SITE STATUS
Jumlah Member :
493.772 member
user online :
1664 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: pengaruh ibu menyusui minum obat pil tun

New Topic :  
23-07-2017 17:57:00 perkenalan
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
Assalamu'alaikum dok, saya mau tanya boleh tidak ibu menyusui minum obat kapsul dumex?
   


23-03-2016 12:44:27 badan gatal-gatal
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
Siang..dok
Saya mau tanya ne..dok
Aman nggak sih buat saya ibu menyusui minum obat kapsida pembersih darah kembang bulan..dok
karna badan saya gatal-gatal..dok
Dari kemarin bulan 2 tanggal 24 saya melahir kan bayi saya yang pertama..dok
Dan sampai sekarang badan saya masih gatal-gatal dan belom hilang..dok
Kemarin saya pengen coba minum obat kapsida..dok
Cuma saya takut kan membahaya kan bayi saya..dok
Saya minta informasi nya..? Dan terima kasih atas waktu nya
   
27-01-2016 05:19:23 obat pelancar haid
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
dok... amankah bagi ibu menyusui minum obat atau jamu pelancar haid.... soalnya saya khawatir hamil lagi, anak saya baru berusia 3 bulan melalui cesar, dan saya belum sempat menggunakan KB
   


21-01-2016 22:14:29 obat gemuk
Jumlah Posts : 69
Jumlah di-Like : belum ada like
dok..mau tanya dong boleh tdk ibu menyusui minum obat gemuk?
   
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
bun,saya mw tny boleh tidak ibu menyusui minum obat maag pada saat puasa ????
   


Jumlah Posts : 23
Jumlah di-Like : belum ada like

berikut informasi yang saya kutip dari artikel Infobunda "Amankah Menyusui di kala Bunda Sakit?"

Bayi yang menyusu dari wanita yang tengah sakit bisa tertular penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri, parasit dan jamur. Proses penularan bisa melalui udara, kontak kulit, dan juga melalui cairan tubuh termasuk ASI. Tetapi jangan lupa, ASI mengandung antibodi yang dibutuhkan bayi sehingga menghindarinya tertular penyakit turunan seperti diabetes, hipertensi, dll.
Jika Bunda menderita sakit yang disebabkan virus, bakteri dan jamur, seperti flu, hepatitis, cacar air, TBC Bunda masih bisa menyusui. Tetapi Bunda harus menggunakan masker mulut dan hidung untuk menghindarinya tertular. Urungkan niat untuk menciumnya. Bila menderita cacar air sebaiknya berikan saja ASI perah, apalagi kalau terdapat cacar di sekitar payudara dan areola.

dan kutipan dari Tanya Apoteker yang berjudul "meminum obat saat menyusui"
Oleh : Catur.Arizky
bolehkah ibu menyusui meminum obat2an untuk menghilangkan sakit kepala, batuk, pilek & yang lain ?
jika ibu menyusui minum obat tersebut bolehkah menyusui bayi nya atau harus ada jangka waktu untuk menyusui ?
adakah efek samping buat si bayi jika ibu menyusui meminum obat2an tersebut ?
terima kasih
      
Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda, Terima kasih atas pertanyaannya.

Jika sakit, bunda dapat mengkonsumsi obat-obatan yang aman untuk ibu menyusui. Obat-obatan ini tidak akan diekskresi ke ASI sehingga tidak berbahaya untuk anak.

Obat penghilang nyeri yang mengandung parasetamol tergolong aman untuk ibu hamil dan menyusui. Obat batuk seperti obat batuk hitam atau obat herbal (misal dengan madu) aman untuk dikonsumsi saat menyusui.

Sakit pilek sebenarnya disebabkan oleh virus dan dapat sembuh dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Saat pilek saya sarankan untuk banyak istirahat, penuhi kebutuhan nutrisi, banyak minum air putih atau jus buah. Jika perlu, konsumsi suplemen vitamin C dan Zink.

   
26-07-2014 23:32:49 perkenalan
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
salam kenal bun.saya mau tanya ni bun apakah boleh ibu menyusui minum obat em kapsul(obat pelancar haid).
karena saya sudah 1minggu telat dan saya juga sudah test pakai testpeck hasilnya negatif.
mohon bantuan infony ya bun.terima kasih...
   
13-03-2009 14:29:52 Minum KOpi Capucino
Jumlah Posts : 26
Jumlah di-Like : 3
Blog Entry    

Boleh gak sih ibu menyusui minum kopi ?

http://www.kellymom.com/health/lifestyle/caffeine.html

By Kelly Bonyata, IBCLC

Dirangkum bebas oleh Luluk Lely Soraya I, Juli 2007

Umumnya ibu menyusui boleh saja minum minuman kafein dalam jumlah wajar. Meski demikian kafein yang ibu minum akan mempengaruhi beberapa bayi (umumnya yang berusia <6 bl). Bayi yang ibunya tidak minum kafein sama sekali selama masa hamil akan lebih sensitif terhadap kafein. Meskipun demikian, seiring dengan berjalannya waktu tingkat sensitivitas bayi terhadap kafein akan menurun. Jika bayi anda sensitif terhadap kafein akibat dari minuman yg anda konsumsi, maka anda dapat mencobanya lagi saat ia lebih besar.

American Academy of Pediatrics (AAP) menyetujui konsumsi kafein pada ibu menyusui. Menurut Hale 2002 p. 100-102, kafein digolongkan dalam kategori L2 (aman) dalam Lactation Risk. Kadar kafein dalam ASI relatif rendah ( 0.06-1.5% of maternal dose) dan umumnya kadar kafein meningkat 1 jam setelah ibu mengkonsumsi minuman berkafein. Satu studi menunjukkan bahwa konsumsi kopi secara berlebihan akan mengurangi kadar besi dalam ASI (Nehlig & Debry, 1994).

Jika bayi anda sensitif terhadap kafein, seiring dengan bertambahnya usia sensitivitas tsb akan berkurang. Bayi baru lahir relatif sulit mencerna kafein daripada bayi yang berusia lebih besar. Demikian juga bayi prematur atau yang sakit relatif bermasalah dengan konsumsi ASI dari kafein yang diminum oleh ibu. (Tabel tdk Bisa ditampilkan).

Bayiku rewel dan gak mau tidur. Apakah ia sensitif dg kafein?

Menurut Breastfeeding Answer Book (LLLI 2003, p. 599-600), konsumsi kafein berlebihan oleh ibu menyusui ( > 750 ml per hari) dapat menyebabkan reaksi sensitif pada bayi. Seperti : mata membesar, aktif, bayi tidak dapat tidur dan bayi rewel sekali. Jika hal ini terjadi, kurangi atau hentikan secara perlahan konsumsi kafein hingga 2-3 minggu mendatang untuk melihat perubahan pada bayi. Butuh beberapa hari hingga seminggu hingga tubuh ibu menghilangkan kadar kafein dalam ASI, sehingga bayi tidak lagi rewel akibat kafein.

Bener gak sih kafein mengurangi produksi ASI ?

Tidak ada bukti bahwa kafein dapat mengurangi produksi ASI.

Mitos bahwa kafein dapat mengurangi produksi ASI tidak terbukti kebenarannya. Banyak ibu menyusui yang mengkonsumsi kafein tidak memiliki kendala dengan produksi ASInya. Memang belum ada penelitian khusus yang dapat menyatakan hal ini. Riset yang ada hanya mengenai pengaruh kafein dalam ASI dan bayi. Satu studi yang dilakukan oleh Nehlig & Debry 1994 mengindikasikan bahwa kafein dapat menstimulasi produksi ASI. Meski hal ini perlu diteliti lebih jauh. Produksi ASI dapat saja menurun, apabila bayi yang rewel dan tidak dapat tidur karena pengaruh kafein dalam ASI, relatif jarang menyusu dpada ibunya. Akibatnya produksi ASI menurun. Sekali lagi ini diakibatkan oleh frekuensi menyusu yang kurang, bukan karena pengaruh kafein.

Kafein ada dimana-mana

Kafein dapat ditemukan dalam kopi, teh, minuman bersoda, minuman berenergi, beberapa jenis obat bebas dan obat dengan resep dokter serta makanan yang mengandung kopi atau coklat. Produk herbal yang mengandung guarana/paullinea cupana, kacang kola/cola nitida, yerba maté, or the hijau juga mengandung kafein,(Tabel tdk bs ditampilkan).

Seberapa banyak kafein yang boleh ibu menyusui konsumsi?

Jawabannya sangat individual tergantung dari bagaimana reaksi bayi anda. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa kadar kafein yang mempengaruhi bayi tergantung dari kondisi tiap bayi, usia bayi dan kesehatan bayi. Memang ada takaran "jangan lebih dari 500 mg per hari. Namun dari berbagai sumber menyatakan batas atas konsumsi kafein adalah 300-750 mg / hari.

<P align=left>Untuk ibu hamil, umumnya para ahli laktasi menyarankan agar membatasi asupan kafein < 300 mg/hari. Meski demikian, rekomendasi lain menunjukkan agar konsumsi kafein pada ibu hamil sebaiknya tidak melebih 150 mg/hari. (Tabel tdk bs di tampilkan).
WiOnA



 
   
27-01-2016 16:20:35 obat pelancar haid
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
asslam.... bun... amankah ibu yang sedang menyusui minum obat atau jamu pelancar haid???
   
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
maaf bunda2 mau tanya, bolehkah ibu menyusui minum brotowali? saya dapat info kalo brotowali bosa menyembuhkan ambeien, karna setelah melahirkan saya kena ambeien dan setiap bab rasanya sakit sampe bedarah dan ada benjolan diluar. sudah banyak resep dan obat saya coba tapi belum sembuh juga. mohon infonya. terima kasih
   
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
bu apakah obat batuk obh combi bsa di minum sama ibu menyusui.minum larutan juga bisa di minum ibu menyusui soalnya anak saya baru 1 bln lbh
   
Jumlah Posts : 143
Jumlah di-Like : 3

bunda semua ini artikel mungkin bisa membantu :

Keluhan selama kehamilan: Nyeri perut bawah, kembung dan perut tampak kecil ?

Submitted by dr. Prima Progestian, SpOG

1. Perut kembung bisa disebabkan adanya beberapa faktor : pertama, pengaruh hormonal selama hamil. Meningkatnya kadar hormon progesteron dan estrogen selama kehamilan membuat pergerakan usus menjadi lambat sehingga makanan dan gas yang diproduksi menjadi lebih lama transit di lambung dan usus sehingga dapat mengakibatkan kembung dan rasa penuh di perut.Kedua, adanya bayi yang semakin membesar mengakibatkan tekanan pada sistem pencernaan sehingga pergerakan usus juga berkurang. Selain itu tekanan pada lambung dapat mengakibatkan asam lambung yang diproduksi berada lebih lama di lambung, akibatnya rasa perih di lambung bertambah dan dapat pula menyebabkan “heart burn” atau rasa terbakar /nyeri di sekitar lambung, dada hingga ke tenggorokan. Apabila hal ini terjadi ibu dapat minum obat maag.

2. Rasa nyeri di bagian bawah perut bisa disebabkan karena : pertama, kehamilan yang semakin membesar membuat ligamentum penggantung rahim dengan dinding perut menjadi melar dan tertarik sehingga terasa nyeri. Karena lokasinya ada di kanan dan kiri rahim maka nyerinya pun bisa dirasakan pada kedua sisi atau salah satu dan berpindah-pindah. Kedua, nyeri bisa disebabkan adanya tekanan pada kandung kemih karena membesarnya rahim. Kandung kemih berlokasi di bagian bawah perut. Tekanan pada kandung kemih juga dapat membuat urin berada lebih lama di sana sehingga mengakibatkan timbulnya infeksi saluran kemih. Keluhan yang timbul bisa berupa rasa anyang-anyangan, berkemih menjadi sedikit-sedikit, sering dan nyeri, nyeri perut bawah hingga ke punggung, bahkan dapat menyebabkan timbulnya kontraksi. Ketiga, nyeri bisa dirasakan saat janin bergerak. Dengan semakin besar janin maka gerakan kepala, badan dan tendangan kakinya akan semakin kuat. Gerakan janin yang timbul bisa menyebabkan adanya kontaksi, namun kontraksi yang tidak berbahaya sehingga dapat menyebabkan persalinan. Disebut juga sebagai kontraksi Braxton-Hicks atau kontraksi palsu.

3.untuk perut kelihatannya kecil pada usia kehamilan 5 bulan bisa karena tubuh ibu yang tinggi sehingga belum jelas terlihat perut yang membuncit, semakin besar usia kandungan akan semakin jelas terlihat nantinya. Apabila  ibu memeriksakan ke dokter kandungan apakah besar janin saat ini sesuai dengan usia kehamilan? Dokter pasti akan melakukan pemeriksaan USG untuk memastikannya. Jika sesuai maka ibu tidak perlu khawatir.


   
29-05-2017 21:12:32 minum obat
Jumlah Posts : 9
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda2 mau tanya kalo ibu menyusui minum promagh tiap sls sahur boleh ga sih? berpengaruh atau tidak pada Asi