabar ? gimana kondisi kesehatan para bunda ?

saya di sini excited bnget menulis begitu mengetahui saya hamil.

sebenarx ini bukan kehamilan yg pertama, tp dulu saya pernah gagal .. tapi skrg saya senang sekali sekalipun ada rasa deg -deg an ... dan kehamilan saya yg ke-2 ini, keliatannya ga sama dgn yg pertama.

usia kehamilan saya, menurut TP 3+ (3 mggu lbh), tp menurut info bunda (terhitung dr hari pertama haid terakhir) udh 5W. gmn ya cara kita mengetahui keakuratan data kehamilan ? .....

Puji Tuhan saya ga ada rasa mual yg berlebih (hny dikit aja ...) apalagi muntah !!
tp yg saya rasakan saat ini adalah rasa nyeri di perut bagian bawah (kdg spt ditusuk2), trus sakit di tulang belakang bagian bawah. tapi utk selera makan, saya mah normal aja ... tapi perutku keliatan tambah buncit (hrsx kan belum ya ? atau jgn2 ... krn dulu pernah dikuret *pernah hamil* jd perut membesar sblm wktx hehhee) trus, sering jg miss V berlendir. tp ga parah sih ...

tolong di share donk, karena saya baru akan konsultasi dgn dokter 2 minggu lg.  bagi para bunda yg tau ttg ini ... bagi2 info ya ...

trus buat para bunda yg baru tau hamil, ayooo ... bagi2 keluhan !!! ....


welcome to the pregnant world !! hahaaaa
   
Jumlah Posts : 18
Jumlah di-Like : 1

hallo bun,
ini saya punya artikelnya semoga bermanfaat. Btw, umur kehamilan kita sama lho ;-)
Sumber: http://bayidananak.com/2008/11/20/tanda-tanda-akan-melahirkan/

Tanda-Tanda Akan MelahirkanNyeri, tegang, mulas…. Ups! Jangan-jangan saat persalinan sudah dekat. Punya pengetahuan tentang tanda serta tahap persalinan jelas sangat membantu, meski tidak berarti setiap wanita hamil akan melewati rasa dan pengalaman yang sama saat melahirkan.

Diawali kontraksi

Normalnya, di minggu ke 38-40 kehamilan, kepala janin sudah mulai turun ke rongga panggul. Bersamaan dengan itu, otot-otot rahim pun mulai melakukan gerakan mengerut dan meregang secara bergantian, terus-menerus secara teratur. Nah, gerakan otot rahim seperti inilah yang disebut kontraksi.

Seperti apa rasanya? Ada yang mengatakan nyeri seperti diperas, kaku dan tegang di perut, khususnya bagian bawah, atau mulas seperti ingin buang air besar.

Yang pasti, frekuensi terjadinya kontraksi semakin lama semakin meningkat, begitu juga dengan kekuatannya. Awalnya, jarak waktu antara kontraksi yang satu dan selanjutnya cukup panjang, biasanya selang satu jam. Lalu, semakin memendek, bisa tiap 30 menit, 15 menit, dan menjelang waktunya bayi lahir, jarak kontraksi bisa mencapai 2 atau 1 menit sekali.

Sewaktu jarak antar-kontraksi masih jauh, mungkin rasa nyeri terasa hanya pada bagian atas perut. Namun seiring dengan kemajuan proses awal ini, rasa nyeri semakin menjalar ke bagian bawah perut, bahkan ke arah bawah punggung dan belakang pinggang. Saat mulut rahim sudah membuka sempurna, rasa nyeri yang hebat di daerah tadi akan terasa sangat kuat.

Dr Erick, spesialis kandungan menuturkan, proses setiap wanita saat persalinan berbeda. Tetapi tanda-tandanya sama.

”Biasanya saat akan melahirkan, ibu akan merasa adanya kontraksi rahim yang teratur. Dan ini merupakan salah satu tanda yang akan dialami semua ibu yang akan melahirkan,” terangnya.

Tidak seperti kontraksi Braxton hick, kontraksi timbul secara teratur, mula-mula kontraksi hanya sebentar kemudian bertambah lama dan bertambah kuat, dan kontraksi terjadi simetris di kedua sisi perut mulai dari bagian atas dekat saluran telur ke seluruh rahim, dan nyeri tidak hilang atau berkurang dengan istirahat atau elusan saja.

Bagi ibu yang akan melahirkan dan mulai terasa kontraksi yang nampak teratur, mulailah untuk menghitung waktunya. Biasanya, persalinan hanya terjadi bila kontraksi menjadi semakin dekat 40 detik antara kontraksi lainnya. Persalinan pertama kali akan berlangsung 12-14 jam sehingga lebih baik anda menunggu dirumah sambil beristirahat mengumpulkan energi untuk persalinan. Jadi jika kontraksi anda sudah setiap 5 menit sekali atau sangat sakit anda dapat pergi ke rumah sakit.

‘”Setelah tanda kontraksi teratur, maka akan keluar darah bercampur lendir, ini merupakan tanda kedua akan terjadinya persalinan,” ujarnya.

Ia menerangkan, darah bercamur lendir ini terjadi karena sumbatan yang tebal pada mulut rahim terlepas. Sehingga menyebabkan lendir yang berwarna kemerahan. Karena bercampur darah.

Jalan lahir membuka

Saat otot rahim mengerut, ukuran rahim akan mengecil, sehingga kepala janin semakin terdorong ke arah bawah (jalan lahir). Bersamaan dengan itu, mulut rahim sedikit demi sedikit mulai membuka.

Perlu Anda tahu, sejak terjadinya kehamilan, secara alami mulut rahim tertutup oleh semacam sumbat berupa lendir kental. Sumbat lendir ini bertugas menjaga agar kehamilan bisa terus berjalan sekaligus melindungi janin dari kuman. Nah, pada awal tahap pembukaan mulut rahim, sumbat lendir itu terbuka dan lendir (yang berwarna merah muda) keluar melalui vagina.

Mulut rahim yang semula hanya membuka sedikit, seiring dengan datangnya kontraksi yang semakin kuat, akan terus melunak dan terbuka semakin lebar. Lama-kelamaan, mulut rahim akan terlihat semakin datar dan menyatu dengan rahim bagian bawah. Saat inilah pembukaan lengkap terjadi.

Pembukaan mulut rahim biasanya dihitung dengan satuan sentimeter (cm). Bila dokter mengatakan mulut rahim Anda sudah pembukaan 8, artinya jalan lahir sudah membuka sepanjang 8 cm. Pembukaan mulut rahim dikatakan lengkap bila sudah mencapai pembukaan 10, atau 10 cm.

Lamanya tahap pembukaan jalan lahir dari awal hingga sempurna, bervariasi pada setiap kehamilan. Namun, secara gamblang tahap persalinan dibagi atas:

* Kala/tahap I laten: di mulai dari tanpa pembukaan sampai pembukaan 2, yang bisa berlangsung 24-48 jam,

* Kala I aktif: dimulai dari pembukaan 3-10, yang berlangsung sekitar 7 jam pada persalinan anak pertama, 3 1/2 jam pada persalinan bukan pertama.

* Kala II: disebut fase mengejan, pada pembukaan 10/lengkap yang bisa berlangsung maksimal 1 jam.

* Kala III: adalah fase melahirkan plasenta, hanya berlangsung sekitar 15 menit.

Penting diingat, menjelang akhir kala I, meski Anda merasakan mulas yang luar biasa, Anda masih belum boleh mengejan. Sebab, saat ini mulut rahim belum membuka sempurna. Bila Anda mengejan saat ini, bisa mengakibatkan jalan lahir membengkak dan terjadi perobekan.

Jadi, harus bagaimana? Bernapaslah dalam-dalam dan hembuskan perlahan. Lakukan hal ini berulang-ulang setiap kali rasa nyeri yang luar biasa itu datang.

Bila mulut rahim sudah membuka sempurna, artinya Anda sudah melewati tahap pertama dari proses persalinan, dan siap menuju tahap kedua, yaitu kelahiran bayi.

Siap lahir

Bila tidak ada hambatan, misalnya tali pusar yang melilit anggota tubuh janin, maka tahap yang dikenal dengan kala II ini berlangsung jauh lebih cepat dibanding tahap sebelumnya. Ada yang melewatinya tidak lebih dari 30 menit, meski ada juga yang lebih.

Pada tahap ini, kepala janin yang memang sudah tepat berada di mulut rahim akan terus mendesak. Bersamaan dengan itu, secara alamiah, rahim dan vagina akan membentuk semacam cekungan yang menjadi jalur untuk dilewati bayi. Saat ini, Anda akan merasakan tekanan yang sangat kuat di daerah perineum (daerah antara vagina dan anus).

Saat kepala janin sudah di ambang pintu dan siap keluar, lendir dan darah yang keluar dari vagina semakin bertambah. Selain itu, desakan kuat kepala janin akan menyebabkan kantung ketuban pembungkus janin pecah lebih awal atau saat pembukaan lengkap, sehingga cairan ketuban keluar membasahi daerah vagina. Cairan ini sekaligus membuat jalan lahir semakin licin yang justru memudahkan bayi meluncur keluar dengan mulus. Setelah pembukaan benar-benar lengkap dan kepala bayi sudah terlihat di pintu lahir, saat inilah Anda diijinkan mengejan.

Apa yang harus dilakukan? Ikuti saja baik-baik panduan penolong persalinan Anda. Ikuti aba-abanya, kapan Anda menarik napas dan kapan waktunya mengeluarkan napas sambil mengejan, Mengapa harus demikian? Sebab, saat mengejan harus dilakukan berbarengan dengan saat kontraksi datang, sehingga bayi akan lebih mudah meluncur di jalan lahirnya.

Saat kepala bayi berhasil keluar dari mulut vagina, bagian tubuh bayi yang masih di dalam secara alami akan berputar dengan sendirinya. Kondisi ini memungkinkan bagian bahu dan seluruh tubuh bayi keluar.

Nah, kini sambutlah kehadiran buah hati Anda di dunia dengan penuh cinta dan syukur. Anda bisa meminta penolong persalinan untuk membawakan bayi Anda sesaat dalam dekapan Anda.

Plasenta selesai bertugas

Dengan lahirnya sang buah hati, selesai pula tugas plasenta atau ari-ari yang selama ini menemaninya di dalam rahim. Plasenta yang selama 9 bulan lebih bertugas mensuplai nutrisi dan oksigen, mengeluarkan sisa metabolisme serta sebagai organ yang menyalurkan antibodi ke tubuh janin, juga harus dilahirkan. Proses yang terjadi dalam tahap ketiga ini biasanya berlangsung tidak lebih dari 15 menit.

Alam sudah mengatur, setelah bayi keluar, kontraksi masih terus berlangsung, meski tidak sehebat sebelumnya. Tujuannya untuk membantu melepaskan plasenta dari tempat menempelnya di dinding rahim. Hampir sama seperti proses kelahiran bayi, Anda akan diminta mengejan bersamaan dengan datangnya kontraksi.

Untuk memeriksa apakah seluruh plasenta sudah terlepas dari dinding rahim atau belum, penolong persalinan akan menekan perut Anda. Setelah itu, ia akan menarik perlahan-lahan tali pusar agar plasenta bisa keluar. Setelah seluruh plasenta beserta tali pusar keluar, barulah tubuh Anda dibersihkan.

Nah, kini selesailah sudah seluruh tahap proses persalinan. Anda pun memasuki babak baru dalam hidup Anda, yakni jadi seorang ibu. Sebuah peran yang luar biasa indahnya!

   
08-02-2009 16:53:10 Konsultasi Kehamilan
Jumlah Posts : 70
Jumlah di-Like : 1
Salam kenal... Buat bunda ati thanks bgt y bun infonya   Buat mas or bpk solihin... Gejala keguguran meliputi :

1. Pendarahan ringan maupun berat pada vagina, baik yang teratur maupun yang tidak teratur. Meskipun pendarahan sering menjadi tanda pertama keguguran, pada masa trisemester pertama kehamilan mungkin juga terjadi pada kehamilan yang normal. Dan biasanya pendarahan terjadi terus menerus, paling tidak selama 3 hari.

2. Rasa sakit. Mungkin mengalami keram pada panggul, sakit pada perut bagian tengah atau sakit pada bagian bawah punggung. Sakit mungkin akan dirasakan selama beberapa jam hingga beberapa hari setelah pendarahan dimulai.

3. Penggumpalan darah atau keabu-abuan pada jaringan lunak (pada janin) yang melewati vagina. Ketika mendapati gumpalan darah tersebut, bawalah kepada dokter untuk mengeahui kepastian apakah mengalami keguguran atau tidak.

4. Kelelahan yang teramat sangat. Merasa loyo dan tidak bertenaga, lemas dan tidak mampu menopang tubuh dengan baik. Bisa jadi ini merupakan tanda awal akan terjadi keguguran.

Tidak selalu mudah untuk mengatakan apakah keguguran memberi peranan. Keguguran kadang tidak terjadi pada gejala awal tetapi ada mata rantai yang terjadi selama beberapa hari.

Hal-hal yang dapat meningkatkan risiko keguguran :

  1. Usia di atas 35 tahun
  2. Pernah mengalami keguguran sebelumnya (tiga kali atau lebih)
  3. Sindrom Polycystic ovary, dimana dapat menyebabkan masalah ovulasi, obesitas, meningkatkan tingkat hormon pada pria dan meningkatkan risiko diabetes.
  4. Terinfeksi bakteri atau virus semasa kehamilan
  5. Sejarah melahirkan dengan bayi cacat
  6. Terkena bahan kimia seperti, benzene, arsenic atau formaldehyde sebelum dan selama kehamilan.
  7. Meminum minuman berakohol
  8. Merokok ketika hamil
  9. Penggunaan obat-obatan terlarang
  10. Terkena gigitan ular
  11. Mengonsumsi banyak kafein selama kehamilan

Chorionic Villus Sampling (CVS) atau amniocentesis untuk memeriksa kemungkinan lahir cacat atau masalah genetik. Ketika dilakukan oleh orang yang terlatih, satu penelitian menunjukkan bahwa tes tersebut terdapat risiko keguguran sekitar 1 berbanding 400. Beberapa penelitian menunjukkan risiko yang lebih tinggi. Risiko besar ini mungkin cenderung kepada medical center yang kurang berpengalaman, khususnya untuk CVS.

Namun. berhadapan dengan monitor komputer atau selimut listrik, hubungan seksual dan latihan-latihan fisik ringan tidak meningkatkan risiko keguguran.

mediahidupsehat.com

Smoga bermanfaat...

Pindri,bundana najla

   
14-11-2015 21:45:25 nyeri
Jumlah Posts : 9
Jumlah di-Like : belum ada like
Nyeri perut pada bagian bawahHaid yang sangat banyak atau justru terlalu sedikitSering merasa ingin buang air besar / kecil karena jaringan kista terus membesar semakin menekan kandung kemih sehingga tidak dapat menampung banyak air seniPada keadaan yang sudah lanjut dapat teraba benjolan pada daerah perutPerubahan pola haid, misalnya terlambat haid atau pendarahan diantara periode haidPendarahan organ intim rahim yang hebat dan tidak teraturNyeri perut hebat disertai mual dan muntahPembesaran perut akibat beberapa jenis kista yang cenderung tumbuh makin besarRasa sakit seperti digigit semut dibagian bawah perut kiri dan kanan secara bergantianKeluhan sakit pada pinggang bagian belakangCiri Ciri Dari Penyakit Kista Yang Terakhir Jika kista pecah misalnya saat berhubungan seksual penderita akan merasa nyeri bertambah bila melakukan aktivitas fisik berat.
   
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
saya lg hamil anak ke 2 nih,tp saya merasakan nyeri di bagian bawah perut sebelah kiri dan saya susah duduk karna merasakan sakit nyeri itu,klo bunda yg lain ada fk merasakan nyeri kayak saya...
   
14-09-2014 10:57:35 Tp pertama belum ada hasil
Jumlah Posts : 51
Jumlah di-Like : belum ada like
makasi bunda peny,tapi klo aku bun klo mau mens. aku cuma sakit pada dada nya aja seminggu sebelum mens,tiap bulan gitu na nanti klo da mens baru deh sakit di bagian bawah perut tapi itu pun hri pertama mens aja... makaya seminggu sebelum aku telat hingga sekarng aku rasai pegel badan nyeri di bawah perut kaya klo mens,sakit pinggang kaki keram, panas dingin juga.tpi semoga lah harapanku terkabulkan Amin
   
Jumlah Posts : 17
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda mau tanya dong,skrang ini aq lg hamil anak ke 2 & usia kandungan ku udah 33 minggu,tp akhir akhir ini aq udah ga bs tdr nyenyak lagi karna setiap kali aq tiduran itu pasti merasakan sakit di bagian bawah perut,klw tdr miring ke kanan atw ke kiri suka berasa bngt sakit ya ,apa lg pas mau bangun buat duduk itu rasa ya sakit bngt,& aq juga suka merasa kan kram di kaki klw lg tdr ,itu normal ga ya ? mohon jawaban ya & mks
   
Jumlah Posts : 16
Jumlah di-Like : belum ada like
aku uda 34w bund, bb bayi 2,25, katanya sih agak kegendutan. trus tadi sore aku batuk2 keselek, eh malah ngrasain sakit di bagian bawah perut sebelah kanan. trus masalah tidur miring, bebiku kayaknya gak mau deh, mintanya telentang mulu, padahal punggung sampe panas...
   
25-04-2014 18:04:06 Bayi Tersenyum, Ibu Senang
Jumlah Posts : 18
Jumlah di-Like : belum ada like

Perawatan sehari-hari untuk Mencegah Ruam Popok

Kita dapat mencegah ruam popok dengan melihat ke penyebab ruam.

1 . Pencegahan yang terbaik adalah Sering Mengecek Popoknya
Periksalah popok bayi Bunda setiap kali ia bangun tidur. Jika terdapat kencing atau kotoran, gantikan popoknya segera. Pencegahan yang paling mendasar adalah menghindari kulit bayi Bunda teriritasi dari popok yang terkena kotoran.

2 . Merawat Bagian bawah (bokong) Bayi Bunda Ketika Menggantikan Popok
Usap bokong bayi Bunda dengan lembut dan pastikan benar-benar bahwa tidak ada sisa kencing atau kotoran yang menempel pada kulit bayi Bunda. Ketika Bunda membersihkan kotoran yang menempel di daerah sekitar anus dan alat kelamin , jangan lupa untuk membersihkan di sekitar paha, lipatan kulit dan perut bagian bawah. Sebaiknya gunakan kapas yang dibasahi dengan air hangat dan tisu bayi bergantian saat membersihkannya. lakukanlah dengan lembut dan penuh kasih sayang.

Untuk bayi perempuan
    Ketika Bunda membersihkan alat kelamin bayi Bunda, selalu bersihkan dari depan ke belakang. Jika Bunda memebersihkan dari belakang ke depan, dapat mengantarkan bakteri dari bawah bayi Bunda ke vulvanya. Hal ini dapat menyebabkan " vulvovaginitis " atau " peradangan kandung kemih " . Jika kotoran basah ditemukan di sekitar vulva , gunakan jari Bunda untuk membuka lipatannya, lakukan dengan hati-hati saat membersihkannya.
Untuk bayi laki-laki
    Saat Bunda membersihkannya setelah pipis, Usap lembut kepala penis bayi Bunda dan pastikan sampai bersih dan kering. Sedangkan unutk membersihkan kotoran setelah bayi Bunda Buang Air Besar, bersihkan area sekitar alat kelamin, termasuk daerah di belakang penis dan testikel yang mungkin terlewatkan.

3 . Cuci Bawah Bayi Bunda Ketika Ia Mengalami Diare
Ketika bayi Anda mengalami diare, maka area pantat bayi yang terkena kotoran lebih besar sehingga sulit jika dibersihkan dengan menggunakan sepotong kecil kapas. Jika Bunda mengusapnya berulang kali karena frekuensi diarenya, dapat merusak kulit bayi Bunda. Sebaiknya gunakan air untuk membersihkan bokong bayi.

4 . Usahakan Bokong bayi Bunda tetap kering
Pastikan kulit bayi Bunda benar-benar kering sebelum memakaikan popoknya. Gunakan handuk lembut untuk mengeringkan bagian bawah bayi Bunda setelah membasahinya atau memandikannya. Jangan digosok tapi usap lembut dengan handuk. Biarkan pantatnya benar-benar kering sebelum memakai popok baru.