SITE STATUS
Jumlah Member :
493.823 member
user online :
1663 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: obat gusi kepentok sikat gigi

New Topic :  
Jumlah Posts : 56
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda, yg bengkak gusinya atau sakit gigi...
itu tandanya bunda kurang kalsium...
bunda rajin makan pisang, ikan asin secukupnya...
kalo aku bun, ga berani pake obat kumur apalg sikat gigi pake dosis org dewasa...
aku pake pasta gigi anak2 aja, biar zatnya yg ringan ga ngaruh ke debaynya...
   


11-05-2015 18:08:02 mulut ko paiit..
Jumlah Posts : 43
Jumlah di-Like : belum ada like
mlm bunda".. mo nanya tiap bangun pagi ko mulut suka pait ya.. kaya orang lgi sakit.. apa karna tiap hari minum obat?? trus ko gusi bengkak ya gampang bnget berdarah kalo lgi sikat gigi.. mohon info nyaa barangkali para bunda di sini ada yg ngalamin hal yg sma kaya aq.. makasiiii...
   
26-03-2015 12:22:39 gusi bengkak
Jumlah Posts : 175
Jumlah di-Like : belum ada like

memang paling tidak enak sakit gigi, entah dari gusinya atau giginya itu sendiri. berikut, saya share info dari artikel yang berjudul "Merawat Kesehatan Gigi dan Gusi Saat Hamil" (http://www.infobunda.com/pages/articles/artikelshow.php?id=466&catid=4)

Berikut ini beberapa hal yang yang perlu diperhatikan dalam merawat gigi dan gusi selama masa kehamilan:

- Pada trimester pertama Bunda kerap kali mengalami 

morning sickness. Karena  rasa mual dan muntah yang dialami menyebabkan Bunda enggan melalukan perawatan standar seperti menyikat gigi. Untuk mengatasinya, cobalah menggunakan pasta gigi yang aroma dan rasanya tidak terlalu tajam. 

- Gunakan sikat gigi yang dengan bulu halus dan kepala sikat yang kecil untuk menghindari rasa mual dan ingin muntah pada saat menyikat gigi terutama gigi bagian belakang.  Bunda juga bisa menggunakan dental floss (benang gigi) untuk membersihkan sisa makanan yang terselip diantara gigi.

- Beritahukan kepada dokter gigi  bahwa Anda tengah hamil. Hal ini penting karena ada beberapa tindakan yang tidak boleh dilakukan pada kehamilan trimester pertama dan ketiga. Hindari juga pemeriksaan 

rontgen pada trimester tersebut. Namun, jika kondisi mendesak boleh dilakukan dengan syarat Bunda harus terlindungi menggunakan apron.

- Beritahukan juga pada dokter gigi yang memeriksa Bunda nama semua obat yang sedang Bunda konsumsi, termasuk vitamin yang  diberikan oleh dokter kandungan.

- Penuhi kebutuhan kalsium semasa hamil sesuai dengan anjuran dokter. Kalsium dibutuhkan juga untuk perkembangan gigi pada janin sejak trimester pertama.

- Perbanyak konsumsi sayuran dan buah berserat yang mengandung vitamin C dan B12 karena baik untuk gusi.

- Kurangi makanan yang manis dan asam karena berpotensi merusak gigi. 

- Bila ingin menggunakan obat kumur, periksa dulu label pada kemasan mengenai kontra indikasi pada ibu hamil. Pilihlah obat kumur yang tidak mengandung alkohol.

semoga info ini dapat membantu bunda ^_^

   


Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like

aku meludah terus ampe 2hari..udh berhnti meludah gusi aku bengkak. terus tenggorokan kering.. suka ngerasa pusing, cpet cape nya, terus kdang aku mncium bau makanan.. wktu itu tiba2 aku nyium wangi kerang ijo,pdhal ga ada yg msak ato yg lewat jualan. udah 2X kya gitu.. terus perut mules tapi itu cma sbntar2 ilang,mules lagi tapi mules nya ga parah.. kalo sekarang pinggang belakang sakit, terus setiap sikat gigi pagi suka mual,pdhal aku jarang gitu.. ampe krsa mau muntah tenggrokan rsanya asam gitu >_<.. aku belum dpet mens soalnya blum wktunya kira2 tgl19 nanti.. hmmzz mdh2an aja ga mens terus emg bneran hamil.. :) alhamdulilah Amin ..

o iyabun mau tanya juga.. kalo misalnyaaku skranf lgi keadan hamil,tapi kan aku ga tau lagi hamil terus aku HB sma suami posisi suami diatas menekan perut apa itu gapapa? hmmzz

terus aku sering kmkan pedas ?

minum obat warung?

Bahayakah?

makasihh :)

   
02-04-2014 11:54:41 obat tradisional hepatitis b
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like

Obat Tradisional Hepatitis B Terbaik = Solusi tepat untuk mengobati penyakit hepatitis b yang alami yaitu dengan mengkonsumsi obat Jelly Gamat Gold-G sebagai Obat Tradisional Hepatitis B Terbaik

Sekilas Tentang Penyakit Hepatitis B

hepaObat Tradisional Hepatitis B Terbaik = Penyakit hepatitis B merupakan salah satu virus hepatitis yang lebih parah dibandingkan dengan jenis hepatitis lainnya. Penderita hepatitis B bisa terjadi pada setiap orang dari semua umur. Dan yang membahayakan adalah kenyataan bahwa virus ini merupakan jenis penyakit yang bisa menular.

Penularan itu bisa terjadi dengan cara vertikal dan horisontal, penularan secara vertikal terjadi dari Ibu yang mengidap virus hepatitis b kepada bayi yang dilahirkan yaitu pada saat persalinan atau setelah persalinan.
sedangkan Penularan secara horisontal yaitu terjadi akibat penggunaan alat suntik yang tercemar, tindik telinga, tusuk jarum, transfusi darah, penggunaan pisau cukur dan sikat gigi secara bersama-sama (Hanya jika penderita memiliki penyakit mulut (sariawan, gusi berdarah,dll), lendir (berciuman) atau luka yang mengeluarkan darah serta hubungan seksual dengan penderita.

Jelly Gamat Gold-G sebagai Obat Tradisional Hepatitis B Terbaik

Untitled-1-300x261

Mengobati hepatitis B dengan mengunakan Jelly Gamat Gold-G sebagai Obat Tradisional Hepatitis B Terbaik memang merupakan solusi tepat untuk mengatasi penyakit Hepatitis b secara selektif dalam mengobati serta aman tanpa efek samping. Karena Jelly Gamat Gold-G merupakan Obat Multi Khasiat yang terbuat dari keseluruhan bahan alami yang bahan utamanya yaitu dari ekstra teripang, yang mana pada ekstra teripang tersebut telah teruji mempunyai khasiat yang mampu mengobati hepatitis b secara alami hingga tuntas sampai ke akarnya.

Teripang emas ( Gamat ) yang merupakan bahan utama Jelly Gamat Gold-G adalah hewan yang berhabitat di dasar laut yang mempunyai banyak zat gizi, protein, omega 3, omega 6, bio active element, asam amino, kandungan tersebut mempunyai peran aktif untuk pengobatan penyakit hepatitis b yang berfungsi sebagai immunomodulator atau pembangun sistem kekebalan tubuh. Protein dan 16 asam amino esensial mujarab dalam meregenerasi sel dan memperkuat hati untuk mengeluarkan antibodi. Sifat gamat yang mudah larut dalam air, menurut dr Zen Djaja MD (Malang)

ketik JGL : Nama : Jumlah Pemesanan : Alamat Lengkap : No Hp/Tlp
contoh
JGL : Pahrul : 2btl : Jln Parung No 022 Jakarta Selatan : 083451256XXX

Kirim ke 085321848772

Penting !! JGL adalah Kode produk kami dan wajib di cantumkan apabila anda melakukan pemesanan.

Daftar Harga Jelly Gamat Gold-G 1 botol (320 ml)

Pembelian

Harga Retail

Diskon

Harga (blm termasuk ongkir)

1 botol Rp.180.000 Rp.5000 Rp.175.000
2 botol Rp.360.000 Rp.10.000 Rp.350.000
4 botol Rp.720.000 Rp.50.000 Rp.670.000
10 botol Rp. 1.800.000 Rp.250.000 Rp.1.550.000
   


Jumlah Posts : 33
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda arpah:buunn mending kl skt gigi itu ke dokter gigi aja...kl gigi bunda berlubang mw bunda minumin apa aja gak ada pengaruhnya..justru bumil gak boleh terlalu sering konsumsi obat... kl gak bolong msh skt jg coba bunda arpah konsultasikan kedokter kemungkinan krn radang gusi itu biasanya dikarenakan adanya karang gigi yg berada dibawah gusi dan disanalah berkembang kuman...itu kl gak di scalling+kuret sama dokter gigi ya keluhannya akan terus menerus...nanti setelah di scalling dan kuret dirumah kumur dgn obat kumur ber merk minocep(botol warna merah)kumur setiap sehabis sikat gigi ya...insyaAllah dah gak skt lg deh...jgn tkt kedokter gigi saat hamil ya..justru kedokter gigi untuk periksakan gigi bumil itu penting krn kl ada infeksi pada gigi dapat mempengaruhi janin jg...dokter gak akan mencabut gigi pasien yg hamil..selama diagnosanya msh bisa diatasi dgn terapi lain...sekian dr aq...semoga cpt sembuh ya buunn..
   
Jumlah Posts : 349
Jumlah di-Like : 7
Mastela Grooming Kit

Mastela Grooming Kit

Perlengkapan dari mastela ini berisi barang-barang yang sangat penting untuk merawat bayi anda. Kotaknya yang praktis menjaga peralatan didalamnya tersusun rapi dan memudahkan anda untuk menyimpan dan mengambilnya. Cocok juga untuk hadiah kelahiran bayi.

1 set terdiri dari 16 macam alat :
- Sisir dan sikat rambut bayi
- Sendok obat
- pipet obat
- sikat gigi jari
- sikat gigi anak
- karet stimulator gusi
- termometer kening
- termometer digital
- termometer air
- gunting kuku
- gunting
- pembersih kotoran hidung
- teether berisi air
- empeng lembut
- sedot ingus

    Price :  IDR 205,000.00

buy this
   
29-04-2011 10:44:26 Sariawan dan gusi bengkak
Jumlah Posts : 516
Jumlah di-Like : 7
haloo bun.....
klo aq malah sering sariawan pas sebelum hamil.....itu udah rutinitas setiap 2 bulan skali lhooo...pasti sariawan.... tp anehnya selama kehamilan ini malah gak pernah sariawan...pernah sekali tu cm 3 hr doank. pas 7 bulan..padahal duluuuu klo sariawan bisa lamaaaa sampe 2 minggu.....aq biasanya jg pk albotyl..paling gak.. bs mengurangi rasa sakit...tp yg namanya sariawan gak dikasih obat mcm2 jg sembuh sendiri koq hehe...sariawan bs terjadi krn stres ato gangguan pencernaan...nah kebetulan aq kan punya gangguan pencernaan tuh bun......

@tristina: wahhh...klo hamil2 minum obat macam2 diluar resep dokter aq malah gak brani bun....konsultasi dokter dulu aja kali yaa...klo keluhan dalam mulut paling gusi berdarah,,,solusinya apa ya bun?? bete niee...klo sikat gigi mesti pelan2..gusinya tuhh kaya ada yg mau mengelupas...
   
Jumlah Posts : 850
Jumlah di-Like : 15

Tindakan Gigi BAgi Ibu Hamil

Posted by Putri little holiday on Wednesday, November 11, 2009 Labels: / Comments: (0)

Sebagian ibu hamil mempunyai keluhan pada gigi dan mulutnya. Mulai dari keluhan gusi berdarah, sariawan sampai pada nyeri gigi. Namun ibu hamil tak kunjung pergi ke dokter gigi karena khawatir tindakan gigi oleh dokter gigi akan mempengaruhi kehamilannya.

Mengapa ibu hamil cenderung mempunyai masalah pada gigi dan mulut ?

Saat hamil, ibu mengalami perubahan secara hormonal. Akan tetapi masalah gigi dan mulut pada ibu hamil bisa pula dipicu hal-hal sebagai berikut:

- kesehatan mulut yang buruk/kotor.

- perasaan akan muntah/mual jika menggosok gigi atau menggunakan pasta gigi.

- sering makan makanan manis saat hamil

- timbul kemalasan untuk menggosok gigi saat hamil

Apa saja bentuk masalah yang biasa dijumpai saat hamil dalam rongga mulut?

  • Gingivitis
    Gusi akan tampak bengkak, sensitif dan nyeri , dan mungkin mudah berdarah dan atau tanpa sebab.
    • Tingginya hormon progresteron dan esterogen akan meningkatkan insidensi inflamasi pada gusi.
    • Masalah gusi ini biasanya dimulai trimester 1 (bulan kedua). Keadaan paling buruk sering dijumpai saat trimester ke 3 (usia hamil 8 bulan) .
    • Saat hormon mulai turun di usia kehamilan 9 bulan, masalah gusi akan mulai berkurang.
    • Karena perubahan hormon ini, Gigi juga akan cenderung bermasalah.
    • Plak akan mudah terbentuk sehingga mudah terjadi radang gusi dan karies.

    Click to enlarge
    Pregnancy Gingivitis
    (Severe)

  • Heartburn and vomiting ( morning sickness). Morning sickness yang parah dapat meningkatkan keasaman dalam mulut sehingga menyebabkan erosi email gigi.
  • Pregnancy Epulis
    Benjolan ini bisa saja terjadi pada gusi. Tidak berbahaya dan mudah dihilangkan oleh dokter gigi. Warnana bervariasi mulai dari merah jambu sampai merah., tergantung pada tingkat pertumbuhannya. Bisa muncul di awal kehamilan.
Click to enlarge
Pregnancy epulis
  • Granuloma atau tumor
    Terjadi pada gusi, Berbentuk nodular, bengkak dan dapat membesar, teraba, dan biasanya tidak menimbulkan nyeri/sakit.Penyebabnya adalah iritasi kronis atau injury.

Click to enlarge

Bagaimana dengan tindakan gigi selama kehamilan?

Tindakan gigi seperti menambal gigi (dental filling and crowns) idealnya dilakukan pada trimester kedua. Pada kasus emergency seperti eleminasi infeksi, pencabutan gigi dan perawatan saluran akar bisa saja dimungkinkan untuk dilakukan.

Untuk tindakan gigi yang bersifat pilihan seperti dental kosmetik (pemutihan gigi) sebaiknya ditunda/dilakukan sampai pasca persalinan.

Bagaimana dengan tindakan foto gigi pada masa kehamilan?

Foto gigi kadang diperlukan untuk tindakan giig rutin atau tindakan gigi emergency. Foto gigi dengan tujuan pemeriksaan rutin sebaiknya ditunda sampai ibu melahirkan. Namun tidak menutup kemungkinan foto gigi ( X-rays) dilakukan jika keadaan emergency. Menurut American College of Radiology,single diagnostic X-rays dengan dosis radiasi tidak berpengaruh secara signifikan pada perkembangan embrio atau fetus. Radiasi dari X-rays gigi adalah sangat rendah. ZAkan tetapi sebaiknya tindakan pencegahan untuk meminimalkan paparan radiasi tetap harus dilakukan, misalnya penggunaan “thyroid collar” atau “apron” saat foto X-rays.

Sebaiknya ibu hamil menghindari semua tindakan yang beresiko pada janin pada trimester pertama karena perkembangan organ fetus terjadi pada trimester pertama kehamilan. Jika tidak bersifat emergency, tindakan gigi dapat dilakukan pada trimester ketiga atau ditunda sampai ibu melahirkan jika memungkinkan. Hal tersebut untuk menghindari persalinan prematur.

Bagaimana dengan Obat yang digunakan untuk Ibu hamil selama dilakukan prosedur tindakan gigi?

Sebaiknya penggunaan obat-obatan secara umum selama masa kehamilan dihindari, terutama saat masa kehamilan 3-11 minggu. Namun demikian belum ada bukti dan laporan bahwa anestesi lokal berbahaya di awal pertama masa kehamilan. Dosis besar pada anestesi lokal dapat berpengaruh secara lanjut pada kehamilan , terutama mendekati saat persalinan. Ibu hamil dengan kasus emergency dapat menerima obat anestesi lokal dengan dosis rendah.

Lidokain adalah obat pilihan yang biasanya digunakan untuk tindakan gigi. Jika memungkinkan, sebaiknya ibu hamil menghindari obat anestesi lokal yang mengandung epinefrin. Adapun obat antibiotik dengan kategori B (misal penicillin, amoxicillin, and clindamycin) aman untuk ibu hamil.

Saran

1. Ibu hamil hendaknya mengkonsumsi diet yang baik, sehat dan seinmbang, rajin menggosok lidah dan gigi dengan pasta gigi dengan teratur. Penggunaan dental floss/flossing juga dianjurkan.

2. Melakukan kunjungan rutin ke dokter gigi untuk pencegahan dan pemeliharaan/perawatan selama hamil.

3. Informasikan kepada dokter gigi Anda bahwa Anda sedang hamil.

4. Jika memungkinkan, lakukan tindakan gigi saat trimester kedua atau ditunda sampai ibu melahirkan jika memngkinkan/tidak emergency.

5. Tindakan gigi pilihan (misal dental kosmetik) harus dilakukan setelah ibu melahirkan.

6. Jaga sirkulasi darah dan kenyamanan ibu hamil saat duduk di kursi gigi

7. Gunakan bantal bila mana perlu agar bayi dan ibu hamil nyaman.

8. Gunakan obat kumur bilamana diperlukan. Konsultasikan dengan dokter gigi, obat kumur yang sesuai.

Bagaimana jika ibu hamil mempunyai keluhan selalu ingin muntah bila menggosok gigi?

  • Gunakan sikat gigi dengan kepala sikat yang kecil. seperti sikat gigi untuk anak.
  • Lakukan sikat gigi dengan pelan (jangan tergesa-gesa), hati2 dan bertahap.
  • Atur pernafasan .
  • Jika gosok gigi sama sekali tidak bisa dilakukan, gunakan kapas/kain kassa untuk membersihkan gigi anda. Lakukan juga flossing.
  • jangan khawatir, reflek muntah tidak akan terjadi terus menerus selama hamil. Reflek muntah bisanya akan hilang. Jangan putus asa untuk terus mencoba. Ingat menyikat gigi tidak sama /tidak bisa digantikan dengan flossing.
  • Pilih pasta gigi yang “beraroma” sesuai dengan Anda. karena terkadang reflek muntah bisa hilang dengan pasta gigi yang beraroma segar saat menggososk gigi.

Penting

Sebaiknya untuk menghindari keluhan gigi dan mulut selama hamil, sebagai tindakan pencegahan, kunjungi dokter gigi Anda jika Anda merencanakan kehamilan. Jangan lupa selalu menginformasikan pada dokter gigi Anda jika Anda hamil. Sebaiknya Anda juga berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda (Obsgyn).


semoga membantu

salam

putri a.k.a zach mom's

   
Jumlah Posts : 850
Jumlah di-Like : 15

Tindakan Gigi BAgi Ibu Hamil

Posted by Putri little holiday on Wednesday, November 11, 2009 Labels: / Comments: (0)

Sebagian ibu hamil mempunyai keluhan pada gigi dan mulutnya. Mulai dari keluhan gusi berdarah, sariawan sampai pada nyeri gigi. Namun ibu hamil tak kunjung pergi ke dokter gigi karena khawatir tindakan gigi oleh dokter gigi akan mempengaruhi kehamilannya.

Mengapa ibu hamil cenderung mempunyai masalah pada gigi dan mulut ?

Saat hamil, ibu mengalami perubahan secara hormonal. Akan tetapi masalah gigi dan mulut pada ibu hamil bisa pula dipicu hal-hal sebagai berikut:

- kesehatan mulut yang buruk/kotor.

- perasaan akan muntah/mual jika menggosok gigi atau menggunakan pasta gigi.

- sering makan makanan manis saat hamil

- timbul kemalasan untuk menggosok gigi saat hamil

Apa saja bentuk masalah yang biasa dijumpai saat hamil dalam rongga mulut?

  • Gingivitis
    Gusi akan tampak bengkak, sensitif dan nyeri , dan mungkin mudah berdarah dan atau tanpa sebab.
    • Tingginya hormon progresteron dan esterogen akan meningkatkan insidensi inflamasi pada gusi.
    • Masalah gusi ini biasanya dimulai trimester 1 (bulan kedua). Keadaan paling buruk sering dijumpai saat trimester ke 3 (usia hamil 8 bulan) .
    • Saat hormon mulai turun di usia kehamilan 9 bulan, masalah gusi akan mulai berkurang.
    • Karena perubahan hormon ini, Gigi juga akan cenderung bermasalah.
    • Plak akan mudah terbentuk sehingga mudah terjadi radang gusi dan karies.

    Click to
    enlarge
    Pregnancy Gingivitis
    (Severe)

  • Heartburn and vomiting ( morning sickness). Morning sickness yang parah dapat meningkatkan keasaman dalam mulut sehingga menyebabkan erosi email gigi.
  • Pregnancy Epulis
    Benjolan ini bisa saja terjadi pada gusi. Tidak berbahaya dan mudah dihilangkan oleh dokter gigi. Warnana bervariasi mulai dari merah jambu sampai merah., tergantung pada tingkat pertumbuhannya. Bisa muncul di awal kehamilan.
Click to
            enlarge
Pregnancy epulis
  • Granuloma atau tumor
    Terjadi pada gusi, Berbentuk nodular, bengkak dan dapat membesar, teraba, dan biasanya tidak menimbulkan nyeri/sakit.Penyebabnya adalah iritasi kronis atau injury.

Click to
enlarge

Bagaimana dengan tindakan gigi selama kehamilan?

Tindakan gigi seperti menambal gigi (dental filling and crowns) idealnya dilakukan pada trimester kedua. Pada kasus emergency seperti eleminasi infeksi, pencabutan gigi dan perawatan saluran akar bisa saja dimungkinkan untuk dilakukan.

Untuk tindakan gigi yang bersifat pilihan seperti dental kosmetik (pemutihan gigi) sebaiknya ditunda/dilakukan sampai pasca persalinan.

Bagaimana dengan tindakan foto gigi pada masa kehamilan?

Foto gigi kadang diperlukan untuk tindakan giig rutin atau tindakan gigi emergency. Foto gigi dengan tujuan pemeriksaan rutin sebaiknya ditunda sampai ibu melahirkan. Namun tidak menutup kemungkinan foto gigi ( X-rays) dilakukan jika keadaan emergency. Menurut American College of Radiology,single diagnostic X-rays dengan dosis radiasi tidak berpengaruh secara signifikan pada perkembangan embrio atau fetus. Radiasi dari X-rays gigi adalah sangat rendah. ZAkan tetapi sebaiknya tindakan pencegahan untuk meminimalkan paparan radiasi tetap harus dilakukan, misalnya penggunaan “thyroid collar” atau “apron” saat foto X-rays.

Sebaiknya ibu hamil menghindari semua tindakan yang beresiko pada janin pada trimester pertama karena perkembangan organ fetus terjadi pada trimester pertama kehamilan. Jika tidak bersifat emergency, tindakan gigi dapat dilakukan pada trimester ketiga atau ditunda sampai ibu melahirkan jika memungkinkan. Hal tersebut untuk menghindari persalinan prematur.

Bagaimana dengan Obat yang digunakan untuk Ibu hamil selama dilakukan prosedur tindakan gigi?

Sebaiknya penggunaan obat-obatan secara umum selama masa kehamilan dihindari, terutama saat masa kehamilan 3-11 minggu. Namun demikian belum ada bukti dan laporan bahwa anestesi lokal berbahaya di awal pertama masa kehamilan. Dosis besar pada anestesi lokal dapat berpengaruh secara lanjut pada kehamilan , terutama mendekati saat persalinan. Ibu hamil dengan kasus emergency dapat menerima obat anestesi lokal dengan dosis rendah.

Lidokain adalah obat pilihan yang biasanya digunakan untuk tindakan gigi. Jika memungkinkan, sebaiknya ibu hamil menghindari obat anestesi lokal yang mengandung epinefrin. Adapun obat antibiotik dengan kategori B (misal penicillin, amoxicillin, and clindamycin) aman untuk ibu hamil.

Saran

1. Ibu hamil hendaknya mengkonsumsi diet yang baik, sehat dan seinmbang, rajin menggosok lidah dan gigi dengan pasta gigi dengan teratur. Penggunaan dental floss/flossing juga dianjurkan.

2. Melakukan kunjungan rutin ke dokter gigi untuk pencegahan dan pemeliharaan/perawatan selama hamil.

3. Informasikan kepada dokter gigi Anda bahwa Anda sedang hamil.

4. Jika memungkinkan, lakukan tindakan gigi saat trimester kedua atau ditunda sampai ibu melahirkan jika memngkinkan/tidak emergency.

5. Tindakan gigi pilihan (misal dental kosmetik) harus dilakukan setelah ibu melahirkan.

6. Jaga sirkulasi darah dan kenyamanan ibu hamil saat duduk di kursi gigi

7. Gunakan bantal bila mana perlu agar bayi dan ibu hamil nyaman.

8. Gunakan obat kumur bilamana diperlukan. Konsultasikan dengan dokter gigi, obat kumur yang sesuai.

Bagaimana jika ibu hamil mempunyai keluhan selalu ingin muntah bila menggosok gigi?

  • Gunakan sikat gigi dengan kepala sikat yang kecil. seperti sikat gigi untuk anak.
  • Lakukan sikat gigi dengan pelan (jangan tergesa-gesa), hati2 dan bertahap.
  • Atur pernafasan .
  • Jika gosok gigi sama sekali tidak bisa dilakukan, gunakan kapas/kain kassa untuk membersihkan gigi anda. Lakukan juga flossing.
  • jangan khawatir, reflek muntah tidak akan terjadi terus menerus selama hamil. Reflek muntah bisanya akan hilang. Jangan putus asa untuk terus mencoba. Ingat menyikat gigi tidak sama /tidak bisa digantikan dengan flossing.
  • Pilih pasta gigi yang “beraroma” sesuai dengan Anda. karena terkadang reflek muntah bisa hilang dengan pasta gigi yang beraroma segar saat menggososk gigi.

Penting

Sebaiknya untuk menghindari keluhan gigi dan mulut selama hamil, sebagai tindakan pencegahan, kunjungi dokter gigi Anda jika Anda merencanakan kehamilan. Jangan lupa selalu menginformasikan pada dokter gigi Anda jika Anda hamil. Sebaiknya Anda juga berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda (Obsgyn).

salam

putri a.k.a zach mom's

   
16-01-2009 13:49:23 Obat Sariawan
Jumlah Posts : 60
Jumlah di-Like : belum ada like
aduch.... val sariawan nih... untuk nyembuhin pake obat apa ya???? Sariawan nya ada di Gusi sama di Gusi bagian depan dan besar banget ??? Padahal val rajin bgt minum air putih, makan buah, sikat gigi.. kasih tau ya bisa pake obat apa??
   
Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like
mau nanyak nich saya dapat tgl 5 agustus saya testpack tgl 6 sma tgl 7 september hasilnya positif saya ke dokter usg ada penebalan didinding rahim cma kata dr nya blom positif hamil krna blom klihatan kantung janinnya.. saya dkasih vitamin tgl 10 september perut saya kram di cd ada bercak darah.. bsoknya jg gtu bun sampai 3 hari tgl 14 keluar darah sampe tgl 17 saya pake pembalut tgl 18 sampai tgl 20 keluar hanya bercak sikit dicelana, saya kedokter tgl 17 september dkasih obat penguat rahim karna blom kelihatan hasil usg nya saya dsrh balik 2 minggu lgi. keluhan saya bbrapa hari ini klo sikat gigi saya mau muntah, pipis,pusing,mengantuk... ada gk yg prnh ngerasain kyk saya bagi infonya bunda2 ...🙏
   
26-09-2016 08:29:55 hami ato gk
Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like
salam kenal ya dok q mau nanyak nich bln agustus saya menstruasi tgl 4 agustus s/d 10 agustus 2016, tgl 5 september sama tgl 7 september saya testpack 2 kali hasilnya positif hasil periksa ke dokter kandungan tgl tgl 7 september memastikannya setelah itu saya dilakukan pemeriksaan transvagina katanya dokternya sudah ada penebalan di dinding rahim saya dkasih vitamin. 4 hari kemudian perut saya kram keluar bercak selama satu hari bsoknya dcelana gk ada nempel bercak cma pas saya bak keluar setetes sampe 2 hari.. tgl 14 tiba perut saya keram lagi keluar darah saya ke dokter kandungan yg beda saya dlakukan jsg melalui abdomen cma blom ada kelihatan saya dkasih obat penguat rahim sama vitamin, sampai tgl 17 september tgl 18,19,20 saya keluar flek lagi... sampe skrg gk ada lagi flek yg keluar cma skrg saya skk mual dipagi hari apa lagi sikat gigi.. mulut saya asam rasanya dok. mengantuk, pening itu knoa ya dok tolong djawab terimakasih
   
05-05-2016 09:10:42 hpl juli 2016
Jumlah Posts : 101
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda ershaliana:sama seperti pengalaman saya pas hamil anak ke 2 gusi berdarah sampai2 gigi rontok bun,tp ke dokter cuma di kasih CDR obat kalsium ibu hamil....sehari sekali dimunum....setiap hamil beda2 kok bun,yg ketiga ini ga seperti yg kedua gusi berdarah/gigi rontok.
   
11-03-2016 11:48:44 hpl juli 2016
Jumlah Posts : 207
Jumlah di-Like : belum ada like
@bunda as nidar : saya juga lagi sakit gigi nihh karena giginya mau copot tapi belum copot2 jadinya bikin sakit.. saya sih ga minum obat apapun bund.. saya diemin aja.. paling saya kumur2 air hangat sm sering2 sikat gigi.. habis saya takut kalo minum obat trus apalagi bukan dari obat dokter..