SITE STATUS
Jumlah Member :
493.762 member
user online :
1460 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: program hamil 4 bulan sebelum melakukan karena jauh dari suami

New Topic :  
10-05-2011 08:12:40 pengen hamil
Jumlah Posts : 268
Jumlah di-Like : 3
pak kanehiro,,,
kalo menurut saya ga masalah kok,,, kalo minum susu prenagen esensis ,,, malah lebih baik,,, tetapi harus juga mencukupi gizi agar nutrisi yang diperlukan terpenuhi...
karena dari beberapa sumber yang saya baca,, seorang wanita yang ingin hamil harus mempersiapkan fisik minimal 3-4 bulan sebelum kehamilan,,,, karenanya harus mengkonsumsi asam folat dan makanan yang mengandung asam folat,, agar saat kehamilan tidak terjadi kecacatan pada janin,,,,
susu prenagen esensis atau apapun susu ibu hamil,, itu mengandung asam folat yang baik untuk kehamilan,,,
jadi menurut saya diteruskan saja,,,, semoga berhasil yach untuk program nya,,,
semangat!!!!
   


Jumlah Posts : 105
Jumlah di-Like : belum ada like
habis browsing nemu ini bun terus aku share deh
semoga bermanfaat ya bund<<
10 Jurus Cepat Hamil Proses kehamilan melibatkan sejumlah faktor: usia, keturunan, anatomi organ tubuh, kondisi kesehatan fisik dan mental, serta waktu yang tepat. Sejumlah kiat berikut diharapkan membantu mewujudkan keinginan Anda dan pasangan untuk cepat-cepat punya momongan. Selamat mencoba!
  1. Pola makan harus sehat. Dari lahan yang baik akan dihasilkan hasil panen yang baik pula. Tingkatkan konsumsi sayuran, buah-buahan, dan air putih untuk kelancaran proses metabolisma tubuh Anda. Bila perlu, konsumsi suplemen, misalnya 0,4 mg setiap hari selama 3-4 bulan sebelum hamil, akan menurunkan risiko janin menderita gangguan tabung saraf, misalnya spina bifida sebesar 70%. Pola makan sehat dan bergizi seimbang juga membantu Anda menjaga berat badan tetap dalam kisaran normal.
  2. Tinggalkan  kebiasaan buruk. Tubuh Anda juga harus bebas dari berbagai senyawa kimia yang dapat mengganggu proses pembuahan sel telur oleh sel sperma, dan proses tumbuh kembang janin kelak. Tinggalkan rokok dan minuman beralkohol. Kebiasaan merokok, misalnya, terbukti meningkatkan risiko keguguran.  
  3. Kompak! Selain calon bunda, calon ayah pun harus prima kesehatannya. Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sel-sel sperma, calon ayah sebaiknya menghindari pakai celana dalam yang ketat dan terbuat dari bahan sintetis, mengurangi konsumsi minuman berkafein seperti kopi, dan berhenti merokok.
  4. Bergerak.  Olahraga maupun aktivitas fisik lainnya yang dilakukan rutin, selain membuat tubuh jadi bugar, juga menjaga kestabilan berat badan. Sebab, kelebihan berat badan pada wanita akan menyebabkan produksi hormon estrogennya berlebihan sehingga mempersulit kehamilan. Sementara pada pria akan menurunkan jumlah dan kualitas sel sperma.
  5. Berjemur.  Kecukupan vitamin D di dalam tubuh mempengaruhi tingkat kesuburan pria maupun wanita. Para pria dengan kadar vitamin D di bawah normal, terbukti meningkatkan kadar sejenis asam amino di dalam darah, yakni homosistein, yang bisa mengganggu proses pembentukan sel-sel baru, termasuk sel sperma. Hal serupa terjadi pada wanita. Selain mengonsumsi makanan atau minuman sumber viatamin D, kebutuhan vitamin ini juga bisa dengan berjemur di pagi hari selama kurang lebih 20 menit.  
  6. Bebas Infeksi. Penyakit infeksi, seperti tosksoplasma dan penyakit menular seksual, yang tidak diobati dapat menghambat terjadinya kehamilan. Untuk memastikan Anda bebas dari berbagai penyakit infeksi yang mungkin tidak Anda sadari, periksalah kondisi kesehatan organ reproduksi Anda ke dokter kandungan. Apalagi, bagi Anda yang belum juga dikaruniai momongan setelah setahun menikah. Anda juga dapat meminta saran jenis-jenis vitamin apa saja yang perlu dikonsumsi untuk meningkatkan peluang terjadinya kehamilan.
  7. Cek masa subur. Hubungan intim sebaiknya dilakukan pada saat Anda dalam masa subur atau masa dimana sel-sel telur di dalam indung telur (ovarium) sudah matang dan siap dibuahi.
  8. “Intim” sebelum masa subur. Begitu masuk ke dalam tubuh Anda, sel-sel sperma sebaiknya langsung bertemu dengan sel-sel telur yang sudah matang. Karena itu, hubungan intim sebaiknya dilakukan tepat sebelum masa subur tiba, atau menjelang masa subur, sehingga sel-sel telur matang memiliki kemungkinan besar untuk dibuahi. Ini mengingat sel-sel telur hanya bertahan 24 jam, dan bila tidak dibuahi akan keluar sebagai haid.   
  9. Posisi tepat. Pilihlah posisi hubungan intim yang memungkinkan Anda berfungsi sebagai “mangkuk” yang menampung sel-sel sperma. Posisi Anda di bawah dan pasangan di atas adalah pilihan tepat. Bila perlu, letakkan bantal di bawah panggul untuk memudahkan Anda bertahan pada posisi tersebut, paling tidak selama 20-30 menit. Jangan langsung bangun dan berdiri begitu selesai berhubungan intim.
  10. Cukup 3 kali seminggu. Pria kadangkala membutuhkan jeda sekitar 3 hari sebelum tubuhnya mampu menghasilkan sel-sel sperma dalam jumlah yang optimal untuk melakukan pembuahan. Untuk itu, hubungan intim tidak perlu dilakukan setiap hari karena justru akan melemahkan sel-sel sperma yang dihasilkan. Jadi, hubungan intim sebanyak 3 kali dalam seminggu sudah cukup. Nikmati saja dan bersikaplah santai.


   
Jumlah Posts : 187
Jumlah di-Like : 4
@All: Salam kenal bunda... Sebenarnya saya tidak menjalankan terapi khusus, atau rumit, atau juga mahal. Karena boleh dibilang saya orangnya males melakukan olahraga yg ribet.
Awalnya saya baca-baca dan nemu website hypnobirthing : http://www.hypno-birthing.web.id/ kemudian saya ikuti milisnya untuk membaca dan sharing pengalaman dan motivasi dengan para bunda yang lain. Ternyata banyaaaak sekali bunda-bunda yang sukses melahirkan tanpa harus teriak-teriak kesakitan dan tanpa rasa tersiksa menunggu detik-detik pembukaan. Kemudian saya beli buku dan CDnya dari website tersebut. Belum habis saya baca bukunya, saya coba praktekan sendiri.
Saya latihan pernafasan dan meditasi hampir setiap hari. Karena memang pernafasan dan meditasi itu membuat saya benar-benar merasa nyaman. Apalagi saat pulang kantor, badan capek, pegel semua, saya berbaring di tempat tidur, rileks, kemudian atur nafas dan meditasi, dan berakhir dengan ketiduran.. bangun, udah lumayan seger lagi.
Untuk senam hamil, saya ikut yoga, dan baru ikut saat kurang dari 2 bulan sebelum lahiran. karena memang saya tahunya tempat senam itu sudah memasuki kandungan 6 bulan, dan karena jarak yang jauh dari rumah jadi keikutsertaan saya senam hamil dapat dihitung dengan jari. tapi tak jarang saya senam sendiri di rumah, itupun kalo diingetin suami. hehehe.. Sebenarnya untuk senam hamil tidak perlu datang ke tempat senam juga gpp kok bunda, sekarang banyak beredar CD yoga untuk wanita hamil. Bisa juga dipraktekin di rumah. Dan senam hamil menurut saya sangat-sangat bermanfaat untuk melatih otot-otot, terutama otot panggul dan kaki. Sejak senam hamil saya memang tidak pernah lagi mengalami kram kaki. Nafas saya juga tidak terputus-putus saat proses lahiran, sehingga bayi juga tidak kekurangan oksigen.
Kalo jalan pagi, saya memang tidak pernah melakukannya, karena kondisi kehamilan saya yang kembar dan rawan prematur dokter melarang saya jalan pagi dan kecapekan.
Dan yang tidak kalah bermanfaatnya adalah mengajak komunikasi bayi kita. Hal paling mudah saat bangun tidur, coba elus perut bunda dan ucapkan selamat pagi, katakan pada bayi bunda kalo bunda sayaaang sekali sama adik, bunda akan selalu ada untuk adik. Kalo nanti sudah waktunya adik lahir, bilang sama adik bayinya "kita kerjasama yuk.. kita bareng-bareng berusaha, biar lahirannya gampang, adik sehat, bunda juga gak kesakitan"
Ketika bunda mengatakannya dengan hati, insyaallah bayi bunda akan mengerti. Reaksi yang saya dapat hampir tiap hari, kedua bayi saya menendang-nendang kanan-kiri. Untuk bunda yang sungsang atau mengalami plasenta previa pun juga bisa kerjasama sama bayinya. Ada pengalaman seorang bunda yang saya baca di milis itu mengalami plasenta previa. Bahkan sampai detik ke Rumah sakit mau melahirkan pun plasenta masih dibawah. Dokter sudah mau mengambil keputusan untuk operasi. Saat sedang persiapan dia bicara lagi sama bayinya "ayo adik kita main-main lagi sebentar sebelum dokter membantu adik lahir. Jangan lupa kalo main-main ajak plasentanya naik ya nak... biar nanti adik lahir gak kesakitan.." Entah bagaimana saat mau cesar, ternyata letak plasenta sudah naik dan akhirnya dapat melahirkan dengan normal.

Jadi, Para calon Bunda, jangan lagi merasa kalo melahirkan itu sakit.. Rasa sakit saat melahirkan itu tertanam dalam otak kita karena kita sering mendengar dan melihat. Mulai sekarang tanamkan dalam otak dan hati Bunda kalo melahirkan itu benar-benar tidak sakit. Jalin ikatan batin bunda dengan adik bayinya, ajak dia bicara sesering mungkin... Insyaallah dengan kerjasama bayi dan bunda, bunda dapat rileks, bayi dapat berkontraksi maksimal, melahirkan tidak lagi terasa menyiksa... Selamat menantikan detik-detik terindah dalam hidup bunda...!!
   


08-02-2015 00:51:34 hubungan sex suami istri
Jumlah Posts : 349
Jumlah di-Like : belum ada like
halo bunda dan mommy semuanya, jika ada teman, kerabat ataupun saudara yang belum memliki momongan silahkan d infokan . Saya ada program hamil yang sudah bnyak mewujudkan keinginan para pasangan suami istri yang ingin segera memiliki momongan .

Berikut ulasannya akan saya paparkan disini .

Anak adalah anugerah terindah yang diberikan Tuhan kepada kita. Dengan adanya anak hidup jadi lebih bermakna dan bahagia. Begitu banyak pasangan yang gampang saja memiliki anak, baru 1 atau 2 bulan nikah hasil test pack langsung positif, tapi tak sedikit pasangan yang sulit memiliki anak, ada yang baru beberapa tahun menikah sampai dengan belasan atau puluhan tahun sudah menikah. berbagai macam cara dan upaya ditempuh agar bisa memiliki keturunan. Untuk itu Moment hadir menproduksi produk-produk kualitas premium, tidak hanya kecantikan tapi Moment memproduksi produk kesehatan, termasuk kesehatan reproduksi pria dan wanita. Yang Lagi Program Hamil ..Daripada mencoba terapi yang biayanya bisa puluhan-ratusan juta, anda bisa coba paket produk Moment ini sebagai usaha/ikhtiar program hamil. Glucogen + Bio Cell utk istri, Bio Cell + Coffee utk suami. Sudah banyak yg membuktikan khasiatnya. Mulai dari pasangan yg belum juga hamil selama 2-8 tahun, hingga yang sudah 12-19 tahun. Kenapa Biocell dan Glucogen dijadikan Terapi kesuburan?? APAKAH sih DETOKSIFIKASI ? Proses pembuangan racun dari dalam tubuh. Proses ini sangat POSITIF karena membantu tubuh melakukan proses pembersihan diri. Apa saja yang dibersihkan? Semua organ baik organ MAKRO atau MIKRO. Mikro itu diantaranya: Saluran Tuba Falopi yg merupakan saluran transportasi sel telur pada organ reproduksi wanita dan Vas Deferens yg merupakan saluran sperma pada pria. Nah, Biocell & Glucogen mengandung beberapa preparat yang memicu detoksifikasi / pembersihan ini. Yakni : L-Carnitine & Taurine pada Biocell dan Gluthation pada Glucogen sebagai The Master of Antioxidant. Preparat inilah yg menjadi tersangka-nya dari makin meningkatnya kesuburan / fertilitas pada organ reproduksi ayah dan bunda karena sel lemak dan radikal bebas dibuang keluar. Bayangkan jika saluran sudah PLONG, Tentu Akan Jadi BLONGG!!! Termasuk perbaikan hasrat seksual ayah dan ibu. Terus faktor apa yang nenentukan cepat lambatnya terapi?

Tergantung pada banyaknya racun dalam tubuh dan kepekaan (derajat sensitifitas) tubuh pada perubahan. Semakin cepat anda merencanakan Program hamil semakin baik,, jangan menunda-nunda lagi .. karena umur anda akan berjalan terus, semakin tua umur calon ibu akan meningkatkan resiko dalam proses persalinan.
Untuk informasi lebih lanjut. Bisa menghubungi saya.
Ade septiyani
pin bb 26D47265
08999182544
   
07-02-2015 14:16:42 Forum tanya dokter
Jumlah Posts : 349
Jumlah di-Like : belum ada like
Selamat siang semuanya, jika ada teman, kerabat ataupun saudara yang belum memliki momongan silahkan d infokan . Saya ada program hamil yang sudah bnyak mewujudkan keinginan para pasangan suami istri yang ingin segera memiliki momongan .

Berikut ulasannya akan saya paparkan disini .

Anak adalah anugerah terindah yang diberikan Tuhan kepada kita. Dengan adanya anak hidup jadi lebih bermakna dan bahagia. Begitu banyak pasangan yang gampang saja memiliki anak, baru 1 atau 2 bulan nikah hasil test pack langsung positif, tapi tak sedikit pasangan yang sulit memiliki anak, ada yang baru beberapa tahun menikah sampai dengan belasan atau puluhan tahun sudah menikah. berbagai macam cara dan upaya ditempuh agar bisa memiliki keturunan. Untuk itu Moment hadir menproduksi produk-produk kualitas premium, tidak hanya kecantikan tapi Moment memproduksi produk kesehatan, termasuk kesehatan reproduksi pria dan wanita. Yang Lagi Program Hamil ..Daripada mencoba terapi yang biayanya bisa puluhan-ratusan juta, anda bisa coba paket produk Moment ini sebagai usaha/ikhtiar program hamil. Glucogen + Bio Cell utk istri, Bio Cell + Coffee utk suami. Sudah banyak yg membuktikan khasiatnya. Mulai dari pasangan yg belum juga hamil selama 2-8 tahun, hingga yang sudah 12-19 tahun. Kenapa Biocell dan Glucogen dijadikan Terapi kesuburan?? APAKAH sih DETOKSIFIKASI ? Proses pembuangan racun dari dalam tubuh. Proses ini sangat POSITIF karena membantu tubuh melakukan proses pembersihan diri. Apa saja yang dibersihkan? Semua organ baik organ MAKRO atau MIKRO. Mikro itu diantaranya: Saluran Tuba Falopi yg merupakan saluran transportasi sel telur pada organ reproduksi wanita dan Vas Deferens yg merupakan saluran sperma pada pria. Nah, Biocell & Glucogen mengandung beberapa preparat yang memicu detoksifikasi / pembersihan ini. Yakni : L-Carnitine & Taurine pada Biocell dan Gluthation pada Glucogen sebagai The Master of Antioxidant. Preparat inilah yg menjadi tersangka-nya dari makin meningkatnya kesuburan / fertilitas pada organ reproduksi ayah dan bunda karena sel lemak dan radikal bebas dibuang keluar. Bayangkan jika saluran sudah PLONG, Tentu Akan Jadi BLONGG!!! Termasuk perbaikan hasrat seksual ayah dan ibu. Terus faktor apa yang nenentukan cepat lambatnya terapi?

Tergantung pada banyaknya racun dalam tubuh dan kepekaan (derajat sensitifitas) tubuh pada perubahan. Semakin cepat anda merencanakan Program hamil semakin baik,, jangan menunda-nunda lagi .. karena umur anda akan berjalan terus, semakin tua umur calon ibu akan meningkatkan resiko dalam proses persalinan.
Untuk informasi lebih lanjut. Bisa menghubungi saya.
Ade septiyani
pin bb 26D47265
08999182544
   


Jumlah Posts : 349
Jumlah di-Like : belum ada like
Selamat siang semuanya, jika ada teman, kerabat ataupun saudara yang belum memliki momongan silahkan d infokan . Saya ada program hamil yang sudah bnyak mewujudkan keinginan para pasangan suami istri yang ingin segera memiliki momongan .

Berikut ulasannya akan saya paparkan disini .

Anak adalah anugerah terindah yang diberikan Tuhan kepada kita. Dengan adanya anak hidup jadi lebih bermakna dan bahagia. Begitu banyak pasangan yang gampang saja memiliki anak, baru 1 atau 2 bulan nikah hasil test pack langsung positif, tapi tak sedikit pasangan yang sulit memiliki anak, ada yang baru beberapa tahun menikah sampai dengan belasan atau puluhan tahun sudah menikah. berbagai macam cara dan upaya ditempuh agar bisa memiliki keturunan. Untuk itu Moment hadir menproduksi produk-produk kualitas premium, tidak hanya kecantikan tapi Moment memproduksi produk kesehatan, termasuk kesehatan reproduksi pria dan wanita. Yang Lagi Program Hamil ..Daripada mencoba terapi yang biayanya bisa puluhan-ratusan juta, anda bisa coba paket produk Moment ini sebagai usaha/ikhtiar program hamil. Glucogen + Bio Cell utk istri, Bio Cell + Coffee utk suami. Sudah banyak yg membuktikan khasiatnya. Mulai dari pasangan yg belum juga hamil selama 2-8 tahun, hingga yang sudah 12-19 tahun. Kenapa Biocell dan Glucogen dijadikan Terapi kesuburan?? APAKAH sih DETOKSIFIKASI ? Proses pembuangan racun dari dalam tubuh. Proses ini sangat POSITIF karena membantu tubuh melakukan proses pembersihan diri. Apa saja yang dibersihkan? Semua organ baik organ MAKRO atau MIKRO. Mikro itu diantaranya: Saluran Tuba Falopi yg merupakan saluran transportasi sel telur pada organ reproduksi wanita dan Vas Deferens yg merupakan saluran sperma pada pria. Nah, Biocell & Glucogen mengandung beberapa preparat yang memicu detoksifikasi / pembersihan ini. Yakni : L-Carnitine & Taurine pada Biocell dan Gluthation pada Glucogen sebagai The Master of Antioxidant. Preparat inilah yg menjadi tersangka-nya dari makin meningkatnya kesuburan / fertilitas pada organ reproduksi ayah dan bunda karena sel lemak dan radikal bebas dibuang keluar. Bayangkan jika saluran sudah PLONG, Tentu Akan Jadi BLONGG!!! Termasuk perbaikan hasrat seksual ayah dan ibu. Terus faktor apa yang nenentukan cepat lambatnya terapi?

Tergantung pada banyaknya racun dalam tubuh dan kepekaan (derajat sensitifitas) tubuh pada perubahan. Semakin cepat anda merencanakan Program hamil semakin baik,, jangan menunda-nunda lagi .. karena umur anda akan berjalan terus, semakin tua umur calon ibu akan meningkatkan resiko dalam proses persalinan.
Untuk informasi lebih lanjut. Bisa menghubungi saya.
Ade septiyani
pin bb 26D47265
08999182544
   
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Perjalanan Jauh dan Ibu Hamil

Edit Hapus

Posted:2009-09-25 12:42:43



Lebaran baru saja usai dan kini warga mulai berbondong-bondong kembali ke ibu kota. Bagaimana dengan Bunda dan keluarga, sudah siap untuk kembali atau masih mau menikmati waktu liburan di kampung halaman?

Untuk Bunda yang kini tengah hamil, Bunda perlu memperhatikan beberapa hal penting seperti yang dijelaskan dr. Martina Claudia, SpOG dari Siloam Hospital dan Eka Hospital, seperti :

Usia Kehamilan

  • Trimester pertama (0-16 minggu)
    ini termasuk usia rawan untuk berpergian jauh karena kandungan masih rentan dan plasenta belum terbentuk sempurna sehingga dikuatirkan Bunda mengalami keguguran.
  • Trimester kedua (16-28 minggu)
    Inilah usia kehamilan yang paling aman untuk berpergian jauh karena pada usia ini plasenta sudah terbentuk dan rahim sudah cukup kuat terhadap goncangan.
  • Trimester ketiga (28-36 minggu)
    Pada trimester ketiga otot rahim sudah mulai meregang dan sangat sensitif terhadap goncangan. Goncangan yang cukup kuat dan sering bisa mengakibatkan kontraksi dan berujung pada lahirnya bayi prematur.

Konsultasi Dokter
sebelum melakukan perjalanan jauh Bunda wajib berkonsultasi dengan dokter. Tanyakan apakah Bunda boleh melakukan perjalanan jauh. Ikuti saran dokter meski pun ternyata dokter tidak mengijinkan.

Lama Perjalanan & Jenis Kendaraan
sebaiknya Bunda tidak menempuh perjalanan lebih dari 6 jam dan pilih kendaraan yang minim goncangan, misalnya pesawat terbang. Kalau pun harus memakai mobil jangan lupa gunakan sabuk pengaman dan mintalah suami mengemudikan secara perlahan terutama jika kondisi jalan tidak mulus.

Tips :

  • Pinggirkan kendaraan sementara jika Bunda mulai merasa kram dan lakukan relaksasi sebentar supaya darah kembali lancar
  • Cari tahu medik terdekat di area yang akan dilewati
  • Tidak melakukan perjalanan sendiri
  • Hindari high heels dan gunakan pakaian menyerap keringat
  • Jangan lupa membawa makanan kecil
   
Jumlah Posts : 75
Jumlah di-Like : 1

Buat bunda yang sedang memepersiapkan kehamilan ada salah satu cara yang bisa dicoba yaitu dengan diet. Diet ini bisa dilakukan antara 3-4 bulan sebelum konsepsi atau pembuahan. Tetep harus ada hal yang diperhatikan dalam menjaga kesehatan sebelum masa hamil walau sedang diet. Ini nih bunda yang harus diperhatikan :

  1. Perhatikan berat badan dan pola makan bunda

Coba perhatiin perbandingan antara berat dan tinggi badan bunda, IMT yang normal dan ideal itu antara 18,5 kg/m2 sampai 23 kg/m2. Cara menghitung IMT

IMT = Berat Badan (kg)/Tinggi Badan (cm)/1002

Contoh :

BB = 50 kg, TB = 160 cm

IMT = 50/(160/100)2 = 50/2,56 = 19,53

Klasifikasi nilai IMT :

IMT

Status Gizi

Kategori

< 17.0

Gizi Kurang

Sangat Kurus

17.0 - 18.5

Gizi Kurang

Kurus

18.5 - 25.0

Gizi Baik

Normal

25.0 - 27.0

Gizi Lebih

Gemuk

> 27.0

Gizi Lebih

Sangat Gemuk

Untuk mencapai berat ideal disarankan untuk bunda memperhitungkan kebutuhan kalori dan nutrisi lain yang sesuai dengan diet. Pastikan juga pola makan untuk mencapai berat badan yang ideal. Selain memperhatikan pola makan dapat juga menjaga pemenuhan nutrisi ibu hamil yang baik dikonsumsi sebelum masa kehamilan seperti asam folat, zat besi zinc, ksalsium dan vitamin D.

     2. Pola hidup sehat juga perlu diperhatikan untuk menjaga kebugaran, kesuburan dan kesehatan sel telur. Pola hidup sehat yang dapat dilakukan bunda seperti berolahraga rutin selama 15-30 menit atau 60 menit seminggu tiga kali, tidak merokok, dan minum minuman beralkohol untuk menjaga kesuburan dan sel telur, juga jangan minum kopi karena selain menganggu kesuburan, kopi juga dapat mengganggu siklus haid apabila dikonsumsi berlebihan.

Nah bunda, semoga info ini bermanfaat buat bunda yang sedang siap menunggu hadirnya si kecil di rahim bunda.

sumber

   
Jumlah Posts : 178
Jumlah di-Like : belum ada like

Siang bunda, kehamilan kedua butuh perencanaan yang baik serta dukungan dari ayah dan juga keluarga.  Jika bunda dan ayah sudah merasa ini saatnya merencanakan kehamilan kedua, ada hal-hal yang harus diperhatikan agar rencana ini dapat berjalan sesuai dengan harapan bunda dan ayah. Berikut ini hal-hal yang perlu dipersiapkan yah bunda :

Atur jarak kehamilan

Jarak kehamilan yang aman menurut penelitian sekitar 27 – 32 bulan setelah melahirkan berarti sekitar 2 tahun 3 bulan atau 2 tahun 8 bulan bunda. Walau sebenernya sih rahim bunda tuh udah siap untuk hamil lagi dalam 3 bulan setelah melahirkan. Tapi dengan mengatur jarak yang aman akan berpeluang besar untuk memiliki bayi yang sehat. Jika bunda di kehamilan sebelumnya melahirkan secara caesar disarankan untuk berkonsultasi pada dokter terlebih dulu untuk mengatur jarak kehamilan yang tepat.

Lepas alat kontrasepsi

Jika bunda dan ayah sudah merencanakan untuk memiliki adek bayi lagi, idealnya hentikan pemakaian alat kontrasepsi beberapa bulan sebelum memutuskan untuk hamil kembali. Hal ini dilakukan untuk menjaga siklus mens normal (kecuali pemakaian spiral, bunda bisa langsung hamil setelah alat kontrasepsi dilepas). Jika alat kontrasepsinya dalam bentuk pil dan suntuk perlu waktu beberapa bulan untuk bisa hamil lagi.

Pemeriksaan pra-kehamilan

Jika bunda dan ayah sudah benar-benar siap untuk kehamilan kedua, wajib melakukan pemeriksaan sebelum masa kehamilan untuk memastikan kondisi kesehatan bunda dalam keadaan yang sehat. Setelah pemeriksaan disarankan untuk melakukan tes ginekolog secara lengkap termasuk tes laboratorium.

Mempersiapkan psikologis calon kakak (anak pertama)

Nah yang ini juga gak boleh dan biasanya butuh pendekatan ekstra. Persiapkan psikologis dan mental calon kakak penting dilakukan agar tidak merasa tersisih saat bunda nantinya lebih sering memperhatikan adek bayi (anak kedua). Dapat dilakukan dengan menjelaskan secara alami bahwa kehadiran adiknya nanti tidak akan membuat perhatian dan kasihsayang bunda berubah.

sumber artikel

Perlu diingat bunda dalam mempersiapkan kehamilan ini, tubuh bunda perlu nutrisi seperti asam folat, kalsium, vitamin, dan mineral. Bunda bisa dapatkan dari ikan, susu ibu hamil, telur, sayur dan buah-buahan. Sebaiknya dikonsumsi antara 3-4 bulan sebelum mempersiapkan kehamilan.

   
23-01-2014 14:36:37 mual dan munyah
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Untuk Bunda yang kini tengah hamil, Bunda perlu memperhatikan beberapa hal penting seperti yang dijelaskan dr. Martina Claudia, SpOG dari Siloam Hospital dan Eka Hospital, seperti :

Usia Kehamilan

  • Trimester pertama (0-16 minggu)
    ini termasuk usia rawan untuk berpergian jauh karena kandungan masih rentan dan plasenta belum terbentuk sempurna sehingga dikuatirkan Bunda mengalami keguguran.
  • Trimester kedua (16-28 minggu)
    Inilah usia kehamilan yang paling aman untuk berpergian jauh karena pada usia ini plasenta sudah terbentuk dan rahim sudah cukup kuat terhadap goncangan.
  • Trimester ketiga (28-36 minggu)
    Pada trimester ketiga otot rahim sudah mulai meregang dan sangat sensitif terhadap goncangan. Goncangan yang cukup kuat dan sering bisa mengakibatkan kontraksi dan berujung pada lahirnya bayi prematur.

Konsultasi Dokter
sebelum melakukan perjalanan jauh Bunda wajib berkonsultasi dengan dokter. Tanyakan apakah Bunda boleh melakukan perjalanan jauh. Ikuti saran dokter meski pun ternyata dokter tidak mengijinkan.

Lama Perjalanan & Jenis Kendaraan
sebaiknya Bunda tidak menempuh perjalanan lebih dari 6 jam dan pilih kendaraan yang minim goncangan, misalnya pesawat terbang. Kalau pun harus memakai mobil jangan lupa gunakan sabuk pengaman dan mintalah suami mengemudikan secara perlahan terutama jika kondisi jalan tidak mulus.

Tips :

  • Pinggirkan kendaraan sementara jika Bunda mulai merasa kram dan lakukan relaksasi sebentar supaya darah kembali lancar
  • Cari tahu medik terdekat di area yang akan dilewati
  • Tidak melakukan perjalanan sendiri
  • Hindari high heels dan gunakan pakaian menyerap keringat
  • Jangan lupa membawa makanan kecil



Infobunda : http://www.infobunda.com/artikel/204-Perjalanan-Jauh-dan-Ibu-Hamil.html#ixzz2rClevqHR

   
30-03-2012 15:55:40 anemia pada saat hamil
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Pagi dok..
Dok saat ini saya sedang hamil 32 minggu. Sebelum hamil saya sudah ada riwayat anemia dan pernah mengalami pingsan beberapa kali. Saat saya hamil 4 bulan, hb saya 9,8 karena saya mengalami muntah2 atau ngidam. Saat kandungan saya 29 minggu,hb saya turun menjadi 8,8. Apakah ini berbahaya pada saat persalinan nanti? Perlu diketahui, saat kandungan saya sudah menginjak 32 mggu, sy masih mengalami muntah. Terimakasih..

Dari : Vike vikanti

Jawaban:

Dear Bunda,

Anemia saat kehamilan kerap terjadi, apabila anemia yang terjadi pada anda di anggap membahayakan, maka dokter akan memberikan tindakan seperti pemberian suplemen untuk meningkatkan kadar Hb anda, juga transfusi darah bila di anggap perlu sampai menjelang saat kelahiran nanti. Anda perlu berdiskusi dengan dokter OBSGYN anda mengenai langkah apa yang akan diambil selanjutnya, juga mengenai metode persalinan yang sebaiknya anda lakukan nantinya. Semoga keadaan anda segera membaik. Demikian jawaban saya semoga membantu.
   
02-07-2011 08:03:50 Jadi sering lapar
Jumlah Posts : 211
Jumlah di-Like : 5
Dear all bunda..

jadi teringat waktu trisemester pertama.. memang lapar itu ga bisa di cegah.. mual dan muntah pada trisemester pertama juga ga bisa di cegah.. jadi berat bdan ga naik waktu trisemester awal ga apa (kata dokter ya.. ) asal ada yang masuk aja makanannya..

bunda pernah ga tengah malem kerasa laper banget? aku pernah bunda, tapi aku tahan.. hihihihi.. bukannya apa sih tapi karena paginya abis dapet inbox dari IB yang isinya seperti ini :

Minggu ke 10 kehamilan, bunda akan lebih merasakan peningkatan nafsu makan bunda, bahkan terkadang bunda terbangun tengah malam karena bunda ingin mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu. Beberapa wanita bahkan merasakan adanya dorongan untuk terus menerus makan.

Bunda tentu tidak menginginkan bentuk tubuh bunda menjadi sangat membesar karena memanjakan keinginan besar untuk terus makan atau ngemil, maka kita perlu mensiasati untuk mengurangi asupan yang berlebihan akibat peningkatan pada nafsu makan sehingga perlu disiasati dengan hal-hal sebagai berikut;
1. Memulailah untuk mengganti cemilan tinggi lemak dengan mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan serat
dan vitamin seperti apel, jeruk, mangga, strawberry;
2. Minumlah susu sebagai tambahan kalsium buat bayi bunda;
3. Kurangi cemilan yang tinggi lemak dan kalori tapi sedikit nutrisi atau makanan yang berminyak seperti gorengan;
4. Banyaklah minum air putih dan kurangi minuman yang mengandung gula tinggi untuk menghindari tingginya kadar gula
dalam darah. Apabila bunda sedang berjalan-jalan dipanas terik bunda boleh meminum air dingin tetapi diusahakan
mengkonsumsi air putih bukan air minum kemasan dingin yang mengandung kadar gula cukup tinggi;
5. Mengkonsumsi karbohidrat kompleks yang biasanya terdapat pada beras merah, roti gandum.


Karena pada dasarnya aku sudah Over Weight sebelum hamil.. jadi aku kurangi ngemil malem.. setelah aku tahan seperti itu, besok malamnya aku ga kerasa laper lagi lho.. mungkin si Baby tahu kali ya perasaan bundanya..
tapi begitu lepas sholat subuh, paginya, aku langsung ngemil bun..
Aku hamil 4 bulan cuma naek 3 kg bun.. ini sudah hampir jalan 5 bln baru nambah 0.5kg lagi.. tapi Alhamdulillah si Baby sehat, aktif dan beratnya agak gedean malah dari seharusnya..
Selama kehamilan ini aku memang masih mengurangi karbo.. kalau maem masih dengan sedikit nasi tapi lauk dan buah terlahap habis... (kemaruk ga ya? )

Happy pregnant bunda..
Sorry ya ngocehnya kepanjangan..

   
13-05-2011 11:48:10 infeksi saluran kemih
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
dokter, saya mau tanya... hari ini tadi tiba2 pinggang saya sakit sekali. saluran kencing juga sakit. sebenarnya tidak sakit saat buang air, tapi merasa ingin buang air kecil terus...

sebelum hamil saya pernah ISK, itu setelah suami pulang dari luar negri, sekitar 5 harian, dan kami sering berhubungan intim.
dan sekarang saya juga baru bertemu suami saya setelah 3 bulan suami ke luar negri.

apa itu berbahaya,dok?
obat apa yang harus saya beli?
mengingat belum memungkinkan periksa ke dokter, karena ini di luar negri, belum ada biaya..
terima kasih...

NB saat ini saya hamil 4 bulan..

Dari : Sonia Atika Suri

Jawaban:

Dear Bunda,



Sebaiknya anda memeriksakan diri pada dokter mengenai keadaan anda. Apabila memang di curigai ada infeksi pada saluran kencing maka anda memerlukan pengobatan. Untuk pertolongan awal, anda dapat mengkonsumsi air putih yang banyak dengan tujuan bakteri pada saluran kencing tersebut dapat keluar bersama urine, hindari meminum teh ataupun kopi untuk mencegah adanya iritasi pada saluran kencing dan kandung kemih, tidak menahan atau menunda buang air kecil agar tidak terjadi penumpukan bakteri ataupun deposit dari mineral-mineral yang menyebabkan adanya iritasi bahkan batu saluran kencing. Saran saya, periksakan diri anda untuk mengetahui keadaan anda saat ini. Demikian jawaban saya.

   
18-02-2011 16:40:45 batuk menahun pada ibu hamil
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Dok saya ibu hamil 4 bulan dan sudah beberapa hari ini mengalami batuk yang sangat sekali, sudah konsultasi ke dokter umum dan diberi OBH dan sampai saat ini masih batuk, apakah dapat menggangu janin yang ada didalam kandungan karna saat batuk terjadi goncangan di perut, dan obat yang baik serta aman buat ibu hamil sebaiknya apa ya..? terima kasih dokter atas informasinya serta jawabannya.

Dari : abu muhannad

Jawaban:

Dear Bunda,

Batuk dan pilek umumnya disebabkan oleh virus yang dapat sembuh sendiri. Dokter anda memberikan OBH karena anda sedang mengandung dan obat tesebut tergolong aman untuk ibu hamil. Coba anda tingkatkan lagi nutrisi anda, jauhi barang-barang dan lingkungan yang dapat menyebabkan allergy karena kemungkinan batuk yang disebabkan oleh allergen juga dapat terjadi. Cobalah berkumur dengan air garam untuk membersihkan tenggorokan anda.

Tidak ada efek pada janin ketika anda batuk kecuali terjadi juga kontraksi pada rahim ketika anda batuk, cepatlah memeriksakan diri kepada dokter anda. Apabila dalam waktu 2 minggu batuk anda belum sembuh, atapun sebelum mencapai 2 minggu batuk anda bertambah parah, silahkan untuk memeriksakan diri kembali kepada dokter anda.
   
Jumlah Posts : 7
Jumlah di-Like : belum ada like
hai bun,

sekarang saya sedang hamil 4 bulan nih. saya juga suka makan mi instan.
menurut saya sih asal masih wajar ga masalah, kok. ya, asal jangan setiap hari sehari tiga kali makannya mi instan melulu. kalau sebulan sekali atau dua kali gpp lah.malah teman saya ada yang sejak hamil 4 bulan sukanya makan mi instan. tapi bayinya gapapa tuh. hehe... yang ini mah jangan ditiru, kali ya. nasib mujur aja dia. 

oh ya, soal membuang air rebusan yang pertama, saya pernah dengar ada ahli gizi yang bilang, justru itu jangan dilakukan karena air rebusan pertama mengandung vitamin terlarut yang terkandung di dalam mi nya itu. Lagian, kayaknya mi nya itu ga ada pengawetnya, ya. hanya melalui proses pengeringan dan penghilangan kadar air.

Yang berbahaya en paling banyak pengawetnya itu ya bumbunya itu. MSG nya. saya sendiri kl bikin ga pernah utuh msg-nya. paling banyak saya pakai separo aja. terus diimbangi dengan makan sayur-sayuran peluruh racun seperti ketimun, sawi putih, dsb. 
ya gitu deh bun, mau makan apa aja kalau berlebih-lebihan ga baik, kan. intinya semua harus seimbang. dan ingat sebelum makan baca doa atau baca Basmallah dulu, minta sama Tuhan agar manfaatnya saja yang kita dapatkan.

jangan terlalu cemas, ya bun. kita harus yakin bayi kita sehat, nanti dia akan sehat sesuai yang kita pikirkan.