SITE STATUS
Jumlah Member :
493.801 member
user online :
1471 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: minum amoxicillin setelah melahirkan unt

New Topic :  
Jumlah Posts : 10
Jumlah di-Like : belum ada like
bun mau tanya perlu ga seh minum jamu setelah melahirkan
   


Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
Moms...minta masukan nih.

Di tempat saya, ada kebiasaan turun-temurun pasca melahirkan yg bikin saya bingung. Yakinnya sih ga mau nurut apa kata ortu, tp ga nurut kok bikin bundaku nggondok ya??

Kalo masalah jamu-jamuan, Bundaku sdh mulai bisa terbuka menerima bahwa jamu-jamuan bisa jadi ga bagus untuk ASI dan bayi, jadi beliau sudah tidak memaksa saya untuk minum jamu setelah melahirkan nanti.

Tapi tadi ada topik baru nih...kata beliau, setelah melahirkan disuruh minum "Bir Item" dan "Anggur beranak 19 (atau 16 ya?)" ...khasiatnya katanya sih untuk mempercepat bersihnya darah nifas. Kalo dipikir, itu kan mengandung alkohol ya? Meskipun sedikit, sebagai muslim, jelas saya mikir mending jangan. Trus kalo dipikir secara logis, alkohol kan ga bagus utk janin dan bayi (ntar kita minum alkohol gitu, bisa pengaruh ke ASI yang diminum si baby).

Trus juga disuruh minum "Pil Kwantai atau Kuantai" gitu...katanya untuk menghindari payudara menjadi bengkak setelah melahirkan. Kalo dipikir-pikir, payudara bengkak setelah melahirkan kan mungkin aja karena desakan atau tekanan produksi ASI yang meningkat ya? Kalo disusukan atau diperah kan tekanannya akan berkurang dan ga akan bengkak lagi.

Jadi bingung gimana mesti merespon Bundaku. Mau berargumentasi, beliaunya sudah nggondok duluan.
Jadwalku kontrol ke dokter masih minggu depan...ini akan jadi topik yang mesti ditanyakan ke Dokterku. Tapi, selagi menunggu jadwal itu, saya pingin berbagi topik ini dengan para Moms....
Yang punya pengalaman atau tahu jawabannya, tolong respon ya... Btw, perkiraan lahiranku ntar tgl 15 September 2011, sebentar lagi...

Thanks...
   
27-06-2010 13:36:22 jamu pasca melahirkan
Jumlah Posts : 273
Jumlah di-Like : 6
boleh ga minum jamu setelah melahirkan? karena saya suka jamu,dan sekarang sudah ada jamu pasca melahirkan.. tks infonya..
   


Jumlah Posts : 36
Jumlah di-Like : 1
dear desi,

congratulation sebelumnya unt kehamilannya,kl unt minum jamu bikin ketuban keruh rasanya g bener y.awalnya wkt aq kontrol pertama kehamilan saat awal hamil ke bidan dia juga anjurin unt g minum jamu krn bikin ketuban keruh tp kata ibu aq yang udh 5 kali hamil g ada masalah tuh lalu setelah aq pindah ke dokter spesialis dia g pernah ngelarang aq unt minum jamu malahan kata ibu minum jamu saat hamil tuh saat penting unt ibu hamil.kl masih hamil muda biasanya aton2 muda kl dah tua ganti yg aton2 tua katanya biar baby nya g bau dan badannya ibu hamil juga bisa tetep fit setelah melahirkan nanti.

begitulah sedikit opini dr aq insyaallah bermanfaat yach dan tetep happy pregnant....




vhy,
   
31-03-2017 09:33:40 hpl april 2017 merapat
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda ipiet@ tenang aja bun, sering sering dibersihin putingnya payudaranya juga dipijet pijet nanti lama kelamaan juga keluar air susunya... kalau seandainya setelah melahirkan blm keluar juga asinya bunda bisa konsumsi vit. moloco b12 atau bisa juga minum asi booster..
   


06-03-2017 12:39:41 makan bakso
Jumlah Posts : 93
Jumlah di-Like : belum ada like
kurang tau ya bun menurut penjelasan medisnya, saya cuma share pengalaman aja ketika hamil gaada makanan yg pantang hanya saja tidak berlebihan, dari sebelum hamil ketika hamil dan setelah melahirkan saya selalu minum air es alhamdulillah tidak ada keluhan apapun dan bayi lahir sehat dan sempurna..
ketika ada keluhan setelah konsumsi apapun baiknya dikonsultasikan dengan obgyn atau bidan yg biasa menangani bunda..
   
02-10-2016 14:33:06 minum susu setelah suntik kb
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda, saya baru pertama kali suntik kb pacsa melahirkan, pas habis suntik kb saya lupa minum susu karna kondisinya pagi pas belum sarapan juga jadi lapar deh..hehe
apakah minum susu setelah suntik kb berpengaruh pada kualitas kb,sama halnya dengan habis minum obat tidak boleh minum susu?tolong penjelasannya ya bun..takut kebobolan aja nih,,
   
28-09-2016 08:09:48 hpl Desember 2016
Jumlah Posts : 16
Jumlah di-Like : belum ada like
pagi all bunda.. ak mau share nihh.. kehamilan ak udah memasuki usia 29mgg ak minum gluberry dari jovem utk dhebay di dlm biar dhebayny bersih,rambutny banyak,dan utk setelah melahirkan nanti bisa buat paket nipas jg dan memperbanyak ASI jg bila ada yg minat bisa hubungi saya ya bun.. Gluberry minuman yg mengandung colagen dari 4jovem
   
26-09-2016 10:23:56 Anak lebih suka ASIP
Jumlah Posts : 51
Jumlah di-Like : belum ada like
Bunda2 yg menyusui sharing donk..
anak aku baru jalan 2 bulan, dari awal lebih suka minum ASI dari Dot nya jd musti sll aku Perah mungkin pengaruh ASI aku br kluar dihari ke3 setelah melahirkan jd udah terbiasa pakai Dot..
Yang mau aku tanya klo aku lebih sering perah apa akan ada pengaruhnya untuk produksi ASI aku?
kata temen2 aku sih klo hny sll diperah ASI bisa2 nggak mau kluar lagi nntinya..
   
31-08-2016 20:50:57 batuk d saat hamil
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
bawaan bayi itu bun...
sama kya aq waktu hamil anak ke 1 dan ke 2
setelah melahirkan batuk tb2 hilang dgn sendirinya
skrg sy sdg hamil anak ke 3 batuk jg tp ya krn sy bandel minum es mulu dikasih dokter sanadryl sirup
   
Jumlah Posts : 558
Jumlah di-Like : belum ada like
sharing dong bun..ada yg minum jamu kunyit asem sirih gak setelah melahirkan caesar??
   
27-01-2016 18:01:26 rumput fatimah
Jumlah Posts : 558
Jumlah di-Like : belum ada like
rumput fatimah itu khasiatnya buat ngencengin rahim bun..normalin rahim setelah melahirkan biar kembali seperti semula ukurannya.. makanya kalo yg udah lahiran pasti bnyak deh yg minum itu..tp kalo buat lahiran atau kontraksi aduh jangan coba2 deh bun..
   
17-11-2015 20:05:43 ambeien bisa lahir normal
Jumlah Posts : 10
Jumlah di-Like : belum ada like
waktu hamil sy gak ambeien,tp setelah melahirkan malah ambeien sampai skrg blm sembuh padahal dah 3 bln.dah periksa kedokter sama minum obat herbal pun blm sembuh.kira2 bunda2 tau gak ya obatnya apa?
   
18-07-2015 23:10:16 tidak mens setelah melahirkan
Jumlah Posts : 689
Jumlah di-Like : belum ada like

Siklus Menstruasi Pasca Melahirkan

Posted:2015-06-10 15:50:26


 

Pasca melahirkan siklus menstruasi Bunda tidak teratur? Terkadang sebulan bisa menstruasi dua kali dan dalam tempo yang lama, terkadang tidak menstruasi sama sekali. Atau bahkan ada yang belum menstruasi hingga si kecil berusia 1,5 tahun. Hal ini tidak jarang membuat Bunda kuatir dan merasa ada sesuatu yang tidak normal. Jangan kuatir,Bun. Yuk, simak artikel berikut.

Penyebab tidak teratur
Sebelum kita mencari tahu solusinya kita perlu tahu apa yang menyebabkan menstruasi tidak teratur pasca melahirkan. Menstruasi tidak teratur pasca melahirkan disebabkan beberapa faktor:
1. Perdarahan pasca melahirkan
Sebenarnya perdarahan ini bukanlah darah menstruasi. Darah yang keluar ini adalah darah yang tersisa dari perdarahan yang terjadi di dalam rahim. Darah ini akan berkurang dan hilang perlahan setelah 4-5 minggu.
2. Fisik dan mental
Setelah melahirkan fisik dan mental Bunda mungkin terlalu lelah. Ditambah lagi kesibukan mengurus si kecil yang membuat Bunda sulit beristirahat. Bunda bisa stress. Hal ini mempengaruhi siklus menstruasi Bunda. Peran Ayah sangat diperlukan dalam kondisi ini supaya fisik dan mental Bunda perlahan kembali pulih.
3. Menyusui
Pada saat menyusui tubuh memproduksi hormon proklatin. Hormon prolaktin berfungsi untuk meningkatkan kelenjar hipofisis supaya Air Susu Ibu (ASI) berproduksi lebih banyak. Proses ini menekan ovulasi sehingga membuat siklus menstruasi tidak teratur.

Solusi
Siklus mentruasi yang tidak teratur saat ini hanya bersifat sementara dan itu semua normal. Jadi, Bunda tidak perlu mengonsumsi obat-obatan yang tidak perlu. Diet seimbang dengan nutrisi lengkap setiap hari, olahraga ringan, banyak minum air putih, jus buah dan sayur, istirahat dan tidur yang cukup dapat menghindarkan Bunda dari stress yang bisa mempengaruhi siklus menstruasi Bunda.

Nah, Bunda tidak perlu kuatir lagi. Karena terganggunya siklus menstruasi ini dialami hampir semua wanita pasca melahirkan. Bila Bunda ragu, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan Bunda.

Tips:
Konsumsi suplemen asam folat sebagai penunjang nutrisi tambahan Bunda pasca melahirkan dan selama menyus

   
05-07-2015 17:58:13 Asi saya kering
Jumlah Posts : 437
Jumlah di-Like : belum ada like
Dashyatnya Manfaat Air Susu Ibu (ASI)
Manusia minum air susu manusia, sapi minum air susu sapi, ini merupakan prinsip yang tak dapat diubah. Namun entah mulai kapan di bawah dorongan propaganda beraneka rupa iklan susu bubuk, membuat masyarakat pada umumnya mempunyai pemikiran yang salah, yakni susu sapi adalah yang terbaik, baru kemudian air susu ibu (ASI). Namun pada kenyataannya, coba kita pikirkan, tiap pabrik susu bubuk dengan segala upaya memperbaiki susunan gizi dalam susu bubuk, tujuannya adalah supaya kualitas susu bubuknya sebisa mungkin mirip dengan kualitas ASI. Maka jelas ASI adalah pilihan paling tepat bagi bayi anda.
1. Bayi cerdas sehat dan memiliki EQ yang baik
Jika tidak ada suatu masalah khusus, ASI semakin di minum akan semakin bertambah banyak, jadi tidak perlu merasa kuatir kekurangan. ASI selalu mempunyai suhu standarnya, tingkat kesegaran yang prima dan bebas bakteri, serta mudah dicerna. ASI mengandung berbagai macam zat antibodi yang berasal dari ibu, memberi perlindungan terhadap berbagai sumber penularan penyakit bagi bayi. Bayi yang minum ASI dibanding dengan bayi yang minum susu bubuk buatan, lebih jarang terjangkit bermacam penyakit akut maupun kronis. ASI juga bisa mengikuti pertumbuhan bayi dengan otomatis merubah komposisinya, untuk menyesuaikan kebutuhan setiap tahap masa pertumbuhan bayi. ASI tidak mengandung jenis protein dari benda lainnya, bisa mengurangi kemungkinan yang mengakibatkan bayi terkena alergi. ASI mengandung komposisi gizi yang sangat dibutuhkan oleh pertumbuhan otak bayi, uji klinis telah membuktikan bahwa bayi yang dibesarkan dengan ASI, IQ-nya (Intellegencia Quotient) lebih tinggi. Melalui proses menyusui, pendekatan intim antara bayi dan ibu, lebih mudah menumbuhkan EQ bayi dalam kepercayaan diri sendiri maupun orang lain.
2. Ibu sehat cantik dan ceria
Ibu yang menyusui setelah melahirkan zat oxytoxin-nya akan bertambah, sehingga dapat mengurangi jumlah darah yang keluar setelah melahirkan. Kandungan dan perut bagian bawah juga lebih cepat menyusut kembali ke bentuk normalnya. Ibu yang menyusui bisa menguras kalori lebih banyak, maka akan lebih cepat pulih ke berat tubuh sebelum hamil. Ketika menyusui, pengeluaran hormon muda bertambah, menyebabkan ibu dalam masa menyusui tidak ada kerepotan terhadap masalah menstruasi, pada masa ini juga mengurangi kemungkinan terjadinya kehamilan diluar rencana. Menyusui setelah melahirkan dapat mempercepat pemulihan kepadatan tulang, mengurangi kemungkinan menderita osteoporosis (keropos tulang) setelah masa menopause. Menurut statistik, menyusui juga mengurangi kemungkinan terkena kanker indung telur dan kanker payudara dalam masa menopause. Juga ibu yang menyusui tidak perlu bangun tengah malam untuk mengaduk susu bubuk, ketika pergi bertamasya juga tidak perlu membawa setumpuk botol dan kaleng susu, bukankah bisa menjadi seorang ibu yang santai dan gembira.

3. Meringankan beban pengeluaran keluarga
ASI tersedia secara alamiah, ibu hanya perlu menguasai gizi yang seimbang dan cukup, tidak perlu kuatir kekurangan. Minum ASI bisa menghemat pengeluaran tambahan tiap bulan untuk membeli susu, tidak perlu beli botol susu dan alat untuk mensterilkan. Lagi pula bayi yang minum ASI daya tahan tubuhnya lebih kuat, dan jarang menimbulkan efek alergi pada tubuh, sehingga jarang sakit dan mengurangi pengeluaran biaya pengobatan.
4. Menyayangi bumi, menyukseskan perlindungan alam
ASI bersuhu alami segar bebas bakteri, maka tak perlu dipanaskan dan disteril, bisa mengurangi pemborosan bahan bakar, lagi pula untuk memenuhi kebutuhan susu bubuk yang berlebihan, dunia kita membutuhkan berapa alam hijau, bahkan menebang pohon pelindung hutan, untuk memelihara sapi perah yang lebih banyak? Melepaskan susu bubuk dan menggunakan ASI, bisa menghemat berapa banyak sampah botol dan kaleng susu yang dibuang? Jika setiap wanita setelah melahirkan mau menyusui dengan ASI selama 1 tahun, tentunya akan menghemat berapa banyak pembalut wanita?

Sumber: dr. Zhan