SITE STATUS
Jumlah Member :
492.608 member
user online :
623 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: knpa ibu setelah melahirkan tidak boleh makan rujak

New Topic :  
Jumlah Posts : 37
Jumlah di-Like : belum ada like
bun mau tanya donk apa benar setelah melahirkan tidak boleh kena hujan, terus kalo kena hujan efek nya apa ya bun
   


30-09-2011 16:48:18 luka post sc
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Saya ibu dengan 2 orang anak, kemarin saya lahiran anak yg kedua di caesar. Sekarang saya sedang menyusui ASI eksklusif, yang mau saya tanyakan. Kira-kira alat kontrasepsi apa yang cocok untuk ibu menyusui dan yang melahirkan secara caesar.Apa benar untuk ibu yang sudah operasi caesar tidak boleh makan makanan yang berbau amis/seafood,katanya menghambat proses penyembuhan luka operasi. Terima kasih.

Dari : efni faiza rahmat

Jawaban:

Dear bunda,

Setelah operasi Caesar, anjuran untuk tidak memakan seafood adalah untuk menghindari kemungkinan allergy dan gatal yang akan mengakibatkan reaksi pada kulit sehingga proses penyembuhan luka pun terganggu. Untuk alat kontrasepsi, bunda dapat menggunakan IUD spiral, pil KB untuk ibu menyusui (hanya mengandung hormone progestine ) ataupun penggunaan kondom. Demikian jawaban saya.
   
Jumlah Posts : 480
Jumlah di-Like : belum ada like

Wootekh (WSC ) Biolo Slimming Capsule ~ Supplemen Pelangsing Herbal



Size : 60 Kapsul
Price : Rp 215.000


Pelangsing Efektif dari Woo Tekh selaku distributor WSC lama. WSC Biolo terbuat dari bahan alami, melangsingkan secara aman dan sehat.

Komposisi WSC Biolo :
Cassia Seed ,Lotus Leaf , Mulbery , Hawtorn, Neroli, Jasmine, Rose, Green Tea Extract & Flavonoid

Fungsi :
- Menghambat nafsu makan
- Merangsang pembakaran lemak
- Mempercepat penguraian lemak
- Menghambat penyerapan lemak dalam usus & lambung
- Meningkatkan metabolisme

Keunggulan WSC Biolo :
- Tidak mengeringkan rahim
- Tidak menyebabkan ketergantungan (yo-yo effect) dan dapat di hentikan penggunaannya sewaktu-waktu.
- Tidak menyebabkan Diare, Mulas, Gemetaran, Sakit Kepala, dsb
- Aman bagi penderita maag, tidak menyebabkan gangguan pencernaan & lambung.
- Menurunkan berat badan secara efektif, aman dikonsumsi jangka panjang bagi wanita maupun pria dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Cara Pemakaian :
- Minum 1-2 kapsul setelah makan pagi. Dianjurkan untuk meminum air putih min 8 gelas sehari.
- Untuk pemula, minum 1 capsule / hari setelah tubuh terbiasa minum 2 capsule tiap pagi setelah sarapan.
- Tidak boleh diminum lebih dari 2 kapsul.
- Tidak boleh diminum malam hari.
- Maksimal diminum jam 11 pagi.
- Buat yang rajin minum susu, air kelapa atau suplemen/vitamin lain kasih jarak 30 menit sebelum minum WSC.
- Penurunan Berat Badan: 4-8 kg/bulan tergantung BB awal, keteraturan minum & pola makan dan metabolisme tubuh.

Pantangan-pantangan kalau lagi minum WSC :
- Jangan makan minum yang mengandung kafein (kopi, coklat, obat yg mengandung kafein, dll)
- Ibu hamil dan menyusui dilarang untuk mengkonsumsi WSC.

Note :
- Jangan lupa tetep makan 3 kali sehari meski tidak merasa lapar.
- Minum air putih yang banyak minimal 8 gelas-10 gelas/hari.
- Aktivitas dan olahraga (buat yang mau) tetep normal-normal aja.
- Berusaha mengurangi makanan berlemak & berkarbohidrat ( kalo pengen banget hasilnya cepet keliatan).
- HASIL : Rata-rata berat badan akan turun 4-8 kg per bulan, tergantung kondisi tubuh dan metabolisme masing-masing orang.

Website : Rahasiacantik.com
Phone : 0819 11798837
Pin BB : 25F26CDB
Email : rahasiacantik@ymail.com

   


Jumlah Posts : 480
Jumlah di-Like : belum ada like
Wootekh Biolo Slimming Capsule (WSC Biolo)


Size : 60 Capsule
Price : Rp 215.000


Pelangsing Efektif dari Woo Tekh selaku distributor WSC lama. WSC Biolo terbuat dari bahan alami, melangsingkan secara aman dan sehat.

Komposisi WSC Biolo :
Cassia Seed ,Lotus Leaf , Mulbery , Hawtorn, Neroli, Jasmine, Rose, Green Tea Extract & Flavonoid

Fungsi :
- Menghambat nafsu makan
- Merangsang pembakaran lemak
- Mempercepat penguraian lemak
- Menghambat penyerapan lemak dalam usus & lambung
- Meningkatkan metabolisme

Keunggulan WSC Biolo :
- Tidak mengeringkan rahim
- Tidak menyebabkan ketergantungan (yo-yo effect) dan dapat di hentikan penggunaannya sewaktu-waktu.
- Tidak menyebabkan Diare, Mulas, Gemetaran, Sakit Kepala, dsb
- Aman bagi penderita maag, tidak menyebabkan gangguan pencernaan & lambung.
- Menurunkan berat badan secara efektif, aman dikonsumsi jangka panjang bagi wanita maupun pria dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Cara Pemakaian :
- Minum 1-2 kapsul setelah makan pagi. Dianjurkan untuk meminum air putih min 8 gelas sehari.
- Untuk pemula, minum 1 capsule / hari setelah tubuh terbiasa minum 2 capsule tiap pagi setelah sarapan.
- Tidak boleh diminum lebih dari 2 kapsul.
- Tidak boleh diminum malam hari.
- Maksimal diminum jam 11 pagi.
- Buat yang rajin minum susu, air kelapa atau suplemen/vitamin lain kasih jarak 30 menit sebelum minum WSC.
- Penurunan Berat Badan: 4-8 kg/bulan tergantung BB awal, keteraturan minum & pola makan dan metabolisme tubuh.

Pantangan-pantangan kalau lagi minum WSC :
- Jangan makan minum yang mengandung kafein (kopi, coklat, obat yg mengandung kafein, dll)
- Ibu hamil dan menyusui dilarang untuk mengkonsumsi WSC.

Note :
- Jangan lupa tetep makan 3 kali sehari meski tidak merasa lapar.
- Minum air putih yang banyak minimal 8 gelas-10 gelas/hari.
- Aktivitas dan olahraga (buat yang mau) tetep normal-normal aja.
- Berusaha mengurangi makanan berlemak & berkarbohidrat ( kalo pengen banget hasilnya cepet keliatan).
- HASIL : Rata-rata berat badan akan turun 4-8 kg per bulan, tergantung kondisi tubuh dan metabolisme masing-masing orang.

Untuk pemesanan silakan hubungi:
Sms : 0819-11798837
Email : rahasiacantik@ymail.com
Web : rahasiacantik.com
   
23-07-2010 15:05:39 hipotensi pada kehamilan
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
dokter, ini adalah kehamilan pertama saya, ketika menjalani kehamilan hingga 3 bln, tidak ada masalah, ttp memasuki kehamilan 4 bln sktr 16-17 minggu, saya sering mengalami pusing kepala, setelah di cek, tensi saya pernah drop hingga 90/50, utk mengatasai itu saya rajin makan sup iga sapi setiap makan siang di kantor dan itu hampir saya jalani selama seminggu, setelah makan sup iga sapi, pusing yang saya rasakan mereda, kr kt dokter rs yang saya kunjungi, saya tidak boleh makan kambing dan durian, ternyata setelah seminggu, berat badan saya naik sebanyak 4 kg, yang sebelumnya pada kehamilan ke 2 dan ke 3, hamil 1-2 bln, saya sudah naik 2 kg, yg sblmnya 71 mnjadi 73 , saya tidak mengalami kenaikan berat badan.

bagaimana mengatasi tensi yang drop,, tetapi tidak menaikkan berat badan, kr kata dokter yang saya kunjungi, berat badan saya tidak boleh lebih dari 10 kg, sampai kehamilan 9 bln, karena sebelum hamil, saya sudah tergolong gemuk (berat badan saya sebelum hamil adalah 71, kr yang dikwatirkan dokter, anak saya bisa terkena diabetes, dan kebetulan ayah mertua saya terkena diabetes,

mohon bantuannya dokter ?

terima kasih.

salam,
Maria

Dari : Maria cute abiz

Jawaban:

Dear bunda Maria Ramos Sitohang,

Hipotensi pada kehamilan dikarenakan perkembangan pada kehamilan menyebabkan volume pada sistem darah meluas, sehingga tekanan darah menurun. Keadaan ini menyebabkan rasa ringan di kepala (keliyengan) ketika anda berdiri dari posisi duduk. Tekanan darah ini akan menjadi normal dengan sendiri setelah anda melahirkan. Hal yang anda perlu lakukan adalah menghindari terjadinya dehidrasi karena dehidrasi merupakan penyebab umum terjadinya darah rendah . Perhatikan asupan cairan anda.
   


30-03-2010 14:11:30 Kehamilan tua kok masih ....
Jumlah Posts : 144
Jumlah di-Like : 10
@bundayana

wauuuu...hebat dengan pola makan bunda dan asupan makanan yang bunda konsumsi
bunda, banyak orang bilang ibu hamil tidak boleh makan yang pedas2, banyak makanan yang berminyak (santan or gorengan)...krn dede ketika lahir akan tidak bersih dan juga rambutnya sedikit.

tapi klo meliat pola dan jenis makanan dan minuman yang bunda konsumsi...saya rasa tidak perlu mengkhatirkan hal tsb...bunda..apapun yang bunda konsumsi sekarang ini sudah bagus dan baik (menurut saya loh)...bunda suka makan makanan bersantan dan pedas tapi bunda imbangin dengan minum air kelapa..(klo bisa air kelapa ijo..tapi nanti diusia kandungan masuk 7 bulan) dan juga makan bubur kacang ijo..serta banyak makan buah2an dan sayur..(yg penting jangan nanas,duren,nangka).

saya rasa dengan apa yang bunda konsumsi tidak mengganggu perkembangan janin..malah bagus untuk perkembangan janinnya..(tapi klo bunda ragu..coba tanyakan ke DSPOG bunda).

O..iya bunda, yang penting jangan makan yang mentah2 yach...or makanan setangah matang or fastfood...itu makanan yang tidak bagus untuk perkembangan janin.

maaf bila tidak berkenan.

untuk bunda semuanya...semoga semuanya sehat yach...dan lancar sampai melahirkan nanti.

salam kenal
   
10-04-2008 14:45:52 Diet Saat Menyusui
Jumlah Posts : 74
Jumlah di-Like : belum ada like
Buat bunda-bunda tersayank mgkn tips berikut bermanfaat

(maaf klo infonya dah telat)..





Menyusui merupakan salah satu cara yang cepat menuju berat badan semula seperti sebelum Anda hamil. Pada saat menyusui, otomatis tubuh akan membakar sekitar 500 kalori per harinya. Untuk itu, pilihlah bahan makanan yang kaya akan zat gizi (terutama protein, vitamin dan mineral) dengan membatasi asupan kalorinya sampai 1.800 kalori saja.





Diharapkan cadangan kalori dalam lemak tubuh dapat memenuhi kebutuhan kalori untuk

memproduksi ASI yang cukup. Hindari/kurangi bahan makanan yang kaya kandungan kalori,

seperti nasi dan sejenisnya, lemak/minyak (gorengan), makanan yang manis dan sebagainya. Penuhi kebutuhan kalori Anda dengan banyak mengonsumsi sayur, buah, protein nabati (kacang-kacangan, tahu/tempe) dan protein hewani (terutama daging ayam, ikan ataupun telur). Ibu juga dapat mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral, namun tidak

dianjurkan untuk mengonsumsi obat-obatan penurun BB atau penekan nafsu makan.



Asupan makanan pasca melahirkan tetap harus diperhatikan dengan baik. Sebaiknya perbanyak konsumsi sayuran, buah-buahan dan makanan rendah lemak, namun bukan berarti Anda tidak mengonsumsi lemak sama sekali. Anda dapat memilih daging yang sudah dibuang bagian lemaknya.



Bila Anda senang mengemil, sebaiknya menyimpan beberapa jenis kudapan dengan kandungan yang bergizi agar berat tubuh tetap terjaga, seperti yogurt rendah lemak atau biskuit rendah lemak. Selain itu, jangan lupa untuk banyak minum air putih.



Tetaplah berolahraga. Banyak sekali jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu setelah melahirkan. Tak perlu jauh-jauh berpikir jenis olahraga yang ada di gym, kegiatan sehari-hari mengurus anak seperti memandikan atau menyuapi anak sudah dapat membuang banyak kalori. Mengajak anak berjalan-jalan dengan kereta bayi setiap pagi atau sore selama kurang lebih satu jam dapat membakar sekitar 200 kalori. Selain itu, berenang atau yoga juga baik bagi kesehatan tubuh dan dapat melatih seluruh otot tubuh. Tentu saja, olahraga ini tidak bisa dimulai tiba-tiba dan diperlukan jarak tertentu dari sejak waktu melahirkan. Waktu yang dianggap cukup untuk memulai olahraga adalah sekitar 2-3 bulan pasca melahirkan di mana tubuh pun sudah lebih kuat.



Satu hal yang harus diingat dalam program diet adalah menurunkan berat badan bukanlah proses yang instan. Diperlukan kesabaran dan diikuti dengan pola makan yang seimbang serta olahraga secara teratur, tanpa mempengaruhi kualitas ASI maupun kesehatan Anda.





sun sayank..

bunda wiwit Array
   
Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : belum ada like
apa betul ibu hamil tidak boleh makan sayur bayam???
   
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Setelah diperiksa oleh dokter gigi, maka dokter Bunda akan memberikan terapi yang sesuai dengan keadaan Bunda. Jika memang dokter menyarankan untuk mencabut gigi Bunda saat ini, setelah melahirkan tentu boleh untuk di cabut, sesuai dengan keadaan Bunda nanti. Bila keadaan baik, tensi darah baik dan tidak ada penyakit lainnya, maka tidak ada penyulit untuk dilakukan cabut gigi.

   
26-11-2013 15:40:41 makan mangga saat nifas
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda", apakah seorang wanita melahirkan dan sedang nifas tidak boleh makan mangga ? katanya gak boleh soalnya bakalan sakit lambung
   
Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like
Dear all Bunda,


Saya baru baca ada posting tentang Donor Asi, cukup menarik bagi saya, menurut saya Donor Asi ini sebenarnya sudah ada jaman nabi-nabi kita terdahulu, seperti dalam Islam , kalo tidak salah ceritanya adalah Nabi Muhammad SAW juga dulu waktu bayi memiliki 2 ibu pemberi susu, antara lain Halimatus Sadiah dan yang satunya lagi saya lupa. Ibu Halimatus Sadiah dulunya adalah budaknya Paman Nabi yang kemudian pada saat kelahirannya nabi , beliau dimerdekakan dan kemudian dengan sukarela menjadi Ibu pemberi susu nabi.
Menurut saya di dalam Islam sudah jelas pengaturannya, kalopun memang situasi dan kondisi bagi Ibu yang melahirkan tidak dapat memberi Asi kepada bayinya, maka dapat memilih untuk memberi Asi dengan cara seperti itu, namun memang sudah jarang  dilakukan saat ini , biasanya dengan memakai susu pengganti.

Untuk yang memilih dengan meminta ibu pemberi susu, maka biasanya dapat diberikan biaya pengganti untuk makan dan minum si Ibu pemberi susu, dan dengan begitu status anak bayi tersebut menjadi anak sepersusu an , dan apabila dia besar nantinya , oleh karena telah mendapat Asi , maka Asi tersebut sudah menyatu menjadi darah sang bayi, mungkin juga bersatu dengan genetik mereka, sehingga dianggap seperti layaknya satu saudara dengan anak-anak dari Ibu pemberi susu. Maka, harus dihindari pernikahan antara mereka.

Sedangkan untuk Donor Asi yang saya dengar saat ini , adanya pemberian susu dari ibu pemberi asi di dalam beberapa botol yang (walaupun) diberi label informasi dll, namun bagaimana status Ibu pemberi susu dan anak bayi tersebut nantinya ? hal ini belumlah ada kejelasannya, apalagi yang saya kuatirkan Asi tersebut diberikan kepada lebih dari satu bayi , bahkan dapat saja puluhan bayi , yang seharusnya mereka menjadi satu sepersusuan , atau bersaudara, bukankah mereka menjadi seperti "insest" apabila Alllahualam mereka besar nanti bertemu dan saling menyukai?

Semoga kekuatiran saya tidak terjadi, terimakasih semuanya....
   
24-06-2011 11:55:19 Curhat Sehabis Lahiran ^^
Jumlah Posts : 516
Jumlah di-Like : 7
Haloo..Halooo....ikutan ahhh..
6 Juni 2011 sy baru aja melahirkan...Alhamdulillah persalinan normal di RS.Kasih Ibu, SOLO.
disana perawatannya memuaskan jg koq....IMD pasti lah ada...bahkan suami boleh mendampingi sy waktu melahirkan di ruang bersalin...bener2 deh...dialah yg slalu kasih suport sy...suami yg bener2 setia...sempet dia meneteskan air mata..krn gak tega melihat sy kesakitan....krn waktu itu sy di induksi/pacuan...jd 2x lipat rasa sakitnya bun.....sy bilang ke suami: kenapa menangis yah?? jgn menangis..ntar aq ikutan nangis lho....akhirnya suami lsg hapus air matanya dan tersenyum kasih sy semangat....jd terharu bun.
Di RS Kasih Ibu..setelah melahirkan..kita jg diajarin cara pijat PD, cara merawat pusar bayi. makananya jg enakk enak..hehehe..dan yg paling enak lg adalah..waktu mau persiapan plg kerumah..sebelumnya sy dipijat dulu...(ada tenaga pijatnya...namanya pijat setelah persalinan)..wah rasanya segar bugar..rasa pegel..capek ilang smua...pulang2 gendong bayi udah fresh..siap deh..merawat bayi dgn suka cita 

@bunda sireum: kita senasib ya bun...sy jg merawat bayi seorang diri...krn mami sudah meninggal dan mama mertua gak terlalu paham soal urusan bayi  dengan begitu positifnya kita jd lebih mandiri..apalagi anak pertama ..tp smua itu harus kita lakukan dengan suka cita 

Salam  
   
Jumlah Posts : 592
Jumlah di-Like : 3
Hai Bunda semua terutama yang sudah melahirkan :)

Mau nanya neih, benarkah kalo kita baru melahirkan tidak boleh keramas/cuci rambut selama 1 bulan? Konon kalo melakukannya kita bisa sakit2an nanti setelah tua, ini adat orang Chinese jaman dulu, walau kata mama saya sebenarnya keramas setelah satu minggu oke2 aja kok, buktinya beliau sekarang sudah berumur 60an dan masih sehat walafiat. Trims ya atas pengalaman dan sarannya :)
   
08-12-2010 13:37:49 kembar banyu
Jumlah Posts : 850
Jumlah di-Like : 15
cuma mitos.... :)
karena saya pekerja dan pulang malam sampai rumah sekitar pukul 9 malam dan selalu mandi krn klo gag mandi gag bs tdr
coba tanyakan ke dokter kondisi janin bagaimanan, periksakan dengan USG
biar lebih jelas

Ralat untuk bunda lotta Hydramniosya bukan hidro-anion

Kelebihan air ketuban atau biasa disebut Polyhydramnios atau Hydramnios, dapat menyebabkan kelahiran prematur, permasalahan dengan tali pusar sang bayi, pendarahan hebat pada sang ibu setelah melahirkan, perkembangan bayi yang lamban sampai dengan kematian pada sang bayi. Hydramnios terjadi pada 3% kehamilan dan bisa didiagnosa setelah 16 minggu.

      Gejala yang timbul dari kelainan ini adalah perasaan tidak nyaman pada perut, pemasalahan dalam pernapasan dan kontraksi-kontraksi. Penyebab timbulnya Hydramnios belum diketahui secara pasti tetapi ada beberapa alasan yang diketahui sebagai penyebab kelainan ini, yaitu penyakit diabetes sang ibu, bayi yang kembar pada kandungan di mana akan ada kemungkinan salah satu bayi yang menerima banyak cairan ini dan bayi satunya lagi hanya menerima sedikit, kelainan pada janin, dan ketidakcocokan Rh darah.

      Dengan pengawasan yang hati-hati, Polyhydramnios dapat dirawat dengan mudah, tanpa harus menyakiti sang ibu dan bayinya. Adapun jenis perawatan yang biasa digunakan untuk mengatasi Polyhydramnios, yaitu :

  • Ultrasound. Jika seorang ibu hamil telah didiagnosa mengidap Polyhydramnios, maka ia kan menggunakan Ultrasound beresolusi tinggi untuk mengecek apakah bayinya dalam kondisi baik. Ultrasound ini juga tidak akan mempengaruhi perkembangan sang bayi dalam kandungan.

  • Amniocentesis Jika dokter merasa air ketuban terlalu banyak, maka salah satu cara mengatasinya dengan proses Amnioreduction. Namun proses ini dapat menimbulkan beberapa masalah dan tidak menutup kemungkinan untuk kembali mengalami kelebihan cairan.

  • Pengobatan. Dengan pengobatan cairan yang berlebihan dapat dikurangi, namun pengobatan ini baru dapat dilakukan setelah kehamilan mencapai 32 minggu. Alasannya untuk mengurangi komplikasi yang lebih lanjut. Bagi ibu hamil yang mengidap penyakit diabetes ada baiknya untuk mengatur asupan gula agar tidak memperparah kenaikan jumlah cairan ini.

semoga membantu

salam

putri a.k.a zach mom's
   
02-06-2010 11:58:35 mo tanya ini dan itu ;-)
Jumlah Posts : 850
Jumlah di-Like : 15
soal ketakutan melahirkan
cara menghilangkannya adalah dengan memikirkan
bayinya nanti keluar dengan sehat, bisa kita cium dan peluk.
melihat dia tumbuh, melihat dia menangis...
jadi jangan mikir nanti lahiran gimana ya????
bawa santai aja...
ikhlas dijalani (*mbak pasti ngerti ini)
insyaAllah semuanya lancar.

tentang ambeien, kemungkinan hal itu terjadi apabila proses melahirkan normal sobek sampai pada (maaf) pantat, jadi jahitan pasti lebih banyak.
dan ibu setelah melahirkan justru lebih banyak yang takut BAB
padahal gag perlu takut, jahitannya gag bakal lepas kok.
agar sobek tdk melebar ketika lahiran (mengenjan)
jangan mengangkat (maaf) pantat biarkan saja menempel di ranjang bersalin
(*pengalaman pribadi)

Baby blues syndrom, adalah gangguan emosi ringan terjadi dalam kurun waktu 2 minggu setelah ibu melahirkan. Ada pula yang menyebutnya dengan istilah lain seperti maternity blues atau post partum blues. Sesuai dengan istilahnya – blues – yang berarti keadaan tertekan, sindroma ini ditandai dengan gejala-gejala gangguan emosi seperti sering menangis atau mudah bersikap berang.

Munculnya berbagai gejala ini menurut dr. Irawati Sp.Kj dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah ketidaksiapan ibu menghadapi kelahiran bayinya. Ada ibu yang tidak menyadari kalau kelahiran seorang bayi selalu disertai dengan peningkatan tanggung jawab. “Kesulitan menyusui misalnya, bisa membuat ibu jadi tertekan,” kata dr. Irawati Sp.Kj lagi.

Ibu yang melahirkan bayi dengan berat badan di bawah normal cenderung 3.64 kali berpeluang lebih besar mengalami baby blues dibandingkan dengan ibu yang melahirkan bayi dengan berat badan normal.

Faktor pencetus lain yang tidak kalah serius adalah sikap ibu dalam memandang dan menghadapi persalinan. Seringkali seorang ibu berharap bayi yang baru lahir akan tidur nyenyak di malam hari. Siapa sangka sang bayi justru ‘menjadi teroris di tengah malam’ dengan tangisannya yang tak kunjung usai.

Baby blues juga sangat mungkin terjadi oleh para ibu yang pernah mengalami trauma melahirkan atau mengalami kejadian yang sangat menyedihkan selama mengandung. Brooke Shields, misalnya, kehilangan ayahnya saat sedang mengandung. Ibu yang mengalami depresi saat mengandung, atau pernah mengalami depresi sebelumnya lebih harus mendapatkan perhatian khusus karena memiliki peluang besar untuk mengalami baby blues.

Selain dipicu oleh faktor-faktor yang sifatnya kejiwaan, perubahan hormon di turut mempengaruhi kestabilan emosi. Selama hamil hormon (estrogen dan progresteron) akan mengalami peningkatan. Hormon-hormon ini akan menurun tajam dalam tempo 72 jam setelah melahirkan. “Bisa dibayangkan apa yang terjadi kalau kondisi hormon yang sudah stabil selama 9 bulan mendadak berubah drastis,” kata dr. Arju Anita SpOG dari RSIA Hermina.

Walau terdengar begitu mencemaskan, para orang tua baru sebenarnya tak perlu cemas dalam mengalami baby blues syndrome. Singkatnya kurun waktu dan sifatnya yang temporer membuat baby blues akan akan ‘sembuh’ dengan sendirinya tanpa perlu ditangani dengan terapi hormonal. Pertolongan yang paling tepat menurut dr. Arju Anita adalah terapi psikologis. Dukungan moral dari lingkungan sekitarnya juga berperan penting di dalam membantu ibu dalam mengatasi sindroma ini.

Depresi pasca persalinan

Kewaspadaan harus lebih ditingkatkan ketika gangguan emosi yang dialami tak kunjung hilang setelah 2 minggu. Kemungkinan terbesar, ibu mengalami depresi pasca persalinan atau post partum depression (PPD). Layaknya depresi-depresi lainnya, depresi paska persalinan harus ditangani secara serius secara psikis oleh psikiater atau psikolog. “Membiarkan ibu terbenam dalam depresi akan mengakibatkan dampak negatif. Tidak hanya untuk si ibu tetapi juga si bayi, karena PPD bisa terus berlanjut selama 2 tahun,” kata dr. Irawati.

Berbeda dengan ketika mengalami baby blues syndrome, para penderita PPD biasanya dilanda rasa putus asa yang sangat berat. Seringkali mereka merasa ingin bunuh diri atau mencelakai bayinya. Satu kejadian paling menghebohkan yang sempat mengguncang masyarakat di Amerika Serikat adalah kasus pembunuhan 2 anak oleh ibu kandungnya, Tonya Vasilev. Tonya membunuh anaknya karena menderita depresi berat. Sebelum kejadian ini ia memang sudah mengalami beberapa kali depresi yang menjadi semakin parah setiap kali habis bersalin.

Dalam kadar yang lebih ‘ringan’ sekalipun PPD akan menimbulkan dampak buruk kepada seluruh anggota keluarga. Bayangkan bagaimana jika istri menarik diri dan menolak berinteraksi dengan suaminya. Depresi bisa membuat ibu menolak menyusui dan mengurus bayinya. Kesehatan fisik dan psikis si bayi pastilah akan terganggu.

Walau telah mendapatkan pertolongan yang menyeluruh dari ahli medis, penanganan post partum depression tidak akan sempurna tanpa dukungan dari keluarga. Para suami bisa memulai dari hal-hal yang kecil. Misalnya menanyakan kabar istrinya, atau mencarikan orang yang dapat membantunya mengurus rumah dan bayi. Dukungan sosial yang positif terbukti dapat membantu ibu melepaskan diri dari jerat depresi pasca persalinan. Untuk urusan yang satu ini barangkali kita perlu belajar pada orang Jawa yang mengenal tradisi ‘memanjakan’ ibu yang baru melahirkan selama 40 hari setelah persalinan.

semoga membantu

salam

putri a.k.a zach mom's