SITE STATUS
Jumlah Member :
492.593 member
user online :
1448 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: masa kadaluarsa suntik kb 3 bulanan

New Topic :  
21-07-2010 09:21:03 Habis melahirkan kok .....
Jumlah Posts : 98
Jumlah di-Like : 2
 Bunda2 mo tanya dunk q bis masa nifas berakhir q suntik KB 3 bulanan truz kenapa ya haid terus-menerus ga berhenti2, ini dah hampir 1 bulan lg, darahnya sih cm sedikit ajah ....

Oh..ya KB suntik 3 bulan tuh pengaruhi asi kita gak sih ???

skrg sih q dah berhenti untuk ga suntik KB lg coz kata temen q katanya itu pengaruhi rasa asi kita.....


   


Jumlah Posts : 2504
Jumlah di-Like : belum ada like
sebenernya alat kb ga ngejamin sepenuhnya kita ga bakalan hamil sih. temenku juga suntik kb 3 bulan masih kebobolan juga padahal belum abis masa kbnya.
   
03-11-2015 14:23:53 alat kontrasepsi
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Setelah melahirkan, Bunda dapat memilih metode kontrasepsi suntik KB 3 bulan (depo) yang mengandung hormon progestin sehingga tidak mengganggu produksi ASI. Penyuntikan dapat dilakukan pada akhir masa nifas atau jika menunggu sampai timbul haid maka hari ke 5 siklus menstruasi (hari ke-5 menstruasi) agar memastikan Bunda tidak dalam keadaan hamil dan langsung memberikan efek kontrasepsi. Bila Bunda melakukan penyuntikan setelah masa haid, maka setelah penyuntikan tetap gunakan kontrasepsi kondom selama 7 hari untuk memberikan waktu bagi obat suntik tersebut bekerja dengan baik memberikan efek kontrasepsi. Selain suntik KB 3 bulan, ibu menyusui ASI juga bis amenggunakan pil KB laktasi ataupun KB IUD.

   


20-10-2015 12:22:57 masa subur
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Masa nifas pada umumnya terjadi sampai 40 hari. Apabila setelah itu anda masih mendapatkan perdarahan atau flek, sebaiknya anda memeriksakan diri kepada dokter SPOG anda, kemungkinan akan dilakukan pemeriksaan USG untuk melihat keadaan di dalam kandungan anda.  Suntik KB 3 bulan maupun pil KB laktasi dapat juga mengakibatkan terganggunya siklus menstruasi seperti flek berkepanjangan atau tidak adanya menstruasi. Ada baiknya untuk dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

   
20-10-2015 11:39:33 masa subur
Jumlah Posts : 945
Jumlah di-Like : belum ada like
dok mau tanya di luar tema,,
saya kan waktu itu suntik kb 3 bulan pas di hari ke 40 masa nifas,nah pas suntik saya masih kluar darah,sampai saat ini pun hari ke 54 masih kluar darah.yng saya mau tanya apakah ini masih darah nifas atau krna pengaruh saya suntik kb?
   


20-10-2015 11:39:33 masa subur
Jumlah Posts : 945
Jumlah di-Like : belum ada like
dok mau tanya di luar tema,,
saya kan waktu itu suntik kb 3 bulan pas di hari ke 40 masa nifas,nah pas suntik saya masih kluar darah,sampai saat ini pun hari ke 54 masih kluar darah.yng saya mau tanya apakah ini masih darah nifas atau krna pengaruh saya suntik kb?
   
04-08-2015 20:20:11 amankah suntik KB
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8

Dear bunda Riska Hidayathie,

Suntik KB 3 bulan aman diberikan pada BUSUI setelah masa nifas berakhir, karena kandungan progesteron dalam KB suntik 3 bulan tidak mengganggu produksi air susu bunda. Suntik KB 3 bulan memiliki efek samping tidak haid, apabila bunda memberikan ASI secara eksklusif maka akan memicu terjadinya penghentian haid, sehingga dalam keadaan ASI ditambah suntik KB 3 bulan, maka kondisi tidak haid menjadi wajar.

   
03-11-2014 11:41:18 kb suntik 3 bln tdak cocok
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Untuk masalah gangguan menstruasi yang berhubungan dengan efek dari suntik KB 3 bulan memang sering dikeluhkan, bila Bunda tidak mendapatkan menstruasi tetapi terlindungi dengan suntik KB 3 bilanan (artinya tidak terjadi kehamilan) , maka sebenarnya tdk menjadi masalah. Bila tidak nyaman dnegan gangguanmenstruasi tersebut, maka dapat berganti metode lain. Bila tidak menyusui, dapat menggunakan pil KB kombinasi atau suntik KB 1 bulanan.

   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Selmt siang dok,, sy citra 24 th,, mau bertanyaa,, tgl 5 mret 2014 lalu sya melahirkan, stelah massa nifas selesei sya blom sempat di kb, tpi skrng sudah keluar lg darah seperti haid,, apakah ini normal dok? Saat haid gini boleh ga d kb suntik? Terima kasih :)

Dari : Citra Amelia H

Jawaban:

Dear Bunda,



Setelah melahirkan, Bunda dapat memilih metode kontrasepsi suntik KB 3 bulan (depo) yang mengandung hormon progestin sehingga tidak mengganggu produksi ASI. Penyuntikan dapat dilakukan pada hari ke 5 siklus menstruasi (hari ke-5 menstruasi) agar memastikan Bunda tidak dalam keadaan hamil dan langsung memberikan efek kontrasepsi. Bila Bunda melakukan penyuntikan setelah masa haid, maka setelah penyuntikan tetap gunakan kontrasepsi kondom selama 7 hari untuk memberikan waktu bagi obat suntik tersebut bekerja dengan baik memberikan efek kontrasepsi.


   
26-03-2014 12:09:48 kb suntik 3 bulan
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Dok, sy mau tanya dan mw tau,ini hari prtma sy melakukan suntik KB 3 bulan dlm seumur hidup sy, yg sy mau tanyakan, apakah sy bisa berhubungan setelah bru2 suntik? Apa nga akan tinggal ?takutnya nti, blm ad reaksi dri suntik KB 3 bulannya dalm 1 hari ini, truz sy lgsung berhubungan. Nti hamil ato nga ?? Tlong diblz ya dok ... Makasih

Dari : Chiytra Andiaso Manggabarani

Jawaban:

Dear Bunda,



Bila baru pertama kali melakukan metode kontrasepsi baik itu pil KB  maupun suntik KB, sebaiknya setelah penggunaan pertama kali tersebut tetap memakai kontrasepsi kondom selama 7 hari untuk berhubungan intim. Hal ini untuk memberikan kesempatan bagi obat untuk bekerja dan mencegah kehamilan. Pada penggunaan siklus berikutnya, bila terlambat dari jadwal yang ditentukan, maka gunakan kontrasepsi kondom selama 7 hari setelah pemberian suntikan atau minum pil KB yang terlambat tersebut. Bila Bunda tidak berada pada masa subur, kemungkinan terjadi kehamilan tidak besar terjadi, namun resiko terjadinya kehamilan masih ada bila tidak ada efek kontrasepsi sebelumnya.


   
20-02-2014 13:50:39 telat suntik kb
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Dokter mw tnya..
sy sdh telat suntik kb 3 hri.. sy pke kb 1 bln.
mnrut jdwal hrus.a tgl 24 kemarin sy suntik.
Di karenakan sy mens.a bru tgl 22 dan skrg msih mens.
apa bisa hamil dok ?

Dari : Selly Rachel Redamata

Jawaban:

Dear Bunda,



Bila penggunaan kontrasepsi KB suntik maupun pil tidak dilakukan tepat dengan jadwal yang seharusnya dilakukan, maka efek dari kontrasepsi untuk mencegah kehamilan akan berkurang dan kemungkinan kehamilan lebih tinggi terjadi. Kehamilan dapat terjadi bila sel telur dan sperma bertemu pada masa subur dan terjadi pembuahan. Bila Bunda telat dalam jadwal penyuntikan kembali, gunakan terlebih dahulu kontrasepsi kondom sampai 7 hari setelah penyuntikan ulang. Untuk waktu berikutnya, meskipun masih menstruasi, lakukan penyuntikan sesuai jadwal agar kehamilan dapat dicegah dengan baik.


   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
siang dok, setelah masa nifas saya belum juga mendapatkan haid sampai usia anak saya 4.5 bulan, baru saya mendapatkan haid, setelah selesai haid baru saya menggunakan Pil andalan Laktasi, bulan berikut nya saya mendapatkan haid, tapi di bulan desember 2012, haid belum juga datang,sampai saya nulis pertanyaan ke dokter. pertanyaan saya: apakah memang jika kita mengkonsumsi pil Andalan Laktasi haid tidak teratur, dan apakah saya hamil??, saya sangat mengharapkan jawaban dari dokter segera, terima kasih.

Dari : maymanah

Jawaban:

Dear bunda,



KB untuk ibu yang sedang menyusui dapat menggunakan suntik KB 3 bulan ataupun pil KB laktasi yang mengandung hormon progestin. KB dengan progesterone tidak mengganggu produksi ASI namun mempunya efek terganggunya siklus menstruasi (meski tidak selalu terjadi pada semua pengguna KB ini). Gangguan siklus menstruasi dapat berupa timbulnya flek-flek di luar siklus menstruasi, flek-flek berkepanjangan, perdarahan berkepanjangan maupun tidak adanya menstruasi. Hal ini masih termasuk wajar di dapati, namun bila bunda mengalami perdarahan berkepanjangan segeralah memeriksakan diri pada dokter. Bila bunda tidak nyaman dengan keadaan ini, bunda dapat menggunakan KB IUD (KB spiral) yang tidak mengandung hormonal sehingga tidak berpengaruh pada produksi ASI anda. demikian jawaban saya semoga dapat membantu.















   
30-01-2013 11:34:53 menunda anak berikutnya
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7
 Dear Bunda,
Untuk menunda kehamilan setelah melahirkan anak pertama, Anda dapat menggunakan metode kontrasepsi. Anda sebaiknya menggunakan kontrasepsi pil laktasi, suntik KB 3 Bulan, atau KB IUD ketika sedang masa menyusui ASI agar tidak mempengaruhi produksi ASI.
   
16-07-2010 15:34:03 mensturasi yang tidak lancar
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
kenapa ya dok sehabis melahirkan mens saya tidak teratur? waktu anak usia 3 bulan saya dapat mens, tapi bulan berikutnya tidak, apa itu ada pengaruhnya dok? karena saya juga belum mulai KB, saya jadi takut ni dok, tolong infonya ya, trims.

Dari : athallah fayyadh

Jawaban:

Dear Bunda athallah fayyadh (ummi fayyadh),

Menstruasi yang tidak lancar biasanya disebabkan oleh faktor hormonal yang tidak seimbang. Untuk menyeimbangkan keadaan hormonal ini akan lebih baik bila bunda melakukan KB hormonal seperti pil KB atau suntik KB 1 bulanan.
Namun ada baiknya anda mengkonsultasikan dengan dokter anda sebelum memutuskan untuk memilih jenis KB yang akan digunakan.

Demikian informasi yang dapat saya berikan. Semoga bermanfaat.
   
29-10-2009 09:22:34 pil KB untuk ibu menyusui
Jumlah Posts : 23
Jumlah di-Like : belum ada like
hai.... emang gitu bun resikonya jadi bunda, he...he.. . Q juga pake KB suntik yang 3 bulanan g haid juga, kadang Haid itu pun g lama, sekalinya haid bener2 lama! pokoknya jadi g tentu dech siklus haidnya. kayaknya si semua bunda juga bakalan ngalamin hal seperti itu kalo pake KB (merk apapun dan jenis apapun sama aja kayaknya, mw suntik, Pil, ato IUD sekalipun pasti ada efek sampingnya) oia untk yang menyusui si kabarnya emang gitu bakalan ngurangin kuantitas dan kualitas ASI, tapi alhamdulillah ASI Q tetep lancar dan banyak, mungkin beda2 pada setiap ibu ya?!

Love,
Vega - Bunda Ichel