SITE STATUS
Jumlah Member :
493.586 member
user online :
1177 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: operasi gigi geraham bungsu menggunakan

New Topic :  
10-11-2007 08:46:04 MERAWAT GIGI BUAH HATI
Jumlah Posts : 54
Jumlah di-Like : belum ada like
Untuk menjaga kesehatan gigi pada bayi dan anak-anak, ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh orang tua, yaitu:

Siapkan makanan kaya kalsium (ikan & susu), fluor (teh, sayuran hijau), fosfor, serta vitamin A (wortel), vitamin C (buah-buahan), vitamin D (susu), dan vitamin E (kecambah). Mineral dan vitamin tersebut diperlukan untuk pertumbuhan gigi mereka.
Kurangi konsumsi makanan manis dan mudah melekat pada gigi, seperti permen atau coklat. Gula pada makanan manis bisa merusak gigi anak, tetapi jangan lantas melarang sama sekali untuk makan makanan manis, karena dapat menimbulkan dampak psikis. Untuk menjaga kebersihan giginya, biasakan mereka berkumur-kumur setelah makan makanan manis tersebut.

Ajari anak menggosok gigi secara teratur dan benar, minimal 2 kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Lebih baik lagi bila dilakukan setiap usai makan. Untuk bayi usia 6-11 bulan, setelah habis menyusu atau makan dibersihkan giginya dengan kapas atau kain kasa steril yang dibasahi air, diusapkan pelan-pelan ke setiap permukaan gigi. Pada anak usia 1-2 tahun mulai diperkenalkan dengan sikat gigi,

Untuk tahap pengenalan lebih baik tidak memakai pasta gigi, karena tidak semua anak bisa merasa nyaman dengan rasa pasta gigi, pasta gigi bisa-bisa dirasa aneh oleh anak. Jadi, cukup gunakan sikat gigi dibasahi air hangat matang saja. Kemudian anak dilatih memegang sikat gigi dan belajar menggosokannya secara perlahan ke setiap permukaan giginya. Setelah berjalan beberapa minggu dan anak sudah terbiasa menggosok gigi, boleh diberi sedikit demi sedikit pasta gigi khusus anak.

Upayakan untuk memperkenalkan anak secara dini mengunjungi dokter gigi sejak usia 1 tahun. Hal ini akan bermanfaat dalam membiasakan dan mengatasi rasa asing atau takut pada dokter gigi. Selain itu, hal ini juga penting agar dokter mengetahui sejak dini mengenai gangguan gigi apa saja yang bisa dialami anak tersebut. Selanjutnya ajaklah anak untuk memeriksakan kesehatan giginya secara rutin 6 bulan sekali. Terutama untuk anak-anak usia 6-11 tahun penting untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulutnya secara rutin, karena gigi mereka mengalami pergantian dari gigi susu ke gigi tetap.

Apabila anak mengeluh sakit giginya, berilah air garam untuk berkumur-kumur, kemudian segeralah bawa ke dokter gigi, karena kalau dibiarkan terlalu lama, akan menimbulkan penyakit gigi yang berlanjut, yang lebih parah.


gambar. 2
Dalam menggosok gigi, ada 3 faktor yang harus diperhatikan, yaitu:

Pemilihan sikat gigi: Untuk anak pilih sikat gigi yang kecil baik tangkai maupun kepala sikatnya, sehingga mudah dipegang dan tidak merusak gusi. Bulu sikat jangan terlalu keras / terlalu lembut terlalu jarang. Pilih yang bulu sikatnya lembut tapi cukup kuat untuk melepas kotoran di gigi. Ujung kepala sikat menyempit hingga mudah menjangkau seluruh bagian mulutnya yang relatif mungil Ujung sikat gigi dan ujung bulu sikat sedekat mungkin, bila tidak ujung sikat gigi sudah mentok ke bagian belakang tapi bulu sikat tidak kena gigi, jadi ada bagian gigi yang tidak tersikat. Ini biasanya pada gigi geraham bungsu.

Cara/gerakan sikat gigi: Pangkulah anak di depan sebuah cermin, dengan posisi membelakangi kita. Dengan begitu anak akan melihat sendiri giginya yang semula kuning setelah disikat jadi lebih putih. Sikatlah gigi pada permukaan luar dan permukaan dalam gigi, lakukan gerakan vertikal dan searah dari bagian gusi ke arah permukaan gigi (lihat gambar. 1 dan gambar. 3). Untuk rahang atas gerakan sikat dari atas ke bawah, untuk rahang bawah dari bawah ke atas. Sedangkan untuk bagian permukaan kunyah, baik gigi atas maupun bawah, teknik penyikatannya adalah gigi disikat dengan gerakan horisontal dari gigi-gigi belakang ke arah gigi depan (menarik sikat ke arah luar mulut, lihat gambar. 2 atas). Kalau teknik ini dilakukan dengan benar, hasilnya bisa lebih maksimal sementara kesehatan gusi pun tetap terjaga. Setiap permukaan gigi disikat dengan teliti, tidak usah terlalu keras, tapi mantap. Gusi harus tersikat agar sisa-sisa makanan lunak yang ada di leher gigi hilang dan selain itu juga berfungsi untuk melakukan massage (pijatan) pada gusi, sehingga gusi sehat, kenyal dan tidak mudah berdarah. Jangan lupa, permukaan lidah juga perlu disikat pelan-pelan, karena permukaan lidah itu tidak rata sehingga mudah terselip sisa-sisa makanan (lihat gambar.2 bawah).


gambar. 3
Frekuensi sikat gigi: Minimal 2 kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Idealnya sikat gigi setiap habis makan, tapi yang paling penting malam hari sebelum tidur. Sebaiknya sikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluor yang dapat menguatkan email. Untuk anak-anak berikan pasta gigi dengan rasa buah, sehingga anak gemar menggosok gigi.
Pada anak usia balita memerlukan peranan orang tua untuk membantu proses pembelajaran menggosok gigi secara rutin dan benar, karena dengan bimbingan dan penanaman kebiasaan menggosok gigi, akan bermanfaat untuk menjaga kesehatan giginya yang putih bak mutiara. Dibutuhkan kesabaran orang tua dalam proses pembelajaran ini, kadang mula-mula anak menutup rapat mulutnya setiap kali giginya mau dibersihkan. Penolakan ini wajar karena anak mengira dirinya akan disakiti. Langkah inovatif diperlukan ketika menggosok gigi si anak. Ajak si kecil melihat kakak, ayah, atau ibunya menggosok gigi. Dengan begitu anak akan melihat langsung contoh/model bagaimana cara menggosok gigi. Selain itu sikat gigi juga bisa dilakukan sambil bermain, tak perlu selalu di kamar mandi. Misalnya sambil bercermin, atau sambil menari-nari dan bernyanyi gembira. Buat acara menggosok gigi menjadi menyenangkan sehingga mereka menikmatinya dan tidak malas melakukannya. Jadikan acara sikat gigi sebagai salah satu kebutuhan yang harus dilakukan minimal dua kali sehari. Selagi membangun kebiasaan ini, sampaikan pengertian kepada anak mengenai manfaat menyikat gigi, paling konkret adalah gigi jadi bersih, putih dan sehat.

   


05-02-2015 11:22:47 sakit gigi
Jumlah Posts : 39
Jumlah di-Like : belum ada like
wkt dulu saya promil saya disarankan sama dokter gigi nya untuk tambal gigi laser karna aman untuk ibu hamil dan janin jadi tambalan gigi yg warna item/putih itu mengandung merkuri dan ga aman untuk ibu hamil dan janin.kata dokter gigi nya jg selama hamil ga boleh sakit gigi karna bisa mengganggu perkembangan janin jadi waktu dulu promil saya beresin semua urusan gigi mulai dari ganti tambalan gigi sampai operasi gigi bungsu
   
23-02-2009 19:59:31 tumbuh gigi geraham
Jumlah Posts : 10
Jumlah di-Like : belum ada like
wah bunda Nia, gigi gerahamku malah udah 4 tahun engga bisa bebas menghirup udara mulut.. :D soalnya gigi geraham ini numbuhnya miring agak keluar (ke arah pipi bagian dalam), kata dokter gigiku karena spacenya sempit, jadi dia gak bisa tumbuh normal. Biar engga sakit, musti operasi (dicabut), tapi nanti musti pake behel biar gigi yang lain engga bergeser posisinya. tapi ternyata keluhan sakitnya datang dan pergi kok... biasanya paling lama 2 pekan, aku paksain tuk ngunyah walo sakit, lama-lama ilang juga sakitnya. udah konsultasi ke dokter kandungannya, gak boleh melakukan operasi terutama pada gigi, karena di sana banyak sekali susunan syaraf yang penting. jadi harus ditahan sampai melahirkan....
   


21-02-2009 00:48:20 tumbuh gigi geraham
Jumlah Posts : 51
Jumlah di-Like : 1
 ohw bunda,,,
aq mau cerita dan minta saran...
pada saat bulan pertama kehamilan, wkt kontrol ke dokter gigi (aq pake behel., kd tiap bln hrs ganti karetnya), dokter blg kl kyknya gigi geraham kiri bewhku tumbuh, tp aq masih g ngerasa apa2.
nah pada bulan kedua aq mulai merasakan sakit d rahang, menjalar ke leher, dan bikin sakit kepala sebelah. tanya2 ternyata itu bener2 gigi geraham tumbuh, masalahnya dokter gigi g bs operasi kl aq g ronsen, nah ibu hamil muda g boleh ronsen! kl terpaksa tnggu ampe bulan ke 6 minimal gt.
sm dokternya disarankan ditahan dl aja, toh operasi pencabutan gigi (bila tumbuhnya g karuan) akan lbh baik dilakukan stl melahirkan, spy ibuny g stress gt,nah aq ney masih hamil masuk k bulan ke 3, berarti aq hrs menahan sakit kepala ini ampe 6 bln lagi,ya Allah......
kenapa nggak dr dulu2 yah gigi ni tumbuh,,,,
hikhikhikhikhikhikhik
trims.
nia
   
18-03-2017 07:50:02 6 minggu
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
wah, aku sm kyk bunda bella nih, udah msk 5weeks tp gak ada mual2 atau pusing2 sm skali, cuma rada cept capek aja bun. trus nafsu makan naik berkali kali lipat. shari bisa 5-6 kali makan nasi. ngemil buahnya 3-4 kali shari bun, blm lg kalo malem minta mkn lg. oh ya bun, mau nanya nih. gusi di gigi geraham aku bengkak. bunda ada yang tau gak cara ngatasinnya. sakit soalnya bun, susah makan tapi perut laper terus.. gimana ya bun?
   


17-12-2016 19:31:10 Bidan Infobunda
Jumlah Posts : 10
Jumlah di-Like : belum ada like
sabtu minggu gak ada dkter praktek bunda neng shinta..ini sbener na geraham na udh gak ada jd gusi bekas gigi geraham itu sakit bgt rasa nya,,geraham na mah udh copot dr sebeLum hamiL..
   
17-12-2016 19:22:36 Bidan Infobunda
Jumlah Posts : 10
Jumlah di-Like : belum ada like
AssaLamuaLaikum bu bidan,,saya hamiL ke 3 ckrg mau msuk12w,,udh 2 hari ini saya sakit gigi geraham mo minum obat takut,,gmna ya bu.??obat apa yg aman buat saya minum buat ngiLangin sakit nya..tersiksa sekaLiii rasa nya..
   
15-11-2016 20:46:36 bayi 1 bulan tumbuh gigi
Jumlah Posts : 51
Jumlah di-Like : belum ada like
mom ada yg pernah/ sedang ngalamin gak? anak ku baru genap sebulan harii ini pas diliat2 di gusi bagian atas tumbuh gigi geraham .. wajar apa gak ya? penyebab nya apa? normal atau gak?soal nya bru bgt 1 bln
   
29-03-2016 22:06:53 obat sakit gigi
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8

Dear bunda Putri Nayla,

Saat hamil memang rentan terhadap sakit gigi dan peradangan pada gusi. Hal ini dipengaruhi oleh faktor hormon kehamilan yang membuat gusi menjadi lebih sensitif. untuk mengurangi keluhan sakit gigi, disarankan untuk berkumur dengan setengah gelas air hangat yang dicampur dengan seperempat sendok garam dapur, kompres dingin pada daerah pipi tepat disisi luar gigi yang sakit, menggunakan obat gigi oles, jika masih terasa sakit, konsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol ataupun asam mefenamat. Apabila keluhan masih dirasakan dan semakin mengganggu, disarankan untuk memeriksakan secara langsung pada dokter spesialis gigi dan mulut, untuk terapi serta tindakan yang tepat.

   
Jumlah Posts : 1450
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda coba posisikan diri qta jd anak..klo qta sakit, psti males mkn kan? sm kyk baby..klo gigi geraham qta mw tumbuh, psti gusinya ga enak kan? sm jg kyk baby qta..jd ortunya yg hrs lbh sabar & telaten.. :-)
   
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
anak ku udh 15 bln, giginya udh 7 gigi geraham udh numbuh 1... susah mkn, sehari mau mkn sehari nggak... aktifnya minta ampun gak bs diem.. gak boleh liat pintu kebuka dikit langsung lari keluarr 😅😅😅
   
26-03-2015 12:22:39 gusi bengkak
Jumlah Posts : 175
Jumlah di-Like : belum ada like

memang paling tidak enak sakit gigi, entah dari gusinya atau giginya itu sendiri. berikut, saya share info dari artikel yang berjudul "Merawat Kesehatan Gigi dan Gusi Saat Hamil" (http://www.infobunda.com/pages/articles/artikelshow.php?id=466&catid=4)

Berikut ini beberapa hal yang yang perlu diperhatikan dalam merawat gigi dan gusi selama masa kehamilan:

- Pada trimester pertama Bunda kerap kali mengalami 

morning sickness. Karena  rasa mual dan muntah yang dialami menyebabkan Bunda enggan melalukan perawatan standar seperti menyikat gigi. Untuk mengatasinya, cobalah menggunakan pasta gigi yang aroma dan rasanya tidak terlalu tajam. 

- Gunakan sikat gigi yang dengan bulu halus dan kepala sikat yang kecil untuk menghindari rasa mual dan ingin muntah pada saat menyikat gigi terutama gigi bagian belakang.  Bunda juga bisa menggunakan dental floss (benang gigi) untuk membersihkan sisa makanan yang terselip diantara gigi.

- Beritahukan kepada dokter gigi  bahwa Anda tengah hamil. Hal ini penting karena ada beberapa tindakan yang tidak boleh dilakukan pada kehamilan trimester pertama dan ketiga. Hindari juga pemeriksaan 

rontgen pada trimester tersebut. Namun, jika kondisi mendesak boleh dilakukan dengan syarat Bunda harus terlindungi menggunakan apron.

- Beritahukan juga pada dokter gigi yang memeriksa Bunda nama semua obat yang sedang Bunda konsumsi, termasuk vitamin yang  diberikan oleh dokter kandungan.

- Penuhi kebutuhan kalsium semasa hamil sesuai dengan anjuran dokter. Kalsium dibutuhkan juga untuk perkembangan gigi pada janin sejak trimester pertama.

- Perbanyak konsumsi sayuran dan buah berserat yang mengandung vitamin C dan B12 karena baik untuk gusi.

- Kurangi makanan yang manis dan asam karena berpotensi merusak gigi. 

- Bila ingin menggunakan obat kumur, periksa dulu label pada kemasan mengenai kontra indikasi pada ibu hamil. Pilihlah obat kumur yang tidak mengandung alkohol.

semoga info ini dapat membantu bunda ^_^

   
Jumlah Posts : 10
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda bunda kece aku mau tanya.. waktu aku hamil 16w gigi geraham aku tambalannya copot terus gigiku bolong dan menginjak 23w kehqmilanku.. gusi bengkak.. lalu aku langsung k dokter gigi.. gigiku di bersihkan sama dokter gigi terus aku d kasih obat antibiotik amoxsan,paracetamol dan kumur" mulut , tp obatnya blm ada yg aku minum tp sama dr gigi hrus segera habis untuk obat antibiotik.. tp aku ud bilang aku lagi hamil .. mohon sarannya bunda
   
Jumlah Posts : 23
Jumlah di-Like : belum ada like
mlm dok..sy lg hamil uk 37 w..kta dr giginya gigi geraham sy yg berlubng sdh tdk bs di tmbal permanen lg hrs di cabut kta ny stelah melahirkn..pertanyaan sy kl ibu hamil gk blh cabut gigi apkh stelah mlahirkn blh soalny sy msh tkt..trimksh sblmny untuk jwbny di tgu dok untuk meyakinkn sy..
   
19-03-2014 18:53:50 sakit gigi setelah melahirkan
Jumlah Posts : 51
Jumlah di-Like : belum ada like
malam dok ,,

aku mw tanya nih, dri pas aku hamil udah ngerasain sakit gigi trus setelah melahirkan aku sakit gigi lg ..
soalnya gigi geraham ku berlubang dok ..

yg aku mau tanyain, bolehkah setelah melahirkan cabut gigi ??

mohon jawabannya,, thanks