SITE STATUS
Jumlah Member :
493.719 member
user online :
1397 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: mie gelas untuk ibu hamil

New Topic :  
Jumlah Posts : 11
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda, sya mau nanya istri sy sedang hamil 27 minggu , klo mlm kaki smpai pangkal paha sering kram, itu knp ya bunda,,,??
Trus untuk ibu hamil boleh tidak klo makan ikan asin dan mie instan.
trima kasih
   


25-03-2014 13:42:54 bahaya ga?
Jumlah Posts : 83
Jumlah di-Like : belum ada like
tp bunda @rina kalo bs kurangin makan mie ny soalny kata tmn saya yg bidan sebenerny mie itu ga baik untuk ibu hamil karena mengadung pengawet jd ntr bs menyebabkan ke autisan ke ankny begitu bun tp amit2 deh bun lebih baik kita makan yg sehat2 aj :)
   
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like


Bagi calon ibu muda pasti sudah kenal akrab dengan yang namanya mual dan muntah saat 3 bulan pertama kehamilan (Trimester pertama kehamilan)biasa disebut dengan Morning Sickness.

Ada tingkat derajat mual yang berbeda-beda pada setiap wanita hamil, ada yang biasa-biasa saja tidak merasakan apa-apa, tapi ada juga yang merasa mual dan bahkan tak jarang ada yang merasa sangat mual dan muntah setiap saat sehingga sangat dianjurkan untuk menjalankan pengobatan (hiperemesis gravidarum).

Perlu diingat setiap wanita hamil memiliki karakteristik tersendiri masing-masing, begitu pula anda!

Beberapa tips untuk membantu anda mengatasi “morning sickness” atau mual-muntah selama awal kehamilan:

1. Utamakan makanan berkarbohidrat yang ringan, seperti keripik kentang, biskuit sayur, atau biskuit beraroma lemon yang akan membuat rasa eneg menghilang. Makanan ini kaya akan gula penghasil energi, serta kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Usai makan keripik kentang, minumlah air jeruk manis. Kombinasi asin-asam ini bisa mengenyahkan rasa mual.

2. Makan makanan yang mengandung jahe, karena jahe punya rasa pedas yang akan menghilangkan rasa mual. Anda bisa mencoba memasukkan sepotong jahe dalam sup. Mengudap biskuit jahe atau permen jahe juga boleh dilakukan.

3. Vitamin B6 (harus dengan resep dokter), yang biasanya diajurkan untuk kehamilan trimester pertama dengan gejala morning sickness yang parah.

4. Minyak lavender atau minyak lemon. Masukkan kedua jenis minyak esensial ini ke dalam botol kecil untuk dihirup saat Anda merasa mual, atau usapkan sedikit di pergelangan tangan. Aromaterapi bisa membuat Anda dan perut Anda rileks.

5. Bedakan saat minum dan makan. Memang Anda harus minum air putih minimal 8 gelas per hari. Namun Anda tidak harus meminumnya bersamaan saat makan. Kadang-kadang mual bisa dihindari dengan mengganti minuman dengan makanan. Atau, minumlah satu jam sebelum atau sesudah makan.

6. Makan makanan berkarbohidrat. Bentuknya tidak harus nasi, tetapi juga biskuit, roti bakar, atau sereal kering.

7. Siapkan es, air dan perasan jeruk lemon, kemudian blender. Minuman ini bisa menghilangkan dehidrasi; selain itu efek lemon juga menghilangkan rasa mual karena rasa asamnya.

Ingat! Hubungi dokter anda bila mual-muntah menjadi sangat hebat, sehingga anda tidak dapat makan atau minum apapun juga sehingga dapat menimbulkan kekurangan cairan/dehidrasi.

Banyak tips-tips berguna untuk ibu hamil bisa didapatkan disini. Atau dapat saling sharing mengenai pengalaman pribadi ketika dalam masa kehamilan.
   


Jumlah Posts : 34
Jumlah di-Like : 1
Iya bunda Lotta, tapi klo laper pasti nikmat juga klo nyantap mie instan hehehehe...Kata Dokter, untuk ibu hamil makan apa sja selama bundanya tidak mual atao muntah. Natar klo dah mual past gak ada yg masuk
   
17-04-2011 05:53:32 Diet Sehat untuk Ibu Hamil
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
Resep Bunda kali ini ingin berbagi tentang mengenai makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan bayi dalam kandungan.

Sepanjang kehamilan, kebutuhan zat gizi mengalami peningkatan. Terutama pada trimester I saat terjadi pembentukan organ-organ vital, lalu trimester II sewaktu janin mengalami pertumbuhan terbesar, dan trimester III disaat semua fungsi tubuhnya mengalami pematangan.
 

KEBUTUHAN GIZI IBU HAMIL

Kalori
Selama hamil, ibu membutuhkan tambahan energi/kalori untuk pertumbuhan dan perkembangan janin, juga plasenta, jaringan payudara, cadangan lemak, serta untuk perubahan metabolisme yang terjadi. Di trimester II dan III, kebutuhan kalori tambahan ini berkisar 300 kalori per hari dibanding saat tidak hamil.

Protein
Kebutuhan protein bagi wanita hamil adalah sekitar 60 gram. Artinya, wanita hamil butuh protein 10-15 gram lebih tinggi dari kebutuhan wanita yang tidak hamil. Protein tersebut dibutuhkan untuk membentuk jaringan baru, maupun plasenta dan janin. Protein juga dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dan diferensiasi sel.

Lemak
Pertumbuhan dan perkembangan janin selama dalam kandungan membutuhkan lemak sebagai sumber kalori utama. Lemak merupakan sumber tenaga yang vital dan untuk pertumbuhan jaringan plasenta. Pada kehamilan yang normal, kadar lemak dalam aliran darah akan meningkat pada akhir trimester III. Tubuh wanita hamil juga menyimpan lemak yang akan mendukung persiapannya untuk menyusui setelah bayi lahir.

Karbohidrat
Karbohidrat merupakan sumber utama untuk tambahan kalori yang dibutuhkan selama kehamilan. Pertumbuhan dan perkembangan janin selama dalam kandungan membutuhkan karbohidrat sebagai sumber kalori utama. Pilihan yang dianjurkan adalah karbohidrat kompleks seperti roti, serealia, nasi dan pasta. Selain mengandung vitamin dan mineral, karbohidrat kompleks juga meningkatkan asupan serat yang dianjurkan selama hamil untuk mencegah terjadinya konstipasi atau sulit buang air besar dan wasir.

Vitamin dan Mineral
Wanita hamil juga membutuhkan lebih banyak vitamin dan mineral dibanding sebelum hamil. Ini perlu untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin serta proses diferensiasi sel. Tak cuma itu. Tambahan zat gizi lain yang penting juga dibutuhkan untuk membantu proses metabolisme energi seperti vitamin B1, vitamin B2, niasin, dan asam pantotenat. Vitamin B6 dan B12 diperlukan untuk membentuk DNA dan sel-sel darah merah, sedangkan Vitamin B6 juga berperan penting dalam metabolisme asam amino.
Kebutuhan vitamin A dan C juga meningkat selama hamil. Begitu juga kebutuhan mineral, terutama magnesium dan zat besi. Magnesium dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dari jaringan lunak. Sedangkan zat besi dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah dan sangat penting untuk pertumbuhan dan metabolisme energi, disamping untuk meminimalkan peluang terjadinya anemia. Kebutuhan zat besi menjadi dua kali lipat dibandingkan sebelum hamil.

Berikut adalah Tips Sederhana untuk Ibu hamil :

  1. Merubah Cara Makan
    Pada kehamilan anda membutuhkan lebih banyak konsumsi protein, kalori (untuk energi), vitamin dan mineral seperti asam folat dan zat besi untuk perkembangan bayi. Pilih sumber protein yang mengandung asam amino lengkap, seperti telur dan susu. Untuk lemak tak jenuh, pilih ikan tuna, salmon dan lain-lain yang mengandung DHA tinggi, yang baik untuk perkembangan otak janin.
  2. Perhatikan Jadwal Makan
    Jangan menunda-nunda makan pagi, siang maupun malam, serta makan makanan selingan, agar asupan gizi ke tubuh Anda dan bayi anda berjalan lancar.
  3. Jangan Sepelekan Sarapan
    Pada pagi hari, kadar gula menurun, setelah semalaman perut kosong. Dengan sarapan, energi Anda terisi, sehingga aktivitas kerja pun tidak terganggu.
  4. Makanlah dalam jumlah sedikit namun sering
    Tetap penuhi kebutuhan nutrisi dengan ngemil. Terutama buat ibu hamil yang mengalami muntah-muntah sehingga selera makannya turun, dan malas makan makanan berat. Saat muntah, makanan yang sudah masuk ke perut keluar lagi, sehingga tubuh dan janin kehilangan asupan nutrisi. Dengan cara ngemil, maka asupan nutrisi bisa dijaga dengan baik.
  5. Hindari makanan yang menggunakan bumbu yang merangsang (terlalu pedas, terlalu gurih, terlalu asam), memiliki aroma yang menyengat, berlemak, dan berminyak
  6. Jangan membiarkan perut dalam keadaan kosong atau lapar
    Bila sedang tak nafsu makan, cobalah untuk mengonsumsi telur, kacang-kacangan rendah garam, atau gandum. Bagaimanapun, janin membutuhkan asupan nutrisi.
  7. Perbanyak Minum
    Minum air putih yang disarankan adalah sedikitnya 10 – 12 gelas per hari. Cairan dibutuhkan untuk membangun sel darah merah bayi untuk system sirkulasinya, cairan ketuban. Tubuh anda juga perlu air selama kehamilan untuk mengatasi konstipasi dan mengatur suhu tubuh anda.
  8. Perbanyak Makanan Berserat, Buah – Buahan dan Sayuran
  9. Hindari Makanan Yang Dapat Membahayakan Ibu dan Janin
    Ibu Hamil harus menghindari makanan berbahaya demi kesehatan diri dan janinnya. Hindarilah makanan seperti daging mentah, ikan mentah dan telur mentah, keju lunak, susu yang tidak dipasteriusasi, alcohol, juga cafein.
  10. Istirahat yang Cukup
    Waktu istirahat yang dianjurkan adalah 8 jam.

Contoh Menu Untuk Ibu Hamil : (disusun oleh tim Resep Bunda)

Makan Pagi :
- Nasi Tim Ayam Spesial
- Sup Wortel
- Melon Potong
- Susu Khusus Ibu Hamil

Selingan Pagi : Puding Buah Ala Bunda

Makan Siang :
- Nasi Aroma
- Gepuk Gulung
- Pepes Tahu
- Cah Sayuran
- Jus Strawberry

Selingan Sore : Mixed Fruits

Makan Malam :
- Baked Potatoes
- Chicken Steak Caseur Sauce
- Vegetable City
- Hungarian Goulash
- Orange Smoothy
- Susu Khusus Ibu Hamil


Artikel lengkap, bisa bunda lihat di : http://www.resepbunda.biz/2011/04/01/catering-diet-sehat-ibu-hamil/

   


Jumlah Posts : 850
Jumlah di-Like : 15
mie instan sebaiknya dihindari karena selain gizinya kurang juga berpengawet

Jawabnya ternyata tak harus, sepanjang si ibu dapat memenuhi kebutuhan makanan buat berdua, yakni buat dirinya dan calon bayi.

Nah, seberapa cukup makanan yang harus dikonsumsi bagi wanita yang tengah berbadan dua? Rekomendasi National Research Council menyebutkan, ibu hamil disarankan mengonsumsi jumlah kalori 2500 kalori, selisih 300 kalori saja dengan wanita yang tidak hamil (disyaratkan asupan kalori 2200 kal).

Susu khusus ibu hamil sebenarnya tak begitu dibutuhkan sepanjang pola makan ibu hamil terjaga, baik bagi kesehatan pribadi si ibu atau untuk pertumbuhan si janin. Nah, masalahnya adalah saat perempuan hamil muda, kualitas maupun kuantitas makanan kadang tak terpenuhi. Makanya banyak wanita hamil yang memilih mengonsumsi suplemen, termasuk susu khusus ibu hamil.

Pilihan itu tak sepenuhnya salah sih, hanya lantas jangan menjadi doktrin bahwa ibu yang tengah mengandung wajib hukumnya minum susu khusus untuk ibu hamil. Yang perlu ditekankan justru agar para ibu hamil mengonsumsi suplemen zat besi untuk mencegah anemia.

Lantas, kapan sih ibu hamil wajib minum susu? Tergantung. Ada beberapa kondisi kehamilan yang mewajibkan ibu harus meminumnya, misalnya mereka yang terus-menerus mual pada trimester pertama, tak jarang malah sering muntah. Jika si kondisi ibu hamil seperti itu, susu memang bisa menjadi alternatif sebagai makanan pengganti yang sama kandungan gizinya. Namun ternyata tak harus susu khusus ibu hamil lho, susu biasa yang diminum sebelum hamil tetap dapat dikonsumsi.

Pasalnya, tubuh ibu hamil sudah mempersiapkan diri sedemikian rupa sebelum dia hamil, sehingga meski muntah-muntah, nutrisi yang tersimpan dalam tubuh dapat dijadikan pengganti untuk ibu hamil yang tak bisa makan. Namun sebagai langkah aman, asupan zat gizi, opsinya ya susu itu, harus tetap dilakukan.

Bagaimana kalau ada anggapan minum susu khusus ibu hamil bikin bayi cerdas? Agak salah kaprah memang. Banyak ibu yang beranggapan dengan minum susu khusus, nanti anak lahir cerdas dengan sendirinya. Padahal tidak demikian, lho. Kecerdasan bayi ditentukan banyak hal. Bila hanya minum susu selama hamil, namun begitu si bayi lahir tak dirangsang, juga lingkungan tak kondusif mengakibatkan tumbuh-kembang bayi tak optimal. Boro-boro jadi cerdas

Jadi, minum susu khusus orang hamil boleh kok. Tapi ya itu, jangan timbul anggapan berlebihan si bayi langsung cerdas dari sononya


   
Jumlah Posts : 33
Jumlah di-Like : 1
dear bunda2...
aku mau tanya nih bun..apa mie instan berbahaya untuk ibu hamil karena mengandung zat pengawet dan penyedap? dan apa yah bun efek ke janin kita kalo kita sering makan mie instan?? kapan waktu yg tidak berbahaya untuk bs makan mie instan,berapa minggu or berapa bln sekali yah bun amannya??

terimakasih sebelumnya bunda2 mau membantu saya menjawab pertanyaan saya diatas..
   
12-08-2010 12:10:28 Muntah
Jumlah Posts : 49
Jumlah di-Like : 1
Dear Bunda....

Bund, kehamilan aku baru 10 minggu..wkt kemarin aku ikut puasa, nah pas wkt nya buka aku muntah2....wkt dulu pas aku blom hamil aku biasa minum obat promaag 2 biji, minum nya juga ketika saur..nah skrng giliran aku sdng hamil aku cuma bisa minum obat maag yg di beri sama dokter.. tp itu ga cock sampe obat nya mau habis maag ku masih kerasa...
Bunda tau ga obat maag apa yg baik untuk ibu hamil ?
aku pengen bngt puasa lg...
 trs , kata nya klo sdng hamil ga boleh banyak2 makan mie instan ya Bund ??

Bunda aku minta saran nya ya....
sebelum nya aku ucapin banyak terima kasih...^^
   
23-07-2010 14:25:37 Stop asam folat?
Jumlah Posts : 139
Jumlah di-Like : 1
sy ada artikel ttg asam folat bun, semoga bermanfaat ...

Pengertian Asam Folat
Folasin dan folat adalah nama generik sekelompok ikatan yang secara kimiawi dan gizi sama dengan asam folat. Ikatan-ikatan ini berperan sebagai koenzim dalam transportasi pecahan-pecahan karbon-tunggal dalam metabolisme asam amino dan sintesis asam nukleat. Bentuk koenzim ini adalah tetra hidrofolat.

Fungsi Asam Folat
Fungsi utama koenzim folat (THFA) adalah memindahkan atom karbon tunggal dalam bentuk gugus formil, hidroksi metil atau metal dalam reaksi penting metabolisme beberapa asam amino dan sintesis asam nukleat. THFA berperan dalam sintesis purin-purin guanin dan adenin serta pirimidin timin, yaitu senyawa-senyawa yang digunakan dalam pembentukan asam-asam deoksiribonukleat (DNA) dan asam ribonukleat acid (RNA). Folat juga dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah dan sel darah putih dalam sumsum tulang dan untuk pendewasaannya. Folat berperan sebagai pembawa karbon tunggal dalam pembentukan hem. Suplementasi folat dapat banyak menyembuhkan anemia pernisiosa.

Sumber/ Penghasil Asam folat
Folat terutama terdapat dalam sayuran hijau (istilah folat berasal dari kata latin folium, yang berarti daun hijau), hati, daging tanpa lemak, serealia utuh, biji-bijian, kacang-kacangan, dan jeruk. Vitamin C yang ada dalam jeruk menghambat kerusakan folat. Bahan yang tidak banyak mengandung folat adalah susu, umbi-umbian, dan buah kecuali jeruk.Hanya saja, hati sapi mengandung vitamin A cukup tinggi yang tidak dianjurkan diberikan kepada ibu hamil karena dapat menyebabkan gangguan kahamilan. Oleh sebab itu digantikan oleh susu, karena susu dan tepung terigu telah difortifikasi mengandung asam folat tinggi.

Defisiensi Asam Folat
Kekurangan asam folat menyebabkan gangguan metabolisme DNA. Akibatnya terjadi perubahan dalam morfologi intisel terutama sel-sel yang cepat membelah, seperti sel darah merah, sel darah putih serta sel-sel epitel lambung dan usus, vagina, dan servik rahim. Kekurangan folat menghambat penyembuhan, menyebabkan anemia megaloblastik dan gangguan darah lain, peradangan lidah (glositis) dan gangguan saluran cerna. Alkohol mengganggu absorbsi dan menungkatkan ekskresi folat. Kekurangan folat dapat terjadi karena kurangnya konsumsi, terganggunya absorbsi, kebutuhan metabolisme yang meningkat akan vitamin ini atau pada pembelahan sel yang berjalan sangat cepat. Pengaruh obat-obatan dan kecanduan alkohol. Kurangnya konsumsi folat terutama terjadi pada masyarakat berpenghasilan rendah yang tidak dapat memperoleh makanan kaya folat secara teratur. Kurang konsumsi dapat juga terjadi pada manula yang susunan makanannya terbatas. Penggunaan folat dapat mengganggu pada kekurangan protein dan pada keadaan dimana kebutuhan meningkat, seperti pada kehamilan, anemia hemolitik, leukemia, dan penggunaan obat-obatan tertentu. Gangguan absorbsi terjadi pada kerusakan saluran cerna, pada penyakit coeliac atau pada sprue tropis. Kebutuhan folat meningkat pada kehamilan, menyusui, anemia hemolitik dan leukemia.

Bagi ibu hamil
Pada ibu hamil, kekurangan asam folat menyebabkan meningkatnya resiko anemia, sehingga ibu mudah lelah, letih, lesu dan pucat serta bisa menyebabkan keguguran. Kebutuhan asam folat untuk ibu hamil dan usia subur sebanyak 400 mikrogram/ hari atau sama dengan 2 (dua) gelas susu. Mengkonsumsi asam folat tidak hanya ketika hamil, tetapi sebelum hamil juga sangat dianjurkan mengkonsumsi asam folat. Asam folat juga penting dalam membantu pembelahan sel. Asam folat bisa mencegah anemia dan menurunkan resiko terjadinya NTD (Neural Tube Deffects) dan sebagai antidepresan. Bagi janin, kekurangan asam folat pada ibu hamil, bisa menyebabkan terjadinya kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Bayi mengalami kecacatan pada otak dan sumsum tulang belakang, menyebabkan bayi lahir dengan bibir sumbing, bayi lahir dengan berat badan rendah, Down’s Syndrome, bayi mengalami kelainan pembuluh darah, rusaknya endotel pipa yang melapisi pembuluh darah, menyebabkan lepasnya plasenta sebelum waktunya. Kelainan lainnya adalah bayi mengalami gangguan buang air besar dan kecil, anak tidak bisa berjalan tegak dan emosi tinggi. Pada anak perempuan, saat dewasa tidak mengalami menstruasi.

Referensi
Almatsier, S. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Gramedia: Jakarta, 2004.


   
15-02-2010 09:25:25 minum susu saat hamil
Jumlah Posts : 144
Jumlah di-Like : 10
@ bunda

Bunda...minum susu ibu hamil itu sebetulnya sangat penting...seperti yang bunda lotta dan bunda dedeh bilang..krn dalam susu khusu ibu hamil itu mengandung kecukupan gizi..
Tapi bila bunda seperti bunda loli popo..yang setelah minum susu keluar lagi..lebih baik bunda akalin dengan yang lain...seperti minum susu yang lain yang bunda suka..tapi jangan susu kental manis yach...takutnya gula darahnya naik krn gulanya banyak banget..hehehehe...(klo gula darah naik tidak bagus untuk ibu hamil)
Tapi klo bunda ingin tetap minum susu bumil (ibu hamil)..bunda usahakan minum walaupun sedikit....jangan terlalu dipaksakan minum tapi nantinya keluar lagi....dulua saya gak bisa minum susu bumil, saya ganti dengan susu yang saya suka...tapi lama kelamaan saya coba susu khusus bumi..walaupun buatnya segelas belimbing..yang diminumnya hanya 1/4 - 1/2 gelas aja..sisanya kebuang....krn pirinsip saya yang penting masuk dikit dari pada masuk banya tapi keluar lagi semuanya..(termasuk makanan yang sudah masuk)..

salam kenal
bunda mutia
   
Jumlah Posts : 40
Jumlah di-Like : 4
salam bunda2 semua... saya juga awalnya pengen bngt makan tape tapi yang dari ketan, karena ngeliat suami makan itu. tapi saya abis2an dilarang sama suami karena kata mertua orang hamil gak boleh makan itu. meski dokter saya bilang gak ada larangan ibu hamil makan apa aja. tapi karena penasaran, saya coba cari2 sendiri info di internet, dan nemu artikel yang mungkiin perlu bunda2 baca hingga tuntas. semoga bermanfaat

Sudah bisa dipastikan alkohol berbahaya untuk ibu hamil. Konsumsi alkohol pada ibu hamil dapat membahayakan janin. Namun bagaimana dengan alkohol yang “tersembunyi” di makanan dan minuman? Berbahayakah?

Alkohol jelas berbahaya untuk janin jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Tahun 1968 seorang dokter asal Prancis, P. Lemoine menemukan hubungan kelainan yang diderita 127 balita dengan kebiasaan ibu minum alkohol selama hamil, yang disebut Fetal Alcohol Syndrome (FAS). Selain itu, alkohol juga dapat membuat tingkat kecerdasan dan kemampuan kognitif anak menurun jika dibandingkan dengan anak-anak sebayanya.

Bayi yang mengidap Fetal Alcohol Syndrome (FAS)  akibat ibu minum alkohol selama hamil, memiliki ciri:
  • Lahir dengan berat badan di bawah normal (BBLR).
  • Panjang tubuh saat lahir lebih pendek dari normal.
  • Lingkar kepala lebih kecil.
  • Menderita kelainan pertumbuhan dan pembentukan wajah.
  • Menderita kelainan persendian tungkai dan lengan.
  • Kemampuan koordinasi gerakan tubuh lambat.
  • Mengalami gangguan belajar.
  • Ingatan pendek, tidak mampu mengingat dalam jangka panjang.
Alkohol pada makanan. Masalahnya, seringkali kita tidak mengetahui bahwa di dalam makanan tersebut mengandung alkohol. Lalu bagaimana? Apakah aman mengonsumsi makanan yang mengandung alkohol?

Belum ada kesepakatan di kalangan ahli tentang jumlah alkohol yang aman dikonsumsi ibu hamil. Ada yang menyatakan aman bila hanya minum sesekali, ada juga yang sama sekali melarang. Riset membuktikan, pemberian alkohol dosis kecil pada hewan percobaan menunjukkan adanya kerusakan sel otak dan gangguan saraf. Namun, riset  sejenis belum dapat dilakukan pada manusia karena teknis risetnya (pemberian dengan sengaja) dinilai kurang etis.

Karena masih terjadi pro-kontra tentang konsumsi alkohol selama hamil serta batas volume alkohol yang aman bagi janin, agar tumbuh-kembang janin lancar dan “sucihama” sebaiknya saat hamil sama sekali tidak mengonsumsi alkohol, termasuk yang ada di makanan.

Karena itu, ketahui alkohol yang “tersembunyi” di makanan dan obat agar bisa dihindari sama sekali atau dikonsumsi secara bijak.     
  • Alkohol sebagai penyedap masakan, populer di masakan Cina, Jepang, Korea dan Western food. Penyedap ini ada yang berupa Ang Chiu, yang biasanya digunakan untuk penyedap masakan untuk daging, tim ayam, sea food dan sayur mayur, Lo Wong Chiu, saus penyedap masakan daging, tim ayam, sea food dan sayur mayur, atau cooking wine untuk tumisan. Aroma muncul saat dipanaskan dan alkohol dibubuhkan ke wajan.
  • Alkohol di kue, umumnya kue  “impor” dari Barat seperti Black Forest, vla di Sus, Rhum Balls dan Butter Rhum Cake yang mengandung rhum dengan kadar alkohol 30%. Cherry Nougat dan Brandy Snaps mengandung brandy, Chocolate Coffee Liqueur mengandung liqueur.
  • Alkohol di BBQ, untuk melunakkan daging dan menciptakan aroma khas. Jenisnya, arak putih atau anggur beras ketan.
  • Alkohol di mie; mie goreng ayam, udang, sea food kadang ditambahkan arak putih, arak merah atau mirin untuk menambah selera.
  • Alkohol di campuran minuman; minuman ala kafe dengan nama atraktif dan berkonotasi buah seperti avacado fload, lemon squash, orange punch kadang dibubuhi rhum atau alkohol lain untuk menimbulkan sensasi khusus. Tanyakan ke pramusaji.
  • Alkohol di obat; digunakan sebagai pelarut bahan obat. Anggur Beras Putih digunakan sebagai rendaman obat Thionghoa.
  • Alkohol di hidangan tradisional; Tape ketan, tape singkong, brem, legen, tuak, atau durian fermentasi, kandungan alkohol meningkat seiring bertambahnya waktu. Contoh, fermentasi tape sehari kandungan alkoholnya 1,7%,  2 hari 3,3%. Makin tinggi  lagi jika keluar cairan.
  • Alkohol di  permen atau cokelat; Misal, liqueur di permen cokelat, kandungan alkoholnya sebanyak takaran yang dimasukkan ke adonan. Kadang tercantum di kemasannya.   
Hmm.. Sayang memang kalau jenis-jenis makanan di atas salah satunya adalah makanan favorit Anda. Tapi demi bayi Anda, tentunya Anda rela dong untuk pantang makan makanan yang disukai tersebut?
   
01-07-2008 07:34:24 usia kehamilan
Jumlah Posts : 1000
Jumlah di-Like : 11
hai calon bunda... wah selamat yaa atas kehamilan pertamanya, dijaga baik2 yaa kandungannya. klo setau saya sich biasanya ada 2 cara untuk menghitung usia kehamilan, cara yg pertama dgn tabel Gestasi bisa mengacu dari HPHT(hari pertama haid terakhir) dan cara ke 2 dgn USG. maaf, haid terakhir tgl 20 May maksud bunda itu hari selesai haid atau hari pertama haid yaa? karena yg benar itu yg di hitung hari pertama haid terakhir artinya siklus haid bunda yg terakhir di hari pertama. nah klo tgl. 20 May 2008 adalah hari pertama haid terakhir bunda, berarti tgl. 26 juni ini usia kehamilan bunda adalah 1 minggu, berarti DSOG bunda menghitung dgn cara table Gestasi mengacu dgn HPHT. tp seiring dgn tumbuhnya janin di rahim bunda, semua itu bisa di singkronkan dgn alat USG untuk usia kehamilan dan perkembangan janin bunda. soal nutrisi, prinsipnya makanan sehat, bersih dan bergizi yaa bunda. Ikan, kerang, kepiting, cumi, daging, telur,ayam, hati sapi, tempe, tahu, udang, susu UHT/susu Hamil, susu segar permentasi, susu kedelai, kacang2an, sayuran hijau, beras, gandum, air mineral dan madu. minum Vitamin yg dikasih oleh DSOG. makanan yg dilarang sewaktu hamil: jgn minum jamu2an, makanan yg olahannya di bakar,obat keras, rokok, alkohol,duren, tape, nangka, nanas, mie instant,fast food dan junct food. klo usia kehamilan bunda udah memasuki 7 bulan, bunda bisa ikut senam hamil, yoga untuk ibu hamil, renang, jalan santai di pagi hari. semoga bisa bermanfaat ya bunda, salam manis & kompak sll, Bunda Nenni & Zahwa
   

(0)

Jumlah Posts : 36
Jumlah di-Like : belum ada like
halo calon ibu muda,

Masa kehamilan dihitung dari tgl pertama haid bulan terakhir. Misalnya
jatuh tgl 1 Okt 2005, maka perkiraan melahirkan adalah 8 Juli 2006.
Dengan rumus: Bulan-3 dan Tgl + 7. Hal ini pernah saya baca pada
sebuah artikel.

Dan untuk konsumsi mie instant & air es selama masa kehamilan, belum
terbukti secara kedokteran mempengaruhi besarnya janin.
Alangkah baiknya selama kehamilan asupan makanan untuk ibu hamil
adalah makanan yg bergizi baik, spt: susu, sayur, dan buah2an.
Semoga keterangan saya bisa dibermanfaat untuk anda.
:)
   

(0)

Jumlah Posts : 36
Jumlah di-Like : belum ada like
halo calon ibu muda,

Masa kehamilan dihitung dari tgl pertama haid bulan terakhir. Misalnya
jatuh tgl 1 Okt 2005, maka perkiraan melahirkan adalah 8 Juli 2006.
Dengan rumus: Bulan-3 dan Tgl + 7. Hal ini pernah saya baca pada
sebuah artikel.

Dan untuk konsumsi mie instant & air es selama masa kehamilan, belum
terbukti secara kedokteran mempengaruhi besarnya janin.
Alangkah baiknya selama kehamilan asupan makanan untuk ibu hamil
adalah makanan yg bergizi baik, spt: susu, sayur, dan buah2an.
Semoga keterangan saya bisa dibermanfaat untuk anda.
:)
   
03-09-2017 01:15:28 susu formula
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
seberapa penting sih susu formula untuk ibu hamil?