SITE STATUS
Jumlah Member :
492.783 member
user online :
1084 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: minum norelut saat darah menstruasi sedi

New Topic :  
23-05-2016 14:10:07 sulit hamil
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Infobunda telah membahas masalah menstruasi, untuk mengenal menstruasi anda maka silahkan membaca:

1. Menstruasi saya sedikit, apakah itu normal?
Normal atau tidaknya menstruasi tidak bisa dilihat hanya dari berapa banyaknya darah menstruasi yang keluar. Biasanya darah menstruasi akan keluar banyak pada hari pertama hingga ketiga. Selanjutnya sedikit, bercak hingga lama kelamaan hilang. Asalkan menstruasi datang rutin setiap bulan, darah menstruasi yang sedikit bukanlah suatu masalah.

2. Mengapa darah menstruasi menggumpal?
Biasanya darah menstruasi menggumpal karena darah tertahan di dalam vagina sehingga tidak langsung keluar. Gumpalan darah ini tergolong normal karena memang hanya tampungan darah saja.

3. Mengapa menstruasi datangnya tidak beraturan di tanggal yang sama?
Menstruasi terjadi karena adanya sel telur matang yang tidak dibuahi.
Bila sel telur matang tetapi tidak pecah, maka hormon progesteron tidak akan muncul yang membuat menstruasi tertunda. Biasanya hal ini dipicu oleh masalah hormon, stres, diet yang terlalu ketat atau terjadi radang/infeksi.

4. Mengapa saat menstruasi terasa nyeri di bawah perut? Apakah itu tandanya ada endometriosis?
Pada beberapa wanita, saat menstruasi adalah saat yang menyiksa. Perut bagian bawah akan terasa nyeri dan pegal. Tetapi ada juga yang merasa nyeri terutama pada saat buang air besar (BAB). Pada saat menstruasi tubuh juga mengeluarkan zat yang akan menimbulkan rasa sakit.tetapi bila sakitnya spesifik hanya pada saat BAB saja, ada baiknya Bunda periksakan ke dokter, karena salah satu gejala endometriosis memang seperti itu.

5. Apakah kalau menstruasi tidak teratur, ada resiko tidak bisa punya anak?
Untuk memastikan hal ini Bunda harus melakukan pemeriksaan ke dokter. Biasanya menstruasi tidak teratur hanya karena gangguan hormonal saja. Tetapi supaya lebih yakin, Bunda bisa memeriksakan apakah ada siklus anovulasi, yaitu di mana sel telur tidak terlepas. Tetapi jangan kuatir. Bunda bisa melakukan terapi sejak dini untuk menyembuhkan gangguan tersebut.

6. Apakah benar minum minuman dingin saat menstruasi akan memperlambat aliran darah menstruasi?
Tidak benar. Itu hanyalah mitos belaka. Minuman dingin tidak memberikan efek apa pun pada menstruasi. Darah menstruasi tidak akan membeku dan menjadi lambat karenanya.

Nah, sekarang terjawab sudah pertanya yang mungkin selama ini Bunda ragukan. Bila ada yang Bunda ragukan pada menstruasi Bunda. Jangan ragu, segeralah konsultasikan ke dokter demi kesehatan Bunda.

Tips:
- Bila Bunda melewati siklus menstruasi selama tiga kali berturut-turut segera ke dokter.

   


28-07-2015 11:18:36 haid tidak teratur :(
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Mengenal Lebih Dekat dengan Menstruasi

1. Menstruasi saya sedikit, apakah itu normal?
Normal atau tidaknya menstruasi tidak bisa dilihat hanya dari berapa banyaknya darah menstruasi yang keluar. Biasanya darah menstruasi akan keluar banyak pada hari pertama hingga ketiga. Selanjutnya sedikit, bercak hingga lama kelamaan hilang. Asalkan menstruasi datang rutin setiap bulan, darah menstruasi yang sedikit bukanlah suatu masalah.

2. Mengapa darah menstruasi menggumpal?
Biasanya darah menstruasi menggumpal karena darah tertahan di dalam vagina sehingga tidak langsung keluar. Gumpalan darah ini tergolong normal karena memang hanya tampungan darah saja.

3. Mengapa menstruasi datangnya tidak beraturan di tanggal yang sama?
Menstruasi terjadi karena adanya sel telur matang yang tidak dibuahi.
Bila sel telur matang tetapi tidak pecah, maka hormon progesteron tidak akan muncul yang membuat menstruasi tertunda. Biasanya hal ini dipicu oleh masalah hormon, stres, diet yang terlalu ketat atau terjadi radang/infeksi.

4. Mengapa saat menstruasi terasa nyeri di bawah perut? Apakah itu tandanya ada endometriosis?
Pada beberapa wanita, saat menstruasi adalah saat yang menyiksa. Perut bagian bawah akan terasa nyeri dan pegal. Tetapi ada juga yang merasa nyeri terutama pada saat buang air besar (BAB). Pada saat menstruasi tubuh juga mengeluarkan zat yang akan menimbulkan rasa sakit.tetapi bila sakitnya spesifik hanya pada saat BAB saja, ada baiknya Bunda periksakan ke dokter, karena salah satu gejala endometriosis memang seperti itu.

5. Apakah kalau menstruasi tidak teratur, ada resiko tidak bisa punya anak?
Untuk memastikan hal ini Bunda harus melakukan pemeriksaan ke dokter. Biasanya menstruasi tidak teratur hanya karena gangguan hormonal saja. Tetapi supaya lebih yakin, Bunda bisa memeriksakan apakah ada siklus anovulasi, yaitu di mana sel telur tidak terlepas. Tetapi jangan kuatir. Bunda bisa melakukan terapi sejak dini untuk menyembuhkan gangguan tersebut.

6. Apakah benar minum minuman dingin saat menstruasi akan memperlambat aliran darah menstruasi?
Tidak benar. Itu hanyalah mitos belaka. Minuman dingin tidak memberikan efek apa pun pada menstruasi. Darah menstruasi tidak akan membeku dan menjadi lambat karenanya.

Nah, sekarang terjawab sudah pertanya yang mungkin selama ini Bunda ragukan. Bila ada yang Bunda ragukan pada menstruasi Bunda. Jangan ragu, segeralah konsultasikan ke dokter demi kesehatan Bunda.

Tips:
- Bila Bunda melewati siklus menstruasi selama tiga kali berturut-turut segera ke dokter.

   
18-07-2015 23:10:16 tidak mens setelah melahirkan
Jumlah Posts : 689
Jumlah di-Like : belum ada like

Siklus Menstruasi Pasca Melahirkan

Posted:2015-06-10 15:50:26


 

Pasca melahirkan siklus menstruasi Bunda tidak teratur? Terkadang sebulan bisa menstruasi dua kali dan dalam tempo yang lama, terkadang tidak menstruasi sama sekali. Atau bahkan ada yang belum menstruasi hingga si kecil berusia 1,5 tahun. Hal ini tidak jarang membuat Bunda kuatir dan merasa ada sesuatu yang tidak normal. Jangan kuatir,Bun. Yuk, simak artikel berikut.

Penyebab tidak teratur
Sebelum kita mencari tahu solusinya kita perlu tahu apa yang menyebabkan menstruasi tidak teratur pasca melahirkan. Menstruasi tidak teratur pasca melahirkan disebabkan beberapa faktor:
1. Perdarahan pasca melahirkan
Sebenarnya perdarahan ini bukanlah darah menstruasi. Darah yang keluar ini adalah darah yang tersisa dari perdarahan yang terjadi di dalam rahim. Darah ini akan berkurang dan hilang perlahan setelah 4-5 minggu.
2. Fisik dan mental
Setelah melahirkan fisik dan mental Bunda mungkin terlalu lelah. Ditambah lagi kesibukan mengurus si kecil yang membuat Bunda sulit beristirahat. Bunda bisa stress. Hal ini mempengaruhi siklus menstruasi Bunda. Peran Ayah sangat diperlukan dalam kondisi ini supaya fisik dan mental Bunda perlahan kembali pulih.
3. Menyusui
Pada saat menyusui tubuh memproduksi hormon proklatin. Hormon prolaktin berfungsi untuk meningkatkan kelenjar hipofisis supaya Air Susu Ibu (ASI) berproduksi lebih banyak. Proses ini menekan ovulasi sehingga membuat siklus menstruasi tidak teratur.

Solusi
Siklus mentruasi yang tidak teratur saat ini hanya bersifat sementara dan itu semua normal. Jadi, Bunda tidak perlu mengonsumsi obat-obatan yang tidak perlu. Diet seimbang dengan nutrisi lengkap setiap hari, olahraga ringan, banyak minum air putih, jus buah dan sayur, istirahat dan tidur yang cukup dapat menghindarkan Bunda dari stress yang bisa mempengaruhi siklus menstruasi Bunda.

Nah, Bunda tidak perlu kuatir lagi. Karena terganggunya siklus menstruasi ini dialami hampir semua wanita pasca melahirkan. Bila Bunda ragu, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan Bunda.

Tips:
Konsumsi suplemen asam folat sebagai penunjang nutrisi tambahan Bunda pasca melahirkan dan selama menyus

   


15-07-2016 15:14:22 HB sebelum 40 hari masa nifas
Jumlah Posts : 227
Jumlah di-Like : belum ada like
waktu tgl 9 itu sudah tidak ada darah yang keluar lagi dok, tapi kenapa saat tgl 12 saya pendarahan lagi & keluarnyapun bayaj tidak seperti darah sebelumnya, apakah ini masih darah nifas atau darah menstruasi dokter??
   
01-06-2016 14:03:45 "kista di indung telur"
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Adanya kista dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Kista apakah yang Bunda alami?

Kista pada organ reproduksi dapat terjadi pada daerah ovarium yang terdiri dari jaringan-jaringan ovarium, kista ini umumnya diperngaruhi oleh perubahan hormonal dan siklus menstruasi serta tidak berbahaya.

Kista lainnya dapat terjadi pada ovarium yang disebabkan dari keadaan endometriosis. Kista coklat adalah kista yang terbentuk dari gumpalan darah dan terjadi dari endometriosis (endometriosis itu sendiri adalah adanya jaringan dari uterus atau rahim yang terletak di luar uterus, sehingga pada saat timbulnya menstruasi, daerah yang terdapat endometriosis itu juga mengalami perdarah selayaknya menstruasi) yang berlanjut menjadi kista, biasanya terletak pada daerah ovarium atau saluran tuba. Kista ini dikategorikan jinak. Untuk mengatasi kista ini bila masih dalam ukuran kecil kurang dari 5cm diameter, maka dengan cara hamil buatan (pemberian hormonal agar tubuh anda berada dalam situasi seperti hamil atau tidak menstruasi selama 9 bulan) atau dengan cara hamil kembali seperti yang di sarankan oleh dokter anda karena dalam keadaan ini hormone progesterone akan membantu meredakan keadaan endometriosis.

Ukuran kista bisa saja berubah dan belum terlihat pada pemeriksaan awal. Selain itu pemeriksaan menggunakan USG juga dipengaruhi oleh hal-hal seperti tebalnya lemak, tebalnya kulit, posisi pemeriksaan dan lain-lain.

Adanya gangguan haid juga bisa berhubungan dengan adanya kista pada ovarium. mengenai penanganannya tergantung pada ukuran dan jenis kista itu sendiri. Sebaiknya tidak meminum ramuan atau pengobatan tanpa saran dokter Kandungan Bunda. Jagalah gaya hidup  yang sehat seperti olahraga yang teratur, berat badan yang baiks esuai BMI, pola makan yang baik, sumber makanan yang segar dan manajemen stress yang baik.

   


30-06-2015 14:44:23 mau promil
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

 Banyaknya darah dan terdapat gumpalan darah pada saat menstruasi dapat bervariasi pada masing-masing individu. Apabila Anda merasa bahwa darah menstruasi terlalu banyak bahkan mendapati gumpalan darah yang terlalu banyak dalam ukuran besar, maka sebaiknya Anda menemui dokter untuk pemeriksaan. Banyaknya darah menstruasi yang berlebihan dapat dikarenakan oleh banyak faktor seperti hormonal, adanya massa pada alat reproduksi dan lain-lain. Selain pemeriksaan pada alat reproduksi, kemungkinan diperlukannya pemeriksaan pada darah untuk menilai keadaan darah Anda. Bila menstruasi terjadi antara 2-7 hari maka menstruasi tersebut masih termasuk dalam batas normal dengan volume bervariasi antara 10-80 mililiter per siklus. Bila siklus Bunda terjadi secara teratur setiap 21-28 hari maka siklus tersebut juga termasuk dalam batas normal dan di harapkan ovulasi terjadi secara teratur juga dengan rentang masa subur antara hari ke 11-16 di dalam siklus menstruasi.

   
16-05-2015 17:50:27 Keringat dingin dan lemas
Jumlah Posts : 20
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda hasnah @ sya habis lahiran bgtu .pas cek dokter trnyata sya anemia (krg darah).bunda hrs rajin y minum vit.penambah darah krn agar saat melahirkan tdk pendarahan.
   
05-03-2015 15:10:20 mau nanyo donk bunda2
Jumlah Posts : 23
Jumlah di-Like : belum ada like
hm.. itu saya ga tau bunda tp Masa subur adalah masa di mana sel telur
dilepaskan dari ovarium. Pada saat ini telur
sudah dalam keadaan matang dan
menunggu dibuahi oleh sperma. Apabila
tidak dibuahi, maka ia akan terlepas dari
rahim, dan mengalami pendarahan serta
dibuang melalui tuba falopi serta lewat ke
saluran rahim untuk dibuang dalam bentuk
darah menstruasi.
Masa subur wanita ini umumnya terjadi
pada 12 - 16 hari dihitung dari hari
pertama menstruasi. Sepanjang masa subur
ini ada beberapa tanda yang bisa Anda
amati.... :)
   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
selamat sore dok, mau tanya, saya melahirkan 4 bln yang lalu dengan sesar. Saya tidak tahu apakah saya sudah dipasangkan kb, akan tetapi di persetujuan tindakan medik dikatakan langsung dipasangkan spiral. haid pertama saya setelah operasi itu darahnya keluar banyak. memang tidak lama sekitar 5 hari. Pertanyaan saya adalah :
1. Apakah pendarahan itu artinya saya sudah dipasangkan alat kb?
2. Baru2 ini saya merasa didalam (maaf) vagina saya teraba seperti kawat. apakah itu spiral? wajar tidak teraba?
3. Apakah wajar jika pendarahan setelah dipasangkan alat kb?.
Sebelumnya terima kasih atas jawabannya.


Dari : sri wahyuningsih

Jawaban:

Dear Bunda,







Setelah masa nifas berakhir, maka siklus menstruasi akan berangsur normal dan teratur kembali. Pada akseptor KB spiral terkadang mengeluhkan adanya spotting atau flek, kram saat menstruasi dan jumlah darah menstruasi yang bertambah dari biasanya namun efek ini tidak selalu dialami oleh semua pengguna KB IUD. KB IUD memiliki benang yang akan keluar dari mulut rahim sampai pada liang vagina, pengguna KB IUD dapat meraba keberadaan benang tersebut (yang kadang di potong agak pendek untuk kenyamanan) pada liang vagina, benang ini nantinya berfungsi untuk menarik KB IUD keluar dari rahim saat pelepasan KB IUD juga sebagai indikator bagi pengguna bahwa KB IUD masih berada pada tempatnya. KB IUD tidak mengganggu ataupun terasa saat berhubungan intim karena letaknya berada di dalam rahim bukan pada liang vagina. Setelah pemasangan KB IUD sebaiknya dilakukan pemeriksaan follow up atau lanjutan untuk meyakinkan bahwa KB IUD telah berada pada tempatnya dan tidak ditemui masalah yang bersangkutan dengan pemakaian KB IUD tersebut.






   
19-05-2014 09:06:28 efek ES untuk ibu hamil
Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like
haaii bunda, salam kenal yaa.. aku baru hamil pertama neh, udah 12 minggu, aku jg suka minum es bun, tp kata kakakku gk boleh banyak", takut debay nya besar, trz klo byk minum manis" saat melahirkan nanti darah yg kluar bisa banyak, bener kah bun, dokterku jg nyaranin utk minum es krim, soalnya berat badanku kecil bgt, dan tensiku rendah jg
   
Jumlah Posts : 19
Jumlah di-Like : belum ada like

CELANA DALAM ANTI TEMBUS 

HARGA SATUAN : Rp. 40.000

HARGA 1 LUSIN : Rp. 300.000

CELANA MENSTRUASI : Celana Dalam Khusus Untuk MENSTRUASI Anti Bocor Dan Anti Tembus.SOLUSI CERDAS MASALAH KEWANITAAN…
Inovasi Produk terbaru sebuah CELANA DALAM KHUSUS MENSTRUASI yang di rancang Anti BOCOR dan anti TEMBUS.

Wanita disaat sedang menstruasi serba gak nyaman. Takut celana dalamnya tembus oleh darah menstruasi.Darah menstruasi susah dicuci, bekasnya sering jadi bercak yang susah dihilangkan.Yang paling parah kalau darah menstruasi tembus ke celana atau rok saat sedang aktivitas, pasti malu banget dilihat orang, bisa merusak image.

Produk celana menstruasi /celana dalam menstruasi / celana dalam untuk menstruasi / celana khusus menstruasi / celana dalam khusus menstruasi.Di bagian dalam celana dalam terdapat lapisan kain waterproof sehingga cairan tidak bisa menembus keluar celana.Dengan celana dalam khusus menstruasi ini Anda bisa nyaman tidur, bisa aman beraktivitas tanpa perlu kuatir tembus atau mengotori pakaian anda saat sedang menstruasi.

READY WARNA : Lengkap!!!

Size : Free size, stretch,58-76cm (lingkar pinggang)

   
Jumlah Posts : 175
Jumlah di-Like : belum ada like

izin sharring (copas dr helpdesk infobunda) tentang promil dan kista ( http://www.infobunda.com/info/4052-promil-dan-kista.html )

"Dalam artikel yang saya temukan:
Menurut dr. Nugroho Kampono SpOG (K) dari Brawijaya Women & Children Hospital tidak semua kista harus dioperasi. Bila Bunda hamil usia 2-3 minggu dan ditemukan kista sebesar 3-4 cm mungkin itu hanya kista lutein. Kista lutein yaitu kista yang muncul karena indung telur yang bekerja keras untuk menghasilkan hormon supaya kehamilan kuat . Saat kehamilan memasuki usia 8-12 minggu di mana fungsi hormon mulai diambil alih oleh plasenta maka kista itu akan hilang dengan sendirinya. “Itu bukan tumor, itu hanyalah kista yang bersifat fungsional. Kalau fungsinya selesai dia akan hilang.” jelasnya.
http://www.infobunda.com/pages/articles/artikelshow.php?id=175

Pada kasus sebelumnya dokter kami mengatakan:
Kista coklat adalah kista yang terbentuk dari gumpalan darah dan terjadi dari endometriosis (endometriosis itu sendiri adalah adanya jaringan dari uterus atau rahim yang terletak di luar uterus, sehingga pada saat timbulnya menstruasi, daerah yang terdapat endometriosis itu juga mengalami perdarah selayaknya menstruasi) yang berlanjut menjadi kista, biasanya terletak pada daerah ovarium atau saluran tuba. Kista ini dikategorikan jinak.Untuk mengatasi kista ini bila masih dalam ukuran kecil kurang dari 5cm diameter, maka dengan cara hamil buatan (pemberian hormonal agar tubuh Anda berada dalam situasi seperti hamil atau tidak menstruasi selama 9 bulan).Mengenai masalah kesuburan yang berkaitan dengan belum tercapainya kehamilan sampai saatini, sebaiknya Anda beserta suami memeriksakan diri untuk menjalani tes kesuburan.Karena untuk menjadi hamil di perlukan keadan subur pada keduabelah pihak sang suami dan istri, maka itu perlu diperiksa lebih lanjut keadaan dan fungsi alat reproduksi dari kedua belah pihak.
http://www.infobunda.com/pages/tanyadokter/question.php?qid=3190

Kista pada alat reproduksi (ovarium ataupun tuba fallopi (saluran tuba) memang dapat menghambat terjadinya kehamilan. Hal ini disebabkan oleh terhambatnya transportasi sel telur menuju rahim dimana sperma dapat bertemu dengan sel telur untuk terjadi pembuahan. Terjadinya menstruasi setiap bulannya menandakan regulasi hormonal anda tetap baik sehingga dinding rahim yang tidak dipakai untuk kehamilan digugurkan dan luruh melalui menstruasi. Kista dapat di obati dengan pengobatan maupun operasi sesuai dengan kondisi kista itu sendiri.
http://www.infobunda.com/pages/tanyadokter/question.php?qid=1081 "

semoga membantu

   
Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like

salam kenal bunda,

sy menikah sudah 1th 4bulan tapi belum juga hamil. sebelumnya saya pernah telat hampir 2 minggu tapi setelah saya tespek hasilnya negatif, begitupun pernah telat 5 hari, tapi sebelumnya saya ga merasakan tanda kehamilan.Yang terjadi saat bulan ini, saya telat 11 hari belum saya check, saya merasakan mual2 ga enak makan. lalu saya HB dg suami saya, besok paginya keluar darah menstruasi tp tidak berbau agak amis seperti biasanya, dan keluarnya sedang ga seperti biasanya banyak dihari pertama. apakah saat telat Db kita tidak boleh HB ditakutkan kita sedang hamil? lalu apakah masih bisa saya check telat 11 hari itu hamil atau tidak dg kondisi saya akhirnya mens lg?

Mohon share bunda,

   
Jumlah Posts : 178
Jumlah di-Like : belum ada like

Untuk bunda yang masih ragu minum susu ibu hamil, sepertinya harus baca artikel ini dulu, yuk disimak apa aja sih manfaatnya kalau kita minum susu saat hamil :

1. Nutrisi
Untuk nutrisi jelas ibu hamil berbeda dengan orang biasa karena saat hamil yang dibutuhkan bukan hanya buat bunda aja tapi buat si kecil dalam kandungan. Sistem sirkulasi darah ibu juga turut membantu menyalurkan nutrisi serta oksigen. Nah susu ibu hamil ini memiliki manfaat pemenuhan hingga 300 kalori yang dibutuhkan ibu hamil pada trimester kedua dan ketiga kehamilan.

2. Kalsium
Pemenuhan kalsium yang dibutuhkan saat hamil yaitu 1000mg, dan ini disarankan terutama di 3 bulan pertama usia kehamilan. Nutrisi sebesar 1000 sampai 2000mg kalsium ini bisa didapatkan dengan mengkonsumsi 2 gelas per harinya.

3. Perlindungan tubuh
Secara alami tubuh saat hamil menyerap mineral dari makanan dan suplemen atau vitamin tambahan untuk mendapatkan asupan nutrisi kalsium yang cukup.

4. Massa berat tulang menurun
Saat hamil massa berat tulang menurun maka cenderung akan tergantikan dalam beberapa bulan setelah melahirkan. Hal ini dikahwatirkan dapat memicu terjadinya osteoporosis. Untuk menghindari hal ini, ibu hamil dianjurkan memenuhi nutrisi susu ibu hamil yang cukup.

Semoga artikel ini bermanfaat yah bunda. Salam sehat selalu

sumber : ibuhandal.com

   
13-02-2014 10:26:23 kista endometriosis
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Pada ukuran tertentu, kista pada ovarium hanya dilakukan monitor secara rutin dan tidak memerlukan pengobatan atau pengangkatan. Pemberian Vitamin oleh dokter Anda bertujuan untuk membantu kesuburan Bunda dan membantu memenuhi kebutuhan vitamin E pada Bunda. Tentu sudah dipertimbangkan keamanannya terhadap kondisi Bunda. 

Kista coklat adalah kista yang terbentuk dari gumpalan darah dan terjadi dari endometriosis (endometriosis itu sendiri adalah adanya jaringan dari uterus atau rahim yang terletak di luar uterus, sehingga pada saat timbulnya menstruasi, daerah yang terdapat endometriosis itu juga mengalami perdarah selayaknya menstruasi) yang berlanjut menjadi kista, biasanya terletak pada daerah ovarium atau saluran tuba. Kista ini dikategorikan jinak.Untuk mengatasi kista ini bila masih dalam ukuran kecil kurang dari 5cm diameter, maka dengan cara hamil buatan (pemberian hormonal agar tubuh Anda berada dalam situasi seperti hamil atau tidak menstruasi selama 9 bulan).Mengenai masalah kesuburan yang berkaitan dengan belum tercapainya kehamilan sampai saatini, sebaiknya Anda beserta suami memeriksakan diri untuk menjalani tes kesuburan.Karena untuk menjadi hamil di perlukan keadan subur pada keduabelah pihak sang suami dan istri, maka itu perlu diperiksa lebih lanjut keadaan dan fungsi alat reproduksi dari kedua belah pihak.