SITE STATUS
Jumlah Member :
493.843 member
user online :
1268 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: keputihan di awal kehamilan

New Topic :  
Jumlah Posts : 3470
Jumlah di-Like : belum ada like
aku juga keputihan dr awal kehamilan emang risih sih cuma kata dokter wajar krna hamil selama g ganggu pernah di ksih obat canesten buat di masukin ke vagina skali pke sebulanan ilng keputihan nah bulan besoknya ada lg
truss aku diemin ajaa soalnya g gatel2 bget ksini2 udah ukuran 33w berasa g enak gatel lg tp g sering biasanya seminggu cm 2/3x gatel atw g gtel sma skali
pas aku gatel aku liat di vagina seperti ada gumpalan putih pas di lubang vaginanya
ya udah aku konsul lg dkasih obat yg dimasukin
alhamdulillah mendinganlah.buat bertahan sampe lahiran nanti
   


28-01-2015 14:26:42 Kelahiran Pada Bulan Mei 2015
Jumlah Posts : 53
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda di awal kehamilan sampe skrg usia 25minggu sy mengalami keputihan,sm dr dah d kasih obat yg d masukin ke vagina..tp cm bntaran doang g lama nongol lagi..bunda2 ad yg tau solusinya..
   
13-10-2014 17:37:48 flek merah dan kecoklatan
Jumlah Posts : 110
Jumlah di-Like : belum ada like
wkt di awal kehamilan aq jg pernah bun coz wkt itu aq msh krja, trus ma bidan n dokter jg di kasih obat untuk keputihan'a. gpp lah bun balik ke dokter lagi demi debay koq drpd kita menyesal klo ada apa" nti'a. moga janin'a baik" az ya bun
   


Jumlah Posts : 39
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda klo mual2 pas hamil muda tuh pas kehamilan brp minggu ya? trus klo di awal kehamilan suka ada keluar keputihan ga ya?
   
Jumlah Posts : 9
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda nenx : kalau yg aku baca sih keputihan memang gejala yg wajar di awal kehamilan....aku jg begitu jdi skrg gak khawatir...tenang aja bun
   


14-06-2014 08:40:53 keputihan di saat hamil
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like

Bund,,, saya mau tanya, ini adalah kehamilan pertama saya,saya mengalami keputihan dari awal kehamilan hingga sekarang sempat sampai gatal kemudian saya berobat ke bidan dan dikasih obat kemudian rasa gatal hilang namun 2 hari kemudian saya flek di pagi hari lalu saya pergi ke bidan lagi dan di beri obat penguat namun sampai saat ini juga keputihan saya tidak kunjung berhenti..........mohon infonya dong bund...saya jadi takut tidak bisa hamil sampai pada waktunya...

   
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like

malam bund,,, saya mau tanya, ini adalah kehamilan pertama saya,saya mengalami keputihan dari awal kehamilan hingga sekarang sempat sampai gatal kemudian saya berobat ke bidan dan dikasih obat kemudian rasa gatal hilang namun 2 hari kemudian saya flek di pagi hari lalu saya pergi ke bidan lagi dan di beri obat penguat namun sampai saat ini juga keputihan saya tidak kunjung berhenti..........mohon infonya dong bund...saya jadi takut tidak bisa hamil sampai pada waktunya... thanks

   
Jumlah Posts : 3025
Jumlah di-Like : 1
Mengapa Flek Kehamilan Terjadi?

Flek kehamilan yang mirip menstruasi terjadi akibat darah yang dilepas saat telur hasil pembuahan melekatkan diri ke dinding rahim. Gejala ini biasanya terjadi pada awal kehamilan. Meskipun flek kehamilan memang banyak terjadi, Ibu tetap harus waspada dan memperhatikan! Terutama, jika flek diiringi perdarahan. Gejala ini mungkin adalah tanda awal terjadinya keguguran atau kehamilan ektopik.

Langkah terbaik saat terjadi flek kehamilan adalah berkonsultasi ke dokter kandungan. Apalagi jika Ibu telah memasuki kehamilan trimester ke-3, bisa jadi berkaitan dengan kelahiran prematur. Walau pun dokter mengatakan kehamilan Ibu baik-baik saja, namun jangan ragu melakukan pemeriksaan untuk menghindari kemungkinan terburuk.

Pendarahan Saat Hamil

Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya perdarahan saat hamil, misalnya :
Ketika sel telur yang telah dibuahi melekatkan diri ke dinding rahim di awal kehamilan.
Saat plasenta tertanam dalam lapisan rahim.
Melunaknya serviks juga bisa menyebabkan perdarahan pada awal kehamilan.
Hormon-hormon kehamilan menutupi siklus hormon biasa. Akibatnya, beberapa ibu mengalami perdarahan di sekitar waktu menstruasi.
Infeksi vagina.
Saat Hamil, Apa Masih Bisa Keputihan?
Vagina yang terasa lebih lembab dan berlendir sering dialami oleh ibu hamil. Penyebabnya adalah meningkatnya aliran darah ke vagina Ibu saat kehamilan. Pada kondisi normal, lendir yang keluar lebih encer, berwarna putih, namun tidak menyebabkan iritasi. Namun, biasanya lendir ini akan makin kental saat hari melahirkan makin dekat. Ini sebenarnya pertanda kalau bayi Ibu sedang menuju jalan lahir.

Yang harus Ibu waspadai adalah bila lendir yang keluar kental, berwarna kekuningan dan berbau. Mungkin juga diiringi rasa gatal atau panas pada vagina. Jika ini terjadi, segera konsultasikan pada dokter kandungan ya, Bu. Karena gejala tersebut bisa jadi merupakan tanda adanya infeksi atau keputihan.

Tips Agar Ibu Tetap Nyaman

Kenyamanan sangat penting bagi Ibu saat menjalani masa kehamilan. Bila Ibu merasa nyaman, maka bayi pun akan merasakan hal yang sama. Untuk itu, cobalah atasi keluhan vagina berlendir atau keputihan dengan beberapa cara berikut ini:

Bersihkan vagina dengan air hangat, tetapi hindari sabun yang mengandung parfum karena dapat memperparah infeksi yang ada.
Gunakan celana dalam katun yang ringan
   
23-12-2011 11:33:33 Kontraksi palsu
Jumlah Posts : 11
Jumlah di-Like : belum ada like
 Ass,, bunda titik yg cantiq

usia kehamilanqu 35w, aq juga ngalamin hal yg sama koq spt yg bunda bilang. untuk lebih jelasnya ini aq kasih artikel tentang beda kontraksi palsu atau kontraksi asli, smoga berguna yaa..

  Kontraksi Palsu Kontraksi Asli
Bagaimana rasanya? Mulas tanpa rasa nyeri, dimulai dari bagian atas rahim dan turun ke bawah. Rasa mulas disertai nyeri di bagian pinggang sampai ke perut bagian bawah.
Kapan muncul?

Di trimester kedua (kurang lebih di atas 20 minggu), dan kadang-kadang muncul di awal kehamilan. Bisa juga terjadi pada kehamilan 37-40 minggu.

Bila usia kehamilan sudah cukup bulan, yaitu sekitar 27-40 minggu.
Berapa lama? Kontraksi berlangsung kurang lebih 20 detik (kadang bisa mencapai 2 menit atau lebih). Mula-mula sekitar 30-60 detik, dan pada fase persalinan yang paling aktif, sekitar 75 detik.
Ciri lain
  • Biasanya terjadi 1-2 kali sehari, dan tidak bertambah sering seiring bertambahnya waktu.
  • Bila kita mengubah posisi, biasanya kontraksi akan hilang.
  • Makin lama kontraksi makin sering (awalnya setiap 10 menit sekali), dan biasanya makin kuat, disertai sensasi ada sesuatu akan keluar dan vagina.
  • Kontraksi tidak hilang, walau Anda berubah posisi.
Apa yang dilakukan?
  • Ini kondisi normal. Bila Anda merasa tak nyaman, berushalan relaks dengan berbaring atau berjalan di sekitar rumah.
  • Bila kontraksi makin sering/kuat dan berlangsung selama beberapa jam atau hari, atau bila keluar darah/cairan lain dari vagina, segera ke dokter. Bisa jadi ini bukan kontraksi palsu, tapi pertanda persalinan premature. Kondisi ini bisa terjadi pada kondisi kehamilan kembar, atau ibu ada infeksi (keputihan, sakit gigi atau demam).
Segera ke rumah sakit bila kontraksi terjadi setiap 5 menit. Apalagi, bila disertai tanda lain seperti:
  • Keluar lendir agak kental dan bercampur sedikit darah dari vagina.
  • Kantung ketuban pecah diikuti keluarnya air ketuban.
  • Nyeri dan pegal di daerah panggul, kemudian menjalar k epangkal paha dan perut bagian bawah.
  • Leher rahim (perut bagian bawah) terasa panas dan sakit.
 
   
Jumlah Posts : 583
Jumlah di-Like : 5
waaaaaahhh ... senang aku kalo pada bercerita ttg kehamilannya hehehee ....
Apa kabar nih bunda semuanya ?? ... aku jawabin dari mana dulu yaaa ?? ...

Bun Reen : iya sama bun, aku jg pengen nyari "selimut bayi" yg tebal tapi bisa dituliskan nama ... kira2 di mana ya ?? ...

bun lisa : setauku kelapa muda hny utk membuat bayi bersih di dlm dan harum (kl mutihkan kulit bayi, aku kurang tau ya ...)

bun Lina : hahahaaa ... kita sama bun, aku jga ga bnyk2 hunting baju bayi apalagi yg baru lahir... krn paling hny ke pake 1-2 kali aja, krn dlm hitungan minggu si pertumbuhan si bayi akan pesat sekali.... (menurut info temen2 siihh ...) trus, ipar2ku jg pada ngasih perlengkapan bayi ... masih bagus2 pulaaa ... lumayaaaann .. ga perlu beli tooohh ?? ...
aku jg sementara ini sedang ikut kelas / program dr RS ... sampai akhir bulan sept ini. makanya padat sekali jadwal ...  btw, aku pernah nanya, hasil USG bulan ke - 5 saat itu berat janinku di atas rata2 ... (kl di liat dr tabel) sktr 586gr.  trus HPLku jd cepat 1 mggu ... aku tny, jawabnya sih ga papa, krn alat usg secara otomatis akan berubah  sesuai data yg di dpt (ukuran femur, tengkorak kepala, panjang janin dll) ..tapi yg jadi patokan adalah HPL di awal kehamilan ... masalah si janin mau keluarnya kapan sih, itu terserah si janin yaaa ... hehehe ... gituuuu ... nah, kbtln tadi aku USG lagi, eh kembaliii ... jadi normal 31w + 4d (hampr 32w) ...

bun rita : salam kenal bun ... wah, kl yg aku baca sih ... usia 27w biasanya berat janin 125gr (kira2) ... kita hampir samaan ya nikahnya hehehe ...

bun Akoo : kl aku keputihan (atau cairan putih keluar) itu biasanya kl kita kecapean ... trus kmrn pas control sama bidan, disarankan pake "pembersih vagina" .. 1 hari sekali. so, sekalipun tetap keluar putihnya ... ga terlalu bnyk ...  kl sakit punggung, aku jg sekali kali ngerasain sakit punggung (kalo pas lagi kecapean banget !! ...) sering konsumsi produk susu gak ?? (susu, keju, yoghurt )... kl aku di sini di sarankan lbh baik mengkonsumsi produk susu paling tdk 4 kali sehari ... karena si janin membutuhkan kalsium. jika kita kurang mengkonsumsi susu dan sejenisnya .. otomatis si janin akan mengambil kalsium dari kita (tulang belakang, nyeri pada gusi dll) ...  gituuuuu ....


dear all bunda : Berita tentang aku ...
tadi aku baru USG lagi 31w + 4d ..(utk yg terakhir kalinya ... :(  ....tp kan dlm wkt 9w lagi kita akan bertemu ... :D)  uughh !! si kecil ga mau diam ... bergerak terus, perutku sampe bergelombang .. hehehee ...
keliatannya bakalan besar nih ... soalx berat janin kira2 ... 2171gr ... (wooowww !!!) dan posisi kepala sdh di bawah ... agak susah utk diukur semuanya .. karena perutku yg rada kecil hahahaa .... sampai saat ini aku naik 10 kg dr berat normal. ... tp masalah yg ada padaku wkt itu adalah ... angka diabet ku rada tinggi .. beda 2 gr dr normal ... (gara2 liburan ke mertua, di sana disediain es krim, wafle dan coklat2an lainnya deehh ... hehehe) ... akhirnya aku harus berurusan dng dietitienne (bkn krn kegemukan, tp harus kurangi kadar glukosa ...) so, intinya ... jgn terlalu banyk makan nasi dsbx, trus kurangi jumlah makan buah ... kurangi kacang kedele ... (krn bersifat manis jg) ... kl lapar diluar jam makan mending makan yoghurt atau keju ... eng ing ennnggg ... hehehehe !!!

So, buat para bunda yg lain, apa kah  kalian di tes Diabetes juga ga ?? .... aku harus tes diabetes lagi minggu dpn utk yg ke-3 kalinya ... tp kali ini akan lbh parah, krn aku harus puasa 12 jam sblmx, lalu disuruh minum gula (yg diberikan oleh pihak labo) kadarnya akan lbh manis lagi dari seblmx ... lalu akan di ambil darahku setiap 1 jam sampe jam ke 3 .. (jadi harus tinggal bete di lab kira2 3 jam) ...

kalo ada yg punya pengalaman sama dgn aku info2 yaaa .....
selamat menunggu kehadiran si buah hati para bundaaaaaaaaa ...
   
30-05-2011 16:49:08 keputihan saat hamil
Jumlah Posts : 17
Jumlah di-Like : 1
salam kenal Bunda skalian..
aq juga pd wktu hamil dari usia 2 bln smp dgn 8 bln mengalaminya. & betul sekali masukan dr bunda melmut utk tdk memakai panty & sabun sirihpun sebaiknya tdk perlu. selama keputihan itu tdk menimbulkan rasa gatal yg hebat & mengganggu, dengan rajin dibersihkan dengan air bersih saja sudah cukup.. namun begitu, aq punya penjelasan lengkap seputar keputihan pd masa kehamilan.berikut boleh disimak & insyaALLAH bermanfaat. salam hangat :)

Keputihan

 yang dalam istilah medis disebut fluor albus atau leucorrhoea merupakan cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat terjadi pada setiap wanita, tanpa memandang usia. Tiga per empat wanita di dunia diperkirakan mengalami keputihan setidaknya sekali seumur hidupnya. Wanita hamil pun kerap mengalami keputihan selama masa kehamilannya.

Menurut Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG dari Departemen Obstetri dan Ginekologi FKUI/RSCM Jakarta, seorang wanita lebih rentan mengalami keputihan pada saat hamil karena pada saat hamil terjadi perubahan hormonal yang salah satu dampaknya adalah peningkatan jumlah produksi cairan dan penurunan keasaman vagina serta terjadi pula perubahan pada kondisi pencernaan. Semua ini berpengaruh terhadap peningkatan risiko terjadinya keputihan, khususnya yang disebabkan oleh infeksi jamur.

Keputihan dapat bersifat normal (fisiologis) dan tidak normal (patologis). Dalam keadaan normal, cairan yang keluar cenderung jernih atau sedikit kekuningan dan kental seperti lendir serta tidak disertai bau atau rasa gatal. Namun bila cairan yang keluar disertai bau, rasa gatal, nyeri saat buang air kecil atau warnanya sudah kehijauan atau bercampur darah, maka ini dapat dikategorikan tidak normal.

Keputihan seringkali dianggap sebagai hal yang umum dan sepele bagi wanita. Di samping itu, rasa malu ketika mengalami keputihan kerap membuat wanita enggan berkonsultasi ke dokter. Padahal, keputihan tidak normal karena infeksi yang berlanjut dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Pada ibu hamil, selain dapat mengganggu kesehatan ibu, juga dapat berpengaruh terhadap janin.

Baik wanita maupun ibu hamil yang mengalami keputihan yang tidak normal, jelas Dr. Ovi, segeralah memeriksakan diri ke dokter agar dokter dapat melakukan pemeriksaan secara seksama untuk mencari tahu penyebab keputihan tersebut dan setelah itu barulah dapat memberikan terapi yang sesuai.

Penyebab keputihan

dapat digolongkan pada dua golongan besar, yaitu fisiologis dan patologis. Pada keadaan fisiologis, keputihan dapat terjadi pada saat hamil, sebelum dan sesudah haid, saat mendapat rangsang seksual, saat banyak melakukan aktivitas fisik yang kesemuanya tidak menimbulkan keluhan tambahan seperti bau, gatal, dan perubahan warna.

Sedangkan keputihan patologis disebabkan oleh infeksi mikroorganisma seperti virus, bakteri, jamur, dan parasit bersel satu Trichomonas vaginalis. Dapat pula disebabkan oleh iritasi karena berbagai sebab seperti iritasi akibat bahan pembersih vagina, iritasi saat berhubungan seksual, penggunaan tampon, dan alat kontrasepsi.

Infeksi virus, bakteri, dan parasit bersel satu umumnya didapatkan saat melakukan aktivitas seksual. Sementara infeksi jamur Candida sp yang secara normal ada dalam saluran cerna dan vagina, dapat terjadi karena pertumbuhan yang berlebihan akibat berbagai faktor, salah satunya adalah kehamilan yang menimbulkan kondisi terjadinya penurunan imunitas tubuh dan juga vagina.

Umumnya penyebab keputihan tersering pada wanita hamil adalah infeksi jamur Candida sp. Wanita hamil dapat terkena keputihan sejak awal kehamilan hingga trimester akhir menjelang persalinan. Namun pada keputihan karena infeksi jamur, akan lebih berat terjadi pada bulan-bulan terakhir kehamilan karena pada saat tersebut kelembaban vagina paling tinggi.

Menurut Dr. Ovi, selama belum terjadi persalinan dan selaput ketuban masih utuh, dimana janin masih terlindungi oleh selaput ketuban dan air ketuban yang steril, umumnya tidak ada efek langsung infeksi vagina yang menyebabkan terjadinya keputihan pada janin. Namun bila saat persalinan masih terdapat infeksi, maka dampak keputihan yang terjadi tergantung penyebabnya, dimana bayi akan terkontak dengan penyebab keputihan tersebut.

Misalnya, pada infeksi Chlamydia dapat terjadi keguguran hingga persalinan sebelum waktunya (persalinan prematur). Infeksi virus Herpes simpleks dapat menyebabkan radang pada otak bayi (ensefalitis). Infeksi jamur Candida sp dapat meningkatkan risiko terjadinya ayan (epilepsi). Infeksi virus HPV dapat menyebabkan terjadinya papiloma laring pada bayi yang menyebabkan gangguan pernapasan dan gangguan pencernaan bayi hingga kematian. Infeksi bakteri Neisserea gonorrhoeae dapat menyebabkan infeksi pada mata bayi hingga terjadi kebutaan.

Pada keputihan yang tidak normal yang disebabkan oleh infeksi, tentunya infeksi yang berlanjut dan tergantung penyebabnya, dapat mengganggu kesehatan ibu hamil. Misalnya bila terjadi infeksi Chlamydia pada kehamilan, dapat terjadi pecahnya selaput ketuban sebelum masa persalinan. Hal ini berakibat terjadinya infeksi pada janin dan juga pada ibu yang dapat menyebabkan infeksi berat hingga kematian.

Pada keputihan yang normal boleh saja melakukan hubungan seksual. Namun pada kondisi sedang terjadi masalah apalagi bila masalah tersebut ada infeksi, maka hubungan seksual harus dihindari hingga masalah selesai.

Diperlukan terapi pada pihak pasangan bila infeksi yang terjadi mungkin sudah terjadi pula pada pihak pasangan, agar tidak terjadi fenomena pingpong. Disebut fenomena pingpong karena infeksi pada perempuan yang juga ada pada pasangan prianya menginfeksi kembali pihak perempuan setelah perempuan tersebut sembuh dengan pengobatan sebelumnya.

Menyoal tentang cairan pencuci vagina, menurut Dr. Ovi, cairan pencuci vagina yang bersifat antiseptik kuat atau bila dilakukan pemasukan cairan pencuci vagina dalam jumlah besar ke dalam vagina (douche) dapat merusak flora normal vagina sehingga menyebabkan jamur dan bakteri mudah tumbuh. Sehingga untuk memilih cairan pencuci vagina, Dr. Ovi menyarankan memilih yang mempunyai keasaman sesuai dengan vagina dan penggunaannya hanya untuk di bagian luar vagina.

   
12-02-2011 12:28:17 Flek di awal kehamilan
Jumlah Posts : 112
Jumlah di-Like : 9

 
 
 

Flek Kehamilan itu apa, sih?

Flek saat hamil terlihat mirip menstruasi. Ini sering terjadi pada awal kehamilan karena darah yang dilepas saat telur dibuahi melekatkan diri ke dinding rahim.

Bila flek diikuti gejala lain, Ibu harus waspada. Bila terjadi perdarahan, mungkin saja terjadi keguguran atau kehamilan ektopik. Kalau begini, jangan tunda untuk menghubungi dokter.
Flek yang terjadi di kehamilan trimester ke-3, bisa jadi berkaitan dengan kelahiran prematur. Walau pun dokter mengatakan kehamilan Ibu baik-baik saja, namun jangan ragu melakukan pemeriksaan untuk menghindari kemungkinan terburuk.

Perdarahan
Perdarahan saat hamil normal terjadi. Hal yang menyebabkan perdarahan saat hamil, misalnya :

  • Ketika sel telur  yang telah dibuahi melekatkan diri ke dinding rahim di awal kehamilan.
  • Saat plasenta tertanam dalam lapisan rahim.
  • Melunaknya serviks juga bisa menyebabkan perdarahan pada awal kehamilan.
  • Hormon-hormon kehamilan menutupi siklus hormon biasa. Akibatnya, beberapa ibu mengalami perdarahan di sekitar waktu   menstruasi.
  • Infeksi vagina
    Cairan vagina
    Tak perlu cemas bila Ibu merasa lendir vagina lebih banyak selama hamil. Ini normal. Meningkatnya aliran darah ke vagina Ibu yang jadi penyebabnya. Lendir ini lebih encer, berwarna putih, namu tidak menyebabkan iritasi.

    Lendir ini akan makin kental mendekati waktu persalinan yang menandai bayi Ibu sedang menuju jalan lahir.

    Tapi, lendir ini juga bisa jadi tanda adanya infeksi atau keputihan terutama bila disertai rasa gatal atau panas. Segera hubungi dokter bila lendir mengental, berwarna kekuningan dan berbau.
    Atasi segera

    Keluarnya lendiri pasti membuat Ibu tidak nyaman. Walau keadaan ini akan kembali normal setelah bayi lahir, namun tips berikut perlu dicoba supaya Ibu tetap nyaman:
  • Gunakan pembalut.

  • Bersihkan vagina dengan air hangat tetapi hindari sabun yang mengandung parfum karena dapat memperparah infeksi yang ada.

  • Gunakan celana dalam katun yang ringan.


   
Jumlah Posts : 117
Jumlah di-Like : 3
dear sortauli...
soal nyeri dan mual itu hal biasa di awal kehamilan, nyeri disebabkan adanya pembesaran rahim apalagi klo itu kehamilan pertama pasti trasa banget klo soal sugesti mendingan bunda berpikiran positif dech biar janinnya jg nantinya bakal sesuai dgn yg kita inginkan tpi jgn jg trlalu byk makan kepiting yaa nanti suaminya bakal kolesterol tuh :)

Dear faeyza...
kebetulan sminggu ini aku dikasih resep yg sama oleh dokter obgin aku, snin minggu kemarin aku mengalami flek yg ga biasanya, saat mo buang air kecil tissue yg aku gunakan utk mengeringkan trdapat noda darah segar yg lumayan byk (malah aku ngiranya aku ngalamin pendarahan) malamnya ke dokter dan di kasih resep cygets progesteron 2 strip (10 biji) tpi punyaku dimasukin lwt anus (mmg ada yg lwt vagin ada jg lwt anus) dan disuruh bedrest seminggu, esoknya buang air pertama jg githu keluar darah tpi warnanya dah merah kecoklatan bercampur lendir sampe 3 hr bgthu kadang tiap aku buang air kecil kluar flek, dan sejak kemarin yg keluar tinggal kyak keputihan aja tpi ga gatal, aku jg dah 2hr ni nyetop pake cygets krn muncul keputihan itu, soalnya waktu search di google efek sampingnya ga da keputihan cuma tlat haid, pusing/mual n diare tpi kyaknya setelah baca postingan fae resepnya hrs dilanjutin dech, krn mungkin itu tahap penyembuhan luka di abdomen kita yg menyebabkan flek itu
   
Jumlah Posts : 11
Jumlah di-Like : belum ada like
bun,,adakah yg mengalami keputihan di usia kehamilan 7 bulan (31 week) dgn warna kuning,,gatal dan merasa panas..??

ini kehamilan kedua,,di kehamilan anak pertama dulu tidak pernah mengalaminya jadi agak resah dan gelisah