SITE STATUS
Jumlah Member :
492.646 member
user online :
1032 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: mempersiapkan kehamilan dengan sari kurm

New Topic :  
27-10-2014 07:55:43 vitamin promil
Jumlah Posts : 395
Jumlah di-Like : 4

Dear Bunda Siti,

Terima kasih atas pertanyaannya.

Untuk promil, dapat dibantu dengan PABA, vitamin C&E (antioxidant) dan juga asam folat.

PABA adalah vitamin B Kompleks yang dipercaya untuk meningkatkan kemampuan estrogen untuk memfasilitisasi kesuburan dan meningkatkan kemampuan bagi wanita yang tidak subur untuk hamil. Penelitian klinis melaporkan bahwa 12 dari 16 wanita yang tidak subur mampu untuk hamil setelah mengkonsumsi suplemen PABA dalam beberapa bulan.

Antioxidant: Vitamin C dan E adalah vitamin dan antioksidan yang memainkan peranan penting untuk memperbaiki kerusakan yang diakibatkan oleh lingkungan, penuaan dan melindungi kerusakan sel dari radikal bebas. Vitamin E adalah antioksidan yang paling utama bagi kesehatan reproduksi wanita secara keseluruhan. Dalam beberapa percobaan, pasangan yang tidak subur yang diberikan Vitamin E menunjukkan peningkatan kesuburan*

Folic Acid: Asam Folat adalah vitamin yang sangat penting bagi wanita yang sedang mempersiapkan kehamilan. Terkadang wanita tidak menyadari dirinya sudah hamil di minggu-minggu awal kehamilannya, saat janin sedang berkembang. Wanita yang kekurangan asam folat beresiko mempunyai bayi cacat tulang belakang.

Sumber alami Asam Folat
 sayuran berwarna hijau, seperti bayam dan brokoli.
 buah-buahan, seperti jeruk, semangka, nanas, dan avokad.
 Daging sapi

Untuk asam folat, ada pada produk seperti Folavit, Zegavit,dan Folamil.

Untuk Vitamin E, ada pada produk seperti Evion, Natur E dan Ever-E

Terima kasih

   


27-09-2014 21:47:34 pengen cepat hamil
Jumlah Posts : 395
Jumlah di-Like : 4

Dear Bunda Ade Sumini(0),

Terima kasih atas pertanyaannya.

Untuk promil, dapat dibantu dengan PABA, vitamin C&E (antioxidant) dan juga asam folat.

PABA adalah vitamin B Kompleks yang dipercaya untuk meningkatkan kemampuan estrogen untuk memfasilitisasi kesuburan dan meningkatkan kemampuan bagi wanita yang tidak subur untuk hamil. Penelitian klinis melaporkan bahwa 12 dari 16 wanita yang tidak subur mampu untuk hamil setelah mengkonsumsi suplemen PABA dalam beberapa bulan.

Antioxidant: Vitamin C dan E adalah vitamin dan antioksidan yang memainkan peranan penting untuk memperbaiki kerusakan yang diakibatkan oleh lingkungan, penuaan dan melindungi kerusakan sel dari radikal bebas. Vitamin E adalah antioksidan yang paling utama bagi kesehatan reproduksi wanita secara keseluruhan. Dalam beberapa percobaan, pasangan yang tidak subur yang diberikan Vitamin E menunjukkan peningkatan kesuburan*

Folic Acid: Asam Folat adalah vitamin yang sangat penting bagi wanita yang sedang mempersiapkan kehamilan. Terkadang wanita tidak menyadari dirinya sudah hamil di minggu-minggu awal kehamilannya, saat janin sedang berkembang. Wanita yang kekurangan asam folat beresiko mempunyai bayi cacat tulang belakang.

Sumber alami Asam Folat
 sayuran berwarna hijau, seperti bayam dan brokoli.
 buah-buahan, seperti jeruk, semangka, nanas, dan avokad.
 Daging sapi

   
22-09-2014 10:47:04 khawatir susah hamil
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Sebagian besar perempuan pernah mengalami kondisi di mana menstruasi tidak teratur. Siklus tidak teratur ini bisa berarti memendek atau memanjang harinya.

Menstruasi adalah serangkaian perubahan tubuh seorang wanita untuk mempersiapkan kehamilan. Setiap bulannya uterus tumbuh menjadi lapisan baru (endometrium) yang siap dibuahi. Ketika sel telur tidak dibuahi maka ia akan keluar dan ini yang dinamakan menstruasi. Perempuan mulai mengalami menstruasi  antara usia 11 hingga 14 tahun dan berhenti saat menopause sekitar usia 50-an.

Untuk mengetahui apakah siklus menstruasi Bunda teratur atau tidak tentunya kita harus tahu bagaimana siklus menstruasi yang teratur. Rata-rata siklus yang teratur adalah 28 hari. Dihitung dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi berikutnya.

Kenapa tidak teratur?

Menstruasi tidak teratur disebabkan oleh beberapa faktor terutama hormon. Berikut faktor-faktor penyebabnya :

• Hormon

Hormon estrogen dan progesterone memiliki peran besar dalam setiap siklus menstruasi. Jika hormon estrogen kurang, maka siklus menstruasi bisa semakin lama. Demikian pula sebaliknya jika hormon ini berlebih maka siklus menjadi lebih cepat.

• Berat badan

Naiknya berat badan secara drastis mempengaruhi siklus menstruasi. Begitu juga dengan turunnya berat badan yang signifikan. Untuk itu penting tetap berada di garis berat badan ideal.

• Obat-obatan

Beberapa jenis obat-obatan ternyata dapat mempengaruhi hormon. Terutama pil KB yang berpengaruh besar terhadap kadar hormon.

• Stress

Tentunya stress memiliki dampak yang buruk termasuk mengganggu siklus menstruasi Bunda. Memiliki waktu beristirahat yang cukup sangat disarankan untuk tetap dalam siklus menstruasi yang normal.

• Olahraga Berlebihan

Olahraga memang baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Tetapi bila berlebihan juga bisa mengakibatkan dampak negatif, salah satunya mengganggu siklus menstruasi.

Bagaimana Mengatasinya?

Untuk mengembalikan siklus menstruasi kembali normal kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Misalnya karena olahraga berlebihan. Tentunya Bunda harus berolahraga yang lebih ringan. Bila stress maka Bunda harus menenangkan pikiran dan meluangkan waktu dari rutinitas sehari-hari yang padat.

Kapan harus ke dokter?

Siklus normal menstruasi memang 28 hari, namun perempuan yang memiliki siklus 21-35 hari masih dapat dikatakan normal. Terlebih lagi remaja bisa mengalami siklus hingga 45 hari. Tetapi siklus tidak dapat dikatakan normal bila melebihi angka tersebut. Periksalah ke dokter bila Bunda merasa ada kelebihan 7 hari dalam siklus menstruasi selama tiga kali berturut-turut.

Tips :

- sisihkan waktu untuk rileks dan memanjakan diri setiap hari. Hal ini dapat menghindari kita dari stress yang bisa mengganggu siklus menstruasi.

   


19-08-2014 12:02:41 promil
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda, selain diketahui status kesuburana bUnda, apakah sudah mengetahui masa subur Bunda? bagaimana dengan siklus menstruasi Bunda? apakah teratur?

Bila Bunda mempersiapkan kehamilan, selain  makanan alami yang segar dan bergizi seimbang, dapat juga menambahkan suplemen asam folat dan zat besi.

   
30-06-2014 10:36:07 grup promil
Jumlah Posts : 100
Jumlah di-Like : belum ada like
cuma sekedar share topik : nutrisi persiapan kehamilan yaa bun .. :-)
Ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam mempersiapkan kehamilan, salah satunya adalah konsumsi nutrisi yang tepat. Salah satu nutrisi yang penting untuk pertumbuhan janin adalah asam folat. Sayangnya sebagian besar wanita baru mengetahui kehamilannya setelah berusia 4-6 minggu. Padahal saat 4 minggu pertama, terjadi pembentukan tabung saraf otak janin. Asam Folat merupakan bahan utama pembentuk tabung saraf janin, sehingga kebutuhan asam folat sebaiknya dipenuhi sedini mungkin.
Asam folat juga bisa mencegah timbulnya kecacatan tabung saraf seperti kelainan pada tulang belakang dan otak yang tidak terbentuk. Calon ibu disarankan meminum asam folat sebelum kehamilan untuk mengurangi risiko cacat tabung sarat. Konsumsi asam folat sekitar 0.4-0.8 mg per hari bisa menurunkan risiko cacat tabung saraf sebanyak 80 persen. Asam folat bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Setiap harinya wanita harus mengonsumsi karbohidrat, protein, sayur hijau, dan buah-buahan secara seimbang. Untuk melengkapi kebutuhan asam folat, calon ibu juga bisa didapatkan dari suplemen dan susu yang sudah difortifikasi dengan asam folat.
   


24-06-2014 10:58:29 kuret usia janin 9w
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,
Pada infeksi Toxoplasma, dilakukan pemeriksaan immunologi. Hasil IgM akan mengindikasikan infeksi akut dan setelah 3-4 bulan tidak terdeteksi. Pemeriksaan IgG dapat mengindikasikan infeksi yang terjadi di masa lampau. Kadar IgG akan tetap terdeteksi namun dalam kadar yang rendah. Lebih baik Bunda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis Kandungan sebelum merencanakan kehamilan yang berikutnya.

Untuk mempersiapkan kehamilan berikutnya, Bunda dapat meminum suplemen untuk ibu hamil yang mengandung asam folat dan zat besi serta vitamin mineral lainnya. Secara seimbang mengatur pola makan dengan gizi yang baik, istirahat yang cukup dan olahraga ringan. Ketahui masa subur Bunda agar dapat secara tepat mendapatkan hasil konsepsi pada masa subur.

   
09-05-2014 14:49:51 cara cepat hamil
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25

Dalam artikel yang saya temukan:
Pada beberapa pasangan yang ingin segera memiliki buah hati ditemukan beberapa kesulitan. Sulitnya mencapai kehamilan dipengaruhi beberapa faktor seperti yang telah Infobunda paparkan minggu lalu. Kesulitan itu bisa diatasi dengan mengetahui faktor kondisi ideal terjadinya kehamilan, yakni :
• Hubungan seksual normal (2-3 kali seminggu)
• Hubungan seksual tepat waktu (khususnya pada saat masa subur atau Ovulasi)
• Mulut rahim dan cairan mulut rahim dalam kondisi baik
• Saluran telur dapat berfungsi normal
• Rahim atau dinding rahim normal
• Adanya sperma dengan jumlah dan kualitas yang baik

(http://www.infobunda.com/pages/articles/artikelshow.php?id=312&catid=17&catname=Mempersiapkan-Kehamilan&title=Berbagai-Upaya-Mempercepat-Kehamilan#ixzz2d8nE55nU)

Dalam kasus sebelumnya dokter kami mengatakan:
Pada umumnya lama siklus menstruasi berkisar dari 21 hari sampai 35 hari. Apabila bunda memiliki siklus setiap 23 atau 25 hari maka masih dapat di katakan memiliki siklus menstruasi yang teratur, hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1. Masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid.
Namun bila mendapatkan perdarahan beberapa kali di luar siklus atau sering mengalami keterlambatan bahkan tidak datang bulan dalam beberapa bulan, maka dapat menghitung masa subur dengan mengumpulkan data dari 6 bulan terakhir. Bila siklus haid tidak teratur :
Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.
(http://www.infobunda.com/pages/tanyadokter/question.php?qid=4343&subjek=Siklus-menstruasi-dan-masa-subur-#ixzz2d8nMBvIi)

Dalam kasus sebelumnya, bidan kami mengatakan:
Untuk mendapatkan keturunan, diperlukan kerja sama yang baik antara ayah dan bunda, kesuburan bukan hanya semata mata milik istri, suami pun juga berandil besar dalam proses terjadinya kehamilan.
Beberapa tips yg mungkin dapat membantu :
1. jaga berat badan ( terlalu kurus / gemuk dapat menimbulkan gangguan proses ovulasi ).
2. pilih waktu berhubungan yg tepat ( pada saat bunda dalam masa subur ).
3. pilih posisi senggama yang tepat.
4. jangan bersenggama terlalu sering, frekwensi yang disarankan 2 hari sekali, atau 3x dlm seminggu.
5. menikmati hubungan dengan menciptakan suasana yang romantis.
6. makan makanan yang bergizi serta babyak mengandung vitamin C, E dan B complek ( terutama B6 ).
7. Hindari minuman beralkohol, rokok serta memakai pakaian yang terlalu ketat ( terutama untuk ayah ).
Saran saya, tidak ada salahnya bunda dan ayah melakukan pemeriksaan pada dokter ahli kebidanan, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut serta dapat merencanakan program kehamilan.
(http://www.infobunda.com/pages/newforum/posts.php?topic=19278&start=0&topik=aku-ingin-cepat-hamil-s&forum=Diskusi-Bersama-Bidan#ixzz2d8qX4i3S)

   
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8

Dear bunda Ayu Aulia Sari Ibrahim,

Adanya keterlambatan haid, mudah lelah dan pusing, memang dapat menjadi tanda tidakpasti adanya kehamilan. Sebaiknya lakukan tes HCG dalam urine untuk mengetahui adanya kehamilan dengan menggunakan tespack, usahakan tes dilakukan pada pagi hari pada saat kadar HCG dalam urine sedang tinggi.

   
18-02-2014 16:20:19 promil & vitamin
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Dalam mempersiapkan kehamilan, Bunda juga boleh meminum suplemen asam folat dan zat besi misalnya dengan meminum suplemen untuk ibu hamil. Suplemen vitamin E juga boleh, lebih baik lagi bila Bunda konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan, karena masalah kesuburan berkaitan dnegan banyak hal.

Buah dan sayuran banyak manfaatnya, tidak tergantung dari golongan darah. Bunda dapat mengkonsumsi Buah dan sayuran jenis apa saja terutama yang mengandung banyak serat dan sayur hijau sebagai sumber vitamin dan mineral serta zat besi.

   
Jumlah Posts : 178
Jumlah di-Like : belum ada like

Selamat pagi bunda, buat bunda yang baru saja menikah dan sedang menyiapkan kehamilan pertama, aku punya beberapa tips mempersiapkan kehamilan yang sehat. Buat bunda yang sedang mempersiapkan kehamilan kedua juga boleh nyimak. Yuk bunda simak tips berikut ini :

Lakukan konsultasi dengan dokter

Konsultasi dengan dokter pendamping untuk bahas lebih lanjut rencana kehamilan bunda. Saat konsultasi dengan dokter lakukan juga  cek kondisi kesehatan bunda dan suami. Selain itu konsultasi dengan dokter juga bisa mengetahui apa ada riwayat penyakit keluarga yang dapat mengganggu rencana kehamilan bunda dan meminimalisir resiko kehamilan.

Berolahraga

Berolahraga disini bukan yang berat-berat bunda, itu sih suami bunda aja, hehehe. Tapi olahraga seperti jogging di pagi hari, jalan santai pas sore hari dengan suami :), bersepeda, atau yoga dan pilates. Olahraga ini dapat dilakukan antara 4-5 kali dalam seminggu dengan durasi 30 menit. Tapi kalau bunda gak pernah melakukan aktivitas olahraga, bunda bisa melakukannya secara bertahap selama 10 menit.

Penuhi nutrisi

Dalam mempersiapkan  kehamilan yang sehat bunda bisa memenuhi nutrisi yang didapat dari sayur, ikan, biji-bijian seperti oatmeal atau cereal dari gandum utuh, buah-buahan contohnya alpukat, apel, atau pisang. Asam folat yang terdapat dalam kandungan sayuran dan biji-bijian dapat mencegah resiko janin dengan cacat syaraf. Untuk memnuhi asam folat, bunda dapat mengkonsumsi susu ibu hamil yang memiliki kandungan asam folat tinggi dan DHA yang penting untuk mempersiapkan kehamilan yang sehat.

Periksa kembali obat-obatan dan suplemen

Jika sebelum masa kehamilan bunda diharuskan mengkonsumsi obat atau suplemen, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk memastikan keamanan dan efek obat atau suplemen itu karena dikhawatirkan obat dan suplemen itu mengganggu kehamilan bunda nantinya.

Selain tips di atas, dukungan dari suami dan keluarga juga dapat menjadi motivasi untuk bunda dalam mempersiapkan kehamilan sehat dengan pola hidup yang sehat.

sumber

   
Jumlah Posts : 178
Jumlah di-Like : belum ada like

Siang bunda, kehamilan kedua butuh perencanaan yang baik serta dukungan dari ayah dan juga keluarga.  Jika bunda dan ayah sudah merasa ini saatnya merencanakan kehamilan kedua, ada hal-hal yang harus diperhatikan agar rencana ini dapat berjalan sesuai dengan harapan bunda dan ayah. Berikut ini hal-hal yang perlu dipersiapkan yah bunda :

Atur jarak kehamilan

Jarak kehamilan yang aman menurut penelitian sekitar 27 – 32 bulan setelah melahirkan berarti sekitar 2 tahun 3 bulan atau 2 tahun 8 bulan bunda. Walau sebenernya sih rahim bunda tuh udah siap untuk hamil lagi dalam 3 bulan setelah melahirkan. Tapi dengan mengatur jarak yang aman akan berpeluang besar untuk memiliki bayi yang sehat. Jika bunda di kehamilan sebelumnya melahirkan secara caesar disarankan untuk berkonsultasi pada dokter terlebih dulu untuk mengatur jarak kehamilan yang tepat.

Lepas alat kontrasepsi

Jika bunda dan ayah sudah merencanakan untuk memiliki adek bayi lagi, idealnya hentikan pemakaian alat kontrasepsi beberapa bulan sebelum memutuskan untuk hamil kembali. Hal ini dilakukan untuk menjaga siklus mens normal (kecuali pemakaian spiral, bunda bisa langsung hamil setelah alat kontrasepsi dilepas). Jika alat kontrasepsinya dalam bentuk pil dan suntuk perlu waktu beberapa bulan untuk bisa hamil lagi.

Pemeriksaan pra-kehamilan

Jika bunda dan ayah sudah benar-benar siap untuk kehamilan kedua, wajib melakukan pemeriksaan sebelum masa kehamilan untuk memastikan kondisi kesehatan bunda dalam keadaan yang sehat. Setelah pemeriksaan disarankan untuk melakukan tes ginekolog secara lengkap termasuk tes laboratorium.

Mempersiapkan psikologis calon kakak (anak pertama)

Nah yang ini juga gak boleh dan biasanya butuh pendekatan ekstra. Persiapkan psikologis dan mental calon kakak penting dilakukan agar tidak merasa tersisih saat bunda nantinya lebih sering memperhatikan adek bayi (anak kedua). Dapat dilakukan dengan menjelaskan secara alami bahwa kehadiran adiknya nanti tidak akan membuat perhatian dan kasihsayang bunda berubah.

sumber artikel

Perlu diingat bunda dalam mempersiapkan kehamilan ini, tubuh bunda perlu nutrisi seperti asam folat, kalsium, vitamin, dan mineral. Bunda bisa dapatkan dari ikan, susu ibu hamil, telur, sayur dan buah-buahan. Sebaiknya dikonsumsi antara 3-4 bulan sebelum mempersiapkan kehamilan.

   
06-02-2014 11:41:35 keguguran
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,
Setelah perdarahan berhenti dan Bunda sudah memiliki kesiapan secara psikologis maka Bunda dapat kembali berhubungan intim dengan suami. Pada umumnya rasa nyeri dan kram ringan serta perdarahan dapat terjadi antara 2 hari sampai 2 minggu setelah kuretase. Pada masa tersebut sebaiknya tidak melakukan hubungan intim ataupun memasukkan benda ke dalam liang vagina. Kecemasan dapat mempengaruhi libido dan juga berkurangnya pelumas pada vagina saat berhubungan intim. Bila hal ini terjadi maka dapat terjadi ketidaknyamanan bahkan kemungkinan terjadinya luka lecet karena kurangnya pelumas pada saluran vagina. Untuk mencoba perencanaan hamil kembali di sarankan setelah 3 siklus menstruasi, agar tubuh Bunda lebih siap dalam mempersiapkan kehamilan.

   
25-01-2014 11:45:45 vitamin untuk promil
Jumlah Posts : 395
Jumlah di-Like : 4

Dear Bunda Latifah,

Terima kasih atas pertanyaannya.

Untuk promil, dapat dibantu dengan PABA, vitamin C&E (antioxidant) dan juga asam folat.

PABA adalah vitamin B Kompleks yang dipercaya untuk meningkatkan kemampuan estrogen untuk memfasilitisasi kesuburan dan meningkatkan kemampuan bagi wanita yang tidak subur untuk hamil. Penelitian klinis melaporkan bahwa 12 dari 16 wanita yang tidak subur mampu untuk hamil setelah mengkonsumsi suplemen PABA dalam beberapa bulan.

Antioxidant: Vitamin C dan E adalah vitamin dan antioksidan yang memainkan peranan penting untuk memperbaiki kerusakan yang diakibatkan oleh lingkungan, penuaan dan melindungi kerusakan sel dari radikal bebas. Vitamin E adalah antioksidan yang paling utama bagi kesehatan reproduksi wanita secara keseluruhan. Dalam beberapa percobaan, pasangan yang tidak subur yang diberikan Vitamin E menunjukkan peningkatan kesuburan*

Folic Acid: Asam Folat adalah vitamin yang sangat penting bagi wanita yang sedang mempersiapkan kehamilan. Terkadang wanita tidak menyadari dirinya sudah hamil di minggu-minggu awal kehamilannya, saat janin sedang berkembang. Wanita yang kekurangan asam folat beresiko mempunyai bayi cacat tulang belakang.

Sumber alami Asam Folat
 sayuran berwarna hijau, seperti bayam dan brokoli.
 buah-buahan, seperti jeruk, semangka, nanas, dan avokad.
 Daging sapi

Untuk asam folat, ada pada produk seperti Folavit, Zegavit,dan Folamil.

Untuk Vitamin E, ada pada produk seperti Evion, Natur E dan Ever-E.

Terima kasih, semoga berhasil.

   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Nama saya ainun.
Saya sdh menikah 1thn yg lalu, tp blm jg hamil. Siklus mens sya tidak teratur. Terkadang bisa 40-46 hr baru mens lg. Yang ingin saya tnykn, adakah kemungkinan saya utk hamil dgn siklus mens spt itu? Ada tidak cara supaya mens saya spt prmpuan pd umumny yg siklus mens ny 28-30 hr.
Mhn jawabanny dok.

Dari : siti ainun jariah

Jawaban:

Dear Bunda,















Bagi pasangan suami istri yang telah menikah setelah 1 tahun dan mengusahakan untuk mendapatkan kehamilan dengan cara tidak memakai kontrasepsi dan melakukan hubungan intim yang teratur, maka sebaiknya memeriksakan kesuburan pada dokter. Terjadinya kehamilan membutuhkan kesuburan dari kedua belah pihak yaitu sang suami dan istri. Apabila salah satu dari pihak tersebut mengalami gangguan dalam fungsi reproduksi, maka akan menimbulkan masalah kesuburan. Apabila suami anda belum melakukan pemeriksaan kesuburan, maka sebaiknya merujuk pada dokter untuk pemeriksaan tersebut. Lakukan hubungan intim yang berkualitas ( dapat dilakukan dua hari sekali) terutama pada masa subur Anda.















Pada umumnya lama siklus menstruasi berkisar dari 21 hari sampai 35 hari. Apabila bunda memiliki siklus telat sekitar 4-5 hari maka masih dapat di katakan memiliki siklus menstruasi yang teratur, hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1. Masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid.















Namun bila mendapatkan perdarahan beberapa kali di luar siklus atau sering mengalami keterlambatan bahkan tidak datang bulan dalam beberapa bulan, maka dapat menghitung masa subur dengan mengumpulkan data dari 6 bulan terakhir. Bila siklus haid tidak teratur :















Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur. 















Bunda dapat meminum suplemen kehamilah (dalam bentuk tablet maupun susu) untuk mempersiapkan nutrisi bila sewaktu-waktu terjadi kehamilan.







 




   
16-10-2013 10:40:06 kesuburan
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
assalamualaikum dok...
saya baru menikah 2bulan yang lalu,saya ingin cepat hamil,apakah ada jenis makanan yang bsa mempengaruhi hormon agar cepat hamil,apa saja jenis ny?apakah boleh saya meminum susu persiapan kehamilan?
terimakasih

Dari : iis sehan

Jawaban:

Dear Bunda,



Bagi pasangan suami istri yang telah menikah setelah 1 tahun dan mengusahakan untuk mendapatkan kehamilan dengan cara tidak memakai kontrasepsi dan melakukan hubungan intim yang teratur, maka sebaiknya memeriksakan kesuburan pada dokter. Terjadinya kehamilan membutuhkan kesuburan dari kedua belah pihak yaitu sang suami dan istri. Apabila salah satu dari pihak tersebut mengalami gangguan dalam fungsi reproduksi, maka akan menimbulkan masalah kesuburan. Apabila suami anda belum melakukan pemeriksaan kesuburan, maka sebaiknya merujuk pada dokter untuk pemeriksaan tersebut. Lakukan hubungan intim yang berkualitas ( dapat dilakukan dua hari sekali) terutama pada masa subur Anda.



Pada umumnya lama siklus menstruasi berkisar dari 21 hari sampai 35 hari. Apabila bunda memiliki siklus telat sekitar 4-5 hari maka masih dapat di katakan memiliki siklus menstruasi yang teratur, hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1. Masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid.



Namun bila mendapatkan perdarahan beberapa kali di luar siklus atau sering mengalami keterlambatan bahkan tidak datang bulan dalam beberapa bulan, maka dapat menghitung masa subur dengan mengumpulkan data dari 6 bulan terakhir. Bila siklus haid tidak teratur :



Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur. 



Bunda dapat meminum suplemen kehamilah (dalam bentuk tablet maupun susu) untuk mempersiapkan nutrisi bila sewaktu-waktu terjadi kehamilan.