SITE STATUS
Jumlah Member :
482.065 member
user online :
2227 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: menetralisir hamil dengan minuman sprite

New Topic :  
Jumlah Posts : 27
Jumlah di-Like : belum ada like

Halo Bunda, bagi yang sedang menjalani trimester pertamanya, selamat yah! Ini merupakan saat-saat genting dalam penentuan sang buah hati. Nah, disini aku mau ngasih tips nih bun buat ngejaga nafsu makan selama hamil, karena pastinya morning sickness yang datang bikin ga mood buat makan yang tentunya ga baik untuk perkembangan janin. Jadi, langsung aja yuk bun! 

  • Pastikan tetap makan

Beberapa jenis makananmungkin akan membuat Mum semakin mual. Meskipun susah payah, pastikan Mum tetapmengonsumsi makanan. Pilih makanan yang bisa Mum konsumsi. Usahakan memilihmakanan yang mengandung Kalsium, Zat Besi, dan Karbohidrat kompleks. Bila Mumbisa mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, daging, dan susu, tentu akan lebihbaik. Pada prinsipnya, nutrisi ibu hamil danjanin harus tetap terpenuhi.

  • Hindari makanan berbau tajam

Pada awal kehamilan, Mumakan merasa tidak nyaman dengan segala sesuatu yang berbau tajam. Bau tajam inikemungkinan akan semakin memicu rasa mual. Oleh karena itu, hindari makananyang berbau tajam, termasuk makanan pedas dan berlemak, agar perut Mum terasa nyaman.

  • Tidak perlu memaksakan diri

Mum memang harus tetap memenuhi asupan ibu hamil dan janin. Namun, tidak perlu memaksakandiri mengonsumsi makanan tertentu. Misalnya, jika hati ayam akan membuat Mumsemakin mual, pilihlah makanan lain seperti bayam sebagai sumber Zat Besi.

  • Konsumsi makanan ringan

Selain tetap memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil, makanan ringan membuat Mum mungkinmerasa lebih nyaman. Pisang, yoghurt, dan biskuit gandum bisa menjadi pilihanuntuk membuat Mum kenyang lebih lama, menjaga kadar gula darah tetap stabil,dan sebagai asupan Protein dan Kalsium.

  • Makan dalam porsi sedikittetapi lebih sering

Siasat lainnya adalah, Mum dapatmengonsumsi makanan dalam porsi kecil. Namun, frekuensinya lebih sering. Padasaat ini Mum memang tidak bisa makan banyak karena rasa mual yang timbul danperut terasa sakit. Cara ini membuat Mum tetap mendapat asupan makanan,sehingga ibu hamil dan janin tidak kekurangan nutrisi penting.

  • Cukup minum

Mum membutuhkan asupan cairan yangcukup selama masa kehamilan. Jadi, pastikan Mum cukup minum setiap hari.Delapan gelas air putih dalam sehari tetap harus dipenuhi. Jika sulitmengonsumsi air putih, ganti dengan minuman lain yang dapat meredakan mual,misalnya air jahe.

  • Penuhi kebutuhan Vitamin

DHA yang rutin dikonsumsi sebagai Vitaminsejak sebelum masa kehamilan dan masa pembuahan, akan memenuhi kebutuhan gizi ibuhamil pada masa-masa morning sickness.Mum juga dapat mengonsumsi Vitamin B6 atau kombinasi Vitamin B dan Antihistamin,yang dapat membantu meredakan mual serta menjaga nafsu makan. Untuk bantu penuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh Mum, susu ibu hamil bisa menjadi pilihan, lho. Namun yang terpenting adalah menu ibu hamil trimester pertama harus divariasikan biar ga bosen dan semangat untuk makan. :D 

   


19-01-2014 08:01:40 Buku Tips cepat Hamil
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like

Halo Bunda, saya ada sedikit info dan promosi berguna bagi ibu muda atau pun ibu yang belum punya anak sampai sekaaran atau tepatnya sulit untuk hamil.

Saya rekomendasikan sebuah buku berjudul " cara cepat hamil" oleh dr Rosdiana Ramli, SpoG :

Isi bukunya meliputi :

1. Menjelaskan Tentang Penyebab Ketidaksuburan

2. Bagaimana Mengatasi Masalah Ketidaksuburan Berdasarkan Faktor-Faktor Penyebabnya

3. Menjelaskan Makanan dan Minuman Yang Membantu Meningkatkan Kesuburan

4. Menjelaskan Pola Hidup dan Kebiasaan Yang Harus Anda Lakukan dan Yang Tidak Boleh Anda Lakukan

5. Menjelaskan Hubungan Sulit Hamil Dan Kegemukan (Obesitas)

6. Menjelaskan Segala Hal Tentang Haid dan Gangguannya

7. Menjelaskan Cara Menghitung Masa Subur

8. Menjelaskan Tentang Tips-Tips Berhubungan Intim


9. Menjelaskan Tentang Mitos-Mitos Hamil Yang Ada di Masyarakat Kita

10.Menjelaskan Tentang Upaya Hamil Dengan Bantuan Dokter

11. Menjelaskan Tips Bagaimana Mendapatkan Anak Laki-Laki atau Perempuan


12. Menjelaskan Panjang Lebar Tentang Bayi Tabung

13. Memberi Jawaban dari Pertanyaan-Pertanyaan Paling Sering Ditanyakan

14. Dan Masih Banyak Tips-Tips Penting Lainnya

Harganya sih cuma Rp159.000 + Bonus 3 sesi konsultasi bersama dokternya langsung.

Yang berminat silahkan kunjungi dan klik link berikut untuk pesan bukunya : http://goo.gl/Hx3YLU

Semoga bermanfaat!

   
Jumlah Posts : 178
Jumlah di-Like : belum ada like

Halo, bunda. Ada mitos yang bilang kalau air es penyebab bayi membesar. Apa benar yah? Lihat yuk bahasan di bawah ini.

Nah, biasanya selama masa kehamilan, kebanyakan dari calon bunda produksi hormonnya meningkat luar biasa. Peningkatan ini membuat tubuh bunda meningkat dan bunda jadi mudah gerah dan panas. Maka dari itu kebanyakan bunda jadi gemar minum air es. Tapi, hal itu tidak mempengaruhi perkembangan janin. Tidak ada hubungan antara minum air es saat hamil dengan ukuran bayi dalam kandungan. Tapi bukan berarti bunda bisa terus2an minum air es. Air es membuat kebutuhan pembakaran lebih banyak. Suhu tubuh naik ketika mencerna air dingin. Bunda jadi makin mudah lelah. Padahal tubuh sendiri sudah semakin berat.

Yang memicu janin membesar karena fakta kebiasaan bunda minum sirup dingin atau es krim berkalori tinggi. Ini penyebab janin berkembang dengan cepat. Ini berbahaya karena bunda bisa beresiko terserang diabetes dan berdampak pada bayo dalam kandungan.

Jadi bayi tidak besar karena bunda minum air es. Yang bisa bikin ukuran bayi jadi besar itu karena bunda sering minum minuman manis seperti es sirup atau es krim. Kadar gula itu yang buat bayi jadi besar. Jadi mulai sekarang kurangi yah bun konsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula/pemanis buatan, agar perkembangan janin tidak terganggu pertumbuhan dan kesehatannya.

sumber

   


12-05-2013 21:22:45 Numpang tanya bu bidan
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8
Dear bunda Putri Widya Apsari,
Yakult & hydro coco aman di konsumsi saat hamil dengan syarat sesuai dengan kebutuhan.
Lebih disarankan untuk mengkonsumsi sayuran serta buah2an berserat tinggi serta mengurangi minuman dalam kemasan. Sebaiknya konsumsi air kelapa asli pada usia kehamilan trimester III.
Untuk keluhan mual & muntah akan berkurang pada usia kehamilan memasuki trimester 2 & 3.
Tips yg mungkin dapat mengurangi muntah sehabis menyikat gigi adalah sikat gigi setelah melewati waktu makan 1 jam, berkumur dengan air hangat.
Demikianlah jawaban dari saya, semoga membantu.
   
Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like
Glutera Glutathione Precussors



Size 1 : 1 box Glutera @15 Sachet ( untuk 1bln ) Rp 295.000
Size 2 : 3 box Glutera @15 sachet ( untuk 3 bln ) + 1 Botol Glutera Body
Soap Rp 935.000


GLUTERA™ adalah GLUTATHIONE PERCURSORS yang merupakan produk kelas premium dalam bidang kesehatan & kecantikan terbaik yang mengandung bahan utama (percursors) GLUTATHIONE (GSH).
GLUTATHIONE (GSH) merupakan terobosan medis yang terbesar abad ini, diulas dan dibahas lebih dari 100.000 journal medis diseluruh dunia.

GLUTATHIONE (GSH) adalah Master Antioxidant Terbaik atau The Mother Of All Antioxidants, dengan kata lain Induknya dari semua Antioksidan, karena banyaknya sel sel tubuh yang sangat tergantung dengan GLUTATHIONE (GSH). Belum ada Antioksidan lain yang mampu menyamai kekuatan GLUTATHIONE (GSH) yang telah terbukti secara klinis di seluruh dunia mampu membantu berbagai penderita penyakit kronis, serta menjadikan tubuh dan kulit Anda tampak lebih muda.

Kunci Utama GLUTERA™ adalah bekerja untuk menambah dan mengaktifkan Zat GLUTATHIONE (GSH) didalam inti sel.



GLUTERA™ GLUTATHIONE PRECURSORS
GLUTERA™ merupakan bahan baku utama (percursors) untuk produksi Glutathione (GSH) dalam sel. Sedangkan Glutathione (GSH) adalah suatu tripeptide protein yang terdiri dari tiga (3) Asam Amino Utama (L-Glutamic Acid, L-Cysteine, L-Glycine). Glutathione (GSH) secara alami sudah terdapat di dalam tubuh sejak lahir, yaitu di dalam dan di luar sel tubuh dan di seluruh organ tubuh (70-100 triliun sel tubuh manusia). Glutathione (GSH) disintesis di dalam sel dan memerlukan beberapa enzim spesifik dalam proses pembentukannya.

Namun, disaat melewati umur 20 tahun produksi glutathione berkurang sesuai pertambahan usia kita. Selain itu ada beberapa penyebab berkurangnnya Glutathione (GSH) seperti Racun, Stress, Sinar UV yang berbahaya, Konsumsi alkohol berlebihan, Polusi, Penuaan, Keletihan yang berlebihan, Merokok, dsb. Untuk itu diperlukan Precursors (bahan baku utama) untuk menambah produksi Glutathione (GSH) dalam tubuh. Oleh FDA (U.S. Food and Drug Administration), Glutathione (GSH) dianggap sebagai suplemen makanan kategori GRAS (Generally Regarded As Safe), umumnya diakui sangat aman.

MASTER ANTIOXIDANT
Glutathione (GSH) disebut sebagai MASTER ANTIOKSIDAN karena telah diakui oleh para ahli medis internasional bahwa belum ada antioksidan lain yang mampu menyamai kekuatannya. Penelitian tentang Glutathione (GSH) memperhatikan, jika sel-sel tubuh kekurangan Glutathione (GSH), kemampuan daya detoksifikasi sel tersebut terhadap radikal bebas akan menurun, sehingga akan mempermudah terjadinya penuaan dan penyakit-penyakit degeneratif, seperti kanker, diabetes mellitus, stroke, dan lain sebagainya.

Glutathione (GSH) bekerja diluar dan didalam sel, sehingga terbukti membantu memperlambat proses penuaan.

MANFAAT UTAMA GLUTERA™ BAGI KESEHATAN :
1. ANTIOKSIDAN
Glutera Glutathione (GSH) disebut juga “Master Antioksidan”, karena dapat mengikat radikal bebas yang berasal dari polusi udara, rokok, pestisida dan lain-lain. Glutathione (GSH) juga dapat mempertahankan antioksidan lainnya didalam tubuh seperti vitamin C dan E dalam bentuk aktif, sehingga dapat bekerja dengan optimal.

2. IMMUNE SYSTEM
Glutathione (GSH) berperan khusus dalam pembentukan limfosit, dimana diperlukan kadar Glutathione (GSH) yang optimal. Memainkan peran penting dalam fungsi kekebalan tubuh melalui produksi sel darah putih dan merupakan salah satu agen anti-virus.

3.DETOXIFICATION
Glutathione (GSH) dapat menetralisir zat-zat racun yang masuk kedalam tubuh, seperti dari makanan, sisa metabolisme obat, dll. Digunakan oleh hati untuk membuang racun, termasuk formalin, acetaminophen, benzpyrene dan berbagai senyawa lainnya serta memainkan peranan kunci dalam reaksi detoksifikasi.

4. CELL REGENERATION
Glutathione (GSH) dengan mengatur metabolisme tubuh, memisah & menghancurkan radikal bebas, membuat Glutathione (GSH) aktif untuk merangsang regenerasi sel baru bagi tubuh.

5. SKIN HEALTH AND BEAUTY
Glutathione (GSH) dengan menetralkan radikal bebas, dan terbuangnya racun dalam tubuh, mengakibatkan kulit kita menjadi halus, bersih putih secara menyeluruh, baik wajah, seluruh tubuh hingga di tempat tempat tertentu.

6. ANTI-AGING
Glutathione (GSH) dapat meningkatkan kandungan Colagen dalam tubuh kita terutama kulit, sehingga dapat mengurangi kerutan kerutan pada wajah dan menghambat penuaan. Tepat kalau disebut sebagai anti aging.

MANFAAT LANGSUNG GLUTERA™ UNTUK KULIT :

Mencegah dan memperlambat proses penuaan,membuat kulit tampak lebih bersih, sehat, cemerlang, dan lebih muda.




1. MENGURANGI GARIS-GARIS KECIL DAN KERIPUT. Di dalam GLUTERA™ terdapat kandungan Seng (Zn) dan tembaga (Cu), jika terikat dengan protein, telah terbukti sangat efektif dalam meregenerasi jaringan baru dan meningkatkan sintesis protein struktural seperti kolagen.
2. MENINGKATKAN KECERAHAN DAN KECEMERLANGAN KULIT. GLUTERA™Meningkatkan produksi pheomelanine, sebuah pigmen melanin merah-kuning, yang banyak ditemukan pada orang berkulit putih.
3. MENJADIKAN KULIT LEBIH KENCANG DAN ELASTIS. GLUTERA™ Mendukung struktur protein alami kulit dan menjaga kelembaban kulit. Protein GLUTERA™ memiliki pengaruh pada kekencangan kulit secara signifikan, cepat dan untuk jangka panjang melalui peningkatan elastisitas dan retensi kelembaban.
4. MENGURANGI KEMERAHAN YANG DIAKIBATKAN OLEH PERADANGAN ATAU KULIT SENSITIF. GLUTERA™ Memiliki kemampuan untuk memblokir produksi PGE2, yaitu jalur biokimia utama yang menyebabkan peradangan dan kemerahan di kulit. Jika dibiarkan, peradangan ini seiring waktu akan mengakibatkan kehancuran struktural protein penting pada kulit.
5. MENGURANGI & MENGHILANGKAN FLEX / BEKAS JERAWAT.
6. MENGECILKAN PORI - PORI WAJAH YANG MEMBESAR KEMBALI NORMAL SEHINGGA WAJAH TERLIHAT LEBIH HALUS DAN BERSINAR.

INGREDIENT :
Calories, Protein, Carbohydrate, Sugar, Natrium, Calcium, Vit A (as beta karoten), Vit C (as ascorbic acid lipit metabolite), Vit D (as cholecalciferol), Vitamin B Complex, Vit E (as tokoferol), Calsium, Iron, Zinc, Fosfor, Magnesium, L-Glutathione, L-Glutamine, L-Cysteine, L-Glycine, L-Glutamic Acid, Alpha Lipoic Acid (ALA), NAC (N-Acetyl-L-Cysteine), Milk Thistle Extract (Silybum marianus).

* Kebutuhan standart konsumsi per 2 hari 1 sachet, kebutuhan lebih bisa diminum per-hari 1 sachet

GLUTERA™ SOAP (Glutathione – Pitera – Arbutin)

Formula GLUTERA™ BODY SOAP dengan kandungan bahan-bahan alami yang diproses dengan TMT Technology (TMT = Transdermal Membrans Tranferase Technology), suatu tehnologi terbaru dalam perawatan kulit tubuh paling aman, yaitu technology pemecahan molekul sehingga menjadi bagian-bagian kecil yang dapat secara mudah melewati sel tanduk kulit anda.



Rahasia formulasi unik dengan Nutrisi Alami, yang bekerja sesuai metabolisme tubuh dalam melakukan generasi sel kulit baru dan sangat penting dalam memberikan warna kulit bahkan melindungi cahaya alami kulit dengan formula anti oksidan terbaru. Hasilnya adalah kulit bersih putih halus yang terpancar dari dalam. Produk kami diproduksi dengan standar keamanan tertinggi dari bahan-bahan murni dan alami dan 100% bebas dari bahan-bahan kulit yang berbahaya seperti hidroquinon dan merkuri.

Setiap bahan aktif dalam formula produk GLUTERA™ BODY SOAP (GLUTATHIONE PITERA ARBUTIN) memiliki tujuan yang bermanfaat jangka panjang dan digunakan 2 minggu setelah mengkonsumsi GLUTERA™ (Glutathione Precursors).



INGREDIENT GLUTERA BODY SOAP :

Glutathione, Pitera, Alpha Arbutin, Collagen, Alpha Lipoic Acid, Grapeseed Ekstrak, Vitamin B Complex, Vitamin C, Vitamin E, Germanium Water, Milk Nutrient Moisturizer

TATA CARA PEMAKAIAN GLUTERA :
1. Konsumsi 1 Sachet GLUTERA™ (Glutathione Precursors) 15 gram setiap 1 - 2 hari sekali pada malam hari 1- 2 jam sebelum tidur.
2. Dapat dicampur dengan minuman apa saja yang anda sukai, misalnya teh, sirup, cola, kopi dan sebagainya. Jangan dicampur dengan cairan yang terlalu panas, karena dapat menguraikan zat-zat penting dalam GLUTERA™. Harus diminum dalam waktu maksimal setengah jam, agar zat-zat penting di dalamnya tidak sampai terurai.
3. Setelah 2 minggu, sertai konsumsi glutera anda dengan pemakaian GLUTERA™ BODY SOAP pada wajah dan seluruh tubuh. Saat menggunakan GLUTERA™ BODY SOAP, Jangan Langsung Dibilas! biarkan menempel ditubuh selama ±10 menit, sambil digosok dan dipijat perlahan agar formulanya meresap ke pori-pori kulit, kemudian bilas dengan air seperti biasa.

Untuk pemesanan silakan hubungi:
Sms : 0819-11798837
Email : rahasiacantik@ymail.com
Web : rahasiacantik.com
   


Jumlah Posts : 268
Jumlah di-Like : 3
bunda anneke dan bunda anna,,,

aku juga gitu,, kadang2 nekat makan mie instan karena bener2 pengen bun,,
kan katanya kalo ga diturutin ntar dede'nya ngiler,,,
juga pernah pengen banget sama minuman sprite,,, cuma ga di bolehin sama suamiku,,,
trus minta air dogan (kelapa muda),, juga ga boleh kalo belum 7 bulan,,,
walah,,, banyak juga pengennya,,, tapi ga di aminin,,,

suamiku lumayan over bun,, apalagi untuk makanan yang kita konsumsi,,
dia sih bilangnya " ini buat anakku,, kalo lagi ga hamil,, mau makan apa aj mah terserah,,"
walah,, serasa yang punya anak dia sendiri,,, hehehehehe,,,,
tapi memang kadang2 geli ya liat tingkah suami yang rada2 gimana gitu,,,
   
20-02-2011 13:20:39 Hi...Bunda
Jumlah Posts : 143
Jumlah di-Like : 3

IBU HAMIL VS KAFEIN!!

Apakah Anda pecandu teh? Untuk para wanita yang hobi minum teh, sebaiknya lebih waspada akan efek negatif dari teh. Apalagi untuk wanita hamil, lupakanlah teh. Sebaiknya gantilah teh dengan minuman lain yang tidak mengandung kafein seperti jus buah atau susu ibu hamil. Para peneliti AS memastikan, mereka memiliki bukti kuat yang menunjukkan bahwa kafein berbahaya bagi kehamilan. Para ibu hamil yang mengkonsumsi kafein dalam jumlah banyak setiap harinya pada bulan-bulan awal kehamilan beresiko mengalami keguguran yang lebih tinggi. Agar benar-benar aman, para calon ibu harus menghindari minuman yang mengandung kafein dalam bentuk apapun selama 5 bulan awal kehamilannya, para peneliti ini mengungkapkan dalam laporan penelitian yang diterbitkan dalam American Journal Obstretics and Gynecology. Penelitian-penelitian sebelumnya telah mengungkapkan, para ibu hamil yang mengonsumsi 3 cangkir teh atau 300 mg kafein perhari menghadapi bertambahnya resiko keguguran dibandingkan para ibu hamil yang menghindari kafein. Para peneliti menemukan resiko keguguran bertambah seiring dengan semakin bertambahnya konsumsi kafein harian, baik dari kopi, teh, coklat hangat, minuman berkafein lain, ataupun gabungan dari kesemuanya.

Kafein merupakan jenis alkaloid yang secara alamiah terdapat dalam biji kopi, daun teh, daun mete, biji kola, biji coklat, dan beberapa minuman penyegar. Kafein memiliki berat molekul 194.19 dengan rumus kimia C8H10N8O2 dan pH 6.9 (larutan kafein 1% dalam air). Secara ilmiah, efek langsung dari kafein terhadap kesehatan sebetulnya tidak ada, tetapi yang ada adalah efek tak langsungnya seperti menstimulasi pernafasan dan jantung, serta memberikan efek samping berupa rasa gelisah (neuroses), tidak dapat tidur (insomnia), dan denyut jantung tak berarturan (tachycardia). Dari beberapa literatur, diketahui bahwa kopi dan teh banyak mengandung kafein dibandingkan jenis tanaman lain, karena tanaman kopi dan teh menghasilkan biji kopi dan daun teh dengan sangat cepat, sementara penghancurannya sangat lambat.

Konsumsi kafein selama hamil juga bisa menyebabkan bayi lahir abnormal. Untuk mendapatkan manfaat positif dari kopi, para ahli menyarankan konsumsi kopi organik serta kopi Arabicadari Jawa. Setiap 8 ons kopi Arabicadiketahui mengandung kadar protein yang lebih tinggi dibanding kopi biasa serta memiliki kadar kafein yang lebih rendah. Kopi organik ini juga mengandung zat antioksidan 40 persen lebih tinggi dibanding kopi jenis lain.

Berdasarkan penelitian Heri Budi Santoso (2006) dengan judul “Pengaruh Kafein Terhadap Penampilan Reproduksi Dan Perkembangan Skeleton Fetus Mencit (Mus musculus L.)” dikatakan bahwa :

  1. Kafein yang diberikan secara oral pada induk mencit bunting selama masa organogenesis dengan dosis 120 mg/kg bb/hari dapat menyebabkan kelainan pada penampilan reproduksi berupa kematian dan resorpsi fetus, perdarahan bawah kulit, tungkai belakang torsi, dan ekor bengkok.
  2. Kafein yang diberikan secara oral pada induk mencit bunting selama masa organogenesis dengan dosis 120 mg/kg bb/hari dapat mempengaruhi pertumbuhan skeleton fetus, yaitu hambatan penulangan pada sternum, metacarpus, dan metatarsus serta menyebabkan terbentuknya kelainan berupa “jembatan kosta”.

   
20-12-2010 09:06:50 Soft Drink Bwt Ibu Hamil
Jumlah Posts : 28
Jumlah di-Like : belum ada like
saLm kenal bunda2.....

kLo yg aQu tau memang soft drink tu ga baik bagi yang ga hamiL juga,,,,
krena terLalu byk soda dan bisa bikin kembung.....

tpi menurut pengalaman sodara ataupun teman2 Qu ternyata mereka saat hamiL minum minuman yg bersoda (dLm jmLh terkontrol), dan alhamdulillah sampai sekarang anak2 mereka sehat dengan perkembangan yg baik.................

mudah2n sedikit cerita tadi bisa bermanfaat y bun..............

semoga seLalu sehat y bun, happy pregnant....!!!
   
Jumlah Posts : 850
Jumlah di-Like : 15

Keguguran (abortus) adalah “hantu” menakutkan bagi ibu yang memang mengharapkan kehamilannya. Berdoa pada Yang Maha Kuasa sudah seharusnya dilakukan untuk menjauhi kejadian yang tidak diinginkan ini. Tapi itu saja belum cukup. Ibu hamil pun mesti memiliki pengetahuan mengenai tanda-tanda dan penyebab keguguran sehingga dapat melakukan antisipasi dan tindakan penyelamatan sebelum keguguran terjadi.

GEJALA DINI

Ada beberapa tanda yang bisa dijadikan peringatan dini keguguran, setidaknya dengan begitu ibu bisa lebih waspada. Gejala-gejala tersebut adalah:

* Tidak enak badan; merasa lemas atau tidak fit seperti hari-hari sebelumnya

* Perut tidak nyaman, kepala pusing, atau terasa limbung

* Mimisan.

Jika ibu mengalami gejala tadi, beberapa tindakan ini bisa membantu mengatasinya:

- Minum air putih, setelah itu bisa diteruskan dengan minum minuman segar lain, seperti jus.

- Makan makanan bergizi. Jika tidak bisa (karena mual), makanlah buah-buahan segar, biskuit, atau minum susu.

- Hentikan semua aktivitas.

- Lakukan relaksasi (atur napas dan tenangkan pikiran). Kuatkan keyakinan bahwa ibu dapat melalui kondisi ini dengan baik. Berdoalah dan pikirkan hal-hal yang menyenangkan yang akan dilakukan dengan si jabang bayi saat ia lahir nanti.

Jika semua ini tidak membuat kondisi ibu membaik, segera hubungi dokter. Jika Anda diminta datang kontrol, sempatkan diri untuk itu. Saat pemeriksaan, ceritakan apa yang terjadi. Sebaiknya ibu tidak melewatkan satu gejala pun karena anamnesis (mencari keterangan dari pasien) sangat memengaruhi diagnosis. Akan baik bila ibu memiliki buku catatan kejadian dan pengalaman selama kehamilan.

GEJALA UMUM

Ada juga gejala umum keguguran yang memerlukan penanganan medis segera, yaitu:

1. Ibu hamil kehilangan tanda-tanda kehamilan, seperti tegangnya payudara disertai pusing dan tubuh terasa loyo.

2. Nyeri di bagian tengah perut yang bertambah parah dan berlanjut lebih dari sehari.

3. Mengalami kontraksi berlebihan. Cirinya perut mulas dan tegang yang teramat sangat.

4. Perdarahan yang cukup banyak, seperti saat menstruasi atau dalam satu jam bisa menghabiskan lebih dari dua pembalut. Namun waspadai juga keluarnya bercak-bercak darah yang berlanjut terus-menerus (selama lebih dari tiga hari).

5. Ibu mengeluarkan gumpalan berwarna merah muda atau keabuan-abuan dari vagina. Ini bisa diartikan keguguran telah dimulai. Jika ini terjadi di rumah, simpan gumpalan tersebut untuk diperlihatkan kepada dokter. Bukti ini sangat membantu dalam penegakkan diagnosis; apakah ibu hamil hanya mengalami ancaman keguguran atau memang sudah mengalami keguguran. Bila memang sudah jadi, apakah janin sudah keluar sebagian atau sudah lengkap, dan apakah membutuhkan prosedur D&C (Dilation dan Curetage).

6. Punya riwayat keguguran dan saat hamil sekarang mengalami perdarahan atau kejang, atau kedua-duanya.

Bila ibu hamil merasakan satu atau lebih gejala di atas, segeralah datang ke rumah sakit untuk memperoleh perawatan yang semestinya.

TIGA JENIS ABORTUS

Apakah ibu hamil yang mengalami gejala-gejala tadi pasti akan kehilangan calon bayinya? Belum tentu. Perdarahan yang dialami ibu hamil, umpamanya, bisa bukan merupakan tanda keguguran tapi hal lain, seperti letak plasenta yang tidak benar atau karena ibu hamil mengalami trauma.

Abortus sendiri pun digolongkan menjadi tiga; abortus yang mengancam, abortus spontan, serta abortus lanjut.

* Abortus mengancam

Biasanya terjadi di antara kehamilan timester pertama dan kedua awal. Tanda-tandanya; ibu mengalami kontraksi, perdarahan, dan bisa disertai keluarnya cairan. Janin bisa diselamatkan jika masih dalam kondisi baik dan ostium (lubang rahim) belum terbuka. Sebaliknya jika lubang rahim sudah terbuka, dokter tidak bisa berbuat banyak. Kemungkinan yang terjadi adalah abortus spontan.

* Abortus spontan

Yakni keluarnya janin dari dalam rahim sebelum dapat hidup mandiri. Biasanya terjadi di kehamilan trimester pertama atau bahkan sebelum seorang wanita menyadari bahwa dirinya hamil. Dengan kata lain, abortus spontan bisa terjadi tanpa diketahui karena gejalanya mirip haid hanya lebih berat dan lebih terasa tegang. Maka itu waspadai bila ibu mengalami keluarnya bercak-bercak darah yang terus menerus, perdarahan disertai nyeri di bagian tengah perut dan kadang-kadang disertai sakit pinggang serta terdapat bekuan darah.

Penyebab abortus jenis ini adalah kelainan embrio, janin atau plasenta kekurangan hormon, penyakit infeksi yang diderita ibu seperti gondong, cacar air dan campak atau juga reaksi auto-immune dimana sel-sel kekebalan ibu menyerang janin.

* Abortus lanjut

Keluarnya hasil konsepsi yang disebabkan kelainan plasenta dan serviks atau ibu hamil terpapar bahan beracun seperti asap rokok, alkohol dan bahan kimia. Tanda-tandanya sama dengan abortus spontan.

JENIS KEGUGURAN

Istilah keguguran sendiri dibedakan berdasarkan waktu kejadiannya. Disebut keguguran dini jika terjadi sebelum minggu ke-12 kehamilan dan keguguran lambat jika terjadi setelah minggu ke-12. Pembagian lain adalah keguguran penuh dan tidak penuh. Disebut keguguran penuh apabila jaringan janin dan plasenta keluar seluruhnya dari rahim pada saat keguguran. Disebut keguguran tidak penuh jika sebagian jaringan fetus tertinggal dalam rahim.

SIAPA YANG PALING BERISIKO KEGUGURAN?

Risiko keguguran lebih banyak dialami ibu-ibu dengan kondisi:

1. Ketika mengandung berusia lebih dari 33 tahun atau suami berusia lebih dari 53 tahun.

2. Pernah mengalami keguguran lebih dari 3 kali.

3. Pernah melahirkan bayi meninggal atau bayi cacat.

4. Punya keluarga dengan riwayat keguguran.

semoga membantu
dan menambah pengetahuan semuanya

salam

putri a.k.a zach mom's

   
Jumlah Posts : 117
Jumlah di-Like : 3
Dear All...
Ikut nimbrung yaa...
Mang teh tidak dianjurkan utuk ibu hamil, lbh baik diganti dengan minuman lain seperti apa kta bunda2 diatas tpi lau mmang hanya pengen minum itu tak apalah sedikit, stengah gelas dah cukup utk memuaskan hasrat ma teh  drpd ntar ga enak prasaan krn lum kesampaean trus nanti babynya ileran, hehehe... semua yg berlebih itu ga baik, ya kan :)
Sehat slalu bwt para bunda dan baby2nya n jgn lupa mampir disini  byk info ttg kehamilan :)

Salam knal
ICHA
   
20-08-2008 10:06:30 HIMALAYAN GOCHI JUICE
Jumlah Posts : 15
Jumlah di-Like : 2
Hi
Ingin berbagi informasi mengenai Himalayan Gochi (Goji) Juice yang diyakini sebagai keajaiban dunia ke-8 yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Informasi dan kesaksian akan manfaat Himalayan Gochi (Goji) Juice ini sudah dimuat dalam berbagai media antara lain seperti Oprah Winfrey, Wall Street Journal, Majalah Time, Majalah Breakthroughs, Majalah Your Bussiness, Majalah Adiraga (ed. 12/2007) dan sebentar lagi dalam buku Alternative and Complementary Medicine (+/- terbit bln Juni 2008).

Tentang Goji
Himalayan Goji ® Juice menjadi terkenal karena pengaruhnya kepada sistem kekebalan tubuh dan mencegah kanker. Salah satu manfaat jus goji adalah memberikan efek positif bagi libido manusia. Chinese Medicine (TCM), North America Health dan industry kesehatan menyatakan bahwa jus goji merupakan “sesuatu yang besar” sebagai dasar manfaat yang nyata. Seperti yang sering diberitahukan mengenai puisi Li Qing Yuen, yang hidup hingga umur 252 karena sehari-hari ia mengkonsumsi biji goji. Di daerah tersebut, biji goji tumbuh liar, dan orang-orang di sekitar nya memberikan nama “happy berry” kepada goji karena kepuasan dan hasil yang diberikan goji tersebut. Goji digunakan dalam pesta lokal di daerah tersebut dan dicampur dengan minuman lainnya.
Jus goji tidak akan menimbulkan efek berbahaya meskipun dikonsumsi secara berlebihan. Setiap orang dapat merasakan manfaatnya.

Beberapa manfaat baik dari Jus Goji:
Jus goji membuat metabolisme tubuh menjadi kuat, memiliki nutrisi yang kualitasnya baik dan juga memberikan efek sepanjang hidup seseorang. Penelitian dan analisa menunjukkan bahwa jus goji mempengaruhi pertumbuhan rata-rata dalam memberikan kontribusi umur panjang.
Goji sebenarnya sebuah biji, yang tidak umum ditemukan dan juga dapat digunakan untuk membuat jus special. Hal ini menunjukkan bahwa beberapa orang lanjut usia meminumnya sebagai rahasia umur panjang yang memberikan keuntungan tersendiri untuk jus goji. Ahli-ahli menemukan bahwa terdapat banyak antioksidan dalam goji ini, yang mencegah tubuh menjadi rusak karena sel-sel mati dan sel-sel yang sudah tua.

Berasal dari manakah Jus Goji?
Di Pegunungan Tibet, Himalaya banyak ditemukan orang yang hidupnya hingga 100 tahun, yang sangat jarang dimiliki oleh orang-orang di dunia ini. Dari hasil penelitian diketahui bahwa ternyata orang-orang tersebut mengkonsumsi biji kici (goji) setiap hari yang merupakan makanan terdashyat untuk anti penuaan. Berdasarkan penelitian, biji kici juga mengandung sangat banyak antioksidan, yang berguna mengurangi dan mencegah efek penuaan.
Pada zaman Dinasti Tang, telah digali sebuah sumur, dekat dengan Vihara Budha. Bertahun-tahun biji kici tersebut jatuh ke sumur tersebut. Banyak orang yang beribadah di sana memiliki kesehatan dan kulit yang baik, bahkan ada yang sudah berumur 80 tahun tidak memiliki uban dan tidak kehilangan gigi, karena mereka meminum air dari sumur tersebut.

Siapa yang membuatnya?
Perusahaan “Freelife” adalah perusahaan pertama yang memiliki proses penyulingan secara sempurna dan menciptakan standard yang langka dari setiap tumbuhan yang ada sekarang. Perusahaan ini bekerja sama dengan Dr Mindel, Nutrisioner terbaik no 1 di dunia, yang juga telah menerbitkan buku-buku tentang vitamin dan goji ini telah diteliti selama 7 tahun dari tahun 1995 sampai dengan 2002. Dalam kerja sama ini, mereka menjadi pelopor dalam penelitian polisakarida kici (goji). Goji memiliki 4 polisakarida, yaitu LBP-1, LBP-2, LBP-3 dan LBP-4) yang bertindak sebagai Master Molekul dalam tubuh. Ke-empat polisakarida tersebut saling bersinergis dan memberimkan instruksi dan mengangkut selsel dalam tubuh untuk saling berinteraksi sehingga memberikan arti penting untuk kelancaran dan fungsi hamper setiap sel dalam tubuh.
Kualitas Goji Himalaya ini memperlihatkan adanya keseimbangan polisakarida dan kekhasan potensi dari “Spectral Signature” sehingga jus goji ini benar – benar asli seperti yang diceritakan dalam legendanya.

Siapa yang Boleh Minum Jus Goji?
Siapa saja boleh minum jus goji, baik anak-anak, wanita hamil dan orang usia lanjut dan disarankan 30 ml setiap hari dan tidak ada efek apapun bila minum lebih dari dosis tersebut. Fakta tentang Himalayan Goji Jus“Pengetahuan modern melanjutkan warisan pengetahuan kuno”
Berikut adalah Fakta tentang Himalayan Goji Jus
- Mengandung 19 Asam Amino - membangun kelompok protein termasuk semua 8 asam amino penting yang sangat dibutuhkan untuk kehidupan.
- Mengandung 21 mineral termasuk germanium, mineral anti kanker yang jarang ditemukan dalam makanan.
- Mengandung 4 Polisakarida yang unik dari tumbuhan ini. Polisakarida unik ini penting untuk fungsi kekebalan tubuh dan komunikasi antar sel, bekerja dalam tubuh dengan berfungsi sebagai pengarah dan pembawa instruksi yang digunakan sel-sel untuk berkomunikasi satu sama lain.
- Mengandung Protein lebih banyak dari Gandum (13%)
- Mengandung spektrum lengkap dari antioksidan karotenoid, termasuk beta karoten (lebih baik dari wortel) dan zeaxanthin (melindungi mata). Himalayan Goji Jus merupakan sumber karoten terbesar dari segala makanan.
- Mengandung Vitamin C dengan kadar 500 kali lebih tinggi dari jeruk.
- Mengandung Vitamin B Kompleks (B1, B2, dan B6) yang diperlukan untuk mengubah makanan menjadi energi.
- Mengandung Vitamin E (sangat jarang ditemukan dalam buah, hanya dalam biji-bijian atau kacang-kacangan.
- Mengandung Beta-Sitosterol dan Zat perantara anti peradangan, beta-sitosterol juga menurunkan kolesterol dan dipakai untuk mengobati impotensi dan pembesaran kelenjar prostat.
- Mengandung asam lemak utama, yang dibutuhkan untuk produksi hormon tubuh dan untuk kelancaran
fungsi otak dan sistem saraf.
- Mengandung Cyperon sejenis “sesquiterpene” yang berguna untuk jantung dan tekanan darah serta mengurangi rasa tidak nyaman pada saat haid.
- Mengandung Solavetivone, senyawa anti-jamur dan anti-bakteri yang sangat kuat.
- Mengandung Physalin senyawa alami yang sangat aktif melayan segala jenis leukimia dan juga digunakan dalam penyembuhan terhadap penyakit hepatitis B.   Biasanya, buah Goji kering dijual di toko-toko obat cina, dikenal dengan nama buah kice, yang kadang dipakai untuk pengobatan mata dan kesehatan, khususnya imun tubuh, soalnya vitamin C-nya tinggi banget. Setau gw sih, di budaya Cina, buah kice ini terkenal sekali. Kalau angkatan oma gw, biasanya buah kice atau Goji kering ini, dimasukkan ke dalam sup. Tapi kalau buah keringnya khasiatnya sudah tidak 100% lagi. Maka sekarang ini, perusahaan Freelife mengolah kesegaran buah Goji kedalam Juice, sehingga khasiatnya dapat dipertahankan.

  Melalui testimonial ini, gw ingin berbagi kebaikan yang ada di Goji Juice, semoga juga bisa membantu kesehatan teman-teman.. Kalau perlu informasi lebih lanjut dan pemesanan, bisa contact aku: Vivi: 0813 8474 1635, atau Email di farny_s@yahoo.com Silahkan buka web Freelife di  www.freelife.com Gochi Media www.goji-newsmedia.org Gochi Stories and testimonials www.gojihealthstories.com Gochi Video www.youtube.com/watch?v=8NVxC2iBpec    Semoga informasi ini bisa membantu. Thanks friends…
   
12-09-2007 15:36:33 minum es
Jumlah Posts : 75
Jumlah di-Like : 1
Saya dulu waktu hamil suka sekali makan es krim...
Sama artinya dengan minuman manis kan..
Alhasil anak saya lahir seberat 3.5 KG.
lumayan gede buat saya yang berat badan normal 45KG..
Sebenernya mungkin yang membuat bayi jadi besar bukan karena es-nya, tetapi karena gula-nya...
well, mungkin ada yang lebih tau tentang ini?? Array
   
23-07-2017 15:31:38 Mau tanyak yaa
Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like
tolong bantu yyah, saya baru pertama x menggunakan kb suntik 3 bulan, gimana yah caranya agar dapat hamil dengan cepat setelah lepas kb suntik 3 bulan .. mohon informasi dan bantuannya ...
   
16-02-2017 13:22:50 Hamil Muda
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
Selamat Siang Dokter.

Saya seorang ibu mempunyai putri usia 5 tahun.
Sekarang sya tlah dkasih kpercayaan hamil lagi stelah 3 tahun menunggu. Sekarang usia kandungan sya mau memasuki usia kandungan 1 bulan.

Yang saya tanyakan begini dok : Bolehkah / Amankah ibu hamil dengan usia kandungan 3 minggu makan sayur pakis?? Apa baik untuk janin dalam kandungan saya???

Terima Kasih
   
16-02-2017 13:16:36 Hamil Muda
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
Hallo.
Sya Ibu Muda mempunyai Putri berumur 5 tahun. Sekarang saya lgi hamil mau memasuki usia kandungan 1 bulan. Yg saya tnyakan : Bolehkah Ibu Hamil dengan usia kandungan 3 minggu makan sayur pakis?? Amankah untuk janin sya??

Terima Kasih.