SITE STATUS
Jumlah Member :
493.859 member
user online :
1246 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: lingkar kepala bayi

New Topic :  
18-02-2017 19:44:11 hpl april 2017 merapat
Jumlah Posts : 27
Jumlah di-Like : belum ada like
klo saya HPL 21 april.. setelah USG dokter bilang lahiran 6 april. setelah saya tanya ternyata karna ukuran besar bayi. dilihat dari lingkar kepala. bayi saya lebih besar dari ukuran seharusnya. begitu bunda Surya..
   


02-10-2015 15:50:56 7 weeks
Jumlah Posts : 73
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda nitha, memang kadang hasil USG tidak sama karna USG itu ngukurnya dri lingkar kepala bayi.. klo tadi perhitungan dgn kalender
   
Jumlah Posts : 7
Jumlah di-Like : belum ada like
ohhh gitu ya bunda rizki..hpl sihh sama dengan di info bunda.perkiraan 27 des 13 nnti..hanya saja perhitungan week nya suka berbeda..apakah dokter liat dari perhitungan lingkar kepala bayi?
   


Jumlah Posts : 592
Jumlah di-Like : 3
Bun Yuo Shing: waah, selamat yaa :D :D :D akhirnya lahir juga, trt berbahagia, met menjadi ibu ya, sehat2 selalu anak dan mamanya ;) bun Michee: iya nih, ud tambah rame yg jd ibu2 ;) tp senang kann? Hayoo begadang mulu dah qta sama2... Bun Shafitrie: termasuk besar kalo di atas 3.5 kg bun, apa bun msh suka mnm es? Kalo iya sebaiknya dihentikan, pengalaman teman sesama pasien di sebelah ranjang rs, dy minum es terus, lingkar kepala bayi jd besar, berat 3.5 kg lbh, harus lahir cs... Tp apapun cr lahirnya yg penting selamat n sehat ;) jgn kuatir bun, turut mendoakan yg terbaik.
   
28-06-2016 02:00:07 agar cepat sembuh luka SC
Jumlah Posts : 818
Jumlah di-Like : belum ada like
ya bun..aku trkhir mens 16 okt bun..kl hit dokter trkhir x mens itu bun dikatakan kita sdh isi..tp antara trkhir mens dengan bulan berikutnya kan ada 1bln bun..itu kita kan ga bs tau di tgl mana yg bnr isi..ini kan hny perkiraan bun..kl dokter biasa pas usg ada sklian ukur besar lingkar kepala dan badan..itu jg bs tau bun ukuran brp bln kitaa hamil..capek ga bun.hamil sambil asuh si kecil yg masih bayi..hehe
   


22-01-2016 12:15:18 berat janin kurang
Jumlah Posts : 558
Jumlah di-Like : belum ada like
ada bun keterangan d hasil foto usg..klo bbj itu keterangannya EFW bun..kalo lingkar kepala BPD bun, lingkar perut bayi AC,,
   
Jumlah Posts : 326
Jumlah di-Like : belum ada like

Bawa bayi Anda terbang naik pesawat?

Buat orang tua yang akan melakukannya untuk pertama kali, membawa si buah hati naik pesawat bisa jadi pengalaman yang menimbulkan kecemasan. Selain berkonsultasi dengan dokter mengenai kesiapan si kecil, berikut adalah tips membawa bayi Anda naik pesawat, mulai dari persiapan booking tiket pesawat hingga tips agar si kecil tenang dan nyaman selama di pesawat.

Selain itu, simak juga ketentuan bayi dari tiap-tiap maskapai utama di Indonesia di bawah ini.

Sebelum booking tiket

Kapan usia aman bayi naik pesawat?

Ketentuan tiap maskapai bisa berbeda-beda, ada yang minimum usia 2 hari, ada yang minimum usia 14 hari. Maskapai biasanya akan meminta Surat Keterangan Medis dari dokter yang menyatakan bahwa bayi cukup sehat untuk terbang.

Bayi berusia di bawah 2 minggu memiliki risiko lebih besar. Dalam usia dini ini, daya tahan bayi masih sangat lemah dan karenanya rentan untuk terjangkit penyakit seperti batuk atau flu dari orang sekitar di ruang kabin pesawat nanti.

Jadi kapan usia terbaik untuk bayi naik pesawat? Usia minimum 3 bulan dianggap usia yang paling aman untuk bayi naik pesawat. Saat mencapai usia ini, daya tahan bayi sudah lebih kuat juga dalam menghadapi perubahan suhu udara.

Berapa harga tiket pesawat untuk bayi?

Umumnya, bayi digolongkan berusia di bawah 2 tahun (24 bulan) pada saat penerbangan. Sebagian besar maskapai mengharuskan bayi untuk duduk di pangkuan penumpang dewasa, dengan batasan satu orang dewasa hanya boleh membawa satu bayi.

Walau tidak memiliki tempat duduk sendiri, bayi tetap membutuhkan tiket, bukti usia seperti akte lahir, demikian juga paspor ketika terbang ke luar negri. Tiap maskapai memiliki ketentuan berbeda mengenai harga tiket bayi. Bagi beberapa maskapai, harga tiket bayi gratis. Namun ada juga maskapai yang menentukan tarif bayi yaitu sekian persen dari tarif dewasa, sekalipun bayi duduk di pangkuan penumpang dewasa. Jika bayi memiliki tempat duduk sendiri, tarif yang dikenakan serupa dengan tarif dewasa.

Apakah bayi mendapat jatah bagasi sendiri? Hal ini juga tergantung tiap maskapai. Pastikan hal ini dari maskapai terkait.

Barang-barang apa saja yang diperlukan selama penerbangan?

Antisipasi juga sekiranya terjadi delay. Di beberapa penerbangan internasional berlaku batasan untuk membawa cairan di kabin, namun ini tidak berlaku khusus untuk makanan/susu bayi:

Pastikan Anda memiliki barang-barang ini di dalam tas kabin Anda:

  • Bawa popok sekali pakai dan tissue basah, dikemas bersama di dalam sebuah tas/kantung kecil. Saat mengganti popok bayi di toilet pesawat, Anda jadi tidak perlu membawa seluruh tas kabin.
  • Baju cadangan untuk bayi dan juga Anda. Ini terutama untuk mengantisipasi hal-hal seperti ketumpahan, muntah, turbulensi dll.
  • Susu dan makanan bayi. Ini termasuk ASI yang sudah diperah dalam botol jika bayi Anda minum ASI.
  • Air panas di dalam botol untuk membuat makanan bayi.
  • Nursing apron atau celemek menyusui, yaitu kain yang berguna untuk menutupi ibu dan bayi saat menyusui maupun memerah susu di tempat umum.
  • Selimut untuk bayi. Walau di beberapa penerbangan jarak jauh (long-haul) disediakan selimut, bahannya bisa jadi tidak cocok untuk kulit bayi yang masih sensitif. Selain itu, bau selimut bayi Anda sendiri akan menyenangkan buat si bayi.
  • Empeng.
  • Mainan favorit bayi, dan juga mainan baru untuk mencegah bayi dari kebosanan.

Saat booking tiket

Saat memesan tiket, ada beberapa hal yang dapat dijadikan pertimbangan, antara lain:

  • Waktu terbang. Untuk penerbangan jarak pendek, memilih waktu terbang siang bisa jadi keputusan terbaik karena itu adalah jam tidur siang bayi. Untuk penerbangan jarak jauh, waktu terbang malam adalah paling nyaman untuk bayi karena dia bisa tidur nyenyak di pesawat.
  • Jika bayi Anda sudah lebih besar, pesanlah satu tempat duduk ekstra untuk bayi, terutama untuk penerbangan jarak jauh.
  • Jika memungkinkan, book tempat duduk di bagian depan (bulkhead seat). Tempat duduk ini memiliki ruang lebih untuk kaki Anda dan lebih jauh dari mesin pesawat yang bising. Jika Anda book tiket secara online, informasikan hal ini sekali lagi melalui call center maskapai.
  • Pilih tempat duduk di gang (aisle) agar leluasa keluar masuk mengurus si kecil ke toilet atau berjalan-jalan di lorong kabin.
  • Cari tahu tentang peraturan kereta bayi (stroller) bagi tiap maskapai. Ada maskapai yang mengizinkan membawa stroller ke kabin, ada yang menggolongkan stroller sebagai bagasi.

Saat tiba di bandara

Usahakan untuk tiba jauh lebih awal di bandara, supaya Anda tidak tergesa-gesa sewaktu check-in dan melewati security (jika ke luar negri: bagian imigrasi). Jika Anda membawa bayi dengan stroller, maka stroller harus dilipat tiap kali melewati mesin scan security.

Selagi menunggu boarding, usahakan untuk bermain/beraktivitas dengan sang bayi agar dia kelelahan dan mudah tertidur saat sudah di atas pesawat.

Bagaimana agar bayi tenang selama di pesawat?

  • Usahakan untuk menyusui bayi Anda saat lepas landas dan mendarat. Menelan akan mencegah bayi dari mengalami kesakitan telinga akibat perubahan tekanan udara. Empeng juga dapat menolong.
  • Jika bayi nampak resah dan rewel, ajak dia berkeliling di lorong kabin dan melihat-lihat. Ini biasanya efektif untuk menenangkan bayi.
  • Suhu kabin cenderung dingin. Perlengkapi bayi dengan baju hangat, kaos kaki, penutup kepala dan sarung tangan.
  • Jika bayi dalam keadaan bangun selama penerbangan, sibukkan bayi dengan beraktivitas kecil agar dia tidak kebosanan. Jika dia masih rewel dengan mainannya, beri mainan baru.
  • Jangan merasa sungkan untuk meminta bantuan dari kru kabin sekiranya Anda butuh pertolongan.

Ketentuan bayi dari tiap maskapai

Ketentuan bayi naik pesawat Lion Air,Wings Air, Malindo, Batik Air:

Usia bayi:

  • Bayi berusia kurang dari 2 tahun (24 bulan) pada saat penerbangan.
  • Maskapai berhak tidak mengangkut bayi yang usianya kurang dari 2 (dua) hari.
  • Bayi berusia antara 3 (tiga) dan 7 (tujuh) hari harus memiliki Surat Keterangan Medis (terbit setidaknya 72 jam sebelum jam keberangkatan) dari dokter yang menyatakan bayi dalam keadaan sehat untuk perjalanan udara.
  • Orang tua bayi harus menandatangani Formulir Ganti Rugi yang membebaskan maskapai dari pertanggungjawaban sekiranya terjadi apa-apa dengan bayi selama penerbangan.

Tarif bayi: Sekitar 20% dari tarif dewasa.
Bagasi bayi: Tidak ada.

Ketentuan bayi naik pesawat Sriwijaya Air, NAM Air:

Usia bayi:

  • Bayi berusia 0-23 bulan pada saat penerbangan.
  • Lingkar pinggang bayi tidak boleh melebihi 40 cm dan kepala bayi tidak lebih tinggi dari hidung bawah pemangku.

Tarif bayi: Sekitar 10% dari tarif dewasa.
Bagasi bayi: Tidak ada.

Ketentuan bayi naik pesawat Garuda Indonesia:

Usia bayi:

  • Bayi berusia di bawah 2 tahun (24 bulan) saat penerbangan.
  • Bayi berusia di bawah 7 hari setelah dilahirkan tidak direkomendasikan untuk melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang Garuda Indonesia. Bayi prematur dapat terbang dengan melengkapi Medical Information (MEDIF) dan laporkan kondisi tersebut pada petugas darat.
  • Bayi harus disertai dengan seorang pendamping dewasa yang memangku bayi tersebut.
  • Pendamping tersebut harus bepergian pada penerbangan yang sama, di kelas yang sama, dan untuk tujuan yang sama dengan bayi.
  • Satu bayi wajib didampingi oleh satu penumpang dewasa yang mengambil tanggung jawab penuh atas bayi.
  • Bayi dapat menggunakan fasilitas Baby Basinet yang disediakan oleh Garuda di dalam pesawat (selama masih tersedia), namun pada saat lepas landas, mendarat dan kondisi turbulensi, bayi wajib dipangku.
  • Awak kabin akan membantu penggunaan sabuk pengaman khusus bagi bayi. Selain itu juga disediakan pelampung khusus bagi bayi yang akan dikumpulkan kembali setelah mendarat. Pelampung tersebut hanya digunakan pada saat kondisi darurat.

Tarif bayi: Sekitar 20% dari tarif dewasa.
Bagasi bayi: gratis 10 kg.
Stroller di kabin: Tidak diizinkan.

Ketentuan bayi naik pesawat Citilink:

Usia bayi:

  • Bayi berusia di bawah 2 tahun (24 bulan) saat penerbangan.
  • Bayi harus dipangku penumpang dewasa, satu orang dewasa hanya boleh membawa satu bayi.

Tarif bayi: Sekitar 20% dari tarif dewasa.
Bagasi bayi: Tidak ada.
Stroller di kabin: Tidak diizinkan.

Ketentuan bayi naik pesawat AirAsia:

Usia bayi:

  • Bayi berusia di bawah 2 tahun (24 bulan) saat penerbangan.
  • Bayi harus dipangku penumpang dewasa, satu orang dewasa hanya boleh membawa satu bayi.

Tarif bayi: Rp 150.000
Bagasi bayi: Tidak ada.
Stroller di kabin: Tidak diizinkan.

Ketentuan bayi naik pesawat Tigerair Mandala:

Usia bayi:

  • Bayi berusia kurang dari 7 (tujuh) hari tidak diizinkan ikut dalam penerbangan.
  • Bayi harus dipangku penumpang dewasa (berusia 18 tahun atau lebih), satu orang dewasa hanya boleh membawa satu bayi.

Tarif bayi: Rp 150.000. Jika ingin book tempat duduk sendiri untuk bayi, maka dikenakan tarif tiket dewasa.
Bagasi bayi: Tidak ada.
Stroller dan kursi bayi di kabin: Tidak diizinkan.

Ketentuan bayi naik pesawat Jetstar:

Usia bayi:

  • Bayi adalah berusia kurang dari 2 (dua) tahun saat penerbangan.
  • Untuk bayi berusia kurang dari 7 (tujuh) hari khusus Jetstar (JQ), Jetstar Asia (3K) dan Valuair (VF), orang tua harus mengisi formulir Jetstar Travel Celarance. Bayi dengan usia kurang dari 7 (tujuh) hari tidak diizinkan ikut dalam penerbangan Jetstar Pacific (BL) dan Jetstar Japan.
  • Bayi wajib disertai bukti usia seperti akte lahir atau paspor (wajib untuk internasional)
  • Bayi harus disertai dengan orang tua atau orang dewasa berusia 15 tahun atau lebih.

Tarif bayi:
Gratis jika tidak duduk di tempat duduk sendiri (khusus rute domestik dan rute antara Australia dan Selandia Baru). Untuk rute lain, berlaku tarif bayi.
Bagasi bayi: Tidak ada.

   
10-05-2015 14:21:14 Ciri-ciri mau lahiran
Jumlah Posts : 738
Jumlah di-Like : belum ada like
Bunda Gita, biasanya kalau USG itu d lihat dari lingkar kepala bund. Kalau bidan d hitung dr HPHT. coba bunda Gita hitung sendir, sekarang ada d minggu brp. kalo aku sih, USG sama bidan cuma beda 1mgg.
Aku dulu UK 34w juga udah d pinggul bund. Kata Bidanku, kebanyakan bayi lahir itu d UK 37w-39w. yg paling sering d mgg k.38.
UK segitu konpalnya jarang2, aku dulu gitu.
   
Jumlah Posts : 95
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda mau tanya ... terakhir aku cek kandungan tgl 1 maret kmrn dan usia kandungan 9w panjang janin 3cm dan srharus nya sekarang msh 12 w.. kmrn perut saya terasa keram dr subuh..akhir nya siang saya ijin plg untuk cek ..krna jadwal kontrol nya tgl 4 april saya coba ke bidan dkt rumah..saat d usg bayi saya aktiv sekali bergerak dan berputar ..bidan cuma blg saya terlalu kecapean dan bnyak pikiran..tp.kondisi bayi allhamdulillah sehat.. yg bikin saya kaget bidan itu blg usia janin saya sudh 15w dengan panjang 9cm dan lingkar kepala 22mm . yg mau saya tanya apa kah hasil usg itu bsa berbeda yaa ?? atau memang saat ini usia janin yg bsa cepat berubah ??mohon info nya bunda siapa tau ada pengalamn yg sama ..trimakasih
   
Jumlah Posts : 178
Jumlah di-Like : belum ada like

Di 3 bulan pertama kehidupan bayi yang sangat singkat namun penting ada 5 hal yang perlu diperhatikan bunda, apa saja itu?

  • ASI yang cukup

Yup, di 3 bulan pertama ini hal pertama yang paling penting. Pemberian ASI merupakan ahal yang krusial karena ASI ini adalah makanan terbaik untuk sistem pencernaan buat bayi yang baru lahir. Walau masih bisa tertular penyakit, kekebalan tubuh bayi yang mendapat ASI lebih baik daripada bayi yang diberi susu formula.

  • Pertumbuhan

Bun, sesaat setelah lahir, segeralah jalani tes Apgar untuk menilai tingkat kebugaran bayi. Pemeriksaan ini adalah langkah awal untuk tahu apakah pertumbuhannya akan terhambat atau tidak. Selanjutnya, dokter yang akan memantu pertumbuhan bayi dilihat dari berat badan, ukuran lingkar kepala, dan penambahan tinggi.

  • Bayi kuning

Organ hati bayi di usia 0-2 minggu belum berfungsi sempurna bunda sehingga kadar bilirubin dalam darah dan jaringan tubuhnya meningkat. Biasanya batas toleransi kadar bilirubin itu 15 mg/dl. Jika bayi baru berusia 1 hari dan kadar bilirubinnya mencapai 10mg/dl, harus segera diterapi sinar biru.

  • Imunisasi

Imunisasi ini penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh karena itu, sebelum bayi diberi vaksin, perlu diperiksa secara menyeluruh untuk dinilai kondisinya sehat atau tidak. Sebaiknya imunisasi diberikan saat bayi dalam kondisi prima agar hasilnya maksimal.

  • Penyakit bayi baru

Yang sering menyerang biasanya batuk pilek, diare, dan napas berbunyi.

sumber : ayahbunda

   
20-06-2014 22:04:25 HPL pada USG
Jumlah Posts : 118
Jumlah di-Like : belum ada like
usg berdasarkan perkembangan bayi ny bun, lingkar kepala dan lingkar perut sm berat badan ny,, sedangkan hpl bdsrkan haid terakhir kita, biasa ny klo haid ny tiap bulan dan lancar lbh patokan ny ke HPHT
   
02-05-2014 20:13:42 ukuran perut hamil
Jumlah Posts : 118
Jumlah di-Like : belum ada like
iyaa bener kt bunda ismi bun, tp biasa ny di usg itu ada ukuran lingkar kepala baby, bbj, sm lingkar perut bayi ny bun cb aja di cek, kode ny itu BPD! AC! EFW heheee
   
08-02-2014 18:49:16 keadaan janin
Jumlah Posts : 146
Jumlah di-Like : belum ada like
Usg 4D aj bunda... debay keliatan jelas... klo mau lbh yakin... bunda cari spog yg fotomaterna... biasa'y spog nya lbh fokus nd teliti jelasin ttg kondisi janin bayi kita misalnya lingkar kepala janin bagus ato tdk... detak jantung... susunan tulang... smua'y cek...
   
Jumlah Posts : 167
Jumlah di-Like : 1
alat usg yg di pake dokter2 tu bun,, gak tw alat lain bun stau saya itu aj sih alat usg,
klo normal ya alhamdullah bun,, cuman klo kegedean babynya kan bisa diet bun,,
ada bun di prin out ny, lingkar kepala,panjang bayi,berat bayi,
tapi byasa ny sih saya yg bnyak nnyak bun ke dokternya,, jdi di print usg kadang bnyak keterangan,,
   
Jumlah Posts : 112
Jumlah di-Like : 1
banyak sbnrnya bun untuk perhitungan itu bisa dliat dr siklus haid bila ibunya hafal hari pertama mens terkahir dan siklusnya (ini yg pling akurat), lalu betul dgn lingkar kepala, dan trakhir panjang kaki. tp untuk 2 trakhir ini tdk ba selalu akurat krn bsar bayi bda2 tiap ibu :)