SITE STATUS
Jumlah Member :
481.925 member
user online :
2427 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: kemana darah menstruasi ketika hamil

New Topic :  
01-09-2016 13:14:29 hamil apa nggak.?
Jumlah Posts : 43
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda saya kan telat 1minggu, lalu saya respek hasilnya garis 2 alias positif. lalu malam nya say ke dokter spesialis kandungan, selama nunggu antrian tiba-tiba saya keluar darah kaya darah menstruasi gitu bund,tapi gak terlalu banyak, ketika nama saya di panggil dokter saya pun langsung cerita semuanya, lalu saya di USG, ketika d USG rahim saya kosong bund tidak ada janin, lalu saya d sarankan utk datang 2minggu lagi, sesampai d rumah saya langsung memakai pembalut bund, beberapa jam kemudian ketika saya pipis pembalut saya bersih bund, sudah tidak keluar darah lagi. pertanyaan saya apakah saya hamil atau tidak?? soalnya ketika di USG rahim saya kosong bund..
   


Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
Asslmu'alaikum.. Bunda yg baik, saat ini saya positif hamil 5w menurut tp sendiri n juga tp ϑî RS. Tapi ketika diperiksa dokter dan ϑî USG kantung belum terlihat. Padahal saat ini juga aku sedang rawat inap krna pendarahan yg cukup banyak. Aku bingung n khawatir krna sebelumnya aku pernah keguguran ϑî uk 2 bulan.sempat aku pikir juga apakah ini darah menstruasi? Tapi sampai tadi malam dites urin lagi masih + . Bagaimana dan apa sebenarnya yg terjadi? Sharing pengalaman atau yg mengerti ttg keadaanku, mohon bantu bun, jujur aku stress n ketakutan akan hal semacam ini bun.. Terimakaasih
   
12-11-2012 16:24:10 Q U I Z
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
Efek dari kehamilan yang paling jelas adalah tidak akan mendapatkan haid/menstruasi pada periode berikutnya. ada pula yang juga mengalami pendarahan atau flek ketika hamil dan umumnya pendarahan ini lamanya lebih pendek dari periode mnstruasi normal

Adapun efek lain yang sebagian besar muncul dan dirasakan saat hamil adalah :
Payudara bengkak atau nyeri adalah gejala lain kehamilan yang mungkin mulai terjadi 1-2 minggu setelah pembuahan. Kadar hormon seorang wanita cepat berubah setelah konsepsi. Karena perubahan ini, payudara terkadang menjadi perih ketika disentuh, merasa sakit, atau bengkak.

Warna Areola pada payudara menjadi lebih gelap / menghitam
Mudah Merasa kelelahan
Mual / Morning Sickness merupakan gejala kehamilan yang sering muncul antara 2-8 minggu setelah pembuahan. Beberapa wanita beruntung tidak berurusan dengan morning sickness sama sekali, sementara yang lain akan merasa mual hampir sepanjang kehamilan mereka.
Bila biasanya Bunda tidak punya masalah dengan sakit punggung. Namun kini, punggung bagian bawah terasa nyeri. Nyeri Punggung mungkin merupakan gejala yang terjadi di awal kehamilan. Jika Bunda benar hamil, gangguan ini dapat menetap hingga melahirkan nantinya. 
Sakit kepala. Hal ini dikarenakan kenaikan tiba-tiba hormon dan meningkatnya sirkulasi darah dalam tubuh Bunda dapat menyebabkan Bunda memiliki sakit kepala di awal kehamilan.
Sering buang air kecil pada sekitar 6-8 minggu setelah pembuahan umumnya menjadi salah satu keluhan pada awal kehamilan.
Mengidam makanan tertentu atau keengganan terhadap makanan tertentu 
   


04-07-2011 16:12:45 Pasca keguguran
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : 1
Assalamu'alaikum wr.wb.

Tolong infonya dong bagi bunda yang punya pengalaman serupa..

Aku mengalami keguguran tgl 26 April 2011 pada usia kehamilan memasuki 8 minggu..Ini merupakan kehamilan pertamaku..
Sehari sebelum keguguran aku sempat mengalami flek dan malamnya keluar darah seperti darah menstruasi dan mulai terasa mules, sampai akhirnya janinnya keluar disertai gumpalan darah..Ketika periksa dokter, dokter hanya memberikan obat-obatan. Aku juga sempet tes tokso, hasilnya aku pernah terkena infeksi tokso sebelumnya walaupun sekarang sedang tidak terinfeksi.

Yang jadi permasalahan..setelah keguguran tersebut, dua bulan ini menstruasiku menjadi tidak seperti biasanya. Beberapa hari sebelum mens, perut terasa mules seperti mules pas keguguran kemarin, rasa gak enaknya sampe ke kaki. Rasa mules dan nyeri baru berkurang dan menghilang setelah darah mensnya keluar.

Apakah rahimku  ada masalah..ataukah kondisi tersebut merupakan hal yang normal pasca keguguran? Jujur..ada ketakutan klo nantinya sulit hamil lagi dengan kondisi seperti ini mengingat usia ku yang udah 33 thn.  Atau ada pengobatan yang mesti saya lakukan?

Sebelumya terima kasih klo ada bunda yang mau share info.

Wa'alaikum salam wr.wb.
   
23-07-2010 14:25:37 Stop asam folat?
Jumlah Posts : 139
Jumlah di-Like : 1
sy ada artikel ttg asam folat bun, semoga bermanfaat ...

Pengertian Asam Folat
Folasin dan folat adalah nama generik sekelompok ikatan yang secara kimiawi dan gizi sama dengan asam folat. Ikatan-ikatan ini berperan sebagai koenzim dalam transportasi pecahan-pecahan karbon-tunggal dalam metabolisme asam amino dan sintesis asam nukleat. Bentuk koenzim ini adalah tetra hidrofolat.

Fungsi Asam Folat
Fungsi utama koenzim folat (THFA) adalah memindahkan atom karbon tunggal dalam bentuk gugus formil, hidroksi metil atau metal dalam reaksi penting metabolisme beberapa asam amino dan sintesis asam nukleat. THFA berperan dalam sintesis purin-purin guanin dan adenin serta pirimidin timin, yaitu senyawa-senyawa yang digunakan dalam pembentukan asam-asam deoksiribonukleat (DNA) dan asam ribonukleat acid (RNA). Folat juga dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah dan sel darah putih dalam sumsum tulang dan untuk pendewasaannya. Folat berperan sebagai pembawa karbon tunggal dalam pembentukan hem. Suplementasi folat dapat banyak menyembuhkan anemia pernisiosa.

Sumber/ Penghasil Asam folat
Folat terutama terdapat dalam sayuran hijau (istilah folat berasal dari kata latin folium, yang berarti daun hijau), hati, daging tanpa lemak, serealia utuh, biji-bijian, kacang-kacangan, dan jeruk. Vitamin C yang ada dalam jeruk menghambat kerusakan folat. Bahan yang tidak banyak mengandung folat adalah susu, umbi-umbian, dan buah kecuali jeruk.Hanya saja, hati sapi mengandung vitamin A cukup tinggi yang tidak dianjurkan diberikan kepada ibu hamil karena dapat menyebabkan gangguan kahamilan. Oleh sebab itu digantikan oleh susu, karena susu dan tepung terigu telah difortifikasi mengandung asam folat tinggi.

Defisiensi Asam Folat
Kekurangan asam folat menyebabkan gangguan metabolisme DNA. Akibatnya terjadi perubahan dalam morfologi intisel terutama sel-sel yang cepat membelah, seperti sel darah merah, sel darah putih serta sel-sel epitel lambung dan usus, vagina, dan servik rahim. Kekurangan folat menghambat penyembuhan, menyebabkan anemia megaloblastik dan gangguan darah lain, peradangan lidah (glositis) dan gangguan saluran cerna. Alkohol mengganggu absorbsi dan menungkatkan ekskresi folat. Kekurangan folat dapat terjadi karena kurangnya konsumsi, terganggunya absorbsi, kebutuhan metabolisme yang meningkat akan vitamin ini atau pada pembelahan sel yang berjalan sangat cepat. Pengaruh obat-obatan dan kecanduan alkohol. Kurangnya konsumsi folat terutama terjadi pada masyarakat berpenghasilan rendah yang tidak dapat memperoleh makanan kaya folat secara teratur. Kurang konsumsi dapat juga terjadi pada manula yang susunan makanannya terbatas. Penggunaan folat dapat mengganggu pada kekurangan protein dan pada keadaan dimana kebutuhan meningkat, seperti pada kehamilan, anemia hemolitik, leukemia, dan penggunaan obat-obatan tertentu. Gangguan absorbsi terjadi pada kerusakan saluran cerna, pada penyakit coeliac atau pada sprue tropis. Kebutuhan folat meningkat pada kehamilan, menyusui, anemia hemolitik dan leukemia.

Bagi ibu hamil
Pada ibu hamil, kekurangan asam folat menyebabkan meningkatnya resiko anemia, sehingga ibu mudah lelah, letih, lesu dan pucat serta bisa menyebabkan keguguran. Kebutuhan asam folat untuk ibu hamil dan usia subur sebanyak 400 mikrogram/ hari atau sama dengan 2 (dua) gelas susu. Mengkonsumsi asam folat tidak hanya ketika hamil, tetapi sebelum hamil juga sangat dianjurkan mengkonsumsi asam folat. Asam folat juga penting dalam membantu pembelahan sel. Asam folat bisa mencegah anemia dan menurunkan resiko terjadinya NTD (Neural Tube Deffects) dan sebagai antidepresan. Bagi janin, kekurangan asam folat pada ibu hamil, bisa menyebabkan terjadinya kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Bayi mengalami kecacatan pada otak dan sumsum tulang belakang, menyebabkan bayi lahir dengan bibir sumbing, bayi lahir dengan berat badan rendah, Down’s Syndrome, bayi mengalami kelainan pembuluh darah, rusaknya endotel pipa yang melapisi pembuluh darah, menyebabkan lepasnya plasenta sebelum waktunya. Kelainan lainnya adalah bayi mengalami gangguan buang air besar dan kecil, anak tidak bisa berjalan tegak dan emosi tinggi. Pada anak perempuan, saat dewasa tidak mengalami menstruasi.

Referensi
Almatsier, S. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Gramedia: Jakarta, 2004.


   


18-04-2016 13:17:36 darah haid item seperti kopi
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Ada kalanya darah menstruasi menjadi lebih banyak dari pada biasanya, hal ini termasuk normal bila terjadi hanya sesekali dan tidak rutin pada setiap periode. Adanya gumpalan darah kadang terjadi, bila tidak ada gangguan pengentalan darah atau lainnya, adanya gumpalan darah disebabkan oleh derasnya aliran darah menstruasi yg luruh sedangkan waktu untuk mengencerkan darah yang dilakukan oleh antikoagulan tubuh Anda tidak secepat derasnya aliran darah yang keluar. Maka terjadilah gumpalan-gumpalan darah.  Warna darah yang leih muda sampai pekat dapat terjadi pada urutan hari menstruasi, darah yang berwarna gelap pekat umumnya terjadi di hari-hari terakhir menstruasi. Warna dan kekentalan dapat bervariasi tergantung dari kekentalan dan banyaknya luruhan dinding uterus ketika sedang masa menstruasi.

Bila gumpalan darah berukuran besar atau dalam jumlah banyak berturut-turut terjadi, maka Anda sebaiknya memeriksakan diri kepada dokter. 

   
12-01-2016 16:28:49 mau tanya dok
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda

Ketika hamil, terjadi perubahan-perubahan pada tubuh Bunda, termasuk perubahan hormonal, pertambahan berat badan dan juga postur tubuh. Hormon yang diproduksi saat hamil ada yang mempengaruhi relaksasi otot yaitu hormon relaxin. Perubahan-perubahan ini dapat menimbulkan keluhan nyeri punggung bawah, nyeri pada daerah bokong bahkan paha. Bunda dapat memberikan kompres hangat pada daerah yang nyeri untuk meringankan keluhan. Tidur lah pada posisi menyamping (Sleep On Side) dan lebih baik jika tidur miring kiri untuk bertumpu. Stretching ringan juga dapat membantu mengurangi keluhan, begitu juga dengan olahraga seperti renang. Bila keluhan sangat mengganggu, periksakan pada dokter, bila perlu, dilakukan fisioterapi untuk membantu mengatasi masalah ini.

Penghitungan hari perkiraan lahir menggunakan HPHT dapat membantu memperkirakan tanggal kelahiran, terutama bila siklus menstruasi Bunda terjadi secara teratur. Namun perhitungan ini dapat meleset jauh dari tanggal yang diperkirakan bila siklus menstruasi tidak teratur. Menggunakan USG dapat juga membantu memperkirakan usia kehamilan, namun metode ini juga memiliki keterbatasan misalnya karena tebalnya lemak ataupun posisi janin yang menyulitkan untuk melihat ataupun mengukur. Selain kedua cara ini, dapat juga mengukur perkiraan usia kehamilan dengan pengukuran tinggi fundus, sekali lagi metode ini dapat meleset karena tebalnya lemak ataupun banyaknya cairan ketuban.

 pemeriksaan USG dapat dengan baik memperkirakan usia kehamilan jika di lakukan sampai usia 13 minggu kehamilan.

   
07-01-2016 12:11:20 Folavit
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Asam folat dapat mencegah kejadian keguguran serta kecacatan pada janin. Suplemen makanan merupakan bentuk konsentrat dari vitamin, mineral dan lainnya untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi Anda. Namun, suplemen makanan tidak dapat menggantikan ataupun dijadikan sumber nutrisi utama untuk mencukupi kebutuhan gizi yang seimbang. Memakan buah dan sayur sangat penting terutama karena mengandung serat alami dan kandungan vitamin dan mineral lainnya yang diperlukan oleh tubuh.  Kegunaan asam folat antara lain untuk mencegah resiko terjadinya keguguran, mencegah adanya kecacatan pada persyarafan janin dan membantu pembentukan sel darah merah. Pada ibu menyusui juga di anjurkan untuk mengkonsumsi asam folat karena kebaikan dan manfaat zat tersebut. Asam folat tergolong aman untuk di konsumsi sebelum maupun saat hamil, juga ketika menyusui. Apabila anda tidak memiliki keadaan kontraindikasi terhadap asam folat seperti alergi dan lainnya maka aman untuk menggunakan asam folat, namun lebih baik anda memberitahukan dokter anda untuk hal ini. Mengonsumsi asam folat 400mcg/hari pada trimester pertama dan meneruskan hingga 600mcg/hari pada kehamilan 4-9 bulan mengurangi resiko bayi mengalami gangguan lain, seperti cacat celah bibir dan langit-langit, kelahiran premature, bayi lahir dengan berat rendah hingga keguguran. Makanan alami yang tinggi akan asam folat yakni sayuran berdaun seperti bayam, brokoli, salada, okra, asparagus, dll. Selain sayuran, buah-buahan seperti pisang dan melon juga tinggi akan asam folat. Kacang-kacangan termasuk kacang tanah dan kacang merah juga bisa menjadi alternatif lain.

Asam folat dapat diminum kapan saja, baik masa haid atau bukan, baik sebelum hamil, ketika hamil dan ketika menyusui.

   
13-10-2015 13:50:57 jari tangan kaku
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda, 

Ketika hamil, banyak sekali perubahan yang terjadi pada diri Bunda. Perubahan tersebut termasuk bertambahnya volume cairan di dalam tubuh, bertambahnya berat badan dan beban yang di topang oleh tubuh juga perubahan hormonal. 

Bertambahnya volume cairan di dalam tubuh dapat memberikan beban dan menumpuk pada ujung-ujung alat gerak tubuh Bunda seperti tangan dan kaki. Tidak perlu di khawatirka bila keadaan tekanan darah  dan protein urin dalam batas normal. Angkat dan tinggikan kaki Bunda saat beristirahat, lakukan gerakan memompa seperti menekuk dan meluruskan kembali kaki Bunda serta berjalan-jalan ringan. Begitu juga dengan tangan, Bunda dapat memberikan kompres dingin bila terasa nyeri, menggerakkan telapak tangan, mengurangi asupan garam dan minum air yang cukup.

Perubahan hormonal dapat mempengaruhi kontraksi otot termasuk di dalam saluran pencernaan. maka itu Bunda yang mengandung sering mengalami konstipasi dan nyeri otot serta sendi karena mengalami relaksasi otot sedangkan beban yang di sanggah oleh tubuh semakin bertambah. Lakukan gerakan stretching secara perlahan serta senam Kegel untuk membantu melatih kekuatan otot panggul. 

   
07-09-2015 15:58:18 punggung sakit
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Untuk pertanyaan Bunda memerlukan pemeriksaan secara langsung. Bila Bunda sudah memeriksakan dan tidak ada hal yang berisiko mengganggu kehamilan Bunda, maka sebaiknya tidak terlalu khawatir. Nyeri yang Bunda rasakan bila bukan kontraksi yang sesungguhnya bisa dikarenakan kram otot. Ketika hamil terjadi perubahan hormonal yang mempengaruhi kontraksi otot sehingga juga mempengaruhi postur tubuh, beban yang harus di pikul oleh tubuh juga bertambah, hal ini dapat menimbulkan keluhan nyeri pada daerah punggung, bokong, paha bawah atau bisa juga perut bagian bawah. Bila setelah diperiksa , tidak ada hal berat yang mengancam, maka Bunda dapat bisa lebih tenang menghadapi hal ini. Istirahatkan tubuh Bunda dalam posisi yang nyaman, tinggikan kaki saat duduk dan tidur untuk melancarkan sirkulasi darah, tidur dalam posisi miring kiri dan bukan telentang sepanjang waktu sehingga dapat membantu peredaran darah juga postur tubuh yang mulai berubah. Lakukan olahraga ringan untuk melatih otot panggul yaitu senam Kegel, dengan cara mengencangkan otot seperti sedang menahan BAK lalu melemaskannya kembali. Lakukan berulang-ulang untuk melatih otot Bunda dan mengurangi keluhan kram otot bagian tubuh bawah. Lakukan peregangan otot secara ringan di sela-sela kegiatan, bila perlu ikuti senam ibu hamil. Semoga jawaban saya dapat membantu Bunda.

   
07-09-2015 15:55:59 perut nyeri
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Untuk pertanyaan Bunda memerlukan pemeriksaan secara langsung. Bila Bunda sudah memeriksakan dan tidak ada hal yang berisiko mengganggu kehamilan Bunda, maka sebaiknya tidak terlalu khawatir. Nyeri yang Bunda rasakan bila bukan kontraksi yang sesungguhnya bisa dikarenakan kram otot, namun bisa juga hal lain seperti infeksi saluran kemih. Apakah Bunda merasakan keluhan lain seperti demam dan nyeri berkemih serta anyang-anyangan (BAK terasa tidak tuntas)? Perbanyak minum air untuk menghindari risiko infeksi saluran kecil dan tidak menunda BAK. Ketika hamil terjadi perubahan hormonal yang mempengaruhi kontraksi otot sehingga juga mempengaruhi postur tubuh, beban yang harus di pikul oleh tubuh juga bertambah, hal ini dapat menimbulkan keluhan nyeri pada daerah punggung, bokong, paha bawah atau bisa juga perut bagian bawah. Bila setelah diperiksa , tidak ada hal berat yang mengancam, maka Bunda dapat bisa lebih tenang menghadapi hal ini. Istirahatkan tubuh Bunda dalam posisi yang nyaman, tinggikan kaki saat duduk dan tidur untuk melancarkan sirkulasi darah, tidur dalam posisi miring kiri dan bukan telentang sepanjang waktu sehingga dapat membantu peredaran darah juga postur tubuh yang mulai berubah. Lakukan olahraga ringan untuk melatih otot panggul yaitu senam Kegel, dengan cara mengencangkan otot seperti sedang menahan BAK lalu melemaskannya kembali. Lakukan berulang-ulang untuk melatih otot Bunda dan mengurangi keluhan kram otot bagian tubuh bawah. Lakukan peregangan otot secara ringan di sela-sela kegiatan, bila perlu ikuti senam ibu hamil. Semoga jawaban saya dapat membantu Bunda.

   
25-08-2015 10:31:47 bekam bwt ibu hamil
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

untuk memastikan sebaiknya cek test pack dulu ya. Hindari infeksi sebisa mungkin ketika hamil, bekam menggunakan metode menusuk permukaan kulit sehingga darah tersedot keluar. Hal ini dapat menimbulkan luka pada permukaan kulit dan menjadi pintu masuk infeksi bila dalam prosesnya sterilitas tidak terjaga.

   
13-08-2015 14:05:06 bagaimana cara supaya hamil
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Untuk pertanyaan Bunda memerlukan pemeriksaan secara langsung. Bila Bunda sudah memeriksakan dan tidak ada hal yang berisiko mengganggu kehamilan Bunda, maka sebaiknya tidak terlalu khawatir. Nyeri yang Bunda rasakan bila bukan kontraksi yang sesungguhnya bisa dikarenakan kram otot, namun bisa juga hal lain seperti infeksi saluran kemih. Apakah Bunda merasakan keluhan lain seperti demam dan nyeri berkemih serta anyang-anyangan (BAK terasa tidak tuntas)? Perbanyak minum air untuk menghindari risiko infeksi saluran kecil dan tidak menunda BAK. Ketika hamil terjadi perubahan hormonal yang mempengaruhi kontraksi otot sehingga juga mempengaruhi postur tubuh, beban yang harus di pikul oleh tubuh juga bertambah, hal ini dapat menimbulkan keluhan nyeri pada daerah punggung, bokong, paha bawah atau bisa juga perut bagian bawah. Bila setelah diperiksa , tidak ada hal berat yang mengancam, maka Bunda dapat bisa lebih tenang menghadapi hal ini. Istirahatkan tubuh Bunda dalam posisi yang nyaman, tinggikan kaki saat duduk dan tidur untuk melancarkan sirkulasi darah, tidur dalam posisi miring kiri dan bukan telentang sepanjang waktu sehingga dapat membantu peredaran darah juga postur tubuh yang mulai berubah. Lakukan olahraga ringan untuk melatih otot panggul yaitu senam Kegel, dengan cara mengencangkan otot seperti sedang menahan BAK lalu melemaskannya kembali. Lakukan berulang-ulang untuk melatih otot Bunda dan mengurangi keluhan kram otot bagian tubuh bawah. Lakukan peregangan otot secara ringan di sela-sela kegiatan, bila perlu ikuti senam ibu hamil. 

   
13-08-2015 11:25:34 sakit gigi
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Bunda ExZy Khoironi 

Dear Bunda,

Untuk pertanyaan Bunda memerlukan pemeriksaan secara langsung. Bila Bunda sudah memeriksakan dan tidak ada hal yang berisiko mengganggu kehamilan Bunda, maka sebaiknya tidak terlalu khawatir. Nyeri yang Bunda rasakan bila bukan kontraksi yang sesungguhnya bisa dikarenakan kram otot, namun bisa juga hal lain seperti infeksi saluran kemih. Apakah Bunda merasakan keluhan lain seperti demam dan nyeri berkemih serta anyang-anyangan (BAK terasa tidak tuntas)? Perbanyak minum air untuk menghindari risiko infeksi saluran kecil dan tidak menunda BAK. Ketika hamil terjadi perubahan hormonal yang mempengaruhi kontraksi otot sehingga juga mempengaruhi postur tubuh, beban yang harus di pikul oleh tubuh juga bertambah, hal ini dapat menimbulkan keluhan nyeri pada daerah punggung, bokong, paha bawah atau bisa juga perut bagian bawah. Bila setelah diperiksa , tidak ada hal berat yang mengancam, maka Bunda dapat bisa lebih tenang menghadapi hal ini. Istirahatkan tubuh Bunda dalam posisi yang nyaman, tinggikan kaki saat duduk dan tidur untuk melancarkan sirkulasi darah, tidur dalam posisi miring kiri dan bukan telentang sepanjang waktu sehingga dapat membantu peredaran darah juga postur tubuh yang mulai berubah. Lakukan olahraga ringan untuk melatih otot panggul yaitu senam Kegel, dengan cara mengencangkan otot seperti sedang menahan BAK lalu melemaskannya kembali. Lakukan berulang-ulang untuk melatih otot Bunda dan mengurangi keluhan kram otot bagian tubuh bawah. Lakukan peregangan otot secara ringan di sela-sela kegiatan, bila perlu ikuti senam ibu hamil. Semoga jawaban saya dapat membantu Bunda.

   
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Untuk pertanyaan Bunda memerlukan pemeriksaan secara langsung. Bila Bunda sudah memeriksakan dan tidak ada hal yang berisiko mengganggu kehamilan Bunda, maka sebaiknya tidak terlalu khawatir. Nyeri yang Bunda rasakan bila bukan kontraksi yang sesungguhnya bisa dikarenakan kram otot, namun bisa juga hal lain seperti infeksi saluran kemih. Apakah Bunda merasakan keluhan lain seperti demam dan nyeri berkemih serta anyang-anyangan (BAK terasa tidak tuntas)? Perbanyak minum air untuk menghindari risiko infeksi saluran kecil dan tidak menunda BAK. Ketika hamil terjadi perubahan hormonal yang mempengaruhi kontraksi otot sehingga juga mempengaruhi postur tubuh, beban yang harus di pikul oleh tubuh juga bertambah, hal ini dapat menimbulkan keluhan nyeri pada daerah punggung, bokong, paha bawah atau bisa juga perut bagian bawah. Bila setelah diperiksa , tidak ada hal berat yang mengancam, maka Bunda dapat bisa lebih tenang menghadapi hal ini. Istirahatkan tubuh Bunda dalam posisi yang nyaman, tinggikan kaki saat duduk dan tidur untuk melancarkan sirkulasi darah, tidur dalam posisi miring kiri dan bukan telentang sepanjang waktu sehingga dapat membantu peredaran darah juga postur tubuh yang mulai berubah. Lakukan olahraga ringan untuk melatih otot panggul yaitu senam Kegel, dengan cara mengencangkan otot seperti sedang menahan BAK lalu melemaskannya kembali. Lakukan berulang-ulang untuk melatih otot Bunda dan mengurangi keluhan kram otot bagian tubuh bawah. Lakukan peregangan otot secara ringan di sela-sela kegiatan, bila perlu ikuti senam ibu hamil. Saya tidak menyarankan dilakukan pengurutan atau pemijatan terutama daerah perut dan vagina.