SITE STATUS
Jumlah Member :
493.663 member
user online :
1774 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: perkembangan janin usia 21 mg

New Topic :  
Jumlah Posts : 13
Jumlah di-Like : belum ada like
@Bunda Ifhi: G msti hrs sgitu Bun, pasti beda2 jg BBJ d usia sgitu, coba Bunda bandingin dgn tabel perkembangan janin, bisa dibrowsing. Klo UK 21-22W itu rata2 BBJ 400Gr, PB 25cm.. Klo lbih ya syukur Bun, asal jgn tllu byk lbihx.. Nah, gunanya kontrol tiap bulan kn bisa USG liat pertumbuhan n perkembangan janin, konsul k dokterx jg, slama dokterx bilang normal, ya Qt g perlu was" ato khawatir.. Hehe.. @Bunda Sinchan: Udah kliatan kog 20w, sbnerx c usia 16w uda kliatan kn udah terbntuk organ reproduksix, tp msh amat kecil, jdx dokter blm yakin akan JK dedex, jd di bulan berikutx baru tergambar jelas de.. Tp yaw gitu, tgtg posisi debayx jg c pas d USG lg gimana, klo posisix tengkurap yaw ga kebaca de walo bagaimnapun.. @Bunda Gina: Bunda apa wktu periksa tdk menanyakan ke dokter, untuk BBJ nya? Tp klihatan kog Bun, dr hasil USGx, bisa dibaca kog..
   


20-12-2013 11:41:17 hamil bayi kembar
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8

Dear bunda Dewi Sartika Dewi,  

Sebelumnya saya ucapkan selamat atas kehamilannya ya bunda, Untuk perkembangan janin kembar, sama dengan janin tunggal bunda. Untuk menandakan janin dalam keadaan sehat, dapat dipantau dari gerakannya, untuk usia kehamilan 17 minggu biasanya gerakannya janin masih belum dapat dirasakan pada beberapa bunda, karena gerakannya masih sangat halus, bunda dapat menunggu hingga usia kehamilan 21 minggu. Disarankan untuk rutin memeriksakan kehamilan, agar dapat terpantau perkembangan kehamilannya

   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
dok usia kehamilan sy menurut hitungan hari ini 10 mg 1 hari tp kok masih mual y??n nafsu makan belum meningkat saolnya perut tiap hari terasa penuh n selalu mual..bagaimana dng perkembangan janin saya kl sy tidak nafusu makan y dok??jg pd usia sgini jika diraba sambil berbaring letak rahim ada disebelah mana y dok??

Dari : MrsDy Triyono

Jawaban:

Dear Bunda, 

Morning sickness (mual & muntah, atau mengidam) sering terjadi pada awal kehamilan (sekitar minggu ke-6 sampai minggu ke-12 kehamilan). Rasa mual ini disebabkan oleh perubahan hormonal yang terjadi pada wanita hamil. Pada dasarnya, morning sickness tidak berbahaya bagi ibu dan janin, namun anda harus segera menemui dokter atau bidan anda bila gejala mual dan muntah sampai menyebabkan hambatan pada asupan nutrisi dan cairan anda (selalu muntah ketika makan dan minum). Makan dan minumlah dalam porsi kecil namun sering, hindari makanan yang berbau tajam dan menyebabkan Anda mual, Anda dapat menghirup aroma lemon atau jahe untuk membantu menghilangkan rasa mual, sebiknya Anda tidak meninggalkan atau telat makan. Konsultasikan keluhan Anda kepada dokter atau bidan Anda bila Anda kesulitan dalam makan dan minum karena mual dan muntah ini. Pada usia kehamilan 10 minggu, uterus berada di atas simfisis pubis.



 


   


01-11-2013 19:30:27 perkenalan
Jumlah Posts : 33
Jumlah di-Like : belum ada like

hai bunda Rizky Fajar,,,, usia ideal untuk wanita boleh hamil yaitu 21-35th,, kalo dibawah 20th memiliki resiko yang lebih tinggi pada kesehatan. Pada usia dibawah 20 tahun secara ilmu kedokteran memiliki organ reproduksi yang belum siap dan beresiko tinggi mengalami kondisi kesehatan yang buruk saat hamil. Selain itu kondisi sel telur belum sempurna dikhawatirkan akan menggangu perkembangan janin Beberapa kondisi kesehatan yang mungkin terjadi adalah  tekanan darah tinggi pada ibu hamil, kelahiran prematur yaitu kelahiran di bawah usia kandungan di bawah 37 minggu. Beberapa kondisi yang dikhawatirkan adalah berat badan bayi yang rendah saat lahir dan mengalami depresi postpartum, dimana rasa kecemasan setelah melahirkan. Hal yang paling dikhawatirkan adalah kematian ibu yang tingi dikarenakan terjadinya pendarahan dan infeksi. Walaupun kondisi kesehatan setiap individu berbeda akan tetapi pemeriksaan ahli medis harus dilakukan dengan ekstra mengingat kondisi yang sangat rawan di usia kehamilan remaja

moga bermanfaat,,, lam knal y 

 

   
Jumlah Posts : 34
Jumlah di-Like : 1
Salam kenal bunda irra...
bunda irra .... bener tuh apa yg udah disaranin sama bunda2...  ga usah terlalu cemas apabila hamil mengendari motor.. Aku juga bund dr sebelum hamil dan selama hamil selalu naik motor.. dibonceng suami jarak dari rumah k kantor cukup jauh... perjalanan bisa 1 jam bahkan lebih.., tapi janinnya sehat sampai lahir.Alhamdulillah anakku sehat dan aktif sekarang anakku sudah 3 bulan bund. Mungkin memang ada faktor2 yg menyebabkanhal itu terjadi pada bunda irra.Aku ada sedikit info niy bund mungkin bisa sedikit membantu menenangkan suami dan berhati2 saat nanti mempersiapkan kehamilan bunda berikutnya.
Perempuan hamil yang menderita depresi klinis atau serangan stres yang ekstrim membutuhkan perawatan medis ekstra. Sebab, kondisi psikologis ibu hamil sangat mempengaruhi perkembangan janinnya. Demikian ungkap Dr. Miguel A. Diego, seorang peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Miami, Amerika Serikat.

"Hasil penelitian yang muat dalam Psychosomatic Medicine Journal ini mengungkapkan bahwa ukuran bayi yang dilahirkan seorang ibu yang sedang stres atau depresi cenderung lebih kecil, baik berat badan maupun panjang tubuhnya dibandingkan bayi yang dilahirkan dari ibu yang tidak mengalami stres," demikian tulis reuters.com.

Dr. Miguel A. Diego dan timnya menemukan bahwa hormon kortisol yang dihasilkan kelenjar adrenalin saat stres menjadi faktor penyebabnya. Dr. Miguel A. Diego menggunakan alat ukur ultrasonografi (USG) untuk melihat perkembangan janindalamkandungan 98 perempuan pada usia kehamilan 16 hingga 29 minggu. Mereka mengukur level hormon dan melakukan evaluasi keseluruhan untuk mengukur tingkat stres ibu. Semakin berat tekanan yang dialami ibu hamil, semakin kecil kemungkinan bayi untuk berkembang. Analisa statistik menunjukkan bahwa kadar hormon kortisol yang tinggi sebanding dengan stres yang dialami dan berat tubuh yang turun.

Untuk mengatasi stres pada ibu hamil, dibutuhkan terapi psikologi atau dukungan sosial yang baik. Sebab pengaruh penggunaan obat-obatan antistres untuk perempuan hamil juga masih menimbulkan pro dan kontra di kalangan ahli kesehatan. "Selain Janintidakberkembang, stres pada perempuan hamil dapat memicu kelahiran prematur," ujar Dr. Miguel A. Diego
Ada dua jenis janintidakberkembang, yaitu :

1. Janin yang dari awal tidak tampak.
Hanya ada kantong kehamilan yang bahasa medisnya disebut blighted ovum (kantong kosong). Tidak tampak janin sama sekali, yang ada hanya semacam suatu rongga di dalam rahim. Pada USG akan tampak gambaran hitam, berisi cairan, dan tidak tampak bayangan calon janin sama sekali.

2. Sudah mulai tampak bayangan calon janin.
Gambarannya biasanya pipih dan kecil berada di dalam rahim. Disebut tidakberkembang kalau memang diameter dan panjang janintidak sesuai dengan usia kehamilan. Biasanya pemeriksaan kehamilan ini dilakukan secara serial, yaitu minimal dua kali dengan jarak dua minggu. Bilamana didapatkan ukuran janintidak bertambah atau bertambah tetapi sesuai dengan pertambahan usia kehamilan, itu yang disebut dengan janintidakberkembang.

PENYEBABNYA BERAGAM

Ada beberapa penyebabjanintidakberkembang, antara lain :

1. Genetik
Ini adalah faktor utama. Bukan faktor keturunan, melainkan dari sperma atau sel telur. Dalam hal ini kualitas dan kuantitas sperma serta sel telur tidak baik sehingga saat penyatuan keduanya hasilnya tidakberkembang secara prima.
Menurut Anita, hal ini biasanya mengarah ke blighted ovum. “Yang jelas, kalau bicara tentang blighted ovum, kita bicara juga tentang kualitas dan kuantitas. Faktor ini bisa berulang dan bisa tidak, tergantung ada masalah produksi sperma dan sel telur atau tidak,” ungkapnya. Penyebab kualitas sperma dan sel telur macam-macam, tergantung dari produksi “pabriknya” (sel telur dari indung telur dan sperma dari produksi spermanya).
Jadi, otomatis gangguan dari proses pembentukan itu bisa bermacam-macam dan tidak bisa dipastikan, dari faktor higienis atau infeksi. Bisakah dicegah? “Susah. Karena sel telur dan sperma sudah ada sejak kita di kandungan ibu. Gangguan-gangguan itu muncul begitu kita lahir.”

2. Infeksi TORCH
Infeksi disebabkan oleh toksoplasma, rubella, CMV atau cito megalo virus, herpes simplex I dan simplex II. Dalam hal ini yang dilihat adalah reflek di tubuh kita, yaitu terbentuknya antibodi terhadap kuman dan virus ini. Jika diasumsikan bermasalah harus segera diterapi. Sebaiknya pemeriksaan ini dilakukan sebelum hamil agar tidak menganggu kondisi si ibu.
Jika sudah hamil sebaiknya dilakukan terapi sepanjang kehamilan. Untuk faktor yang disebabkan infeksi semua terapinya dengan oral atau obat yang diminum.

3. ACA (anticardiolipin) atau pembekuan
Terbentuknya faktor pembekuan yang menyumbat pembuluh-pembuluh darah yang arahnya ke janin sehingga akhirnya pertumbuhan janin terhenti.
Penyebabnya karena faktor imun dimana tergantung pada sensitivitas masing-masing orang. “Semisal, kakak kandung kita memiliki ACA tinggi, walaupun bersaudara belum tentu kita memiliki ACA tinggi. Orang yang tadinya tidak memiliki ACA tinggi, di kemudian hari bisa memiliki ACA tinggi,” jelas Anita.
Jadi, begitu ada kehamilan dia mengangap kehamilan ini musuhnya dan langsung terbentuk pembekuan. Darah membeku dan menyumbat daerah-daerah yang arahnya ke janin. Janin otomatis tidak mendapat suplai baik makanan, minuman, maupun oksigen.
Jika terjadi seperti ini harus segera diterapi, yaitu dengan memberikan obat anti pembekuan darah (bisa berupa obat minum atau suntik, tergantung seberapa berat kasus).
Jika si ibu dikondisikan sudah normal kembali, pada saat hamil pun biasanya dalam pengawasan ketat dan tetap diterapi sampai bayi lahir. Pasalnya, sewaktu-waktu bisa terjadi pembekuan lagi yang menganggu suplai makanan sehingga mengakibatkan janintidakberkembang atau pertumbuhan bayi terhambat.


tidak semua janin dapat berkembang dengan sempurna, ada kalanya terjadi kelainan-kelainan pada janin,

Kelainan-kelainan pada janin


Malformasi atau cacat dapat terjadi melalui tiga cara yaitu:

1. Pengaruh bahan berbahaya dari lingkungan luar selama periode awal perkembangan

2. Penerusan abnormalitas genetik dari induknya.

3.Aberasi kromosom yang terdapat pada salah satu gamet atau yang timbul pada pembelahan pertama.

Kelainan-kelainan pada janin diantaranya adalah :


Teratoma

Teratoma adalah tumor yang mengandung jaringan derivat dua, tiga lapis benih. Terjadi saat janin masih embrio. Terjadinya teratoma adalah karena embrio awal (tingkat clivage, blastula, awal grastula) lepas dari kontrol organizer. Ia seperti tubuh yang kembar tidak seimbang yang satu dapat tumbuh normal yang lain hanya gumpalan jaringa yang tdak utuh atau tidak wajar. Teratoma disebut juga fetus in fetu atau bayi dalam bayi.

Sindrom Down

Sindrom down merupakan kelainan fisik janin dengan ciri ciori yang khas seperti retardsi mental, kelainan jantung bawaan, otot-otot melemah (hypotonia), leukimia, hingga gangguan penglihatan dan pendengaran,. Kelainan ini terjadi karena kelainan pada kromosom yaitu pada kromosom 21. Pada penderita ini memiliki tiga unting kromosom 21 (Corebima, 1997).

Sindrom edward

Adalah kelainan pada janin karena kromosom janin mengalami kelainan. Kelainan ini terjadi karena kromosom 18nya mengalami kelebihan yaitu terdapat tiga untai kromosom 18. ciri kelaian janin ini adalah retardasi mental berat, gangguan pertumbuhan, ukuran kepala dan pinggul kecil, kelaianan pada tangan dan kaki.

Sindrom patau

Nama lain dari kelaianan janin ini adalah trisomi 13. hal ini karena terjadi kelainan pada kromosom ke13 dari pendeita tersebut, yaitu memiliki tiga untai kromosom 13. Ciri dari kelainan ini adalah bibir sumbing, ganggaun berat pada perkembangan otak, jantung, ginjal, tangan dan kaki.biasanya jika gejalanya sangat berat janin akan mati setelah beberapa saat dari kelahiran.

Talasemia

Talasemia adalah salah satu kelainan pada janin. Talasemia ini memiliki ciri dimana tubuh kekurangan salah satu zat pembentuk hemoglobin (Hb) sehingga penderita mengalami anemia berat akibatnya harus transfusi darah seumur hidup

Fenilketinoria

Adalah gangguan metabolisme salah satu jenis asam amino pembentuk protein yaitu fenilalanin yang menyebabkan hambatan atau radiasi mental. Kelainan ini jika dideteksi sejak dini dapat diminimalkan dengan cara memberi asupan fenilalanin yang banyak terdapat pada keju, susu, telur, ikan, daging, pemberian obat atau vitamin tertentu.

Semoga bermanfaat ya bund... Jangan terlalu cemas ya... Semangat  ya bund  untuk persiapan kehamilan berikutnya hehehe ^_^
   


22-07-2011 16:35:59 air ketuban sedikit
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Dok....saat ini usia kehamilan saya memasuki 21 minggu, 1 minggu yang lalu saya kontrol ke dokter kandungan, dari hasil USG di ketahui bahwa air ketuban saya sedikit sekali, dan usia janin saya saat itu masih 4,5 bulan.
Pertanyaan saya :
1. apa penyebab air ketuban sedikit
2. apakah ada pengaruh perkembangan bayi dengan air ketuban yang sedikit
3. apa yang harus saya lakukan sehingga bisa menambah volume air ketuban
4. Kenapa bayi saya perkembangannya agak terlambat?

terima kasih banyak untuk waktu dan informasinya Dok

Dari : Endah Rahmaniarti

Jawaban:

Dear Bunda,

Pada kasus oligohydroamnion (air ketuban dengan jumlah sedikit) berhubungan dengan keadaan pecahnya selaput ketuban, kelainan bawaan pada saluran ginjal atau saluran kemih janin, produksi urine yang berkurang pada janin dalam waktu yang lama, hamil lewat waktu (post term). Pengaruhnya terhadap janin adalah adanya resiko gangguan perkembangan janin dan pergerakan janin di dalam rahim, adanya kesulitan dalam persalinan, maka itu di sarankan untuk operasi Caesar. Untuk menambah volume air ketuban, di sesuaikan dengan keadaan bunda, saat ini cegahlah keadaan dehydrasi dengan meminum cukup cairan, dokter akan mengusulkan pemberian infuse atau cairan amnion tambahan apabila sangat dibutuhkan. Demikian jawaban saya.
   
05-12-2017 13:28:05 hamil anak kembar
Jumlah Posts : 11
Jumlah di-Like : belum ada like
dok..saya mau tanya..kemarin saya sempat cek ke dokter dan kata dokter saya punya 2 kantong kehamilan...usia kandungan saya saat itu 7 Minggu 4 hari..yg mau saya tanyakan adalah kenapa kantong satunya baru klhtan seperti kuning telur dan kantong 1 nya lagi sdh mempunyai detak jantung...kenapa perkembangan janin ny berbeda..thanks
   
Jumlah Posts : 20
Jumlah di-Like : belum ada like
Bunda @Melani Vicky itu normal bun coba lihat ditabel perkembangan janin dlm aplikasi ini,, jenis kelaminnya apa bun? aq malah belum USG, dlu USG pas usia kehamilan baru 9 minggu. mau USG lgi nanti klo uda 8 bulan.
   
13-02-2017 11:50:50 hpl agustus 2017
Jumlah Posts : 9
Jumlah di-Like : belum ada like
haloo bunda usia kehamilan saya 12 minggu..anak pertama...kenapa ya BB saya ga naik naik...
khawatir sama perkembangan janin nya..
bunda bunda di sisi ada yg meresakan hal yg sama ???
   
06-01-2017 17:57:50 hpl april 2017 merapat
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda td aku habis periksa,alhamdulillah Jk nya laki2,berat janin 951gr...usia kandungan 26week.senang nya bun dengan perkembangan janin ku...
   
03-12-2016 13:42:18 vitamin bumil
Jumlah Posts : 9
Jumlah di-Like : belum ada like
ke dokter kandungan saja bun karna setiap tahap perkembangan janin suka dikasih ny sesuai usia janin,,kan misalkan 1 bulan d kasih folavit,,nah usia 3-4 bulat dikasih untuk DHA ny bun,,lbh baik konsul ke dokter ya bun
   
Jumlah Posts : 18
Jumlah di-Like : belum ada like
salam kenal bunda2 semua😊
bunda berat badan q d usia 21 week udah naik 10kg nih😔
kalau bunda2 yg lain udah pada naik brp kg ni?
jadi stress kalo lagi nimbang bb....
kmren juga baru usg nih bun janin q kata dkter nya 100% laki2, ap mungkin dokter salah prdiksi hasil usg nya? pngen ny emang laki2 sih tp tkut aja dah happy2 eh mlah salah pridksi.
   
Jumlah Posts : 169
Jumlah di-Like : belum ada like
ada baiknya Usg dilakukan ditrisemester pertama untuk melihat adanya kemungkinan kelainan pada janin sedini mungkin...selain itu menurut penelitian USG tidak ada efek samping buat perkembangan janin... dl wktu hamil anak pertama setiap Bulan sy USG... begitu jg skr hamil anak ke2 tiap Bulan USG buat ngeliat perkembangan bayi sesuai dgn perkembangan usia kandungan ato tidak kd klo ada apa2 bisa lgsg ditangani dktr... tp semua kmbl pd persepsi bunda masing2....
   
18-08-2016 09:20:50 tanya bidan
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8

Dear bunda Urifah Jembayat,

Besar dan kecilnya perut sama sekali tidak ada hubungannya dengan normal atau tidaknya ukuran tubuh janin pada saat dilahirkan. Ukuran perut terlihat kecil, bisa karena tubuh bunda yang tinggi sehingga belum terlihat jelas perut bunda yang membuncit. Semakin besar usia kehamilan akan semakin jelas pembesaran perut terlihat. Selama pertumbuhan dan perkembangan janin sesuai dengan masa kehamilan, maka tidak ada yang perlu di khawatirkan. Disarankan untuk rutin melakukan pemeriksaan kehamilan, agar tetap terpantau kesehatan bunda, dan pertumbuhan serta perkembangan janin.

   
Jumlah Posts : 24
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda yang namanya usia kandungan atau perkiraan itu pasti hasil tidak sama, tolak ukur hpl atau usia kandungan adalah hpht itu yang jadi prinsip dokter. hasil usg biasanya menyesuaikan dg perkembangan janin. bunda lihat tabel perkembangan bb janin seharusnya dg melihat usia kandungan dari hpht. apabila selisihnya jauh berbeda biasanya disuruh diet untuk yang kelebihan bb janin seharusnya.