SITE STATUS
Jumlah Member :
493.621 member
user online :
1302 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: permen fisherman friend yang paling mint

New Topic :  
Jumlah Posts : 625
Jumlah di-Like : 16
 Dear bunda Putri,

Sebaiknya jangan minum obat bund. Kalau menyiksa, bunda ngemut permen fisherman's friend aja yang bungkus putih ya. Cepat sembuh ya, bund.
   


Jumlah Posts : 625
Jumlah di-Like : 16
Dear bunda,

Secara hamil badan rentan penyakit, sebaiknya kita menjaga kondisi tubuh supaya tidak cepat sakit. Cobalah setiap hari mengonsumsi buah, 1 biji aja supaya tubuh dapat vitamin. Baik juga supaya badan tidak melar. Kalau bangun pagi, sebaiknya segera kumur dengan listerine (makin pedas makin yahud), sedikiittt aja, tidak usah banyak-banyak.

Tapi kalau sudah terlanjur sakit, kumurnya dibuat makin sering. Kalau batuk lebih baik makan permen fisherman's friend (pilih yang tanpa aspartam), dijamin dalam sehari sakitnya berkurang.

Pengalaman pribadi... selama hamil saya tidak pernah sakit.
   
Jumlah Posts : 108
Jumlah di-Like : belum ada like

Sekarang kami sudah mempunyai website baru untuk memudahkan bunda berbelanja. Mampir ya bun.. http://blanjahepi.com/ atau untuk yang paling update follow Instagram: etha_blanjahepi

Permisi ayah dan bunda semuanya.. Mau numpang jualan untuk kebutuhan perlengkapan bayi dan ibu yang baru melahirkan. Dilihat-lihat, trus jangan lupa dibeli ya :)
Bisa untuk kado juga kalau ada kerabat atau teman yang melahirkan.

Jangan lupa tekan CTRL-D, karena akan ada update lagi, dan siapa tahu suatu saat perlu jadi gak perlu cari2 lagi :)

INFO: Sangat disarankan untuk add friend Facebook ETHA'S CORNER (aka Etha Tupperware) ya bunda untuk update barang terbaru
FACEBOOK : http://www.facebook.com/etha.tupperware


UPDATE BARANG:
Booster Sterilizer (Steril Botol)
Botol ASIP BKA
Carter Pants
Cooler Bag Gabag
Cooler Bag Paket Baby Pax
Cooler Box Puku
Crown Sterilizer
Fisher Price Soft Squeeze Feeder
Handuk Jepang Kawamoto
Hanger Gift Set
Jumper Carter Lengan Panjang
Jumpsuit Next 3 in 1 Baby Girl
Kantung Asi Natur
Kaos Kaki Carter
Mag-mag Pigeon All in 1 Training Set
Mama Soya Susu Kedelai
Mastela Fold Up Infant Seat
Moby Wrap
Munchkin Bath Tup Duck
Munchkin Fresh Fedding Set
Perlak Karet Pupu
Sarung Tangan dan Kaki Libby
Tepung Gasol Beras Merah
Tommee Tippee Explora 1st Slips Cup
Warmer Crown 4 in 1
Washlap Libby

Pembayaran via BCA / Mandiri.
Pengiriman untuk sementara hanya via JNE. Dalam waktu dekat mungkin bisa via WAHANA. maaf  tdk menerima COD karena ane kerja kantoran jg yak. Kalau masih kurang percaya bisa cek testimoni saya selama jualan di kaskus ya bunda..monggo diklik...
atau bisa add facebook saya :)

http://m.kaskus.co.id/thread/10528125/

CONTACT PERSON

SMS only /WA : 0838 9870 8553
EMAIL: mmeyliana@gmail.com
FACEBOOK : http://www.facebook.com/etha.tupperware (Add friend dulu ya bunda)
Pin bb : 748D55D3

   


Jumlah Posts : 656
Jumlah di-Like : belum ada like
bnyk mnm air hangat,trs mkn jeruk bun...trs aq awal kehamilan jg prnh flu n batuk....trs aq rebus air panas trs kasih minyak kayu putih 2 tetes...trs hirup uapnya kepala d tutup pke handuk/sarung....lumayan keringat bnyk netes...trs hidung ga mampet...trs ga brhenti mnm air hangat,trs mkn permen fisherman n friend's....Alhamdulillah seminggu sembuh...
   
09-09-2013 10:49:54 peluang usaha
Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : belum ada like
 Ada peluang usaha bagus banget nih bunda...

Usaha menjual produk-produk fashion bermerk terkenal ala Dept. Store dengan sistem berjenjang (MLM). Eits, ini bukan sembarang MLM ya, karena produknya yang paling lengkap se-Indonesia, jadi mudah deh jualinnya. Saya sudah membuktikannya sendiri !

Merk terkenal juga lho, seperti DISNEY, RODEO, EXIT, MINT, MIRZANI, ELIZABETH, dll. Semua jenis fashion ada – baju (pria-wanita-anak2), sepatu, tas, jilbab, kosmetik, perhiasan, produk kesehatan, dll. Saat daftar kamu akan dapat 1 katalog tebal 300-400 halaman, yang isinya super lengkap !

Keuntungan langsung penjualan 20% - 30% ! Lumayan banget kan ! Belum ditambah bonus-bonus lainnya lho. Yang lebih keren lagi, pendaftarannya seumur hidup, jadi gak perlu repot perpanjang tiap tahun.

Modalnya ? Cuma 50.000 + ongkir !

Segera gabung di Paloma Shopway yuk !

www.bisnisresellerfashion.com

SMS 087888313753 / WA 085282069797 (umara)

Page www.facebook.com/paloma.jaksel

   


Jumlah Posts : 47
Jumlah di-Like : belum ada like
 

☆ Abc Acai Berry | Obat Pelangsing | Diet ☆

 
Obat Pelangsing Diet Abc Acai Berry pertama kali dipanen oleh orang-orang brazil, selama ratusan tahun digunakan sebagai makanan pokok dan juga untuk meremajakan organ tubuh karena fungsi detoksifikasi yang terkandung. Saat ini Acai Berrytelah mendapatkan banyak pujian karena manfaatnya yang begitu besar bagi kesehatan. Para ahli percayaAcai  Berry adalah salah satu makanan alami yang paling bergizi di muka bumi. Kandungan sejuta manfaat di dalam buah acai Berry bisa membuat kita awet muda, sehat, dan selalu merasa fit. Bahkan banyak sekali artis Hollywood yang telah menyadari potensi luar biasa dari buah berry yang unik ini.   Dalam waktu singkat, buah Acai Berry ini memperoleh kepopulerannya baik secara masyarakat umum maupun kedokteran dan para ahli. Acai Berry sekarang menjadi bahan utama dalam banyak suplemen yang paling efektif saat ini. Dari jus, multivitamin, obat diet, sampai permen. Acai Berry membuat individu di seluruh negeri terlihat dan merasa lebih baik.   Kandungan Nutrisi Per 100g serbuk Acai Berry mengandung:   533.9 kalori 52.2g karbohidrat (44.2g berbentuk serat) 8.1g protein 32.5g lemak 260mg kalsium 4.4mg zat besi vitamin A vitamin C   Pada tahun 2004 para ahli mulai menggunakan ekstrak acai berry sebagai makanan untuk diet, dan terus dikembangkan hingga akhirnya berbentuk kapsul yang sangat disarankan oleh para dokter dan ahli kesehatan dunia untuk digunakan sebagai pelangsing tubuh paling efektif.   Acai Berry adalah salah satu produk pelangsing yang paling efektif di pasaran saat ini! Jangan buang waktu Anda mengambil produk yang tidak wajar dan berbahaya bagi kesehatan bahkan tidak bekerja efektif bagi tubuh Anda. Beralihlah ke Acai Berry untuk yang terbaik.   Cara Penggunaan:   - 1x sehari, 1 kapsul sekali 30 menit sebelum atau setelah sarapan pagi. - Diminum dengan air hangat. - Bagi penderita maag, disarankan untuk mengkonsumsi 30 menit setelah sarapan pagi.   Spesifikasi: - 500mg x 30 kapsul.   Harga :- Rp.150.000,- Perhatian :   - Produk ini tidak cocok untuk ibu hamil, berpenyakit jantung, dan ayan. - Tidak dapat dikonsumsi bersamaan dengan obat lain seperti panadol, antibiotik, dll. - Hati-hati terhadap produk ABC Acai Berry yang palsu.  
alamat:
jl. papandayan sebelah SMA IBU KARTINI kagok semarang (jawa tengah)

Hubungi Kami : - 085786970009
- 081391598886
PROMO :
Setiap Pembelian 2 produk (bebas) dapat 1 produk FREE dengan hanya tambah 25ribu. Dengan Salah Satu Yang Di Beli.


Bank Kami :
- BANK BCA. No.Rek : 2520924976
- BANK BRI. No.Rek : 588601001788531
- BANK MANDIRI. No.Rek : 9000001868299
   
Jumlah Posts : 47
Jumlah di-Like : belum ada like
 

☆ Abc Acai Berry | Obat Pelangsing | Diet ☆

  Obat Pelangsing Diet Abc Acai Berry pertama kali dipanen oleh orang-orang brazil, selama ratusan tahun digunakan sebagai makanan pokok dan juga untuk meremajakan organ tubuh karena fungsi detoksifikasi yang terkandung. Saat ini Acai Berry telah mendapatkan banyak pujian karena manfaatnya yang begitu besar bagi kesehatan. Para ahli percaya Acai  Berryadalah salah satu makanan alami yang paling bergizi di muka bumi.   Kandungan sejuta manfaat di dalam buah acai Berry bisa membuat kita awet muda, sehat, dan selalu merasa fit. Bahkan banyak sekali artis Hollywood yang telah menyadari potensi luar biasa dari buah berry yang unik ini.   Dalam waktu singkat, buah Acai Berry ini memperoleh kepopulerannya baik secara masyarakat umum maupun kedokteran dan para ahli. Acai Berry sekarang menjadi bahan utama dalam banyak suplemen yang paling efektif saat ini. Dari jus, multivitamin, obat diet, sampai permen. Acai Berry membuat individu di seluruh negeri terlihat dan merasa lebih baik.   Kandungan Nutrisi Per 100g serbuk Acai Berry mengandung:   533.9 kalori 52.2g karbohidrat (44.2g berbentuk serat) 8.1g protein 32.5g lemak 260mg kalsium 4.4mg zat besi vitamin A vitamin C   Pada tahun 2004 para ahli mulai menggunakan ekstrak acai berry sebagai makanan untuk diet, dan terus dikembangkan hingga akhirnya berbentuk kapsul yang sangat disarankan oleh para dokter dan ahli kesehatan dunia untuk digunakan sebagai pelangsing tubuh paling efektif.   Acai Berry adalah salah satu produk pelangsing yang paling efektif di pasaran saat ini! Jangan buang waktu Anda mengambil produk yang tidak wajar dan berbahaya bagi kesehatan bahkan tidak bekerja efektif bagi tubuh Anda. Beralihlah ke Acai Berry untuk yang terbaik.   Cara Penggunaan:   - 1x sehari, 1 kapsul sekali 30 menit sebelum atau setelah sarapan pagi. - Diminum dengan air hangat. - Bagi penderita maag, disarankan untuk mengkonsumsi 30 menit setelah sarapan pagi.   Spesifikasi: - 500mg x 30 kapsul.   Harga :- Rp.150.000,- Perhatian :   - Produk ini tidak cocok untuk ibu hamil, berpenyakit jantung, dan ayan. - Tidak dapat dikonsumsi bersamaan dengan obat lain seperti panadol, antibiotik, dll. - Hati-hati terhadap produk ABC Acai Berry yang palsu.  
alamat:
jl. papandayan sebelah SMA IBU KARTINI kagok semarang (jawa tengah)

Hubungi Kami : - 085786970009
- 081391598886
PROMO :
Setiap Pembelian 2 produk (bebas) dapat 1 produk FREE dengan hanya tambah 25ribu. Dengan Salah Satu Yang Di Beli.


Bank Kami :
- BANK BCA. No.Rek : 2520924976
- BANK BRI. No.Rek : 588601001788531
- BANK MANDIRI. No.Rek : 9000001868299
   
Jumlah Posts : 47
Jumlah di-Like : belum ada like


 

☆ Abc Acai Berry | Obat Pelangsing | Diet ☆

  Obat Pelangsing Diet Abc Acai Berry pertama kali dipanen oleh orang-orang brazil, selama ratusan tahun digunakan sebagai makanan pokok dan juga untuk meremajakan organ tubuh karena fungsi detoksifikasi yang terkandung. Saat ini Acai Berry telah mendapatkan banyak pujian karena manfaatnya yang begitu besar bagi kesehatan. Para ahli percaya Acai  Berryadalah salah satu makanan alami yang paling bergizi di muka bumi.   Kandungan sejuta manfaat di dalam buah acai Berry bisa membuat kita awet muda, sehat, dan selalu merasa fit. Bahkan banyak sekali artis Hollywood yang telah menyadari potensi luar biasa dari buah berry yang unik ini.   Dalam waktu singkat, buah Acai Berry ini memperoleh kepopulerannya baik secara masyarakat umum maupun kedokteran dan para ahli. Acai Berry sekarang menjadi bahan utama dalam banyak suplemen yang paling efektif saat ini. Dari jus, multivitamin, obat diet, sampai permen. Acai Berry membuat individu di seluruh negeri terlihat dan merasa lebih baik.   Kandungan Nutrisi Per 100g serbuk Acai Berry mengandung:   533.9 kalori 52.2g karbohidrat (44.2g berbentuk serat) 8.1g protein 32.5g lemak 260mg kalsium 4.4mg zat besi vitamin A vitamin C   Pada tahun 2004 para ahli mulai menggunakan ekstrak acai berry sebagai makanan untuk diet, dan terus dikembangkan hingga akhirnya berbentuk kapsul yang sangat disarankan oleh para dokter dan ahli kesehatan dunia untuk digunakan sebagai pelangsing tubuh paling efektif.   Acai Berry adalah salah satu produk pelangsing yang paling efektif di pasaran saat ini! Jangan buang waktu Anda mengambil produk yang tidak wajar dan berbahaya bagi kesehatan bahkan tidak bekerja efektif bagi tubuh Anda. Beralihlah ke Acai Berry untuk yang terbaik.   Cara Penggunaan:   - 1x sehari, 1 kapsul sekali 30 menit sebelum atau setelah sarapan pagi. - Diminum dengan air hangat. - Bagi penderita maag, disarankan untuk mengkonsumsi 30 menit setelah sarapan pagi.   Spesifikasi: - 500mg x 30 kapsul.   Harga :- Rp.150.000,- Perhatian :   - Produk ini tidak cocok untuk ibu hamil, berpenyakit jantung, dan ayan. - Tidak dapat dikonsumsi bersamaan dengan obat lain seperti panadol, antibiotik, dll. - Hati-hati terhadap produk ABC Acai Berry yang palsu.  
alamat:
jl. papandayan sebelah SMA IBU KARTINI kagok semarang (jawa tengah)

Hubungi Kami : - 085786970009
- 081391598886
Bank Kami :
- BANK BCA. No.Rek : 2520924976
- BANK BRI. No.Rek : 588601001788531
- BANK MANDIRI. No.Rek : 9000001868299
   
Jumlah Posts : 625
Jumlah di-Like : 16
 Hai bund...

Saya asma, tapi dulu waktu hamil tidak kambuh sama sekali. Kuncinya: tiap habis sikat gigi dan setiap habis jalan2 dan setelah bangun tidur pagi2, langsung kumur2 pakai listerine.
Kalau pilek, jangan minum obat bund. Mending ngemut permen: fishermen's friend yang warna putih itu ya.

Bunda sebaiknya sering2 jalan pagi, dan percaya: kalo kehamilan bunda membawa kebahagiaan dan berkat. 
   
Jumlah Posts : 80
Jumlah di-Like : 1
hi bun, coba konsumsi variasi makanan dari tiap kelompok makanan yang berbeda, untuk menjamin keseimbangan nutrisi, lalu coba konsultasikan suplemen kehamilan pada dokter bilamana Ibu merasa kurang bisa mengkonsumsi makanan karena sering muntah.

sebisa mungkin konsumsi serat dari buah, sayur, gandum, sereal, dan kacang-kacangan kemudian Minum air putih  sedikitnya 8 gelas sehari. + susu rendah lemak , jus buah segar dan sup....dan jangan lupa sering2 konsumsi satu porsi ikan kaya minyak dan satu porsi ikan daging putih setiap minggu. dan yang paling penting bun, sebisa mungkin hindari makanan olahan berpengawet.... Hindari kafein.

kalau bisa kurangi juga mengkonsumsi permen, keripik, kue, biskuit, lemak, minyak, dan gula. Walau berkalori, mereka tidak banyak nilai nutrisinya. Mengganti camilan dengan buah-buahan, lebih baik dan lebih sehat.

semoga bermaanfaat ya bun

Gallery Sprei & Bedcover Online no.1
www.Rajasprei.com
Free Biaya Kirim :D
   
18-03-2011 12:42:43 Obat batuk & pilek untuk bayi
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like

ikutan nimbrung bunda...

beberapa waktu lalu aku sempat cari-cari info. emang batuk pilek pada anak adalah hal yang biasa aja dan gak butuh antibiotic. yang perlu diwaspadai adalah adanya komplikasi dalam batuk itu. berikut ini ada sedikit info yang aku potong dari situs kesehatan moga bisa nambah referensi kita.

Batuk adalah salah satu keluhan yang sering diungkapkan pasien kepada dokter. Batuk sebenarnya adalah suatu cara yang penting bagi tubuh kita untuk membersihkan tenggorokan dan saluran pernafasan kita. Tetapi batuk yang berlebihan dapat berarti bahwa kita mempunyai suatu gangguan atau penyakit.

Batuk ada yang kering, ada pula yang produktif. Batuk produktif adalah batuk yang berdahak. Dahak disebut juga sputum atau reak.

Batuk dapat akut atau kronik.
Ø Batuk akut biasanya timbul mendadak. Seringkali disebabkan oleh masuk angin, influenza, atau infeksi sinus (sinusitis). Batuk akut biasanya hilang setelah 2 sampai 3 minggu.
Ø Batuk kronik biasanya berlangsung lebih dari 2 sampai 3 minggu.

Penyebab Umum
Disamping infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) seperti influenza, penyebab batuk yang paling sering adalah:
Ø Alergi dan asthma
Ø Infeksi paru-paru seperti pneumonia atau bronkitis akut.
Ø Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) atau bronkitis kronik, ephysema
Ø Sinusitis yang menyebabkan postnasal drip.
Ø Penyakit paru seperti bronkiektasis, tumor paru.
Ø Gastroesophageal reflux disease (GERD) ini artinya cairan lambung balik ke tenggorokan, orangnya suka bertahak asam atau pahit.
Ø Merokok
Ø Terpapar asap rokok (perokok pasif)
Ø Terpapar polutan udara
Ø Obat darah tinggi golongan ACE Inhibi



Perawatan Rumah
Beberapa tips untuk mengurangi batuk:
Ø Permen obat batuk atau permen pedas dapat menolong pada batuk yang kering dan menggelitik. Tidak boleh diberikan pada anak-anak berusia dibawah 3 tahun karena dapat tersedak menyumbat jalan nafas.
Ø Menghirup uap hangat dapat menolong batuk kering dengan cara meningkatkan kelembaban di udara.
Ø Minum lebih banyak cairan dapat mengencerkan dahak di tenggorokan sehingga mudah dibatukkan keluar.


Beberapa obat batuk yang dapat dibeli tanpa resep dokter antara lain yang mengandung:
Ø Guaifenesin (Cohistan Expectorant, Probat, Bisolvon Extra, Actifed Expectorant, dll). Yang harus diingat adalah jika minum obat-obatan yang mengandung Guaifenesin adalah harus minum banyak air.
Ø Dekongestan seperti pseudoephedrine (Actifed, Actifed Expectorant, Disudrin, Clarinase, Rhinos SR, Triaminic, dll). Obat-obatan yang mengandung pseudoephedrine ini dapat digunakan untuk menghentikan pilek encer (meler) dan postnasal drip. Tidak boleh digunakan jika ada penyakit darah tinggi atau untuk anak-anak di bawah usia 6 tahun kecuali atas resep dokter anda.

Meskipun batuk dapat menjadi gejala yang mengganggu, tetapi batuk adalah cara tubuh kita untuk menyembuhkan dirinya. Beberapa pakar akhir-akhir ini menganjurkan tidak menggunakan penahan batuk pada beberapa situasi. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter anda sebelum mencoba penahan batuk yang dijual bebas yang mengandung dextromethorphan (Vicks 44, dll).

Jangan mengharapkan atau meminta dokter untuk meresepkan antibiotika untuk infeksi virus seperti influenza atau masuk angin. Antibiotik tidak bekerja terhadap virus. Antibiotik juga tidak mempercepat penyembuhan batuk yang disebabkan alergi.

Hubungi Dokter Anda Jika
Segera ke gawat darurat jika:
Ø Nafas pendek atau sulit bernafas
Ø Pembengkakan di muka dan kerongkongan disertai kesulitan menelan

Segera ke dokter anda jika:
Ø Batuk sangat hebat yang timbul mendadak.
Ø Batuk disertai bunyi nada tinggi pada saat menarik nafas.
Ø Batuk berdarah.
Ø Demam (yang dapat dapat mengindikasikan adanya suatu infeksi bakteri yang memerlukan antibiotika).
Ø Dahak yang kental, berbau busuk, bewarna kuning kehijauan (mengindikasikan adanya suatu infeksi bakteri).
Ø Terpapar dengan seorang penderita TBC.
Ø Penurunan berat badan yang tidak diharapkan atau keringat malam (mengindikasikan terkena TBC).
Ø Batuk lebih dari 10 – 14 hari.
Ø Batuk pada bayi berusia kurang dari 3 bulan.

Apa yang akan dilakukan dokter anda?
Pada keadaan darurat pasien akan diobati pertama-tama untuk menstabilkan kondisinya. Setelah kondisi stabil, maka dokter anda akan menanyakan hal-hal mengenai batuk anda. Pertanyaan-pertanyaan yang mungkin diajukan oleh dokter anda:
Ø Apakah batuk berdarah (berapa banyak, berapa sering, sudah berapa lama).
Ø Apakah batuk berdahak? Bagaimana dahaknya, apakah kental dan sulit dibatukkan?
Ø Apakah batuknya parah? Apakah batuknya kering?
Ø Apakah suara batuknya seperti gonggongan?
Ø Bagaimana pola batuk? Apakah timbulnya tiba-tiba? Apakah makin tambah parah akhir-akhir ini? Apakah batuk memburuk di malam hari? Apakah batuk mulai pada saat bangun pagi?
Ø Sudah berapa lama batuk?
Ø Apakah batuk memburuk jika berbaring pada satu sisi?
Ø Apakah batuk periodik disertai muntah?
Ø Gejala-gejala lain apa yang menyertai batuk? Adakah sesak nafas, demam?

Kemudian dokter anda akan melakukan pemeriksaan fisik termasuk memeriksa telinga, hidung, tenggorokan dan dada anda.

Mungkin dokter anda akan meminta pemeriksaan tambahan seperti:
Ø Foto rontgen dada.
Ø Analisa dahak (jika batuk berdahak).
Ø Test fungsi paru
Ø Scan paru
Ø Bronkoskopi.

Pencegahan
Ø Jangan merokok dan jangan berada dekat-dekat perokok.
Ø Jika anda memiliki alergi musiman usahakan tetap di dalam ruangan selama alergen udara sedang banyak-banyaknya. Jika memungkinkan, tutuplah jendela dan gunakan AC. Hindari kipas angin yang menarik udara dari luar ruangan. Mandilah dan gantilah baju sesudah berada di luar ruangan.
Ø Jika anda memiliki alergi sepanjang tahun, jangan gunakan bantal dan kasur kapuk, gunakan pembersih udara (air purifier) dan jangan piara hewan peliharaan, dan hindari pencetus lainnya.
   
16-03-2011 07:57:09 hamil 15w sering sakit kepala
Jumlah Posts : 143
Jumlah di-Like : 3

Semoga bisa membantu Artikel ini
Ini adalah keluhan-keluhan ibu Hamil Muda, karena aku juga mengalaminya saat hamil muda ... Sabar aja ya bun, Kehamilan kita ga lama koe bun cuma 9bln aja

1. Mual-mual : Aku selalu sedia permen jahe kemanapun aku pergi. Setiap terasa mau mual, aku langsung kunyah permen jahe sampai mualnya reda. Cara lain yang jitu yaitu minum madu 2 sendok makan. Biasanya langsung reda dan bisa nambah nafsu makan juga. Berhubung mual masih sering terutama pada siang hari, aku menggeser jam makan siang dari jam 12.30 jadi jam 15.00. Sementara siang harinya aku makan buah-buahan. Kalau sikat gigi jangan terlalu heboh ya karena bisa memicu mual juga.

2. Ngantuk dan capek : ini terjadi karena hormon progesteron yang meningkat selama kehamilan. Jadi terimalah apa adanya gak usah merasa bersalah selama hamil jadi banyak bobo-an. Pada awalnya aku juga merasa kayak orang malas yang tak berguna, tapi dilawan pun tak bisa. Jadi lebih baik kita mengikuti alam bergerak saja, asal tetap seimbang.

3. Pusing : kalau aku merasa pusing -biasanya kepala terasa berat- minum air hangat dan tidur. Katanya merendam kaki dengan air panas bisa membantu. Trus yang paling jitu sih minta suami kita pijatin kepala, dijamin langsung tidur pulas :) Tapi hati-hati kalau gejala pusingnya karena anemia. Harus konsultasi ke dokter tuh dan minum tablet penambah darah.

4. Cemas : di bulan ini kebanyakan semua bumil masih cemas kok. Kita semua senasib karena kehamilan trisemester satu memang masih rawan keguguran. Aku sendiri jadi sering ke kamar mandi lihat celana dalam takut ada flek-flek lagi berhubung aku sering keluar flek. Menurut salah satu penelitian, keguguran lebih dikarenakan oleh kelainan kromosom dan genetik bukan karena kita melakukan ini atau tidak melakukan itu. Jadi kecemasan kita gak akan bisa menambah atau mengurangi takdir kehidupan anak kita, karena itu hak prerogatifnya Tuhan. Berserah saja.

5. Susah Makan : Paksa! Bagaimanapun susahnya makanan masuk, harus dipaksa karena nutrisi adalah faktor maha penting dalam tumbuh kembang janin. Nasib anak kita sudah kita bentuk dari kandungan melalui pola makan kita, jangan gara2 mual dikit menyesal seumur hidup loh. Hamil kan cuma 9 bulan. Tapi hidup anak kita puluhan tahun. Kita gak mau punya anak bodoh dan sakit-sakitan di kemudian hari kan ?

6. Perut Linu : ternyata ini akibat otot rahim kita yang meregang karena anak kita yang semakin membesar di dalam sana. Jadi normal-normal aja kok. Kecuali kalau kram perut hebat seperti mau mens disertai pendarahan, mungkin itu gejala keguguran.

Intinya di trisemester pertama ini kita memang harus berhati-hati menjaga kandungan, menjaga kondisi fisik dan psikis dan makan makanan sehat. Lakukan apa yang bisa kita lakukan semaksimal mungkin. Selebihnya serahkan pada Tuhan, ga perlu cemas :)
*Ayu Andhika*


   
Jumlah Posts : 198
Jumlah di-Like : 10
Sendawa dan buang angina adalah keluhan yang paling sering selama kehamilan. Hal ini karena usus merengang dan anda akan merasa kembung.
Atasi dengan jangan makan dalam jumlah besar akan membuang anda kembung dan tak nyaman, dan hindari makanan yang menyebabkan banyak gas seperti jagung, permen, bawang merah.
 
   
07-04-2008 17:05:04 Dokter Anak
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
Masalah yang biasa ditemukan dengan Dokter Anak

( Jumat, 10/08/2007 11:18 )



COMMON PROBLEMS IN PEDIATRICS



Beberapa negara, terutama negara maju, telah menerapkan konsep partnership atau kemitraan antara dokter dan konsumen medis (pasien). Kondisi ini suka atau tidak suka masih belum membudaya di negara kita, Indonesia. Sistem yg berlaku relatif paternalistik. Sementara itu di era komunikasi ini, konsumen banyak sekali dibantu dengan kemudahan teknologi yg ada. Melalui internet, konsumen medis dapat belajar lebih jauh untuk memahami masalah kesehatan. Sehingga pasien yg aktif berpartisipasi dalam menangani masalah kesehatannya merupakan hal penting dalam layanan kedokteran yang baik. Karenanya, istilah Konsumen Medis jauh lebih tepat dibandingkan pasien. Konsumen terkesan lebih aktif dibandingkan dg pasien yg terkesan pasif dan pasrah. Ingat, sebagai konsumen medis/kesehatan, kita memiliki hak, bukan hanya kewajiban.



Apa hak konsumen kesehatan? Memperoleh informasi yang benar dan obyektif. Hal ini sesuai dengan tugas seorang tenaga kesehatan. Tugas dokter bukan hanya KURATIF (mengobati kondisi sakit), melainkan juga EDUKATIF PROMOTIF (penyuluhan kesehatan) dan upaya PREVENTIF (Pencegahan).



Apa kewajiban konsumen? Learn as much as possible. Salah satunya adalah mencari informasi, mempelajari dasar-dasar kesehatan dan mempelajari segala sesuatu perihal penyakit yang sedang dialami. Manfaatkan kemajuan teknologi yanga ada. Cari informasi kesehatan melalui internet, tetapi selektiflah memilih situs yang dipercaya. Be active, speak up terutama saat medical visit. Jika perlu cari 2nd opinion.



Topik pertemuan kali ini adalah berbagai masalah kesehatan yang umum terjadi pada anak. Selain demam, alasan terbanyak orangtua membawa anaknya ke dokter adalah batuk pilek, radang tenggorokan, dan diare. Orang tua panik, anak memperoleh berbagai macam obat yang belum tentu diperlukan, yang juga belum tentu tanpa efek samping. Sedihnya lagi, tak jarang anak diberikan antibiotik. Padahal sebagian besar penyebabnya adalah virus, yang tidak bisa "dilawan" oleh antibiotik.



Demam, batuk-pilek, radang tenggorokan, diare, merupakan kondisi langganan anak-anak. Pelajarilah, agar dapat bertindak dengan tenang dan rasional, agar tidak tergopoh-gopoh mengambil obat dan mengobati gejala-gejala tersebut.



Semoga melalui sharing dan materi ini kita, para orang tua, akan jauh lebih bijak dalam menyikapi masalah kesehatan yang sering terjadi pada anak.



SLIDE 1. Common Problems in Pediatrics : Title

Peran seorang pasien (tepatnya konsumen medis) sangat berpengaruh dan menentukan dalam kinerja tenaga medis. Konsumen medis yang aktif berpartisipasi dalam menangani masalah kesehatannya, akan sangat membantu kinerja dokter dan tenaga medis lainnya. Terutama kinerja dokter untuk tetap berpegang pada prinsip pola pengobatan yang rasional (Rational Use of Drugs / RUD) . Pola pengobatan yang rasional adalah AMAN dan COST EFFECTIVE. Perlu kita ketahui banyak faktor yang berperan dalam pemberian obat. Paling tidak ada 3 faktor yang dominan berperan kuat, yaitu dokter (penulis resep), konsumen (pasien) dan industri obat.



Intinya, konsumen (pasien) yang tidak rasional akan mendorong iklim layanan kesehatan yang tidak rasional pula. Demikian pula sebaliknya.



SLIDE 2. IRRATIONAL USE OF DRUGS (IRUD)

Pola pengobatan yang irrational menjadi concern seluruh dunia.



Minimal ada dua masalah utama perihal IRUD yaitu polifarmasi dan pemberian antibiotik yg berlebihan/tidak pada tempatnya.



Masalah polifarmasi tanpa disadari sering terjadi, terutama saat anak sakit.



Evaluasi kembali buku kesehatan / kartu berobat putra/I bapak/ibu.



Perhatikan berapa kali dalam 1 th kita membawa anak berobat karena sakit.



Coba jawab pertanyaan berikut :





Berapa kali dalam kunjungan ke dokter, ibu tidak memperoleh obat ?

Tidak juga antibiotik ?

Apakah setiap kali berobat anak mendapatkan obat puyer ?

Berapa jumlah obat dalam tiap puyer ?



Umumnya para dokter mengajukan minimal 3 alasan mengapa mereka cenderung abusive, yaitu :



1. LACK OF CONFIDENCE.

Kebanyakan dokter sering tidak yakin atau merasa kurang PEDE untuk menyatakan bahwa pasien tsb sakit akibat infeksi virus, yang tidak membutuhkan antibiotik. Para dokter juga merasa insecure takut pasien pindah ke dokter lain.

2. PATIENT PRESSURE.

Tidak sedikit pasien, tanpa disadari, memilih bersikap pasif dan menganggap dokter tahu yg terbaik. Sehingga obat yang diberikan dokter pasti yang terbaik. Padahal dokter dapat bisa saja salah memberikan obat.



Pasien yang irasional, sering menuntut dokter untuk memberikan antibiotik , karena menganggap antibiotik merupakan obat dewa yang bisa menyembuhkan segala kondisi. Pasien irrasional sering menuntut dokter sebagai tukang sihir, yang dapat memberikan obat yang cespleng.



DOCTOR is a kind of MAGICIAN sehingga setiap kita ke dokter kita selalu berharap segera sembuh. Hal ini juga menimbulkan beban tersendiri bagi para dokter.



3. COMPANY PRESSURE.

Dalam Doctor-patient partnership, dokter sangat bergantung/membutuhkan pasien sebagaimana pasien bergantung / membutuhkan dokter. Tindakan pasien akan sangat mempengaruhi tindakan sang dokter. Pasien yang irrasional akan mendorong dokter menjadi irrasional. Intinya adalah tanggung jawab atau kewajiban menyehatkan anak bukan hanya di bahu seorang dokter, tetapi juga orangtua sbg konsumen medis.



SLIDE 3. IMMUNE SYSTEM

Sejak lahir Tuhan telah melengkapi kita dengan sistem imun (daya tahan tubuh) yang sempurna & canggih. Diantaranya ASI.



Secara garis besar, sistem imun terdiri atas 2 bagian, yaitu :

1. Bagian yang langsung membunuh kuman/virus/parasit, dll yang menyerang tubuh kita dan membuat tameng / proteksi untuk serangan serupa.



Sistem imun yang bertugas langsung membasmi musuh tsb adalah Sel Darah Putih atau LEUKOSIT. Leukosit juga membentuk antibodi, suatu zat untuk menetralisir musuh bila suatu saat kita kembali terserang oleh infeksi yang sama.



2. Bagian atau sel-sel yang bertugas membantu sel leukosit sehingga leukosit jauh lebih efektif serangannya.



SLIDE 4. BACTERIA & VIRUS

Kedua makhluk tersebut amat dangat kecil tetapi memiliki canggih & lihai agar dapat lolos dari serangan sistem imun tubuh kita.

Bakteri.

Bakteri ada dimana-mana, di alam, dan di sekitar kita. Bahkan tubuh kita dipenuhi oleh bakteri. Bahkan ASI mengandung bakteri.



Hal ini menunjukkan bahwa mayoritas bakteri TIDAK JAHAT, bahkan menguntungkan. Kita justru membutuhkan bakteri tsb di dalam usus seperti untuk :



a) Mencernakan makanan menjadi zat-zat bergizi

b) Mengolah makanan menjadi vitamin B & K

c) Melindungi kita agar tidak terinfeksi oleh kuman yang jahat.

d) Membantu pencernaan agar kita tidak sembelit



Berdasarkan sifat kimiawinya, bakteri dibagi dua yaitu bakteri Gram Positif dan bakteri Gram negatif.



1. Bakteri Gram positif

a. umumnya lebih mudah dilawan dibandingkan bakteri Gram negatif.

b. dapat diatasi oleh antibiotik yang ringan (narrow spectrum antibiotik)

c. umumnya menyebabkan Infeksi di bagian atas diafragma



2. Bakteri Gram negatif

a. menyebabkan infeksi di bagian bawah diafragma



Broad spectrum antibiotics adalah antibiotik yang menyerang kedua kelompok bakteri di atas



INGAT :

- Pemberian antibiotik yang terlalu sering dan terlalu lama akan mematikan kuman yang baik. Hal ini akan menganggu pencernaan misalnya diare akibat munculnya banyak jamur, kekurangan vitamin B & K.

- Semakin sering kita memakan antibiotik, semakin sering kita jatuh sakit.

Virus.

Virus jauh lebih kecil daripada bakteri. Virus tidak dapat dibunuh oleh obat, antibiotik sama sekali tidak bekerja terhadap virus. Virus hanya bisa dibasmi oleh sistem imun atau daya tahan tubuh kita.



SLIDE 5. RADANG / INFLAMMATION - ITIS

Kita sering menyalahartikan istilah radang sebagai suatu keadaan akibat infeksi kuman.

Radang atau inflamasi artinya MERAH, BENGKAK, dan SAKIT. Radang tenggorokan, artinya tenggorokannya merah, sakit, dan mungkin agak membengkak (amandelnya).

v Radang karena INFEKSI.

Radang akibat infeksi dapat dibagi2, yaitu :

1. Radang karena kuman

2. Radang karena virus.

85% radang tenggorokan pada bayi/anak disebabkan oleh infeksi VIRUS - sehingga tidak perlu antibiotik.

v Radang BUKAN INFEKSI.

Biasanya disebabkan oleh kondisi seperti ALERGI, TRAUMA, AUTOIMMUN, TEETHING, dll. Kesemuanya, sekali lagi, tidak dapat diobati dengan antibiotik. Upaya terbaik mengatasi alergi adalah avoidance- mengurangi kemungkinan exposure hal2 yang bisa menimbulkan alergi (debu, karpet, binatang berbulu, mainan berbulu, AC, makanan tertentu dengan pewarna, pengawet, perasa sintetik, permen, sea food, dll).

v Demikian halnya dengan DEMAM.



Demam dapat disebabkan oleh infeksi dan juga bukan karena infeksi.



Sekali lagi, penyebab demam terbanyak pada anak adalah infeksi virus. Demam itu sendiri merupakan salah senjata tubuh untuk melawan infeksi. Dengan perkataan lain, kalau ada infeksi, tubuh kita memproduksi panas sebagai bagian dari sistem imun untuk melawan infeksinya. Tetapi demam juga bisa dikarenakan hal lain yg tidak ada hubungannya dg infeksi.



SLIDE 6. FEVER

Demam adalah alasan terbanyak orangtua membawa anaknya ke dokter. Apalagi jika orangtua tidak memiliki ilmu yang cukup mengenai demam, penyebab demam & tatacara merawat anak demam.



Bahayakah demam itu ? Burukkah demam itu ?



Tidak ada sesuatu yang 100% buruk atau 100% baik. Demikian juga dengan demam. Tuhan pasti memiliki maksud dibalik fenomena demam.



There is something for many reasons.



Tubuh kita diciptakan oleh Tuhan dengan dilengkapi mekanisme pengaturan yang canggih, termasuk mekanisme pengaturan suhu.



Di otak kita terdapat termostat bernama hipotalamus yang mengatur mekanisme ini. Tepatnya terdapat pusat pengaturan suhu disebut juga SET POINT. Pengatur suhu tubuh ini akan memastikan tubuh kita senantiasa pada suhu konstan (sekitar 37C) .



Demam adalah kondisi dimana otak (melalui Set Point) memasag suhu diatas setting normal yaitu > 38C. Namun demikian demam yang sesungguhnya adalah bila suhu >38.5C. Akibat kenaikan setting suhu tubuh tsb, maka tubuh akan memproduksi panas melalui tahapan : menggigil hingga mencapai suhu puncak suhu demam stabil suhu mulai turun.



Bagaimana dan mengapa timbul demam ?

Peningkatan suhu tubuh ini disebabkan oleh beredarnya molekul kecil dalam tubuh, yaitu PIROGEN suatu zat pencetus panas.



Apa yang menyebabkan terjadinya peningkatan pirogen ?

Penyebabnya antara lain : infeksi, radang, keganasan, alergi. Teething, dll. Pada saat terserang infeksi, sistem imun tubuh kita akan membasmi infeksi tsb dengan serangan leukosit (sel darah putih).



Agar tugas leukosit tsb efektif dan tepat sasaran, dibutuhkan dukungan banyak pihak termasuk pirogen, yang ebrtugas :

1. Mengerahkan sel darah putih (leukosit)

2. Menimbulkan demam yang akan membunuh virus. Karena virus tidak dapat hidup di suhu tinggi. Sementara itu virus akan tumbuh subut di suhu rendah.



Perhatikan hal berikut :

1. Selama infeksi masih berlangsung, memang harus ada demam.

2. Demam merupakan bagian dari sistem pertahanan tubuh untuk membasmi infeksi.

3. Prinsip utama adalah cari penyebab timbulnya demam. Dengan mengetahui sumber masalahnya, maka kita dapat bertindak secara rasional. Pada anak penyebab utamanya adalah infeksi virus.

4. Beri minum lebih banyak dari biasanya. Waspadai kemungkinan terjadinya komplikasi dehidrasi.



American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasi tatacara penanganan demam. Berikut kondisi kapan orang tua harus menghubungi dokter :

v Bila bayi berusia < 3 bulan dengan suhu tubuh > 38C

v Bila bayi berusia 3 6 bulan dengan suhu tubuh > 38.3C

v Bayi dan anak berusia > 6 bulan, dengan suhu tubuh > 40C



Konsultasikan juga dengan dokter jika terdapat kondisi berikut :

v Sama sekali tidak mau minum atau sudah dehidrasi; Gelisah, muntah, diare

v Iritabel atau menangis terus menerus, tidak dapat ditenangkan

v Tidur terus menerus, lemas dan sulit dibangunkan (lethargic)

v Kejang; Kaku kuduk leher; Sakit kepala hebat

v Sesak napas

v Gelisah, muntah, daire



SLIDE 7. TREATING FEVER



Point-point utama yang harus diperhatikan selama merawat anak demam adalah :



1. Mencari penyebab demam dan memperhatikan pola perilaku anak.

Amati tingkah laku anak. Jika perilaku anak hampir sama seperti biasanya, maka kita tidak perlu khawatir. Karena pada dasarnya demam itu bukan hal yang membahayakan.



2. Cegah dehidrasi.

Demam akan meningkatkan penguapan cairan tubuh. Karenanya bayi dan anak beresiko mengalami dehidrasi. Berikan cairan lebih banyak. Berikan air, air sup, jus buah segar yang dicampur air, es batu, es krim.

Bila muntah atau diare, berikan minuman elektrolit : pedialyte, oralit.



3. Ruangan dijaga agar tidak panas, pasang kipas angin. Anak memakai baju yang tipis.



4. Kompres air hangat atau berendam di ari hangat.



5. Biarkan anak memakan apa yang diinginkan. Jangan dipaksa. Hindarkan makanan berlemak, karena sulit dicerna oleh tubuh.



6. Meskipun anak dianjurkan untuk tidak masuk sekolah, bukan berarti ia harus berada di tempat tidur seharian.



7. Pemberian obat penurun panas mengikuti aturan berikut :

104 (>40C) : Beri obat penurun panas, kompres hangat, hubungi dokter.



Ingat: DO NOT TREAT LOW GRADE FEVER (< 38.3C)



SLIDE 8. COLDS AND FLU

Penyebabnya infeksi virus. Umumnya berlangsung selama 5 hari (3 14 hari rentangnya) tergantung daya tahan tubuh dan tergantung ada tidaknya penderita flu di rumah atau di sekolah. Jika bai dan anak memiliki saudara kandung yang lebih besar dan sudah bersekolah, maka ia sangat potensial sering mengalami colds & flu.



Tidak ada obat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh anak terhadap infeksi virus flu akan meningkat sejalan dengan waktu



Tatalaksana:

v Yang paling dibutuhkan adalah cairan, sering minum meski sedikit2.

v Supaya ingus tidak kental dan menyumbat jalan nafas, berikan air garam steril sebagai tetes hidung. Air garam steril ini tidak akan menimbulkan efek samping. Menghirup uap air panas juga banyak membantu saat mengalami colds & flu.

v Apabila pada malam hari tiak dapat tidur karena hidung tersumbat, beri tetes hidung untuk menghilangkan pembengkakan di dalam hidung (Breathy).

v Humid environment, jangan kering seperti dalam ruangan berAC. Kalau perlu, taruh satu ember berisi air mendidih setelah anak tidur.

v Paracetamol bila bayi/anak uncomfortable atau high fever (>38.5)

v Di lain pihak, kita sering mengacaukan alergi dengan flu. Pada alergi yg mengenai hidung, anak juga akan meler tetapi anak tidak demam, tetap aktif bermain. Bukan berarti juga anak menderita infeksi virus flu.



Pencegahan:

v Sering cuci tangan

v Hindari kontak erat dengan penderita flu

v Jaga kebersihan rumah seperti di kamar mandi, dapur, dsb.



Kapan menghubungi dokter?

v Persistent cough, fever > 72 hours

v Sesak nafas, kuku dan bibir tampak biru

v Luar biasa rewel, atau luar biasa mengantuk (sangat sulit dibangunkan)



Ingat: Tidak ada obat pilek yang efektif untuk bayi dan anak.



SLIDE 9. SORE THROAT / PHARYNGITIS (Radang tenggorokan & infeksi amandel)

v Umumnya disebabkan oleh infeksi virus. ARTINYA: akan sembuh sendiri self limiting; dan samasekali tidak memerlukan antibiotik.

v Hanya sekitar 15% saja yg infeksinya disebabkan oleh kuman Streptococcus dan umumnya menyerang anak usia 4 7 tahun. Dengan catatan, diagnosisnya harus berdasarkan biakan usap tenggorokan.



Tatalaksana



Banyak minum; minuman yg hangat akan memberikan rasa nyaman di tenggorokan.



Untuk anak yg lebih besar, bisa diajarkan untuk kumur2 atau mengisap lozenges.



Kalau panas atau kesakitan, berikan paracetamol (seperti panadol atau tempra).



Kalau hidung tersumbat, dapat diberikan tetes hidung NaCl dan menghirup uap panas. Kalau anak sangat terganggu, dapat diberikan Nasal decongestant.



SLIDE 10. COUGHS



Jika kita membaca literaratur kedokteran, sering diungkapkan bahwa batuk merupakan suatu mekanisme tubuh untuk mengeluarkan sesuatu yang mengganggu saluran nafas kita, seperti dahak, riak, benda asing (kacang, dsb). Batuk sebagai anugerah terindah dari Tuhan sering disikapi dengan tidak bijak oleh mereka yang tidak memahaminya.



Andaikan kita perhatikan sejenak para pada penderita stroke misalnya. Karena adanya gangguan dalam otak, refleks batuknya terganggu. Akibatnya dahak menumpuk di paru2 dan ybs umumnya mengalami pneumonia. Hingga berefek fatal kematian pada penderita tsb.



Batuk bukanlah momok. Melalui batuk, kita tetap dapat bernafas, karena lendir yang mengganggu saluran nafas akan dikeluarkan saat batuk. Dengan batuk, kita terhindari dari bahaya tersedak benda asing yang masuk ke saluran nafas kita.



Yang terpenting yang harus kita lakukan adalah mencari tahu apa penyebab batuk. Infeksi kah atau bukan infeksi.



Pada anak, batuk umumnya disebabkan oleh infeksi virus atau oleh alergi.



Batuk akibat infeksi virus flu misalnya bisa berlangsung sd 2 minggu. Bahkan lebih lama lagi bila anak kita sensitif atau alergi, atau bila di rumah ada anak lain yang lebih besar yang juga sedang sakit. Batuk karena alergi juga bisa berlangsung lama atau hilang timbul selama pencetus alerginya tidak diatasi. Alergi yang dimaksud bisa dalam bentuk alergi hidung (Allergic rhinitis), asma, alergi suatu zat dari lingkungan. Penyebab lainnya adalah sinusitis, reflux, pneumonia.



Tatalaksana :

M Cari PENYEBAB batuk.



Jika batuk disebabkan oleh produksi dahak yang berlebihan, maka upaya yang perlu dilakukan adalah mengurangi produksi lendir. Melalui cara :

v Minum banyak yang hangat misalnya lemon

v Jangan ada asap rokok

v Rangan jangan kering (Moist air - kamar mandi - buka keran air panas biarkan beberapa lama sehingga ruangan, atau taruh satu ember air panas mendidih, atau pasang humidifier)

v Agar anak lebih nyaman, tidurkan dengan bantal agak tinggi

v NO ANTIBIOTICS. Ingat ! Kebanyakan batuk tidak memerlukan antibiotik

v NO cough suppressant. Jangan mengkonsumsi obat penekan refleks batuk (seperti DMP). Anehnya, anak kita sering mendapatkan obat racikan / puyer yang salah satu kandungannya codein (sejenis narkotika) yang tidak diketahui manfaatnya.



Pada dasarnya, TIDAK ADA yang namanya obat batuk itu.

Juga tidak ada obat pencair dahak. Cari pencetusnya !



SLIDE 11. BRONCHITIS (INFEKSI SALURAN NAFAS)



Penyebab banyak, tetapi yang tersering adalah alergi (Allergic rhinitis, asthma, environmental exposures). Bisa juga karena sinusitis, refluks, reaksi obat, kelainan bawaan saluran napas, tersedak benda asing, pneumonia (virus, jamur). Mohon diingat pneumonia belum tentu karena infeksi bakteri. Jadi - belum tentu perlu antibiotik. Biasanya ditandai dengan batuk lama.



Tatalaksana :

v Mencari penyebab. Bila karena alergi modifikasi lingkungan sekitar untuk mengurangi eksposur pada anak

v Humidifikasi

v Ekstra cairan, dll



Jika anak kita dinyatakan menderita bronkitis, maka kita harus segera berpikir bahwa -itis di sini artinya radang inflamasi. Penyebabnya belum tentu infeksi bakteri - mayoritas bronkitis pada anak tidak perlu antibiotik.



SLIDE 12. EAR INFECTION



Penyebab :

v Umumnya karena infeksi virus

v Pasca infeksi hidung atau radang tenggorokan seperti cold / flu

v Tooth problem



Gejala:

v Sakit telinga (biasanya 1 sisi), demam, pilek dengan hidung buntu, rewel, telinga di-tarik2, nafsu makan menurun

v Kadang2 tampak cairan kuning keluar dari telinga, kadang2 juga anak mengalami sedikit gangguan pendengaran

v Rata-rata setiap anak mengalami infeksi minimal 1 x sebelum usia 5 tahun.



Tatalaksana :

v Penghilang rasa sakit

v Posisi tegak/upright position,

v Jangan ada yang merokok

v Jangan minum susu dari dot-botol sambil tiduran

v Air hangat di botol, bungkus kain perca, taruh di atas telinga

v Kalau perlu minum obat decongestant (mengurangi hidung buntu)



Pencegahan: berikan ASI selama mungkin



Hubungi DOKTER / penggunaan ANTIBIOTIK :

v Bila berkepanjangan, lebih dari 2 minggu atau

v Bila infeksi berat dan anak kesakitan hebat



SLIDE 13. DIARRHEA - VOMITING

Hampir serupa dengan batuk, diare & muntah adalah anugerah terindah yang Tuhan berikan pada manusia. Diare & muntah adalah mekanisme alami tubuh untuk mengeluarkan racun, virus/kuman yang masuk ke dalam tubuh. Diare & muntah itu ibarat alarm tubuh untuk memberitahukan bahwa ada sesuatu yg tidak beres dalam tubuh kita.



Yang perlu dilakukan adalah mencari PENYEBAB nya.



Tidak perlu diberikan obat anti muntah atau obat untuk mampetkan diarenya. Obat-obat tsb memang akan mengurangi/menghentikan diare/muntah, tetapi tidak mengobati penyakitnya.



Perbaikan tersebut bersifat semu. Ibarat bom waktu. Kita terkecoh seolah anak membaik, padahal penyakitnya masih terus berlangsung. Selain itu, obat2 tersebut juga bukan tanpa risiko / efek samping.





PENYEBAB:



v >80% penyebabnya pada anak, terutama bayi, adalah virus. Dikenal juga dengan ROTAVIRUS.

v Food poisoning

v Alergi makanan,

v Pemakaian antibiotik.



TATALAKSANA CEGAH DEHIDRASI - Minum banyak

v ASI diteruskan, campur dg Oral rehydration Solution (ORS) seperti pedialit atau oralit.

v Perbanyak minum.

v Bila diare hebat, fokus pada upaya rehidrasi (menjaga agar tidak dehidrasi). Kalau perlu, untuk sementara waktu tidak perlu makan sampai dehidrasi teratasi











Kapan menghubungi dokter?

v Ada darah di tinja atau tinja berwarna hitam

v Tanda-tanda dehidrasi berat : tidak buang air kecil > 8 jam, bibir kering, air mata kering ketika menangis, skin turgor menurun (jika tangan dicubit, tidak akan kembali seperti semula), mata cekung, abdomen (sekitar perut) cekung, fontanelle (ubun-ubun) pada bayi cekung.

v Luar biasa mengantuk, sulit dibangunkan

v Luar biasa lemas, layu



PRINSIP:

v Umumnya tidak perlu diberi antibiotik, antibiotik hanya bila tinja berdarah (butuh evidence/lab). Pada banyak kasus, antibiotik justru akan memperparah diarenya. Belum lagi pemakaian antibiotik tidak pada tempatnya akan menyebabkan infeksi tambahan oleh jamur/fungus/candida

v Jangan minum obat untuk menghentikan diare seperti primperan, motilium, juga tidak perlu minum Kaopectate, smecta, ensim, dsb.

v Pada diare biasa, tidak perlu mengganti susu formula.

- INGAT - Jangan memberikan obat anti muntah!!!!



SLIDE 14. KONSTIPASI



PENYEBAB:

Penyebab utama biasanya pola perilaku, khususnya pola konsumsi makanan yang low-fiber, high-fat & high-sugar.



Pola makan kita dulu sarat dengan sayur dan buah (serat), sekarang beralih ke fast food yang bukan hanya rendah serat, tetapi juga tinggi garam dan lemak. Penyebab lainnya adalah:

v Kurang minum

v Ignoring the urge (anak mengacuhkan rasa ingin buang air besar dan justru menahannya)

v Kurang gerak/olah raga, banyak duduk

v Penyakit: Hypothyroidism (kelenjar gondok kurang berfungsi, jarang, ada gejala lain sejak bayi seperti retardasi mental), retardasi mental



GEJALA:

v Sakit perut, melilit, mules, kembung

v Nafsu makan menurun

v Rewel

v Celana dalam ada berkas tinja (Soiled underwear)

v Tinja keras, tinja ada goresan/bercak darah (Large/blood streaked stools)

v Sering buang air kecil



TATALAKSANA :

v Minum banyak

v Pola makan yang kaya serat

v Lebih memperhatikan bowels habit dari anak.

v Melatih anak akan kebersihan.

v Berbicara & diskusi dengan anak.

   
Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like
Hai Semua,



Betul kata Bunda Andra, bikin home made adalah yang paling aman. jadi gak usah takut sama bakteri. Awalnya dikenalin dulu sama satu rasa, setelah 2 minggu baru dikombinasi sm beberapa rasa..



Ada beberapa resep puree dan MP-ASI lain yang mudah-mudahan bisa dicontek yah..



BAHAN: SAYUR-MAYUR



PUREE MENTIMUN

Kategori: Sayuran; Usia 6 bln+

Bahan:

1 buah mentimun kecil, kupas, buang bijinya, lalu potong-potong

Cara Membuat:

1. Haluskan dengan garpu atau food processor.



PUREE TERONG

Kategori: Sayuran; Usia 6 bln+

Nutrisi Utama: Potasium

Bahan:

1 buah terong ungu ukuran sedang, kupas kulitnya

Cara Membuat:

1. Cuci bersih terong dan buang bijinya. Potong-potong.

2. Rebus terong sampai lunak

3. Tiriskan lalu haluskan.

Cara Lain:

1. Cuci bersih terong dan buang bijinya. Potong-potong.

2. Panggang terong daalm oven sampai lunak.

3. Haluskan.



PUREE SELEDRI

Kategori: Sayuran; Usia 6 bln+

Nutrisi Utama: Potasium

Bahan:

3 batang seledri

Cara Membuat:

1. Cuci bersih dan cincang halus.

2. Tuang ke dalam cangkir tahan panas. Kukus selama 5-10 menit. Angkat.

3. Haluskan dengan blender/saringan kawat. Tambahkan air/ASI/susu formula.



PUREE UBI JALAR

Kategori: Sayuran; Usia 6 bln+

Nutrisi Utama: Beta-karotin & Potasium

Bahan:

1 buah ubi jalar, sikat kulitnya sampai bersih

ASI/Susu Formula

Cara Membuat:

1. Panaskan oven dengan suhu 180C.

2. Letakkan ubi pada wadah yang sudah dialasi aluminium foil.

3. Panggang sampai matang (kira-kira 1 jam)

4. Kupas kulitnya, potong-potong dagingya lalu haluskan.

5. Tambahkan ASI/Susu Formula untuk mengencerkan.

* selain dipanggang, ubi jalar juga bisa dikukus hingga lunak.



PUREE BUNCIS

Kategori: Sayuran; Usia 8 bln+

Nutrisi Utama: Potasium

Bahan:

1 genggam buncis, cuci bersih, potong ujungnya, buang serat di pinggirannya, potong-potong

ASI/Susu Formula

Cara Membuat:

1. Kukus buncis sampai matang.

2. Haluskan dengan blender, agar tekstur lebih halus, saring dengan saringan kawat. Tambahkan ASI/Susu Formula untuk mengencerkan.



PUREE BROKOLI

Kategori: Sayuran; Usia 8 bln+

Nutrisi Utama: Potasium, Beta-karotin & Vitamin C

Bahan:

3 kuntum brokoli

Cara Membuat:

1. Cuci brokoli lalu kukus/rebus sampai lunak (5-10 menit).

2. Tiriskan dan haluskan dengan garpu atau food processor.

3. Tambahkan air rebusan bila terlalu kental.



PUREE WORTEL

Kategori: Sayuran; Usia 8 bln+

Nutrisi Utama: Beta-karotin

Bahan:

2 bh wortel

Air matang/ASI/susu formula

Cara Membuat:

1. Wortel dikupas, cuci bersih, iris tipis-tipis.

2. Kukus selama 10 menit atau sampai empuk. Angkat dan tiriskan.

3. Haluskan dengan garpu atau blender.

4. Tambahkan air/ASI/susu formula atau kaldu untuk mengencerkan.

* Wortel diperkenalkan setelah anak umur 8 bulan, kandungan nitrate yang tinggi tidak baik untuk anak di bawah 8 bulan. Jangan gunakan air bekas merebus/mengukus wortel dan sayuran lain yang kandungan nitratnya tinggi (bayam, brokoli, bit, dll)



PUREE KEMBANG KOL

Kategori: Sayuran; Usia 8 bln+

Nutrisi Utama: Potasium

Bahan:

1 buah kembang kol

Cara Membuat:

1. Ambil kuntumnya, cuci bersih, kukus hingga empuk, kira-kira 10-15 menit. Tiriskan.

2. Setelah dingin diblender/saring dengan saringan kawat.

3. Tambahkan air/ASI/susu formula jika diperlukan untuk mencairkan.



PUREE KACANG POLONG

Kategori: Sayuran; Usia 6 bln+

Nutrisi Utama: Potasium & Niacin (a B Vitamin)

Bahan:

4 sdm kacang polong segar atau beku/frozen

Cara Membuat:

1. Cuci kacang polong kalau pilih yang segar.

2. Kukus hingga lunak. Angkat dan tiriskan.

3. Haluskan lalu saring supaya kulit tidak ikut termakan (khususnya untuk bayi usia di bawah 8 bulan)

4. Tambahkan air/ASI/Susu Formula sampai mencapai kekentalan yang diinginkan.



PUREE KENTANG

Kategori: Sayuran; Usia 6 bln+

Nutrisi Utama: Potasium & Niacin (a B Vitamin)

Bahan:

3 buah kentang, kupas, cuci lalu potong-potong

ASI/Susu Formula

Cara Membuat:

1. Kukus kentang sampai lunak

2. Tiriskan dan haluskan dengan garpu atau food processor.

3. Tambahkan ASI/Susu Formula sampai mencapai kekentalan yang diinginkan.



PUREE KENTANG + KACANG POLONG

Kategori: Sayuran; Usia 6 bln+

Nutrisi Utama: Vitamin C & Potasium

Bahan:

1 genggam kacang polong

2 buah kentang ukuran sedang, kupas, potong-potong

Cara Membuat:

1. Kukus kentang dan kacang polong hingga lunak. Angkat dan tiriskan.

2. Campurkan kedua bahan lalu haluskan.

3. Tambahkan air/ASI/susu formula/kaldu sampai mencapai kekentalan yang diinginkan.



PUREE KENTANG + ZUCCHINI

Kategori: Sayuran; Usia 6 bln+

Nutrisi Utama: Vitamin C & Potasium

Bahan:

2 buah zucchini ukuran sedang, kupas, buang bijinya lalu potong-potong

2 buah kentang ukuran sedang, kupas, potong-potong

ASI/Susu Formula

Cara Membuat:

1. Kukus zucchini dan kentang masing-masing sampai lunak.

2. Haluskan kedua bahan, tambahkan ASI/Susu Formula untuk mengencerkan



BUBUR BERAS MERAH + KACANG POLONG

Kategori: Sayuran; Usia 6 bln+

Nutrisi Utama: Vitamin C & Carbohydrates

Bahan:

4 sdm kacang polong

1/4 cangkir nasi beras merah yang sudah matang

Cara Membuat:

1. Kacang polong dicuci bersih lalu dikukus selama 10 menit. Angkat dan dinginkan.

2. Campur kacang polong dan nasi, haluskan.

3. Tambahkan air matang/kaldu/.ASI/susu formula untuk mengencerkan.



UBI KUNING/JEPANG + APEL PANGGANG

Kategori: Sayuran; Usia 6 bln+

Nutrisi Utama: Beta-karotin, Vitamin C & Serat

Bahan:

2 buah apel merah, cuci bersih, buang bagian tengahnya lalu potong-potong

1 buah ubi , kupas, potong-potong

Mentega Tanpa Garam (Unsalted Butter) secukupnya

60 ml ASI/Susu Formula atau air

Cara Membuat:

1. Panaskan oven dengan suhu 180C.

2. Letakkan apel dan ubi jalar pada pinggan tahan panas yang sudah dioles unsalted butter.

3. Panggang selama 30 menit atau sampai lunak.

4. Haluskan. Tambahkan air matang/kaldu/.ASI/susu formula untuk mengencerkan.



PUREE KENTANG + SAYUR

Kategori: Sayuran; Usia 8 bln+

Nutrisi Utama: Vitamin C, Beta-karotin & Potasium

Bahan:

1 genggam batang buncis, cuci, buang ujungnya, potong-potong

1 genggam wortel mini (baby carrots), kupas lalu potong dadu

2 buah kentang ukuran sedang, kupas lalu potong-potong

Cara Membuat:

1. Kukus wortel, buncis dan kentang bersamaan dengan wadah terpisah sampai lunak

2. Haluskan semua bahan dalam food processor.



SAUS WORTEL DAN APEL

Kategori: Sayuran; Usia 8 bln+

Nutrisi Utama: Beta-karotin, Potasium & Vitamin C

Bahan:

2 buah wortel

2 buah apel merah/fuji

Cara Membuat:

1. Wortel dikupas, cuci bersih dan potong kecil-kecil. Kukus sampai empuk, tiriskan.

2. Apel dikupas, potong sedang, kukus sampai empuk. Tiriskan.

3. Campurkan wortel dan apel, haluskan dengan blender.

4. Tambahkan air/ASI/susu formula untuk mengencerkan.

Alternatif penyajian: puree wortel dan puree apel disajikan secara terpisah.



NASI TIM WORTEL

Kategori: Sayuran; Usia 8 bln+

Nutrisi Utama: Karbohidrat, Vitamin A, Potassium

Bahan:

5 sm beras merah/putih

6 bh wortel

3 cangkir air

Cara Membuat:

1. Wortel dikupas dan dibersihkan. Cincang halus.

2. Beras dicuci.

3. Masukkan beras dalam air mendidih, masak hingga 20 menit sambil terus diaduk.

4. Tambahkan wortel.

5. Masak lagi selama 10-20 menit. Angkat.

6. Jika kurang encer, tambahkan air/susu formula/ASI.

7. Dapat disajikan langsung atau dihaluskan terlebih dahulu dengan saringan kawat untuk anak 8 bulan.



BUBUR NASI WORTEL

Kategori: Sayuran; Usia 8 bln+

Nutrisi Utama: Beta-karotin, B-Vitamins & Serat

Bahan:

2 sdm beras coklat

6 batang wortel ukuran sedang, kupas, potong-potong

350 ml air

Cara Membuat:

1. Rebus beras dan wortel dalam air sampai matang (kira-kira 30 menit).

2. Haluskan.



PUREE KENTANG + WORTEL

Kategori: Sayuran; Usia 8 bln+

Nutrisi Utama: Karbohidrat, Vitamin A & Potasium

Bahan:

1 batang wortel, potong ujungnya, cuci bersih kulitnya

1 buah kentang, cuci bersih kulitnya

Optional:

ASI/Susu Formula

Baby Cereal* (Rice, Oatmeal, Mixed, etc.)

Cara Membuat:

1. Potong-potong wortel dan kentang sebesar dadu.

2. Kukus kentang dan wortel masing-masing sampai lunak.

3. Haluskan kedua bahan. Tambahkan ASI/Susu Formula sampai mencapai kekentalann yang diinginkan.

*Baby cereal adalah sumber zat besi serta kalsium yang bagus.





SUP WORTEL KACANG POLONG

Kategori: Sayuran; Usia 8 bln+

Nutrisi Utama: Beta karotin dan Protein

Bahan:

1 bh wortel

cangkir kacang polong

1 cangkir air matang

ASI/Susu Formula

Cara Membuat:

1. Wortel dikupas, cuci bersih dan potong kecil-kecil.

2. Kacang polong dicuci bersih.

3. Kukus sayuran sampai empuk.

4. Angkat dan haluskan dengan blender.

5. Tambahkan air matang/ASI/susu formula untuk mengencerkan.

6. Sajikan selagi hangat.



SUP KRIM SAYUR

Kategori: Sayuran; Usia 8 bln+

Nutrisi Utama: Kalsium, Potasium & Beta-karotin

Bahan:

1 batang wortel, kupas, potong-potong

1 genggam buncis, cuci bersih, potong ujungnya, buang serat di pinggirannya, potong-potong

2 buah kentang ukuran sedang, kupas, potong-potong

350 ml kaldu ayam

200 ml ASI/SUSU Formula

Cara Membuat:

1. Kukus wortel, buncis dan kentang masing-masing sampai matang.

2. Campur sayuran lalu haluskan.

3. Tambahkan kaldu ayam dan ASI/Susu Formula.



MAKARONI/MI + SAYUR

Kategori: Sayuran; Usia 8 bln+

Nutrisi Utama: Vitamin A & C, Karbohidrat

Bahan:

1 genggam buncis, cuci bersih, potong ujungnya, buang serat di pinggirannya, potong-potong

cangkir wortel mini yang sudah dikupas

cangkir kacang polong

1 buah zucchini ukuran sedang, buang bijinya lalu potong-potong

1 cangkir macaroni/mi

Cara Membuat:

1. Kukus buncis dan wortel selama 5 menit.

2. Tambahkan kacang polong dan zucchini.

3. Kukus sampai semua bahan lunak.

4. Rebus macaroni/mi sampai lunak.

5. Haluskan/cincang semua bahan, tambahkan air sisa mengukus untuk mengencerkan.



SUP SAYUR + MINT

Kategori: Sayuran; Usia 8 bln+

Nutrisi Utama: Vitamin A & C

Bahan:

2/3 cangkir kacang polong

genggam buncis, cuci bersih, potong ujungnya, buang serat di pinggirannya, potong-potong

2 helai daun mint, cuci bersih

Cara Membuat:

1. Kukus kacang polong dan buncis sampai lunak.

2. Tambahan daun mint, kukus lagi 3 menit.

3. Haluskan bahan, tambahkan air sisa mengukus jika kurang encer.



PUREE SAYUR CAMPUR

Kategori: Sayuran; Usia 8 bln+

Nutrisi Utama: Karbohidrat, Vitamin A & Potasium

Bahan:

1 batang wortel, kupas, potong-potong

1 buah kentang ukuran sedang, kupas, potong-potong

1 batang seledri, potong-potong

1/2 cangkir kacang polong

Optional:

ASI/Susu Formula

Baby Cereal* (Rice, Oatmeal, Mixed, etc.)

Cara Membuat:

1. Kukus sayur-sayuran dan kentang sampai lunak.

2. Haluskan semua bahan.

3. Tambahkan ASI/Susu Formula dan Baby cereal jika suka.

*Baby cereal adalah sumber zat besi serta kalsium yang bagus.



KENTANG KEJU PANGGANG

Kategori: Sayuran; Usia 9 bln+

Bahan:

1 buah kentang, cuci dan sikat kulitnya sampai bersih

1 kuning telur

2 sdm keju parut

2 sdm air

Cara Membuat:

o Panggang kentang sampai lunak (kira-kira 1 jam).

o Dinginkan.

o Ambil daging kentang, lalu haluskan.

o Campurkan kuning telor, keju dan air.

o Tuang pada wadah kecil yang tahan panas, lalu panggang sampai matang selama 15 menit.



RESEP MP-ASI LAINNYA



TIM BAYAM TUNA



Bahan:

70 gr beras

500 cc kaldu ayam sayuran

50 gr fillet tuna, iris dadu

50gr wortel, kupas, potong dadu

50 gr bayam, cincang kasar

2 kuning telur



Kaldu ayam sayuran

Bahan kaldu:

500 gr tulang ayam

1 ltr air

1 bh wortel iris kasar

1/2 btr bawang bombai, iris kasar

2 lbr daun salam

2 btg seledri iris kasar



Cara membuat Kaldu:



Rebus tulang ayam dalam satu liter air. Setelah air rebusan tersisa sekitar 750 cc, masukkan sisa semua Bahan dan rebus selama 15 menit. Angkat dan saring airnya.



Cara membuat Tim:

1. Masukkan beras dan ikan ke dalam kaldu ayam sayuran hingga lunak.

2. Masukkan wortel dan teruskan merebus.

3. Tambahkan bayam dan kuning telur, aduk dan rebus selama 3 menit. Angkat.

4. Masukkan ke dalam pinggan tahan panas, kukus selama 15 menit.

5. Tuangkan ke dalam wadah khusus bayi. Sajikan saat sudah dingin.



Untuk 2 porsi





* Nasi Tim Saring Ayam Isi Keju (1 Porsi)



Bahan:

20 gr beras, cuci bersih

625 cc air

25 gr daging ayam

25 gr tempe

25 gr buncis

25 gr tomat

10 gr keju parut



Cara membuat:

1. Campur beras dengan air, daging ayam, dan tempe. REbus sambil terus diaduk hingga menjadi bubur.

2. Masukkan buncis dan tomat, masak hingga sayuran matang.

3. Masukkan keju parut, aduk rata, angkat.

4. Haluskan dengan blender atau saringan kawat.

5. Tempatkan dalam wadah, siap diberikan pada bayi.



* Nasi Tim Saring Hati Sapi (1 Porsi)



Bahan:

20 gr beras, cuci bersih

625 cc air

25 gr hati sapi

25 gr tempe

50 gr labu kuning

25 gr tomat sedikit garam

1 sdt minyak



Cara membuat:

1. Campur beras dengan air, hati sapi dan tempe. rebus sambil terus diaduk hingga menjadi bubur.

2. Masukkan labu kuning dan tomat, masak hingga sayuran menjadi matang. Beri garam dan minyak, aduk rata.

3. Haluskan dengan blender atau saringan kawat.

4. Tempatkan dalam wadah, siap diberikan pada bayi.



* Nasi Tim Saring dengan Daging (1 Porsi)



Bahan:

20 gr beras, cuci bersih

625 cc air

25 gr daging giling

50 gr tahu

50 gr oyong

25 gr tomat sedikit garam

1 sdt mentega/margarin



Cara membuat:

1. Campur beras dengan air, daging, dan tahu. Rebus sambil terus diaduk hingga menjadi bubur. 2. Masukkan oyong dan tomat, masak hingga sayuran menjadi matang.

3. Masukkan garam dan margarin/mentega, aduk rata. Angkat.

4. Haluskan dengan blender atau saringan kawat.

5. Tempatkan dalam wadah, siap diberikan pada bayi.



* Nasi Tim Saring dg Teri (1 Porsi)



Bahan:

20 gr beras, cuci bersih

625 cc air

25 gr tempe

25 gr daun bayam

25 gr tomat

1 sdm teri bubuk

1 sdm minyak



Cara membuat:

1. Campur beras dengan air dan tempe. Rebus sambil terus diaduk hingga menjadi bubur.

2. Masukkan bayam, tomat, dan teri bubuk. Masak hingga matang.

3. Masukkan minyak, aduk rata, angkat, dinginkan. Haluskan dengan blender atau saringan kawat.

Catatan: Cara membuat teri bubuk: cuci bersih teri medan dalam jumlah sekehendak, lalau sangrai sampai kering dan berwarna kecoklatan, angkat. Tumbuk halus teri sangrai, simpan dalam toples.



* Nasi Tim Saring dg Telur (1 Porsi)



Bahan:

20 gr beras, cuci bersih

625 cc air

25 gr tempe

25 gr tomat

25 gr daun kangkung, iris kasar

1 kuning telur sedikit garam

1 sdm santan kental



Cara membuat:

1. Campur beras dengan air dan tempe. Rebus sambil terus diaduk hingga menjadi bubur.

2. Masukkan tomat dan kangkung, masak hingga sayuran menjadi matang.

3. Masukkan kuning telur dan santan, beri garam. Masak hingga mendidih, angkat.

4. Haluskan dengan blender atau saringan kawat.

5. Tempatkan dalam wadah, siap diberikan pada bayi.



* Tim Kentang Saring (1 Porsi)



Bahan:

100 gr kentang, kupas kulitnya, potong sedang

250 cc air

25 gr tempe

25 gr wortel

25 gr tomat

1 kuning telur

10 gr keju parut



Cara membuat:

1. Campur kentang dengan air dan tempe. Rebus hingga kentang lunak.

2. Masukkan wortel dan tomat, masak hingga sayuran matang.

3. Masukkan kuning telur dan keju parut, aduk rata. Angkat.

4. Haluskan dengan blender atau saringan kawat.

5. Tempatkan dalam wadah, siap diberikan pada bayi.



* Nasi Tim Saring Hati Ayam (1 Porsi)



Bahan:

20 gr beras, cuci bersih

625 cc air

25 gr hati ayam

26 gr tempe

27 gr tomat

28 gr daun bayam, iris kasar

1 sdt margarin/ mentega



Cara membuat:

1. Campur beras yang sudah dibersihkan dengan air, hati ayam, dan tempe. Rebus sambil terus diaduk hingga menjadi bubur.

2. Masukkan bayam dan tomat, masak hingga sayuran matang. Angkat.

3. Masukkan margarin/ mentega, aduk rata.

4. Setelah dingin, haluskan dengan blender atau saringan kawat. Tempatkan dalam wadah, siap diberikan pada bayi.



*Nasi Tim Saring Bumbu Kecap (1 Porsi)



Bahan:

20 gr beras, cuci bersih

625 cc air

25 gr hati ayam

25 gr tempe

25 gr tomat

50 gr labu siam

1 sdm kecap manis

1 sdt margarin/mentega



Cara membuat:

1. Rebus beras dengan air dan hati ayam serta tempe sampai menjadi bubur.

2. Masukkan labu siam dan tomat, masak terus sambil diaduk hingga sayuran matang.

3. Masukkan kecap dan margarin/mentega, aduk rata. Haluskan dengan blender atau saringan kawat.

4. Siapkan dalam wadah, siap diberikan pada bayi.



* Nasi Tim Saring Ikan Kakap (1 Porsi)

Bahan:

20 gr beras, cuci bersih

625 cc air

25 gr daging ikan kakap

30 gr tahu

25 gr tomat

25 gr daun kangkung, iris kasar



Cara membuat:

1. Campur beras dengan air, ikan dan tahu. Rebus sambil terus diaduk hingga menjadi bubur

2. Masukkan tomat dan kangkung, beri garam dan minyak. Masak hingga sayuran matang, angkat.

3. Haluskan dengan blender atau saringan kawat. TUang dalam wadah, siap diberikan pada bayi.



* Nasi Tim Saring Ikan Tenggiri (1 Porsi)



Bahan:

20 gr beras, cuci bersih

625 cc air

25 gr daging ikan tenggiri

25 gr tempe

50 gr labu siam

50 gr tomat

1 sdm kecap manis

1 sdt margarin/mentega



Cara membuat:

1. Campur beras dengan air, ikan dan tempe. Rebus sambil terus diaduk hingga menjadi bubur. 2. Masukkan labu siam dan tomat, masak terus sambil diaduk hingga sayuran matang.

3. Masukkan kecap manis dan margarin/mentega, aduk rata. Haluskan dengan blender atau saringan kawat.

4. Tempatkan dalam wadah, siap diberikan pada bayi.



* Nasi Tim Saring Ayam dg Wortel (1 Porsi)



Bahan:

20 gr beras, cuci bersih

625 cc air

25 gr daging ayam giling

25 gr wortel

25 gr tomat

25 gr tempe

sedikit garam

1 sdt margarin/mentega



Cara membuat:

1. Campur beras dengan air, daging ayam dan tempe. Rebus sambil terus diaduk hingga menjadi bubur.

2. Masukkan wortel dan tomat, masak hingga sayuran matang.

3. Masukkan garam dan margarin/mentega. Aduk rata. Angkat.

4. Haluskan dengan blender atau saringan kawat. Tuang dalam wadah. Siap diberikan pada bayi.



Semoga Berguna yah...

Array Array