SITE STATUS
Jumlah Member :
493.652 member
user online :
1579 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: pengaruh suntik tt terhadap siklus menstruasi

New Topic :  
31-10-2013 15:28:57 pAsang iud
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Metode KB untuk ibu menyusui dapat menggunakan suntik KB 3 bulan (depo) atau pil KB laktasi , kedua metode ini menggunakan hormon yang dapat berefek terhadap siklus menstruasi namun tidak menyebabkan berkurangnya ASI.

 

   


Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Apakah Bunda memberikan ASI eksklusif? pada ibu yang sedang menyusui ASI secara eksklusif teratur secara terus menerus menyusui ASI, bisa mendapatkan efek KB alami dari metode ASI eksklusif tersebut. Hal ini juga dapat berpengaruh pada siklus menstruasi bunda yang terkadang terlambat atau tidak datang sama sekali. Sebaiknya Bunda memeriksakan kepada dokter mengenai kondisi Bunda, untuk memastikan bahwa Bunda tidak mengalami kehamilan kembali, kemudian memakai metode KB agar lebih aman mencegah kehamilan. Metode KB untuk ibu menyusui dapat menggunakan suntik KB 3 bulan (depo) atau pil KB laktasi , kedua metode ini menggunakan hormon yang dapat berefek terhadap siklus menstruasi namun tidak menyebabkan berkurangnya ASI. Selain itu dapat juga menggunakan metode KB IUD (KB spiral) sebagai pilihan lain
.

 

   
08-02-2013 16:01:53 seputar masalah haid
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Dok, saya mau tanya
Sekarang anak saya sudah berumur 4 bln tp sampai dia umur segitu saya blm haid..knpa ya dok ?
Bln kemarin sudah saya cek menggunakan testpack tpi hasil nya negatif tp bln ini tetep aja blm haid..
Sampai sekarang saya blm kb krn saya takut ada efek samping nya takut nya ASI nya berhenti.
Mohon di bantu ya dok.
Trimss

Dari : Joe Abu Yamin

Jawaban:

Dear Bunda Joe,

pada ibu yang sedang menyusui ASI secara eksklusif teratur secara terus menerus menyusui ASI, bisa mendapatkan efek KB alami dari metode ASI eksklusif tersebut. Hal ini juga dapat berpengaruh pada siklus menstruasi bunda yang terkadang terlambat atau tidak datang sama sekali. Sebaiknya Bunda memeriksakan kepada dokter mengenai kondisi Bunda, untuk memastikan bahwa Bunda tidak mengalami kehamilan kembali, kemudian memakai metode KB agar lebih aman mencegah kehamilan. Metode KB untuk ibu menyusui dapat menggunakan suntik KB 3 bulan (depo) atau pil KB laktasi , kedua metode ini menggunakan hormon yang dapat berefek terhadap siklus menstruasi namun tidak menyebabkan berkurangnya ASI. Selain itu dapat juga menggunakan metode KB IUD (KB spiral) sebagai pilihan lain.
   


12-03-2015 16:30:15 helpdesk Infobunda
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
selamat sore Sis.

saya belum menikah, namun 2 hari lagiakan menikah, saya belum suntik TT. saya mau tanya .Apakah boleh suntik TT, jika sedang Menstruasi? terimakasih
   
01-09-2014 15:31:35 telat haid tp megatif
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

berarti setelah kuretase, selanjutnya menstruasi terjadi dengan baik dan lancar ya? Bila memang kali ini tidak menstruasi dan hanya flek, sedangkan di test kehamilan menghasilkan negatif, bisa jadi Bunda tidak hamil dan ada gangguan terhadap siklus menstruasi. Namun, Budna sebaiknya tetap meminum nutrisi pre kehamilan terutama asam folat dan zat besi, untuk berjaga-jaga bila sewaktu-waktu mengalami kehamilan. Bunda dapat menunggu sampai menstruasi berikutnya, bila tidak menstruasi maka periksakan pada dokter Anda. Namun bila bunda merasa sangat khawatir dapat periksa pada dokter secepatnya. Jagalah keseimbangan nutrisi Bunda, olahraga dan istirahat dengan baik, agar kesehatan dan hormonal Bunda terjaga dengan seimbang.

   


10-11-2015 14:45:26 alat kontrasepsi
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Apakah Bunda sedang menyusui ASI eksklusif? Bila iya, maka Bunda bisa mendapati adanya gangguan siklus menstruasi yang umum terjadi dialami oleh para Bunda yang menyusui ASI eksklusif karena adanya pengaruh hormonal. Namun biasanya gangguan haid ini adalah berhentinya haid sama sekali atau hanya berupa flek. Bila Bunda menggunakan suntik KB 3 bulan atau pil KB laktasi, gangguan haid juga bisa di alami. Pada ibu yang menyusui ASI hendaknya menggunakan KB suntik per 3 bulan, pil KB laktasi, IUD ataupun kondom untuk mencegah kehamilan dan tidak mempengaruhi produksi ASI. 

   
03-11-2015 12:05:10 alat kontrasepsi
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Apakah Bunda sedang menyusui ASI eksklusif? Bila iya, maka Bunda bisa mendapati adanya gangguan siklus menstruasi yang umum terjadi dialami oleh para Bunda yang menyusui ASI eksklusif karena adanya pengaruh hormonal. Namun biasanya gangguan haid ini adalah berhentinya haid sama sekali atau hanya berupa flek. Bila Bunda menggunakan suntik KB 3 bulan atau pil KB laktasi, gangguan haid juga bisa di alami. Pada ibu yang menyusui ASI hendaknya menggunakan KB suntik per 3 bulan, pil KB laktasi, IUD ataupun kondom untuk mencegah kehamilan dan tidak mempengaruhi produksi ASI. 

   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Dear dok,
Saya mau tnya, apa benar pengaruh dari alt,kontrspsi suntik itu menimbulkan flek n darah selain haid, istri saya suntik yg per 3 bln, tgl 19-10-2013 habisnya, bln 12 saya minta melakukan hub. Tsb tp istri saya menolak n takut, krn ada flek tsb sampai skrng, shngga saya n istri tdk perna berhubungan suami istri sampai detik ini, tolong penjelasannya dok, trima kasih

Dari : samuel ps

Jawaban:

Dear Ayahanda,



Pada penggunaan kontrasepsi KB 3 bulan (Depo) mengandung hormon progesteron. Metode kontrasepsi ini dapat memberikan efek terganggunya siklus menstruasi seperti berhentinya menstruasi, menstruasi menjadi lebih panjang dan volume banyak daripada normalnya, atau flek-flek diantara siklus menstruasi. Bila terdapat efek seperti ini, masih dianggap normal, namun bila mengkhawatirkan dapat memeriksakan diri pada dokter. Bila wanita merasa tidak nyaman dengan efek terganggunya siklus menstruasi ini, maka dapat mengganti metode kontrasepsi lainnya. Pada ibu yang menyusui, sebagai alternatif lain dapat menggunakan kontrasepsi IUD (spiral) ataupun penggunaan kondom saat berhubungan. Bila tidak sedang menyusui dapat menggunakan kontrasepsi pil KB kombinasi atau suntik 1 bulan ataupun KB IUD, karena efek terganggunya siklus menstruasi lebih jarang dikeluhkan.


   
20-02-2014 14:02:27 riwayat mioma dan kb
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Pagi dok,
Saya mau tanya seputar belum dapat haid selama 7bln.saya suntik kb terakhir bulan juni 2013 (kb yg per 3bln). Karena saya sblmnya melahirkan cesar dan di temukan miom kecil jadi saya tidak melanjutkan suntik kb di bidan.karena menurut dokter saya lbh baik mengunakan yg spiral krn ad riwy miom,tp saya tdk berani.shgga smp saat ini sy tdk suntik kb selama 7bln sy blm dpt haid.apakah ad pengaruh jg krn sy mshenyusui (ank sy mau 1.5 Thn).baiknya bgm y dok? Thx b4

Dari : Naiyra

Jawaban:

Dear Bunda,



Selama menyusui secara terus , hormon pada tubuh Bunda juga dapat mempengaruhi siklus menstruasi. Menstruasi bisa terjadi secara regular, bisa juga terjadi lebih sering dari siklus regular Bunda atau tidak ada sama sekali. Bila Bunda sudah tidak menyusui nantinya, siklus menstruasi dapat kembali normal. Bila Bunda memiliki riwayat mioma, Bunda juga dapat melakukan pemeriksaan rutin pada dokter Bunda, untuk mengetahui apakah tidak adanya menstruasi ini berkaitan dengan keadaan terdahulu (mioma) yang pernah Bunda alami.


   
27-12-2016 22:24:37 suntik TT untuk bumil
Jumlah Posts : 11
Jumlah di-Like : belum ada like
bun apa ya pengaruh nya kalau ngga TT? soalnya aku skrg hmil 36week tp ngga suntik tt bun, tlong infony dong bunda
   
01-06-2016 15:05:39 Steril
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Saya akan mengutip tentang tubektomi dari artikel Infobunda sebagai berikut:

Tubektomi atau ligasi tuba adalah prosedur pembedahan dimana saluran telur (tuba falopii) wanita yang menghubungkan antara ovarium dan rahim diblokir, diikat atau dipotong, tergantung teknik operasi yang dipilih. Ada beberapa metode tubektomi, namun yang paling umum digunakan adalah teknik pomeroy, metode ini pertama kali diperkenalkan oleh Dr Ralph Pomeroy. Prosedurnya dengan  mengikat simpul di tuba falopii, bagian yang diikat tersebut kemudian diangkat melalui operasi.

Kontrasepsi tubektomi tidak memiliki pengaruh pada siklus menstruasi, karena ovarium  yang memiliki peran dalam pengaturan siklus hormonal dalam tubuh Bunda tidak ikut terlibat. Begitupun dengan resiko menopause dini tidak ada kaitannya dengan kontrasepsi ini.

Resiko komplikasi pada tubektomi adalah kehamilan ektopik atau kehamilan tuba, namun kasus ini jarang terjadi. Hormon dan gairah seks juga tidak berubah setelah melakukan tubektomi. Bahkan beberapa pasangan secara seksual menjadi lebih bergairah karena tidak lagi takut dengan kehamilan yang tidak direncanakan.

Infobunda artikel: Mengenal si Kontrasepsi Mantap

Secara teori memang ada metode tubektomi dengan cara mengikat saluran tuba, sehingga dikemudian hari jika berubah pikiran dapat dibuka kembali saluran tuba tersebut. Namun pada kenyataannya saluran tuba yang sudah diikat dapat terjadi blokade sehingga meskipun sudah di buka ikatannya akan terjadi hambatan sehingga sel telur tidak dapat bertemu dengan sperma dan tidak terjadi kehamilan.

Menurut saya, Bunda kembali berdiskusi secara matang mengenai metode steril. Diskusikan dengan suami dan orang tua untuk mendapatkan pendapat. Tidak ada keterbatasan usia dalam melakukan steril, namun yang pasti kesempatan untuk hamil lagi kemungkinan tidak akan terjadi. Bila alasan Bunda untuk KB steril adalah menghindari tubuh gemuk akibat KB, maka alasan ini bisa dibantu dengan jalan keluar olahraga serta pola makan yang baik dan terukur. Steril dilakukan bila memang sudah tidak diingankan lagi adanya kehamilan secara mantap dan permanen.

   
02-03-2016 10:09:25 hpl juli 2016
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
19 W.. suntik TT Wajib dilakukan dlm 2 x yaitu pda usia khmilan 4 bln ma 7 blan... untuk mencegah terjadinya campak pda jbu hamil ttpi tdak pengaruh bagi janin
   
12-01-2016 14:18:43 KB Kalender
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Untuk dapat menggunakan KB kalender, maka siklus menstruasi sebaiknya diketahui dan terjadi secara regular untuk dapat di perkirakan rentang masa subur dari siklus tersebut.

Pemberian ASI kepada bayi juga merupakan KB alami pada seorang ibu setelah ia melahirkan dan sangat efektif dalam jangka 6 bulan setelah melahirkan. Ketika bayi menyusu, akan menimbulkan rangsangan pada puting susu dan mengirimkan sinyal kepada otak untuk memproduksi hormone prolaktin yang akan mencegah FSH dan GnRH untuk memproduksi sel telur sehingga tidak terjadi menstruasi. Metode KB alami ini hanya dapat dilakukan apabila:

• Para ibu yang hanya memberikan ASI kepada bayinya tanpa adanya susu formula atau pengganti ASI lainnya.

• Belum sama sekali mengalami menstruasi setelah ia melahirkan.

• Bayi berumur kurang dari enam bulan setelah melahirkan.

Cara melakukan KB alami dengan cara menyusui ASI tersebut adalah sebagai berikut:

• Segera memberikan ASI setelah bayi dilahirkan.

• Menyusui ASI sebanyak 6-10 kali sehari .

• Hindari jangka waktu yang terlalu lama antara waktu menyusui bayi (setidaknya setiap 4 jam sekali pada waktu siang dan 6 jam sekali pada malam hari).

• Hindari penggunaan menyusui dengan botol dan penggunaan empeng bayi (pacifier).

• Jangan berikan makanan atau minuman pendamping ASI apapun jenisnya, hanya berikan ASI saja.

Meskipun pemberian ASI eksklusif dapat memberikan efek kontrasepsi, namun untuk mencegah kehamilan sebaiknya tetap melakukan KB dengan metode kontrasepsi dengan KB pil laktasi, KB suntik 3 bulan (depo), KB IUD ataupun kondom.

   
07-01-2016 11:44:05 Masalah haid
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,
Menstruasi setelah masa nifas sebenarnya dapat terjadi kapan saja bervariasi dari satu ibu dengan ibu yang lainnya. Ada yang mengalami segera pada bulan berikutnya setelah masa nifas, atau pun lebih lama dari itu. Pemberian ASI secara eksklusif dan kontinyu setelah melahirkan dapat memberikan efek kontrasepsi dan mencegah kehamilan, namun efek lain yang akan ditimbulkan adalah terganggunya siklus menstruasi yang dapat berupa keluarnya flek-flek berkepanjangan ataupun tidak adanya menstruasi sama sekali. Efek-efek ini juga dapat ditimbulkan oleh kontrasepsi KB suntik 3 bulan. Apabila nantinya bunda mengalami flek yang berkepanjangan ataupun tidak menstruasi sama sekali maka hal yang bunda alami dapat disebabkan oleh keadaan-keadaan tersebut. Namun ada baiknya bagi bunda untuk melakukan pemeriksaan kepada bidan atau dokter bunda untuk mengetahui lebih jelas lagi.

   
07-01-2016 11:17:13 haid pasca melahirkan
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,
Menstruasi setelah masa nifas sebenarnya dapat terjadi kapan saja bervariasi dari satu ibu dengan ibu yang lainnya. Ada yang mengalami segera pada bulan berikutnya setelah masa nifas, atau pun lebih lama dari itu. Pemberian ASI secara eksklusif dan kontinyu setelah melahirkan dapat memberikan efek kontrasepsi dan mencegah kehamilan, namun efek lain yang akan ditimbulkan adalah terganggunya siklus menstruasi yang dapat berupa keluarnya flek-flek berkepanjangan ataupun tidak adanya menstruasi sama sekali. Efek-efek ini juga dapat ditimbulkan oleh kontrasepsi KB suntik 3 bulan. Apabila nantinya bunda mengalami flek yang berkepanjangan ataupun tidak menstruasi sama sekali maka hal yang bunda alami dapat disebabkan oleh keadaan-keadaan tersebut. Namun ada baiknya bagi bunda untuk melakukan pemeriksaan kepada bidan atau dokter bunda untuk mengetahui lebih jelas lagi.

Pemberian ASI kepada bayi juga merupakan KB alami pada seorang ibu setelah ia melahirkan dan sangat efektif dalam jangka 6 bulan setelah melahirkan. Ketika bayi menyusu, akan menimbulkan rangsangan pada puting susu dan mengirimkan sinyal kepada otak untuk memproduksi hormone prolaktin yang akan mencegah FSH dan GnRH untuk memproduksi sel telur sehingga tidak terjadi menstruasi. Metode KB alami ini hanya dapat dilakukan apabila:

• Para ibu yang hanya memberikan ASI kepada bayinya tanpa adanya susu formula atau pengganti ASI lainnya.

• Belum sama sekali mengalami menstruasi setelah ia melahirkan.

• Bayi berumur kurang dari enam bulan setelah melahirkan.

Cara melakukan KB alami dengan cara menyusui ASI tersebut adalah sebagai berikut:

• Segera memberikan ASI setelah bayi dilahirkan.

• Menyusui ASI sebanyak 6-10 kali sehari .

• Hindari jangka waktu yang terlalu lama antara waktu menyusui bayi (setidaknya setiap 4 jam sekali pada waktu siang dan 6 jam sekali pada malam hari).

• Hindari penggunaan menyusui dengan botol dan penggunaan empeng bayi (pacifier).

• Jangan berikan makanan atau minuman pendamping ASI apapun jenisnya, hanya berikan ASI saja.

Meskipun pemberian ASI eksklusif dapat memberikan efek kontrasepsi, namun untuk mencegah kehamilan sebaiknya tetap melakukan KB dengan metode kontrasepsi dengan KB pil laktasi, KB suntik 3 bulan (depo), KB IUD ataupun kondom.


Bila Bunda mengeluhkan sebah atau nyeri saat buang gas, mungkin karena Bunda kurang melakukan gerakan sehari-hari, cobalah berjalan-jalan atau olahraga ringan jika sudah pulih.