SITE STATUS
Jumlah Member :
493.874 member
user online :
1355 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: penyebab ada belatung dikasur kamar

New Topic :  
03-12-2016 17:31:05 hpl Desember 2016
Jumlah Posts : 414
Jumlah di-Like : belum ada like
blom makan ya... nyemil aj bun makan ap gtu... banyak mnum juga... sya klo mau beres uda cape dluan yg ada bolak balik kamar mandi....
skrg aja lagi merasakan c debay aktif bgt dr tadi... mana sendrian d rmh 😅😅😅
   


04-07-2014 12:55:45 Kelahiran Pada Bulan Mei 2014
Jumlah Posts : 62
Jumlah di-Like : belum ada like
@bunda futri : aihh..pintarnya sehat terus sayang. ..murah ya bunda imunisasi sdh sm dokter lg, di sini msh di kena in biaya dokter klo sy pernah hepatitis b kmrn di rsi biaya dokter 100rb, biaya obatnya sih murah bun 30rb, tapiii ada biaya sewa kamar segala 70rb, huff

@bunda elvira : klo baby ku kuning bunda pub nya skg ada ampasnya dikit2, sm sejak umur 2bln lebih pub nya jd sehari sekali tp banyak, kadang 2hr sekali tp banyak jg,
   
27-02-2014 22:15:20 masih nifas atau mens
Jumlah Posts : 250
Jumlah di-Like : belum ada like
bund wiwik debay ku skrg jg lg flu, aq dpt info kl saat bayi sulit bernafas krn hdng tersumbat flu, diksh uap air saat sdg tdr, caranya msk air panas secukupnya kmudisn airnya ditetesi minyak yg hngt, bs aromaterapi or minyak kayu putih. taruh di kamar, jd nt uap airnya akan menyebar dan debay aq nafasnya gak grok2 lg. kl ada ac di kamar , simpan airnya di bawah ac lgs. jd cpt menyebar. skrng puji Tuhan nafas debayku gak tll parah grok2 nya.smoga bermanfaat. :-)
   


26-10-2011 19:15:09 anak rewel menjelang tidur
Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : 1
hallo mom...kami coba memberi artikel ttg mengatasi bayi rewel yah...semoga membantu :
Tip atasi bayi menangis
 
Agar tidak semakin membuat masalah, sebaiknya Mom  perlu menaruh perhatian serius. Semoga panduan di bawah bisa mengatasi kesulitan yang Mom alami:
 
- Saat bayi menangis, pahami dengan baik kebutuhannya. Bayi berkomunikasi melalui tangisan. Saat ia lapar, merasa tidak nyaman karena BAB/BAK, kepanasan, merasa sakit di badannya, bosan dan minta digendong, semua diekspresikan melalui tangisan. Pahami arti tangisan bayi dan lakukan hal berikut:
 
1 “Aku lapar”.Bayi baru lahir akan minum setiap beberapa jam. Bila bayi menangis dengan nada pendek dan rendah, mungkin ia lapar. Mom bisa segera menyusuinya.
 
2. “Aku basah”. Popok basah atau kotor adalah pemicu datangnya air mata bagi bayi. Begitu pula dengan perut kembung atau gangguan pencernaan. Sering-seringlah memeriksa popok bayi Anda untuk memastikan itu bersih dan kering.
 
3. “Aku lelah”. Lelah bisa membuat bayi Anda rewel. Bayi baru lahir bisa tidur sampai 16 jam sehari, beberapa bayi bahkan lebih. Si kecil mungkin perlu tidur lebih lama dari yang Anda pikirkan. Pastikan saat siang hari ia mendapat tidur yang cukup.
 
4. “Aku ingin diselimuti”. Bayi yang baru lahir menunjukkan preferensi yang pasti untuk merasa nyaman dan aman, seperti ketika mereka berada di dalam rahim. Jadi, cobalah membungkus bayi Anda dalam lampin atau balutan selimut kecil/ringan dengan longgar.
 
5. “Aku ingin pindah”.Kadang-kadang bayi akan tenang dan berhenti menangis ketika Anda memangkunya di kursi goyang atau menggendongnya sambil berjalan-jalan di dalam rumah. Ia hanya ingin pindah posisi. Ayunan atau kursi goyang bayi juga bisa dijadikan pilihan.
 
6. “Aku kesepian”. Terkadang hanya dengan melihat, mendengar suara atau didekap ibunya bisa menghentikan air mata bayi. Pijatan lembut atau tepukan pelan di punggungnya mungkin akan menenangkannya sehingga berhenti menangis.  
 
7. “Aku kepanasan”. Bayi yang kegerahan akan merasa tidak nyaman dan rewel. Pastikan suhu kamar cukup sejuk atau ganti pakaiannya dengan bahan yang tipis dan menyerap keringat. Begitu pula bila bayi kedinginan, tambah/lapisi pakaiannya sehingga cukup tebal atau selimuti ia. 
 
8. “Aku ingin mengisap sesuatu”. Mengisap adalah refleks alami. Bagi banyak bayi, ini adalah kegiatan, menghibur dan menenangkan. Jika bayi Anda tidak lapar, cobalah masukkan jari bersih Anda ke mulutnya atau berikan ia empeng sebentar.
 
9. “Huh, berisik...” Terlalu banyak suara, gerakan atau stimulasi visual bisa membuat bayi menangis. Pindahkan ia ke lingkungan yang lebih tenang atau tempatkan bayi Anda dalam buaian. Irama konstan yang berulang-ulang juga memiliki efek menenangkan. Jadi, Anda bisa mendekapnya di dada sehingga bayi bisa mendengar detak jantung Anda. Banyak pula orangtua yang menemukan bahwa irama yang stabil seperti suara kipas angin, bunyi detak jarum jam dinding, atau irama senandung lagu ninabobo yang lembut bisa menenangkan dan menidurkan bayi.
 
10. “Perutku sakit”.Biasanya tangisan pertanda sakit bernada panjang, menjerit dan bernada tinggi. Jika Mom memberikan ASI, rasa susu mungkin berubah sebagai respon atas makanan atau minuman yang Mom makan. Bila Mom menduga bahwa makanan atau minuman tertentu membuat bayi Anda lebih rewel dari biasanya, hindari makanan atau minuman itu selama beberapa hari dan lihat apakah ada perubahan.
 
- Tatalah kamar bayi senyaman mungkin. Pastikan Mom atau pengasuh dapat bergerak leluasa menjaga bayi di kamarnya.
 
- Jika sudah melakukan berbagai cara di atas, tetapi bayi Anda masih menangis juga, pertimbangkan untuk membiarkan bayi Anda menangis sejenak. Mungkin akan terasa menyakitkan, tetapi perlu diingat bahwa beberapa bayi tidak bisa tertidur tanpa menangis. Nah, bayi Anda bisa tidur lebih cepat jika dibiarkan menangis sebentar. (Sumber: Moms & Kiddie)
   
15-03-2011 10:48:37 RS & biaya melahirkan nya
Jumlah Posts : 147
Jumlah di-Like : 3
@Bunda c.sa70,
Aku sih kepengennya bisa lahiran normal bun, tp ya tergantung kondisinya nanti. Klo sampai kontrol terakhir sih DSOG nya bilang semua baik2 aja & kemungkinan bisa lahiran normal.

Aku sih dah cb lihat di situsnya hermina, tp biaya melahirkannya gak ada bun, yg ada cuma tarif kamar nya aja. Bunda punya info gak?
   


Jumlah Posts : 13
Jumlah di-Like : belum ada like
 Bunda...seperti judul topik ini...apakah pernah bunda mengalami diganggu mahluk halus diwaktu hamil???? dishare donk...
aku pernah tp entah antara mimpi dan beneran karena lokasinya memang aku sedang tidur sendiri dengan lampu nyala lagiii...tiba2 ada suara kayak benda jatuh tapi setelah dilihat tidak ada apa2. ga lama aku melek dan melihat kepala nongol di ujung tempat tidur, mukanya putih kayak juon gitu...trus ketawa geli gitu dan masuk kekolong tempat tidur dan tempat tidurku goyang2 gitu...au sih selama itu baca doa truuusss, awalnya berat untuk baca doa tp lama2 lancar dan...akhirnya hilang..

minggu depannya lagiii....pagi2 setelah solat subuh, ditempat tidurku ada belatung yang seakan akan jatuh dari atas, tapi dilihat keatas, tidak bolong dan bersih dan tidak bau bangkai...hal itu dialami 2 hari... hari pertama cuma satu...namun hari kedua muncul banyak sekitar 10an. dan itu terjadi di waktu yg sama, sekitar jam 6.30  pagi.

apa yah tandanya???walaupun aku sudah solat dan berdoa...apakah ada yang jahilinku???

sungguh menyeramkann...jadi gak bisa tidur
   
08-08-2008 16:37:05 Muncul pegel disaat Hamil
Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : belum ada like
Dear bunda,
Kalo masalah pegel2 sih saya rasa memang udh bawaan hamil kali ya.. Tapi yg saya alami ini bukan pegel2, tp kata org bilang "naik betis" atau apalah istilahnya. Urat2 yg di betis rasanya tegang waktu saya tidur malam. Bisa sampe 2 atau 3 kali saya mengalaminya tiap malam. Sakit banget rasanya, blm lagi suami kasian tiap malam selalu saya bangunin untuk sekedar ngurut kaki saya yg bermasalah tadi. Sekedar informasi, kamar tidur saya berada di lantai 2 (karena saya masih tinggal sama mama dan kamar yg di lantai bawah hanya ada 1 yaitu kamar mama).  Kalo kata mama sih biasanya keluhan itu muncul pada saat usia kehamilan 8 atau 9 bulan. Sementara usia kehamilan saya masih 6 bulan, kok  bisa gitu ya??
Apa memang ada pengaruh naik turun tangga itu ya??? Saya belum konsultasi lg ni karena hal ini saya rasakan baru 3 hari terakhir. Mohon infonya ya bun... Terima kasih.
   
11-04-2017 19:33:56 digigit kutu kucing
Jumlah Posts : 15
Jumlah di-Like : belum ada like
malem dok sy mau tanya, skrg kehamilan sya 32 week 1/2 hari ini sy ngerasain sakit dibagian bawah dada nyeri kaya ketusuk ad yg bilang karena janinny makin besar dn makin aktiv. yg sy takutin dok kmrin juga diatap kamar sya ada ank kucing yg baru melahirkan trus kutunya bnyk banget jatoh dikamar smpe dikasur, sya kena di gigit bagian kaki smpe memerah. dan dibagian perut juga tapi tidak memerah karena tidak sya garuk garuk. apa kutu kucing bahaya buat sya dan janin dok? membasmi kutu kucing susah sudah 3 hari ini belum hilang wlpun sudah dibersihkan ad bbrpa yg muncul karena kutu kucing lincah loncat2. sy tidak suka dengan kucing dok takut katanya ada virusnya. trus gimNa apakah bahaya kutu kucing?
   
20-10-2016 16:12:45 Tumbuh kembang anak
Jumlah Posts : 135
Jumlah di-Like : belum ada like
Itu jg langsung ditutup selimut nda.. Sedikit cerita ya nda awala'y aq lg nonton tv dkamar sma suami tp aq nonton'y dibawah pake kasur lantai & suami lg nidurin anak dikasur bund.. Tiba2 suami nyamperin lgsg minta hb gt di depan tv pake kasur lantai.. Aq blg sama suami suruh pindahin anak dulu ke kamar sebelah kalo anak udh tidur tp suami bilang'y keburu pengen.. Disitu aq berusaha nolak tp gk bisa malah kebawa suasana.. Ahir'y ya gtu deh bund.. Pas aq mau ganti posisi hb'y aq sempatin nengok ke arah anak yg tdr diatas kasur gk tau'y anak udh duduk diem ngeliatin gt bund.. Disitu kaget bgt bund untung'y disamping suami ada selimut jd lgsg aq tutupin seluruh badan aq sama suami.. Pas selesai hb'y aq liat anau udh tidur lg nda...
   
07-10-2015 08:48:09 Kolik Infantil
Jumlah Posts : 326
Jumlah di-Like : belum ada like

Kolik infantil biasanya dimulai sekitar 2 sampai 3 minggu usia bayi anda, mencapai puncaknya pada 2 bulan.

Penyebab kolik tidak diketahui dengan pasti, beberapa teori mengatakan :

  • Kolik disebabkan belum matangnya sistem pencernaan bayi useia di bawah tiga bulan, sehingga sebagian zat makanan tidak diserap.
  • Kolik disebabkan belum matangnya sistem susunan syaraf pusat sehingga bayi merespons secara berlebihan terhadap rangsangan dari luar.
  • Kolik disebabkan alergi terhadap susu sapi.(jika anak bunda menggunakan sufor)

cara mengatasinya,tapi tiap anak tidak sama

  • Usahakan Orang tua untuk lebih tenang
  • Pastikan dulu tidak ada penyebab lain bayi menangis, misalnya lapar, haus, lelah, mengantuk, ingin dipeluk, kedinginan, kepanasan, atau nyeri.
  • Jika bayi mengkonsumsi ASI, sebaiknya Ibu bayi tidak mengkonsumsi dairy product, bawang merah, kubis, brokoli, makanan berbumbu, kafein, kacang merah dan makanan lain yang menghasilkan gas.
  • Jika bayi mendapatkan susu formula, konsultasikan dengan dokter, kemungkinan dokter akan menyarankan untuk mengganti susu dengan susu formula bebas laktosa atau rendah alergi, hindari menelan udara dari botol, jika bayi tampak kembung, sendawakan sesering mungkin.
  • Jangan memberi minum susu atau menyusui secara berlebihan.
  • Buat lingkungan bayi setenang mungkin, pencahayaan yang terang pada kamar bayi, hindarkan suara yang keras atau ribut.
  • Bungkus bayi dengan selimut, gendong serta ayun dengan perlahan.
  • Ajak bayi berjalan-jalan.
  • Mandikan bayi dengan air hangat, atau letakkan botol berisi air hangat di perut bayi, usap atau pijat perut bayi secara perlahan.
  • Beberapa bayi menyenangi suara ritmik, suara-suara tersebut bisa menenangkan bayi.
   
Jumlah Posts : 527
Jumlah di-Like : belum ada like
Sama2,bund Novita :)
Berikut perbedaan antara UHT,pasteurisasi dan sufor

 disunting dari http://nurisatools.blogspot.com/2011/06/perbedaan-susu-uht-pasteurisasi-skim.html Hingga saat ini, masih ada sebagian Moms yang bingung menentukan mana susu yang baik untuk dikonsumsi si kecil.  Ada yang beranggapan susu formula lebih baik dari susu UHT, ada pula yang beranggapan sebaliknya. Daripada bingung, simak penjelasan berikut ini. BEDANYA SUSU UHT, SKIM DAN FORMULAMoms, sebelum menentukan susu mana yang baik diberikan kepada sikecil, sebaiknya ketahui terlebih dulu apa bedanya susu UHT, Skim dan Formula. Susu UHT (Ultra High Temperature) adalah susu yang disterilisasi dengan suhu tinggi (135-145 derajat Celcius) dalam waktu yang singkat selama 2-5 detik. Pemanasan dengan suhu tinggi ini bertujuan untuk membunuh seluruh mikroorganisma (baik bakteri pembusuk maupun patogen) dan spora. Waktu pemanasan yang singkat dimaksudkan untuk mencegah kerusakan nilai gizi susu serta untuk mendapatkan warna, aroma dan rasa yang relatif tidak berubah seperti susu segar. Kesegaran susu akan terasa nikmat jika segera diminum, terlebih jika disimpan dalam lemari pendingin. Susu UHT ini juga di kemas dengan kemasan multi lapis yang kedap udara sehingga bakteri pun tidak bisa masuk kedalamnya. kemasan multi lapis ini juga kedap cahaya sehinnga cahaya ultra violet tak akan mapu menembusnya. dan prosen kemasanya pun dilakuan secara otomatis tanpa adanya campur tangan manusia. Sehingga susu UHT ini tetap segar dan aman untuk di konsumsi, dan memenuhi standar kesehatan internasional. Kelebihan susu UHT : Daya Simpan yang lama - pada suhu kamar 6-10 bulanSusu yang sangat higienis karena bebas dari seluruh mikroba ( patogen ? penyebab penyakit dan pembusuk ) serta sporaKontak panas yang singkat pada proses peng- UHT -an, menyebabkan warna, aroma dan rasa susu relatif tidak berubah Susu UHT yang telah di buka harus di simpan di refrigerator ( kulkas ) dan hindarkan dari penyimpanan pada suhu tinggi ( > 50 der celsius )  Susu Pasteurisasi merupakan susu yang diberi perlakuan panas 63-72 derajat celsius selama 15 detik, yang bertujuan untuk membunuh bakteri patogen. karena proses pemanasannya yang relatif cukup rendah dan waktunya yang realtif lebih lama, maka tidak semua mikroorganisme pembusuk mati oleh proses ini. Maka untuk memperpanjang umur simpan produk yang telah di Pasteurisasi biasanya di simpan di refrigerator ( suhu rendah ). Daya tahan penyimpanan relatif lebih cepat 1 minggu di refrigerator atau 1-2 hari di suhu kamar. Sedangkan susu skim adalah susu bubuk tanpa lemak yang dibuat dengan cara pengeringan atau spray dryer untuk menghilangkan sebagian air dan lemak tetapi masih mengandung laktosa, protein, mineral, vitamin yang larut lemak, dan vitamin yang larut air (B12). Susu Formula yang dijual pada umumnya adalah susu yang diproses dari susu sapi segar baik dengan atau tanpa tambahan zat lain seperti lemak atau protein yang kemudian dikeringkan. TETAP UTAMAKAN ASI Pada dasarnya tidak ada kewajiban memperkenalkan salah satu jenis susu tersebut. Justru, prinsip utama pemberian susu adalah berikan ASI pada bayi 0 - 6 bulan atau ASI eksklusif. Sebaliknya, susu formula bisa dijadikan alternatif bilamana Moms tidak dapat memberikan ASI Eksklusif. Dengan diberikanya susu formula khusus yang dirancang hingga menyerupai ASI, diharapkan bisa memenuhi kebutuhan akan nutrisi bayi. Begitu usia 7 bulan bayi mulai diberikan makanan pendamping ASI (MPASI). Tujuan MPASI untuk menambah asupan nutrisi selain dari ASI, serta mengajari bayi agar mengenal makanan secara bertahap dengan konsistensi lain yang nantinya menuju pada makanan padat. Sementara, susu UHT bisa diberikan kepada anak sesudah berusia 12 bulan. Jumlah yang diberikan berkisar antara 1-2 gelas sehari (1 gelas = 250 ml) sesuai kemampuan anak. Susu UHT memang direkomendasikan untuk anak usia 12 bulan ke atas. Susu skim tidak ditujukan untuk anak pada umumnya, nilai kalorinya hanya mengandung 55 persen dari seluruh energi susu. Tak heran, jika susu skim seringkali digunakan dalam pembuatan keju rendah lemak dan yogurt. MANA YANG LEBIH BAIK? Bila dilihat dari sisi kualitas susu dengan cara sterilisasi, susu UHT lebih baik dibandingkan cara sterilisasi lain.   Proses sterilisasi UHT yaitu dengan pemanasan yang tinggi dan singkat. Di dalam teknologi pangan, telah diketahui bahwa pengolahan dengan suhu pemanasan yang tinggi tetapi dengan waktu yang singkat, lebih dapat menyelamatkan nilai gizi daripada suhu pengolahan yang lebih rendah tetapi dengan waktu yang lebih lama. Jangka waktu simpan susu UHT lebih lama dari produk susu cair dengan cara sterilisasi pasteurisasi.  Susu UHT dapat disimpan dalam waktu yang cukup panjang yaitu mencapai 6 ? 10 bulan meski tanpa bahan pengawet, bahkan tidak perlu dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Selain itu, susu UHT merupakan susu yang higienis karena bebas dari seluruh mikroba (patogen/penyebab penyakit dan pembusuk) serta spora sehingga potensi kerusakan mikrobiologis sangat minimal, bahkan hampir tidak ada.  Kontak panas yang sangat singkat pada proses UHT menyebabkan mutu sensori (warna, aroma dan rasa khas susu segar) dan mutu gizi, relatif tidak berubah.  Keuntungan lainnya, karena biaya pengemasanya tidak sulit dan mahal, maka biasanya produk susu UHT dijual dengan harga yang terjangkau. Bagaimana dengan susu formula? Susu bubuk berasal dari susu  segar yang kemudian dikeringkan, umumnya menggunakan spray dryer atau roller dryer.  Kerusakan protein sebesar 30% dapat terjadi pada pengolahan susu cair menjadi susu bubuk. Lama simpan susu bubuk juga tergolong lama, maksimal 2 tahun, tentunya dengan penaganan yang baik dan benar.  Susu bubuk dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu susu bubuk berlemak (full cream milk powder), susu bubuk rendah lemak (partly skim milk powder), dan susu bubuk tanpa lemak (skim milk powder). Yang penting diigat, pilihlah susu yang cocok untuk si kecil. Konsumsi susu penting untuk menunjang tumbuh kembang si kecil dan meningkatkan system imunitas (kekebalan) tubuh terhadap berbagai penyakit. Kepala Susu Sebagai Campuran MPASI  Anda sering membeli susu sapi murni? Bila iya, mungkin anda tahu lapisan mengental dan tebal yang ada pada permukaan susu.  Jika susu cair tersebut dipanaskan dan didiamkan beberapa lama, emulsi lemak akan naik kepermukaan susu dan membentuk lapisan tebal.  Nah, itu lah yang disebut dengan kepala susu. Kepala susu adalah bagian susu yang mengandung protein jenis kasein.  Dibandingkan whey, protein utama dari susu yang berbentuk cair dan banyak terdapat dalam ASI, kasein lebih sulit dicerna.  Itulah sebabnya bayi 0 - 6 bulan idealnya mengonsumsi ASI karena kandungan whey-nya lebih tinggi daripada kasein. Kepala susu hanya boleh diberikan kepada bayi usia 6 bulan ke atas, saat ia diperkenalkan dengan MPASI.  Tentu saja diberikan dalam jumlah yang sesuai, sebagai salah satu bahan campuran MPASI misalnya bubur dan sebagainya. Pentingkah Fortifikasi Susu Formula? Makanan terbaik untuk bayi? ya sudah pasti ASI, karena selain memberikan semua unsur gizi yang dibutuhkan, ASI mengandung komponen yang sangat spesifik, dan telah disiapkan untuk memenuhi kebutuhan dan perkembangan bayi.  ASI mengandung antibodi yang merupakan perlindungan alami bagi bayi baru lahir, ASI juga diduga dapat meningkatkan IQ anak, serta mengandung enzim penyerapan lipase (yang sampai saat ini belum bisa ditiru oleh susu formula, karena enzim ini rusak karena pemanasan). Pemberian ASI juga berperan penting dalam hal perkembangan Emotional Quotient (EQ) anak. Kedekatan dengan ibu ketika mendapatkan ASI, membuat anak merasa aman dan disayang, sehingga akan berpengaruh terhadap perkembangan emosi anak, kalau ASI sudah sedemikian lengkap, sebenarnya masih perlukah susu formula bayi? Menurut WHO, 98% wanita mempunyai kemampuan fisiologis untuk menyusui, yang berarti hanya 2% wanita yang tidak dapat memberikan ASI karena berbagai sebab dan pertimbangan, sehingga perlu pemberian susu formula bayi (artinya hanya bila dilakukan bila memang benar-benar dibutuhkan).  Keadaan ini membuat produsen memproduksi susu formula, yang dalam perjalannya malah dijadikan makanan utama untuk bayi bukan hanya oleh ibu yang tidak mampu menyusui, tetapi juga oleh ibu yang belum menyadari keunggulan ASI. Karena ASI adalah makanan terbaik untuk bayi, maka berbagai penelitian tentang ASI dilakukan guna meningkatkan kualitas susu formula bayi.  Produsen menambahkan berbagai komponen agar susu formula bayi dapat menyamai kualitas ASI.  Namun demikian ASI tidak akan pernah bisa digantikan oleh susu formula bayi karena masih banyak kandungan ASI yang sampai saat ini belum diketahui. Selain penambahan vitamin (A, D, E, K, B1, B2, B6, B12, C), mineral (kalsium, fosfor, magnesium, dll), dan zat gizi lain seperti asam linoleat, kolin, asam folat, asam pantetonat, nikotinamid dan botin, sering pula ditambahkan ARA (arachidonic acid) dan DHA (docosahexonic acid) pada susu formula, walaupun sampai sejauh ini belum cukup bukti ilmiah yang menajmin bahwa penambahan kedua komponen tersebut bermanfaat bagi bayi. Beberapa studi menunjukan beberapa manfaat yang diperoleh dari suplementasi nukleotida, di antaranya perbaikan pertumbuhan selama masa tumbuh kembang pada bayi dengan berat badan lahir yang kurang, berkurangnya kejadian diare, perbaikan fungsi imunologi pada komponen darah bayi dengan respon antibodi yang lebih besar terhadap imunisasi dipteri dan imunisasi influenza, serta perubahan metabolisme lipid.  Meskipun demikian, untuk bayi yang  lahir normal dengan berat badan normal, belum ada bukti adanya manfaat suplementasi pada formula bayi. Sedangkan penambahan lutein belum diketahui manfaatnya untuk apa karena menurut peraturan internasional, lutein belum termasuk dalam kelompok vitamin atau sebagai zat gizi lain. sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4486720http://www.lucianasutanto.com/index.php?option=com_content&task=view&id=16&Itemid=53
   
Jumlah Posts : 527
Jumlah di-Like : belum ada like
Hingga saat ini, masih ada sebagian Moms yang bingung menentukan mana susu yang baik untuk dikonsumsi si kecil.  Ada yang beranggapan susu formula lebih baik dari susu UHT, ada pula yang beranggapan sebaliknya. Daripada bingung, simak penjelasan berikut ini. BEDANYA SUSU UHT, SKIM DAN FORMULAMoms, sebelum menentukan susu mana yang baik diberikan kepada sikecil, sebaiknya ketahui terlebih dulu apa bedanya susu UHT, Skim dan Formula. Susu UHT (Ultra High Temperature) adalah susu yang disterilisasi dengan suhu tinggi (135-145 derajat Celcius) dalam waktu yang singkat selama 2-5 detik. Pemanasan dengan suhu tinggi ini bertujuan untuk membunuh seluruh mikroorganisma (baik bakteri pembusuk maupun patogen) dan spora. Waktu pemanasan yang singkat dimaksudkan untuk mencegah kerusakan nilai gizi susu serta untuk mendapatkan warna, aroma dan rasa yang relatif tidak berubah seperti susu segar. Kesegaran susu akan terasa nikmat jika segera diminum, terlebih jika disimpan dalam lemari pendingin. Susu UHT ini juga di kemas dengan kemasan multi lapis yang kedap udara sehingga bakteri pun tidak bisa masuk kedalamnya. kemasan multi lapis ini juga kedap cahaya sehinnga cahaya ultra violet tak akan mapu menembusnya. dan prosen kemasanya pun dilakuan secara otomatis tanpa adanya campur tangan manusia. Sehingga susu UHT ini tetap segar dan aman untuk di konsumsi, dan memenuhi standar kesehatan internasional. Kelebihan susu UHT : Daya Simpan yang lama - pada suhu kamar 6-10 bulanSusu yang sangat higienis karena bebas dari seluruh mikroba ( patogen ? penyebab penyakit dan pembusuk ) serta sporaKontak panas yang singkat pada proses peng- UHT -an, menyebabkan warna, aroma dan rasa susu relatif tidak berubah Susu UHT yang telah di buka harus di simpan di refrigerator ( kulkas ) dan hindarkan dari penyimpanan pada suhu tinggi ( > 50 der celsius )  Susu Pasteurisasi merupakan susu yang diberi perlakuan panas 63-72 derajat celsius selama 15 detik, yang bertujuan untuk membunuh bakteri patogen. karena proses pemanasannya yang relatif cukup rendah dan waktunya yang realtif lebih lama, maka tidak semua mikroorganisme pembusuk mati oleh proses ini. Maka untuk memperpanjang umur simpan produk yang telah di Pasteurisasi biasanya di simpan di refrigerator ( suhu rendah ). Daya tahan penyimpanan relatif lebih cepat 1 minggu di refrigerator atau 1-2 hari di suhu kamar. Sedangkan susu skim adalah susu bubuk tanpa lemak yang dibuat dengan cara pengeringan atau spray dryer untuk menghilangkan sebagian air dan lemak tetapi masih mengandung laktosa, protein, mineral, vitamin yang larut lemak, dan vitamin yang larut air (B12). Susu Formula yang dijual pada umumnya adalah susu yang diproses dari susu sapi segar baik dengan atau tanpa tambahan zat lain seperti lemak atau protein yang kemudian dikeringkan. TETAP UTAMAKAN ASI Pada dasarnya tidak ada kewajiban memperkenalkan salah satu jenis susu tersebut. Justru, prinsip utama pemberian susu adalah berikan ASI pada bayi 0 - 6 bulan atau ASI eksklusif. Sebaliknya, susu formula bisa dijadikan alternatif bilamana Moms tidak dapat memberikan ASI Eksklusif. Dengan diberikanya susu formula khusus yang dirancang hingga menyerupai ASI, diharapkan bisa memenuhi kebutuhan akan nutrisi bayi. Begitu usia 7 bulan bayi mulai diberikan makanan pendamping ASI (MPASI). Tujuan MPASI untuk menambah asupan nutrisi selain dari ASI, serta mengajari bayi agar mengenal makanan secara bertahap dengan konsistensi lain yang nantinya menuju pada makanan padat. Sementara, susu UHT bisa diberikan kepada anak sesudah berusia 12 bulan. Jumlah yang diberikan berkisar antara 1-2 gelas sehari (1 gelas = 250 ml) sesuai kemampuan anak. Susu UHT memang direkomendasikan untuk anak usia 12 bulan ke atas. Susu skim tidak ditujukan untuk anak pada umumnya, nilai kalorinya hanya mengandung 55 persen dari seluruh energi susu. Tak heran, jika susu skim seringkali digunakan dalam pembuatan keju rendah lemak dan yogurt. MANA YANG LEBIH BAIK? Bila dilihat dari sisi kualitas susu dengan cara sterilisasi, susu UHT lebih baik dibandingkan cara sterilisasi lain.   Proses sterilisasi UHT yaitu dengan pemanasan yang tinggi dan singkat. Di dalam teknologi pangan, telah diketahui bahwa pengolahan dengan suhu pemanasan yang tinggi tetapi dengan waktu yang singkat, lebih dapat menyelamatkan nilai gizi daripada suhu pengolahan yang lebih rendah tetapi dengan waktu yang lebih lama. Jangka waktu simpan susu UHT lebih lama dari produk susu cair dengan cara sterilisasi pasteurisasi.  Susu UHT dapat disimpan dalam waktu yang cukup panjang yaitu mencapai 6 ? 10 bulan meski tanpa bahan pengawet, bahkan tidak perlu dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Selain itu, susu UHT merupakan susu yang higienis karena bebas dari seluruh mikroba (patogen/penyebab penyakit dan pembusuk) serta spora sehingga potensi kerusakan mikrobiologis sangat minimal, bahkan hampir tidak ada.  Kontak panas yang sangat singkat pada proses UHT menyebabkan mutu sensori (warna, aroma dan rasa khas susu segar) dan mutu gizi, relatif tidak berubah.  Keuntungan lainnya, karena biaya pengemasanya tidak sulit dan mahal, maka biasanya produk susu UHT dijual dengan harga yang terjangkau. Bagaimana dengan susu formula? Susu bubuk berasal dari susu  segar yang kemudian dikeringkan, umumnya menggunakan spray dryer atau roller dryer.  Kerusakan protein sebesar 30% dapat terjadi pada pengolahan susu cair menjadi susu bubuk. Lama simpan susu bubuk juga tergolong lama, maksimal 2 tahun, tentunya dengan penaganan yang baik dan benar.  Susu bubuk dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu susu bubuk berlemak (full cream milk powder), susu bubuk rendah lemak (partly skim milk powder), dan susu bubuk tanpa lemak (skim milk powder). Yang penting diigat, pilihlah susu yang cocok untuk si kecil. Konsumsi susu penting untuk menunjang tumbuh kembang si kecil dan meningkatkan system imunitas (kekebalan) tubuh terhadap berbagai penyakit. Kepala Susu Sebagai Campuran MPASI  Anda sering membeli susu sapi murni? Bila iya, mungkin anda tahu lapisan mengental dan tebal yang ada pada permukaan susu.  Jika susu cair tersebut dipanaskan dan didiamkan beberapa lama, emulsi lemak akan naik kepermukaan susu dan membentuk lapisan tebal.  Nah, itu lah yang disebut dengan kepala susu. Kepala susu adalah bagian susu yang mengandung protein jenis kasein.  Dibandingkan whey, protein utama dari susu yang berbentuk cair dan banyak terdapat dalam ASI, kasein lebih sulit dicerna.  Itulah sebabnya bayi 0 - 6 bulan idealnya mengonsumsi ASI karena kandungan whey-nya lebih tinggi daripada kasein. Kepala susu hanya boleh diberikan kepada bayi usia 6 bulan ke atas, saat ia diperkenalkan dengan MPASI.  Tentu saja diberikan dalam jumlah yang sesuai, sebagai salah satu bahan campuran MPASI misalnya bubur dan sebagainya. Pentingkah Fortifikasi Susu Formula? Makanan terbaik untuk bayi? ya sudah pasti ASI, karena selain memberikan semua unsur gizi yang dibutuhkan, ASI mengandung komponen yang sangat spesifik, dan telah disiapkan untuk memenuhi kebutuhan dan perkembangan bayi.  ASI mengandung antibodi yang merupakan perlindungan alami bagi bayi baru lahir, ASI juga diduga dapat meningkatkan IQ anak, serta mengandung enzim penyerapan lipase (yang sampai saat ini belum bisa ditiru oleh susu formula, karena enzim ini rusak karena pemanasan). Pemberian ASI juga berperan penting dalam hal perkembangan Emotional Quotient (EQ) anak. Kedekatan dengan ibu ketika mendapatkan ASI, membuat anak merasa aman dan disayang, sehingga akan berpengaruh terhadap perkembangan emosi anak, kalau ASI sudah sedemikian lengkap, sebenarnya masih perlukah susu formula bayi? Menurut WHO, 98% wanita mempunyai kemampuan fisiologis untuk menyusui, yang berarti hanya 2% wanita yang tidak dapat memberikan ASI karena berbagai sebab dan pertimbangan, sehingga perlu pemberian susu formula bayi (artinya hanya bila dilakukan bila memang benar-benar dibutuhkan).  Keadaan ini membuat produsen memproduksi susu formula, yang dalam perjalannya malah dijadikan makanan utama untuk bayi bukan hanya oleh ibu yang tidak mampu menyusui, tetapi juga oleh ibu yang belum menyadari keunggulan ASI. Karena ASI adalah makanan terbaik untuk bayi, maka berbagai penelitian tentang ASI dilakukan guna meningkatkan kualitas susu formula bayi.  Produsen menambahkan berbagai komponen agar susu formula bayi dapat menyamai kualitas ASI.  Namun demikian ASI tidak akan pernah bisa digantikan oleh susu formula bayi karena masih banyak kandungan ASI yang sampai saat ini belum diketahui. Selain penambahan vitamin (A, D, E, K, B1, B2, B6, B12, C), mineral (kalsium, fosfor, magnesium, dll), dan zat gizi lain seperti asam linoleat, kolin, asam folat, asam pantetonat, nikotinamid dan botin, sering pula ditambahkan ARA (arachidonic acid) dan DHA (docosahexonic acid) pada susu formula, walaupun sampai sejauh ini belum cukup bukti ilmiah yang menajmin bahwa penambahan kedua komponen tersebut bermanfaat bagi bayi. Beberapa studi menunjukan beberapa manfaat yang diperoleh dari suplementasi nukleotida, di antaranya perbaikan pertumbuhan selama masa tumbuh kembang pada bayi dengan berat badan lahir yang kurang, berkurangnya kejadian diare, perbaikan fungsi imunologi pada komponen darah bayi dengan respon antibodi yang lebih besar terhadap imunisasi dipteri dan imunisasi influenza, serta perubahan metabolisme lipid.  Meskipun demikian, untuk bayi yang  lahir normal dengan berat badan normal, belum ada bukti adanya manfaat suplementasi pada formula bayi. Sedangkan penambahan lutein belum diketahui manfaatnya untuk apa karena menurut peraturan internasional, lutein belum termasuk dalam kelompok vitamin atau sebagai zat gizi lain. sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4486720http://www.lucianasutanto.com/index.php?option=com_content&task=view&id=16&Itemid=53
   
12-09-2013 22:00:45 Kelahiran Pada Bulan Mei 2014
Jumlah Posts : 201
Jumlah di-Like : 2
Seperti dilansir dari BabyCenter, Selasa (23/3/2010), ada beberapa penyebab umum pusing dan pingsan selama kehamilan, yaitu:

1. Berdiri terlalu cepat

Ketika seseorang duduk, darah cenderung berkumpul di ekstremitas bawah, yaitu kaki dan kaki bagian bawah. Ketika seseorang tiba-tiba berdiri, maka darah yang kembali dari kaki ke jantung tidak cukup banyak. Akibatnya, tekanan darah tiba-tiba turun, menyebabkan pusing karena jumlah darah dan oksigen di dalam otak tidak mencukupi.

Salah satu cara untuk menghindari pingsan selama kehamilan adalah dengan menghindari berdiri tiba-tiba, dan meloncat dari kursi atau tempat tidur.

Ketika berbaring, duduk perlahan-lahan dan duduk selama beberapa menit dengan kaki menjuntai di sisi tempat tidur atau sofa. Lalu perlahan-lahan bangkit dari duduk untuk berdiri.

Ketika perlu berdiri untuk waktu yang lama, gerakkan kaki untuk melancarkan sirkulasi. Mengenakan stoking juga dapat membantu sirkulasi di bagian bawah tubuh.

2. Berbaring dengan punggung (Telentang)

Saat kehamilan berlanjut, khususnya selama trimester kedua dan ketiga, pertumbuhan rahim dapat menyebabkan penurunan sirkulasi di kaki bagian bawah. Hal ini terjadi karena adanya tekanan pada vena kava inferior (vena besar yang mengembalikan darah dari bagian bawah tubuh ke jantung) dan vena panggul.

Ketika seorang wanita hamil berbaring telentang dalam waktu lama, ini bisa memperburuk masalah. Bahkan, sekitar 8 persen dari ibu hamil di trimester kedua dan ketiga mengembangkan suatu kondisi yang disebut sindrom telentang hypotensive.

Sindrom telentang hypotensive yaitu kondisi dimana telentang untuk jangka waktu lama dapat mengakibatkan peningkatan denyut jantung, penurunan tekanan darah, yang menyebabkan gejala kegelisahan, mual, sakit kepala ringan, dan lainnya.

Untuk menghindari masalah ini, berbaringlah di sisi bukan telentang. Kedua sisi lebih baik daripada telentang, walaupun sisi kiri adalah yang terbaik. Bantal yang ditempatkan di bawah punggung atau di bawah pinggul dapat membantu tetap berada di sisi, atau setidaknya cukup miring untuk menjaga rahim dari tekanan vena kava.

3. Tidak cukup makan dan minum

Banyak wanita hamil cenderung merasa mual karena morning sickness, sehingga mereka malas untuk makan atau minum. Hal itu dapat menyebabkan gula darah rendah atau yang disebut hipoglikemia, yang dapat membuat pusing atau pingsan selama kehamilan.

Selama kehamilan, terdapat peningkatan kebutuhan gizi dan oksigen dalam tubuh, dengan demikian, nutrisi yang tidak memadai dapat mempengaruhi kesehatan ibu dan anak.

Dehidrasi juga dapat menyebabkan pusing atau pingsan. Pastikan wanita hamil tetap sehat, dan terhindar dari hidrasi dengan meminum delapan hingga sepuluh gelas air per hari, terlebih jika sedang olahraga atau merasa panas.

Cobalah untuk menjaga gula darah agar tidak terlalu rendah dengan makan makanan kecil. Bawalah makanan ringan yang sehat sehingga bisa segera makan ketika merasa lapar.

4. Anemia

Anemia merupakan masalah umum pada kebanyakan wanita hamil. Anemia menyebabkan penurunan sel darah merah untuk membawa oksigen ke otak dan organ-organ lain. Hal ini menimbulkan perasaan pening dan pusing.

Kekurangan zat besi adalah penyebab paling umum anemia, jadi pastikan untuk memakan makanan yang kaya zat besi dan konsumsi vitamin dengan zat besi dan multivitamin, terutama dalam trimester kedua dan ketiga.

5. Kepanasan

Menghabiskan waktu di ruangan yang sangat panas atau mandi air panas dapat menyebabkan pembuluh darah melebar, menurunkan tekanan darah dan menyebabkan pusing dan pingsan selama kehamilan.

Jika wanita hamil merasa pusing karena terlalu panas, hindari tempat-tempat keramaian yang pengap dan berpakaian berlapis-lapis. Cukup mandi air hangat, bukan yang panas, dan mencoba untuk menjaga kamar mandi tetap dalam keadaan dingin.

6. Hiperventilasi

Olahraga berlebihan atau segala jenis aktivitas fisik yang berat dapat menyebabkan hiperventilasi. Hal ini bisa mengakibatkan kecemasan, sesak napas dan pusing, yang dapat menyebabkan pingsan selama kehamilan. Meskipun olahraga ringan dapat meningkatkan sirkulasi darah, orang tidak boleh berlebihan, terutama jika seorang wanita tidak merasa sangat baik.

7. Vasovagal syncope

Kadang-kadang, wanita merasa pusing ketika terjadi regangan untuk batuk, buang air kecil atau buang air besar. Tindakan ini pada akhirnya mendorong suatu respon vasovagal, di mana terdapat penurunan tekanan darah akibat tindakan saraf vagus.

Hal ini menyebabkan penurunan denyut jantung, pusing dan kelelahan, juga pingsan. Jika gejala ini terjadi berulang-ulang, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter, sehingga dapat didiagnosis dan diobati.

Dehidrasi, kecemasan, dan rasa sakit juga dapat memicu reaksi jenis ini, dan wanita hamil lebih rentan terhadap itu. Peringatan ringan dan tanda-tanda seperti perasaan hangat, pucat, berkeringat, mual, menguap, dan hiperventilasi sering mendahului vasovagal syncope. Perhatikan tanda-tanda ini dan berbaring segera untuk membantu menjaga diri dari pingsan.

Tidak peduli apa pun penyebabnya, wanita hamil harus segera berbaring bila merasa pusing, sehingga tidak jatuh dan melukai diri sendiri jika terjadi pingsan.

Jika sedang berada di tempat yang tidak memungkinkan untuk berbaring, duduk dan cobalah untuk meletakkan kepala di antara lutut. Dan tentu saja, jika sedang melakukan sesuatu yang mungkin membuat si wanita hamil atau orang lain berisiko cedera, seperti mengemudi, segeralah berhenti.

Berbaring pada sisi kiri akan memaksimalkan aliran darah ke jantung dan juga otak. Kemungkinan akan menghindarkan dari kondisi pingsan dan mungkin dapat meringankan sensasi pusing tersebut.

Merasa pusing karena panas, kelaparan, atau bangun terlalu cepat mungkin menjadi bagian dari wanita hamil. Namun, jika langkah-langkah sederhana yang dibahas di atas tidak menghilangkan masalah atau jika seorang wanita hamil mempunyai keprihatinan apapun, jangan ragu untuk meminta bantuan dokter.

Jika pusing disertai sakit kepala parah, penglihatan kabur, gangguan berbicara, jantung berdebar-debar, mati rasa, kesemutan, atau perdarahan, atau jika benar-benar pingsan, segeralah hubungi dokter. Gejala-gejala tersebut dapat menjadi tanda masalah yang lebih serius yang dapat mempengaruhi ibu atau bayinya.

Awal kehamilan, sakit perut disertai dengan pusing bisa menjadi tanda kehamilan ektopik. Jika mengalami hal tersebut, juga segeralah hubungi dokter.
   
23-10-2011 21:14:29 Kurang tidur
Jumlah Posts : 20
Jumlah di-Like : 2
Bunda Lia,
Bayi baru lahir biasanya tidur selama 16-20 jam yang dibagi menjadi empat sampai enam periode. Sampai usia tiga bulan biasanya bayi lebih banyak tidur siang drpd malam. Pada usia ini bayi akan lebih banyak terjaga dimalam hari.

Pada usia tiga bulan, bayi mulai lebih banyak tidur malam dibandingkan siang. Pada usia tiga sampai enam bulan, jumlah tidur siang akan semakin berkurang, kira-kira tiga kali dalam sehari, dan terus berkurang hingga dua kali sehari saat usia bayi enam sampai 12 bulan.

Menjelang usia satu tahun biasanya bayi hanya perlu tidur siang satu kali dengan total jumlah waktu tidur berkisar antara 12-14 jam.

Menurut pengalaman saya kalau bayi susah tidur ada bbrp penyebab sbb:

1. Sedang mengalami tumbuh gigi

Untuk pertama kali dalam hidupnya dia akan mempunyai gigi pertamanya yang dimulai dari gigi susu seri bagian bawah, bayi akan mengalami demam tetapi tidak akan sampai panas tinggi karena ada yang sedang menembus gusinya dan itu membuatnya tidak nyaman, berikan mainan teether (mainan untuk di gigit-gigit) untuk mengurangi rasa gatal atau sakit pada gusinya.

2. Lapar atau haus

Jangankan bayi, orang dewasa pun akan merasa terganggu tidurnya kalau sedang merasa lapar, berikan asi atau susu formula dengan takaran sesuai dengan usianya, atau berikan makanan pendamping bila memang sudah waktunya dia makan.

3. Tidur siang yang berlebih

Ya jika bayi terlalu banyak tidur pada siang harinya itu akan mengurangi tidur malamnya, atur pola tidurnya dengan memberikan tidur siang secukupnya dan jangan sampai mengurangi tidur malamnya kecuali anda mau begadang menemaninya.

4. Suhu kamar terlalu panas atau terlalu dingin

Hal ini cukup mengganggu untuknya, tidur dalam ruangan yang panas membuat dia gerah dan berkeringat, bila di biarkan akan menjadi biang keringat, ganti pakaiannya bila dirasa basah dan seka keringatnya lalu bedaki badannya terutama pada bagian lipatan. Dan sebaliknya bila terlalu dingin, selimuti dia, anda tidak ingin dia menggigil kedinginan kan.

5. Kolik atau sakit perut

Kolik adalah istilah yang di pakai untuk bayi yang menangis tiga jam sehari, biasanya pada sore dan malam hari. Sampai saat ini belum diketahui penyebab pastinya dan kolik bukan masalah medis atau menandakan bayi tidak sehat, kolik juga terjadi pada bayi sehat, kolik adalah nyeri pada perut bayi, dekap dia atau momong dia dan berikan perhatian lebih.

6. Terkena infeksi telinga

Bayi akan merasa sangat tidak nyaman dengan hal ini, segerakan periksa ke dokter spesialis anak atau ke puskesmas untuk mengatasi masalah di telinganya.

7. Gigitan nyamuk

Hati-hati dengan nyamuk, nyamuk bisa ada di mana saja dan kapan saja, berikan lotion anti nyamuk khusus bayi pada area terbuka seperti tangan dan kaki, atau pasangkan kelambu saat dia tidur. Jangan beri nyamuk kesempatan karena siapa tahu nyamuk itu nyamuk demam berdarah.

8. Keseleo

Bayi yg masih kecil bisa saja keseleo karena posisi tidur atau sering digendong. Oleh karena itu pijat dia setiap selesai mandi. Atau pijat ke dukun bayi/spa baby yg sekarang banyak di kota2.

9. Dia tahu anda sedang bad mood

Ini yang menurut saya cukup menarik, ternyata bayi juga bisa merasakan bila bunda atau orang terdekatnya sedang sedih, kesal atau marah. Bayi mempunyai hubungan batin yang kuat terhadap orang-orang terdekatnya terutama kedua orang tuanya.

Jadi pastikanlah apa penyebab bayi anda susah tidur dan berikan perhatian lebih banyak serta tulus.

   
Jumlah Posts : 88
Jumlah di-Like : belum ada like
Dear bunda....

trimakasih atas masukannya...
tapi saat ini aku ada kabar duka, karena aku sudah positif keguguran
waktu hari sabtu fleknya bertambah....seperti org mens, ketika aku & suami mau ke dokter...ternyata dokternya ga praktek dikarenakan waktu itu hari libur besar ( isra mi'raj ). huuhh...rasanya pingin nangis...karna harus menunggu senin untuk bertemu dg dokteryna....padahal aku sdh khawatir bgt...
dan akhirnya aku periksa ke bidan...dan bidan hanya cek air kencing saja, ternyata masih positif, jadi aku dikasih obat penguat janin aja & di suruh istirahat ( bedrest ).

malamnya aku mulai merasakan mules2...dari bidan jg dikasih obat anti mules sih, tapi aku rasa kok ga reaksi ya....yg aku rasa malah mules...nanti ilang..nanti mules lagi...sampe ga bisa tidur....dan waktu menjelang subuh sekitar jam 4 pagi dini hari, rasa mules itu makin kuat...sampe aku terbangun merasakan seperti org ngompol...dan aku rasa itu air ketuban yg keluar karna ga berwarna...seperti org ngompol aja dikasur gitu...dan saat aku ke kamar mandi untuk cek...ternyata darah semakin mengalir deras..dan aku sudah yakin kalau aku keguguran...  suami ku pun panik bukan main...

ketika sudah pagi..aku & suami langsung ke bidan...dan diperiksa memang sudah keguguran...bidan pun langsung ambil tindakan untuk mengkiret....aku sempat takut  tapi suamiku mendukung & mendampingiku saat itu...aduuuhh rasanya ga kebayang deh...mungkin lebih nikmat melahirkan...karna meskipun sakit ada hasil yg membuat kita senang ( seorang baby ), tapi kalau di kiret..sakitnya memang menyakitkan & meyedihkan... dan sekarang aku benar2 bedrest untuk memulihkan kesehatanku.

saat ini aku & suami mengambil hikmahnya aja dari kejadian ini, mungkin Allah lebih sayang babyku...jadi aku belum diberi kepercayaan & mungkin suatu saat Allah akan memberikan yang terbaik buat kita. amin

salam,

Indah