SITE STATUS
Jumlah Member :
493.768 member
user online :
1281 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: menstruasi disertai gumpalan darah hitam

New Topic :  
04-07-2011 16:12:45 Pasca keguguran
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : 1
Assalamu'alaikum wr.wb.

Tolong infonya dong bagi bunda yang punya pengalaman serupa..

Aku mengalami keguguran tgl 26 April 2011 pada usia kehamilan memasuki 8 minggu..Ini merupakan kehamilan pertamaku..
Sehari sebelum keguguran aku sempat mengalami flek dan malamnya keluar darah seperti darah menstruasi dan mulai terasa mules, sampai akhirnya janinnya keluar disertai gumpalan darah..Ketika periksa dokter, dokter hanya memberikan obat-obatan. Aku juga sempet tes tokso, hasilnya aku pernah terkena infeksi tokso sebelumnya walaupun sekarang sedang tidak terinfeksi.

Yang jadi permasalahan..setelah keguguran tersebut, dua bulan ini menstruasiku menjadi tidak seperti biasanya. Beberapa hari sebelum mens, perut terasa mules seperti mules pas keguguran kemarin, rasa gak enaknya sampe ke kaki. Rasa mules dan nyeri baru berkurang dan menghilang setelah darah mensnya keluar.

Apakah rahimku  ada masalah..ataukah kondisi tersebut merupakan hal yang normal pasca keguguran? Jujur..ada ketakutan klo nantinya sulit hamil lagi dengan kondisi seperti ini mengingat usia ku yang udah 33 thn.  Atau ada pengobatan yang mesti saya lakukan?

Sebelumya terima kasih klo ada bunda yang mau share info.

Wa'alaikum salam wr.wb.
   


18-04-2016 13:17:36 darah haid item seperti kopi
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Ada kalanya darah menstruasi menjadi lebih banyak dari pada biasanya, hal ini termasuk normal bila terjadi hanya sesekali dan tidak rutin pada setiap periode. Adanya gumpalan darah kadang terjadi, bila tidak ada gangguan pengentalan darah atau lainnya, adanya gumpalan darah disebabkan oleh derasnya aliran darah menstruasi yg luruh sedangkan waktu untuk mengencerkan darah yang dilakukan oleh antikoagulan tubuh Anda tidak secepat derasnya aliran darah yang keluar. Maka terjadilah gumpalan-gumpalan darah.  Warna darah yang leih muda sampai pekat dapat terjadi pada urutan hari menstruasi, darah yang berwarna gelap pekat umumnya terjadi di hari-hari terakhir menstruasi. Warna dan kekentalan dapat bervariasi tergantung dari kekentalan dan banyaknya luruhan dinding uterus ketika sedang masa menstruasi.

Bila gumpalan darah berukuran besar atau dalam jumlah banyak berturut-turut terjadi, maka Anda sebaiknya memeriksakan diri kepada dokter. 

   
Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like
maaf dokter,aku mau tanya apa saat usia kehamila 17w keluar gumpalan darah itu wajar? baru terjadi 1 jam yg lalu. bbrp hari yg lalu hanya flek dan bercak darah saja. sudah periksa namun katanya normal,tapi baru kali ini keluar darah disertai gumpalan darah. saya khawatir dok.
   


22-02-2013 15:51:30 gumpalan darah haid
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Dok kenapa ya setiap saya menstruasi mengeluarkan gumpalan darah, dan sedikit darah cair berwarna merah pekat, menstruasinya hanya berlangsung 5 hari, saya sudah mengalami ini dari 5 bulan yang lalu, apa ini normal atau ada penyakit lain dok tolong jelasin yaaaa

Dari : Dinda clara AD

Jawaban:


Dear Bunda dindaclara,


Ada kalanya darah menstruasi menjadi lebih banyak dari pada biasanya, hal ini termasuk normal bila terjadi hanya sesekali dan tidak rutin pada setiap periode. Adanya gumpalan darah kadang terjadi, bila tidak ada gangguan pengentalan darah atau lainnya, adanya gumpalan darah disebabkan oleh derasnya aliran darah menstruasi yg luruh sedangkan waktu untuk mengencerkan darah yang dilakukan oleh antikoagulan tubuh Anda tidak secepat derasnya aliran darah yang keluar. Maka terjadilah gumpalan-gumpalan darah.  Warna darah yang leih muda sampai pekat dapat terjadi pada urutan hari menstruasi, darah yang berwarna gelap pekat umumnya terjadi di hari-hari terakhir menstruasi. Warna dan kekentalan dapat bervariasi tergantung dari kekentalan dan banyaknya luruhan dinding uterus ketika sedang masa menstruasi.


Bila gumpalan darah berukuran besar atau dalam jumlah banyak berturut-turut terjadi, maka Anda sebaiknya memeriksakan diri kepada dokter. Hal-hal yang  umumnya menyebabkan kelainan pada siklus menstruasi antara lain adanya tumor jinak pada uterus, adanya ketidak seimbangan hormonal, adanya gangguan faktor pembekuan darah atau pada perempuan yang sudah menikah dapat terjadi abortus yang tidak di ketahui.


   
06-05-2011 09:57:00 pengen hamil
Jumlah Posts : 108
Jumlah di-Like : 3
@bunda ceny : abortus spontan komplek itu keguguran seluruhnya bun biasanya darah keluar beserta kantung janin ..biasanya kalu diusg rahim kita udah bersih tanpa kuret..dan mungkin abortus spontan itu terjadi masa kehamilan 1 bulan,kemaren aku jd abortus spontan komplek usia kehamilanku 4weeks..pertama flex ..besok malamnya aku pendarahan keluar gumpalan darah hitam
..dan bbrp jam kemudian keluar seperti telur ..ada air di dalamnya nah itu nmnya kantung janin *kata dokter ku*aku kemarin sih ga dikuret bun soalnya waktu usg rahimku sdh bersih tp aku blum cekup lg untuk memastikannya.
   


06-05-2011 09:48:11 pengen hamil
Jumlah Posts : 108
Jumlah di-Like : 3
@bunda ceny : abortus spontan komplek itu keguguran seluruhnya bun biasanya darah keluar beserta kantung janin ..biasanya kalu diusg rahim kita udah bersih tanpa kuret..dan mungkin abortus spontan itu terjadi masa kehamilan 1 bulan,kemaren aku jd abortus spontan komplek usia kehamilanku 4weeks..pertama flex ..besok malamnya aku pendarahan keluar gumpalan darah hitam
..dan bbrp jam kemudian keluar seperti telur ..ada air di dalamnya nah itu nmnya kantung janin *kata dokter ku*aku kemarin sih ga dikuret bun soalnya waktu usg rahimku sdh bersih tp aku blum cekup lg untuk memastikannya.
   
30-04-2011 18:37:40 Help. Vacum atau Obat?
Jumlah Posts : 396
Jumlah di-Like : 1
Hi bunda salam kenal..

vacum itu apa ya bun?
ak juga thn lalu keguguran karen BO ( janin tdk berkembang) usia kehamilan 6w, sebelumnya ak mengalami pendarahan dan keluar gumpalan darah hitam, klo susternya bilang siy itu jaringannya yg keluar.. jadi pas di USG janinnya udah luruh tinggal kantung janinnya aja dan itu pun bentuknya ngga sesuai dengan usia kandunganku..  Jadi dokter memutuskan u/ mengeluarkan janin & kantung janinnya dengan di kuret bun..

Ada koq bun salah satu bunda di sini yg pakai cytotec, coba bunda tanya lebih detail lagi ke bunda WiseLoveHope tentang obat cytotec..

Semoga membantu bunda 
   
25-03-2015 06:51:17 telat 8 hari tapi tp -
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like

assalam bu bidan.. mau nanya, sy dtg haid warna kecoklatan di bulan jan selama dua hari tanggal 22, dan 23 sorenya baru mulai keluar darah sampai tanggal 29, terus taggal 20 feb sy dtg haid lge sampai tggl 27, nah bulan ini menstruasi sy kayaknya seperti terlambat 2 hari seharusnya tggl 21 maret ini udah dtg tp belum dtg lge sampai tggl 23 kelmaren keluar warna coklat tapi dikit aja setetes sampai tggl 24 hri ini, sore klmaren udah agak banyak dikit tp masih coklat dan gelap kali disertai dengan kram kayak menstruasi, udah sy tespek pgi kelmaren tp hasilnya negatif..dan pagi ini keluar darah yang lancar disertai dengan gumpalan darah sebesar ibu jempol, sy biasanya nga pernah ngalamin keluar darah gumpalan seperti ini dan nga pernah telat haidnya, dan biasanya hari pertama aja keluar warna cklatnya nga berlnsung selama dua hari dan darahnya lancar terus.. apakah sy hamil atau ada penyakit yang lain? mohon bantuannya y bu bidan.. trimas.. :)

   
15-01-2013 13:19:09 pendarahan saat hamil muda
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
 Salam Kenal Bunda....Saya seorang pengantin baru, dan ingin segera punya anak...sudah 2 hari ini saya menstruasi tapi sekarang yang klr hanya flek saja....padahal biasanya siklus menstruasi saya 4-5 hr...dan biasanya juga kalau menstruasi disertai keluar gumpalan darah...tapi kali ini nggak...knp ya???saya perlu periksa kedokter nggak ya??
   
30-05-2017 22:03:07 flek di hamil 5 week
Jumlah Posts : 24
Jumlah di-Like : belum ada like
Salam kenal ya.. aq baru di forum ini.
aq mau tanya sama bunda2.
aq nikah udh 1 tahun 5 bulan blom dikasih beby. 30 maret 2017 aq trakhir menstruasi.
April aq telat sampe 14 mei.(telat 2 minggu)
paginya Aq tp negativ. trs keluar bercak darah sedikit. awalnya aq kira itu Aq dpet mens. aq lemes dan pasrah. tp lama2 kok darah ga keluar lagi. aq bingung. dan akhirnya aq dan suami pergi kebidan mlm. setelah TP sama bidan Hasil positif, usia kandungan 5 mingggu.
bercak2 darah mulai keluar lagi. besok sore ny aq dan suami ke Rs. kbtulan dokternya ada ny sore. awal Usg diperut. janin ga terlihat. akhirnya Usg transvaginal alhamdulillah Janin ada kecil bgt msh sebiji kacang.dan posisi ada di rahim. dokter bilang gpp. harus bedrest. jgn cape2.aq dikasih vitamin sama penguat kandungan. 2 minggu kemudian aq suruh balik lagi.
tapi bercak darah coklat/flex msh keluar selama seminggu. setelah dua minggu aq balik lagi ke dokter. tp beda dokter.. kbetulan dokter yg nanganin aq pertama ada halangan dan gabisa datang. aq di Usg diperut.. tapi janin blom keliatan. dan dokter minta tp ulang. akhir nya Aq Tp ulang sambil deg2an. takut.cemas jadi satu. hasil nya NEGATIV.
kata dokter aq keguguran saat kluar flek itu.

aq mau tanya sama bunda2 disini..
klo keguguran itu apa ada yah kluar bercak2 darah aja ? biasany kan klo keguguran itu ada gumpalan darah. aq ga keluar namanya gumpalan darah. aq bener2 keguguran atw engga ya ? apakah ada bunda yg ngalamin kayak aq ?
mohon bantuan nya yah.. aq hrs gimana

maav kepanjangan ceritanya😁😁
   
15-03-2017 18:34:44 bercak darah hitam
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
mau tanya bun,, sy hamil usia memasuki 5 bln tdi pas pipis sy lihat d CD sy ada darah hitam sperti kalau udah mau selesai menstruasi..itu bahaya ga bun buat calon debay nya ?
   
29-12-2016 10:42:25 flek kecoklatan
Jumlah Posts : 23
Jumlah di-Like : belum ada like
mba esha saya malahan tiba2 aja kluar darah segar, saya takut knp2 langsung usg ke dokter alhamdulillah bayiku sehat2 saja. lalu berlanjut sampai 4hr kluar flek coklat kadang beserta gumpalan seperti kalo haid sakit bgt perutnya trus kluar gumpalan darah haidnya. alhamdulillah gak disertai sakit perut, kram atau nyeri padaperut dan pinggang.
semoga sehat terus ya mba. btw hpl kita bulannya sama 😆
   
01-06-2016 14:03:45 "kista di indung telur"
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Adanya kista dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Kista apakah yang Bunda alami?

Kista pada organ reproduksi dapat terjadi pada daerah ovarium yang terdiri dari jaringan-jaringan ovarium, kista ini umumnya diperngaruhi oleh perubahan hormonal dan siklus menstruasi serta tidak berbahaya.

Kista lainnya dapat terjadi pada ovarium yang disebabkan dari keadaan endometriosis. Kista coklat adalah kista yang terbentuk dari gumpalan darah dan terjadi dari endometriosis (endometriosis itu sendiri adalah adanya jaringan dari uterus atau rahim yang terletak di luar uterus, sehingga pada saat timbulnya menstruasi, daerah yang terdapat endometriosis itu juga mengalami perdarah selayaknya menstruasi) yang berlanjut menjadi kista, biasanya terletak pada daerah ovarium atau saluran tuba. Kista ini dikategorikan jinak. Untuk mengatasi kista ini bila masih dalam ukuran kecil kurang dari 5cm diameter, maka dengan cara hamil buatan (pemberian hormonal agar tubuh anda berada dalam situasi seperti hamil atau tidak menstruasi selama 9 bulan) atau dengan cara hamil kembali seperti yang di sarankan oleh dokter anda karena dalam keadaan ini hormone progesterone akan membantu meredakan keadaan endometriosis.

Ukuran kista bisa saja berubah dan belum terlihat pada pemeriksaan awal. Selain itu pemeriksaan menggunakan USG juga dipengaruhi oleh hal-hal seperti tebalnya lemak, tebalnya kulit, posisi pemeriksaan dan lain-lain.

Adanya gangguan haid juga bisa berhubungan dengan adanya kista pada ovarium. mengenai penanganannya tergantung pada ukuran dan jenis kista itu sendiri. Sebaiknya tidak meminum ramuan atau pengobatan tanpa saran dokter Kandungan Bunda. Jagalah gaya hidup  yang sehat seperti olahraga yang teratur, berat badan yang baiks esuai BMI, pola makan yang baik, sumber makanan yang segar dan manajemen stress yang baik.

   
23-05-2016 14:10:07 sulit hamil
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Infobunda telah membahas masalah menstruasi, untuk mengenal menstruasi anda maka silahkan membaca:

1. Menstruasi saya sedikit, apakah itu normal?
Normal atau tidaknya menstruasi tidak bisa dilihat hanya dari berapa banyaknya darah menstruasi yang keluar. Biasanya darah menstruasi akan keluar banyak pada hari pertama hingga ketiga. Selanjutnya sedikit, bercak hingga lama kelamaan hilang. Asalkan menstruasi datang rutin setiap bulan, darah menstruasi yang sedikit bukanlah suatu masalah.

2. Mengapa darah menstruasi menggumpal?
Biasanya darah menstruasi menggumpal karena darah tertahan di dalam vagina sehingga tidak langsung keluar. Gumpalan darah ini tergolong normal karena memang hanya tampungan darah saja.

3. Mengapa menstruasi datangnya tidak beraturan di tanggal yang sama?
Menstruasi terjadi karena adanya sel telur matang yang tidak dibuahi.
Bila sel telur matang tetapi tidak pecah, maka hormon progesteron tidak akan muncul yang membuat menstruasi tertunda. Biasanya hal ini dipicu oleh masalah hormon, stres, diet yang terlalu ketat atau terjadi radang/infeksi.

4. Mengapa saat menstruasi terasa nyeri di bawah perut? Apakah itu tandanya ada endometriosis?
Pada beberapa wanita, saat menstruasi adalah saat yang menyiksa. Perut bagian bawah akan terasa nyeri dan pegal. Tetapi ada juga yang merasa nyeri terutama pada saat buang air besar (BAB). Pada saat menstruasi tubuh juga mengeluarkan zat yang akan menimbulkan rasa sakit.tetapi bila sakitnya spesifik hanya pada saat BAB saja, ada baiknya Bunda periksakan ke dokter, karena salah satu gejala endometriosis memang seperti itu.

5. Apakah kalau menstruasi tidak teratur, ada resiko tidak bisa punya anak?
Untuk memastikan hal ini Bunda harus melakukan pemeriksaan ke dokter. Biasanya menstruasi tidak teratur hanya karena gangguan hormonal saja. Tetapi supaya lebih yakin, Bunda bisa memeriksakan apakah ada siklus anovulasi, yaitu di mana sel telur tidak terlepas. Tetapi jangan kuatir. Bunda bisa melakukan terapi sejak dini untuk menyembuhkan gangguan tersebut.

6. Apakah benar minum minuman dingin saat menstruasi akan memperlambat aliran darah menstruasi?
Tidak benar. Itu hanyalah mitos belaka. Minuman dingin tidak memberikan efek apa pun pada menstruasi. Darah menstruasi tidak akan membeku dan menjadi lambat karenanya.

Nah, sekarang terjawab sudah pertanya yang mungkin selama ini Bunda ragukan. Bila ada yang Bunda ragukan pada menstruasi Bunda. Jangan ragu, segeralah konsultasikan ke dokter demi kesehatan Bunda.

Tips:
- Bila Bunda melewati siklus menstruasi selama tiga kali berturut-turut segera ke dokter.

   
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda, Ada kalanya darah menstruasi menjadi lebih banyak dari pada biasanya, hal ini termasuk normal bila terjadi hanya sesekali dan tidak rutin pada setiap periode. Adanya gumpalan darah kadang terjadi, bila tidak ada gangguan pengentalan darah atau lainnya, adanya gumpalan darah disebabkan oleh derasnya aliran darah menstruasi yg luruh sedangkan waktu untuk mengencerkan darah yang dilakukan oleh antikoagulan tubuh Anda tidak secepat derasnya aliran darah yang keluar. Maka terjadilah gumpalan-gumpalan darah.