SITE STATUS
Jumlah Member :
493.822 member
user online :
1630 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: ngintip orang bab

New Topic :  
Jumlah Posts : 187
Jumlah di-Like : 4
pengalaman lahiran saya disini bunda:

http://www.infobunda.com/pages/newforum/posts.php?topic=12352&setpages=1&start=0&apage=10&number=15

tipsnya: saya sering relaksasi, senam pernafasan, dan yoga... relakasasi bermanfaat saat proses melahirkan agar tidak terasa sakit... Alhamdulillah saya melahirkan si kembar  tidak terasa sakit sama sekali... Hanya terasa mulas seperti layaknya orang BAB.. Senam pernafasan bermanfaat saat persen/mengejan biar nafasnya gak putus2... yoga untuk stamina memperkuat otot panggul...

Semoga bermanfaat.

-wiwid-
bunda kira-kara
   


Jumlah Posts : 31
Jumlah di-Like : belum ada like
kebetulan ini kehamilan keduaku, tiap orang mulesnya beda2 bun Dhini. Kl dl yg pertama mulesnya cuma kayak orang nyeri haid aja.. acceptable laah msh bisa ditahan tanpa bilang 'Aduh'. Tapi menjelang lahiran (Sejam terakhir) itu perut kayak melilit dan terakhirnya kayak mau BAB tapi lewat vagina. Pas proses keluar sih ga sakit2 banget mgkn krn panik plus seneng ya. Paling pas dijahit aja kerasa sakitnya...
   
10-10-2016 18:15:30 hpl Bulan oktober merapat
Jumlah Posts : 379
Jumlah di-Like : belum ada like
BAB juga wajar bun?? soalnya kan kata orang klo mulas mau melahirkan juga sama sperti mulas mau BAB... Tp masih bingung ajah.. apalagi tmbh dket hpl tp blm ada tanda" niihh
   


22-03-2016 21:32:41 tidak bisa BAB 2 hari
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
iya asi nya eksklusif..iya bund kentutnya terus menerus.rewel memang tidak.tapi saya sebagai orang tua khawatir bun.memang boleh ya buntdk BAB selama 14 hari?
   
24-02-2016 13:31:51 pup bayi ada darahnya
Jumlah Posts : 294
Jumlah di-Like : belum ada like
sya juga gak didukung keluarga asi ekslusife... awal lahir baby dikasih sufor karena sampai 4 hari setelah lahiran baru asix keluar... tpi setelah 3 minggu ddx diseling asi & sufor dd mencret, mukax merah" seperti gatalan, muntah susu sampe lewat hidung, rewel bgt kalo malam sampe saya gak tidur semalaman... ke dokter akhirx dokter bilang kalo ddx alergi susu sapi... mulai itu saya stop suforx dan mulai asi esklusife karena saya sayang bgt sama anak saya gak mau liat dia kesiksa gak nyaman kaya itu... biar keluarga mau ngmngin apa,,, ini anak sya & sya mau yg terbaik buat dia itu perinsip saya... sayang loh bun asix banyak... asi itu yg terbaik yg udh diciptakan allah buat baby kita... kalo saya sih saya stop kerja & mulai ngurus sendiri full anak saya... sayang debayx bun sampe bab darah kaya gitu... tapi semua pilihan kembali ke bunda sebagai orang tuax... saya hanya share pengalaman saya... ;)
   


21-11-2015 20:13:21 usia 3 minggu
Jumlah Posts : 223
Jumlah di-Like : belum ada like
kaya orang mau bab bun
   
20-10-2015 10:28:17 bab tidak lancar
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Konstipasi dapat terjadi pada anak yang menyapih atau minum susu formula, namun tidak mutlak menjadi penyebab konstipasi. Pada anak yang sudah mulai makan makanan setengah padat atau padat maka seperti pada orang dewasa, saluran pencernaannya membutuhkan asupan serat. Perhatikan asupan serat pada anak seperti yang terdapat di dalam sayuran dan buah-buahan. Perbanyak cairan atau minum air putih maupun juice agar tidak terjadi dehidrasi dan mengakibatkan kotoran anak menjadi  keras. Biasakan BAB teratur setiap harinya dengan melatih anak "toilet training". Kotoran yang lama tidak dikeluarkan atau mengalami dehidrasi akan menjadi keras dan sulit untuk BAB.

   
13-10-2015 05:41:23 4,5 bulan MPASI
Jumlah Posts : 738
Jumlah di-Like : belum ada like
Bunda Syifa, gak ngefek bund ke anaknya ? ada yg berubah gak, spt bab atau mudah sakit atau gmana ?
masih bentuk cair kah makanannya ?
hehe, maaf kaya wartawan.
soalnya anakku kalau lihat orang makan selalu ngeliat, kaya pengen.
jadi kadang ku kasih 1/4 biskuit Milna tp cair dan encer.
   
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
sama kaya babyqu bunda,tp klo kata orang tuaqu bayi begitu lg ngegedein badannya,klo kata dokter gpp normal selama bayi g sembelit dan bab keras bun...
   
28-06-2015 12:28:24 baby gak mw bobo di kasur
Jumlah Posts : 689
Jumlah di-Like : belum ada like

Tanpa kita sadari, ketika melihat disekeliling kita ada perbedaan tingkat kecerdasan dan kemandirian pada anak-anak. Perbedaan tersebut bukan karena orang tua bayi kaya atau miskin, akan tetapi hal tersebut terjadi karena salah merawat dan memperlakukan anak ketika masih bayi. Jadi janganlah heran bila masa bayi yang diperlakukan mulia akan menjadi anak-anak yang tumbuh sesuai dengan harapan orang tua.

Inti dari pembentukan kecerdasan bayi dimula pada perlakuaan orang tua terhadap bayi berusia 0 – 6 bulan. Bayi pada usia tersebut selain membutuhkan pertumbuhan tubuh yang sehat, sel dan selaput otak bayi harus dapat perlakuan khusus.

Bahaya Ayunan

Indonesia memiliki tradisi mengayunkan bayi sebagai salah satu bentuk kasih sayang. Jika bayi menangis, biasanya bayi akan digendong kemudian diayun-ayunkan agar ia berhenti menangis. Tetapi tindakan ini ternyata bisa berbahaya bagi bayi itu sendiri.

Shake baby syndrom adalah salah satu bentuk kejadian yang cukup sering terjadi pada bayi tanpa kita sadari. Selain diakibatkan karena trauma, ternyata shake baby syndrom juga bisa dipicu karena mengayun-ayunkan bayi.

”Shake artinya menggoyang atau mengguncang. Shake baby syndrom merupakan kumpulan gejala yang timbul akibat melakukan gerakan menggoyang bayi terlalu keras,” ujar dr. I Gusti Ngurah Suwarba, Sp.A. dari Sub Bagian Saraf Otak Bagian SMF IKA RS Sanglah.

Lanjutnya, mengayun-ayunkan bayi dalam batas tertentu mungkin tidak apa-apa, tetapi jika sering tidur diayunan membuat bayi mengalami guncangan pada kepalanya dan akan sangat berbahaya. Efek ayunan pada bayi menurut Suwarba bisa terjadi dalam jangka pendek atau jangka panjang.

Untuk jangka pendek atau akibat yang segera terlihat adalah bayi mengalami perdarahan di mata dan otak. Tanda-tanda jika anak mengalami perdarahan pada otaknya adalah ia sering menangis dengan suara melengking dan lama.

”Ciri-ciri bayi yang mengalami pendarahan pada selaput otak dan mata, ia sering menangis dengan suara yang melengking, karena bayi mengalami sakit di kepalanya yang luar biasa, akibat dari guncangan yang didapatkan dari efek ayunan,” jelas Suwarba, sembari menambahkan kualitas ayunan yang sempit (Bahan kain) juga salah satu penyebab berkurangnya pasokan oksigen ke otak bayi, yang dapat melemahkan pertumbuhan IQ.

Perdarahan yang disebabkan oleh ayunan tidak nampak atau meninggalkan bekas dan bukti. Beda jika perdarahan karena trauma atau jatuh.

Bagaimana pun, Struktur tubuh bayi yang masih sangat lemah bila mendapatkan guncangan/ayunan yang kuat dapat menyebabkan terjadinya tarikan/rentangan antara otak dengan selaput otak yang melekat pada tulang kepala. Rentangan ini menyebabkan terjadinya robekan pembuluh darah yang menghubungkan antara otak dengan selaput otak. Gejala yang paling ringan pada bayi yang terkena sindrom tersebut adalah pendarahan di retina (selaput jala) mata dan jangka panjang dapat menyebabkan kebutaan. Pendarahan di retina tidak dapat dilihat secara klinis tetapi harus menggunakan alat oleh ahli saraf mata.

Gejala lainnya yang bersifat umum dapat dilihat antara lain muntah-muntah, penurunan kesadaraan, serta perubahan pada pupil mata. Selain itu ayunan yang kuat, dapat membuat tulang kaki, tungkai, serta lengan patah. Ini dapat terjadi karena saat mengayun bayi, yang dipegang bukan badannya melainkan kaki, lengan/ketiaknya.

Bayi tetap akan dapat tidur dengan nyenyak tanpa harus diayun dengan kuat. Karena itu adalah sifat alamiah manusia. Bila bayi telah kenyang dan tubuhnya sehat, ia pasti akan mudah untuk tidur.

Berdasarkan data kejadian di USA per tahun terjadi 1.200-1.400 kasus shake baby syndrom dengan 7-30 persen meninggal dunia, 30-50% mengalami gangguan saraf dan kecerdasan, sementara sisanya tidak memperlihatkan efek yang nyata. Untuk di Indonesia sendiri menurut Suwarba kasusnya berfluktuasi.

Pernahkan Mama mengalami kejadian seperti ini saat sedang menyusui?

1. Tiba-tiba dalam waktu beberapa hari bayi terlihat sering ingin menyusu sepanjang hari.
2. Bayi tampak selalu haus dan tidak kenyang.
3. Bayi sering ingin bangun dan menyusu di malam hari dan rewel.

Kemudian setelah mengalami hal tersebut di atas selama beberapa hari (sekitar 2-3 hari), bayi tampak tenang dan lebih sering tidur dalam waktu 1-2 hari setelahnya. Jika Mama pernah merasakan bayi menunjukkan perilaku seperti ini, bisa saja bayi Anda sedang mengalami suatu periode pertumbuhan yang dinamakan growth spurt.

Bayi akan mengalami growth spurt atau disebut juga percepatan pertumbuhan biasanya dalam 12 bulan pertama kehidupannya. Percepatan pertumbuhan di sini artinya bayi “didorong” untuk tumbuh lebih cepat dari biasanya sehingga dia membutuhkan asupan ASI lebih banyak dan tubuh Mama akan mendapatkan “natural alert” untuk memproduksi dan menyuplai ASI lebih banyak lagi sesuai kebutuhan bayi. Jadi Mama tidak perlu khawatir ASI kurang. Ingat lagi prinsip pembentukan ASI berdasarkan demand and supply process, semakin bayi menyusu lebih sering dan banyak maka semakin banyak pula ASI yang dihasilkan.

Bagaimana kita tahu bayi kita sedang mengalami growth spurt? Berikut ini adalah tanda-tandanya:

1. Bayi menyusu lebih sering dari biasanya, kadang bisa setiap jam atau setiap 30 menit sekali atau hampir nonstop.
2. Bayi lebih rewel dari biasanya, begitu rewel dan disodorkan payudara, bayi langsung mau menyusu. Mudahnya bayi lebih memilih “nempel” langsung pada Mamanya.
3. Bayi sering bangun tengah malam untuk menyusu. Bayi seakan mengerti bahwa produksi hormon prolaktin paling tinggi pada malam hari.
4. Gejala ini bisa berlangsung selama 2-3 hari, beberapa kasus ada bayi yang mengalami growth spurt sampai 1 minggu. Setelah periode growth spurt, bayi akan tidur lebih tenang dan lebih lama selama 1-2 hari, seakan-akan dia letih habis bekerja keras. Lucu ya, Ma. :)

Begitu bayi menunjukkan tanda-tanda seperti ini, suplai ASI Mama juga akan meningkat selama beberapa hari disesuaikan dengan peningkatan kebutuhan bayi. Waktu-waktu tertentu dimana bayi mungkin mengalami growth spurt yaitu selama beberapa hari pertama pasca lahir (ketika bayi sudah pulang ke rumah, pulang dari rumah bersalin), usia 7-10 hari, usia 2-3 minggu, usia 4-6 minggu, usia 3 bulan, usia 4 bulan, usia 6 bulan, usia 9 bulan atau lebih. Waktu-waktu ini tidak jadi patokan karena masing-masing bayi menunjukkan pola yang berbeda.

Jika bayi menunjukkan gejala growth spurt seperti yang sudah disebutkan di atas, bagaimana cara menanganinya? Saya akan bagi bebebrapa tips yang bisa dicoba Mama:

1. Ikuti kemauan bayi. Jika dia ingin menyusu setiap 30 menit sampai 1 jam sekali, ikuti saja karena bayi yang paling tahu seberapa banyak asupan ASI yang dia butuhkan untuk mempercepat pertumbuhannya. Ketika bayi sering menyusu, sinyal yang dicetuskan ke badan Mama untuk menghasilkan ASI juga semakin banyak. Artinya tubuh akan terus memproduksi ASI lebih banyak lagi.
2. Bayi sehat 0-6 bulan yang mengalami growth spurt tidak membutuhkan asupan lain selain ASI. Pemberian susu formula dan makanan padat hanya akan mengganggu “natural alert” atau sinyal ke tubuh Mama untuk memproduksi ASI lebih banyak lagi. Selalu tanamkan di mind-set Mama bahwa ASI akan semakin banyak karena bayi yang terus menyusu.
3. Hilangkan pikiran negatif dan kekhawatiran bahwa bayi yang terus menyusu berarti belum kenyang karena ASI-nya kurang atau ASI tidak cukup. Pikiran Mama sangat mempengaruhi proses pengeluarkan oksitosin yang tugasnya menyuplai ASI. Pikiran negatif dapat mengganggu kerja oksitosin.
4. Hindari memberlakukan jadwal menyusu pada bayi. Ini dapat membuat bayi stress dan semakin rewel. Mama juga ikut stress dan pembentukan ASI bisa terhambat.
5. Mama biasanya lebih letih ketika bayi sedang growth spurt, jangan lupa tetap makan makanan dengan gizi seimbang, banyak minum air putih, tidurlah bersama bayi ketika ia tidur.
6. Tetap perhatikan tanda bayi mendapat cukup ASI yaitu dari kenaikan berat badan bayi pada grafik pertumbuhan, frekuensi BAK minimal 6x sehari, frekuensi BAB yang sering pada awal-awal kehidupannya dan bisa menjadi jarang mulai usia 40 hari.
7. Tetap tenang dan percaya diri.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Mama menghadapi situasi saat bayi sedang mengalami growth spurt.

Selamat menyusui. :)

   
08-06-2015 13:13:55 mungkinkah saya hamil ??
Jumlah Posts : 172
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda lussy # sama ni hihiii.. saya malah 1 hari mules bisa sampe 3 x tp gak pingin bab cm mules,, kdg jg sakit perut bagian bawah kanan kdg kiri kaya mau haid dan keluarny keputihan warna bening tp encer kaya orang ngompol.. setiap tengok cd gak ada darah cm mis v nya lembab dan anget gtu..uda telat tapi blm tp takut kcw..
   
04-05-2015 04:16:58 Kelahiran Pada Bulan Mei 2015
Jumlah Posts : 13
Jumlah di-Like : belum ada like
bun nita : kmren aku bis melahirkan tgl 28 aril 15... pas hari itu aku gak ada tanda2 untuk melahirkan...karna aku sendiri gak ngrasain mules2(gak ada kontraksi) hasil pemeriksaan USG hari itu ktubanku sudah menipis...dan agak keruh...untuk melahirkan normal aku kmgkinannya kecil...dokter menyarankan hari itu juga aku harus masuk kruang persalinan...ditakutkan kondisi janin yang tak terselamatkan...akhiry supaya ada kontraksi aku di induksi...dr jam 10 pgi sampe jam 8 malam...aku diobservasi...tryta hasil pemeriksaan blum juga mengalami peningkatan...pembukaan hanya1..gerak janinku krg responsif. hsl pmriksaan gak ada peningkatan. karena beresiko akhirya aku secar...hari itu juga jam 9 nan...

proses induksi ada tahapannya... gak dilakukan secara sembrangan.
harus sesuai dengan prosedur...
selama observasi induksi berlangsung... gak sakit banget yang di ceritakaan sama org2...*sakitya 2x lopat dr normal*
aku ngrasain kya orang mules mau BAB aj... saat itu kadar induksi diberikan bertahap..agar trjadi pembukaan...tapi sayangnya yang terjadi ketika kadar induksi itu ditambahkan.. mulas dan pembukaan tak kunjung bertambah...
akhiry krna tidak ada perubahan akhiry secar... intinya pemberian rasa sakit/kontraksi melalui jln induksi...bertahap seiring jalannya pembukaan yang terjadi.

semangat buat ibu2..?trkadang sudah worry duluan..itu wajar...heee.... semngaty... pusatkan pikiran...pada sibuah hati...agar proses persalinan berjalan lancar ibu dan bayi selamat.
   
30-04-2015 15:49:48 susu hamil
Jumlah Posts : 14
Jumlah di-Like : belum ada like

sama bund, aku juga gitu, yg dulunya BAB cuma 1x shari sekarang semenjak minum susu hamil jd 2 sampai 3x sehari, tp aku nikmatin aja sih, mungkin memang melancarkan pencernaan hehehe soalnya kata orang bumil malah cenderung susah BAB

   
Jumlah Posts : 181
Jumlah di-Like : belum ada like

Kanker adalah penyakit mematikan yang paling ditakuti sampai sekarang ini loh bun, dan kanker usus ini adalah kanker yang menyerang usus besar manusia. Biasanya gejalanya tuh pola BAB yang berubah, ada darah dalam kotoran dan ngerasa sakit di perut bagian bawah yang ga ilang-ilang.

Kanker usus ini banyaknya menyerang orang tua diatas 50 tahun, biasanya karena pola makan dan gaya hidup pada saat muda yang bisa jadi pengaruh perkembangan sel kanker ususnya. Nah, untuk pencegahannya ini sebenaarnya Cuma tinggal kita mau apa ngga ngejelanin hidup sehatnya aja sejak dini.

Olahraga teratur dan minum susu bisa jadi pencegah kanker usus tadi loh. Udah ada penelitian yang ngebuktiin kalo anak yang rajin minum susu sejak kecilnya maka saat ia dewasa resiko untuk kena kanker ususnya lebih kecil sekali.

Susu itu bisa mencegah kanker usus karena ada kandungan mineral didalamnya, yaitu kalsium yang bisa menghentikan pertumbuhan berlebih yang bisa bikin sel itu berubah jadi kanker serta mencegah berkembangbiaknya si kanker itu.

Yuk bun kita biasakan minum susu secara teratur, belum terlambat kok. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Karena penyesalan itu selalu datang belakangan, sebarkan info baik ini dan semoga nfonya bermanfaat ya.

Sumber

   
Jumlah Posts : 178
Jumlah di-Like : belum ada like

Bun, popok itu jangan sembarangan pilih ya bun, kan salah-salah atau ga peka sama bayi bunda, yang ada malah nanti bikin bayi bunda ga nyaman. Bahkan lebih buruknya bisa sampe kena penyakit debay nya. Kan sedih kalo gitu..

Popok bayi yang kayak gimana sih yang bikin nyaman dan baik untuk debay bunda. Seiring berkembangnya zaman sih segala sesuatunya ikut berkembang juga dan kita patut bersyukur karena kita udah hidup di zaman yang segala sesuatunya dipermudah oleh teknologi. Hehehe.

Begitupun dengan produsen-produsen popok yang semakin kesini semakin megembangkan produknya semakin baik lagi. Nah kalo gitu popok bayi yang kayak gimana sih yang bagus itu dan pastinya yang nyaman dan sehat buat si debay? Yuk kita lihat ini di poin2nya :

  1. Kulit bayi memiliki ketebalan hanya setengah kali kulit orang dewasa, dan sangat peka, jadi bunda  harus cari popok bayi yang bisa melakukan pencegahan ruam popok, meningkatkan kelembutan popok, dan mencegah pipis yang telah terserap naik kembali.
  2. Bagian perut bayi merupakan bagian yang mudah panas dan mudah berkeringat. Cari popok yang memiliki tipe perekat bersirkulasi udara untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
  3. Cari yang gathernya elastis terasa lembut dan pas buat debay ya bun.. gather itu karet yang ada di pangkal paha, yang ngejaga supaya kalau debay lagi BAB cair ga akan belepetn kemana2.
  4. Kalau suka memakaikan debay dengan popok yang tipe pants atau celana, cari yang pas dan tetap di tempatnya tanpa melorot ya bunda.

Semoga bermanfaat bun.

Sumber