SITE STATUS
Jumlah Member :
492.620 member
user online :
1476 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: normalkah terjadi flek flek coklat saat

New Topic :  
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Malam dok ,saya ingin bertanya .. wanita terkadang melakukan masturbasi .. begitu juga saya . Saya masi single ( belum menikah ) . Apakah melakukan masturbasi setiap hari dilarang ? Dan apakah melakukan masturbasi pada saat haid berbahaya ?
Karena dr tanggal 22 des sampai sekarang haid saya tidak lancar . Kadang merah kadang cokelat dan berlendir. Juga tersendat-sendat . Sekitar 5 hari yg lalu saya memakai pembalut kesehatan anion. Keadaan saya berangsur membaik . Haid saya tinggal flek-flek cokelat . Namun ketika saya melakukan masturbasi . Haid saya muncul lagi . Tidak berbau amis namun merah maroon dan berlendir ? Apakah saya dalam keadaan yg berbahaya ? Apakah karena saya sering bermasturbasi sehingga haid saya menjadi tidak normal ? Saya tunggu jawaban nya dok . Terima kasih .

Dari : ******

Jawaban:

Dear Bunda,







Masturbasi bagi pria dan wanita memiliki berbagai keuntungan bila dilakukan dengan benar seperti rileksasi tubuh, menurunkan stress dan memperbaiki mood. Bila akan melakukan masturbasi, baik pria ataupun wanita, sebaiknya dilakukan dengan benar dengan tidak melukai tubuh, menjaga kebersihan tubuh ataupun tangan sebelum melakukannya. Pada wanita, kegiatan masturbasi maupun hubungan intim tidak dianjurkan dilakukan ketika masa menstruasi untuk alasan kebersihan dan kesehatan (menghindari terjadinya infeksi).











Menstruasi dapat dimulai dengan flek-flek kecoklatan, darah berwarna pink, darah merah segar, darah agak kecoklatan, darah semakin sedikit dan beralih menjadi pink, kecoklatan dan akhirnya berhenti. Setelah berhenti beberapa hari bila terlalu lelah fisik ataupun adanya aktifitas sexual, dapat terjadi kembali flek-flek kecoklatan.











Siklus menstruasi dipengaruhi oleh banyak hal seperti adanya kestabilan hormonal ataupun ada atau tidaknya masalah organ reproduksi. Bila Anda mengalami amsalah siklus menstruasi maka sebaiknya diperiksa oleh dokter untuk diketahui penyebabnya.






   


Jumlah Posts : 45
Jumlah di-Like : belum ada like
KB yang aman buat ibu menyusui ada 3..KB suntik per 3 bln, pil, atau spiral. Semua nya aman...jangan sekali kali make yang lain karena akan bikin ASI tidak hanya berkurang tapi habis. tentang plus minusnya entar deh tak cariin
IUD (Spiral)

Berbeda dengan pil, IUD (Intra Urine Device) atau spiral tidak terpengaruh faktor lupa dari si pemakai karena bersifat jangka panjang. Sekali dipasang, IUD bisa bertahan hingga lima tahun. Memang IUD bisa membuat haid menjadi lebih lama dan banyak, siklus haid menjadi lebih pendek, atau munculnya bercak (spotting) atau bahkan menyebabkan nyeri haid yang hebat. Sama dengan suntik KB yang bisa membuat perubahan pola haid serta pendarahan bercak.
Namun sekarang telah dikembangkan kontrasepsi Intra Urine System (IUS). Ini adalah alat kontrasepsi yang memadukan keunggulan alat kontrasepsi hormonal dengan IUD, sehingga si pemakai merasa nyaman dan kualitas hidup pun meningkat.
Menurut Prof. DR. Biran Affandi, SpOG (K) , guru besar kesehatan reproduksi bagian Obstetri-Ginekologi FKUI-RSCM, selain sebagai alat kontrasepsi, IUS juga dapat digunakan sebagai terapi mengatasi idipatik menorhagia (pendarahan uterus). Dengan begitu, jumlah darah yang dikeluarkan lebih sedikit dan hari menstruasi jadi lebih pendek. IUS juga mengatasi nyeri haid dan mengurangi resiko radang tulang panggul serta ektopik (kehamilan diluar kandungan) yang selama ini dikhawatirkan banyak perempuan.
Karena kadar hormon rendah, IUS juga mengembalikan kesuburan dan aman digunakan ibu menyusui. Hanya, menstruasi pemakai IUS akan berkurang bahkan berhenti dalam satu tahun. Meskipun begitu, ia tetap mengalami ovulasi. Karena pertumbuhan endometrium sangat tipis menstruasi pun tidak terjadi. Kendalanya, masyarakat kita masih menganggap tidak menstruasi berarti ada darah kotor menumpuk di tubuh. Padahal, IUS membuat darah menstruasi tidak terbentuk. Kalaupun ada, jumlahnya sangat sedikit dan tetap keluar.
PIL KB KOMBINASI
Sangat efektif bila diminum setiap hari. Bila berhenti akan terjadi
kehamilan. Pada bulan-bulan pertama pemakaian, mungkin dapat menimbulkan efek samping, seperti mual, perdarahan atau flek diantara masa haid, kenaikan berat badan, atau sakit kepala. Semua gejala ini tidak berbahaya. Aman untuk hampir semua wanita karena efek samping jarang terjadi. dapat digunakan wanita berbagai golongan umur, baik yang sudah maupun yang belum punya anak. mencegah penyakit kanker tertentu, kurang darah (akibat kekurangan zat besi ), nyeri pada waktu haid dan beberapa kesehatan lain. Pil KB Kombinasi yang beredar saat ini antara lain :
Mycrogynon-30,Neugynon, Nordette-28, Mercilon-28, Ovostat, Marvelon, Eugynon.
dan Gynera.
PIL PROGESTIN / MINI PIL
Pilihan yang baik bagi ibu menyusui dan ingin menggunakan pil,
mulai diminum pada minggu ke-6 setelah melahirkan. Sangat efektif selama masa menyusui. Jika digunakan tidak pada mas menyusui, biasanya terjadi perubahan pola haid terutama flek-flek diantara masa haid. Pil Progestin / Mini Pil yang beredar saat ini antara lain :
Exluton
SUNTIK KB
Sangat efektif untuk mencegah kehamilan bila disuntik setiap 1
bulan atau 3 bulan (sesuai dengan jenis suntik KB). Gangguan perdarahan biasa terjadi-seperti flek-flek, perdarahan ringan diantara dua masa haid. Setelah pemakaian satu tahun sering tidak mengalami haid. Kenaikan berat badan juga biasa terjadi atau timbul sakit
kepala ringan. Dapat digunakan wanita berbagai golongan umur, baik yang sudah maupun yang belum mempunyai anak. Bila berhenti memakai cara KB ini, kehamilan dapat segera terjadi. Aman digunakan pada masa menyusui, setelah 6 minggu setelah melahirkan. Membantu mencegah tumor rahim dan mencegah kehamilan diluar rahim. Suntik KB yang beredar saat ini antara lain :
Suntik KB 1 bulan sekali : Cyclofem
Suntik KB 3 bulan sekali : Depo Provera, Depo Geston, Depo Progestin.

   
14-05-2014 16:59:46 lepas kb
Jumlah Posts : 175
Jumlah di-Like : belum ada like

boleh share info ya bunda-bunda,

ngutip dari artikel "Kelebihan dan Kekurangan Kontrasepsi Hormonal" :

SUNTIK KB

  • Sangat efektif untuk mencegah kehamilan bila disuntik setiap 1 bulan atau 3 bulan (sesuai dengan jenis suntik KB).
  • Gangguan perdarahan biasa terjadi – seperti flek-flek, perdarahan ringan diantara 2 masa haid. Setelah pemakaian satu tahun sering tidak mengalami haid. Kenaikan berat badan juga biasa terjadi atau timbul sakit kepala ringan.
  • Dapat digunakan wanita berbagai golongan umur, baik yang sudah maupun yang belum mempunyai anak.
  • Bila berhenti memakai cara KB ini, kehamilan dapat segera terjadi.
  • Aman digunakan pada masa menyusui, setelah 6 minggu sehabis melahirkan.
  • Membantu mencegah kanker rahim; mencegah kehamilan di luar rahim
   


Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8

Dear bunda Satunggaling P Haryono,

Flek coklat saat hamil awal meskipun aman tetap harus diwaspadai. Flek coklat dapat dikatakan aman apabila flek hanya keluar dalam volumenya sedikit dan berlangsung hanya 1 hari. Apabila flek coklat diikuti dengan keluhan nyeri perut bagian bawah, dan disertai dengan pendarahan hebat, maka perlu diwaspadai, karena dikhawatirkan terjadi keguguran yang mengancam. Sebaiknya lakukan pemeriksaan langsung dengan dokter ang menangani kehamilan bunda, tindakan USG dan pemeriksaan dalam diperlukan untuk mencari penyebab terjadinya keluhan, sehingga terapi serta tindakan yang tepat dapat diberikan.

   
30-12-2014 10:12:20 mau bertanya disini
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8

Dear bunda Melafedri,

Kehamilan dapat terjadi bila hubungan intim dilakukan pada masa subur, dan adanya flek coklat sedikit yang keluar pada seminggu sebelum masa haid tiba, pada beberapa bunda hal ini dapat jadi tanda adanya kehamilan. Kehamilan harus dibuktikan dengan pemeriksaan kadar HCG dalam urine melalui tes kehamilan yang banyak beredar dipasaran, untuk lebih pastinya diperlukan USG untuk melihat apakah memang terdapat kantong kehamilan. Keluarnya flek yang bunda alami, bisa saja sebagai tanda awal datangnya menstruasi, karena flek keluar pada saat 2 hari lebih awal dari tanggal jadwal haid berikutnya.

   


Jumlah Posts : 28
Jumlah di-Like : 1
Hai Bunda neniy

Saya sebelumnya mengalami BO usia kandungan terhambat dan dinyatakan janin 5 minggu saat campur terjadi flek coklat sampai seminggu...dicek 2 minggu lagi berkembang 7 minggu bentuk kantungnya bagus..dan campur lagi terjadi flek-flek  sampai merah lama flek 2 minggu dan bulan depan dinyatakan kandungan masih 7 minggu bentuknya tdk bagus lagi dan lama-lama pendarahan hebat keluar darah lebih dari men akhirnya dikuret....bila mau program bayi lagi maka nunggu 2 bulan puasa campur dulu atau kalao mau campur  pake kondom karena masa pengobatan virus 2 bulan tuk dipendam. Kata dokternya sih BO terjadi karena virus 80% maka untuk menghindari itu jangan makan daging mentah/daging setengah matang kaya sate dan sayur mentah atau setengah matang.

Pointnya : Sebenarnya bila belum terjadi pendarahan merah hebat bisa dipertahankan asal jangan campur dulu....dan pantangan makanannya dan juga jangan lupa bedrest..dan terus berdoa....semangat didoakan berhasil
   
Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like
usia kehamilan ku kini sudah 10w, 2hr yg lalu kluar flek wrn coklat. tadi sore saat priksa ke dokter ternyata dibilang blighted ovum. sedih n cemas bgt.. kta dokter diliat dlm 2mggu kdepan kl ga ad perkembangan hrs di kuret. apakah blighted ovum harus ditindak lanjuti dengan cara d kuret?? dan jika kembali hamil apakah ada kemungkinan terjadi blighted ovum kembali?

buat bunda2 yg mngetahuinya n pernah ngalamin tolong infonya yahh.. tenqyuu..
   
23-09-2011 16:50:18 suntik kb 3 bulan
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
selamat sore dok.. saat ini saya telah memakai alat kontasepsi selama 1 thn 8 bln. saat ini saya memakai suntik yang 3 bulan sampai sekarang. pada awal pemakaian saya masih mendapatkan menstruasi sampai tiga bulan. namun sampai saat ini selama 1 tahun saya tidak lagi mendapatkan menstruasi, apakah ini efek samping dari suntik kb tersebut, normalkah? apakah saya harus periksa ke dokter kandungan?. Demikian terima kasih atas waktunya...

Dari : nuryati setiawan

Jawaban:

Dear bunda,

Pada suntikan KB 3 bulan memang ditemukan efek terganggunya siklus menstruasi (tidak adanya menstruasi sama sekali) ataupun terjadi flek-flek kecoklatan yang berkepanjangan. Hal ini masih dianggap normal, namun tidak ada salahnya untuk melakukan check up pada dokter kandungan sekali waktu. Demikian jawaban saya.
   
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Terkadang bisa terjadi spotting akibat tidak stabilnya hormon dalam tubuh, atau bis ajuga terjadi flek atau spotting saat menjelang menstruasi karena perubahan kadar hormon secara tiba-tiba.

   
30-04-2016 13:59:51 Telat haid 9 minggu
Jumlah Posts : 9
Jumlah di-Like : belum ada like
salam kenal bun... nama sy saras, saya mau nanya nih bunda2 semua kali aja ada yg ngalamin seperti saya! Langsung aja ya bun, sy telat datang bulan 8 hari biasanya haid sy normal yaitu 28 hari sy tespack hasil positif sampai 8 kali sy tespec loh bun karena penasarannya hasil teep positif selama 1 bulan di tiap 4 hari atau 1 minggu sekali saya lakukan tespecknya. Sy sempet ke RS untuk USG pada waktu telat 2 minggu & hasilnya belum terlihat, tapi kata Dr. memang ada tanda-tanda kehamilan. (sy & suami senang luar biasa) ketika sudah berjalan 9 minggu tiba" sy keluar flek coklat sedikit selama 4 hari, flek itu keluar saat buang air kecil aja, itu juga hanya 2-4 tetes keluarnya & sy ke RS untuk di USG Dr. yg sama bilang tidak ada tanda-tanda kehamilan memang ada sedikit pendarahan (dr. hanya bilang seperti itu) keesokan harinya perut bagian bawah pusar sakit sekali & di pinggul bagian belakang terasa begitu panan (rasa sakitnya sebentar menghilang, sebentar tidak sakit) & rasa sakit itu saya rasakan dari pagi sampai sore & sore harinya saya keluar darah banyak pas buang air kecil & rasa sakitnya pun lama kelamaan menghilang & saya tidak merasakannya lagi. Sampai saat ini saya masih mengeluarkan darah banyak seperti haid hari pertama, pada hal sudah 5 hari, tapi masih mengeluarkan darah seperti haid. Yg saya mau tanyakan, apakah saya keguguran ya atau hanya terlambat haid? Karena RS yg saya datangi tidak ada Dr. ahli kandungannya, yg selama ini tanganin sy untuk USG Dr. umum saja. (maklum bun sy tinggal jauh dari kota besar, sy tinggal di kabupaten) Mohon bantuannya jawabannya dari bunda2, terima kasih.
   
10-03-2016 21:52:40 9 week ngeflek
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8

Dear bunda Anthy OndEnk,

Banyak faktor yang dapat menyebabkan keluar flek coklat darah coklat saat hamil muda, antara lain adanya implantasi yang tidak sempurna, ketidakseimbangan hormon, hasil konsepsi yang tidak sempurna, kelainan kromosom dengan respon tubuh yang mengeluarkan flek. Solusinya adalah periksakan keadaan ini pada dokter, USG diperlukan untuk mencari penyebab timbulnya flek, sehingga terapi serta tindakan yang tepat dapat diberikan. Namun mengingat keluhan flek tidak lebih dari 24 jam, dan tidak ada keluhan nyeri perut dan kontraksi hebat yang menyertai, dan juga jarak yang sangat jauh dari tenaga medis, tindakan yang harus dilakukan adalah melakukan istirahat total dan menjaga asupan nutrisi. Disarakan untuk rutin melakukan pemeriksaan kehamilan agar dapat terpantau pertumbuhan serta perkembangan janin, dan juga kesehatan bunda.

   
14-01-2016 09:13:53 Masalah haid
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like

Pagi Dok,

Saya mau tanya,,

Pernikahan saya suda berjalan 1th 4bln, setelah  menikah siklus haid saya jadi tidak beraturan beda saat sebelum menikah. Karena itu saya sulit menghitung masa subur saya karena saya sangat berharap bisa hamil,,

Salah satu kasus saya :

Bulan Desember 2015 saya  2x menstruasi,,

- Haid pertama saya Tanggal 1 Desember s.d 7 Desember 2015 (terhitung 1 minggu kalender)

- Haid kedua saya Tanggal 28 Desember 2015 s.d 30 Desember 2015 (terhitung 3 hari kalender)

- Tanggal 6 Januari 2016 saya keluar Flek berwarna coklat (pertanda apa ?)

Mohon penjelasan dari dokter untuk kasus saya ini agar saya bisa lebih faham & bisa tau hal seperti ini normal atau tidak serta apakah saya bisa hamil ?

Terima kasih,, ^_^

   
07-01-2016 11:17:13 haid pasca melahirkan
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,
Menstruasi setelah masa nifas sebenarnya dapat terjadi kapan saja bervariasi dari satu ibu dengan ibu yang lainnya. Ada yang mengalami segera pada bulan berikutnya setelah masa nifas, atau pun lebih lama dari itu. Pemberian ASI secara eksklusif dan kontinyu setelah melahirkan dapat memberikan efek kontrasepsi dan mencegah kehamilan, namun efek lain yang akan ditimbulkan adalah terganggunya siklus menstruasi yang dapat berupa keluarnya flek-flek berkepanjangan ataupun tidak adanya menstruasi sama sekali. Efek-efek ini juga dapat ditimbulkan oleh kontrasepsi KB suntik 3 bulan. Apabila nantinya bunda mengalami flek yang berkepanjangan ataupun tidak menstruasi sama sekali maka hal yang bunda alami dapat disebabkan oleh keadaan-keadaan tersebut. Namun ada baiknya bagi bunda untuk melakukan pemeriksaan kepada bidan atau dokter bunda untuk mengetahui lebih jelas lagi.

Pemberian ASI kepada bayi juga merupakan KB alami pada seorang ibu setelah ia melahirkan dan sangat efektif dalam jangka 6 bulan setelah melahirkan. Ketika bayi menyusu, akan menimbulkan rangsangan pada puting susu dan mengirimkan sinyal kepada otak untuk memproduksi hormone prolaktin yang akan mencegah FSH dan GnRH untuk memproduksi sel telur sehingga tidak terjadi menstruasi. Metode KB alami ini hanya dapat dilakukan apabila:

• Para ibu yang hanya memberikan ASI kepada bayinya tanpa adanya susu formula atau pengganti ASI lainnya.

• Belum sama sekali mengalami menstruasi setelah ia melahirkan.

• Bayi berumur kurang dari enam bulan setelah melahirkan.

Cara melakukan KB alami dengan cara menyusui ASI tersebut adalah sebagai berikut:

• Segera memberikan ASI setelah bayi dilahirkan.

• Menyusui ASI sebanyak 6-10 kali sehari .

• Hindari jangka waktu yang terlalu lama antara waktu menyusui bayi (setidaknya setiap 4 jam sekali pada waktu siang dan 6 jam sekali pada malam hari).

• Hindari penggunaan menyusui dengan botol dan penggunaan empeng bayi (pacifier).

• Jangan berikan makanan atau minuman pendamping ASI apapun jenisnya, hanya berikan ASI saja.

Meskipun pemberian ASI eksklusif dapat memberikan efek kontrasepsi, namun untuk mencegah kehamilan sebaiknya tetap melakukan KB dengan metode kontrasepsi dengan KB pil laktasi, KB suntik 3 bulan (depo), KB IUD ataupun kondom.


Bila Bunda mengeluhkan sebah atau nyeri saat buang gas, mungkin karena Bunda kurang melakukan gerakan sehari-hari, cobalah berjalan-jalan atau olahraga ringan jika sudah pulih.

   
10-08-2015 14:28:58 mau promil
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda, 
PMS atau premenstruasi syndrome dapat terjadi beberapa hari menjelang menstruasi. PMS ini dapat berupa nyeri kepala, nyeri daerah perut perubahan mood ataupun flek-flek kecoklatan.

Nyeri pada saat menstruasi kerap dialami dan dianggap wajar bila hanya sesekali terjadi. Nyeri menstruasi dianggap perlu diperiksa lebih lanjut apabila nyeri sangat hebat atau sampai mengganggu aktifitas (tidak dapat melakukan aktifitas ataupun bekerja), secara rutin dirasakan setiap kali menstruasi sampai menstruasi selesai. Nyeri yang seperti ini dapat dicurigai adanya gangguan seperti endometriosis. Ketika menstruasi, dapat juga terjadi gangguan buang air besar seperti diare ataupung perut kembung. Hal ini karena pengaruh hormonal yang juga mempengaruhi organ lain saat menstruasi. Bila nyeri terasa hebat sampai tidak dapat beraktivitas, periksakan pada dokter. Untuk meringankan rasa nyeri dapat dengan menggunakan botol hangat yang ditempelkan pada daerah nyeri, bertistirahat dan memakan makanan bergizi 

   
13-02-2015 15:19:22 hamil atau tidak
Jumlah Posts : 175
Jumlah di-Like : belum ada like

@Bunda Puji Wibisono, share info ya Bunda :) 

flek berwarna coklat
Oleh : lusia89
siang dok,mau tanya.. flek berwarna coklat setelah baru slsai haid 1 mggu knp y dok?sy lg promil dok apkh ini tanda awl khmilan atw flek dari sisa2 haid sy yg blm tuntas? dan perbedaan'y apa antara flek tanda awl khmiln dgn darah sisa haid? terimakasih....
      
dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, 
Masa haid pada umumnya ada yang berlangsung dari 3 sampai 7. Apabila terjadi perdarahan lebih dari 7 hari atau lebih dari hari menstruasi Bunda daripada biasanya, terutama dengan volume yang lebih berat dari menstruasi anda pada umumnya sebaiknya memeriksakan diri pada dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Dengan kata lain, apabila ada flek atau perdarahan lebih dari 7 hari atau di luar dari hari-hari menstruasi yang biasa terjadi pada bunda, maka di katakan sebagai Perdarahan Uterus Disfungsional dan bukan merupakan menstruasi. 
Untuk mengetahui apakah terjadi kehamilan atau tidak, maka cara yang mudah dilakukan dengan memeriksakan urin Bunda dengan test pack kehamilan 2 minggu setelah masa subur Anda. Dapat juga memeriksakan diri kepada dokter untuk pemeriksaan USG.

semoga membantu ya Bunda :)