SITE STATUS
Jumlah Member :
494.781 member
user online :
3369 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: keputihan bercampur darah

New Topic :  
11-11-2016 10:05:25 keputihan bercampur darah
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
mau nanya bhund..... aku hamil 16w tiba2 aja kluar keputihan bercampur darah seperti kalo awal haid. gimna itu bhund? aku jdi khawatir.
   


01-08-2011 09:34:52 Polip Serviks Saat Hamil????
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
Dear All bunda,

Aku pengantin baru,baru sebulan.tgl 16 juli 2011 aku haid,setelah 8 hari aku dah bersih.tapi di hari ke 10 dan beberapa hari setiap aku buang air kecil kadang kluar cairan putih(keputihan) bercampur darah..tapi itu tidak sering saya alami.Nah bbrpa hari ini aku berhubungan dengan suamiku ada darah tapi sedikit dan darahnya berlendir.ak cek ke dokter,dokter bilag aku ada polip.dokter mengambil bbrpa polip tersebut untuk di tes di leb.yang aku ingin tanyakan bun,bahayakah polip itu?bisa membuat kita mandul?trus kata dokter jalan satu2nya untuk menghilangkan polip itu dengan cara dikuret,adakah obat atau jalan lain selain dikuret?kata teman saya kalau sudah kuret,biasa lama baru hamil...
minta saran ya bun...
Makasih.
   
06-08-2010 11:51:21 bantu aku dong bun...
Jumlah Posts : 405
Jumlah di-Like : 4
dear bunda yg lg bingung...

sabar aja yah bun...mungkin dokter ngasih batas waktu itu karena baby nya besar, jadi supaya ga tambah besar dikasi deadline..

tapi sabar aja bun, hari perkiraan lahir itu tidak selalu tepat...saya aja maju 2 minggu dr perkiraan...ga pake mules2 gitu pertamanya, cuma perut kenceng dan kluar keputihan bercampur darah...

sabar ya bun, yang pasti klo udh deket2 hpl siap2 waspada sm tanda2 kelahiran, soalnya blm tentu mules jg...bisa kluar flek...

bunda yg sabar ya, semoga bisa menenangkan..
semoga lahirnya lancar, baby dan bunda sehat..
   


25-06-2016 21:49:18 ciri-ciri air ketuban
Jumlah Posts : 17
Jumlah di-Like : belum ada like
tanda2 ga selalu air ketuban dulu yg rembes bund.pengalaman sy anak pertama ketuban pecah dini. anak kedua flek sperti keputihan tp berwarna pink bercampur darah.baru di iringi kontraksi ketuban rembes di pembukaan 5.sy jg lg nunggu2 nih sudah sering kontraksi palsu.hpl 30 juni.smoga di mudahkan proses persalinan kita yaa.
   
03-06-2016 05:27:05 23w kelwar lendir
Jumlah Posts : 2504
Jumlah di-Like : belum ada like
lendirnya bercampur darah ga bun? kalo ga mungkin itu keputihan aja bun
   


12-05-2016 17:26:36 Kelahiran Pada Bulan Mei 2016
Jumlah Posts : 32
Jumlah di-Like : belum ada like
somoga lancar selamat bayi sm ibunya bunda susi.
bunda maulina kyk nya sama pengalamannya sm saya. uk udah 39 yg terasa sakit punggung smpe bokong, selangkangan kadang sakit juga, perut bawah sakit sm sering kenceng tp gk ada mules2. hpl nya 19 mei ini masih semingguan lagi
cuma udah ada seminggu lebih kluar cairan terus kyk keputihan lengket bgt tp gk bercampur darah. jd galau kapan dedenya mau lahir ini 😂😂😂
   
06-02-2016 11:06:23 31w susah tidur..
Jumlah Posts : 430
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda inunk@ lendir nya bercmpur darah ga, kalo memang bercampur darah tanda nya mau lahir bun. . aku juga sama hpl 4 april tapi blum kluar lendir paling hanya keputihan itupun jarang bgt. . periksain aja bun
   
20-01-2016 12:34:41 keluar lendir banyak..
Jumlah Posts : 21
Jumlah di-Like : belum ada like
para bunda..
mau tanya.. apa setiap kelahiran tanda yg keluar selalu lendir bercampur darah..??
saya sudah 38 minggu kehamilan.. tp sakit di perut sudah dialami.. ini kehamilan sy yg ke 2, td pagi kluar lendir seperti keputihan.. tp byk.. skrg serasa penuh di sekitar are bawah perut dan pinggul sy.. ada yg pernah mengalami seperti sy?? mohon saran dan info nya bunda..
   
Jumlah Posts : 26
Jumlah di-Like : belum ada like
bun oktavia: klo pinggang rontok dan perut depan berasa ke bawah itu tanda si bayi lagi turun panggul aja. tanda kelahiran yg utamanya bukan dari punggung rontok. tp mules yg datang continue setiap 10 menit, atau 15 menit. dalam 10 menit itu ada 3-4x mules dgn durasi sekitar 20-30 detik. lalu tanda lainnya keluar lendir bening kyk ingus. bening lho ya, bukan putih seperti keputihan. lalu lendir selanjutnya seperti tadi, bening juga tp bercampur darah.
   
Jumlah Posts : 15
Jumlah di-Like : belum ada like
hai bunda ada yg tau ga
kalau keluar keputihan tapi maaf nih kaya ingus gitu itu tandanya apa yah tapi ga bercampur darah
   
Jumlah Posts : 82
Jumlah di-Like : belum ada like
haloo bunda neu aku 34 bund.. sring juga ditendang2 dede sampe miss v. itu gpp kok bund dan kalo keluar keputihan juga gpp itu mungkin cairan dr rahim mempersiapkan kelahiran . selagi gaada lendir bercampur darah gpp kok bund. hindari kecapekan takutnya lahir premature bund. semoga membantu
   
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8

Dear bunda Shitompoelz Vina,

Keputihan saat hamil memang kerap terjadi, hal ini disebabkan oleh perubahan hormonal. Keputihan dapat bersifat normal ( fisiologis ) dan tidak normal ( patologis ). Pada keadaan normal, cairan yang keluar cenderung jernih atau sedikit kekuningan dan kental seperti lendir, tidak berbau serta tidak menyebabkan rasa gatal, sedangkan bila cairan yang keluar berwarna kehijauan atau bercampur darah, disertai bau, rasa gatal, serta nyeri saat buang air kecil, maka dapat dikategorikan tidak normal. Dampak keputihan bila tidak segera diatasi, dapat menyebabkan kelahiran prematur, ketuban pecah sebelum waktunya, bayi berat badan lahir rendah.Tip yang mungkin dapat mengganggu, gunakan pakaian dalam dari bahan katun, jangan terlalu ketat, mengganti pakaian dalam 3-4x dalam sehari atau bila telah terasa lembab, menjaga daerah vagina agar tetap bersih dan kering, konsultasikan dengan dokter atau bidan jika ingin menggunakan obat apapun.

Untuk usia kehamilan bunda saat ini dihitung dari hari pertama haid terakhir bunda tanggal 26 Januari 2014 adalah 8 mingguan, namun bila haid bunda tidak teratur perhitungan dengan USG dapat menjadi patokan usia kehamilan.

   
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
hai smuanya ada yg pernah ada/dengar pengalaman ini gak, ak udah 10w 4d..pas 2 bulan pertama smua masih baik2 aj..gak ada flek di usg juga alhamdulillah hasilnya normal..tp keputihanku yang lumayan bnyak..pas mau masuk bulan ke tiga justru keputihan/lendirnya nya kaya bercampur darah, sedikit sih seujung jari..awalnya kejadian kaya gitu ak smpet kaget tapi ak diemin krena gak keluar lagi 10 hari kmudian kejadian lagi ak lngsung cek kedokter alhamdulillah janinnya gak papa dan gak ada pendarahan trus 5 hari kmudian kejadian lagi dan ini malah darahnya agak hitam tapi tetep sdikit seujung jari trus langsung di cek ke dokter tetep hasilnya sama janinnya sehat dan bergerak (merinding dan takjub lihatnya) dan vaginanya juga dibuka dokternya bilang gkpapa bagus2 aj...dan skrg stelah 3 hari kmudian kejadian lagii..ya Allah mau nangis rasanya bingung ini kenapa..tapi satu sisi berusaha postif thinking..

hikz bingung bgd apa harus ke dokter lagi atau gmn??..sedangkan blum sbulan aja udah 3 x ke dokter, selain biaya, mentalnya juga harus siap...suami sih nyuruh lebih tenang dan ikhlas..
   
Jumlah Posts : 13
Jumlah di-Like : belum ada like
oh gitu y bunda, itu sama seperti keputihan, y memang tidak ada baunya dan tidak bercampur darah. makasih y bunda udah kasih tau saya. semoga kita semua di lancarkan dan di mudahkan dalam menghadapi persalinan nanti. aamiin.
   
30-05-2011 16:49:08 keputihan saat hamil
Jumlah Posts : 17
Jumlah di-Like : 1
salam kenal Bunda skalian..
aq juga pd wktu hamil dari usia 2 bln smp dgn 8 bln mengalaminya. & betul sekali masukan dr bunda melmut utk tdk memakai panty & sabun sirihpun sebaiknya tdk perlu. selama keputihan itu tdk menimbulkan rasa gatal yg hebat & mengganggu, dengan rajin dibersihkan dengan air bersih saja sudah cukup.. namun begitu, aq punya penjelasan lengkap seputar keputihan pd masa kehamilan.berikut boleh disimak & insyaALLAH bermanfaat. salam hangat :)

Keputihan

 yang dalam istilah medis disebut fluor albus atau leucorrhoea merupakan cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat terjadi pada setiap wanita, tanpa memandang usia. Tiga per empat wanita di dunia diperkirakan mengalami keputihan setidaknya sekali seumur hidupnya. Wanita hamil pun kerap mengalami keputihan selama masa kehamilannya.

Menurut Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG dari Departemen Obstetri dan Ginekologi FKUI/RSCM Jakarta, seorang wanita lebih rentan mengalami keputihan pada saat hamil karena pada saat hamil terjadi perubahan hormonal yang salah satu dampaknya adalah peningkatan jumlah produksi cairan dan penurunan keasaman vagina serta terjadi pula perubahan pada kondisi pencernaan. Semua ini berpengaruh terhadap peningkatan risiko terjadinya keputihan, khususnya yang disebabkan oleh infeksi jamur.

Keputihan dapat bersifat normal (fisiologis) dan tidak normal (patologis). Dalam keadaan normal, cairan yang keluar cenderung jernih atau sedikit kekuningan dan kental seperti lendir serta tidak disertai bau atau rasa gatal. Namun bila cairan yang keluar disertai bau, rasa gatal, nyeri saat buang air kecil atau warnanya sudah kehijauan atau bercampur darah, maka ini dapat dikategorikan tidak normal.

Keputihan seringkali dianggap sebagai hal yang umum dan sepele bagi wanita. Di samping itu, rasa malu ketika mengalami keputihan kerap membuat wanita enggan berkonsultasi ke dokter. Padahal, keputihan tidak normal karena infeksi yang berlanjut dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Pada ibu hamil, selain dapat mengganggu kesehatan ibu, juga dapat berpengaruh terhadap janin.

Baik wanita maupun ibu hamil yang mengalami keputihan yang tidak normal, jelas Dr. Ovi, segeralah memeriksakan diri ke dokter agar dokter dapat melakukan pemeriksaan secara seksama untuk mencari tahu penyebab keputihan tersebut dan setelah itu barulah dapat memberikan terapi yang sesuai.

Penyebab keputihan

dapat digolongkan pada dua golongan besar, yaitu fisiologis dan patologis. Pada keadaan fisiologis, keputihan dapat terjadi pada saat hamil, sebelum dan sesudah haid, saat mendapat rangsang seksual, saat banyak melakukan aktivitas fisik yang kesemuanya tidak menimbulkan keluhan tambahan seperti bau, gatal, dan perubahan warna.

Sedangkan keputihan patologis disebabkan oleh infeksi mikroorganisma seperti virus, bakteri, jamur, dan parasit bersel satu Trichomonas vaginalis. Dapat pula disebabkan oleh iritasi karena berbagai sebab seperti iritasi akibat bahan pembersih vagina, iritasi saat berhubungan seksual, penggunaan tampon, dan alat kontrasepsi.

Infeksi virus, bakteri, dan parasit bersel satu umumnya didapatkan saat melakukan aktivitas seksual. Sementara infeksi jamur Candida sp yang secara normal ada dalam saluran cerna dan vagina, dapat terjadi karena pertumbuhan yang berlebihan akibat berbagai faktor, salah satunya adalah kehamilan yang menimbulkan kondisi terjadinya penurunan imunitas tubuh dan juga vagina.

Umumnya penyebab keputihan tersering pada wanita hamil adalah infeksi jamur Candida sp. Wanita hamil dapat terkena keputihan sejak awal kehamilan hingga trimester akhir menjelang persalinan. Namun pada keputihan karena infeksi jamur, akan lebih berat terjadi pada bulan-bulan terakhir kehamilan karena pada saat tersebut kelembaban vagina paling tinggi.

Menurut Dr. Ovi, selama belum terjadi persalinan dan selaput ketuban masih utuh, dimana janin masih terlindungi oleh selaput ketuban dan air ketuban yang steril, umumnya tidak ada efek langsung infeksi vagina yang menyebabkan terjadinya keputihan pada janin. Namun bila saat persalinan masih terdapat infeksi, maka dampak keputihan yang terjadi tergantung penyebabnya, dimana bayi akan terkontak dengan penyebab keputihan tersebut.

Misalnya, pada infeksi Chlamydia dapat terjadi keguguran hingga persalinan sebelum waktunya (persalinan prematur). Infeksi virus Herpes simpleks dapat menyebabkan radang pada otak bayi (ensefalitis). Infeksi jamur Candida sp dapat meningkatkan risiko terjadinya ayan (epilepsi). Infeksi virus HPV dapat menyebabkan terjadinya papiloma laring pada bayi yang menyebabkan gangguan pernapasan dan gangguan pencernaan bayi hingga kematian. Infeksi bakteri Neisserea gonorrhoeae dapat menyebabkan infeksi pada mata bayi hingga terjadi kebutaan.

Pada keputihan yang tidak normal yang disebabkan oleh infeksi, tentunya infeksi yang berlanjut dan tergantung penyebabnya, dapat mengganggu kesehatan ibu hamil. Misalnya bila terjadi infeksi Chlamydia pada kehamilan, dapat terjadi pecahnya selaput ketuban sebelum masa persalinan. Hal ini berakibat terjadinya infeksi pada janin dan juga pada ibu yang dapat menyebabkan infeksi berat hingga kematian.

Pada keputihan yang normal boleh saja melakukan hubungan seksual. Namun pada kondisi sedang terjadi masalah apalagi bila masalah tersebut ada infeksi, maka hubungan seksual harus dihindari hingga masalah selesai.

Diperlukan terapi pada pihak pasangan bila infeksi yang terjadi mungkin sudah terjadi pula pada pihak pasangan, agar tidak terjadi fenomena pingpong. Disebut fenomena pingpong karena infeksi pada perempuan yang juga ada pada pasangan prianya menginfeksi kembali pihak perempuan setelah perempuan tersebut sembuh dengan pengobatan sebelumnya.

Menyoal tentang cairan pencuci vagina, menurut Dr. Ovi, cairan pencuci vagina yang bersifat antiseptik kuat atau bila dilakukan pemasukan cairan pencuci vagina dalam jumlah besar ke dalam vagina (douche) dapat merusak flora normal vagina sehingga menyebabkan jamur dan bakteri mudah tumbuh. Sehingga untuk memilih cairan pencuci vagina, Dr. Ovi menyarankan memilih yang mempunyai keasaman sesuai dengan vagina dan penggunaannya hanya untuk di bagian luar vagina.