SITE STATUS
Jumlah Member :
492.602 member
user online :
1594 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: nipple dot yang empuk seperti puting itu

New Topic :  
Jumlah Posts : 17
Jumlah di-Like : belum ada like
 salam kenal ya lean.coba pakai dot piegeon yang paling lembut,warnanya bukan yang putih.dot nya empuk kayak puting ibu
   


Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
salam kenal dokter
bayi saya baru berumur 2 bulan lebih sekarang saya sedang mencoba untuk belajar memberikan asi dengan botol karena massa cuti saya akan habis awal september ini yg jadi masalah bayi saya agak kurang suka dengan minum asi lewat botol bisa drekomndasikan tipe botol apa yg cocok
terimakasih atas jawabanya

Dari : Setia iriakusuma

Jawaban:

Dear bunda Setia iriakusuma (seiria),

Ada beberapa macam nipple (dot) yang dapat anda temui. Anda dapat memilih dot yang berbahan latex, silicone ataupun karet. Bahan latex adalah bahan yang paling lembut dan fleksibel namun cepat rusak. Bahan silicone lebih padat dan bertahan pada bentuknya lebih awet.

Selain bahan dot, tersedia juga beberapa ukuran dot yang biasanya disesuaikan oleh umur. Ada beberapa bentuk dot yang diproduksi pada umumnya, bentuk tradisional, orthodontic dan bentuk flat-topped yang memiliki bentuk datar pada permukaan atasnya. Bentuk orthodontic bertujuan untuk menyesuaikan dengan bentuk langit-langit mulut dan gusi anak anda. Sedangkan bentuk flat-topped meniru bentuk puting susu ibu.

Untuk mengetahui bentuk dan ukuran apa yang bayi anda sukai, maka lebih baik anda membeli beberapa variasi dan ukuran dot yang kemudian anda berikan kepada bayi anda secara berkala sambil anda amati dot tipe apa yang ia sukai.

   
19-10-2016 08:18:08 berbagai bawaan hamil
Jumlah Posts : 35
Jumlah di-Like : belum ada like
slamt siang bunda2. jngan lupa bahagia hari ini, saya mau tanya saat ini saya sedang hamil memasuki 7 bulan. alhamdulillah gerakan dede bayinya aktif banget dan kencang. yang saya ingin tanyakan di miss v saya ada daging lebih yang muncul seperti kutil itu sudah ada smnjak saya hamil 3 bulan, apakah itu termasuk bawaan hamil apa memang itu penyakit ya bun. terima kasih
   


Jumlah Posts : 163
Jumlah di-Like : belum ada like
dot yang mirip sm puting ibu..biasany d kotak dot ny ad tulisanny bun..
   
Jumlah Posts : 56
Jumlah di-Like : 2
 @bunda phi 
bund mau tanya .. hhehe  
darah yang keluar seperti benang itu keluarnya bersamaan dengan lendir gag bund .. soalnya dah 2hri ini aku keluar lendir kaiia keputihan tapi ada darahnya ..bercak gt ! usia kehamilanku sekarang 11w .. aku takut bund . soalnya yg week ke 8 kemarint udah pendarahan banyak bgt ..  .. sekarang maah bercakk darahh ! 
   


12-01-2009 23:02:06 Seperti ketombe
Jumlah Posts : 42
Jumlah di-Like : belum ada like
alo bun..kakak agnes waktu 2,5bulan timbul seperti ketombe dikepalanya..waktu itu saya sempet stress.mikir knp ga ilang2 keraknya..padahal dah dikasih baby oil..tapi tetap aja balik lagi besoknya..akirnya rambut kakak agnes dicukur..eh timbul lagi. lalu saya tanya ke tante saya yang apoteker apa obat utk ngilangin kerak kepala itu. Lalu tante saya nyaranin supaya pake elocon lotion. diolesin tipis2 pada kulit kepala yang ada seperti ketombe2 itu. tapi sebelum saya coba itu obat,saya tanya lagi ke tetangga saya yang kebetulan dokter kulit. Dia nyarani juga supaya pake elocon lotion. setelah dapat 2 informasi,saya beli elocon lotion..dan saya olesin tipis2 ke kulit kepala kakak agnes..dan hasilnya kulit kepala kakak agnes bersih. tapi ingat yah bun..sewaktu ngolesinnya tangan kita harus dicuci bersih dan ngolesinnya jangan kebanyakan
   
26-10-2011 07:19:30 gak mau dot
Jumlah Posts : 362
Jumlah di-Like : 8
Dear bunda phoodjick..
sama bunda, anakku juga awalnya g mau pake dot..
sedikit cerita dlu y bund..^_^..
jadi selama aku cuti kan langsung nenen trus,,,,lha waktu 2 minggu sebelum masuk kerja, aku coba pake dot lagi...susaaaaaaaaaaaaaaaaah banget masuknya bund...ampe marah2 n nangis2 trus akhirnya nangis kenceng gitu bund...waktu itu aku sempet stres bund...ampe mikir ap ak harus berhenti bekerja..hahahaha...padahal isinya kan sama2 ASI...waktu itu aku pake dot "P*I*E*G*O*N yang berwarna putih n agak keras g seperti puting qt yg lembek n empuk banget..hihihi...
Akhirnya aku nyari si semarang dot yg teksturnya hampir sama kayak putingku...alhamdulillah akhirnya ketemu, dengan merk yg sama tapi bungkusnya warnanya merah bund klo g salah ada ada tulisannya "ortodentic" (hehe, maap klo salah y..) n warna dotnya itu kuning...alhamdulillah pake itu mau bund, meskipun y gitu marah2 n nangis2 dlu...tapi neneknya n aku berusaha untuk tega lihat si ceci nangis karena g mau pake dot..
Alhamdulillah...sekarang mau pake dot bund...^^...tapiiiiiiiiiii kadang klo hari senin itu agak rewel nenen pake dotnya cz kan sabtu minggu nenen langsung yak..jadi adaptasi lagi...hihihi
bunda pake dot ap?
   
Jumlah Posts : 625
Jumlah di-Like : 16
Ooo... maaf bund. Saya kira bunda ada di Jkt.

Kalau dulu pengalaman menyusui saya pada awalnya saya konsul dengan beberapa bidan (saya sampai lupa sangking banyaknya bidan yang saya tanya) dan dsa.

Kalau di sini, mereka sangat mendukung ASI, jadi waktu saya kena baby blues dan ASI belum keluar, saya juga sempat memberinya sufor sampai 2 minggu pertama saja, karena tiap kali ketemu dsa, dia pasti bertanya bagaimana ASI-nya, dan dia lebih condong ke ASI daripada sufor, jadi begitu saya benar-benar full ASI, dia sampai senang betul.

Karena rasa sufor yang sangat jauh berbeda dengan ASI biasanya membuat bayi lebih suka ASI (secara saya pernah icip icip... hehehe). Kemungkinan bayi bunda bingung puting juga, jadi dia merasa lebih nyaman menggunakan dot, karena dot itu tanpa dihisap sudah keluar susunya.

Coba bunda gunakan nipple extension, karena teksturnya yang sama seperti dot mungkin dia bisa mengenali dan mulai belajar mengisap. Tapi jangan terlalu lama bergantung dengan extension ini, pakai saja 2 3 hari baru kemudian dilepas. Kalau memang dia menangis, bunda jangan kuatir dengan tangisan yang menganggu perkembangan otaknya, biarkan saja dia menangis dan merasa lapar, supaya lama-lama pada akhirnya dia pasrah dan mau mengisap. Selama tangisannya tidak dibiarkan berjam-jam tidak masalah kok bund. Asal nanti pada akhirnya bunda bisa memberinya rasa nyaman.

Dulu saya pakai merk Chicco, pada saat nipple saya sedang sakit, dan begitu Altamis lapar, saya coba pakai extension itu dan hasilnya dia ngamuk berat, juga nangis. Itu wajar, karena dia merasa tekstur nipple dan extension itu berbeda, jadi dia merasa dikerjai gitu kali ya. Tapi pada akhirnya saya tidak pakai extension, dan lebih memilih sakitnya saja deh.

Atau bunda perah ASI dan berikan di botol? Ada botol dengan nipple anti-kolik, dimana airnya tidak bisa langsung keluar jika tidak dihisap (menyerupai sistem payudara).

Bund, jangan menyerah ya. Tetap terus berikan ASI, karena anak kita adalah anak kita.
   
Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like

Ibu mana sih yang nggak panik ketika si buah hati yang sedang aktif-aktifnya tiba-tiba buang air besar lebih dari tiga kali sehari. Konsistensi BABnya pun tidak lunak seperti biasa tetapi cair dan terkadang disertai lendir.Bayi yang sebelumnya tertawa riang kini menjadi lemah dan lesu. Tak jarang, saking khawatirnya ibu langsung membawa sang bayi ke dokter.

Rasa khawatir yang dialami oleh ibu ketika anak mengalami mencret cukup beralasan.Di negara kita Indonesia dan negara berkembang lainnya, mencret atau diare masih merupakan penyebab utama angka kesakitan pada anak. Oleh karena itu, penanganan diare yang cepat dan tepat akan menurunkan angka kematian karena diare. Jadi, sebagai seorang ibu kiranya dapat mengetahui tentang diare, penanganan awalnya  dan keadaan seperti apakah yang membuat penyakit saluran cerna ini berpotensi untuk menjadi berat.

Sebenarnya kapan sih seorang anak dikatakan mengalami diare?

Dari definisinya, anak baru dikatakan mengalami diare jika buang air besar cair lebih dari 3 kali sehari dengan atau tanpa disertai lendir/darah.Pada dasarnya, diare adalah usaha pertahanan tubuh untuk mengeluarkan kuman dan racunnya dari tubuh, tapi menjadi masalah karena sering dengan menyerap cairan di dinding usus yang mengakibatkan dehidrasi.Penyebab terjadinya diare sangat banyak, tetapi yang paling sering pada anak adalah infeksi usus yang disebabkan oleh virus. Penyebab lainnya dapat berupa adalah bahan kimia makanan, obat-obatan, psikis, alergi susu sapi/makanan, malabsorpsi makanan dan gizi buruk.

Lalu apa yang harus Ibu lakukan saat sang buah hati mengalami diare?

1. Don’t be panic! Jangan panik. Kalau Ibu panik, semuanya bisa jadi runyam.Anak yang sebelumnya tenang bisa ketakutan karena kepanikan ibu. Jadi, saat menghadapi anak yang mengalami diare atau penyakit apapun seorang ibu haruslah tenang dan berpikir jernih.

2. Tangani segera. Prinsip penanganan diare adalah mengganti cairan yang hilang secepat mungkin.Bila anak masih mau minum dan tidak muntah, maka anak tetap diberikan ASI (kalau masih minum ASI) dan segera berikan cairan rehidrasi oral (CRO).Cairan ini bisa berupa oralit atau larutan gula-garam. Cairan tersebut mempunyai komposisi yang sama dengan cairan yang dikeluarkan bersama tinja anak yang diare. Pemberian cairan ini bisa dilakukan di rumah. Bila anak kita tidak menyukai rasa cairan tersebut, bisa diganti dengan cairan lain seperti air putih. Perhitungan cairannya adalah: kalau anak mencret, maka kita harus memberikan cairan sebanyak 10cc/kgBB dan kalau munta 2-5 cc/kgBB.

Anak yang mengalami diare tidak selalu harus diinfus dan dirawat.Selama anak masih sanggup untuk minum dan tidak mengalami muntah terus-menerus, maka si anak masih bisa kita tangani di rumah.Namun, jika anak tidak mampu minum karena muntah terus-terusan, jangan tunggu lagi, segera bawa buah hati kita ke pusat pelayanan kesehatan terdekat.

Bagaimana pencegahannya agar anak tidak terkena diare ?

Beragam upaya dapat kita lakukan untuk mencegah terjadinya diare antara lain :

1. Penyediaan sarana air bersih dan pembuatan MCK yang layak

2. Meningkatkan personal higiene

3. Penyapihan yang benar. Jangan terburu-buru menyapih bayi kita dan memberinya susu tambahan atau makanan tambahan. Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan dapat menghindarkan bayi kita dari diare yang disebabkan oleh alergi susu sapi. Susu tambahan bisa saja diberikan asalkan memang produksi ASI terbukti kurang atau ada masalah dengan puting susu ibunya.

4. Bila bayi di rumah butuh susu tambahan, maka penyiapan dan pembuatan susunya harus bersih : bersihkan botol  dan dot yang habis pakai, merebus dan merendamnya di air hangat, tidak membiasakan dot terbuka tanpa penutup sehingga terhinggapi oleh lalat atau tercampur debu. Untuk lebih jelasnya kita bisa langsung bertanya pada ahli gizi di Careline bebeclub.

Ingat kata pepatah, mencegah lebih baik dari pada mengobati.Jadi, sebelum anak kita mengalami diare, maka sebagai ibu kita wajib mencegahnya.

Nah, bagi Ibu yang ingin mengetahui lebih banyak tentang penanganan dini saat sang buah hati mengalami gangguan saluran pencernaan seperti diare, dan lain-lain, yuk gabung di komunitas bebeclub.  Bebeclub merupakan social network platform bagi kaum ibu. Jadi di sana, kita bisa saling berbagi berbagai informasi seputar kehamilan, persalinan, perkembangan dan kesehatan bayi, serta bisa bertanya langsung pada ahlinya lewat careline. Di sana ada bidan, ahli gizi, dan ibu-ibu yang berpengalaman yang sangat responsive menjawab pertanyaan kita. Tak hanya itu, tampilan bebeclub juga interaktif sehingga dapat diakses dengan gadget apapun.

   
Jumlah Posts : 51
Jumlah di-Like : belum ada like

(Sterilizer)

1.Pigeon Multi Function Sterilizer



Rp 1,034,900
Kode: CS.MFS1.008
Sterilizer dengan fungsi ganda yaitu dapat digunakan untuk mensterilkan perlengkapan bayi termasuk menghangatkan susu dan makanan bayi.
Khusus dibuat untuk kenyamanan ibu modern yaitu mensterilisasi botol susu dengan cepat, dapat digunakan untuk menghangatkan susu, dan seiring bertumbuhnya bayi, steamer membantu ibu mempersiapkan makanan favorit sang buah hati.

2.Pigeon Steam Sterilizer (Vde 2 Pin)



Rp 919,000
Kode: CS.SST1.002
Sterilizer ini dapat mensterilkan botol susu hingga 8 botol dengan ukuran apa saja termasuk dot dan perlengkapan bayi lainya. Dengan metode penguapan yang praktis dan hemat listrik, mampu mensterilkan dalam waktu 20-25 menit.

3.Pigeon Electric Steam Sterilizer 2's



Rp 419,200
Kode: CS.ESS1.002
Sterilizer yang compact dan efektif, ideal untuk ibu gunakan baik di rumah atau di perjalanan.
Sterilizer ini dapat menampung 2 botol dan aksesoris.
Bekerja secara otomatis dan mensterilkan botol dalam waktu 10-12 menit

Produk ini bisa anda dapatkan di website www.indocitrashop.com
atau menghubungi CS kami di 0859-4505-0908 dengan Format
[Nama][Alamat][No HP][Email Jika Ada][Nama Barang & Jumlah
Barang] atau Bisa Add PIN 30E3EB92 , Jangan lupa Follow Twitter
kami di @indocitrashop

(Liquid Cleanser)

1.Pigeon Liquid Cleanser 700ml (Pump) Tersedia dalam ukuran 200 ml, 450 ml, 700 ml dan refill pack 700 ml.



Rp 111,500
Kode: CL.LCL1.700
Cairan untuk membersihkan botol susu, dot dan perlengkapan bayi lainnya. Dibuat dari bahan-bahan yang alami dan berkualitas tinggi, sehingga aman untuk bayi, kulit tangan tetap lembut, serta tidak meninggalkan bau yang tajam pada barang yang dibersihkan. Dapat juga digunakan untuk mencuci buah dan sayuran sebelum diolah dan diberikan kepada bayi. Tersedia dalam ukuran 200 ml, 450 ml, 700 ml dan refill pack 700 ml.

(Breast Pump)

1.Pigeon Manual Breast Pump



Rp 421,900
Kode: MP.BPP1.MAN
Pompa ASI manual untuk ibu yang memompa ASI tanpa rasa sakit dan ritme yang stabil dengan menggunakan sistem one handle hand untuk tuas pompa sehingga didapatkan ritme hisapan bayi.
Fitur spesial pada pompa ASI Pigeon :
a. Pigeon breast pump di desain khusus agar pengeluaran ASI menjadi lebih mudah. Struktur pompa ASI dibuat menyerupai gerakan menyusu bayi, sehingga hal ini akan mengurangi rasa sakit dan menstimulasi pengeluaran ASI.
b. Pigeon breast pump bebas untuk digunakan dimana dan kapan saja, Pompa dapat digunakan di rumah, kantor dan dimana saja ibu merasa nyaman. Dengan menggunakan 1 botol, anda dapat menampung, menyimpan dan memberi makan bayi.

2.Pigeon Silent Electric Breast Pump



Rp 1,508,700
Kode: MP.BPP2.PTH
Pompa ASI elektrik yang tidak berisik, sehingga ibu dapat memompa ASI tanpa mengganggu bayi yang sedang tidur. Dilengkapi dengan tombol pengatur kekuatan dan kecepatan hisapan sehingga ibu dapat mengatur sesuai keinginan dan kondisi tubuh. Pigeon silent electric breastpump sangat tepat bagi ibu yang menginginkan kemudahan dalam memompa ASI secara automatis.
Keunggulan Pigeon silent electric breastpump dilengkapi dengan fitur-fitur seperti:
a. Silent motor, motor elektrik dengan suara yang lembut sehingga ibu dapat memompa ASI tanpa mengganggu bayi yang sedang tidur;
b. Pompa ini memiliki tombol untuk mengatur kekuatan serta kecepatan hisapan hingga 5 tingkatan sesuai keinginan dan kondisi tubuh.

3.Pigeon Breast Pump Glass Made



Rp 159,400
Kode: MP.BPP4.GLS
Pompa payudara yang tidak dilengkapi dengan botol penyimpan susu. Hanya  digunakan untuk mengeluarkan ASI setelah menyusui agar payudara tidak membengkak. ASI yang dikeluarkan dengan pompa ini tidak boleh diberikan kepada bayi.

4.Pigeon Breast Pump Plastic Made



Rp 71,100
Kode: MP.BPP4.PLS
Pompa payudara yang tidak dilengkapi dengan botol penyimpan susu. Hanya  digunakan untuk mengeluarkan ASI setelah menyusui agar payudara tidak membengkak. ASI yang dikeluarkan dengan pompa ini tidak boleh diberikan kepada bayi.

Produk ini bisa anda dapatkan di website www.indocitrashop.com
atau menghubungi CS kami di 0859-4505-0908 dengan Format
[Nama][Alamat][No HP][Email Jika Ada][Nama Barang & Jumlah
Barang] atau Bisa Add PIN 30E3EB92 , Jangan lupa Follow Twitter
kami di @indocitrashop

(Breast Pads)

1.Pigeon Breast Pad Fit Type 66's
Tersedia dalam kemasan isi 12, 36 dan 66.



Rp 97,900
Kode: MD.BPD1.066
Penyerap ASI untuk mencegah ASI menembus pada permukaan pakaian, dan menjaga puting payudara ibu tetap kering sehingga terhindar dari iritasi dan tumbuhnya jamur. Pad ekstra tipis dan ringan, mengandung pori-pori dengan kemampuan menyerap super yang dilengkapi dengan lapisan-lapisan berpori untuk menampung produksi ASI berlebihan dan menjaga pakaian dan kulit Anda tetap bersih dan kering. Breast Pad PIGEON dirancang khusus demi kenyamanan maksimal dengan bagian pinggiran yang lembut dan lapisan katun yang empuk. Breast pad sekali pakai, dikemas secara individual demi terciptanya kebersihan dan kenyamanan tinggi.
Tersedia dalam kemasan isi 12, 36 dan 66.

Produk ini bisa anda dapatkan di website www.indocitrashop.com
atau menghubungi CS kami di 0859-4505-0908 dengan Format
[Nama][Alamat][No HP][Email Jika Ada][Nama Barang & Jumlah
Barang] atau Bisa Add PIN 30E3EB92 , Jangan lupa Follow Twitter
kami di @indocitrashop
   
Jumlah Posts : 11
Jumlah di-Like : belum ada like
Halo bunda.. Emang bener bund, ASI itu yang terbaik untuk anak kita,& buat ibunda juga  baik lhoo Kita punya masalah yg sama deh bund,,, 4April lalu Arkaan lahir dan ASI ku blom bisa kluar, PD kecil& puting juga "nyungsep" hehe.... Awalnya lgsg sy kasih sufor( tapi minumnya di sendokin) dengan tujuan biar blom kenal dot. Disamping itu saya terus mengusahakan agar ASI cepat kluar dengan cara di pompa(nipple puller), pas ASI kluar Arkaan masih juga blom bisa menyusui langsung ke PD krn masih "nyungsep" tadi. Yang saya tau posisi menyusui terbaik itu salah satunya adalah mulut bayi harus sampai pada Aerola mamae (yg item2 disekitar puting itu) karena dari situ juga terdapat lubang ASI.... kalo ga salah sih gitu bund...

ASI masih terus aku pompa dan di masukkan ke botol(udah ga pake sufor), jadi.... Saya dan suami puter otak gimana caranya biar Arkaan bisa nenen langsung, karena dia selalu kesel nangis kenceng banget kalo ga segera ketemu puting. Akhirnya pada saat dia kesel kita kasih dot, pas udah tenang lalu kita oper lagi ke puting, kesel oper lagi dot, tenang oper ke puting lagi. pakai sambungan juga(nipple shield), karena sakit bgt yah rasanya awal menyusui itu?? hehe...
Sampai akhirnya seminggu usianya udah bisa langsung nenen ke puting
Jadi kesimpulannya emang kita harus bisa sabar, dan tetap semangat!!!
karena menyusui itu adalah rangkaian pengalaman yg sangat menyenangkan, dari hamil-melahirkan-menyusui
   
13-02-2011 16:06:45 payudarah belum keluar puting
Jumlah Posts : 112
Jumlah di-Like : 9

Menurut jurnal-jurnal kesehatan dan menyusui yang ada, bentuk-bentuk puting yang umum dijumpai pada setiap ibu adalah sebagai berikut:

Lalu, puting disebut datar/rata/terbenam (flat/depressed/inverted nipple) adalah ketika dijumpai putting tersebut tidak keluar seperti rata-rata puting yang dijumpai.

ini merupakan bentuk dari normal nipple atau puting normal
ini merupakan bentuk dari flat nipple atau puting datar

Jadi flat nipple/putting datar/putting rata adalah putting yang hanya keluar sedikit dibandingkan rata-rata putting normal, dan sebenarnya bukan merupakan kendala yang berarti untuk menyusui.

Teknik Menyusui dengan Puting Datar/Rata (Flat/Depressed/Inverted Nipple)

Ketika ibu hamil menyadari, bahwa hanya sebagian kecil dari putingnya yang keluar, tenaga kesehatan menganjurkan untuk menarik-narik atau mencubit-cubit puting tersebut dengan harapan pada saat kelahiran bayinya putingnya sudah mulai timbul dan bayi dapat dengan mudah untuk menyusui. Dan biasanya pada saat trisemester akhir, ibu akan makin sering atau makin giat untuk menarik puting karena banyak yang mulai panik jika puting tidak keluar atau tidak timbul maka tidak akan dapat untuk menyusui dengan benar.

Menurut jurnal-jurnal menyusui yang ada, menarik-narik puting selama kehamilan terutama pada semester akhir dapat memicu kontraksi yang bisa menyebabkan kelahiran sebelum waktunya. Jadi tidaklah disarankan untuk menarik-narik puting pada saat kehamilan karena cukup berisiko pada kehamilan itu sendiri.

Yang perlu di perhatikan untuk payudara dengan puting datar dan terbenam adalah:

  • Selama hamil tidak perlu menarik-narik puting, menggunakan tempurung puting (breast shells), terutama pada trimester terakhir karena dapat memicu kontraksi dini (bayi dapat lahir premature).
  • Pada awal menyusui bisa sulit, tetapi posisi dan pelekatan yang benar akan sangat membantu. Untuk itu diperlukan bantuan dari konselor/konsultan laktasi untuk membantu ibu dengan teknik posisi dan pelekatan pada saat bayi menyusu.
  • Perlu diingat, bahwa bayi menyusu dari payudara (areola/bagian lingkaran hitam pada payudara) BUKAN dari puting.
  • Lakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) dan biarkan bayi melekat sendiri pada payudara.
  • Hindari penggunaan penyambung puting (nipple shield) pada saat menyusui, karena akan menyakiti puting ibu, serta membuat bayi tidak belajar untuk melekat (latch-on) dengan benar pada payudara.
  • Coba beberapa posisi mendekap bayi. Contoh: cross-cradle dan football/clutch
  • Menegakkan puting sebelum menyusui / merangsang puting dengan menggunakan pompa payudara tangan, tabung suntik, atau menarik puting keluar akan membantu puting untuk keluar dengan maksimal.
  • Membentuk payudara, dengan menopang payudara dari bagian bawah dengan jari-jari, dan menekan bagian atas payudara dengan ibu jari. Tidak memegang payudara terlalu dekat ke putting (C hold, U hold)

Sebenarnya bentuk puting itu tidak menentukan apakah bisa atau tidak untuk menyusui, karena pelekatan yang benar pada proses menyusui adalah bukan menghisap puting tetapi memerah pabrik ASI yang terdapat disekitar areola. Yang harus diingat pada posisi pelekatan yang benar saat menyusui adalah:

  • CHIN: pastikan bahwa dagu bayi menempel pada payudara ibu
  • AREOLA: pastikan bahwa yang masuk kedalam mulut bayi adalah puting dan sebagian besar areola, bukan puting saja, dan areola yang berada di bagian bawah mulut bayi lebih sedikit dibandingkan dengan areola yang berada diatas mulut bayi
  • LIPS: pastikan bahwa baik bibir atas maupun bibir bawah bayi terputar keluar (memble) dan tidak terlipat kedalam ataupun berbentuk monyong
  • MOUTH: pastikan bahwa mulut bayi terbuka lebar dan menempelkan pada payudara ibu

Dengan teknik pelekatan mulut bayi yang benar pada payudara, serta kenyamanan yang diperoleh pada saat menyusui, akan memperlancar proses menyusui itu sendiri.

Jika ibu merasa belum menemukan cara/posisi yang pas untuk menyusui bayi ibu, karena memiliki puting rata/datar, segeralah bertemu dengan konselor laktasi untuk meminta bantuan.


   
21-12-2010 21:22:10 Inisiasi Menyusui Dini
Jumlah Posts : 651
Jumlah di-Like : 3
waktu saya hamil, usia kehamilan 7 bulan asi dah keluar. tapi hari pertama bayi lahir asi gak langsung banyak, si baby nangis2 karena lapar. tapi jangan stress karena akan memperburuk keadaan. banyak2 makan makanan tinggi protein, seperti telor, kacang ijo, juicy fruit (buah yang mengandung banyak air), dan memang terbukti bahwa daun katuk itu bisa memperbanyak asi. so...selamat menunggu kelahiran dan mari memberikan asi :D

oh ya, awal2 menyusui puting susu bisa lecet, saya pun sampai berdarah, sakit sih, tapi jangan berhenti, lama2 juga gak sakit. justru kalo diganti botol, bayi bisa bingung puting dan gak mau menghisap, maunya dari dot yang sudah tinggal telan :D
   
Jumlah Posts : 405
Jumlah di-Like : 4
sebenernya banyak faktor yang mendukung kelancaran ASIX, faktor asupan makanan ibu cuma salah satunya..

faktor pertama: pilih RS ato bidan yang bener2 pro-ASI, salah satu cirinya: menerapkan IMD (inisiasi menyusu dini), IMD berguna utk mengenalkan baby pada bau ibunya, juga agar baby terbiasa dengan puting ibu, walopun saat itu ASI blm kluar..
setelah lahiran pilih fasilitas kamar yang rooming-in alias baby satu kamar dgn kita, jadi bisa menyusui 24 jam penuh..bayi bisa stress klo jauh dari ibunya..

faktor kedua: faktor fisik. persiapkan puting sebelum melahirkan, bersihkan dgn baby oil, pijat2.. siapin nipple puller utk jaga2 klo puting tenggelam..

faktor ketiga: psikis. pikiran ibu menyusui harus tenang supaya ASI bisa kluar banyak, apalagi setelah melahirkan (yg pastinya banyak ibu yg mengalami baby blues ataupun depresi pasca melahirkan).. harus yakin bisa memberikan ASIX utk baby, baby bisa bertahan tanpa ASI selama 3 hari, dia menggunakan lemak di tubuhnya utk cadangan makanan, jadi setelah melahirkan walopun ASI sedikit kluarnya jgn takut baby ga kenyang, terus aja dikasi ASI, jangan dikit2 tergoda ngasih sufor..

faktor keempat: lingkungan sekitar. orang2 terdekat terutama suami harus mendukung usaha ibu utk bisa ASIX, mendukung ibu agar tidak stress..

faktor kelima: asupan makanan ibu, idem sm postingan no. 2 :D

pengalaman saya:
gagal total ASIX, ngasih ASI cuma 3 minggu karna gabungan dari kesemua faktor diatas kecuali faktor kelima :)
tidak IMD, tidak rooming-in, suami jauh, keluarga tidak mendukung ASIX, depresi pasca melahirkan, puting tenggelam, akhirnya baby bingung puting, lengkaplah sudah :D

ayo bunda2 semangat persiapan ASIXnya, jangan seperti saya ya, sedih bgt rasanya ga bisa kasih ASIX..

   
15-10-2009 13:38:52 asi ga keluar
Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like
Halo Bunda, salam kenal.

Memang ASI adalah asupan terbaik untuk si kecil, salut berat dengan upaya bunda yang sudah berupaya pengen bisa nyusuin si kecil (2 thumbs up deh)
Berdasarkan teorinya dan juga pengalaman pribadi, ASI dihasilkan sesuai permintaan, semakin banyak diminum atau dikeluarkan, maka akan semakin banyak ASI yang akan keluar.

Mungkin si dede ngga mau nyedot karna dia mengalami kondisi yang namanya "bingung puting" (biasa terjadi pada baby umur 0-3 bln), untuk menghindari bingung puting, maka si kecil tidak disarankan untuk dikasih sufor/ susu perah dengan menggunakan dot, lebih baik pakai sendok atau gelas takar khusus (bisa dibeli di toko2 peralatan baby). Sehingga si kecil hanya mengenal puting payudara saja.

kalau Bunda masih pengen nyusuin, masih bisa kok wlaupun asi bunda dah ngga keluar lagi (masa itu biasa disebut relaktasi). Tapi harus sabar, soalnya si kecil dah merasa nyaman dengan dot & botol susunya. Ajari kembali si kecil menyusui payudara sesering mungkin, terutama pada saat lapar. Sering2 memerah payudara (harus sabar). Stop menggunakan dot.
Harus ada keinginan kuat dan keyakinan dari Bunda, pasti bisa

Melahirkan c'sar bukan halangan untuk menyusui, tetap bisa menyusui kok bun.

Soal pertanyaan terakhirnya, kedekatan ibu dan anak bisa dijalin dengan cara lain; seperti sering2 berinteraksi dan bermain dengan si kecil.

Semoga bermanfaat ya Bunda..


Salam
Ima