SITE STATUS
Jumlah Member :
493.713 member
user online :
810 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: mungkinkah keguguran saat hamil 21 mingg

New Topic :  
01-09-2011 07:36:13 Mencemaskan hasil tes TORCH
Jumlah Posts : 34
Jumlah di-Like : 1
@ Bunda Fika : Selamat ya atas kehamilannya mudah-mudahan diberi kemudahan dan kelancaran sampai melahirkan nanti en semuanya selalu sehat.............iya ya bunda seharusnya setelah keguguran sewaktu hamil kedua saya langsung tes TORCH dulu ya......wahhhhh setiap sebulan sekali tes TORCH ya kalau positif.......curiga bangkrut nih hehehhhehe...tapi gpp deh demi kesehatan dan lancar program nambah momongan berikutnya.....doakan ya Bunda semoga hasil tesnya baik-baik saja (amin)


@Bunda Conny : ada ya Bunda vaksin TORCH........kita yang minta sendiri atau memang disarankan ya sama dokternya? karena setelah keguguran saat hamil kedua saya bolak-balik ke dokter kandungan (program nambah momongan) tapi tidak pernah ada pembahasan tentang vaksin TORCH......nanti saat kontrol ke dokter setelah hasil tes keluar saya akan tanyakan ke dokternya deh.......makasih infonya ya Bunda :)
   


07-12-2007 20:19:48 Nanya donk
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
Lam kenal semuanya.... Array

Saat ini saya hamil 21 minggu anak pertama saya sekitar Maret 2007 saya keguguran karena janin tak berkembang dan sekarang saya sudah hamil 21 minggu.

Yang jadi pertanyaan saya saat ini adalah sebelumnya saya membaca di buku buku mengenai kehamilan pada umumnya pada minggu minggu kehamilan saya ini saya dapat merasakan gerakan baby dari dalam...nah kok saya belum merasakannya yah?kadang kadang ada gerakan gerakan aneh dari dalam perut
entah itu karena angin atau gimana saya kurang tau....

oh iya yang udah pada pengalaman nih biasanya kalo baby kita melakukan gerakan kita ngerasainnya gimnaa yah?
bingung nih habis baru anak pertama maklum masih ada perasaan takut karena pengalaman saya yang pertama.

Maaf jadi panjang sekali.... Array
Sebelumnya Thanks a Lot yahhhh..


GBU



Siska 21 weeks
   
Jumlah Posts : 176
Jumlah di-Like : belum ada like
Coba minum ramuan mengkudu dan kunyit putih rutin trus sampe nanti melahirkan bunda Elly Wijaya,mumpung kehamilan masih muda,jangan sampai menyesal di kemudian hari. Ramuan herbal lebih aman tdk ada efek samping saat hamil,sya juga minum ramuan herbal dari sblm hamil sampai melahirkan alhamdulillah anak sya lahir sehat dan tumbuh kembangnya bagus. Dulu sya jg konsultasi ke 4 dokter spog katanya juga gak apa2 aman utk hamil lg,tp akhirnya keguguran lagi,baru setelah hamil yg ketiga sya minum ramuan herbal kehamilan sya lancar dan anak sya sehat
   


Jumlah Posts : 79
Jumlah di-Like : belum ada like
Bund, adakah d sini yg hasil usgny saat hamil trisemester ke 3 uk BPD jauh lebih besar dari AC ?

ak beda sampe 3 minggu nih, jd uk BPD (lingkar kepala) lebih besar dr AC (lingkar perut) makanya dokter bilang kalo baby ak kecil dan dsruh perbanyak makan protein ...

BPD : 78.21 mm
GA : 31W2D
AC : 242.38 mm
GA : 28W3D

share ya bund, worry bgt ..
takut hydrosepalus. thanks
   
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
Bun, sy sdh 3x keguguran, skr lg Hamil 21 week
kmrin dokter blg klo mau lahiran nanti Saran dokter untuk SC? knp harus sc bun? bisa tdk melahirkan normal?
ad yg alami ndk bun?
   


Jumlah Posts : 19
Jumlah di-Like : belum ada like
bund ada yg prnah ngalamin ga hb saat hamil trus kluar darah campur sperma.. saya takut keguguran.. ato trnyata ga hamil.. 😢😢
   
14-07-2016 11:53:11 Tidak kinjung hamil
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
Saya menikah sudah 6 th dok tapi 8 bulan pertama menikah aku hamil dan keguguran saat usia kandungan masih 2,5 bulan,dan sampai saat ini belum hamil lagi dok kira-kira kenapa ya...dok
Uda kedokter katanya tidak ada masalah minum jamu tradisional juga uda,saya harus berbuat apa lagi dok...
Terima kasih
   
16-06-2016 12:19:35 perut melipat/ada lipatan
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Suplemen untuk ibu hamil pada umumnya mengandung berbagai vitamin dan mineral serta asam folat yang sangat penting pada kehamilan terutama awal kehamilan. Asam folat dapat mencegah kejadian keguguran serta kecacatan pada janin.
Suplemen makanan merupakan bentuk konsentrat dari vitamin, mineral dan lainnya untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi Anda. Namun, suplemen makanan tidak dapat menggantikan ataupun dijadikan sumber nutrisi utama untuk mencukupi kebutuhan gizi yang seimbang. Memakan buah dan sayur sangat penting terutama karena mengandung serat alami dan kandungan vitamin dan mineral lainnya yang diperlukan oleh tubuh.  Kegunaan asam folat antara lain untuk mencegah resiko terjadinya keguguran, mencegah adanya kecacatan pada persyarafan janin dan membantu pembentukan sel darah merah. Pada ibu menyusui juga di anjurkan untuk mengkonsumsi asam folat karena kebaikan dan manfaat zat tersebut. Asam folat tergolong aman untuk di konsumsi sebelum maupun saat hamil, juga ketika menyusui. Apabila anda tidak memiliki keadaan kontraindikasi terhadap asam folat seperti alergi dan lainnya maka aman untuk menggunakan asam folat, namun lebih baik anda memberitahukan dokter anda untuk hal ini. Mengonsumsi asam folat 400mcg/hari pada trimester pertama dan meneruskan hingga 600mcg/hari pada kehamilan 4-9 bulan mengurangi resiko bayi mengalami gangguan lain, seperti cacat celah bibir dan langit-langit, kelahiran premature, bayi lahir dengan berat rendah hingga keguguran. Makanan alami yang tinggi akan asam folat yakni sayuran berdaun seperti bayam, brokoli, salada, okra, asparagus, dll. Selain sayuran, buah-buahan seperti pisang dan melon juga tinggi akan asam folat. Kacang-kacangan termasuk kacang tanah dan kacang merah juga bisa menjadi alternatif lain.

Sampai saat ini belum ditemukan adanya bahaya penggunaan USG pada kehamilan dan tidak ada pembatasan jumlah dilakukannya pemeriksaan USG, namun ada periode-periode penting pada kehamilan yang umumnya dilakukan pemeriksaan USG. Pemeriksaan USG pertamakali umumnya dilakukan pada usia kehamilan 7 minggu untuk memastikan adanya kehamilan dan pulsasi jantung janin. Pemeriksaan USG yang kedua biasa dilakukan pada usia kehamilan 18 – 20 minggu untuk melihat apakah ada kelainan formasi (pembentukan) janin, adanya janin kembar, posisi plasenta dan sebagainya. Pemeriksaan berikutnya biasanya dapat dilakukan pada usia kehamilan 32 minggu atau lebih , untuk melihat perkembangan dan ukuran janin serta letak plasenta. Jumlah pemeriksaan USG pada masing-masing ibu hamil dapat bervariasi tergantung dengan keadaan dan indikasi dari kehamilan tersebut

   
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda, kadar kafein yang diperbolehkan untuk di konsumsi pada wanita hamil saat ini masih merupakan perdebatan. Namun ada pendapat yang mengatakan bahwa kadar kafein di atas 600mg per hari (sekitar 14 cangkir teh pada umumnya) dapat mengakibatkan keguguran. Minuman yang berasal dari daun teh memiliki kadar kafein meskipun tidak setinggi kandungan kafein kopi. Kadar kafein pada daun teh bervariasi tergantung dari lamanya proses fermentasi (semakin lama proses fermentasi, kafein semakin tinggi). Jenis teh hijau di percaya memiliki banyak kandungan zat yang baik untuk kesehatan, namun sebisa mungkin sebaiknya kafein dihindari ketika anda sedang hamil, karena kafein dapat menembus sawar plasenta dan janin belum dapat memetabolisme kafein selayaknya pada orang dewasa. Kafein tidak hanya terdapat di dalam teh dan kopi, namun berbagai jenis makanan dan minuman ada yang mengandung kafein maka itu perhatikan label kemasan makanan dan minuman.

Suplemen untuk ibu hamil pada umumnya mengandung berbagai vitamin dan mineral serta asam folat yang sangat penting pada kehamilan terutama awal kehamilan. Asam folat dapat mencegah kejadian keguguran serta kecacatan pada janin.
Suplemen makanan merupakan bentuk konsentrat dari vitamin, mineral dan lainnya untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi Anda. Namun, suplemen makanan tidak dapat menggantikan ataupun dijadikan sumber nutrisi utama untuk mencukupi kebutuhan gizi yang seimbang. Memakan buah dan sayur sangat penting terutama karena mengandung serat alami dan kandungan vitamin dan mineral lainnya yang diperlukan oleh tubuh.  Kegunaan asam folat antara lain untuk mencegah resiko terjadinya keguguran, mencegah adanya kecacatan pada persyarafan janin dan membantu pembentukan sel darah merah. Pada ibu menyusui juga di anjurkan untuk mengkonsumsi asam folat karena kebaikan dan manfaat zat tersebut. Asam folat tergolong aman untuk di konsumsi sebelum maupun saat hamil, juga ketika menyusui. Apabila anda tidak memiliki keadaan kontraindikasi terhadap asam folat seperti alergi dan lainnya maka aman untuk menggunakan asam folat, namun lebih baik anda memberitahukan dokter anda untuk hal ini. Mengonsumsi asam folat 400mcg/hari pada trimester pertama dan meneruskan hingga 600mcg/hari pada kehamilan 4-9 bulan mengurangi resiko bayi mengalami gangguan lain, seperti cacat celah bibir dan langit-langit, kelahiran premature, bayi lahir dengan berat rendah hingga keguguran. Makanan alami yang tinggi akan asam folat yakni sayuran berdaun seperti bayam, brokoli, salada, okra, asparagus, dll. Selain sayuran, buah-buahan seperti pisang dan melon juga tinggi akan asam folat. Kacang-kacangan termasuk kacang tanah dan kacang merah juga bisa menjadi alternatif lain. 

Susu kehamilan maupun tablet suplemen adalah bentuk dari suplemen makanan, bila Bunda tidak dapat meminum susu maka bisa meminum tablet suplemen sebagai alternatif. Perhatikan kandungannya agar dapat mencukupi kebutuhan Bunda.

   
01-06-2016 14:27:01 amankah CDR untuk bumil?
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,
Suplemen untuk ibu hamil pada umumnya mengandung berbagai vitamin dan mineral serta asam folat yang sangat penting pada kehamilan terutama awal kehamilan. Asam folat dapat mencegah kejadian keguguran serta kecacatan pada janin.
Suplemen makanan merupakan bentuk konsentrat dari vitamin, mineral dan lainnya untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi Anda. Namun, suplemen makanan tidak dapat menggantikan ataupun dijadikan sumber nutrisi utama untuk mencukupi kebutuhan gizi yang seimbang. Memakan buah dan sayur sangat penting terutama karena mengandung serat alami dan kandungan vitamin dan mineral lainnya yang diperlukan oleh tubuh.  Kegunaan asam folat antara lain untuk mencegah resiko terjadinya keguguran, mencegah adanya kecacatan pada persyarafan janin dan membantu pembentukan sel darah merah. Pada ibu menyusui juga di anjurkan untuk mengkonsumsi asam folat karena kebaikan dan manfaat zat tersebut. Asam folat tergolong aman untuk di konsumsi sebelum maupun saat hamil, juga ketika menyusui. Apabila anda tidak memiliki keadaan kontraindikasi terhadap asam folat seperti alergi dan lainnya maka aman untuk menggunakan asam folat, namun lebih baik anda memberitahukan dokter anda untuk hal ini. Mengonsumsi asam folat 400mcg/hari pada trimester pertama dan meneruskan hingga 600mcg/hari pada kehamilan 4-9 bulan mengurangi resiko bayi mengalami gangguan lain, seperti cacat celah bibir dan langit-langit, kelahiran premature, bayi lahir dengan berat rendah hingga keguguran. Makanan alami yang tinggi akan asam folat yakni sayuran berdaun seperti bayam, brokoli, salada, okra, asparagus, dll. Selain sayuran, buah-buahan seperti pisang dan melon juga tinggi akan asam folat. Kacang-kacangan termasuk kacang tanah dan kacang merah juga bisa menjadi alternatif lain. Sumber Calcium terbesar adalah susu sapi, juga terkandung dalam porsi yang lebih kecil pada bahan makanan lain seperti ikan, tahu, tempe dan lainnya. Bila Bunda sudah meminum susu sapi ataupun suplemen ibu hamil maka dapat melihat apakah sudah mencukupi kebutuhan kalsium dan vitamin mineral Bunda. Bila memang belum ada atau hanya sedikit jumlahnya maka dapat ditambahkan sumplemen kalsium lainnya, namun sebaiknya hal ini di konsultasikan dahulu dengan dokter kandungan Bunda. Bila Bunda ragu maka makanlah berbagai bahan makanan yang mengandung kalsium.

   
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8

Dear bunda Satunggaling P Haryono,

Flek coklat saat hamil awal meskipun aman tetap harus diwaspadai. Flek coklat dapat dikatakan aman apabila flek hanya keluar dalam volumenya sedikit dan berlangsung hanya 1 hari. Apabila flek coklat diikuti dengan keluhan nyeri perut bagian bawah, dan disertai dengan pendarahan hebat, maka perlu diwaspadai, karena dikhawatirkan terjadi keguguran yang mengancam. Sebaiknya lakukan pemeriksaan langsung dengan dokter ang menangani kehamilan bunda, tindakan USG dan pemeriksaan dalam diperlukan untuk mencari penyebab terjadinya keluhan, sehingga terapi serta tindakan yang tepat dapat diberikan.

   
02-04-2016 14:15:27 stress saat hamil
Jumlah Posts : 17
Jumlah di-Like : belum ada like
Maaf sebelumnya saya keluh kesah karena saya bingung curhat kemana, mau curhat kekeluargaku aku ga mau mereka khawatir karena mamaq lgi sakit, sebenarnya mamaq sdh wanti2 hati2 tinggal dgan mertua, q cuek ajja q blang baik2 aj camerq. Padhl sebnrny bnar ap kta mama, tpi q krena suami pengen cpt nikah n sllu menungguq study 6 thun q menghargai keputusan suamiq segera menikah sebenrny q jga tkut kehilangannya.
Q sdah menikh ma suami, suamiq punya rumah tpi mertua ikut suamiq karena suamiq ank bungsu, seblum nkah mertuaq meminta q pke kb, q blang ia, q tanya ma suamiq katanya jangan kalo kering peranakan q lega suamiq ga mau q pke kb sebenarnya q emang ga mau soalny bnyk kejadian teman n tanteq ga punya ank karena kb. Tpi q diam aj sampai menikah, setelh menikh beliau tanya ma q sdh be kb ? Q blang suami ga ijini. Malah beliau bilang sna cpat be kb jangn blang ke suami. Sontak q kaget q cma nyengir ajja n diam. Padhl q ga mau ga q laksankan.
Setelh 3 blan menikah q hamil . setiap blan beliau sllu nanya q udh DB blm, q kesel dlm hati takt banget q punya anak takut jtuh mskin ap, q tlat mens q bilang mungkin hamil, beliau seteru salah sendiri ga pke kb, dalam hati wong q pengen punya anak.
Q selama hamil mau kerja di tempat kakaq yg jaraknya 12 km dri rumahq setiap hari, q bla dirumah rasa ga enakkkn aj banyk santai, malah bu mertua nyaranin aneh kalo hamil bawa loncat2 q bingung msh hamil mda ko loncat2, q cengerin aj.
Hamil muda kn wajr q mual2 malas makan aplgi mask beliau cuek gtu, beliau nyaranin makan sayur telat saat kandunganq bermasalh, jika beliau ngerti ya masakin buat calon cucuny, tpi beliau cuek . q ya nutrisi janin q kra dengan susu tercukupi. Soalnya sebelum hamil q ska makan sayur, saat hamil eneg meliat sayur, jdi mlas masak. Apabila suamiq puasa sunah ga mau sahur suamiq, mertuaq malah ga masak q posisi mual qpaksain masak. Beliau malah cuek q lgi hamil ga suka apa ad cucu drahimq pikirq dlm hati.

Jelang 10 w q pendarahan, sedih banget..... , mertuaq dtang2 nyalahin q ga mau q mkan sayur lh q sering perjalanan jauh lh katany lupa ngasih tau kalo jalan2 nae motor sering tu bahaya bagi janin, gumam dalam hatiq lupa atau sengaja , n nyaranin mke kb tambah sedih q nya.
Malah q setelah keluar dri Rs mertuaq maskin buatq, katany biar kuat pasca keguguran, entah q berpikir knapa masakin q saat q keguguran, lgi q hamil di cuekkin.
Q pernh ceritain ma suamiq ttg keluargany tpi dia malah cuek n nyalahin q. Tambh sedih q nya, q mau hamil lgi kata dokter bleh langsung, tpi q diam aj mertuaq blum tau q berncana mau hamil lgi. Tpi q hamil ke dua q harus dirumah.
bunda q mau solusi gmana q betah dirumah ya saat kehamilan biar ga stress tinggl dg mertua?? doa ap yg harus q lakukan menenangkn hati tinggl dirumah, q ga mau strees saat hamil .. Q berharap hamil ke 2 janin sehat n selamat dunia akhirat...
   
Jumlah Posts : 2504
Jumlah di-Like : belum ada like
kalo bunda nurul ga ada riwayat keguguran flek atau lahir prematur boleh" aja bun cuma banyak yg ngeri kalo berhubungan saat hamil muda
   
Jumlah Posts : 12
Jumlah di-Like : belum ada like
@Bunda Dewi: Sperma mengandung suatu zat tertentu yang bisa menyebabkan reaksi sensitif pada mulut rahim, dan hal ini akan sangat berbahaya untuk janin. Maka ketika berhubungan seks saat hamil, sebaiknya sperma dikeluarkan di luar vagina atau dengan menggunakan kondom.
Meski mengandung protein, sperma sebenarnya tidak memiliki manfaat bagi perkembangan janin. Sperma justru akan berbahaya bagi janin. Zat dalam sperma ini akan memicu reaksi kontraksi dini, sehingga bisa menyebabkan kelahiran prematur, atau ancaman keguguran jika usia kehamilan masih muda.

Semoga bisa menjawab pertanyaannya ya Bun. ☺
   
18-01-2016 18:46:57 obat penguat rahim
Jumlah Posts : 88
Jumlah di-Like : belum ada like
kalo ada riwayat keguguran hrs di konsultasi kan sm dokter SpOG bunda kl mau promil lg nanti pasti di kasih penguat kandungan saat hamil, pengalaman saya jg pernah keguguran 2x hamil 1 n ke 2, pas hamil ke 3 dr awal hamil di kasih penguat cygest(di masuk in vagina) selama 2minggu alhamdulillah lahir sehat selamat normal, lalu wkt hamil ke 4 skrng saya jg di kasih penguat saat awal hamil tp yg di minum utrogestan namanya selama 2minggu jg alhamdulillah skrng sdh 27minggu.