SITE STATUS
Jumlah Member :
494.723 member
user online :
3784 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: normal darah tidak keluar setelah kegugu

New Topic :  
12-03-2017 22:59:39 haid maju 10 hari
Jumlah Posts : 25
Jumlah di-Like : belum ada like
saya haid bln feb tgl 23-28 siklus haid 27 hr berarti bln mart ini seharusnya tgl 22 haid berikutnya tapi sekarang tgl 12 saya keluar darah seperti haid padahal 2 hr yg lalu saya baru selesai masa suburnya.awalnya darah keluar tidak sepenuh di pembalut namun setelah itu darah tidak keluar lagi di pembalut hanya keluar saat saya BAK dan darahnya itu keluar bercampur lendir setiap selesai BAK di pembalut darah tdk keluar...ini pertama kali saya mengalaminya ..apa ada yg mengalami seperti saya.
   


05-07-2015 17:58:13 Asi saya kering
Jumlah Posts : 437
Jumlah di-Like : belum ada like
Dashyatnya Manfaat Air Susu Ibu (ASI)
Manusia minum air susu manusia, sapi minum air susu sapi, ini merupakan prinsip yang tak dapat diubah. Namun entah mulai kapan di bawah dorongan propaganda beraneka rupa iklan susu bubuk, membuat masyarakat pada umumnya mempunyai pemikiran yang salah, yakni susu sapi adalah yang terbaik, baru kemudian air susu ibu (ASI). Namun pada kenyataannya, coba kita pikirkan, tiap pabrik susu bubuk dengan segala upaya memperbaiki susunan gizi dalam susu bubuk, tujuannya adalah supaya kualitas susu bubuknya sebisa mungkin mirip dengan kualitas ASI. Maka jelas ASI adalah pilihan paling tepat bagi bayi anda.
1. Bayi cerdas sehat dan memiliki EQ yang baik
Jika tidak ada suatu masalah khusus, ASI semakin di minum akan semakin bertambah banyak, jadi tidak perlu merasa kuatir kekurangan. ASI selalu mempunyai suhu standarnya, tingkat kesegaran yang prima dan bebas bakteri, serta mudah dicerna. ASI mengandung berbagai macam zat antibodi yang berasal dari ibu, memberi perlindungan terhadap berbagai sumber penularan penyakit bagi bayi. Bayi yang minum ASI dibanding dengan bayi yang minum susu bubuk buatan, lebih jarang terjangkit bermacam penyakit akut maupun kronis. ASI juga bisa mengikuti pertumbuhan bayi dengan otomatis merubah komposisinya, untuk menyesuaikan kebutuhan setiap tahap masa pertumbuhan bayi. ASI tidak mengandung jenis protein dari benda lainnya, bisa mengurangi kemungkinan yang mengakibatkan bayi terkena alergi. ASI mengandung komposisi gizi yang sangat dibutuhkan oleh pertumbuhan otak bayi, uji klinis telah membuktikan bahwa bayi yang dibesarkan dengan ASI, IQ-nya (Intellegencia Quotient) lebih tinggi. Melalui proses menyusui, pendekatan intim antara bayi dan ibu, lebih mudah menumbuhkan EQ bayi dalam kepercayaan diri sendiri maupun orang lain.
2. Ibu sehat cantik dan ceria
Ibu yang menyusui setelah melahirkan zat oxytoxin-nya akan bertambah, sehingga dapat mengurangi jumlah darah yang keluar setelah melahirkan. Kandungan dan perut bagian bawah juga lebih cepat menyusut kembali ke bentuk normalnya. Ibu yang menyusui bisa menguras kalori lebih banyak, maka akan lebih cepat pulih ke berat tubuh sebelum hamil. Ketika menyusui, pengeluaran hormon muda bertambah, menyebabkan ibu dalam masa menyusui tidak ada kerepotan terhadap masalah menstruasi, pada masa ini juga mengurangi kemungkinan terjadinya kehamilan diluar rencana. Menyusui setelah melahirkan dapat mempercepat pemulihan kepadatan tulang, mengurangi kemungkinan menderita osteoporosis (keropos tulang) setelah masa menopause. Menurut statistik, menyusui juga mengurangi kemungkinan terkena kanker indung telur dan kanker payudara dalam masa menopause. Juga ibu yang menyusui tidak perlu bangun tengah malam untuk mengaduk susu bubuk, ketika pergi bertamasya juga tidak perlu membawa setumpuk botol dan kaleng susu, bukankah bisa menjadi seorang ibu yang santai dan gembira.

3. Meringankan beban pengeluaran keluarga
ASI tersedia secara alamiah, ibu hanya perlu menguasai gizi yang seimbang dan cukup, tidak perlu kuatir kekurangan. Minum ASI bisa menghemat pengeluaran tambahan tiap bulan untuk membeli susu, tidak perlu beli botol susu dan alat untuk mensterilkan. Lagi pula bayi yang minum ASI daya tahan tubuhnya lebih kuat, dan jarang menimbulkan efek alergi pada tubuh, sehingga jarang sakit dan mengurangi pengeluaran biaya pengobatan.
4. Menyayangi bumi, menyukseskan perlindungan alam
ASI bersuhu alami segar bebas bakteri, maka tak perlu dipanaskan dan disteril, bisa mengurangi pemborosan bahan bakar, lagi pula untuk memenuhi kebutuhan susu bubuk yang berlebihan, dunia kita membutuhkan berapa alam hijau, bahkan menebang pohon pelindung hutan, untuk memelihara sapi perah yang lebih banyak? Melepaskan susu bubuk dan menggunakan ASI, bisa menghemat berapa banyak sampah botol dan kaleng susu yang dibuang? Jika setiap wanita setelah melahirkan mau menyusui dengan ASI selama 1 tahun, tentunya akan menghemat berapa banyak pembalut wanita?

Sumber: dr. Zhan
   
10-07-2014 20:18:45 keputihan wajar ga bun?
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
sama bunda... terkadang ga nyaman bgt....kata dr gpp itu normal asal tidak keluar darah..
   


Jumlah Posts : 10
Jumlah di-Like : belum ada like
Sharing bundaaaaaa!!!!! galau nih...aku terlamabat haid dah seminggu dari tgl 15 mei haid akhir dan di cek tgl.19 juni dgn tespek positif ..tapi tgl.20 keluar bercak coklat sampai dgn 3 hari darah tidak segar setelah itu kita ke dokter untuk memastikan di USG belum kelihatan tapi dokter kasih resep buat kandungan kuat besok nya keluar gumpalan darah dan besok nya aku cek 2 kali sama tespek udah Negative ada apa yaaaaa????? apa aku keguguran ya ?
   
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8
Dear bunda Enjje Gudgirl Ntu Lyla,
Masa nifas adalah masa pulihnya organ reproduksi kembali kesaat sebelum hamil yang dimulai dari beberapa jam setelah plasenta lahir sampai dengan 6 minggu berikutnya.
Darah yang keluar setelah masa nifas terlewati dapat dikatagorikan sebagai darah haid. Pada ibu yang memberikan ASI secara eksklusif biasanya haid bisa tidak terjadi karena faktor hormonal.
Luka jahitan umumnya akan sembuh dalam jangka waktu 7 hari, namun pada kasus infeksi penyembuhan luka dapat lebih lama tergantung dari tingkat infeksi. Tanda2 infeksi adalah adanya rasa nyeri, demam, bengkak dan kemerahan pada daerah yang terinfeksi.
Disarankan bunda untuk memperbanyak asupan yang mengandung kadar protein tinggi yang berguna untuk membantu penyembuhan luka.
Demikianlah jawaban dari saya, semoga membantu.
   


29-01-2016 13:37:45 pemberian ASI Ekslusif
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
Selamat siang Bunda.. bun saya baru 2 mnggu melahirkan, waktu melahirkan smpai berapa hari ASI saya tidak keluar. Setelah lewat berbagai cara baru lah asi mulai ada meskipun blm melimpah tp baby tidak mau minum asi lgsg jd harus sy pompa.. si baby ga mau asi lgsg krn dr awal sdh dikenalkan dgn dot.. saya sangat menyesali dan sedih sekali... bagaimana caranya agar baby mau lgsg m3nghisap ASI saya bun.. mohon pencerahannya.. terimakasih..
   
Jumlah Posts : 42
Jumlah di-Like : belum ada like
1 minggu setelah kuret saya di saranin dokter untuk dateng lagi , tapi saya gak dateng bun 'sibuk soalnya, baru sebulan kemudian saya periksa lagi.tapi alhamdulilah gpp bun, dan soal darah yg keluar setelah kuret waktu itu cuma seminggu doang bun , itu juga gak ada rasa apa2 , biasa aja. kata dokternya sih sudah bersih.
   
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
Salam kenal semuanya yaa..

Saya juga mengalami hal yang sama, waktu telat 10 hari di testpack positif tapi pas ngecek ke spog belum kliatan apa2, dan 10 hari kemudian ngecek ke spog lagi seharusnya usia kandungan uda 7w kalau diitung haid terakhir hari pertama, tapi baru kliatan kantung janin usia 4w.. Worry juga, dan sempet flek saat ngecek itu.. ngeflek 1 mggu ga brenti (sedikit2 sih tapi perut bawah sakit2 terus), akhirnya keluar gumpalan merah saat mau pipis.. Pas dicek ke dokter uda ga ada kantung janinnya dan dibilang kemungkinan BO dan abortus spontan..
Kaget juga pas di dokter, dan baru berasa sedih setelah di rumah.. air mata keluar ga bisa distop..

Sekarang aku dah di USG trans V masi ada sisa darah di rahim, tapi di testpack ud negatif, kata dokter ga usa dikuret, dikasi obat aja. methergin, clobat 4 hr (ga ada darah yang keluar) , lalu cek ke dokter lain dikasi methergin, xyrothromax 3 hr tapi darah ga keluar juga.. tapi keluar cairan keputihan..

Bunda2 ada yang pernah ngalamin juga ga? worry ga ada darah yang keluar setelah abortus spontan, dan minum methergin..
aku dah cek ke 2 dokter, keduanya kasi methergin..

Thanks ya
   
Jumlah Posts : 51
Jumlah di-Like : belum ada like
Dear Dr tanti, saya mau nanya nih dok, anak saya umur 21 bulan laki" .. umur 7bulan sudah kena campak , panas tinggi selama 3hari setelah panas turun baru keluar ruam merah awal dimuka lalu keseluruh badan dan sembuh dalam waktu 1minggu setelah minum obat dr dokter .. sekarang anak saya 21 bulan, 3minggu yang lalu anak saya ke klinik karna panas tinggi sampai 39° dan batuk pilek namun 3hari minum obat dr dokter klinik tidak sembuh juga .. lalu ke dokter lain dan disuruh periksa darah tetapi hanya hb bya saja yg rendah hb nya hanya 6 , dikasih obat panas pilek batuk dan antibiotik setelah minun obat dan keesokan harinya langsung sembuh tapi 2minggu kemudian anak saya panas lagi sampai 39.5° saya kedokter yang sama dan dicek darah lagi semua normal hanya dikasih obat panas batuk pilek saja, saya mengeluhkan ada ruam dipipinya dokternya blg hanya alergi .. setelah saya pulang sampai rumah, dimuka anak saya keluar ruam dan bintik merah banyak dr kepala sampai leher.. yang saya mau tanyakan dok 1. apakah kalau sudah terkena campak kemungkinan bisa kena lagi , padahal sudah imunisasi campak 2.yang sekarang anak saya alami tidak seperti campak pertama , campak pertama keluar setelah panas tingginya turun dalam 3hari baru keluar bintik merah yang sekarang bintik merah/ruam merah disekitar muka berbarengan dengan panasnya mohon infonya dok, terimakasih
   
18-07-2015 23:10:16 tidak mens setelah melahirkan
Jumlah Posts : 689
Jumlah di-Like : belum ada like

Siklus Menstruasi Pasca Melahirkan

Posted:2015-06-10 15:50:26


 

Pasca melahirkan siklus menstruasi Bunda tidak teratur? Terkadang sebulan bisa menstruasi dua kali dan dalam tempo yang lama, terkadang tidak menstruasi sama sekali. Atau bahkan ada yang belum menstruasi hingga si kecil berusia 1,5 tahun. Hal ini tidak jarang membuat Bunda kuatir dan merasa ada sesuatu yang tidak normal. Jangan kuatir,Bun. Yuk, simak artikel berikut.

Penyebab tidak teratur
Sebelum kita mencari tahu solusinya kita perlu tahu apa yang menyebabkan menstruasi tidak teratur pasca melahirkan. Menstruasi tidak teratur pasca melahirkan disebabkan beberapa faktor:
1. Perdarahan pasca melahirkan
Sebenarnya perdarahan ini bukanlah darah menstruasi. Darah yang keluar ini adalah darah yang tersisa dari perdarahan yang terjadi di dalam rahim. Darah ini akan berkurang dan hilang perlahan setelah 4-5 minggu.
2. Fisik dan mental
Setelah melahirkan fisik dan mental Bunda mungkin terlalu lelah. Ditambah lagi kesibukan mengurus si kecil yang membuat Bunda sulit beristirahat. Bunda bisa stress. Hal ini mempengaruhi siklus menstruasi Bunda. Peran Ayah sangat diperlukan dalam kondisi ini supaya fisik dan mental Bunda perlahan kembali pulih.
3. Menyusui
Pada saat menyusui tubuh memproduksi hormon proklatin. Hormon prolaktin berfungsi untuk meningkatkan kelenjar hipofisis supaya Air Susu Ibu (ASI) berproduksi lebih banyak. Proses ini menekan ovulasi sehingga membuat siklus menstruasi tidak teratur.

Solusi
Siklus mentruasi yang tidak teratur saat ini hanya bersifat sementara dan itu semua normal. Jadi, Bunda tidak perlu mengonsumsi obat-obatan yang tidak perlu. Diet seimbang dengan nutrisi lengkap setiap hari, olahraga ringan, banyak minum air putih, jus buah dan sayur, istirahat dan tidur yang cukup dapat menghindarkan Bunda dari stress yang bisa mempengaruhi siklus menstruasi Bunda.

Nah, Bunda tidak perlu kuatir lagi. Karena terganggunya siklus menstruasi ini dialami hampir semua wanita pasca melahirkan. Bila Bunda ragu, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan Bunda.

Tips:
Konsumsi suplemen asam folat sebagai penunjang nutrisi tambahan Bunda pasca melahirkan dan selama menyus

   
03-03-2015 16:53:47 halangan atau penyakit?
Jumlah Posts : 7
Jumlah di-Like : belum ada like
dok,umur saya baru 12 tahun.Saya baru halangan pada tanggak 14 februari 2015,kemudian keluar darah dari kemaluan saya.Pada saat itu saya tidak memakai softex,saya kira itu darah halangan.Tetapi setelah beberapa hari darah itu tidak ada lagi.apakah itu normal?apa bisa dokter jelaskan itu darah perawan,halangan atau penyakit?
   
Jumlah Posts : 178
Jumlah di-Like : belum ada like

Kalau tiba-tiba bayi yang sehat, aktif, dan makan atau minumnya normal terus tiba-tiba spontan ngeluarin cairan dari mulut biasanya bunda jadi panik. Kalau itu gumoh warnanya cenderung kekuning-kuningan biasanya seperti ASI. Ini masih normal, bun, tapi bunda perlu waspada jika warnanya seperti ini yah :

  • Warna keluar=warna masuk

Maksudnya sih warna yang muncul di muntah sama dengan warna makanan yang masuk ke perut bayi. Misalnya nih bayi baru aja makan nasi tim wortel, dan muntahnya jadi berwarna oranye. Biasanya muntah ini karena porsi makanan atau minumannya kebanyakan atau makanan dan minuman yang masuk terlalu tergesa-gesa.

  • Hijau

Cenderung tua yang keluar dari cairan empedu, dan ini indikasi sumbatan pada saluran pencernaan bayi. Kalau kondisinya begini bisa jadi bayi mengalami sumbatan di saluran cerna, tepatnya sih setelah usus dua belas jari atau deudenum.

  • Hitam

Warna ini berasal dari darah yang warnanya kehitaman dan cenderung disertai bau amis. Muntah dengan warna hitam dan kental berasal dari lambung. Terkadang saat bayi mimisan, darahnya tertelan sampai ke lambung dan menimbulkan reflex tidak enak yang membuat bayi muntah.

  • Merah

Menandakan keluarnya darah bersamaan dengan muntah. Bunda patut curiga dengan darah yang keluar ini karena bisa jadi ada pembuluh darah yang pecah, luka, atau lecet pada saluran cerna bayi. Tapi jika hanay bercak berarti ada stretching atau luka di tenggorakan bayi.

  • Kuning

Indikasi ada virus, infeksi bakteri, gastritis, dan penyakit radang. Gak hanya itu, muntah yang warnanya kuning juga tanda bayi keracunan makanan.

sumber

   
14-08-2014 09:16:26 Nyeri setelah haid
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like

Dear Dokter....

perkenalkan saya dewi, usia 29 tahun baru menikah 3 bulan yang lalu, saya memiliki riwayat haid yang teratur, hanya sesekali saja telat jika saya merasa lelah atau stress. 2 bulan terakhir mei-juni saya haid pada tgl 25 (mei) dan 26 (juni), tetapi saya merasa berbeda di bulan juli. setelah haid periode juni saya merasa cepat lelah pusing dan kadang mual dalam waktu yang tidak tentu, tapi saya rasa itu masuk angin. dan bulan juli saya terlambat datang bulan yaitu tanggal 28. Beberapa hari sebelum tgl 28 saya merasakan nyeri yang tidak pernah saya resa di sekitar perut bawah, pinggang dan punggung dan mual yang bikin saya tidak kuat, saya coba test pack tgl 25 hasil NEGATIF, dan pada tgl 28 Juli haid pun datang, tetapi tidak seperti biasa darah dan ovum, tetapi seperti sayatan daging mentah, warnah darah tidak terlalu pekat, aroma tidak seperti Fe. (tidak seperti biasanya) hingga benar bersih tgl 3 agustus. Hal ini meyakinkan saya saya haid. tetapi keesokan harinya hingga saat ini (tgl 14 Agustus) saya merasakan nyeri seperti akan haid (dari bawah perut, pinggang, punggung, dan payudara). saya pun ke dokter SpOg hasilnya ada penebalan didinding rahim tapi dokter tdk tau itu apa. hasil lebar rahim baik, rahim kuat dan normal.hasil tespack pada saat periksan negatif tetapi malamnya saya lihat ada satu garis lagi yang samar saya diberikan obat citrosol, mefinal dan prenemia. merasa kurang yakin dan kaget ada obat citrosol maka saya mencoba mencari dokter SpOG lainnya, hasilnya sama tidak tau apakah itu gumpalan darah yang keluar tidak bersih ataukah janin. namun dokter ke-2 mengatakan kalau pun itu janin tidak baik karena bentuknya tidak normal, hasil USG sama dengan dokter pertama,hasil tespack negatif (tetapi tidak diberikan kepada saya), ukuran dan keadaan rahim normal, saya tidak diberikan obat apapun. saya pun bilang saya sebelumnya dapat 3 macam obat, dokter ke-2 mengatakan hanya prenemia saja yg boleh diminum. karena gumpalan tersebut akan keluar dengan sendirinya tunggu siklus haid saja.

yang saya tanyakan 1. apa yg terjadi saat saya haid???mengpa tdk sprti biasanya???, 2. mengapa saya nyeri lagi seperti mau haid??, 3. mana yang saya turuti minum obat atau tidak??? jika tidak, apakah gumpalan tersebut benar2 keluar karena saya tidak berani jika ada tindakan kuret,

mohon maaf history keluhan saya sangat panjang, mohon bantuannya untuk diberikan penjelasan yang baik bagi kesehatan saya.

terima kasih

   
30-04-2014 12:09:24 4 hari tidak pup
Jumlah Posts : 86
Jumlah di-Like : belum ada like
KENALI WARNA DAN BENTUK FESES BAYI Frekuensi yang sering bukan berarti pencernaannya terganggu. Waspadai bila warnanya putih atau disertai darah. Kegiatan buang air besar pada bayi kadang membuat khawatir orang tua. Warna, bentuk dan polanya yang berbeda dengan orang dewasa inilah yang kerap menimbulkan kecemasan. Sebelum kita menjadi cemas, berikut penjelasan dr. Waldi Nurhamzah, Sp.A, tentang feses bayi. WARNA Umumnya, warna-warna tinja pada bayi dapat dibedakan menjadi kuning atau cokelat, hijau, merah, dan putih atau keabu-abuan. Normal atau tidaknya sistem pencernaan bayi, dapat dideteksi dari warna-warna tinja tersebut. Kuning Warna kuning diindikasikan sebagai feses yang normal. Kata Waldi, warna feses bayi sangat dipengaruhi oleh susu yang dikomsumsinya. "Bila bayi minum ASI secara eksklusif, tinjanya berwarna lebih cerah dan cemerlang atau didominasi warna kuning, karenanya disebut golden feces. Berarti ia mendapat ASI penuh, dari foremilk (ASI depan) hingga hindmilk (ASI belakang)." Warna kuning timbul dari proses pencernaan lemak yang dibantu oleh cairan empedu. Cairan empedu dibuat di dalam hati dan disimpan beberapa waktu di dalam kandung empedu sampai saatnya dikeluarkan. Bila di dalam usus terdapat lemak yang berasal dari makanan, kandung empedu akan berkontraksi (mengecilkan ukurannya) untuk memeras cairannya keluar. Cairan empedu ini akan memecah lemak menjadi zat yang dapat diserap usus. Sedangkan bila yang diminum susu formula, atau ASI dicampur susu formula, warna feses akan menjadi lebih gelap, seperti kuning tua, agak cokelat, cokelat tua, kuning kecoklatan atau cokelat kehijauan. Hijau Feses berwarna hijau juga termasuk kategori normal. Meskipun begitu, warna ini tidak boleh terus-menerus muncul. "Ini berarti cara ibu memberikan ASI-nya belum benar. Yang terisap oleh bayi hanya foremilk saja, sedangkan hindmilk-nya tidak." Kasus demikian umumnya terjadi kalau produksi ASI sangat melimpah. Di dalam payudaranya, ibu memiliki ASI depan (foremilik) dan ASI belakang (hindmilk). Pada saat bayi menyusu, ia akan selalu mengisap ASI depan lebih dulu. Bagian ini mempunyai lebih banyak kandungan gula dan laktosa tapi rendah lemak. Sifatnya yang mudah dan cepat diserap membuat bayi sering lapar kembali. Sedangkan, ASI belakang (hindmilk) akan terisap kalau foremilk yang keluar lebih dulu sudah habis. Hindmilk mengandung banyak lemak. "Lemak ini yang membuat tinja menjadi kuning." Nah, kalau bayi hanya mendapat foremilk yang mengandung sedikit lemak dan banyak gula, kadang- kadang terjadi perubahan pada proses pencernaan yang akhirnya membuat feses bayi berwarna hijau. Bahkan sering juga dari situ terbentuk gas yang terlalu banyak (kentut melulu), sehingga bayi merasa tak nyaman (kolik). Mestinya yang bagus itu tidak hijau terus, tapi hijau kuning, hijau dan kuning, bergantian. "Ini berarti bayi mendapat ASI yang komplet, dari foremilk sampai hindmilk supaya kandungan gizinya komplet. Nah, ibu harus mengusahakan agar bayinya mendapat foremilk dan hindmilk sekaligus." Sayangnya, disamping ASI, ibu juga kerap memberikan tambahan susu formula. Sebelum proses menyusunya mencapai hindmilk, anak sudah telanjur diberi susu formula hingga kenyang. Akibatnya, ia hanya mendapat ASI foremilk saja. Waldi menyarankan, "Berikan ASI secara eksklusif. Perbaiki penatalaksanaan pemberiannya agar bayi bisa mendapat foremilk dan hindmilk." Kiatnya mudah; susui bayi dengan salah satu payudara sampai ASI di situ habis, baru pindah ke payudara berikutnya. Merah Warna merah pada kotoran bayi bisa disebabkan adanya tetesan darah yang menyertai. Namun dokter tetap akan melihat, apakah merah itu disebabkan darah dari tubuhnya sendiri atau dari ibunya. Jika bayi sempat mengisap darah ibunya pada proses persalinan, maka pada fesesnya akan ditemukan bercak hitam yang merupakan darah. Umumnya bercak itu muncul selama satu sampai tiga hari. "Jadi, tinggal dites saja, asalnya dari mana? Dari darah ibu atau darah bayi." Bila darah itu tetap muncul pada fesesnya (bisa cair ataupun bergumpal), dan ternyata bukan berasal dari darah ibu, maka perlu diperiksa lebih lanjut. Kemungkinannya hanya dua, yaitu alergi susu formula bila bayi sudah mendapatkannya, dan penyumbatan pada usus yang disebut invaginasi. Dua-duanya butuh penanganan. Kalau ternyata invaginasi, bayi harus segera dioperasi. "Darah ini sangat jarang berasal dari disentri amuba atau basiler, karena makanan bayi, kan, belum banyak ragamnya dan belum makan makanan yang kotor." Kalau penyakitnya serius, biasanya bayi juga punya keluhan lain, seperti perutnya membuncit atau menegang, muntah, demam, rewel dan kesakitan. Putih/Keabua-abuan Waspadai segera jika feses bayi yang baru lahir berwarna kuning pucat atau putih keabu-abuan. Baik yang encer ataupun padat. Warna putih menunjukkan gangguan yang paling riskan. Bisa disebabkan gangguan pada hati atau penyumbatan saluran empedu. "Ini berarti cairan empedunya tidak bisa mewarnai tinja, dan ini tidak boleh terjadi karena sudah 'lampu merah'." Waldi menegaskan, bila bayi sampai mengeluarkan tinja berwarna putih, saat itu juga ia harus dibawa ke dokter. Jangan menundanya sampai berminggu-minggu karena pasti ada masalah serius yang harus diselesaikan sebelum bayi berumur tiga bulan. Sebagai langkah pertama, umumnya dokter akan segera melakukan USG pada hati dan saluran empedunya. "Yang sering terjadi, ibu terlambat membawa bayinya. Dipikirnya tinja ini nantinya akan berubah. Padahal kalau dibiarkan, dan bayinya baru dibawa ke dokter sesudah berumur di atas tiga bulan, saat itu si bayi sudah tidak bisa diapa-apakan lagi karena umumnya sudah mengalami kerusakan hati. Pilihannya tinggal transplantasi hati yang masih merupakan tindakan pengobatan yang sangat mahal di Indonesia." BENTUK Feses bayi di dua hari pertama setelah persalinan biasanya berbentuk seperti ter atau aspal lembek. Zat buangan ini berasal dari pencernaan bayi yang dibawa dari kandungan. Setelah itu, feses bayi bisa bergumpal- gumpal seperti jeli, padat, berbiji/seeded dan bisa juga berupa cairan. Feses bayi yang diberi ASI eksklusif biasanya tidak berbentuk, bisa seperti pasta/krem, berbiji (seeded), dan bisa juga seperti mencret/cair. Sedangkan feses bayi yang diberi susu formula berbentuk padat, bergumpal- gumpal atau agak liat dan merongkol/bulat. Makanya bayi yang mengonsumsi susu formula, kadang suka bebelan (susah buang air besar, Red), sedangkan yang mendapat ASI tidak. Bila bayi yang sudah minum susu formula mengeluarkan feses berbentuk cair, hal itu perlu dicurigai. "Bisa jadi si bayi alergi terhadap susu formula yang dikonsumsinya atau susu itu tercemar bakteri yang mengganggu usus." Kesulitan mendeteksi normal tidaknya feses akan terjadi bila ibu memberikan ASI yang diselang-seling susu formula. Misalnya, akan sulit menentukan apakah feses yang cair/mencret itu berasal dari ASI atau susu formula. "Kalau mencretnya karena minum ASI, ini normal-normal saja karena sistem pencernaannya memang belum sempurna. Tetap susui bayi agar ia tidak mengalami dehidrasi. Tapi bila mencretnya disertai keluhan demam, muntah, atau keluhan lain, dan jumlahnya sangat banyak serta mancur, berarti memang ada masalah dengan bayi. Ia harus segera dibawa ke dokter. FREKUENSI Masalah frekuensi sering mencemaskan ibu, karena frekuensi BAB bayi tidak sama dengan orang dewasa. Kalau ibu mungkin sehari cuma sekali, jadi kalau anaknya sampai lima kali sehari, ini sudah membuat cemas." Padahal frekuensi BAB setiap bayi berbeda-beda. Bahkan, bayi yang sama pun, frekuensi BAB-nya akan berbeda di minggu ini dan minggu depannya. "Itu karena bayi belum menemukan pola yang pas. Umumnya di empat atau lima minggu pertama, dalam sehari bisa lebih dari lima kali atau enam kali. Enggak masalah, selama pertumbuhannya bagus." Bayi yang minum ASI eksklusif, sebaliknya bisa saja tidak BAB selama dua sampai empat hari. Bahkan bisa tujuh hari sekali. Bukan berarti ia mengalami gangguan sembelit, tapi bisa saja karena memang tidak ada ampas makanan yang harus dikeluarkan. Semuanya dapat diserap dengan baik. Feses yang keluar setelah itu juga harus tetap normal seperti pasta. Tidak cair yang disertai banyak lendir, atau berbau busuk dan disertai demam dan penurunan berat badan bayi. "Jadi yang penting lihat pertumbuhannya, apakah anak tidak rewel dan minumnya bagus. Kalau tiga hari belum BAB, dan bayinya anteng-anteng saja, mungkin memang belum waktunya BAB."
   
Jumlah Posts : 18
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda-bunda sy mau sharing dikit ya.. maap telat. baru sempet soalnya. sy hpl tgl 4 maret.. alhamdulillah debay lahir y hari lebih cepet yaitu tgl 27 februari dg proses normal alami tanpa induksi. tgl 26 feb jam 9 malem sy ud ngerasain mules yg lumayan lama tp cuma sekali aj. wkt itu msh cuek aj krn sy pikir cm kontraksi palsu. sekitar jam 11.50 malem sy ngerasain mules lg.. kali ini sy cb hitung waktunya krn sudah mulai sering dan rupanya sudah per 15 menit. waktu itu msh blm yakin apa bener sudah waktunya hehe maklum pengennya wkt itu lahiran awal bulan. nah jam 12.30an malem sy ke kamar mandi eh sudah ad tanda keluar berupa darah campur lendir. setelah telpon kk sy di jogja langsung deh sy beres2 rumah sebentar khususnya kamar tamu yg bakal ditempati oleh ibu mertua sy. memang saat itu sy tidak panik sama sekali ckp tenang bahkan sangat semangat krn yg ad dipikiran sy saat itu bhw sy akan segera bertemu dg buah hati yg sudah sy nanti slma 3 thn. jam 1.30 malem sy sampai di rsb lalu di cek dalam ternyata sudah pembukaan 3, kemudian jam 2.30 dokter dtg sy dicek dalam lg dan sudah pembukaan 4. setelah itu sy istrht di kamar niatnya pengen tidur utk menghemat tenaga saat persalinan nanti krn pastinya btuh byk tenaga. sktr jam 4 kurang saat turun dr tmt tidur ad air ngocor seperti bak tp ga bisa ditahan.. lalu sy panggil perawat dan langsung dibawa ke ruang bersalin. disana sy hanya boleh baring aj krn klo jalan dikhawatirkan air ketuban keluar lagi. singkat cerita jam 9.30an pembukaan lengkap dan jam 10.38 my baby girl lahor dengan sehat dan selamat. saat itu persalinan agak lambat saat proses mengejan krn sy napasnya kurang panjang ditambah debay kelilit talipusat tp alhamdulillah semua berjalan lancar.. mules saat kontraksipun bisa saya nikmati. bunda2 yg akan segera lahiran semangaat yaa..