SITE STATUS
Jumlah Member :
493.620 member
user online :
1354 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: penyebab sering kencing setelah koitus

New Topic :  
11-09-2009 12:17:35 air ketuban
Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like
bun...
ternyata air yg aku pikir air kencing itu ternyata air ketuban, soalnya waktu itu aku makin sering kencing truz perut aku serasa ditekan (yg tadinya dipikir turun peranakan)... dan terakhir waktu tgl 20 agt 09, sore2 sekitar jam 15.30 saat kencing ada keluar sedikit darah merah. dan saat itu aku lgs ke dokter. tp waktu diperiksa dokter bilang plasenta masih diatas... truz bayi ok2. truz dia memang bilang lg kl air ketubannya sedikit. aku bilang kl aku dah banyak minum tp malah jadi sering kencing. berhubung sore itu aku masih aga batuk dan ternyata aga demam dokter bilang aku harus opname supaya besok pagi bisa lgs usg untuk cari tau penyebab napa aku demam dll. sore itu aku dirujuk ke dokter internis, dan masuk opname. tp krn bukan mau melahirkan aku dirawat dibagian umum bukan bagian kandungan atau untuk melahirkan. saat udah masuk kamar, terasa ingin kencing lg dan aku kencing dibantu suster pakai pispot karena aku harus berbaring terus. ga lama kemudian aku batuk dan terasa seperti keluar air kencing lagi, aku panggil suster dan blg kl aku kayanya kencing lagi, ternyata pas dilihat bukan kencing melainkan darah yg cukup banyak. saat itu suster lgs panggil bidan jaga dan kandungan aku diperiksa dengan alat doppler. bidan bilang kandungan dalam keadaan baik2 saja dan denyut jantung bayi cepat dikarenakan kondisi aku yang sedang demam. malemnya perut aku terasa sakit seperti ditekan2 (bukan mules2) waktu bilang ke suster dan dokter jaga mereka sealu bilang kl rasa sakitnya tar juga ilang krn dalam infus aku dah dikasih obat duvadilan, dan mereka ga bisa ngasih obat lain karena aku sedang hamil. semakin malem semakin sakit sampe akhirnya aku ngerasa seperti ada yg mau keluar dari vagina, mama aku yg jagain lgs kaget waktu aku blg, dan segera panggil suster dan dokter jaga. tp berhub mereka bukan dokter kandungan, tetep aja mereka bilang gpp, itu bukan kontraksi, bayi ibu masih diatas kok, masih jauh, mungkin yg mau keluar itu sisa darah yg tadi. tp karena aku terus ngotot blg ada yg mau keluar akhirnya mereka panggil bidan jaga, taunya......... belum bidan sampe bayi aku lahir ditangan mama. udah gitu baru bidan dateng untuk jepit tali pusar dll. dr situ baru aku dipindahin ke ruang bersalin. bayi aku usianya 25 minggu, beratnya cuma 700gr, panjang 33cm. langsung masuk inkubator. karena bayinya kecil ari2nya ga bisa keluar semua, terpaksa aku harus dikuret. tapi ternyata usia bayi aku ga panjang, cuma 14 hari. sehari setelah terjadi gempa dia ngedrop dan harus masuk nicu. badannya biru2 dan dia sesak nafas sehingga nafasnya diambil alih semua pakai mesin ventilator, dokter bilang dia infeksi usus sehingga perutnya buncit krn  banyak angin didalamnya sehingga neken ke paru2 n bikin dia ga bisa nafas. entah bener infeksi usus ato ga aku ga ngerti, tp sempet kepikir juga apa dia masuk angin krn saat gempa inkubator dia dibuka untuk persiapan evakuasi. soalnya waktu aku liat suhu tubuh dia yg tercantum diinkubator saat seudah gempa hanya 24 derajat padahal biasanya 35an, saat ditanya ke suster jaga dia bilang suhu bayinya turun mungkin krn td inkubatornya mereka buka waktu ada gempa. ga ngerti juga deh... soalnya terakhir aku liat dia masih baik2 saja, gerakannya aktif, truz berat badannya dah nambah walau cuma 0.5gram, truz minumnya pun semakin ningkat. yg jelas skrg ini aku cuma bisa pasrah mungkin ini jalan terbaik buat dia. saat terberat buat aku saat dokter bilang keputusan ditangan aku untuk mematikan alat bantu nafas atau mau tetap diteruskan namun peluang untuk hidup 0%.
jadi........... buat informasi bunda2 yg lain... hati2 kl mengalami kondisi/ tanda2 yg aku alami.. secepatnya ke dokter n harus ceritain sedetail2nya ke dokter gejala2 tersebut soalnya seudah kejadian aku baru tau kl gejala2 yg aku alami itu adalah tanda2 kelahiran prematur....
   


Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
mau tanya apakah setelah terjadi hubungan 4 hari saya tespack ndak ada tanda tanda hamil tapi seminggu ini saya sering kencing dan perut terasa mengganjal ?
   
18-02-2015 09:43:55 Pasca Operasi ektopik
Jumlah Posts : 610
Jumlah di-Like : belum ada like
Bunda Nuraini, iya smga lancar ya bun... aku awalnya juga gaktau kok bun kalo hamil soalnya aku gak ada telat mens dan jga gak ada ciri2 kyak org hamil seperti mual pusing tapi setiap abis nyampur sama suami besok paginya saya kluar flek...aku fkir itu darah mens yg blm bersih jd aku biasa aja,terus lama kelamaan bagian pinggang saya sebelah kiri sering sakit nyeri kencing pun juga sakit dahsyat bgt bun sakitnya...tak kirain aku magg..pas dibwa ke dokter bilangnya aku infeksi saluran kencing setelah dr dokter 1minggu kemudian muncul lg sakitnya sampe2 aku pingsan dibawa ke ugd masuk ke rs di opname n dokter ugd sempet tanya juga ada telat haid gak yaa aku jawab enggak karna emg aku haid pdahl dokter udh curiga ak hamil..akhirnya analisa dokter ugd akubsakit lambung..sudah 2hari di rs gak ada perubahan.. bdanku kaku bun gerakin kepala aja gak bsa saking sakitnya keluar kencingnya darah n sakit sampe2 aku di kate'ter...akhrnya udh hari k 3 ga ada perubahan jga aku di tes kencing n allhamdulillah ak positiff aku udh seneng bgt tp aku takut juga udh banyak obat masuk ke tubuhku...pas suruh usg.. ternyata aku hamil diluar kandungan,janinnya berkembang di luar rahim..sehingga membuat aku pendarahan n rass nyeri yg luar biasaa... dokter nyaranin hari itu harus operasi karna kalo gak segera operasi bahaya ke akunya jugaa....
   


12-11-2012 14:57:52 Q U I Z
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like


Efek dari kehamilan yang dialami oleh Bumil, adalah:

1.  Mual dan Muntah
Mual dan Muntah adalah keluhan yang sering terjadi pada ibu hamil muda, atau yang sering disebut juga morning sickness. Biasanya timbul pada minggu ke-6 hingga minggu ke-12 kehamilan, dan yang paling berat pada minggu 9-10 dan biasanya hilang pada minggu ke-16.  Keluhan ini disebabkan peningkatan hormon beta hCG pada awal kehamilan, sehingga memicu peningkatan asam lambung dan menyebabkan ibu hamil merasa kembung dan nyeri ulu hati.

2.  KembungKembung adalah gejala yang terdapat pada ibu hamil trimester I dan trimester III.  Pada awal kehamilan biasanya akibat kerja hormon kehamilan yang punya efek memperlambat kerja usus.  Sedangkan pada Trimester III, pembesaran uterus sehingga menekan pergerakan saluran pencernaan juga merupakan penyebab terjadinya gejala tersebut.

3. KeputihanVagina secara normal memang mengeluarkan cairan yang jernih, tidak berbau dan tidak gatal yang berasal dari sekresi kelenjar dinding vagina, leher rahim, dan flora normal vagina.  Namun pada saat hamil, cairan tersebut menjadi lebih banyak. Hal ini wajar terjadi akibat adanya perubahan hormonal dan peningkatan sirkulasi pada alat kemalin wanita hamil.  Apabila terjadi lain misalnya berbau tidak sedap, putih seperti susu,kuning, atau kehijauan, nyeri atau bahkan gatal, maka bisa disimpulkan telah terjadi infeksi yang bisa disebabkan jamur atau baketri.  Menjaga kebersihan diri merupakan pencegahan paling utama terhadap penyakit ini.

4.  Sembelit ( Susah Buang Air Besar )
Sembelit biasanya terjadi pada trimester I dan III, oleh karena adanya perubahan hormonal dan penekanan usus bagian bawah akibat pembesaran uterus.  Hal ini akibat efek pencernaan makanan yang cukup lama.  Adanya pemberian Zat besi pada ibu juga dapat mengakibatkan sembelit.  Namun hal ini tidak berbahaya, apabila tidak ada penyakit lain.

5.  Rasa Kencang di Perut ( Kontraksi )
Rasa kencang atau kontraksi yang dirasakan oleh ibu hamil namun tidak mengarah pada persalinan.  Biasanya timbul mulai minggu ke-20 hingga ke-22.  Kontraksi makin sering dengan meningkatnya usia persalinan.  Hal ini wajar terjadi namun apabila terjadi lebih dari enam kali dalam satu jam, tidak berhenti walaupun sudah istirahat dan minum air, maka dianjurkan agar konsul ke dokter.

6.  Nyeri Kepala
Nyeri Kepala saat hamil disebabkan oleh berbagai hal yaitu perubahan hormonal, tegang, lelah, kadar gula rendah, atau kombinasi beberapa faktor lain yang biasa terdapat pada ibu hamil.

7.  Nyeri Ulu Hati
Nyeri seperti ditusuk-tusuk yang biasanya terjadi pada trimester II dan III.  Hal ini akibat melemahnya katup pada lambung akibat proses hormonal yang menyebabkan makanan dapat masuk kembali ke kerongkongan.  Selain itu, pda Trimester III janin mulai membesar sehingga menekan lambung yang dapat juga menyebabkan nyeri tersebut.

8.  Nyeri Punggung / Pinggang Bawah
Nyeri yang biasa terjadi pada ibu hamil akibat perubahan postur ibu, pengingkatan ukuran dan berat rahim, pembesaran janin, regangan otot, dan sendi panggul.  Kesemuanya itu memang dipersiapkan untuk kehamilan dan persalinan dari janin tersebut.  Namun efeknya ibu tersebut menjadi mudah terserang nyeri punggung bawah.

9.  Varises
Peningkatan tekanan dalam panggul atau diafragma dapat meningkatkan tahanan terhadap pembuluh darah balik ( vena ).   Hal ini dapat menyebabkan terjadinya varises ( pelebaran pembuluh darah vena ) yang dapat terjadi di tungkai bawah dan bibir kemaluan yang biasanya terdapat nyeri.

10.  Kaki Kram
Kaki Kram adalah gejala yang biasa dialami ibu pada trimester ke II dan III.  Tekanan janin pada panggul mengakibatkan penurunan aliran darah ke kaki sehingga menimbulkan kram.  Biasanya terjadi di paha, kaki, dan tungkai.  Penyebab lain yaitu kurangnya asupan kalium, magnesium, dan kaslium dalam tubuh.

11.  Kaki Bengkak
BIasanya pada trimester akhir terjadi pembengkakan pada kaki yang diakibatkan oleh adanya pembesaran janin dan uterus yang menekan pembuluh darah, volume darah yang tambah meningkat, ditambah dengan aktivitas dari ibu hamil tersebut.  Biasanya kondisi ini membaik dengan istirahat di malam hari.

12.  Perubahan pada KulitBanyak sekali hal yang terjadi pada ibu hamil yaitu banyak timbul jerawat, timbul bercak hitam di pipi, kulit jadi agak kering dan kasar, timbul parut kehamilan, dan gatal-gatal.  Semuanya itu biasanya akibat adanya perubahan hormonal yang ada pada ibu hamil, serta adanya perubahan pada kondisi perut ibu.

13.  Sering Kencing
Gejala ini biasanya terjadi pada Trimester I dan Trimester III.  Pada awal kehamilan terjadi akibat perubahan hormonal yang menyebabkan otot uterus relaks mengerut dan menekan saluran kemih, sedangkan pada usia kehamilan lanjut akibat penekanan terhadap kandung kemih yang menyebabkan perasaan ingin kencing pada ibu hamil. Karena hal ini wajar terjadi maka tidak perlu terapi tambahan.  Namun apabila disertai dengan rasa nyeri pada saat kencing, maka segera konsultasikan ke dokter.
 
   
Jumlah Posts : 14
Jumlah di-Like : belum ada like
Pengoabatan Tradisional Gagal Ginjal | obat tradiisonal
Ginjal adalah Organ yang sangat penting karena ginjal ini berfungsi sebagai penyaring kotoran yang terdapat di darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin.

Penyakit Gagal Ginjal adalah suatu penyakit dimana fungsi organ ginjal mengalami penurunan sehingga akhirnya tidak lagi mampu bekerja sama sekali dalam hal penyaringan,pembuangan elektrolit tubuh, menjaga keseimbangan cairan dan zat kimia tubuh seperti sodium dan kalium didalam darah atau produksi urine.

Penyebab dari penyakit gagal ginjal ini dapat disebabkan karena kita menderita tekanan darah tinggi,mempunyai penyakit diabetes mellitus,menderita penyakit kanker,adanya kelainan ginjal,karena adanya sumbatan pada saluran kemih.Juga adanya kerusakan sel penyaringan pada ginjal sehingga mengakibatkan adanya peradangan oleh infeksi dari penyakit darah tinggi.

Tanda dan Gejala Penyakit Gagal Ginjal ini dapat di kategorikan menjadi dua bagian yaitu

Gejala gagal ginjal akut diantaranya Bengkak mata dan kaki, nyeri pinggang hebat , kencing sakit, demam, kencing sedikit, kencing merah /darah, sering kencing. Kelainan Urin: Protein, Darah / Eritrosit, Sel Darah Putih / Lekosit, Bakteri.

Gejala gagal ginjal kronik antara lain : Lemas, tidak ada tenaga, nafsu makan, mual, muntah, bengkak, kencing berkurang, gatal, sesak napas, pucat/anemi. Kelainan urin: Protein, Eritrosit, Lekosit. Kelainan hasil pemeriksaan Lab. lain: Creatinine darah naik, Hb turun, Urin: protein selalu positif.


Dengan format SMS:
Xamthone: Jumlah Pesanan : Nama : Alamat Pengiriman: No. Hp / Telepon
Contoh untuk pemesanan 4 botol :
Xamthone: 4 botol : fahmi : Jl. Tentara pelajar No. 001 Tasikmalaya Jawa Barat : Hp. 08565812345
kirim ke 081 222 991 999 / 0853 2248 9000

   


Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Curcol dokter.. juga para bunda..
saya perempuan 25th belum menikah belum pernah melakukan hub seks, tidak pernah minum obat berkaitan dengan reproduksi. kalo haid juga ga pernah nyeri, haidnya normal setiap bulannya..
saya sudah lama mengalami hal aneh ini.. dalam sebulan saya kadang mengalami 2 macam haid. yg pertama bisa dipastikan adalah haid yang normal dg tanda2 sebelumnya yang wajar dan karakter darah haid yang bisa dikenali. yang kedua ini yang aneh.. selisihnya kadang hanya 10 hari dari haid pertama. saya tetep sholat. tidak ada tanda2 seperti mau haid. tidak sakit, tidak gatal, tapi baunya agak aneh. Darahnya beda dengan darah haid, lebih sedikit,tapi lama sekali, sering sampai haid bulan berikutnya. kadang warnanya merah gelap, tapi akhir2 ini warnanya coklat kadang seperti darah beku agak kehitaman. karena ga sakit tak biarin, tapi lama2 saya jadi takut n bingung. saya udah periksa ke obsgin, dokternya bilang cuma karena stress, di USG juga ga ada apa2. tapi ga sembuh2 juga.. gmn ini? apa karena pengaruh makanan? atau mungkin ada infeksi?

Dari : ukhty shalihat

Jawaban:

Dear ukhty shalihat (ukhty),

Menstruasi yang datang beberapa kali dalam 1 bulan tidak seperti siklus menstruasi pada umumnya disebut metrorrhagia. Untuk mengetahui apakah yang menjadi penyebab perdarahan ini maka sebaiknya memeriksakan diri pada dokter OBSGYN. Penyebab dari perdarahan di luar siklus menstruasi dapat di sebabkan oleh adanya endometriosis, kista, adanya kelainan organic ataupun adanya ganguan hormonal. Penanganan dari perdarahan ini bergantung pada penyebab utamanya. Apabila setelah pemeriksaan tidak di temukan adanya kelainan organic, maka kemungkinan yang terjadi adalah karena faktor hormonal dan dapat di terapi dengan terapi hormonal sampai beberapa siklus mentruasi. Demikian jawaban saya semoga dapat membantu.
   
Jumlah Posts : 39
Jumlah di-Like : 3
gak pp bund,,, klo blm ada klwr flek darah berarti blm wktunya..... tapi adanya juga tnda 2 mw mlhrkan keluar flek putih kentel....  klo perut msh blm berasa terlalu sakit,,, dan sakit perut yg hilang timbul itu blm datang wlwpun 1 jam sekali berarti blm saatnya. yg pntg bnyakin gerakj aja.... bnyak gerak bkn berarti hrs jalan setiap saat bund.jalan subuh2 sekitar setengah jam aja dah cukup bund,,, ntar bundanya kecapekan lg  klo jalan2 terus. tapi klo bnyakin kerja gak pp tp jangn trllu cpk juga... klo kita rajin gerak dede yg ddlm perut juga akan ikut grak....

klo pnglmanku kmrn pas mlhrkan sich,,,3 hari sebelum melahirkan aQ mngalami kontarksi palsu.sempet sich berfikir saat itu,,"wah kyknya mw lahir ni" perut ni sakit bgt,mengencang terus perut,tiba2 badan lemes kepala pusing,itu aQ alamin selama 2 hari berturut2 sampe gak bisa tidur!! tapi mmg sakitnya msh bisa ditahan tapi y sakitnya hilang timbul juga!!! sempet berfikir mw cek kedkter,,tp dkter yg biasa periksa aQ praktek seminggu sekali.. eh setelah 2 hari sakitnya hilang total,gak sakit sm sekali perut normal lagi bund. untung gak jd periksa kdkter lain kmrn... ... akhirnya pas usg terakhir kt dkternya ni dah wktunya y tgl nuggu hari. padahal ktnya hplnya msh sebulan lagi.tapi dr hitungan aQ sendiri sich uda wktunya.uda 9 bln lebih soalnya.... eh tau2nya besok paginya perut mulai lain rasanya,,,,bawaannya mau kencing terus,,,sesek banget rasanya air pi2is yg mw keluar tu bnyak pdhl sekalinya pipis gak ada keluar cuma setetes doang,,setelah dipi2sin lega bgt.eh gak sampai 5 detik bund msa' mau pipis lagi pdhlkan barusan aja pipis...rasanya kayak air seni di kantung kemih ni penuh padahal setelah dipipisin gak ada keluar,,, sekitar jam 11 pagi baru keliuar flek darah tapi cuma sedikit,,,dan perut makin lama kontraksinya makin kuat.mank wktu itu aQ gak diem2 aja msh krj kyk biasa ja drmh,msh2 smpet2nya nyuci, jalan pagi... akhghirnya mpe sore skitnya mkin kuat.pergi deh kebidan naek motor pula tuh heheeee... setelah diperiksa ma bidannya ternyata udah bukaan 4 yaudah lgsg disuruh nginap ma bidannya. malamnya lahir dehhh... selama pembukaan itu aQ cpt pl pun ,sore pembukaan 4,bis tu diperiksa lg bis magrib dah pembukaan 6 alhmdllh,,, krn selama dibidan aQ jaln terus,,,gak da du2k jalan terus,,,semakin bnyak jalan semakin kenceng perut kontarkasi.malamnya jam 21.30 bbyku lahir deh... skrg dah 2 bulan nnt tgl 3... (oiya 1 lagi bund klo kita sering kencing  yg sperti aQ alamin itu,juga trmasuk tnda2 mw mlhrkan lo bund)

bund minche n bund nopriliya uda ngerasain kencing yg sesering mgkn gak,,,, gak sampai 5 menit dah mw kencing lagi!!!
   
08-07-2011 16:22:00 air ketuban sedikit
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
saat ini saya hamil usia 14 minggu tadi cek kedokter n usg. kt dokter janin saya normal dg panjang 8cm, detak jantung juga normal. hanya air ketuban sedikit atau kurang, sy memang kurang minum air krn terlalu sering kencing, sy juga kurangkonsumsi sayur n buah. apa itu semua bisa menjadi penyebab kurangnya air ketuban saya dok? atau bila ada rembesan ketuban tandanya apa dok? mohon penjelasan n sarannya dok krn sy cukup khawatir. terimakasi dokter

Dari : azizah sakinah

Jawaban:

Dear Bunda,

Kurangnya cairan ketuban (olygohydroamnion) dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti dari faktor bayinya sendiri yang kurang memproduksi cairan urine, adanya rembesan air ketuban, adanya kelainan plasenta dan lain-lain. Penatalaksanaan dari keadaan inipun tergantung dari jumlah cairan dan jumur kehamilan bunda. Sebaiknya bunda berkonsultasi dengan dokter yang memeriksa bunda. Tanda-tanda dari rembesnya cairan ketuban dapat berupa cairan yang bercampur lendir atau seperti urine namun anda dapat membedakan bahwa itu bukan lah urine. Dapat disertai rasa nyeri seperti kontraksi atau tidak ada kontraksi sama sekali. Apabila anda menemukan cairan dan anda curiga cairan tersebut adalah cairak ketuban, segeralah menemui dokter anda.
   
Jumlah Posts : 143
Jumlah di-Like : 3
hai bunda vindy salam kenal ... semoga penjelasan ini bisa membantu ya

Pada kehamilan trimester awal ibu hamil dapat tidur dan beristirahat dengan berbagai posisi apapun yang penting dapat memberikan rasa nyaman untuk ibu. Ibu hamil sebaiknya tidak perlu kuatir bayi dalam kandungan anda merasa tak nyaman atau berbahaya, karena tubuh ibu di ciptakan begitu unik sehingga dapat memberikan perlindungan, juga janin dalam kandungan anda tidak pernah merasa tak nyaman karena janin dalam kandungan mengapung dalam cairan ketuban dan mempunyai ruang sendiri untuk bergerak bebas.
TIDUR DENGAN POSISI TENGKURAP aman saja buat ibu hamil tapi biasanya pasa kehamilan trimester pertama, adanya pembesaran payudara dan juga payudara lebih sensitive akan menimbulkan ketidaknyamanan untuk tidur tengkurap, dan pada saat dimana perut anda sudah mulai membesar (awal 14 minggu) tidur dengan posisi tengkurap menjadi sangat tidak nyaman karena anda harus menyokong paha dengan bantal untuk dapat tidur tengkurap karena perut yang mulai membesar. Dari suatu survey ibu hamil yang tidur dengan posisi tengkurap sebelum 16 minggu 1% tapi setelah lebih 16 minggu menjadi 0 %.
TIDUR DENGAN POSISI TELENTANG, dianjurkan setelah kehamilan 16 minggu ibu hamil untuk tidak tidur telentang, karena dengan tidur posisi telentang anda meletakan seluruh berat rahim ke bagian belakang, usus, dan vena cava inferior. Tidur posisi telentang juga dapat meningkatkan resiko sakit pinggang, wasir, dan gangguan pencernaan, dan menganggu pernafasan dan sirkulasi. Posisi tidur telentang pada trimester ke dua dan tiga juga dapat mempengaruhi tekanan darah. Untuk beberapa wanita, menyebabkan penurunan tekanan darah yang membuat mereka merasa pusing, untuk yang lain, malah meningkatkan tekanan darah. Pada kasus kehamilan dengan tekanan darah tinggi tidur dengan posisi telentang sangat TIDAK dianjurkan. Sebenarnya posisi tidur yang bagaimanakah yang terbaik? Belum ada penelitian lebih lanjut tentang posisi tidur yang aman untuk wanita hamil, tapi sangat dianjurkan setelah kehamilan 16 minggu, sebaiknya ibu hamil tidur dengan
POSISI MIRING KE SISI KIRI, karena posisi ini memberi keuntungan untuk bayi anda untuk mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal ke plasenta karena adanya vena besar (vena cava inferior) di bagian belakang sebelah kanan spina yang mengembalikan darah dari tubuh bagian bawah ke jantung. Juga dapat membantu ginjal untuk membuang sisa produk dan cairan dari tubuh ibu sehingga mengurangi pembengkakan pada kaki, pegelangan kaki dan tangan.
Tidur POSISI MIRING KE KANAN, juga baik, anda dapat menganti posisi miring kekanan-kiri untuk membuat anda tidur lebih nyaman. Jika anda terbangun malam dan menemukan anda tidur telentang, jangan kuatir,---anda tidak melakukan seseuatu yang mencelakai bayi anda. Kembalikan saja ke posisi miring. Lagipula pada kehamilan lanjut, dimana perut sudah membesar, disertai kondisi lain seperti kram, sering kencing, kontraksi palsu, bayi anda yang menendang perut, rasa asam lambung yang meningkat yang akan menyebabkan ibu akan terbangun beberapa kali di malam hari sehingga ibu sudah pasti akan berubah posisi tidur beberapa kali karenanya dan otomatis tidak seterusnya tidur dengan posisi telentang. Tips: Untuk tidur dengan posisi miring yang lebih nyaman taruhlah bantal diantara dengkul anda dan satu dipunggung anda. Atau anda dapat membeli bantal khusus ibu hamil.
   
Jumlah Posts : 143
Jumlah di-Like : 3
hai bunda vindy salam kenal ... semoga penjelasan ini bisa membantu ya

Pada kehamilan trimester awal ibu hamil dapat tidur dan beristirahat dengan berbagai posisi apapun yang penting dapat memberikan rasa nyaman untuk ibu. Ibu hamil sebaiknya tidak perlu kuatir bayi dalam kandungan anda merasa tak nyaman atau berbahaya, karena tubuh ibu di ciptakan begitu unik sehingga dapat memberikan perlindungan, juga janin dalam kandungan anda tidak pernah merasa tak nyaman karena janin dalam kandungan mengapung dalam cairan ketuban dan mempunyai ruang sendiri untuk bergerak bebas. TIDUR DENGAN POSISI TENGKURAP aman saja buat ibu hamil tapi biasanya pasa kehamilan trimester pertama, adanya pembesaran payudara dan juga payudara lebih sensitive akan menimbulkan ketidaknyamanan untuk tidur tengkurap, dan pada saat dimana perut anda sudah mulai membesar (awal 14 minggu) tidur dengan posisi tengkurap menjadi sangat tidak nyaman karena anda harus menyokong paha dengan bantal untuk dapat tidur tengkurap karena perut yang mulai membesar. Dari suatu survey ibu hamil yang tidur dengan posisi tengkurap sebelum 16 minggu 1% tapi setelah lebih 16 minggu menjadi 0 %. TIDUR DENGAN POSISI TELENTANG, dianjurkan setelah kehamilan 16 minggu ibu hamil untuk tidak tidur telentang, karena dengan tidur posisi telentang anda meletakan seluruh berat rahim ke bagian belakang, usus, dan vena cava inferior. Tidur posisi telentang juga dapat meningkatkan resiko sakit pinggang, wasir, dan gangguan pencernaan, dan menganggu pernafasan dan sirkulasi. Posisi tidur telentang pada trimester ke dua dan tiga juga dapat mempengaruhi tekanan darah. Untuk beberapa wanita, menyebabkan penurunan tekanan darah yang membuat mereka merasa pusing, untuk yang lain, malah meningkatkan tekanan darah. Pada kasus kehamilan dengan tekanan darah tinggi tidur dengan posisi telentang sangat TIDAK dianjurkan. Sebenarnya posisi tidur yang bagaimanakah yang terbaik? Belum ada penelitian lebih lanjut tentang posisi tidur yang aman untuk wanita hamil, tapi sangat dianjurkan setelah kehamilan 16 minggu, sebaiknya ibu hamil tidur dengan POSISI MIRING KE SISI KIRI, karena posisi ini memberi keuntungan untuk bayi anda untuk mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal ke plasenta karena adanya vena besar (vena cava inferior) di bagian belakang sebelah kanan spina yang mengembalikan darah dari tubuh bagian bawah ke jantung. Juga dapat membantu ginjal untuk membuang sisa produk dan cairan dari tubuh ibu sehingga mengurangi pembengkakan pada kaki, pegelangan kaki dan tangan. Tidur POSISI MIRING KE KANAN, juga baik, anda dapat menganti posisi miring kekanan-kiri untuk membuat anda tidur lebih nyaman. Jika anda terbangun malam dan menemukan anda tidur telentang, jangan kuatir,---anda tidak melakukan seseuatu yang mencelakai bayi anda. Kembalikan saja ke posisi miring. Lagipula pada kehamilan lanjut, dimana perut sudah membesar, disertai kondisi lain seperti kram, sering kencing, kontraksi palsu, bayi anda yang menendang perut, rasa asam lambung yang meningkat yang akan menyebabkan ibu akan terbangun beberapa kali di malam hari sehingga ibu sudah pasti akan berubah posisi tidur beberapa kali karenanya dan otomatis tidak seterusnya tidur dengan posisi telentang. Tips: Untuk tidur dengan posisi miring yang lebih nyaman taruhlah bantal diantara dengkul anda dan satu dipunggung anda. Atau anda dapat membeli bantal khusus ibu hamil.
   
17-12-2010 14:09:41 anak sering buang air kecil
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Dok, putri saya umur 22 bulan, bb 10 kg, sering sekali buang air kecil ( pipis ). Dalam sehari bisa mencapai 20 kali pipis ( belum termasuk tidur siang dan malam, krn dipakaikan pampers, jd tdk bisa di hitung ). Pertambahan berat badan semasa bayi masih bagus hingga usia 6 bulan. setelah itu bb susah naik..malahan belakangan ini bb menurun. Padahal susu 3x150 ml sehari dan makan bubur 3x juga dan buh 1 x..akan tetapi sering sekali batuk pilek. kira2 apa penyebab bbnya menurun dan apa penyebab sering pipis? apakah merupakan gejala suatu penyakit? Terima kasih.

Dari : helmalini

Jawaban:

Dear Bunda helmalini,

Sebaiknya Bunda mengunjungi dokter spesialis anak untuk memeriksakan putri Anda. Dari keadaan yang Anda ceritakan, saya mencurigai adanya infeksi saluran kemih. Kemungkinan putri Anda akan dilakukan pemeriksaan urine untuk mengetahui adanya infeksi tersebut. Apabila benar adanya infeksi saluran kemih, maka dokter Anda akan memberikan antibiotik yang tepat untuk putri Anda.

Mengenai berat badan, Anda sebaiknya mempunya grafik tumbuh kembang untuk memantau tinggi badan dan berat badan putri Anda, apabila masih berada pada batas normal, saya kira tidak ada masalah dalam penurunan berat badannya. Penyakit batuk pilek pada umumnya disebabkan oleh virus, untuk menangkal virus tersebut, pastikan imun tubuhnya terjaga dengan baik, makan-makanan yag bergizi dan jauhkan dari orang dewasa atau anak-anak yang sedang mengalami penyakit tersebut. Demikian jawaban saya.
   
Jumlah Posts : 850
Jumlah di-Like : 15

Gejala Kehamilan Tidak Pasti :

  • Tidak haid adalah gejala pertama yang dirasakan oleh seorang wanita yang menyadari kalau dirinya sedang hamil. Penting untuk dicatat tanggal hari pertama haid terakhir guna menentukan usia kehamilan dan memperkirakan tanggal kelahiran. Rumus sederhana menentukan tanggal kelahiran yaitu tanggal ditambah 7 sedangkan bulan dikurangi 3, dihitung dari tanggal pertama haid terakhir.
  • Mual dengan diikuti muntah ataupun tidak sering terjadi pada bulan bulan pertama kehamilan.
  • Mengidam atau menginginkan sesuatu baik itu makanan, minuman atau hal hal yang lain.
  • Gangguan buang air besar karena pengaruh hormonal.
  • Sering kencing terutama bila kehamilan sudah besar.
  • Kadang kadang wanita hamil bisa pingsan di keramaian terutama pada bulan bulan awal kehamilan.
  • Tidak ada nafsu makan, mungkin ada hubungannya dengan mual mual diatas.

Tanda Kehamilan Tidak Pasti :

  • Perubahan warna kulit menjadi lebih gelap dari sebelumnya yang kira kira terjadi diatas minggu ke 12 kehamilan.
  • Keputihan atau keluarnya cairan berlebihan dari vagina karena pengaruh hormonal.
  • Gusi bengkak terutama pada bulan bulan pertama kehamilan.
  • Perubahan payudara menjadi lebih tegang dan membesar.
  • Pembesaran perut terutama tampak jelas setelah kehamilan 14 minggu.
  • Tes kehamilan memberikan hasil positif.

Tanda Pasti Kehamilan :

  • Pada perabaan di bagian perut dirasakan adanya janin serta gerak janin.
  • Bila didengarkan menggunakan alat Doppler maka akan terdengar detak jantung janin.
  • Pada pemeriksaan USG dilihat gambaran janin.
  • Pada pemeriksaan rontgen terlihat gambaran rangka janin.

Barangkali rekan rekan masih bingung, mengapa disebut gejala atau tanda kehamilan tidak pasti, hal tersebut karena pada wanita yang mempunyai gejala atau tanda tanda kehamilan tidak pasti diatas masih ada kemungkinan mengalami kelainan lain yang memberikan gejala atau tanda yang sama. Misalnya pada wanita dengan pseudosiesis (wanita yang sangat menginginkan hamil) maka gejala gejala hamil diatas juga akan ia rasakan, walau sebenarnya wanita tersebut tidak hamil.

catataN : coba cek dengan test pak jika sudah lewat dr seminggu / 2 minggu
                 jika ibu penasaran cek di lab aja.

semoga membantu

salam

putri a.k.a zach mom's

   
05-03-2009 12:46:32 Tidur miring
Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like
Salam kenal bunda tika...
Menurut pengalamanku waktu hamil posisi tidur yg bagus buat buat ibu hamil miring k kiri karena memudahkan baby kita mendapat aliran darah n nutrisi secara maksimal. Ini ada artikel yg aku simpen yg berhubungan dengan posisis tidur buat ibu hamil.

Pada kehamilan trimester awal ibu hamil dapat tidur dan beristirahat dengan berbagai posisi apapun yang penting dapat memberikan rasa nyaman untuk ibu.

Ibu hamil sebaiknya tidak perlu kuatir bayi dalam kandungan anda merasa tak nyaman atau berbahaya, karena tubuh ibu di ciptakan begitu unik sehingga dapat memberikan perlindungan, juga janin dalam kandungan anda tidak pernah merasa tak nyaman karena janin dalam kandungan mengapung dalam cairan ketuban dan mempunyai ruang sendiri untuk bergerak bebas.

TIDUR DENGAN POSISI TENGKURAP aman saja buat ibu hamil tapi biasanya pasa kehamilan trimester pertama, adanya pembesaran payudara dan juga payudara lebih sensitive akan menimbulkan ketidaknyamanan untuk tidur tengkurap, dan pada saat dimana perut anda sudah mulai membesar (awal 14 minggu) tidur dengan posisi tengkurap menjadi sangat tidak nyaman karena anda harus menyokong paha dengan bantal untuk dapat tidur tengkurap karena perut yang mulai membesar. Dari suatu survey ibu hamil yang tidur dengan posisi tengkurap sebelum 16 minggu 1% tapi setelah lebih 16 minggu menjadi 0 %.

TIDUR DENGAN POSISI TELENTANG, dianjurkan setelah kehamilan 16 minggu ibu hamil untuk tidak tidur telentang, karena dengan tidur posisi telentang anda meletakan seluruh berat rahim ke bagian belakang, usus, dan vena cava inferior. Tidur posisi telentang juga dapat meningkatkan resiko sakit pinggang, wasir, dan gangguan pencernaan, dan menganggu pernafasan dan sirkulasi. Posisi tidur telentang pada trimester ke dua dan tiga juga dapat mempengaruhi tekanan darah. Untuk beberapa wanita, menyebabkan penurunan tekanan darah yang membuat mereka merasa pusing, untuk yang lain, malah meningkatkan tekanan darah. Pada kasus kehamilan dengan tekanan darah tinggi tidur dengan posisi telentang sangat TIDAK dianjurkan.


Sebenarnya posisi tidur yang bagaimanakah yang terbaik?

Belum ada penelitian lebih lanjut tentang posisi tidur yang aman untuk wanita hamil, tapi sangat dianjurkan setelah kehamilan 16 minggu, sebaiknya ibu hamil tidur dengan POSISI MIRING KE SISI KIRI, karena posisi ini memberi keuntungan untuk bayi anda untuk mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal ke plasenta karena adanya vena besar (vena cava inferior) di bagian belakang sebelah kanan spina yang mengembalikan darah dari tubuh bagian bawah ke jantung. Juga dapat membantu ginjal untuk membuang sisa produk dan cairan dari tubuh ibu sehingga mengurangi pembengkakan pada kaki, pegelangan kaki dan tangan.

Tidur POSISI MIRING KE KANAN, juga baik, anda dapat menganti posisi miring kekanan-kiri untuk membuat anda tidur lebih nyaman.

Jika anda terbangun malam dan menemukan anda tidur telentang, jangan kuatir,---anda tidak melakukan seseuatu yang mencelakai bayi anda. Kembalikan saja ke posisi miring. Lagipula pada kehamilan lanjut, dimana perut sudah membesar, disertai kondisi lain seperti kram, sering kencing, kontraksi palsu, bayi anda yang menendang perut, rasa asam lambung yang meningkat yang akan menyebabkan ibu akan terbangun beberapa kali di malam hari sehingga ibu sudah pasti akan berubah posisi tidur beberapa kali karenanya dan otomatis tidak seterusnya tidur dengan posisi telentang.

Tips: Untuk tidur dengan posisi miring yang lebih nyaman taruhlah bantal diantara dengkul anda dan satu dipunggung anda. Atau anda dapat membeli bantal khusus ibu hamil.

Berikut posisi tidur yang oke ketika perut sudah menjadi lebih besar:

Menyamping ke kiri. Caranya? Berbaring menyamping dengan menekuk lutut. Biar lebih nyaman lagi, letakkan bantal di antara kaki, bawah punggung, dan bawah perut.
Inilah posisi tidur yang paling direkomendasikan dokter ketika perut membesar. Hati Anda terletak di bagian kanan perut, sehingga tidur menyamping akan membuat janin terhindar dari tekanan organ yang besar itu. Posisi ini bisa juga mengoptimalkan aliran darah ke plasenta dan janin.

Bersandar. Tinggikan bantal, lalu tidurlah dengan cara bersandar pada bantal tersebut. Lutut akan lebih nyaman lagi, jika Anda menaruh beberapa bantal di bawahnya.
Tidur bersandar bisa jadi pilihan bila Anda tak mungkin tidur menyamping.

Menyiasati gangguan

Sakit pinggang. Telentanglah (kepala diletakkan di atas tumpukan bantal), lalu sangga lutut dengan beberapa bantal.

Pegal pada kaki. Telentanglah, dengan kepala dan bokong ditopang bantal. Sandarkan kedua kaki (kaki diluruskan) pada dinding, lalu renggangkan kaki sejauh mungkin dan istirahatkan. Jaga agar telapak kaki tetap mendatar.

Pada kehamilan lanjut, telentang akan membuat tubuh bayi menekan pembuluh darah besar pada bagian belakang tubuh Anda. Tekanan darah menurun, sehingga Anda suka pusing. Jadi, telentanglah seperlunya saja!

Sumber : Artikel Dr. Suririnah

Semoga bermanfaat....
Pindri,bundana najla

   
14-11-2008 15:45:49 sulit tidur
Jumlah Posts : 52
Jumlah di-Like : 1
adek bara kini berusia 4.5 bln, dan setiap malam rewel, susah tidur, guling sana guling sini. awalnya sih kukira kecapekan lantaran baru pertama kali masa tengkurap, tapi lama kelamaan kok tetep aja ya, banyak menjerit trus ada memerah dikulit kadang kulit kepala, kadang pipi...   dugaanku mulai ke susah tidur akibat gatal, akhirnya kucari artikel di internet, alangkah kagetnya ketika kutemukan artikel mengenai alergi dan pengaruhnya terhadap otak, dengan ciri2 yang mengejutkan, karena hampir sama dengan yang adek bara alamin.  

HEALTHY PARENTING

ALERGI MAKANAN

MENGGANGGU SEMUA ORGAN TUBUH  TERMASUK OTAK DAN PERILAKU ANAK

MANIFESTASI KLINIS YANG BERKAITAN DENGAN ALERGI PADA BAYI :

o       Kulit sensitif, sering timbul bintik atau bisul kemerahan terutama di pipi, telinga dan daerah yang tertutup popok. Kerak di daerah rambut.Timbul bekas hitam seperti tergigit nyamuk. Kotoran telinga berlebihan. Kulit Kepala Berkerak

o       Sering muntah/gumoh, kembung,“cegukan”, sering buang angin, sering “ngeden /mulet”, sering REWEL atau  GELISAH atau COLIK terutama malam hari), Sering buang air besar (> 3 kali perhari), tidak BAB tiap hari, BERAK DARAH.

o       Lidah/mulut sering timbul putih, mulut berbau

o       Napas grok-grok, kadang disertai batuk ringan, TIDUR KADANG BERBUNYI (NGOROK)

o       Sesak bayi baru lahir disertai kelenjar thimus membesar (TRDN/TTNB)

o       Sering bersin, pilek, kotoran hidung banyak, BILA TIDUR kepala sering miring ke salah satu sisi karena hidung buntu SEBELAH. Minum ASI sering tersedak atau minum dominan hanya satu sisi bagian payudara.

o       Mata sering berair atau sering timbul kotoran mata (belekan) salah satu sisi/kedua sisi.

o       Sering berkeringat (berlebihan)

o       Berat Badan lebih/kegemukan (umur <1tahun) atau berat badan turun setelah usia 4-6 bulan.

o       Hernia Umbilikalis (pusar), Scrotalis, inguinalis

o       Kepala, telapak tangan atau telapak kaki sering teraba sumer/hangat.

o       Gangguan hormonal : keputihan/keluar darah dari vagina, timbul bintil merah bernanah, pembesaran payudara, rambut rontok.

o       Mudah kagetbila ada suara yang mengganggu. Gerakan tangan, kaki dan bibir sering gemetar

MANIFESTASI KLINIS YANG BERKAITAN DENGAN ALERGI PADA ANAK

·         Sering batuk, batuk lama (>2 minggu), pilek, (TERUTAMA MALAM DAN PAGI HARI siang hari hilang) sinusitisbersin,mimisan.  tonsilitis (amandel), sesak, suara serak.

·         Pembesaran kelenjar di leher dan kepala belakang bawah.

·         Sering lebam kebiruan pada kaki/tangan seperti bekas terbentur.

·         Kulit timbul bisul, kemerahan, bercak putih dan bekas hitam seperti tergigit nyamuk. Sering menggosok mata, hidung atau telinga. Kotoran telinga berlebihan.

·         Nyeri otot & tulang berulang malam hari. Sering kencing, Bed wetting (Ngompol)

·         Sering muntah , nyeri perutSULIT MAKAN disertai berat badan kurang (biasanya setelah umur 4-6 bulan).

·         Sering sariawan, lidah sering putih/kotor nyeri gusi/gigi, mulut berbau, air liur berlebihan, bibir kering.

·         Sering Buang air besar (> 2 kali/hari), sulit buang air besar (obstipasi), kotoran bulat kecil hitam seperti kotoran kambing, keras, sering buang angin, berak di celana.

·         Tidur larut malam/sering terbangun.

·         Kepala,telapak kaki/tangan sering teraba hangat.Sering berkeringat (berlebihan)

·         Mata gatal, timbul bintil di kelopak mata, mata sering berkedip, memakai kaca mata sejak usia sangat muda (usia 6-12 tahun).

·         Gangguan hormonal : tumbuh rambut berlebihadi kaki/tangan, keputihan.

·         Sering sakit kepala, migrain.

ALERGI DAPAT MENYEBABKAN GANGGUAN OTAK/PERILAKU

(“BRAIN ALLERGY” / CEREBRAL ALLERGY)

·         GERAKAN MOTORIK BERLEBIHAN

usia < 6 bulan: mata/kepala bayi sering melihat ke atas. Tangan dan kaki bergerak berlebihan, usia > 6 bulan bila digendong sering minta turun atau sering bergerak/sering menggerakkan kepala ke belakang-membentur benturkan kepala. Sering bergulung-gulung di kasur, menjatuhkan badan di kasur (“smackdown”}, sering memanjat. Perilaku “TOMBOY” pada anak perempuan

·         GANGGUAN TIDUR  (biasanya MALAM-PAGI) gelisah/bolak-balik ujung ke ujung, bila tidur posisi “nungging”, berbicara/tertawa/berteriak dlm tidur, sulit tidur, PADA ANAK LEBIH BESAR malam sering terbangun/duduk,mimpi buruk, “beradu gigi”

·         AGRESIF sering memukul kepala sendiri,orang atau benda di sekitarnya. Sering menggigit, menjilat, mencubit, menjambak (spt “gemes”)

·         GANGGUAN KONSENTRASI : GANGGUAN KONSENTRASI DAN GANGGUAN BELAJAR : CEPAT BOSAN terhadap sesuatu aktifitas (kecuali menonton televisi, baca komik atau main game),  TIDAK BISA BELAJAR LAMA, terburu-buru, tidak mau antri, TIDAK TELITI, sering kehilangan barang atau sering lupa, nilai pelajaran naik turun drastis. Nilai pelajaran tertentu baik, tapi pelajaran lain  buruk. Sulit menyelesaikan pelajaran sekolah dengan baik.Sering mengobrol dan mengganggu teman saat pelajaran.  ANAK TAMPAK CERDAS DAN PINTAR.

·         GANGGUAN KOORDINASI :

BOLAK-BALIK, DUDUK, MERANGKAK tidak sesuai usia. Berjalan sering terjatuh dan terburu-buru, sering menabrak, jalan jinjit, duduk leter W/kaki ke belakang. Jalan Pincang.

·         KETERLAMBATAN BICARA Tidak mengeluarkan kata umur < 15 bulan, hanya 4-5 kata umur 20 bulan, kemampuan bicara hilang dari yang sebelumnya bisa, biasanya > 2 tahun membaik.

·         IMPULSIF : banyak bicara/tertawa berlebihan, sering memotong pembicaraan orang lain)

·         Memperberat gejala ADHD (hiperaktif) dan AUTISME (hiperaktif, keterlambatan bicara, gangguan sosialisasi)

KOMPLIKASI

·         Sering mengalami infeksi saluran napas berulang. Infeksi sal kencing.

·         Gangguan organ tubuh (paru,ginjal, otak,mata, kulit, saluran kencing, otot dll)

·         Efek samping dari minum obat yang sering dan berkepanjangan

·         KADANG GEJALA KLINIS ALERGI  MIRIP PENYAKIT TBC , SEHINGGA SERING DIOBATI ANTIBIOTIKA JANGKA PANJANG (PADAHAL DIAGNOSIS  TBC BELUM TENTU BENAR)

·         GIZI GANDA (berat badan kurang/kurang gizi atau Berat badan lebih) & KESULITAN MAKAN (berat badan sulit naik

·         Gangguan perkembangan (gangguan belajar, gangguan konsentrasi, agresif, keterlambatan bicara, perilaku/ hiperaktif/ autisme dll)

 

bunda, ada yang tahu ngga? bener ga sih seperti artikel itu? hik hik

   
30-04-2008 15:34:21 POSISI TIDUR IBU HAMIL
Jumlah Posts : 11
Jumlah di-Like : belum ada like


INFO dari artikel yang pernah aku baca



TIDUR DENGAN POSISI TENGKURAP aman saja buat ibu hamil tapi biasanya pasa kehamilan trimester pertama, adanya pembesaran payudara dan juga payudara lebih sensitive akan menimbulkan ketidaknyamanan untuk tidur tengkurap, dan pada saat dimana perut anda sudah mulai membesar (awal 14 minggu) tidur dengan posisi tengkurap menjadi sangat tidak nyaman karena anda harus menyokong paha dengan bantal untuk dapat tidur tengkurap karena perut yang mulai membesar. Dari suatu survey ibu hamil yang tidur dengan posisi tengkurap sebelum 16 minggu 1% tapi setelah lebih 16 minggu menjadi 0 %.



TIDUR DENGAN POSISI TELENTANG, dianjurkan setelah kehamilan 16 minggu ibu hamil untuk tidak tidur telentang, karena dengan tidur posisi telentang anda meletakan seluruh berat rahim ke bagian belakang, usus, dan vena cava inferior. Tidur posisi telentang juga dapat meningkatkan resiko sakit pinggang, wasir, dan gangguan pencernaan, dan menganggu pernafasan dan sirkulasi. Posisi tidur telentang pada trimester ke dua dan tiga juga dapat mempengaruhi tekanan darah. Untuk beberapa wanita, menyebabkan penurunan tekanan darah yang membuat mereka merasa pusing, untuk yang lain, malah meningkatkan tekanan darah. Pada kasus kehamilan dengan tekanan darah tinggi tidur dengan posisi telentang sangat TIDAK dianjurkan.





Sebenarnya posisi tidur yang bagaimanakah yang terbaik?



Belum ada penelitian lebih lanjut tentang posisi tidur yang aman untuk wanita hamil, tapi sangat dianjurkan setelah kehamilan 16 minggu, sebaiknya ibu hamil tidur dengan POSISI MIRING KE SISI KIRI, karena posisi ini memberi keuntungan untuk bayi anda untuk mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal ke plasenta karena adanya vena besar (vena cava inferior) di bagian belakang sebelah kanan spina yang mengembalikan darah dari tubuh bagian bawah ke jantung. Juga dapat membantu ginjal untuk membuang sisa produk dan cairan dari tubuh ibu sehingga mengurangi pembengkakan pada kaki, pegelangan kaki dan tangan.



Tidur POSISI MIRING KE KANAN, juga baik, anda dapat menganti posisi miring kekanan-kiri untuk membuat anda tidur lebih nyaman.



Jika anda terbangun malam dan menemukan anda tidur telentang, jangan kuatir,---anda tidak melakukan seseuatu yang mencelakai bayi anda. Kembalikan saja ke posisi miring. Lagipula pada kehamilan lanjut, dimana perut sudah membesar, disertai kondisi lain seperti kram, sering kencing, kontraksi palsu, bayi anda yang menendang perut, rasa asam lambung yang meningkat yang akan menyebabkan ibu akan terbangun beberapa kali di malam hari sehingga ibu sudah pasti akan berubah posisi tidur beberapa kali karenanya dan otomatis tidak seterusnya tidur dengan posisi telentang.



Tips: Untuk tidur dengan posisi miring yang lebih nyaman taruhlah bantal diantara dengkul anda dan satu dipunggung anda. Atau anda dapat membeli bantal khusus ibu hamil.