SITE STATUS
Jumlah Member :
493.665 member
user online :
1579 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: proses persalinan itu yang bikin sakit a

New Topic :  
Jumlah Posts : 159
Jumlah di-Like : 3
Alo BUnda2... sepengetahuan saya sih, rumput fatima itu dicelup ke air dan diminum air rendamannya setelah kita ada kontraksi.saya sendiri juga minum rumpur fatima ketika pembukaan 3. klo bisa sih rumputnya direndam di tempat yg agak besar supaya proses mengembangnya sempurna... saya juga sulit pembukaan waktu itu, cuma ya cepatnya persalinan kan tergantung kondisi ibu juga klo karena bantuan juga rumput fatima..wallahu alam... ini ada artikel ttg rumput fatima" Rumput Fatimah Perlancar Kontraksi Kandungan Balikpapan, Tribun - Kesulitan melahirkan sering dialami ibu hamil yang tengah menjalani proses persalinan. Hal itu lah yang membuat banyak wanita hamil menempuh jalan caesar untuk memperlancar persalinan. Padahal kelancaran proses persalinan itu dapat ditempuh dengan cukup istirahat dan perbanyak makan vitamin. Ketua Perkumpulan Perinatologi Indonesia (Perinasia) Dr Trijatmo Rachimhadhi SpOG mengatakan, banyak faktor yang mempersulit ibu hamil melahirkan anak. Antara lain stamina fisik Ibu hamil yang tidak memungkinkan kontraksi kandungan ketika melahirkan anak. Hambatan persalinan lain juga dipicu oleh posisi kandungan sunsang dimana posisi bayi melintang yang menyulitkan persalinan. “Banyak faktor yang memperlancar persalinan antara lain berat kandungan dan kebugaran ibu. Secara umum vitamin dan banyak istirahat meningkatkan kondisi kesehatan dan kebugaran ibu. Sehingga lebih segar. Posisi bayi dan besar bayi lahir menentukan kelancaran bayi,” ujarnya saat ditemui pada pelatihan resusitasi neonatus di AUla Sakura Rumah Sakit Umum Dr Kanujoso Djatiwibowo, Minggu (22/7). Kecukupan vitamin itu didapatkan dari mengkonsumsi obat bervitamin dan memakan makanan nutrisi tinggi. Berbagai jenis makanan memiliki kandungan vitamin A,B,C,D dan mineral lain merupakan zat yang dibutuhkan tubuh khususnya Ibu hamil menjelang melahirkan. Vitamin itu membantu fungsi organ tubuh menjadi lebih sehat dan fit. Kandungan gizi dalam tubuh ibu hamil akan mempercepat kontraksi otot kandungan. Dorongan rahim waktu mengeluarkan bayi menentukan kelancaran proses persalinan. Semakin bugar stamina ibu hamil akan membawa pada fungsi organ tubuh yang optimal yang berpengaruh pada waktu yang dibutuhkan saat melahirkan. Seiring perkembangan ramuan obat-obatan, lanjut Trijatmo, ada beberapa obat yang diyakini memperlancar proses kontraksi kandungan ketika kelahiran. “Salah satunya diantaranya Rumput Fatima dari Arab. Rumput atau akar fatima kalau orang mau melahirkan di celup ke air dan diminum itu bisa membantu. Intinya ada zat yang membantu mulesnya. (persalinan-red)” ujarnya. Pemeriksaan kehamilan dengan berkonsultasi pada dokter turut membantu kelancaran persalinan. Dari konsultasi secara berkala selama masa kehamilan akan diketahui kondisi janin dalam kandungan dan persiapan yang perlu dilakukan ibu hamil menjelang melahirkan. Supaya ibu hamil dan anak yang dikandungnya dapat lahir sehat dan normal.(rid)
   


23-12-2008 13:40:34 bayi sungsang
Jumlah Posts : 198
Jumlah di-Like : 10

MEMUTAR JANIN SUNGSANG

Memutar posisi janin atau versi luar, tak bisa sembarangan. Harus dilihat dulu penyebabnya dan dilakukan oleh ahlinya.

Harusnya, pada usia kehamilan di atas 8 bulan, kepala janin berada di bawah dan bokongnya di atas. Hingga, saat persalinan nanti, pengeluaran bayi jadi lebih mudah dilakukan. Akan tetapi, pada kenyataannya tak selalu posisi demikian yang diperoleh ibu hamil. Banyak pula yang mengalami kelainan posisi janin berupa letak sungsang atau letak lintang.

Tentunya, kelainan-kelainan tersebut harus diatasi sejak mulai terdeteksi. Menurut dr. Dwiana Ocvianti SpOG. dari RS Siaga Raya, Jakarta, deteksi bisa saja datang dari si ibu. Misal, pada janin sungsang, yaitu bila posisi janin memanjang sejajar sumbu panjang rahim, dengan bokong janin berada di bagian terendah, "Ibu dapat merasakan dari tendangan si janin yang lebih banyak geraknya ke bawah."

Gerakan di bawah adalah gerakan yang didominasi oleh kaki. Dengan demikian berarti kepala dan tangannya berada di atas. Padahal normalnya, setelah usia kehamilan 7-8 bulan, ibu akan merasakan gerakan janin lebih banyak di atas pusar. Ciri lain: bagian yang keras (kepala janin) mendesak tulang iga ibu hingga menimbulkan rahim sesak atau tertekan.

Ada pula gerakan janin yang mendominasi di perut sebelah kiri atau kanan. Jika ini terjadi, kemungkinannya adalah letak janin melintang. Posisi-posisi ini jelas tak seharusnya dan ibu harus segera minta kepada dokter ahli untuk mengubahnya. "Tapi ingat, penanganan harus dilakukan oleh dokter atau bidan yang benar-benar ahli. Karena tidak sembarangan kita boleh memutar-mutar janin."

Memang, aku Dwiana, ada ibu yang tak dapat mendeteksi sendiri kelainan posisi janinnya. Dia pun tak dapat mengungkapkan secara spesifik mengenai pergerakan janin hingga perlu pemeriksaan ahlinya. "Dokter atau bidan yang terlatih biasanya hanya melakukan perabaan di perut ibu. Dari perabaan itu dapat dirasakan di mana posisi kepala dan di mana posisi bokong."

Namun, pemeriksaan seperti ini sulit dilakukan terhadap ibu yang bertubuh gemuk karena rahimnya terhalang oleh lemak. Bila dokter tak yakin dengan perabaannya, akan dilakukan pemeriksaan dengan ultrasonografi.

PENYEBAB

Letak sungsang ada beberapa variasi; dari letak bokong dengan kedua tungkai kakinya ke atas dan bokong di posisi yang terendah, letak sungsang sempurna di mana kedua kaki ada di samping bokong, dan letak sungsang tak sempurna di mana selain bokong ada bagian tubuh lain seperti kaki atau lutut berada paling bawah. Pada letak sungsang tak sempurna, biasanya satu kaki menjulur ke bawah hingga ke jalan rahim.

Adapun penyebab kelainan posisi pada janin, terang Dwiana, dari si janin sendiri. "Tak ada pengaruh antara ibu yang beraktivitas tinggi, ibu yang memiliki penyakit kronis, atau ibu yang mengkonsumsi narkoba dengan kelainan posisi janin."

Dalam hal letak sungsang bisa disebabkan bayinya yang terlalu besar. "Bila tubuh bayi terlalu besar, maka kepalanya tak bisa berputar ke bawah karena tak bisa masuk ke atas panggul." Namun, kenapa si bayi terlalu besar, bisa disebabkan ibunya yang kebanyakan makan. Akibatnya, si ibu kegemukan, begitupun bayinya. "Karena itulah, ibu hamil kalau datang periksa, berat badannya ditimbang. Kalau berat badannya terlalu gemuk akan dinasihati untuk tak menambah berat badannya karena bayinya nanti terlalu besar."

Letak sungsang juga bisa terjadi saat hamil muda, di mana ukuran bayi masih kecil sementara ruangan rahim relatif luas, kepala janin akan terputar ke atas. Juga, terjadi pada ibu yang sering mengalami persalinan. Pada ibu yang sering bersalin ini, otot rahim akan molor dan ruangan rahim pada kehamilan berikutnya jadi lebih luas. Bila risiko ini ditambah lilitan tali pusat, dapat dipastikan janin akan sungsang. Lilitan tali pusat pada tubuhnya membuat dia tetap di posisi semula, kepala di atas dan bokong di bawah. "Janin yang tak bisa memutar secara alamiah ini akan sungsang hingga melahirkan nanti."

Selain itu, sungsang juga disebabkan letak plasenta di bawah hingga kepala tak bisa turun. Sekalipun janin bisa berputar, kepala akan turun setengah hingga posisinya kadang jadi melintang. Ciri-ciri janin melintang. Tubuh akan membesar ke samping dan bagian tengah terasa kosong. Posisi ini bahkan lebih berbahaya daripada sungsang. Dalam persalinan lintang dikhawatirkan, "Selain bayinya meninggal, ibunya juga. Karena kalau bayi itu melintang, dia tak bisa lahir, padahal kontraksi rahim begitu kuat. Dengan demikian, rahim bisa pecah, yang disebut ruptura uteri," jelas Dwiana.

Hal lain yang dapat menyebabkan sungsang adalah terdapat kecacatan pada bayi. Misal, yang kepalanya besar (hidrosefalus) atau kepalanya tak ada tulang tengkorak. Kelainan-kelainan dengan bagian tubuh membesar dapat pula terjadi pada organ tubuh lain, seperti bahu, perut, dan bokong.

TAK BOLEH SEMBARANGAN

Tentunya, untuk melakukan tindakan terhadap bayi sungsang harus dilihat dulu penyebabnya. Sebab, untuk melakukan pemutaran tak boleh sembarangan. Jadi, tidak asal memutar. "Bahaya sekali melakukan tindakan pemutaran kalau kita tak tahu persis apa penyebab bayi itu menjadi sungsang," ungkap Dwiana.

Larangan pun berlaku bagi dokter atau bidan yang tak terampil melakukan pemutaran. "Yang melakukannya harus dokter atau bidan terlatih." Sebab, kalau penyebab janin sungsang adalah lilitan tali pusat, tindakan memperbaiki akan menyebabkan bayinya malah tambah terjerat. Dalam kondisi seperti ini, kepala bayi tak akan bisa turun. Seandainya dipaksakan pun, bayi akan makin terjerat. "Biasanya dokter atau bidan akan membiarkannya dalam posisi seperti ini. Kemungkinannya, persalinan dilakukan dengan jalan bedah sesar."

Dwiana lantas menggambarkan cara memutar bayi sungsang dengan tangan yang dikenal dengan versi luar. Pertama-tama, si ibu dalam posisi terlentang, kondisi relaks, dan belum ada kontraksi. "Bila sudah terjadi kontraksi, maka pemutaran tak dapat dilakukan karena rahim sudah tak relaks lagi dan ibu sudah siap melakukan persalinan."

Kemudian, "Perlahan-lahan bayi kita geser dengan tangan dari luar." Pemutaran bayi boleh diteruskan bila tak terasa sakit. Bila terasa sakit, pemutaran harus dihentikan untuk mencegah terjadi luka di rahim, misal, plasenta putus atau rahim robek. "Biasanya, pemutaran dilakukan antara 10 sampai 15 menit dalam satu kali pemutaran." Pemutaran tak dapat dilakukan setahap demi setahap. Misal, hari ini bayi diputar setengah kemudian besok setengahnya lagi.

Bagaimana dengan pengurutan? Dwiana dengan tegas melarang, "Sebaiknya jangan melakukan urut-mengurut. Ibu tak diperkenankan melakukan pemijatan di daerah perut apalagi rahim." Meskipun pengurutan dilakukan ahlinya, tetap dilarang. Apalagi bila ahli itu tak mengerti medis.

BAYI SUNGSANG HARUSKAH DILAHIRKAN SESAR?

Asalkan usia kehamilan masih di bawah 32 minggu, posisi sungsang masih dapat diperbaiki.

Dokter menyatakan janin Anda sungsang? Itu berarti, si janin dalam posisi memanjang dengan kepala di bagian atas rahim (fundus uteri) dan bokongnya ada di bagian bawah. Umumnya pada kehamilan trimester kedua, posisi sungsang sudah dapat dideteksi. Kandungan terasa penuh di bagian atas dengan gerakan janin terasa lebih banyak di bagian bawah. Ibu yang sudah pernah hamil sebelumnya akan merasa kehamilan sekarang terasa berbeda. Namun untuk memastikan, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan.

Untuk langkah awal, lakukanlah pemeriksaan luar. Caranya dengan meraba bagian bawah rahim. Apakah ada bagian yang keras dan bulat menyerupai kepala di situ? Bila tidak ada, maka kemungkinan posisi janin sungsang. Jangan keliru dengan bagian bokong yang juga terasa berbentuk bulat. Cara membedakan kepala dan bokong adalah dengan menggerak-gerakkan bagian tersebut secara perlahan. Jika tak mau bergerak atau terasa sulit sekali bergerak, dapat dipastikan itu adalah bokong. Kepala lebih mudah digerakkan daripada bokong.

Selanjutnya, cobalah raba bagian atas rahim. Andaikan posisi janin memang sungsang, maka akan teraba kepalanya pada bagian ini. Denyut jantung janin pun akan teraba di posisi setinggi atau sedikit lebih tinggi daripada pusar ibu. Bila masih ragu, lakukan pemeriksaan dalam atau dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG).

PENCETUS SUNGSANG

Letak janin bergantung pada proses adaptasinya di dalam rahim. Jadi, tak perlu keburu khawatir jika posisi sungsang terjadi di bawah usia kehamilan 32 minggu. Pada usia kehamilan ini, jumlah air ketuban relatif lebih banyak sehingga janin masih dapat bergerak bebas. Dari yang posisinya sungsang lantas berputar menjadi melintang lalu berputar lagi sehingga posisi kepala di bagian bawah rahim. Jangan heran kalau pada kehamilan belum cukup bulan, frekuensi letak sungsang menjadi lebih tinggi.

Memasuki usia kehamilan 37 minggu ke atas, posisi sungsang sudah sulit untuk berubah karena bagian terendah janin sudah masuk ke pintu atas panggul. Namun semestinya di trimester ketiga, bokong janin dengan tungkai terlipatyang ukurannya lebih besar daripada kepala akan menempati ruangan yang lebih besar yakni di bagian atas rahim. Sedangkan kepala berada dalam ruangan yang lebih kecil, di segmen bawah rahim. Masalahnya, mengapa posisi sungsang masih dapat terjadi hingga usia kehamilan cukup bulan?

Multiparitas

Ibu telah melahirkan banyak anak sehingga rahimnya sudah sangat elastis dan membuat janin berpeluang besar untuk berputar hingga minggu ke-37 dan seterusnya.

Hamil kembar

Adanya lebih dari satu janin dalam rahim menyebabkan terjadinya perebutan tempat. Setiap janin berusaha mencari tempat yang lebih nyaman, sehingga ada kemungkinan bagian tubuh yang lebih besar (yakni bokong janin) berada di bagian bawah rahim.

Hidramnion (kembar air)

Jumlah air ketuban yang melebihi normal menyebabkan janin lebih leluasa bergerak walau sudah memasuki trimester ketiga.

Hidrosefalus

Besarnya ukuran kepala akibat kelebihan cairan (hidrosefalus) membuat janin mencari tempat yang lebih luas, yakni di bagian atas rahim.

Plasenta previa

Adanya plasenta yang menutupi jalan lahir dapat mengurangi luas ruangan dalam rahim. Akibatnya, janin berusaha mencari tempat yang lebih luas yakni di bagian atas rahim.

Panggul sempit

Sempitnya ruang panggul mendorong janin mengubah posisinya menjadi sungsang.

Kelainan bawaan

Jika bagian bawah rahim lebih besar daripada bagian atasnya, maka janin cenderung mengubah posisinya menjadi sungsang.

4 POSISI SUNGSANG

Presentasi bokong

Pada pemeriksaan dalam yang dapat teraba hanya bokong bayi saja. Terjadi karena janin meluruskan (ekstensi) kedua sendi lututnya, sehingga kedua kaki mengarah ke atas dan kedua ujungnya sejajar dengan bahu atau kepala.

Presentasi bokong kaki sempurna

Kala pemeriksaan dalam dilakukan, bokong dan kedua kaki dapat teraba.

Presentasi bokong kaki tidak sempurna

Bagian bokong teraba dengan satu kaki di sampingnya, sedangkan kaki yang lain terangkat ke atas.

Presentasi kaki

Yang teraba lebih dulu adalah salah satu atau kedua kaki karena posisi kaki berada di bagian paling rendah.

MENGUBAH POSISI SUNGSANG

Cara termudah dan teraman untuk mengubah posisi janin sungsang adalah dengan bersujud (knee chest position) secara rutin setiap hari sebanyak 2 kali sehari, misalnya pagi dan sore. Masing-masing selama 10 menit. Biasanya bayi akan berputar dan posisinya kembali normal, yaitu kepala berada di sebelah bawah rahim. Pada saat kontrol kandungan, mintalah bidan atau dokter memeriksa posisi janin. Jika belum berhasil, maka ulangi latihan setiap hari. Namun, latihan ini hanya efektif jika usia kehamilan maksimal 35­36 minggu.

Cara lain yakni dengan memutar posisi janin dari luar. Tentu tindakan ini hanya boleh dilakukan oleh ahli dan tidak semua dokter kandungan mahir melakukannya. Tindakan yang dikenal dengan nama versi luar ini berisiko. Bila tali pusat terlalu panjang dapat me-lilit. Sedangkan jika tali pusat pendek, plasenta bisa lepas akibat tarikan. Lantaran itu, tindakan versi luar saat ini jarang dipraktikkan.

SAAT PERSALINAN

Posisi janin sungsang tentunya dapat memengaruhi proses persalinan. Jika yang terjadi adalah presentasi bokong murni, maka persalinan normal masih relatif mudah dilakukan. Namun, ini pun hanya berlaku bagi ibu yang sudah memiliki pengalaman melahirkan per vaginam. Sedangkan jika yang terjadi adalah presentasi kaki, pada saat ketuban pecah spontan mungkin saja tali pusat ikut keluar (prolapsus tali pusat). Jika tidak segera dilakukan persalinan, janin mungkin tidak terselamatkan. Untuk mencegahnya, persalinan dapat dilakukan dengan cara sesar.

Proses persalinan yang salah jelas dapat menimbulkan risiko, seperti janin mengalami pundak patah atau saraf di bagian pundak tertarik (akibat salah posisi saat menarik bagian tangannya ke luar), perdarahan otak (akibat kepalanya terjepit dalam waktu yang lama), patah paha (akibat salah saat menarik paha ke luar), dan lain-lain. Untuk itu biasanya dokter menggunakan partograf, alat untuk memantau kemajuan persalinan. Jika persalinan dinilai berjalan lambat, maka harus segera dilakukan operasi (seksiosesaria).

Untuk ibu yang baru pertama kali hamil atau terdapat faktor penyulit pada kehamilan seperti ketuban pecah dini atau janin besar (di atas 3,5 kg) maka persalinan sesar merupakan jalan terbaik. Dalam hal ini, serahkan keputusan terbaik kepada dokter yang menangani.

   
29-06-2015 10:09:14 menghadapi prsalinan
Jumlah Posts : 363
Jumlah di-Like : belum ada like
santai aja bunda,dibawa rileks jngan dampai stres,stres bisa2 akan berpengaruh jga kejanin kita..sbenarnya apa yang dikatakan orang2 tentang berbagai hal itu hanya bisa menakut nakuti kita,jdi sudah jngan didngar bunda...akan tetapi semua dibantahkan karna proses persalinan itu sangatlah luar biasa..rasanya begitu nikmat bunda.dan ketika ddnya dah diluar rasax sperti tak terjadi apa2...yang susah sih sbenarnya ketika ddnya dah diluar..tapi itulah kodrat seorng perempuan..
   


Jumlah Posts : 27
Jumlah di-Like : belum ada like
Hi Bun Hendyar...
Mu ikutan share neeh.. klo yang aq tahu siih buah anggur itu banyak banget khasiatnya... apalagi anggur segar.. klo minuman anggur kan jelas beda banget byn, itu kan udah melalui proses fermentasi dsb.. proses fermentasinya itu yg bikin berbahaya untuk ibu hamil.. tapi wine / minuman anggur jg termasuk bagus koq buat dikonsumsi org2 yg ga hamil (asal jgn kebanyakan ajah konsumsinya.. hehehehe)

Aq ada link niih buat referensi bunda... mudah2an bermanfaat,,,

http://mediapenunjangmedis.dikirismanto.com/khasiat-buah-anggur.html

Happy pregnant..
   
Jumlah Posts : 13
Jumlah di-Like : belum ada like

Bunda, ada yang tau ttg ini gak? mohon infonya ya..


Persalinan Nyaman Dengan ILA (www.rsiatambak.com)

Salah satu kecemasan para ibu menjelang persalinan adalah menghadapi rasa nyeri. Apalagi bagi calon ibu yang belum pernah melahirkan sebelumnya. Jika hal tersebut dibiarkan, maka akan mengakibatkan konsentrasi calon ibu selama proses persalinan akan terganggu. Nyeri persalinan sebenarnya adalah suatu hal yang normal, yaitu timbul akibat kontraksi rahim pada proses pembukaan jalan lahir. Tetapi tanggapan terhadap rasa nyeri pada setiap orang berbeda. Bagi yang sangat sensitif, nyeri persalinan akan sangat berpengaruh sekali, sehingga bisa berakibat mengganggu proses persalinan itu sendiri. Berkat kemajuan tehnologi di bidang kedokteran, kini bagi calon ibu yang tidak sanggup menahan rasa nyeri selama persalinan norma!, dapat menggunakann teknik Intrathecal Labor Analgesia (1 LA).

Apakah metode Intrathecal Labor Analgesia (ILA) ?
Tehnik ILA telah dikembangkan di Amerika sejak awal tahun 1990. Metode ILA adalah dengan menyuntikan obat penghilang nyeri ke urat syaraf di tulang belakang bagian bawah, sehingga mampu menghilangkan rasa nyeri. Obat ini hanya bekerja pada syaraf, sehingga tidak terserap pembuluh darah dan tidak masuk ke tubuh bayi. ILA tidak mengurangi kemampuan ibu mengedan, justru memberikan rasa nyaman pada saat mengedan, karena tidak disertai rasa nyeri. Persalinan ILA dilakukan oleh dokter Spesialis  Kebidanan bersama Anestesiologi. Pemberian obat penghilang nyeri dilakukan pada persalinan tahap bukaan 4, dimana rahim berkontraksi secara intens dan sering, dan rasa nyeri mulai meningkat. Setelah obat disuntikan, ibu tetap sadar dan pada  sebagian besar ibu pada umumnya mengalami perbaikan pola kontraksi. Selebihnya  persalinan berjalan seperti persalinan normal biasa, dan hilangnya rasa nyeri  bertahan selama kurang lebih 12 jam.

Apakah efek samping dari ILA ?
Efek samping dari persalinan dengan metode ILA yang mungkin terjadi seperti mual, muntah, penurunan tekanan darah, serta gatal-gatal ringan. Untuk itu Dokter  Spesialis Kebidanan dan Anestesiologi akan membantu mengatasi efek tersebut. Bagi ibu yang tertarik mencoba metode ini, disarankan untuk berkonsultasi terlebih
dahulu dengan Dokter Spesialis Kebidanan.
   


31-03-2010 08:44:16 Kehamilan tua kok masih ....
Jumlah Posts : 144
Jumlah di-Like : 10
@ bunda rinree

bunda, jangan sedih yach...dibilang seperti itu...kasian dede yang ada di perut bunda..dia akan merasakan apa yang bunda rasakan.

bunda, jangan dengerkan kata temen2 bunda...klo dokter bilang kenaikan berat badan bunda normal..bunda gak perlu mikirin.

pengalaman saya dulu waktu hamil...sampai melahirkan (40 Minggu 5 hari) berat badan saya hanya naik 13 kg (dari 62 kg ke 75 kg)....saya sempet binggung dan saya coba tanya ke DSPOG saya...dokter saya bilang....itu berat normal kenaikannya..(10 kg - 15 kg)...dan juga saya jangan mikirin kenaikan berat badan saya tapi harus mikirin berat badan si bayi dalam perut..klo beratnya nambah terus dan normal...berat badan ibu gak naik juga gak apa2....(kata2 dokter saya itu yang bikin saya tenang.)...maaf bunda..tiu pengalaman saya.

dari pada bunda mikirin kata temen2 bunda..lebih baik bunda mempersiapkan diri utnuk lahiran nanti...bunda juga jangan sedih,stress, or yang lainnya yang mengganggu pikiran bunda....krn semua itu bisa menghambat persalinan bunda nanti.

semoga lancar sampai persalinan nanti..bunda dan bayinya sehat..amin
   
27-02-2010 19:13:21 ibu bermata minus
Jumlah Posts : 13
Jumlah di-Like : belum ada like
 saya baru saja ke dokter di rumah sakit cinere. saya menanyakan mengenai pengaruh mata minus saya terhadap bayi saya.
dokternya menganjurkan untuk diperiksa matanya di dokter mata. minus 5 lebih bisa bahaya apabila ibu melahirkan pas ngeden.katanya bisa terjadi ibunya buta...

wow..gak disangka cuma hal minus bisa membuat seperti itu. yang bikin saya deg2an, saya minusnya sudah 4, entah sekarang berapa, sudah 2tahunan tidak periksa...waduuhh...tapi aku bawa santai aja, kalau dipikirin malah bikin stress hehehe..

gimana dengan bunda2 yang lain?apakah diantara bunda bunda disini mempunyai pengetahuan mengenai masalah ini? kalau ada, mohon dishare ya... trims
   
Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like
salam kenal bunda semua,,,,,

menurut saya selama kehamilan kita normal, letak janin bagus, tidak punya riwayat penyakit yang dapat mempengaruhi kehamilan, lebih baik melakukan persalinan di bidan.

kenapa di Bidan???
kehamilan adalah proses yang alamiah, maka dalam proses persalinan itu merupakan proses yang alamiah juga,,, jadi jangan takut untuk melahirkan di bidan selama pada saat proses kahamilan kita rutin malakukan pemeriksaan baik pada dokter kandungan ataupun pada bidan pada hakekatnya insyaallah semua sama saja. sehingga kalaupun ada kelainan yang dapat di deteksi selama kehamilan baik bidan maupun dokter dapat memperhitungkan tindakan selanjutnya, karna bidan dan dokter kandungan juga melakukan kolaborasi bersama.

selain itu di dalam Standar Asuhan Kebidanan ada yang namanya Asuhan Persalinan Normal ( APN ) nah itu adalah proses / cara dalam membatu proses kelahiran yang normal ditambah dengan IMD ( Inisiasi Menyusu Dini)  mungkin bunda2 semua sudah tau seberapa penting dan hebatnya IMD tersebut pada perkembangan Bayi yang dilahirkan,,,, selain itu juga untuk saat ini bidan Punya Standar Pelayanan Kesehatan yaitu Asuhan sayang ibu dan bayi jadi sebisa mungkin seorang bidan dalam melakukan proses persalinan tidak melakukan terlalu banyak intervensi selama semuanya berjalan baik2 saja. sehingga mewajibkan bagi seorang bidan untuk lebih sabar dalam membantu proses kelahiran sebagai contohnya mungkin jaman dulu hampir setiap ibu yang bersalin selalu dilakukan episiotomi ( menggunting jalan lahir) untuk mempercepat proses kelahiran nah untuk saat ini karna ada Asuhan Sayang ibu dan Bayi maka untuk proses persalinan tidak boleh dilakukan pengguntingan jalan lahir tampa indikasi,,, jadi semuanya dilakukan senormal mungkin dan sealami mungkin sehingga baik ibu maupun janin yang dikandung akan merasa lebih nyaman baik secara psikis maupun fisik,,, karna selain itu keluarga juga diperbolehkan untuk menemani ibu bersalin pada saat proses bersalin knpa??? itu semeua untuk memberikan dukungan psikologis untuk sang ibu sehingga ibu tidak merasa sendirian dalam menjalani proses bersalin....
 
itu tadi sedikit paparan kalo bunda semua melahirkan di bidan insyaallah bisa bermanfaat sebagai bahan refernsi untuk bunda semua jadi untuk bunda2 semua,,,

good luck ya,,, smoga persalinananya lancar semu salam kenal sylva.midwifery
   
02-07-2016 21:45:58 mo tanya dong......
Jumlah Posts : 2504
Jumlah di-Like : belum ada like
makan daging merah sama susu hamilnya bun ga harus sumil sih uht juga boleh kok. ice cream juga bisa membantu naikin bbj. dokterku ngomong waktu itu yang bikin cepet naik bbjnya itu nasi putih bun karena kadar gulanya tinggi. aku selama hamil sih doyan ngemil ice cream kalo susu kadang" aja kalo lagi pengen.
   
Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like
share ya bun.. wkt ak Hamil usia 4 n 7 bln ak perawatan peeling.. tp Puji Tuhan baby nya skrg udah usia 3 bln normal n sehat".. wkt itu ak takut jg buat perawatan, info aja ke dokter kulitnya klo kita lagi Hamil minta jgn pake zat yg bahaya buat bumil.. wkt itu ak pengen nya facial aja tp dokter bilang proses facial itu lama n sakit takutnya bumil ga nyaman trs di anjurin peeling dg obat yg aman.. ??
   
17-08-2015 07:17:26 luka jahitan lumz sembuh
Jumlah Posts : 561
Jumlah di-Like : belum ada like
bawa kedokternya aja bund...klo kata dokterku itu...yng bikin sakit itu dipikiran kita...soalnya pas kontrol 10 hari diobok2(maap) udah gk sakit...
   
Jumlah Posts : 42
Jumlah di-Like : belum ada like
mau tanya dong bunda yang hpl november apakah msh ada yg mual kaya saya.. cz saya selalu berdahak itu yang bikin mual
   
19-05-2015 22:33:51 sakit perut bawah kanan.
Jumlah Posts : 67
Jumlah di-Like : belum ada like
malam.
saya sedang hamil uk 23week. cuma udah 2hari ini kok perut sakit bgt. apalagi kalo buat jalan. sebelumnya aku angkat2 barang sekitar 3kg. apa itu yg bikin sakit perut bun? takut dedenya kenapa2. mohon responnya ya. ini kehamilan pertama saya.
terimakasih.
   
19-05-2015 22:33:39 sakit perut bawah kanan.
Jumlah Posts : 67
Jumlah di-Like : belum ada like
malam.
saya sedang hamil uk 23week. cuma udah 2hari ini kok perut sakit bgt. apalagi kalo buat jalan. sebelumnya aku angkat2 barang sekitar 3kg. apa itu yg bikin sakit perut bun? takut dedenya kenapa2. mohon responnya ya. ini kehamilan pertama saya.
terimakasih.
   
22-04-2015 06:23:07 UK 37weeks
Jumlah Posts : 591
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda anggie: iya bund aq dh lakuin itu smua, tp cuma bkin perut knceng.. klo abz HB perut q mmg nyeri sprti mau haid, tp abz itu hilang lg sakit.a -.-