SITE STATUS
Jumlah Member :
493.725 member
user online :
1358 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: pusar di perut bayi nyembul saat menangis

New Topic :  
08-05-2013 11:01:34 nyeri perut saat hamil
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : 1
dok,saya nufus..usia kehamilan saya 19mggu..sejak kemarin perut saya nyeri...saat duduk paling terasa nyeri d perut sebelah kiri..saat tiduran myebar dari uluhati k sekeliling perut...trakhir usg ada indikasi lilitan tali pusar di leher bayi..gmn dok?apakah nyeri perut saya hanya maag biasa atw pengaruh dr kandungan saya?pengaruh k kondisi kehamilan saya kah?
   


19-11-2015 09:27:51 Bab Bayi
Jumlah Posts : 31
Jumlah di-Like : belum ada like
@bunda che lia cari di google bun. itu pijat membentuk huruf I L U di aplikasi di perut bayi. untuk yg I dr perut sebelah kiri bayi di pijat lembut dr bawah tulang rusuk sampai samping pusar, L dr bawah rusuk kanan ke kiri dilanjut ke bawah seperti huruf i, lalu yang U dr perut kanan dipijat keatas sampe bawah tulang rusuk terus ke samping trus ke bwh. cek di google aja bun biar jelas cr kt kunci pijat i love u
   
07-10-2015 08:48:09 Kolik Infantil
Jumlah Posts : 326
Jumlah di-Like : belum ada like

Kolik infantil biasanya dimulai sekitar 2 sampai 3 minggu usia bayi anda, mencapai puncaknya pada 2 bulan.

Penyebab kolik tidak diketahui dengan pasti, beberapa teori mengatakan :

  • Kolik disebabkan belum matangnya sistem pencernaan bayi useia di bawah tiga bulan, sehingga sebagian zat makanan tidak diserap.
  • Kolik disebabkan belum matangnya sistem susunan syaraf pusat sehingga bayi merespons secara berlebihan terhadap rangsangan dari luar.
  • Kolik disebabkan alergi terhadap susu sapi.(jika anak bunda menggunakan sufor)

cara mengatasinya,tapi tiap anak tidak sama

  • Usahakan Orang tua untuk lebih tenang
  • Pastikan dulu tidak ada penyebab lain bayi menangis, misalnya lapar, haus, lelah, mengantuk, ingin dipeluk, kedinginan, kepanasan, atau nyeri.
  • Jika bayi mengkonsumsi ASI, sebaiknya Ibu bayi tidak mengkonsumsi dairy product, bawang merah, kubis, brokoli, makanan berbumbu, kafein, kacang merah dan makanan lain yang menghasilkan gas.
  • Jika bayi mendapatkan susu formula, konsultasikan dengan dokter, kemungkinan dokter akan menyarankan untuk mengganti susu dengan susu formula bebas laktosa atau rendah alergi, hindari menelan udara dari botol, jika bayi tampak kembung, sendawakan sesering mungkin.
  • Jangan memberi minum susu atau menyusui secara berlebihan.
  • Buat lingkungan bayi setenang mungkin, pencahayaan yang terang pada kamar bayi, hindarkan suara yang keras atau ribut.
  • Bungkus bayi dengan selimut, gendong serta ayun dengan perlahan.
  • Ajak bayi berjalan-jalan.
  • Mandikan bayi dengan air hangat, atau letakkan botol berisi air hangat di perut bayi, usap atau pijat perut bayi secara perlahan.
  • Beberapa bayi menyenangi suara ritmik, suara-suara tersebut bisa menenangkan bayi.
   


Jumlah Posts : 181
Jumlah di-Like : belum ada like

Bunda, pola buang air besar bayi kadangkali berubah-ubah. Untuk bayi yang baru lahir, normalnya akan buang air besar satu hari sebanyak 4 kali. Kondisi ini umumnya akan berlangsung sampai bayi usianya mencapai 7 hari.

Sementara untuk yang sudah berusia 2 tahun buang air besarnya setiap hari normalnya antara 1-2 kali. Untuk yang sudah berusia 4 tahun, pola BAB nya sama dengan orang dewasa yaitu 1 kali setiap hari.

Jika buang air besar bayi bunda teratur ini tanda baik karena berarti bayi bunda memiliki sistem tubuh yang sehat. Membuang zat sisa atau kotoran adalah salah satu kegiatan tubuh paling penting sekaligus pertanda jika sistem pencernaan bayi berfungsi dengan baik.

Tapi, jika bunda melihat adik bayi pola BAB nya dalam satu hari tidak teratur dalam satu hari jangan keburu panik, sebab usus besar bayi bunda mungkin memerlukan lebih banyak waktu untuk menyesuaikan diri.

Terkadang, buang air besar bayi bunda bisa tidak teratur disebabkan pertumbuhannya mengalami percepatan. Hal ini akan terjadi saat bayi menginjak usia 2 hingga 4 bulan. Berikut 5 cara agar buang air besar bayi lancar dan teratur :

  1. Menggerak-gerakkan kaki bayi secara perlahan

Untuk memperlancar BAB nya, bunda baringkan bayi di tempat tidur dengan nyaman. Lalu, pegang kedua pergelangan kakinya secara perlahan. Setelah itu, gerak-gerakkan secara perlahan kedua pergelangan kaki bayi seolah sedang mengayuh sepeda. Ini dilakukan untuk merangsang usus besar adik bayi sehingga membantu melepaskan gas dan kotoran yang mungkin tersendat dan terjebak dengan cepat

  2.  ASI

Salah satu manfaat memberikan ASI pada bayi adalah agar buang air besar bayi lancar. ASI mengandung kolostrum yang dapat membantu bayi buang air besar jadi lebih teratur. Hal ini tidak akan terjadi pada bayi yang hanya mengkonsumsi susu formula. Jadi, sedapat mungkin berikan ASI pada bayi untuk bantu pencernaannya berfungsi baik.

  3.  Beri pijatan di perut bayi

Secara perlahan beri pijatan pada bayi dengan minyak telon konicare yang hangat atau minyak kelapa yang sudah dihangatkan. Ini dapat membantu meringankan perut bayi agar dapat membuang kotoran lebih mudah.

  4.  Beri ramuan madu yang dicampur air hangat

Selain ASI, bunda juga dapat memberikan satu sendok madu alami yang dicampurkan pada satu gelas kecil air hangat lalu masukkan ke dalam botol susu. Selain menggunakan botol susu, bunda juga bisa berikan secara langsung melalui sendok. Ramuan madu denagn air hangat ini sudah jadi ramuan kuno yang sudah dipakai oleh orangtua sejak puluhan tahun lalu dan terbukti ampuh melancarkan buang air besar adik bayi.

  5.  Rendam menggunakan air hangat

Mandi menggunakan air hangat terbukti dapat menenangkan tubuh bayi. Rendam tubuh bayi dalam air hangat untuk meringankan perut bayi agar dapat membuang kotoran dengan lebih mudah.

Itu dia 5 cara yang bisa bunda lakukan agar buang air besar adik bayi lancar dan teratur. Mungkin bunda sudha tahu, jika 3 hari setelah bayi lahir, kotoran yang dikeluarkan oleh bayi akan berubah warna dan memiliki tekstur yang berbeda.

Warna kotoran yang semula berwarna coklat kehijauan akan berubah menjadi kekuningan. Begitu juga dengan teksturnya akan jadi lebih padat dan kasar. Hanya saja kotoran yang terlalu padat akan menyulitkan bayi untuk dikeluarkan, untuk itu lakukan 5 cara di atas.

sumber : bidanku

   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Salam Kenal Dok,
Saya baru baru melahirkan anak perempuan yang cantik :) bahagia rasanya...tetapi ada satu hal yang sata khawatirkan pada anak perempuan cantik saya,saat dia menangis ada benjolan kecil diantara kedua alis (tengah-tangah),tapi itu terjadi pada saat dia menangis,,saya mau menanyakan itu benjolan apa ya Dok ? apa berbahaya ? apa bisa hilang ? tetapi klo saya pencet pada saat menangis dia tidak berasa sakit dok,,,
memang pada saat saya melahirkan,saya disuruh menunggu dokternya padahal pembukaannya sudah lengkap dan anak sudah mengajak keluar (ditahan u/ ngeden) klo kata orang itu karena ketahan saat melahirkan dan bayi terserap air ketuban..?apakah benar dok ? dan apa yang harus saya lakukan u/ menghilangkan benjolan tersebut....

Anyway klo yang saya dengar untuk sisi ektrimnya nama penyakitnya klo gak salah meningokel..apa bener,..mohon infonya ya dok..thanx :)

Dari : humayra luvida firdaus

Jawaban:

Dear Bunda,

Selamat atas lahirnya buah hati anda. Mengenai kondisi bayi anda yang menunjukkan benjolan kecil di antara alis mata saat menangis, sebaiknya Bunda memeriksakan kepada dokter anak. Benjolan tersebut bisa mengarah pada beberapa keadaan, maka itu memerlukan pemeriksaan secara langsung. Meningocele (meningokel) adalah herniasi atau tonjolan dari lapisan meningea melalui celah pada tulang yang tidak menutup secara sempurna. Keadaan yang di alami Anak anda dapat juga di sebabkan oleh adanya tonjolan pembuluh darah atau lainnya, misalnya lapisan lemak. Agar mendapatkan jawaban yang tepat maka saran saya , periksakan Bayi anda kepada Dokter. Demikian jawaban saya semoga dapat membantu.
   


22-07-2008 13:20:48 Sering Muntah
Jumlah Posts : 918
Jumlah di-Like : 4
Hallo Bunda Nabilla.....
Sebelumnya saya pengen komen dikit soal makanan putrinya ya.... hehehehe Kalo saran saya sih lebih baik bunda memberikan makanan tambahan buatan sendiri daripada beli instant. Sudah pasti kandungan gizinya jauh lebih seimbang loh bun.... Kecuali kalo Bunda mau bawa si kecil berpergian trus gak sempet masak baru deh makanan instant bisa jadi pilihan :D
Cara bikin MP-ASI gampang banget koq.... Bahkan kalo pun Bunda udah mati gaya soal resep dsb berkaitan dengan MP-ASI, silakan Bunda Nabilla bergabung dengan MILIS MP-ASI RUMAHAN dengan klik :   http://health.groups.yahoo.com/group/mpasirumahan/join       Sekarang soal bayi sering muntah.... Ini saya comot dari milis dokter umum :   http://www.mail-archive.com/dokter_umum@yahoogroups.com/msg04309.html     BAYI MUNTAH
 Permasalahan muntah memang sering dijumpai pada bayi.secara defenisi muntah(regurgitasi) adalah pengeluaran isi lambung atau esofagus secara paksa melalui mulut.adapula yang disebut gumoh yang artinya pengeluaran sedikit sisa makanan melalui mulut.Penyebab bayi muntah bisa bermacam-macam.bayi yang mengkonsumsi susu formula biasanya lebih mudah untuk muntah dibandingakan dengan bayi yang mengkonsusmsi ASI. hal ini disebabkan karena susu formula yang bahan dasarnya susu sapi mengandung lemak yang lebih tinggi dibandingkan ASI.sehingga sulit dan lebih lama dicerna oleh bayi.alergi pada susu sapi juga bisa menyebabkan muntah pada bayi.Selain itu kelainan anatomis pada saluran pencernaan bayi juga dapat menyebabkan muntah.Hal-hal berikut ini dapat dilakukan untuk mencegah muntah pada bayi :1.       cucilah tangan anda dan sterilkan botol sebelum membuat susu untuk mencegah masuknya kuman/bakteri2.       sendawakan bayi sebelum dan sesudah minun susu,dengan cara digendong tegak lurus dan disandarkan dibahu anda.tepuk pundaknya dengan halus sampai bayi bersendawa3.       berikan susu pada bayi secukupnya dan pada waktu tepat.jangan memberikan susu saat bayi sangat lapar,karena bayi cenderung untuk minum dengan terburu-buru dan dalam jumlah banyak.jarak pemberian susu formula kurang lebih 3,5-4 jam.4.       pada waktu menyusukan bayi dengan dot.usahakan nipple dot masuk seluruhnya didalam mulut bayi dengan posisi tegak lurus dengan mulut bayi.hal ini akan mengurangi masuknya udara ke perut bayi pada saat menyusu.5.       tempatkanlah bayi di ruangan yang tengang pada saat menyusu dengan posisi berbaring menggunannakan bantal yang agak tinggi.6.       biarkan bayi berbaring kurang lebih 10 menit setelah menyusu.setelah itu disendawakan.Jika cara-cara diatas telah anda terapkan namun bayi anda masih saja muntah.anda dapat mengganti susu bayi anda dengan susu formula khusus untuk regurgitasi.namanya susu ANTI REGURGITASI. Susu ini dapat anda peroleh di APOTIK yang cukup besar. Jika bayi anda Alergi dengan susu sapi, anda bisa memberinya susu formula yang berbahan dasar SOYA. susu ini lebih mudah didapat diberbagai swalayan besar.Muntah pada bayi akan hilang dengan sendirinya dengan pertambahan usia. Karena semakin besar bayi, sphinkter gastroesophaegeal nya juga semakin kuat. Biasanya setelah usia satu tahun.       Mudah-2an ngebantu ya Bun....  Salam, Erina
   
04-07-2016 11:35:12 obat alami untuk bayi kembung
Jumlah Posts : 25
Jumlah di-Like : belum ada like
bisa juga pake bawang merah dikasi minyak putih terus dioleskan di perut bayi untuk menghangatkan ..
ato ganti dengan minyak telon agar tdk trlalu panas
   
Jumlah Posts : 14
Jumlah di-Like : belum ada like
Maaf saya nanya krn sbntr lagi melahirkan.
dan saya blm dapat ilmu ttg bayi.
bagaimana merawat bayi saat lahir?
bagaimana memandikan bayi dgn bnr?.
bagaimana cara merawat bayi pada saat menangis(bangun haus lapar kaget dan saat puk)?

Cuci Pakaian Bayi baru beli , apa perlu dicuci kembali atau tdk? dan cuci perlengkapan pakaian bayi dan perlengkapan makan pakai sabun detergen biasa atau sabun detergen khusus bayi?
   
15-09-2014 19:55:57 popnya berlendir dan berbusap
Jumlah Posts : 49
Jumlah di-Like : belum ada like
kalau boleh share, pup yang berlendir itu karena produksi air liur bayi berlebih bunda, tidak apa2 asalkan tekstur dan warna bayi masih normal (kuning dan berampas). kalau perut keroncongan dan sering kembung itu karena banyak angin yg kejebak di perut bayi bunda, usahakan menyusui maksimal 30 menit, beri jeda bila dede bayi masih mau menyusui, jangan lupa disendawakan dan baringkan dede bayi menggunakan bantal dewasa selama 1 jam setelah menyusui supaya susunya turun ke perut (dibantu gravitasi) dan mencegah gumoh. semoga membantu ya bunda :)
   
15-09-2014 17:18:42 Nyut"an di kehamilan 6w
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
Hai bunda, apa ada ек?? sering seperti nyut"an di perut sebelah kiri saat kehamilan 7w.. share ya..
   
27-05-2014 21:00:25 sakit di bag. perut bawah
Jumlah Posts : 25
Jumlah di-Like : belum ada like
selamat mlam bu bidan .. saya mau tanya neh.
saat ini kandungan saya sudah berjalan 23 minggu,,sdah beberapa hri ini saya merasakan sakit di perut bag.bawah saat sya buang air kecil. itu di karenakan apa ya bidan dan bahaya kah untuk perrumbuhan janin saya . lalu apa yanh harus saya lakukan ? terimakasih
   
16-10-2013 20:27:40 sakit pinggang
Jumlah Posts : 12
Jumlah di-Like : belum ada like
ad yg pernah kram di perut g ya saat tdr...aq brap kali klo tdr suka kram d perut
   
25-07-2011 10:12:43 cairan perut bayi
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
Mo tanya, mungkin pernah mendengar/mengalami kondisi kehamilan 6 bulan pas di UGS ada cairan di perut bayi .... gmn cara mengatasinya?
   
21-05-2011 11:41:47 Kram perut saat hamil
Jumlah Posts : 22
Jumlah di-Like : belum ada like
Dear all bunda

ad yg ngerasain kaya aq g, kram perut di perut sebelah kanan,saat ini aq lg hamil 26w,semalam sampe2 ga bs tdur,rasanya nyeri gitu dech,normal ga yach??
   
Jumlah Posts : 583
Jumlah di-Like : 5
Bunda UCHiE : happy pregnant ya ... Hbs itu buat adik lagi, kan baru 16 cucu bun, biar komplit tim sepak bolax jadi 22. Hehehe ... Maaf, becanda. Di jaga baik2 ya bun .. Mari kita ramaikan dunia anak Indonesia. Okeh ? Bunda SOFFA : hahaha ... Enak sih enak !! Tp aku yg tersiksa selama hamil, kebayang ga, kl makan yg di rasa pengen tambah terus kl udh hidangan indonesia looohh ... Susah nyari sayur2n di resto, kagak ade yg jual susu hamil,udh gitu USG kudu nunggu 3 bln booo ... Ooohh ! Nooo ... Tp ga papa lah, semuax itu ku bw enjoy aje !! ... Iya toh ? :D Bunda VALEN : oh ya, aku jg wkt ke dokter kandungan jarix masuk ke miss V, trs tangan 1x nekanin perut, ditny sakit ga ? ... Aku jwb ... Nggak !! aneh ya? Pdhl kl mau di blg kansaat itu sering sakit di perut bgian bwh. Saat di tekan sm dokterx aku ga ada ngerasain skt tuh. Trus,dokterx blg. Tunggu masuk ke bln yg ke-3 ya baru USG. (Berarti sih, kehamilanx normal2 saja!...) PS : sorry bun, blm semua aku jwb, soalx ngantuk dan capek berat! Dan kompi lg di pake suami ngegames, paksa deh ol dr Hp. Ok deh para bunda semua ... Selamat menikmati kehamilan kita masing2 ya, smga semua keluar menjadi pemenang ! ... (Menang krn bs smpe melahirkan) *conny*