SITE STATUS
Jumlah Member :
493.641 member
user online :
1001 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: lactogen tahan berapa jam setelah diseduh

New Topic :  
Jumlah Posts : 11
Jumlah di-Like : belum ada like
Perkembangan bakteri bisa terjadi sangat cepat setiap 20 menit. Jadi ketika dibiarkan hingga 2 jam, maka sel-sel bakteri di dalam susu sudah sangat berlimpah. Berikut jumlah perkembangan bakteri yang disampaikanDr. Roy Sparingga:0 menit : 1 sel bakteri20 menit : 2 sel bakteri40 menit : 4 sel bakteri1 jam : 64 sel bakteri4 jam : 16,8 juta sel bakteri5 jam : 1,1 miliar bakteriLuar biasa perkembangan sel bakteri di dalam media susu. Dalam waktu lima jam saja sudah berkembang menjadi lebih dari satu milyar sel bakteri.“Bisa dibayangkan berapa banyak bakteri kalau susu dibiarkan lebih dari 2 jam setelah diseduh. Maka kalau keracunan susu bukan cuma tanggung jawab produsen, tapi dilihat apakah konsumen juga melakukan proses penyajian susu yang benar,” jelas Dr Roy.Menurut Prof. Sam Soeharto, bakteri pada susu sebenarnya mudah mati, cukup dengan pemanasan 70 derajat celcius saja sudah mati. Selain itu, pastikan cuci tangan sebelum menyiapkan susu dan jangan mengonsumsi susu yang sudah disiapkansejak 2 jam sebelumnya. Susu yang sudah disiapkan lebih dari 2 jam harus dibuang dan ganti dengan yang baru.Nah, jelas bukan ? Jika kita menyiapkan susu untuk keluarga, harus segera dihabiskan dalam waktu cepat. Jangan dibiarkan berlama-lama dalam gelas baru diminum. Hal ini untuk menghindari kasus keracunan akibat meminum susu seduhan. Jika susu sudah lewat dua jam sejak diseduh, jangan merasa sia-sia jika membuangnya. Karena jika tetap diminum dengan alasan agar tidak mubadzir dan tidak terjadi pemborosan, justru akan bisa membawa masalah bagi kesehatan.Maka agar tidak mubadzir, susu harus segera dihabiskan setelah diseduh.
   


27-06-2016 12:30:47 Grup Infobunda-Professionals
Jumlah Posts : 11
Jumlah di-Like : belum ada like
Perkembangan bakteri bisa terjadi sangat cepat setiap 20 menit. Jadi ketika dibiarkan hingga 2 jam, maka sel-sel bakteri di dalam susu sudah sangat berlimpah. Berikut jumlah perkembangan bakteri yang disampaikanDr. Roy Sparingga:0 menit : 1 sel bakteri20 menit : 2 sel bakteri40 menit : 4 sel bakteri1 jam : 64 sel bakteri4 jam : 16,8 juta sel bakteri5 jam : 1,1 miliar bakteriLuar biasa perkembangan sel bakteri di dalam media susu. Dalam waktu lima jam saja sudah berkembang menjadi lebih dari satu milyar sel bakteri.“Bisa dibayangkan berapa banyak bakteri kalau susu dibiarkan lebih dari 2 jam setelah diseduh. Maka kalau keracunan susu bukan cuma tanggung jawab produsen, tapi dilihat apakah konsumen juga melakukan proses penyajian susu yang benar,” jelas Dr Roy.Menurut Prof. Sam Soeharto, bakteri pada susu sebenarnya mudah mati, cukup dengan pemanasan 70 derajat celcius saja sudah mati. Selain itu, pastikan cuci tangan sebelum menyiapkan susu dan jangan mengonsumsi susu yang sudah disiapkansejak 2 jam sebelumnya. Susu yang sudah disiapkan lebih dari 2 jam harus dibuang dan ganti dengan yang baru.Nah, jelas bukan ? Jika kita menyiapkan susu untuk keluarga, harus segera dihabiskan dalam waktu cepat. Jangan dibiarkan berlama-lama dalam gelas baru diminum. Hal ini untuk menghindari kasus keracunan akibat meminum susu seduhan. Jika susu sudah lewat dua jam sejak diseduh, jangan merasa sia-sia jika membuangnya. Karena jika tetap diminum dengan alasan agar tidak mubadzir dan tidak terjadi pemborosan, justru akan bisa membawa masalah bagi kesehatan.Maka agar tidak mubadzir, susu harus segera dihabiskan setelah diseduh.
   
17-10-2011 12:45:45 Daya tahan ASI perasan
Jumlah Posts : 61
Jumlah di-Like : 1
Thanks bunda maminya benaya., asi ku lumayan banyak dan lebih dari cukup tuk baby ku tapi kalau di perah rasa nya tak mencukupi lagi kadang di bantu sufor karena aku kira ASIP di kulkas tahan cuma 5 jam jadi ku perah kadang 3 atau 4 jam sebelumnya dan klu aku kerja tidak ku perah lagi karena pikirku percuma nantinya takut basi, sekarang ku akan perah walaupun waktu kerja :) thanks banget ya bund buat infonya, oh...ya mo nanya lagi nih., klua ku perah di kantorku kan ga ada kulkas jadi di biarin di ruang ber-AC saja mungkin 3 atau 4 jam an setelah pulang langsung di masukan di kulkas bawah campur sama sayuran n buah (kulkas 2 pintu, bukan di freezer) kira2 tahan berapa jam ya bund apa masih tetep 3 hari atau berkurang.?

saya juga pengen nya ASI terus bund sampe 2 tahun insya allah, karena ASI bener2 bagus buat si baby nya.
   


Jumlah Posts : 65
Jumlah di-Like : belum ada like
paling lma berapa jam setelah keluar lendir campur darah ..????
   
27-06-2016 12:30:06 Grup Infobunda-Professionals
Jumlah Posts : 11
Jumlah di-Like : belum ada like
Ada kebiasaan salah yang selama ini dilakukan keluarga dalam menyiapkan susu untuk anak-anaknya. Diantara kebiasaan salah itu adalah membiarkan susu yang telah diseduh dalam waktu yang lama, baru diberikan kepada anaknya untuk diminum. Misalnya saja ketika dalam perjalanan panjang. Dengan alasan agar tidak repot, susu formula dibuat dulu di rumah kemudian dimasukkan ke dalam wadah untuk dibawa pergi. Di dalam perjalanan naik bus atau naik kereta api, susu yang sudah siap minum itu tinggal memberikan kepada anak ketika ia meminta susu.Atau dalam kehidupan sehari-hari di dalam rumah tangga, seorang ayah atau ibu membuatkan susu untuk anak-anaknya, namun karena anak-anak masih asyik bermain sehingga susu tidak segera diminum. Mereka tidak mempedulikan hidangan susu yang sudahdisiapkan sejak tadi, baru setelah selesai bermain susu itu diminum.Ternyata, kebiasaan seperti ini tidak baik menurut tinjauan kesehatan. Menurut para ahli kesehatan, setelah diseduh, susutidak boleh didiamkan dalam waktu lama.Pada suhu kamar, susu harus dihabiskan 2 (dua) jam setelah diseduh. Mengapa demikian?“Susu adalah suatu media yang baik bagi pertumbuhan bakteri, karena itu setelah diencerkan sebaiknya susu tidak dibiarkandalam waktu lama, sehingga memungkinkan bakteri berkembang biak,” jelas Prof. Dr. Sam Soeharto, Sp.MK (K), Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Mikrobiologi Klinik Indonesia (PAMKI).Prof. Sam Soeharto menjelaskan bakteri pada susu mampu memperbanyak diri setiap 20 menit, yang sangat ditentukan keadaan sekitar (biasanya suhu kamar 25 derajat celsius). Hal tersebut juga dibenarkan oleh Dr. Ir. Roy Sparingga, M.App,Sc, Deputi Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya BPOM. “Bakteri berkembang sangat cepat sekali,” kata Dr.Roy Sparingga.
   


Jumlah Posts : 27
Jumlah di-Like : belum ada like
brrti ni aku ke rs aja kah bund? tpi gk enak sm bidannya suruh nunggu besok pagi buat rujukan klo gk ada mules2 .. bunda tau gak berapa jam setelah ketuban pecah yg beresiko buat debay
   
03-08-2015 10:19:50 Ketahanan ASI yang di Pompa
Jumlah Posts : 18
Jumlah di-Like : belum ada like
Bunda" mau nanya dong, ASI yang abis di perah tahan berapa jam klo ga disimpen di pendingin? mohon infonya. mksh
   
Jumlah Posts : 186
Jumlah di-Like : belum ada like
iya bun....haduh mulesnya gimana gitu....bunda baru bisa kentut berapa jam setelah oprasi...????
   
17-08-2012 19:26:52 Ketahanan ASIP dari kulkas
Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like
thanks ya buat bunda yang udah share...
berguna sekali..

bayiku baru usia 3 bulan neh bunda rechan ~___~, emang maksudnya gak dimasukin ke kulkas lagi ko'
maksudnya abis diangetin pake warmer, sebotol ASI itu saya bagi2 lagi
jadi beberapa botol dot,
nah yang saya tanyakan dari diangetinnya ASIP yang udah dikeluarin dari
kulkas itu tahan berapa jam?
kalo dibagi2 gitu gapa2 kan?

kalo yang saya kerjain selama ini kan tiap pagi jam 8 saya perah ASIP
sebelum berangkat ke kantor, buat diminum sama bayi smpai jam 12,
trus pas jam istrahat saya perah ASIP lagi buat diminum sampai jam 5
jadi tiap hari jam istirahat saya bolak balik kantor - rumah - kantor,

sebagian pertanyaan dah kejawab seh sama bunda IndicA.........makasih banyak yaa.. ^__^
kalo bunda indica kan ASIP nya dibagi2 dulu baru diangetin ya?
kalo misalnya diangetin dulu,trus dibagi2 jadi beberapa botol dot gak apa2 kali ya?


thannkss..



   
13-08-2012 00:17:06 Ketahanan ASIP dari kulkas
Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like
dear bunda... kalo ASIP yang sudah dikeluarkan dari kulkas tahan berapa jam ya? 

kalo ceritanya gini:
ASIP 1 botol sebanyak 150 ml (botol A) itu sudah saya keluarkan dari kulkas, kemudian saya hangatkan pake warmer.. kemudian dari botol A tsb saya pindahkan ke botol dot (botol B) sebanyak 50 ml...disusui lah botol B tersebut ke bayi, karena gak abis saya buang sisanya dari botol B,
beberapa jam kemudian, saya pindahin lagi 50 ml dari botol A ke botol dot lainnya (botol C) buat disusui ke bayi lagi, otomatis jadi tinggal 50 ml lagi donk di botol A sebelumnya...kalo gt boleh gak?
sampe berapa jam bisa dipake lagi sisa yang 50 ml di botol A itu?

makasih banyak ya buat share-nya.. ~___~
semoga bunda semua bisa lulus ASIX nya..begitu juga dengan saya

Fight for ASIX.. ! ^___^
   
Jumlah Posts : 625
Jumlah di-Like : 16
Iya, gpp kok. Sama-sama nasibnya kan. hehehe...
Ada yang lupaaaa... (kebiasaan bumil juga neh). Dengan minum susu dapat mengurangi sakit maag. Setidaknya minum pagi dan malam hari, asal minumnya selagi hangat dan tidak lebih dari 4 jam setelah diseduh (bisa basi). Jangan minum teh ya. Selain mengurangi penyerapan zat besi, juga dapat membuat maag (karena ada kafeinnya).

Enaknya hamil, bisa makan 5 kali sehari. Dibuat jadwal makan saja buat mencegah maag yang sering datang kambuhan itu. hehehe...
   
Jumlah Posts : 850
Jumlah di-Like : 15

ASI PERAH TAHAN BERAPA LAMA

Dalam Ruangan

Jika ruangan tidak ber-AC, disarankan menyimpan ASI perah tidak lebih dari 4 jam. Sedangkan dalam ruangan ber-AC, bisa sampai 6 jam. Dengancatatan suhu ruangan stabil, tidak mati sama sekali selama botol ASI ada di dalamnya.

Dalam Lemari Es

Jika Ibu mengetahui bahwa dalam 4 jam ke depan ASI hasil pompa/peras tidak akan diberikan pada bayi, maka segeralah simpan di lemari es. ASI ini bisa bertahan sampai 8 (delapan) hari dalam suhu lemari es, jika ditempatkan dalam compartment yang terpisah dari bahan makanan lain yg ada di lemari es tersebut.
Jika lemari es Ibu kebetulan tidak memiliki compartment terpisah untuk menyimpan botol ASI hasil pompa/perasan, maka sebaiknya ASI tersebut jangan disimpan lebih dari 3 x 24 jam.
Ibu juga dapat “membuat” compartment terpisah dengan cara menempatkan botol ASI dalam container plastik yang tentunya dibersihkan terlebih dahulu dengan baik.


Dalam Freezer
ASI hasil pompa/perasan dapat disimpan dalam freezer biasa sampai 3 (bulan) lamanya. Namun Ibu jangan menyimpan ASI ini di bagian pintu freezer, karena bagian ini yang mengalami perubahan dan variasi suhu udara terbesar.

Jika Ibu kebetulan memiliki freezer penyimpan daging yang terpisah, biasanya disebut deep freezer yang umumnya memiliki suhu lebih rendah dari freezer biasa, maka ASI hasil pompa/perasan bahkan dapat disimpan sampai dengan 6 (enam) bulan di dalamnya.

Tanda ASI Perah Basi
Sebenarnya jika Ibu mengikuti pedoman pemompaan/pemerasan ASI dan penyimpanan yang baik, ASI tidak akan mungkin basi. Kadang memang setelah disimpan/didinginkan akan terjadi perubahan warna dan rasa, tapi itu tidak menandakan bahwa ASI sudah basi. Asalkan Ibu berada dalam keadaan bersih ketika memompa/memeras, menyimpan ASI dalam botol yang steril & tertutup rapat, dalam jangka waktu yang dijabarkan seperti di atas dan saat memanaskan juga mengikuti petunjuk, mudah-mudahan ASI Ibu terjaga dalam kondisi yang baik.

Dibandingkan susu formula, ASI lebih tahan lama. Pada saat berinteraksi dengan udara luar, biasanya yang terjadi bukan pembusukan ASI tetapi lebih merupakan berkurangnya khasiat ASI, terutama zat yang membantu pembentukan daya imun bayi.

semoga membantu

salam

putri a.k.a zach mom's

   
12-11-2007 10:22:23 PENYEBAB SESAK NAFAS BAYI
Jumlah Posts : 54
Jumlah di-Like : belum ada like
Banyak penyebab sesak napas pada bayi. Yang jelas, segera bawa ke dokter atau rumah sakit karena bisa fatal akibatnya.
Kasus sesak napas pada usia bayi banyak terjadi. Bisa saat pertama lahir, maupun beberapa hari atau bulan setelah kelahirannya baru mengalami sesak napas ini. Dalam istilah kedokteran, kata Muljono Wirjodiardjo, M.D., PhD, "Yang disebut sesak napas adalah jika frekuensi napasnya betul-betul tinggi, ada suara napas yang berbeda dari biasanya (stridor), seperti suara menggorok atau kucing mendengkur. Fatalnya, jika muka sampai tampak membiru."

Sedangkan menurut pendekatan orang awam, definisi sesak napas lebih mudah lagi yaitu terlihat dari gejalanya. Jadi, kalau anaknya susah napas disebut sesak napas. Begitu juga kalau napasnya berbunyi.

ANEKA PENYEBAB

Penyebab sesak napas pada bayi, lanjut spesialis anak dari RS Internasional Bintaro ini, banyak sekali. Bisa karena kelainan bawaan, penyakit infeksi, maupun noninfeksi seperti tersedak. Gejalanya hampir sama. Misalnya untuk derajat ringannya, ada napas yang berbunyi atau batuk berlendir, disertai tak mau makan-minum dan rewel. Sementara kalau derajatnya makin berat, fungsi paru-parunya sudah terganggu sehingga sesak napas dan sampai membiru.

Jadi, derajat sesak napas berbeda-beda. Ada yang mulanya ringan dan makin berat dan ada juga sesak napas yang kejadiannya tiba-tiba atau mendadak. Berikut uraian Muljono mengenai hal-hal yang bisa menyebabkan sesak napas pada bayi:

Kelainan bawaan/kongenital jantung atau paru-paru.
Bila bayi mengalami sesak napas begitu lahir atau 1-2 hari kemudian, biasanya disebabkan adanya kelainan jantung atau paru-paru. Hal ini bisa terjadi pada bayi dengan riwayat kelahiran normal atau bermasalah, semisal karena ketuban pecah dini atau lahir prematur.

Pada bayi prematur, sesak napas bisa terjadi karena adanya kekurangmatangan dari organ paru-paru. Paru-paru harusnya berfungsi saat bayi pertama kali menangis, sebab saat ia menangis, saat itu pulalah bayi mulai bernapas. Tapi pada bayi lahir prematur, karena saat itu organnya tidak siap, misalnya gelembung paru-paru tak bisa mekar atau membuka, sehingga udara tidak masuk. Itu sebabnya ia tak bisa menangis. Ini yang namanya penyakit respiratory distress syndrome (RDS). Tidak membukanya gelembung paru-paru tersebut karena ada suatu zat, surfactan, yang tak cukup sehingga gelembung paru-paru atau unit paru-paru yang terkecil yang seperti balon tidak membuka. Ibaratnya, seperti balon kempis.

Gejala pada kelainan jantung bawaan adalah napas sesak. Ada juga yang misalnya sedang menyusui atau beraktivitas lainnya, mukanya jadi biru dan ia jadi pasif. Jadi, penyakitnya itu utamanya karena kelainan jantung dan secondary-nya karena masalah pernapasan. Jadi, biasanya sesak napas yang terjadi ini tidak bersifat mendadak. Walaupun demikian, tetap harus segera dibawa ke dokter.

Kelainan pada jalan napas/trakea.
Kelainan bawaan/kongenital ini pun paling banyak ditemui pada bayi. Gejalanya, napas sesak dan napas berbunyi "grok-grok". Kelainan ini terjadi karena adanya hubungan antara jalan napas dengan jalan makanan/esophagus. Kelainan ini dinamakan dengan trackeo esophageal fistula. Akibat kelainan itu,ada cairan lambung yang bisa masuk ke paru-paru. Tentunya ini berbahaya sekali. Sehingga pada usia berapa pun diketahuinya, harus segera dilakukan tindakan operasi. Tak mungkin bisa menunggu lama karena banyak cairan lambung bisa masuk ke paru-paru.

Sebelum operasi pun dilakukan tindakan yang bisa menolong jiwanya, misal dengan dimasukkan selang ke jalan napas sehingga cairan dari lambung tak bisa masuk. Biasanya sesak napasnya tampak begitu waktu berjalan 1-3 jam setelah bayi lahir. Nah, bila ada sesak napas seperti ini, prosedur yang harus dilakukan adalah dilakukan foto rontgen segera untuk menganalisanya.

Tersedak air ketuban.
Ada juga penyakit-penyakit kelainan perinatologi yang didapat saat kelahiran. Bukankah saat dalam kandungan bayi minum dan buang air dalam air ketuban? Nah, karena suatu hal, misalnya stres pada janin, ketuban jadi keruh dan air ketuban ini masuk ke paru-paru bayi. Hal ini akan mengakibatkan kala lahir ia langsung tersedak.

Bayi tersedak air ketuban akan ketahuan dari foto rontgen, yaitu ada bayangan "kotor". Biasanya ini diketahui pada bayi baru lahir yang ada riwayat tersedak, batuk, kemudian sesak napasnya makin lama makin berat. Itulah mengapa, pada bayi baru lahir kita harus intensif sekali menyedot lendir dari mulut, hidung atau tenggorokannya. Bahkan kalau tersedak air ketubannya banyak atau massive, harus disedot dari paru-paru atau paru-parunya dicuci dengan alat bronchowash. Lain halnya kalau air ketubannya jernih dan tak banyak, tak jadi masalah. Biasanya dengan obat saja sudah sembuh, tak usah dicuci paru-parunya.

Namun kalau air ketubannya hijau dan berbau, harus disedot dan "dicuci" paru-parunya. Sebab, karena tersedak ini, ada sebagian paru-parunya yang tak bisa diisi udara/atelektasis atau tersumbat, sehingga menyebabkan udara tak bisa masuk. Akibatnya, jadi sesak napas. Biasanya kalau di-rontgen,bayangannya akan terlihat putih.

Selain itu, karena tersumbat dan begitu hebat sesak napasnya,ada bagian paru-paru yang pecah/kempes/pneumotoraks. Ini tentu amat berbahaya. Apalagi kejadiannya bisa mendadak dan menimbulkan kematian. Karena itu bila sesak napas seperti ini, harus lekas dibawa ke dokter untuk mendapatkan alat bantu napas/ventilator.

Seram sekali, ya, Bu-Pak? Karena itulah kala melahirkan si kecil, sebaiknya kita didampingi dokter anak, sehingga dia bisa menilai sistem pernapasan anak, apakah baik atau tidak.

Pembesaran kelenjar thymus.
Ada lagi napas sesak karena beberapa penyakit yang cukup merisaukan yang termasuk kelainan bawaan juga. Gejalanya tidak begitu kuat. Biasanya bayi-bayi ini pun lahir normal, tak ada kelainan, menangisnya pun kuat.

Hanya saja napasnya seperti orang menggorok dan semakin lama makin keras, sampai suatu saat batuk dan berlendir. Kejadian ini lebih sering dianggap karena susu tertinggal di tenggorokan. Namun ibu yang sensitif biasanya akan membawa kembali bayinya ke dokter. Biasanya kemudian diperiksa dan diberi obat. Bila dalam waktu seminggu tak sembuh juga, baru dilakukan rontgen.

Penyebabnya biasanya karena ada kelainan pada jalan napas, yaitu penyempitan trakea. Ini dikarenakan adanya pembesaran kelenjar thymus. Sebetulnya setiap orang punya kelenjar thymus. Kelenjar ini semasa dalam kandungan berfungsi untuk sistem kekebalan. Letaknya di rongga mediastinum (diantara dua paru-paru). Setelah lahir karena tidak berfungsi, maka kelenjar thymus akan menghilang dengan sendirinya. Namun adakalanya masih tersisa: ada yang kecil, ada juga yang besar; baik hanya satu atau bahkan keduanya. Nah, kelenjar thymus yang membesar ini akan menekan trakea. Akibatnya, trakea menyempit dan mengeluarkan lendir. Itu sebabnya napasnya berbunyi grok-grok dan keluar lendir, sehingga jadi batuk.

Pengobatannya biasanya dilakukan dengan obat-obatan khusus untuk mengecilkan kelenjar thymus agar tidak menekan trakea. Pemberian obat dalam waktu 2 minggu. Kalau tak menghilang, diberikan lagi pengobatan selama seminggu. Sebab, jika tidak diobati, akan menganggu pertumbuhan si bayi. Berat badan tak naik-naik, pertumbuhannya kurang, dan harus banyak minum obat.

Kelainan pembuluh darah.
Ada lagi kelainan yang gejalanya seperti mendengkur atau napasnya bunyi (stridor), yang dinamakan dengan vascular ring. Yaitu,adanya pembuluh darah jantung yang berbentuk seperti cincin (double aortic arch) yang menekan jalan napas dan jalan makan. Jadi, begitu bayi lahir napasnya berbunyi stridor.

Terlebih kalau ia menangis, bunyinya semakin keras dan jelas. Bahkan seringkali dibarengi dengan kelainan menelan, karena jalan makanan juga terganggu. Pemberian makanan yang agak keras pun akan menyebabkannya muntah, sehingga anak lebih sering menghindari makanan padat dan maunya susu saja.

Pengobatannya, bila setelah dirontgen tidak ditemui kelenjar thymus yang membesar, akan diminta meminum barium untuk melihat apakah ada bagian jalan makan yang menyempit. Setelah diketahui, dilakukan tindakan operasi, yaitu memutuskan salah satu aortanya yang kecil.

Tersedak makanan.
Tersedak atau aspirasi ini pun bisa menyebabkan sesak napas. Bisa karena tersedak susu atau makanan lain, semisal kacang. Umumnya karena gigi mereka belum lengkap, sehingga kacang yang dikunyahnya tidak sampai halus. Kadang juga disebabkan mereka menangis kala mulutnya sedang penuh makanan. Atau ibu yang tidak berhati-hati kala menyusui, sehingga tiba-tiba bayinya muntah. Mungkin saja sisa muntahnya ada yang masih tertinggal di hidung atau tenggorokan. Bukankah setelah muntah, anak akan menangis? Saat menarik napas itulah, sisa makanan masuk ke paru-paru.

Akibatnya, setelah tersedak anak batuk-batuk. Mungkin setelah batuk ia akan tenang, tapi setelah 1-2 hari napasnya mulai bunyi. Bahkan bisa juga kemudian terjadi peradangan dalam paru-paru. Anak bisa panas karena terjadi infeksi. Yang sering adalah napas berbunyi seperti asma dan banyak lendir.

Biasanya setelah dilakukan rontgen akan diketahui adanya penyumbatan/atelektasis. Pengobatan dapat dilakukan dengan bronkoskopi, dengan mengambil cairan atau makanan yang menyumbatnya.

Selain makanan, akan lebih berbahaya bila aspirasi terjadi karena minyak tanah atau bensin, meski hanya satu teguk. Ini bisa terjadi karena kecerobohan orang tua yang menyimpan minyak tanah/bensin di dalam botol bekas minuman dan menaruhnya sembarangan. Bahayanya bila tersedak minyak ini, gas yang dihasilkan minyak ini akan masuk ke lambung dan menguap, kemudian masuk ke paru-paru, sehingga bisa merusak paru-paru. Akan sangat berbahaya pula kalau dimuntahkan, karena akan langsung masuk ke paru-paru. Jadi, kalau ada anak yang minum minyak tanah/bensin jangan berusaha dimuntahkan, tapi segera ke dokter. Oleh dokter, paru-parunya akan "dicuci" dengan alat bronkoskop.

Infeksi.
Selain itu sesak napas pada bayi bisa terjadi karena penyakit infeksi. Bila anak mengalami ISPA (Infeksi saluran Pernapasan Akut) bagian atas, semisal flu harus ditangani dengan baik. Kalau tidak sembuh juga, misalnya dalam seminggu dan daya tahan anak sedang jelek, maka ISPA atas ini akan merembet ke ISPA bagian bawah, sehingga anak mengalami bronkitis, radang paru-paru, ataupun asmatik bronkitis. Gejalanya, anak gelisah, rewel, tak mau makan-minum, napas akan cepat, dan makin lama melemah. Biasanya juga disertai tubuh panas, sampai sekeliling bibir biru/sianosis, berarti pernapasannya terganggu. Penyebabnya ini akan diketahui dengan pemeriksaan dokter dan lebih jelasnya lagi dengan foto rontgen. Pengobatan dilakukan dengan pemberian antibiotika. Biasanya kalau bayi sudah terkena ISPA bawah harus dilakukan perawatan di rumah sakit. Setelah diobati,umumnya sesak napas akan hilang dan anak sembuh total tanpa meninggalkan sisa, kecuali bagi yang alergi.
   
25-02-2016 21:02:36 ASIP
Jumlah Posts : 22
Jumlah di-Like : belum ada like
oiya sama bund cuma saya blm pakai coolernya.tahan brp jam bund ice nya didlm cooler.saya sering kejar2an jam setelah pumping kan maksimal 1 jam ya. kalau keluar kota sudah pny pngalaman blm bund
   
31-10-2015 19:27:07 Ciri2 alergi sufor
Jumlah Posts : 7
Jumlah di-Like : belum ada like
@bunda rinda sy kasi sufor krn stok asip sdh habis jd sy kejar tayang pompa hari ini utk stok besok dan krn hasil asipnya kurang jd sy tambah sufor sehari 1-2× minum 60ml tiap minum.. sy kasih lactogen klo pup sih 2 hari sekali, pas hari ketiga minum sufor 1 jam setelah mimik mukanya merah2, tp cm kali itu sj besoknya sy kasih lg gk ada gejala merah2