SITE STATUS
Jumlah Member :
494.750 member
user online :
3312 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: minum nutrijel untuk balita

New Topic :  
19-12-2013 09:10:50 mau tanya dong bunda2
Jumlah Posts : 200
Jumlah di-Like : 2

cuma di Indonesia ada yang namanya susu untuk balita, untuk kehamilan untuk menyusui , untuk perencana kehamilan untuk lansia dsb. padahal yang namanya susu ya sama saja :D (ini kalimat dari seorang dokter yang pernah saya dengar lho...)

intinya kalau mau minum susu ya minum aja....:)

   


Jumlah Posts : 85
Jumlah di-Like : belum ada like
jangan pake teh bun..sy pernah baca kalo teh cukup berbahaya untuk anak,,dampaknya jangka panjang bahkan klo bisa dihindari minum teh hingga balita,kalo msh ada jus atau air putih minum itu aja deh
   
Jumlah Posts : 64
Jumlah di-Like : 1
bunda bunda silahkan lebih banyak bertanya ke dokter ttg bermanfaat/tidaknya susu ya..baik susu hamil,susu biasa,susu balita,dan susu anak bayi...bisa juga lihat disini : http://mamacerdas.com/ibu-hamil-tidak-wajib-minum-susu ... dan di artikel lainnya silahkan googling. intinya,jika ibu blm bisa minum susu tdk usah dipaksa,jgn jadikan kehamilan menjadin tersiksa hanya karena terpaksa minum susu untuk memenuhi gizi.yg kedua, harus sgt diperhatikan cara pembuatan susu,jgn sampai hilang nilai gizi karna salah saat menyeduh susu. semoga bermanfaat bagi bunda bunda semua :-)
   


Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
dok,saya elis, saya mau tanya anak saya usia 3.5 tahun, BB 13 kg
1. setiap kena sariawan anak saya, saya suka kasih enkasari atau larutan kaki tiga.
sampai sejauh ini sih ngak ada efek sampingan yg terlihat,
yang penting sariawan nya cepat sembuh dan anak ngak terganggu makannya.
2. anakku kelihatan kurus karena pingin gemuk aku sering kasih dia vitamin atau suplemen biar nafsu makannya banyak,
tapi tetap aja kurus.
3. apakah setelah minum obat cacing bisa membuat anak gemuk ?
bagaimana nih dok solusinya ?
trimakasih"

Dari : Elis Kriswantiani

Jawaban:

Dear Bunda,

Adanya sariawan pada umumnya disebabkan oleh infeksi virus (umumnya tidak berbahaya) dan akan sembuh dengan sendirinya, yang perlu bunda lakukan adalah menjaga nutrisi dan masukan cairan secara baik, jagalah balita Anda agar tidak mengalami dehydrasi dan memperburuk sariawan serta asupan nutrisinya. Postur badan yang “terlihat” kurus tidak dapat dijadikan patokan gizinya, sebaiknya menggunakan KMS untuk balita Anda dalam menilai status gizi anak tersebut. Memberikan obat cacing akan mengobati anak dari cacingan (bila ada infeksi cacing di dalam tubuh anak tersebut) namun tidak akan menjadi jaminan untuk mempergemuk anak Anda, karena gemuk disebabkan oleh timbunan lemak di bawah kulit bukan dari ada atau tidak adanya infeksi cacing. Demikian jawaban saya.
   
01-08-2011 19:49:38 cek gula tambahan
Jumlah Posts : 17
Jumlah di-Like : belum ada like
 aku tadi udah buka tuh www.cekgula.com disana ada info tentang gula tambahan..dan ternyata untuk balita itu nggak boleh melebihi 5 sendok lho per harinya..
padahal dari segelas susu bisa sampai 4 sendok gula tambahannya..kalo anak minum susunys sampe 5x sehari..? wah udah berlebihan  banget kan konsumsi gulanya.. gak heran kalo sekarang makin banyak anak kecil obesitas.. 
   


Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
dear bunda, anaku 4.5 bln lagi kna batuk udah ta bawa ke dokter alhamdulillah udah agak mendingan.minum susunya si tetep semangat tapi kok kemarin ditimbang di posyandu bobotnya tetep 6 kg bulan kemarin juga segitu.apa karena batuknya?

Dari : Anny Supriyadi

Jawaban:

Dear Bunda Anny Roez,


Untuk balita umur 3-6 bulan, bila jenis kelamin laki-laki berat badan normal adalah antara 6,6kg-8,6kg dengan batas bawah 5,1kg-7,3kg. Sedangkan balita perempuan berat badan normal usia 3-6 bulan adalah 5,8kg-8kg dengan batas bawah 4,8kg-6,6kg.

Perhatikan asupan gizi balita anda dan perhatikan aktivitas balita anda. Dengan bertambah aktifnya anak anda, ia akan memerlukan lebih banyak energi dan asupan nutrisi yang lebih banyak lagi.

   
13-03-2009 09:00:03 bagaimana agar anak mau makan
Jumlah Posts : 26
Jumlah di-Like : 3

JURUS MENGATASI ANAK SULIT MAKAN

Hampir pasti, setiap orangtua selalu berupaya memberi makanan yang terbaik untuk putra putrinya, apalagi yang masih balita (bawah lima tahun). Bukankah makanan yang baik, kualitas maupun kuantitasnya, sangat dibutuhkan oleh balita untuk tumbuh kembang secara optimal?
Hanya saja kadangkala si anak sulit sekali melahap makanan yang disediakan untuknya. Orangtuapun ‘pusing’ dibuatnya.
Walau begitu, bukan berarti tak ada jalan keluar. Memang butuh kesabaran. Namun jika Anda punya kemauan kuat untuk mengatasi masalah ini, panduan dari ahli gizi Tuti Soenardi berikut ini mudah-mudahan bisa membantu.Mengapa anak menjadi sulit makan?
Seperti dijelaskan Tuti dalam seminar Mengatasi Masalah Makan pada Bayi dan Balita di Bentara Budaya, Jakarta, Ahad (25/3) lalu, kondisi sulit makan ternyata bukan semata-mata ‘kesalahan’ anak. Bahkan kerap kali, justru orangtualah yang membuat anaknya menjadi seperti itu.
Misalnya saja, orangtua tidak memperkenalkan aneka jenis bahan makanan pada si kecil sejak dini. Menurut Tuti, sejak usia satu tahun si kecil mestinya sudah diperkenalkan pada makanan keluarga yaitu makanan yang disiapkan untuk dikonsumsi seluruh anggota keluarga.

”Tapi tentunya, cara pengolahan untuk makanan si kecil perlu diperhatikan yakni tidak berbumbu tajam dan pedas, juga jenis makanannya harus lunak karena pencernaan balita belum sempurna.”
Menurut Tuti, jika pengenalan aneka jenis bahan makanan dilakukan sejak dini, maka saat si anak menginjak usia lebih besar, ia akan lebih mudah menerima variasi makanan keluarga. Tapi jika yang terjadi sebaliknya, maka bukan hal aneh jika si buah hati menjelma menjadi anak yang susah makan. ”Ia akan menolak karena bosan makan makanan yang itu-itu saja,” tutur wanita yang wajahnya kerap nongol di layar kaca membawakan acara bertema gizi ini.

Pemberian porsi susu yang berlebihan, menurut Tuti, juga bisa membuat anak susah makan. Mengapa? Sebab, ia sudah kenyang oleh susu.
Selain itu, makanan selingan yang berlebihan juga bisa menjadi penyebab anak sulit makan. Apalagi kalau selingan itu berujud makanan yang rasanya terlalu manis atau asin hingga si anak terangsang untuk terus-terusan minum. Akibatnya, si anak akan merasa kenyang sebelum mengkonsumsi makanan pokoknya.

Di luar itu semua, susah makan bisa juga disebabkan oleh adanya kelainan dalam organ tubuh, atau ada penyakit tertentu. ”Karena itu, ada baiknya dicheck ke dokter mengapa anak susah makan.”

Cara mengatasi
Mengetahui penyebab tanpa tahu cara mengatasinya tentu tidak afdol bukan? Karena itu, Tuti memberikan beberapa tips yang bisa dijadikan panduan oleh para orangtua untuk mengatasi perilaku sulit makan si anak. Tips itu adalah:

* Hadirkan suasana makan yang nyaman sehingga napsu makan anak bertambah. Penting juga, anak diberi pengertian tentang arti makanannya karena anak sudah bisa berimajinasi tentang apa yang dikatakan orangtua atau pengasuhnya.

* Jangan ragu untuk ‘menyertakan’ hal-hal yang disenangi sang anak. Misalnya, jika si anak suka musik atau nonton TV, maka tak ada salahnya si anak menikmati makanannya sembari mendengarkan musik atau nonton TV. ”Kalau perlu, hadirkan anak seusia anak Anda untuk menemaninya makan. Biasanya, jika si teman makan dengan lahap, anak Anda pun akan mengikuti apa yang dilakukan temannya.”

* Usahakan agar orangtua dan anak bisa makan bersama semeja makan. Dengan cara ini, si anak akan melihat lalu mengikuti apa yang dilakukan orangtuanya di meja makan. Dan bagi orangtua, hal ini juga bisa dijadikan kesempatan untuk mengajarkan cara makan yang baik.

* Perhatikan pemberian susu dan makanan selingan. Untuk balita, pemberian susu cukup dua gelas sehari. Begitu pun makanan selingan, jangan berlebihan.

* Khusus untuk ibu bekerja, disarankan untuk selalu mempersiapkan dan mengawasi apa yang diberikan untuk si balita, termasuk jenis bahan dan jumlahnya. Tulis pula urutan makanan yang mesti diberikan pada si kecil di tempat yang ’strategis’ dan gampang diingat oleh pengasuh, misalnya di pintu lemari es. Jangan lupa juga untuk selalu memantau perkembangan makanan balita Anda. Seandainya tidak mau makan, lekas beri petunjuk pada pengasuh untuk mengganti makanan yang lain. ”Timbang berat badan anak pada waktu-waktu tertentu untuk meyakinkan bahwa makannya dikonsumsi dengan baik.”


WiOnA


   
Jumlah Posts : 151
Jumlah di-Like : 1
Bunda Niko, redoxon dual action itu kan vit C dosis tinggi yg biasanya untuk orang dewasa, apa nggak berlebihan kalo untuk balita ? Apalagi sama bunda juga ditambah scott emultion 2x sehari. Setau ku sih minum vitamin apapun harus sesuai dosisnya karena kalo berlebihan juga ada efek negatifnya. 
   
22-04-2008 10:27:34 Manfaat Madu
Jumlah Posts : 1000
Jumlah di-Like : 11
ass wr wb,



semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya.aminnnn.......



sukron,



Bunda Zahwa



MADU, SUMBER GIZI BALITA

Balita Anda susah makan? Sebelum menderita kurang gizi, beri dia madu setiap

hari. Dari penelitian terbukti, madu bisa menambah nafsu makan, menurunkan

tingkat morbiditas terhadap panas dan pilek, di samping itu lengkap

kandungan gizinya.



Memberi makan anak-anak usia di bawah lima tahun (balita) memang

gampang-gampang susah. Kalau si anak punya nafsu makan tinggi, orang tua

tidak bakal repot. Diberi makan apa saja balita itu akan menyantapnya dengan

lahap. Sebaliknya, anak balita yang bernafsu makan rendah atau susah makan,

membuat orang tua sering kewalahan, bahkan hampir kehilangan akal untuk

membujuknya makan.



Berbagai jenis makanan dicobakan. Reaksi si anak cuma membuang kembali

makanan di mulutnya bila tidak sesuai kesukaannya. Celakanya, makanan

kesukaannya justru kurang bergizi. Padahal, variasi makanan sangat perlu.

Kalau keadaan ini berlanjut bisa-bisa si anak menderita kurang makan dan

kurang gizi, sehingga mudah sakit. Akibat semua itu proses tumbuh kembangnya

menjadi tidak normal. Yang paling merisaukan, bila ia menjadi bagian dari

generasi tanpa masa depan (lost generation).



Meningkatkan nafsu makan



Untunglah ada hasil penelitian Y. Widodo. Peneliti pada Pusat Penelitian dan

Pengembangan Gizi di Bogor ini, tahun lalu membawa kabar gembira bagi para

orang tua yang memiliki anak kurang energi protein (KEP). Ia melaporkan

bahwa pemberian madu secara teratur setiap hari dapat menurunkan tingkat

morbiditas (panas dan pilek) dan memperbaiki nafsu makan anak balita.



Penelitian dilakukan terhadap balita pasien Klinik Gizi, Puslitbang Gizi,

yang menderita kurang energi protein (KEP) akibat krismon. Ada 51 balita

usia 13 - 36 bulan yang terlibat dalam penelitian. Mereka dibagi menjadi dua

kelompok, pertama Kelompok Madu (25 orang) sebagai sampel, dan kedua

Kelompok Sirop (26 orang) sebagai kontrol. Kedua kelompok sama-sama diberi

tambahan vitamin B-kompleks dan vitamin C (50 mg).



Indikator yang diamati antara lain data antropometri (umur, bobot badan,

tinggi/panjang badan), sosial-ekonomi, recall konsumsi, riwayat kesehatan

anak pada saat sebelum, selama, dan sesudah perlakuan sekitar dua bulan.



Hasil penelitian menunjukkan, tingkat morbiditas terhadap panas dan pilek

kelompok madu atau sampel menurun, nafsu makan meningkat, porsi dan

frekuensi makan bertambah, sehingga konsumsi energi dan protein mereka juga

meningkat dibandingkan dengan kelompok kontrol yang mendapat sirop. Sebagian

data hasil penelitian dapat dilihat pada tabel 1..



Manfaat kesehatan pemberian madu yang tampak dalam penelitian tersebut

antara lain disebabkan oleh dua hal. Pertama, madu merupakan makanan yang

mengandung aneka zat gizi sedangkan gula hanya mengandung energi atau

kalori. Kedua, madu ternyata juga mengandung senyawa yang bersifat

antibiotik.



Mengandung faktor pertumbuhan



Kandungan gizi utama madu adalah aneka senyawa karbohidrat seperti gula

fruktosa (41,0%), glukosa (35%), sukrosa (1,9%), dan dekstrin (1,5%).

Karbohidrat madu ikut menambah pasokan sebagian energi yang diperlukan balita.



Kadar protein dalam madu relatif kecil, sekitar 2,6%. Namun kandungan asam

aminonya cukup beragam, baik asam amino esensial maupun non-esensial. Asam

amino tersebut turut pula memasok sebagian keperluan protein tubuh balita.



Vitamin yang terdapat dalam madu antara lain vitamin B1, vitamin B2, B3, B6,

dan vitamin C. Sementara mineral yang terkandung dalam madu antara lain

kalium, natrium, kalsium, magnesium, besi, tembaga, fosfor, dan sulfur.

Meskipun jumlahnya relatif sedikit, mineral madu merupakan sumber ideal bagi

tubuh manusia karena imbangan dan jumlah mineral madu mendekati yang

terdapat dalam darah manusia.



Penelitian menunjukkan, madu juga mengandung faktor pertumbuhan. Dilaporkan,

stek batang pohon yang dicelupkan dalam madu akan lebih cepat berakar dan

tumbuh lebih baik dibandingkan dengan stek yang ditanam tanpa perlakuan

madu.



Perbandingan kadar zat gizi madu secara umum terhadap gula pasir dapat

dilihat pada tabel 2.



Madu juga mengandung zat antibiotik. Kandungan ini merupakan salah satu

keunikan madu. Penelitian Peter C. Molan (1992), peneliti dari Departement

of Biological Sciences, University of Waikoto, di Hamilton, Selandia Baru

membuktikan, madu mengandung zat antibiotik yang aktif melawan serangan

berbagai patogen penyebab penyakit.



Beberapa penyakit infeksi berbagai patogen yang dapat "disembuhkan" dan

dihambat dengan (minum) madu secara teratur antara lain penyakit lambung dan

saluran pencernaan; penyakit kulit, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA),

batuk dan demam; penyakit jantung, hati, dan paru; penyakit-penyakit yang

dapat mengganggu mata, telinga, dan syaraf.



Berdasarkan hasil penelitian Kamaruddin (1997), peneliti dari Departement of

Biochemistry, Faculty of Medicine, Universiti of Malaya, di Kualalumpur,

paling tidak ada empat faktor yang bertanggung jawab terhadap aktivitas

antibakteri pada madu. Pertama, kadar gula madu yang tinggi akan menghambat

pertumbuhan bakteri sehingga bakteri tersebut tidak dapat hidup dan

berkembang.



Kedua, tingkat keasaman madu yang tinggi (pH 3.65) akan mengurangi

pertumbuhan dan daya hidupnya sehingga bakteri tersebut merana atau mati.

Ketiga, adanya senyawa radikal hidrogen peroksida yang bersifat dapat

membunuh mikroorganisme patogen. Dan faktor keempat, adanya senyawa organik

yang bersifat antibakteri. Senyawa organik tersebut tipenya bermacam-macam.

Yang telah teridentifikasi antara lain seperti polyphenol, flavonoid, dan glikosida.



Takaran minum madu



Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari madu, cairan manis yang menjadi

cadangan makanan koloni lebah ini harus dikonsumsi secara teratur. Dalam

penelitian Widodo tersebut balita sampel diberi madu sebanyak 20 gram setiap

hari. Madu tersebut tidak dianjurkan untuk bayi usia 0 - 4 bulan, karena

makanan pertama dan yang utama untuk mereka adalah air susu ibunya (ASI).

Setelah usia 4 bulan baru boleh diberi madu seiring dengan pemberian makanan

tambahan sesuai anjuran.



Menurut Muhilal, 2-3 sendok makan madu 2 X sehari sudah cukup memadai untuk

menjaga stamina dan kesehatan tubuh. Namun untuk penyembuhan atau

pengobatan, madu lebih baik dikonsumsi dalam bentuk larutan dalam air karena

akan memudahkan penyerapannya di dalam tubuh. Madu tersebut sebaiknya

dikonsumsi dua jam sebelum makan atau tiga jam sesudah makan.

Selain menambahkan madu pada menu makanan balita secara teratur, tentu saja

berbagai upaya kesehatan lainnya seperti pengobatan medis, pemberian makanan

tambahan, dan imunisasi umum, harus pula dilakukan. Upaya tersebut akan

lebih mempercepat upaya pemulihan kesehatan dan perbaikan gizi balita,

terutama yang susah makan, sehingga mereka terhidar kemungkinan menjadi

generasi tanpa masa depan (Mohamad Harli, Sarjana Gizi Masyarakat dan

Sumberdaya Keluarga, IPB)

Sumber : http://www.indomedi a.com/intisari/ 2001/Mei/ madu.htm

   
08-04-2017 12:05:03 Grup Infobunda-Professionals
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
Mbak mau tanya ni.. Kalau minum curcumaplus untuk ibu menyusui yg bayinya blm sampe 1 bulan boleh gak?
   
Jumlah Posts : 19
Jumlah di-Like : belum ada like
bun mau tanya dong. boleh ga minum cdr untuk bumil uk 5bln ?
   
12-08-2016 08:21:29 susu UHT
Jumlah Posts : 128
Jumlah di-Like : belum ada like
Sy jg kadang minum susu UHT bun sy minum ultr*milk, tp sambil minum susu untuk ibu hamil jg
   
Jumlah Posts : 27
Jumlah di-Like : belum ada like

iya benar, saya pernah baca di forum konsultasi anak gitu kalo untuk balita sebaiknya diberikan susu aja dulu, untuk kopi sama teh sebaiknya ditunda dulu 

   
06-05-2016 09:26:55 hpl Desember 2016
Jumlah Posts : 94
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda nikmah@ aminn semoga ada perkembangan. bunda coba cari opini dokter lain aja bund klo misalkan dokternya nyuruh kuret lagi..
bunda merlin@ jgn sedih ya apalagi nyampe setres nanti ngaruh ke dedek nya. bunda coba ke dokter lain aja bund. jgn gampang minum obat untuk mens, ko kayaknya dokter bunda gampang bener ngasih obat peluruh padahal TP kan positif. TP bunda positifnya samar apa garis nya semua tebel? semangat n banyak doa bunda.. semoga ada perkembangan ya.. aminn
   
12-03-2016 04:42:01 testi nyata wmp
Jumlah Posts : 104
Jumlah di-Like : belum ada like
bun aq bru z coba minum wmp untuk diet bneran kah bsa trunin bb cuma minum juice ini?? ad gc di grup in yg mnum wmp? lw ad share lh bun ke saya pngalaman mnum wmp nya? sukses gc trunin bb?