SITE STATUS
Jumlah Member :
482.065 member
user online :
2297 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: kapsul yang dimasukkan ke anus saat susa

New Topic :  
23-06-2011 15:36:42 progesterone dalam kehamilan
Jumlah Posts : 1722
Jumlah di-Like : 25
dok,saya mau minta bantuannya.tanggal 07 juni saya melakukan test pack dan hasilnya positif.hari berikutnya saya ke dokter dan diusg belum terlihat apa2 dan diminta datang lagi satu minggu berikutnya.tanggal 15 juni,kami cek kembali dan kata dokter sudah ada tanda kehamilan tetapi diusg tidak begitu terlihat terang dan kata dokter ada flek2 di dalam kantong rahim.kami dikasih vitamin dan obat yang dimasukkan ke anus namanya progesterone.karena ini kehamilan pertama kami,kami kurang begitu paham.mohon bantuann informasi dokter.terima kasih


salam....sisca nd rio

Dari : fransisca mardyastuti

Jawaban:

Dear Bunda Sisca,

Saya tidak faham dengan istilah “flek di dalam kantung rahim” namun saya mencoba menyimpulkan, bahwa anda telah diketahui dalam keadaan hamil, dan dokter anda memberikan progesterone suppositoria (melalui anus) kemungkinan bertujuan untuk memperkuat kehamilan anda, hormone progesterone adalah salah satu hormone yang berperan penting pada kehamilan. Untuk selanjutnya, apabila anda kurang mengerti hal-hal yang berhubungan dengan hasil pemeriksaan ataupun obat-obatan yang di berikan oleh dokter anda, jangan ragu untuk bertanya kepada beliau agar tidak ada keraguan dalam terapi yang anda jalani dan saling komunikatif antara anda dengan dokter anda. Demikianjawaban saya,selamat atas kehamilan anda.
   


Jumlah Posts : 112
Jumlah di-Like : 9

Mengapa Wasir Muncul Saat Hamil?

Saat hamil, jumlah dan sirkulasi darah dalam tubuh Ibu meningkat sehingga vena-vena Ibu membesar. Sayangnya, vena di sekitar bokong Ibu menjadi lebih lamban dan bengkak. Terutama ketika rahim Ibu yang terus membesar menekan vena-vena tersebut.

Penyebab lain adalah kebiasaan menahan buang air besar. Jadi bila Ibu mengalami konstipasi atau sembelit, makanlah makanan berserat tinggi dan minum banyak air untuk membantu mengatasi wasir.

Obat wasir

Selain banyak minum dan makan makanan kaya serat, Ibu bisa minum obat wasir bila diperlukan. Tetapi karena obat-obatan yang bisa Ibu konsumsi selama hamil terbatas, sebaiknya konsultasikan pada dokter bila Ibu ingin menggunakan krim, ointment atau obat yang dimasukkan ke dalam anus untuk meredakan wasir.

Pertolongan Pertama
Selain obat, ada tips lain untuk menghindari wasir :

  • Kurangi tekanan pada perut Ibu dengan berbaring miring ke kiri selama beberapa saat.

  • Mengangkat kaki  selama sekitar 20 menit  juga dapat membantu.

  • Hindari sabun, bedak  atau tisu basah berparfum.

  • Cuci bokong  dengan air saja setelah buang air dan keringkan.

  • Gunakan pakaian dalam katun yang longgar agar tubuh lebih nyaman.

  • Jangan menahan bila ingin buang air.

  • Latihan fisik ringan untuk meningkatkan sirkulasi darah.

  • Hindari duduk atau berdiri terlalu lama.Buat tubuh rileks dengan mandi berendam air hangat jika Ibu merasa gatal atau gunakan kompres es sebagai gantinya.

Lalu berbahayakah saat persalinan nantinya? Yang perlu dikhawatrikan dari bahaya wasir pada wanita hamil adalah timbulnya pendarahan yang bisa mengakibatkan anemia. Tetapi wasir bukan penghalang bagi ibu hamil yang ingin melahirkan normal meskipun wasir yang ia derita berada pada grade 3. “Jika memang nantinya harus digunting, maka saat pengguntingan bisa diatur arahnya. Misalnya tidak menggunting ke arah anus tetapi ke sampingnya. Jika menggunting ke arah anus dikhawatirkan akan terjadi pendarahan. Jadi tidak ada alasan bahwa ibu hamil dengan wasir harus melakukan operasi sesar. Kecuali memang ada indikasi lain yang mengharuskan operasi sesar dilakukan.” 

Yang juga perlu diketahui, gangguan wasir yang dialami ibu hamil tidak akan pulih sepenuhnya, setelah proses persalinan dilalui. Pasca kelahiran, gangguan wasir hanya grade-nya saja yang menjadi berkurang. “Misalnya ibu hamil yang menderita wasir saat itu grade wasirnya 3. Usai melahirkan grade wasirnya tidak pulih menjadi nol. Tapi hanya turun menjadi 2, misalnya. Tapi bila wasir itu tidak diobati, kemungkinannya grade-nya bisa tumbuh menjadi 3 atau bahkan 4.” Jika  wasir yang dideritanya pada kehamilan sebelumnya tidak sembuh total, maka penyakit wasirnya berisiko akan menjadi bertambah parah pada kondisi kehamilan berikutnya, karena grade-nya bertambah. Pertambahan usia, risiko kehamilan yang besar, dan berat badan yang meningkat juga akan berisiko memperparah wasir.



   
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
Dear Bunda-bunda,

mau bertanya apakah ada yg mengalami pendarahan yg kayak menstruasi di minggu ke-5 dan bisa mempertahankan kehamilannya?
LMP terakhir saya tanggal 28 Oct dan saya periksa ke dr tanggal 28 Nov karena saya mengalami flek dari tanggal 23 Nov tapi kog mentruasinya gak dateng2. setelah tes Beta HCG menurut hasil saya hamil 3 minggu. kemudian tanggal 29 nov saya flek dikit dan tanggal 30-nya gak ada flek sama sekali tapi tanggal 1 des tiba2 fleknya keluar lagi akhirnya saya visit ke dr dan diminta bed rest. Pada saat saya visit ke dr saya transv usg dan menurut dokter di rahim belum terlihat kantung janin tapi memang ada satu titik yg dia duga mungkin akan menjadi kantung janinnya. dr nganjurin kontrol lagi tanggal 10 des. saya istirahat dari tgl 2 des dan fleknya smakin berkurang hingga tangal 6 des kmrn hanya sedikit sekali. tapi tiba-tiba kemaren sore saya ngerasa sedikit rasa gak enak di perut dan waktu saya ke toilet tiba-tiba keluar darah seperti menstruasi. akhirnya saya tiduran saja dan saya sempat ganti panty liner saja.
Tiba-tiba tadi pagi pada saat saya bangun pantyliner saya sudah penuh darah seperti org mens dan saya lgs ke dr lagi. menurut dr di transv masih belum kelihatan apa-apa dan dia memberi tambahan obat yg dimasukkan ke anus untuk penguat katanya dan nanti dilihat lagi apakah pendarahan terus berlangsung atau berhenti. Menurutdia takutnya terjadi pembuahan tidak sempurna dan kalau memang janin tidak bisa bertahan mungkin akan gugur dengan sendirinya.
saat ini saya lebih pasrah saja sambil melihat kondisi 2 hari kedepan dan saya sempet berpikir apakah saya perlu melakukan pemeriksaan Beta HCG lagi?
apakah ada bunda-bunda yang memiliki pengalaman seperti saya dan bagaimana akhir kehamilannya?
terimakasih sebelumya
   


16-02-2016 12:21:41 Q U I Z
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
Kontrasepsi hormonal.
1). Pil Kombinasi
Adalah Pil kontrasepsi mencakup pil kombinasi yang berisi hormon estrogen dan progesterone.
2). Suntikan Kombinasi.
3). Kontrasepsi Suntikan Progesteron
4). Kontrasepsi PIL PROGESTIN (mini pil)
Jenis mini pil kemasan dengan isi 35 pil : 300 mg levenorgetrel atau 350 mg noretindron dan kemasan dengan isi 28 pil : 75 mg norgestrel.
5). Kontrasepsi Implant.
Adalah satu, dua atau enam kapsul (seperti korek api) yang dimasukkan kedalam kulit lengan atas secara perlahan melepaskan hormone progesterone selama 3 sampai 5 tahun.

Kontrasepsi Non Hormonal.
1). Metode Amenohoe Laktasi (MAL)
Adalah kontrasepsi yang mengandalkan pemberian air susu ibu (ASI).
2). Metode keluarga berencana alamiah (KBA)
Adalah pasangan secara sukarela menghindari senggama pada masa subur ibu.
3). Senggama Terputus
Adalah metode keluarga berencana tradisional, Dimana Pria mengeluarkan alat kelaminya (penis) dari vagina sebelum pria tersebut mencapai ejakulasi.
4). Metode Barier
Metode barier terdiri dari beberapa macam,yaitu :
*Kondom
Adalah suatu karet tipis, berwarna atau tidak berwarna, dipakai untuk menutupi zakar yang berdiri sebelum dimasukkan ke dalam vagina sehingga mani tertampung didalamnya dan tidak masuk ke vagina, Dengan demikian mencegah terjadinya pembuahan.
*Diagfragma
Adalah kap berbentuk bulat cembung, terbuat dari lateks (karet) yang diinsersikan kedalam vagina sebelum berhubungan seksual dan menutup serviks.
*Spermisida
Adalah bahan kimia (biasanya non aksinol -9) digunakan untuk menonktifkan atau membunuh sperma.
5). Alat kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR)
Adalah alat kontrasepsi yang dimasukkan ke dalam rahim yang bentuknya bermacam-macam terbuat dari plastik, plastik yang dililit tembaga.
6). Kontrasepsi mantap.
*Tubektomi
Adalah prosedur bedah sukarela untuk menghentikan fertilitas (kesuburan) seseorang perempuan secara permanent.
*Vasektomi
Adalah prosedur klinik untuk menghentikan kapasitas reproduksi pria dengan jalan melakukan okulasi vasa deferensia sehingga alur transportasi sperma terhambat dan proses fertilisasi (penyatuan dengan ovum) tidak terjadi.
   
Jumlah Posts : 689
Jumlah di-Like : belum ada like

CARA MENYIMPAN

Cara terbaik untuk menyimpan ASIP adalah menggunakan botol dari stainless steel (baja antikarat), namun ini tidak banyak dijual. Pilihan terbaik kedua adalah botol yang terbuat dari gelas (kaca), dan terbaik ketiga botol plastik. Kebanyakan ibu lebih menyukai botol yang terbuat dari plastik demikian juga halnya dengan rumah sakit/klinik bersalin, karena plastik tidak mudah pecah. Untuk pilihan lebih ekonomis, saat ini telah tersedia botol kaca dengan kapasitas 50-200 ml. Apapun jenis botolnya, sebaiknya memiliki tutup yang kencang/rapat.  Botol berwarna-warni sebaiknya tidak digunakan karena zat warnanya bisa masuk ke dalam ASI.

Pilihan terakhir adalah menyimpan ASI perah di dalam plastik yang lembek atau kantong susu, sebab akan banyak zat-zat di dalam ASI yang akan tertinggal (menempel) pada dinding plastik. Menyimpan ASI di dalam kantong susu bisa menimbulkan beberapa masalah. Susu bisa menempel pada sisi kantong sehingga jumlah yang diberikan kepada bayi akan berkurang. Kantong susu juga lebih peka terhadap kontaminasi akibat kebocoran. Beberapa produsen pompa ASI membuat kantong susu yang nyaman untuk digunakan dan terbuat dari plastik yang lebih tebal tetapi harganya mahal. Jika hendak menggunakan kantong, sebaiknya digunakan 2 lapis kantong lalu disimpan di dalam wadah plastik yang tertutup rapat, baru masukkan ke dalam freezer. Hal ini akan membantu mengurangi terjadinya robekan pada kantong. Pada saat menghangatkan, sebaiknya batas atas air tidak melebihi kantong sehingga air tidak masuk ke dalam kantong. Jika air yang digunakan untuk menghangatkan tampak berawan/keruh, berarti telah terjadi kebocoran dan ASI tersebut harus dibuang.

Berilah label pada setiap kemasan ASI yang mencantumkan tanggal pemerahan ASI dan gunakan terlebih dahulu stok yang terlama. Jika bayi Ibu dirawat di RS, pastikan bahwa pada label juga tertera nama anda/bayi Ibu dengan jelas, sehingga ASI tidak tertukar.

Untuk bayi kurang dari 6 minggu, sebaiknya ASI disimpan dalam botol sebanyak 30 – 60 ml, sehingga waktu yang diperlukan untuk menghangatkan tidak terlalu lama dan ASI tidak banyak terbuang. Untuk bayi yang lebih besar, jumlah ASI yang disimpan perbotolnya bisa disesuaikan dengan jumlah susu yang biasanya diminum. Tetapi akan lebih baik jika tetap menyimpan ASI dalam jumlah yang lebih kecil, kalau sewaktu-waktu bayi anda menginginkan susu lebih atau untuk selingan.

Hingga saat ini belum banyak penelitian mengenai ASI yang telah disimpan, dihangatkan dan baru sebagian diminum oleh bayi. Akan lebih aman untuk memberikan ASI yang sebelumnya telah disimpan dalam waktu 1-2 jam setelah dihangatkan. Dan jika ASI masih tersisa, sebaiknya dibuang dan tidak disimpan lagi.

Setelah diperah, ASI harus di simpan dengan baik agar dapat bertahan lama. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat dalam tabel petunjuk penyimpanan ASI di bawah. Perlu diperhatikan, umumnya para dokter tidak menyarankan penyimpanan ASI di freezer. Sebab ASI yang telah disimpan di freezer akan mengalami perubahan dalam hal jumlah imunoglobulin, yaitu protein molekul yang berfungsi sebagai daya tahan tubuh, karena ada yang mati akibat kedinginan. Lebih dianjurkan untuk memasukkan ASI ke dalam termos dan lemari es. ASIP yang dimasukkan ke termos dan lemari es tak mengalami perubahan komposisi gizi sama sekali. Hanya mungkin warna dan bentuknya saja yang berubah.

Tabel Petunjuk Penyimpanan ASI

Tempat penyimpanan Suhu Lama Penyimpanan
Dalam ruangan (ASIP segar) 190 – 260 C 6 – 8 jam di ruangan ber AC atau 4 jam di ruangan tanpa AC
Dalam ruangan (ASIP beku yang telah dicairkan) 190 – 260 C 4 jam
Kulkas (ASIP segar) < 40 C 2 – 3 hari
Kulkas (ASIP beku yang telah dicairkan) < 40 C 24 jam
Freezer (lemari es 1 pintu 00 sampai -180 2 minggu
Freezer (lemari es 2 pintu) -180 sampai -200C 3 – 4 bulan
Deep Freezer Suhu stabil di -200C atau kurang 6 – 12 bulan
   


25-09-2014 16:27:19 bingung usia kehamilan
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Bunda mungkin telah mendengar istilah pemeriksaan Histerosalpingografi (HSG) dan ada juga istilah yang disebut dengan peniupan tuba. Apakah sebenarnya maksuda dari kedua istilah tersebut ?

Histerosalpingografi (HSG) adalah pemeriksaan radiologi dengan cara memasukkan zat pewarna (zat kontras) ke dalam saluran tuba falopii untuk mengetahui apakah saluran tersebut dalam kondisi baik (paten). Dari  pemeriksaaan tersebut, dapat diketahui bentuk  serta kondisi rahim dan saluran telur ( tuba falopii) melalui hasil cetak pada lembar foto rontgen.

Sedangkan peniupan tuba  atau pertubasi (hydrotubasi), yakni mengalirkan CO2 (karbondioksida/zat asam arang) atau cairan yang dimasukkan melalui leher rahim. Adapun cairan yang kerap digunakan adalah cairan yang mengandung antibiotik dan antiperadangan. Proses ini bertujuan untuk mengetahui paten atau tidaknya saluran telur yang ditentukan dengan cara mengukur tekanan gas sewaktu peniupan.

Kapankah perlu dilakukan pemeriksaan HSG? 

Waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan HSG yakni 2 sampai 5 hari setelah menstruasi  yang bertujuan agar tidak mengganggu sel telur yang akan dilepaskan oleh indung telur serta pasien tidak dalam keadaan hamil. Karena dengan memasukkan cairan yang mengandung zat kontras ke dalam saluran telur dikhawatirkan dapat mempengaruhi kualitas telur. 

Pada saat dilakukan pemeriksaan ini,  dimungkinkan Bunda akan mengalami rasa nyeri. Oleh karena itu, sebagai antisipasi, biasanya dokter akan memberikan obat-obatan sebelum melakukan tindakan ini.

Hasil dari pemeriksaan tersebut dinyatakan normal apabila tidak terdapat sumbatan pada kedua tuba (tuba paten) serta bentuk rahim yang normal. Akan tetapi, jika hasil dari pemeriksaan tidak normal yang mungkin ditemukan adalah sumbatan pada tuba (non-paten tuba) atau kondisi lain misalnya tumor dan sebagainya.

Pemeriksaan HSG maupun Hydrotubasi kerap diusulkan oleh dokter kandungan untuk memeriksa kondisi organ reproduksi wanita sekaligus mendapatkan efek terapi. Karena dengan adanya cairan yang dimasukkan ke dalam saluran telur dapat memberikan daya dorong dan kemudian diharapkan mampu membuka sumbatan-sumbatan yang ada pada saluran tuba.

Selain itu, zat yang digunakan juga sekaligus berfungsi menghambat pertumbuhan kuman. Namun biasanya ini hanya berlaku untuk saluran telur yang mengalami perlekatan ringan.

Meski memiliki efek terapi, pemeriksaaan HSG maupun Hydrotubasi harus dilakukan berdasarkan indikasi. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai pemeriksaan ini, sebaiknya pasangan suami istri yang memiliki masalah kesuburan berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan.
 

   
27-08-2014 13:54:18 tanya
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda Ade Rizky S

Bila dokter Anda mencurigai perlengketan saluran tuba, maka kemungkinan besar memerlukan pemeriksaan lainnya.

Bunda mungkin telah mendengar istilah pemeriksaan Histerosalpingografi (HSG) dan ada juga istilah yang disebut dengan peniupan tuba. Apakah sebenarnya maksuda dari kedua istilah tersebut ?

Histerosalpingografi (HSG) adalah pemeriksaan radiologi dengan cara memasukkan zat pewarna (zat kontras) ke dalam saluran tuba falopii untuk mengetahui apakah saluran tersebut dalam kondisi baik (paten). Dari  pemeriksaaan tersebut, dapat diketahui bentuk  serta kondisi rahim dan saluran telur ( tuba falopii) melalui hasil cetak pada lembar foto rontgen.

Sedangkan peniupan tuba  atau pertubasi (hydrotubasi), yakni mengalirkan CO2 (karbondioksida/zat asam arang) atau cairan yang dimasukkan melalui leher rahim. Adapun cairan yang kerap digunakan adalah cairan yang mengandung antibiotik dan antiperadangan. Proses ini bertujuan untuk mengetahui paten atau tidaknya saluran telur yang ditentukan dengan cara mengukur tekanan gas sewaktu peniupan.

Kapankah perlu dilakukan pemeriksaan HSG? 

Waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan HSG yakni 2 sampai 5 hari setelah menstruasi  yang bertujuan agar tidak mengganggu sel telur yang akan dilepaskan oleh indung telur serta pasien tidak dalam keadaan hamil. Karena dengan memasukkan cairan yang mengandung zat kontras ke dalam saluran telur dikhawatirkan dapat mempengaruhi kualitas telur. 

Pada saat dilakukan pemeriksaan ini,  dimungkinkan Bunda akan mengalami rasa nyeri. Oleh karena itu, sebagai antisipasi, biasanya dokter akan memberikan obat-obatan sebelum melakukan tindakan ini.

Hasil dari pemeriksaan tersebut dinyatakan normal apabila tidak terdapat sumbatan pada kedua tuba (tuba paten) serta bentuk rahim yang normal. Akan tetapi, jika hasil dari pemeriksaan tidak normal yang mungkin ditemukan adalah sumbatan pada tuba (non-paten tuba) atau kondisi lain misalnya tumor dan sebagainya.

Pemeriksaan HSG maupun Hydrotubasi kerap diusulkan oleh dokter kandungan untuk memeriksa kondisi organ reproduksi wanita sekaligus mendapatkan efek terapi. Karena dengan adanya cairan yang dimasukkan ke dalam saluran telur dapat memberikan daya dorong dan kemudian diharapkan mampu membuka sumbatan-sumbatan yang ada pada saluran tuba.

Selain itu, zat yang digunakan juga sekaligus berfungsi menghambat pertumbuhan kuman. Namun biasanya ini hanya berlaku untuk saluran telur yang mengalami perlekatan ringan.

Meski memiliki efek terapi, pemeriksaaan HSG maupun Hydrotubasi harus dilakukan berdasarkan indikasi. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai pemeriksaan ini, sebaiknya pasangan suami istri yang memiliki masalah kesuburan berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan.
 

   
Jumlah Posts : 23
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda ini adalah kehamilan pertama saya setelah menunggu selama 16bulan.ibu mana yg tdk bahagia melihat dua garis setelah menunggu cukup lama.kami benar2 bahagia saat itu bunda apalagi pas bulan ramadhan.akhirnya saya periksa usg utk pertama kali,dan dokter menyatakan usg belum terlihat apa2,oke mgkn msh terlalu kecil dan saya diberi vitamin.utk kembali 2minggu setelah lebaran.minggu2 awal berjalan tanpa keluhan,saya konsumsi vitamin dan susu kehamilan.kami bnr2 yakin janin tumbuh sehat dirahim saya.sampai akhirnya hari minggu 10 agustus saya kaget karena mendapati flek di celana saya.syok sedih dan hopeless.tapi suami bilang tdk apa2.sedikit tenang.tapi ternyata flek masih berlanjut esok paginya.akhirnya hari senin kami putuskan utk periksa.kali ini kami kedokter rekomendasi teman.dan pada saat itulah hal yg tdk kami harapkan terjadi.dokter yg tdk ramah itu menunjukkan hasil usg,dengan tanpa penjelasan yg cukup dia menyuruh saya kuret saat itu juga,tentu saja saya kaget dan menolak.akhirnya kami minta obat saja,dan dokter memberi kami cygest progesterone 400mg .obat yg baru pertama kali kami dengar dengan cara dimasukkan ke anus.kami pun bertanya,obat apa itu dok?dan bunda tau apa jwbn dokter itu,ya kalo ga mau ga pa pa,kok malah tanya seperti itu,katanya belum siap saya kasih obat kalo ga mau ya udah. astaghfirullah bunda saya semakin down waktu itu.dokter macam apa yg memperlakukan pasien seperti itu,lalu kamipun diam pasrah dan menebus obat itu. dengan airmata yg tdk berhenti sampai saya menulis ini.saya msh berharap ada keajaiban dan tdk harus kuret.adakah bunda yg mau memberi saya pencerahan.
   
05-08-2014 16:05:19 penyumbatan tuba
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Di dalam dunia medis kedokteran, akan di lakukan penanganan secara medis juga Bunda.

coba di baca tentang ini ya :

Pemeriksaan Kesuburan melalui HSG Atau Tiup Tuba

Edit Hapus

Posted:2012-11-07 18:58:40

Bunda mungkin telah mendengar istilah pemeriksaan Histerosalpingografi (HSG) dan ada juga istilah yang disebut dengan peniupan tuba. Apakah sebenarnya maksuda dari kedua istilah tersebut ?

Histerosalpingografi (HSG) adalah pemeriksaan radiologi dengan cara memasukkan zat pewarna (zat kontras) ke dalam saluran tuba falopii untuk mengetahui apakah saluran tersebut dalam kondisi baik (paten). Dari  pemeriksaaan tersebut, dapat diketahui bentuk  serta kondisi rahim dan saluran telur ( tuba falopii) melalui hasil cetak pada lembar foto rontgen.

Sedangkan peniupan tuba  atau pertubasi (hydrotubasi), yakni mengalirkan CO2 (karbondioksida/zat asam arang) atau cairan yang dimasukkan melalui leher rahim. Adapun cairan yang kerap digunakan adalah cairan yang mengandung antibiotik dan antiperadangan. Proses ini bertujuan untuk mengetahui paten atau tidaknya saluran telur yang ditentukan dengan cara mengukur tekanan gas sewaktu peniupan.

Kapankah perlu dilakukan pemeriksaan HSG? 

Waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan HSG yakni 2 sampai 5 hari setelah menstruasi  yang bertujuan agar tidak mengganggu sel telur yang akan dilepaskan oleh indung telur serta pasien tidak dalam keadaan hamil. Karena dengan memasukkan cairan yang mengandung zat kontras ke dalam saluran telur dikhawatirkan dapat mempengaruhi kualitas telur. 

Pada saat dilakukan pemeriksaan ini,  dimungkinkan Bunda akan mengalami rasa nyeri. Oleh karena itu, sebagai antisipasi, biasanya dokter akan memberikan obat-obatan sebelum melakukan tindakan ini.

Hasil dari pemeriksaan tersebut dinyatakan normal apabila tidak terdapat sumbatan pada kedua tuba (tuba paten) serta bentuk rahim yang normal. Akan tetapi, jika hasil dari pemeriksaan tidak normal yang mungkin ditemukan adalah sumbatan pada tuba (non-paten tuba) atau kondisi lain misalnya tumor dan sebagainya.

Pemeriksaan HSG maupun Hydrotubasi kerap diusulkan oleh dokter kandungan untuk memeriksa kondisi organ reproduksi wanita sekaligus mendapatkan efek terapi. Karena dengan adanya cairan yang dimasukkan ke dalam saluran telur dapat memberikan daya dorong dan kemudian diharapkan mampu membuka sumbatan-sumbatan yang ada pada saluran tuba.

Selain itu, zat yang digunakan juga sekaligus berfungsi menghambat pertumbuhan kuman. Namun biasanya ini hanya berlaku untuk saluran telur yang mengalami perlekatan ringan.

Meski memiliki efek terapi, pemeriksaaan HSG maupun Hydrotubasi harus dilakukan berdasarkan indikasi. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai pemeriksaan ini, sebaiknya pasangan suami istri yang memiliki masalah kesuburan berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan.

   
05-08-2014 09:56:48 HSG
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Pemeriksaan Kesuburan melalui HSG Atau Tiup Tuba

Edit Hapus

Posted:2012-11-07 18:58:40

Bunda mungkin telah mendengar istilah pemeriksaan Histerosalpingografi (HSG) dan ada juga istilah yang disebut dengan peniupan tuba. Apakah sebenarnya maksuda dari kedua istilah tersebut ?

Histerosalpingografi (HSG) adalah pemeriksaan radiologi dengan cara memasukkan zat pewarna (zat kontras) ke dalam saluran tuba falopii untuk mengetahui apakah saluran tersebut dalam kondisi baik (paten). Dari  pemeriksaaan tersebut, dapat diketahui bentuk  serta kondisi rahim dan saluran telur ( tuba falopii) melalui hasil cetak pada lembar foto rontgen.

Sedangkan peniupan tuba  atau pertubasi (hydrotubasi), yakni mengalirkan CO2 (karbondioksida/zat asam arang) atau cairan yang dimasukkan melalui leher rahim. Adapun cairan yang kerap digunakan adalah cairan yang mengandung antibiotik dan antiperadangan. Proses ini bertujuan untuk mengetahui paten atau tidaknya saluran telur yang ditentukan dengan cara mengukur tekanan gas sewaktu peniupan.

Kapankah perlu dilakukan pemeriksaan HSG? 

Waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan HSG yakni 2 sampai 5 hari setelah menstruasi  yang bertujuan agar tidak mengganggu sel telur yang akan dilepaskan oleh indung telur serta pasien tidak dalam keadaan hamil. Karena dengan memasukkan cairan yang mengandung zat kontras ke dalam saluran telur dikhawatirkan dapat mempengaruhi kualitas telur. 

Pada saat dilakukan pemeriksaan ini,  dimungkinkan Bunda akan mengalami rasa nyeri. Oleh karena itu, sebagai antisipasi, biasanya dokter akan memberikan obat-obatan sebelum melakukan tindakan ini.

Hasil dari pemeriksaan tersebut dinyatakan normal apabila tidak terdapat sumbatan pada kedua tuba (tuba paten) serta bentuk rahim yang normal. Akan tetapi, jika hasil dari pemeriksaan tidak normal yang mungkin ditemukan adalah sumbatan pada tuba (non-paten tuba) atau kondisi lain misalnya tumor dan sebagainya.

Pemeriksaan HSG maupun Hydrotubasi kerap diusulkan oleh dokter kandungan untuk memeriksa kondisi organ reproduksi wanita sekaligus mendapatkan efek terapi. Karena dengan adanya cairan yang dimasukkan ke dalam saluran telur dapat memberikan daya dorong dan kemudian diharapkan mampu membuka sumbatan-sumbatan yang ada pada saluran tuba.

Selain itu, zat yang digunakan juga sekaligus berfungsi menghambat pertumbuhan kuman. Namun biasanya ini hanya berlaku untuk saluran telur yang mengalami perlekatan ringan.

Meski memiliki efek terapi, pemeriksaaan HSG maupun Hydrotubasi harus dilakukan berdasarkan indikasi. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai pemeriksaan ini, sebaiknya pasangan suami istri yang memiliki masalah kesuburan berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan.
 

   
Jumlah Posts : 7
Jumlah di-Like : 1
bunda ini ada potongan artikel dr milis sebuah alat tes kehamilan, mudah2an bisa menjadi masukan ya..
Kiat Mendapatkan Bayi Laki-laki


a.. Sperma

Sperma harus memancar di dalam mulut rahim yang terbuka. Jangan di dinding vagina atau di bibir vagina.

b.. Seks

Lakukan hubungan seks 2 minggu setelah mens / pada saat ovulasi.

c.. Air Pembilas

Saat akan hubungan intim sempatkan diri Anda membilas vagina dengan cairan alkalin. Bisa didapat dari 2 sendok serbuk baking soda yang dimasukkan ke dalam gayung berisi air hangat.

d.. Penetrasi

Lakukan penetrasi sedalam mungkin sehingga sperma mengarah sedekat mungkin ke leher rahim.

e.. Multi Orgasme

Perbanyak cairan vagina dengan melakukan berkali-kali orgasme, sebelum terjadi ejakulasi.

Yang Alami
Cara-cara alami ini sudah diteliti para pakar. Dapat dikatakan paling aman dan murah dilakukan dibanding dengan teknologi yang butuh biaya besar. Penelitian para pakar ini meliputi kondisi cairan di vagina, makanan, aktivitas seks dan lain-lain.

Pisang: Bayi Laki-Laki

Mitos di Perancis mengatakan banyak makan pisang bisa memperoleh bayi laki-laki. Prof. Dr. Jean Choukron, ahli obsteri dari Perancislah yang tertarik meneliti hubungan pisang dengan melahirkan bayi laki-laki. Ternyata pisang banyak mengandung sodium dan kalium. Kemudian Dr. Jean mengumpulkan berbagai jenis makanan yang banyak mengandung sodium dan kalium. Hasilnya, selain pisang ya kentang, buah aprikot, buah peach dan

daging.

Dr. Jean pun melakukan penelitian pada beberapa pasangan yang hanya diberikan makanan mengandung sodium tinggi. Hasilnya 85 % dari mereka melahirkan bayi laki-laki.

posisi seks untuk mendapatkan anak laki-laki, lakukan hubungan dari arah belakang. Posisi ini membantu sperma cepat masuk ke saluran vagina, rahim, dan saluran telur. Hubungan seks diarahkan agar penis mencapai vagina secara penuh. Dengan demikian, kromosom Y pada sperma akan melewati lingkungan asam di vagina dan dapat secara cepat mencapai sel telur.

   
Jumlah Posts : 40
Jumlah di-Like : 4
salam bunda2 semua... saya juga awalnya pengen bngt makan tape tapi yang dari ketan, karena ngeliat suami makan itu. tapi saya abis2an dilarang sama suami karena kata mertua orang hamil gak boleh makan itu. meski dokter saya bilang gak ada larangan ibu hamil makan apa aja. tapi karena penasaran, saya coba cari2 sendiri info di internet, dan nemu artikel yang mungkiin perlu bunda2 baca hingga tuntas. semoga bermanfaat

Sudah bisa dipastikan alkohol berbahaya untuk ibu hamil. Konsumsi alkohol pada ibu hamil dapat membahayakan janin. Namun bagaimana dengan alkohol yang “tersembunyi” di makanan dan minuman? Berbahayakah?

Alkohol jelas berbahaya untuk janin jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Tahun 1968 seorang dokter asal Prancis, P. Lemoine menemukan hubungan kelainan yang diderita 127 balita dengan kebiasaan ibu minum alkohol selama hamil, yang disebut Fetal Alcohol Syndrome (FAS). Selain itu, alkohol juga dapat membuat tingkat kecerdasan dan kemampuan kognitif anak menurun jika dibandingkan dengan anak-anak sebayanya.

Bayi yang mengidap Fetal Alcohol Syndrome (FAS)  akibat ibu minum alkohol selama hamil, memiliki ciri:
  • Lahir dengan berat badan di bawah normal (BBLR).
  • Panjang tubuh saat lahir lebih pendek dari normal.
  • Lingkar kepala lebih kecil.
  • Menderita kelainan pertumbuhan dan pembentukan wajah.
  • Menderita kelainan persendian tungkai dan lengan.
  • Kemampuan koordinasi gerakan tubuh lambat.
  • Mengalami gangguan belajar.
  • Ingatan pendek, tidak mampu mengingat dalam jangka panjang.
Alkohol pada makanan. Masalahnya, seringkali kita tidak mengetahui bahwa di dalam makanan tersebut mengandung alkohol. Lalu bagaimana? Apakah aman mengonsumsi makanan yang mengandung alkohol?

Belum ada kesepakatan di kalangan ahli tentang jumlah alkohol yang aman dikonsumsi ibu hamil. Ada yang menyatakan aman bila hanya minum sesekali, ada juga yang sama sekali melarang. Riset membuktikan, pemberian alkohol dosis kecil pada hewan percobaan menunjukkan adanya kerusakan sel otak dan gangguan saraf. Namun, riset  sejenis belum dapat dilakukan pada manusia karena teknis risetnya (pemberian dengan sengaja) dinilai kurang etis.

Karena masih terjadi pro-kontra tentang konsumsi alkohol selama hamil serta batas volume alkohol yang aman bagi janin, agar tumbuh-kembang janin lancar dan “sucihama” sebaiknya saat hamil sama sekali tidak mengonsumsi alkohol, termasuk yang ada di makanan.

Karena itu, ketahui alkohol yang “tersembunyi” di makanan dan obat agar bisa dihindari sama sekali atau dikonsumsi secara bijak.     
  • Alkohol sebagai penyedap masakan, populer di masakan Cina, Jepang, Korea dan Western food. Penyedap ini ada yang berupa Ang Chiu, yang biasanya digunakan untuk penyedap masakan untuk daging, tim ayam, sea food dan sayur mayur, Lo Wong Chiu, saus penyedap masakan daging, tim ayam, sea food dan sayur mayur, atau cooking wine untuk tumisan. Aroma muncul saat dipanaskan dan alkohol dibubuhkan ke wajan.
  • Alkohol di kue, umumnya kue  “impor” dari Barat seperti Black Forest, vla di Sus, Rhum Balls dan Butter Rhum Cake yang mengandung rhum dengan kadar alkohol 30%. Cherry Nougat dan Brandy Snaps mengandung brandy, Chocolate Coffee Liqueur mengandung liqueur.
  • Alkohol di BBQ, untuk melunakkan daging dan menciptakan aroma khas. Jenisnya, arak putih atau anggur beras ketan.
  • Alkohol di mie; mie goreng ayam, udang, sea food kadang ditambahkan arak putih, arak merah atau mirin untuk menambah selera.
  • Alkohol di campuran minuman; minuman ala kafe dengan nama atraktif dan berkonotasi buah seperti avacado fload, lemon squash, orange punch kadang dibubuhi rhum atau alkohol lain untuk menimbulkan sensasi khusus. Tanyakan ke pramusaji.
  • Alkohol di obat; digunakan sebagai pelarut bahan obat. Anggur Beras Putih digunakan sebagai rendaman obat Thionghoa.
  • Alkohol di hidangan tradisional; Tape ketan, tape singkong, brem, legen, tuak, atau durian fermentasi, kandungan alkohol meningkat seiring bertambahnya waktu. Contoh, fermentasi tape sehari kandungan alkoholnya 1,7%,  2 hari 3,3%. Makin tinggi  lagi jika keluar cairan.
  • Alkohol di  permen atau cokelat; Misal, liqueur di permen cokelat, kandungan alkoholnya sebanyak takaran yang dimasukkan ke adonan. Kadang tercantum di kemasannya.   
Hmm.. Sayang memang kalau jenis-jenis makanan di atas salah satunya adalah makanan favorit Anda. Tapi demi bayi Anda, tentunya Anda rela dong untuk pantang makan makanan yang disukai tersebut?
   
Jumlah Posts : 368
Jumlah di-Like : 1
ini dia solusinya....heheheh Array
========================================

Teliti Sebelum Memilih, Jangan Cuma Ikut-ikutan


Kompas/dody wisnu pribadi

MEMANG agak sulit mencari jumlah pasti berapa angka pertumbuhan bisnis taman bermain di Jakarta, apalagi di Indonesia. Meskipun begitu, bila kita agak sedikit menaruh perhatian, secara kasat mata jumlahnya terus bertambah.

Kesan ini diperkuat oleh penjelasan Melania Hamdan, Ketua Yayasan Pendidikan Indonesia Amerika yang memiliki taman bermain Tutor Time untuk usia 1-6 tahun di Kemang dan Pondok Indah, Jakarta Selatan. Tahun ini, tiba-tiba permintaan mendapatkan wara laba taman bermain yang berpusat di Florida, Amerika Serikat, ini meningkat. Lokasi yang baru berdiri tahun ini ada di Bandung, Puri Indah, Pondok Indah, dan akan segera di Pluit, Jakarta Utara. Baru sebulan dibuka, sudah 17 anak mendaftar di Tutor Time Pondok Indah.

"Mungkin karena ekonomi booming lagi sehingga yang berminat pada taman bermain seperti ini meningkat. Ini juga karena keinginan orangtua memberikan yang terbaik untuk anaknya," kata Melania.

Sependapat dengan pengamatan Melania adalah Anggani Sudono. Praktisi dan pengamat pendidikan ini mengatakan, munculnya taman-taman bermain dengan pesat belakangan ini karena permintaan masyarakat. Begitu juga dengan taman bermain yang menawarkan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

Dra Tjut Rifameutia U Ali-Nafis, MA, psikolog dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, melihat semakin banyaknya pasangan muda yang dua-duanya bekerja dan hubungan dengan lingkungan sekitar yang tidak akrab seperti di kota-kota besar, membuat taman bermain menjadi kebutuhan pasangan muda.

"Itu peluang bisnis, namun dalam menjalankan bisnis sebaiknya yayasan menjalankannya dengan serius dan benar. Misalnya, bila ingin menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar, gunakan pengajar yang bisa berbicara Inggris dengan benar dan baik. Jika bahasa Inggris hanya sebagai daya tarik dan untuk gaya-gayaan, hal itu justru akan merusak kemampuan berbahasa anak," jelas Rifameutia.


***

Kompas/alif ichwan
SALAH satu daya tarik yang banyak ditawarkan taman bermain saat ini adalah penggunaan bahasa Inggris sebagai pengantar. Alasan orangtua umumnya karena mereka ingin mempersiapkan anaknya sedini mungkin menghadapi masa depan. Masa depan lalu diterjemahkan antara lain dengan sedini mungkin menguasai bahasa asing, dalam hal ini bahasa Inggris (baca juga halaman 13).

Keinginan itu barangkali tidak berlebihan karena setiap hari kita memang dicekoki berbagai jargon seputar globalisasi: Pasar bebas, AFTA, saluran MTV, film Hollywood, makanan mulai dari steak sampai burger. Bahkan, percakapan sehari-hari pun terasa kurang keren bila tidak menyisipkan bahasa Inggris, tidak peduli apakah pemilihan kalimat atau katanya tepat atau tidak.

Karena itu, bukanlah hal aneh bila anak-anak yang dimasukkan ke taman bermain itu tidak selalu berasal dari keluarga yang bisa berbahasa Inggris. Seperti dikatakan Cynthia Moeljono, koordinator sekolah Tutor Time Pondok Indah, ada orangtua yang sama sekali tidak bisa berbahasa Inggris menyekolahkan anaknya di Tutor Time yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, baik itu keluarga Indonesia maupun warga asing yang bekerja di sini. "Tetapi, tidak apa-apa, karena anak belajar melalui bermain," kata Cynthia.

Anggani Sudono yang mengajar di Jakarta International School di Jakarta Selatan dari tahun 1964-1990 mengatakan, memang ada hasil penelitian yang menyebutkan makin dini anak diperkenalkan dengan bahasa semakin cepat anak menguasai. Akan tetapi, secara prinsip ia lebih memilih anak menguasai bahasa ibunya dengan baik sebelum diperkenalkan pada bahasa lain.

Anggani berpendapat, hal itu penting supaya anak tidak mengalami "kebingungan bahasa" yang akan terbawa sampai besar karena tiap bahasa memiliki logikanya sendiri. Bila memang orangtua memutuskan memasukkan anaknya sejak dini di taman bermain yang menggunakan pengantar bahasa Inggris, sekolah maupun orangtua harus konsisten menggunakan kedua bahasa itu. "Jangan dicampur-campur, misalnya dengan bilang 'Ini red book,'" jelas Anggani.

Logika berbahasa ini bisa mempengaruhi anak sampai ke usia lebih lanjut, artinya mungkin saja anak bisa mengucapkan kata-kata bahasa Inggris dengan baik dan tampak mampu menyusun kalimat berbahasa Inggris, tetapi logika berbahasanya tidak mengikuti logika bahasa Inggris. Hal yang sama juga bisa terjadi pada bahasa Indonesianya. Padahal, seseorang dinilai dari kemampuannya berkomunikasi.

Menurut Anggani, bila sekolah sepenuhnya menggunakan bahasa Inggris, maka orangtua di rumah harus aktif membantu anaknya. Misalnya, menentukan satu waktu tertentu dalam sehari sebagai saat berbahasa Inggris dan anak menyadari saat itu ia sedang berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Orangtua juga bisa membantu membacakan buku cerita berbahasa Inggris. "Tetapi, saat tiba berbahasa Indonesia, berkomunikasilah dengan bahasa Indonesia yang benar dan anak tahu bahwa dia sedang berkomunikasi dalam bahasa Indonesia," tambah Anggani yang juga menjadi anggota Badan Pembina Akademik Perguruan Islam Al Izhar di Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Sedangkan Rifameutia mengatakan, anak memang memiliki potensi belajar bahasa yang luar biasa, bahkan mampu menguasai tiga bahasa sekaligus. Namun, syaratnya saat mengenalkan sebuah bahasa, harus konsisten menggunakan bahasa itu setiap berkomunikasi dengan anak. "Pemakaian bahasa itu pun harus benar," tambah Rifameutia. Selain itu, jangan menekankan sisi kognitif. "Misalnya, 'Merah itu bahasa Inggrisnya red.' Itu salah sama sekali."


***
SEBENARNYA ada hal-hal lain yang lebih penting yang harus diperhatikan orangtua ketika memilih taman bermain, yaitu mencocokkan antara tujuan orangtua memasukkan anak ke taman bermain dan fasilitas yang disediakan taman bermain bersangkutan.

"Seberapa mendesak anak dimasukkan ke taman bermain dan pada usia berapa, sangat tergantung dari orangtua. Jika orangtua merasa tidak bisa memberikan stimulus (rangsangan) untuk perkembangan anaknya, dia bisa memasukkan anaknya ke taman bermain. Namun, jika orangtua mampu memberikan sendiri stimulus itu, maka tidak terlalu mendesak memasukkan anak ke taman bermain. Anak yang diasuh sendiri oleh orangtuanya bisa berkembang sama baiknya dengan anak yang dimasukkan ke taman bermain," kata Rifameutia.

Kelebihan anak yang dimasukkan ke taman bermain sejak dini adalah kemampuan bersosialisasi yang lebih cepat dibandingkan anak yang diberi stimulus hanya oleh orangtuanya di rumah saja. "Namun, bukan berarti anak yang dipegang sendiri oleh orangtuanya tidak bisa mengejar kemampuan itu. Hanya pada awalnya saja anak lulusan taman bermain lebih cepat bersosialisasi," tambah Rifameutia.

Di tengah belantara tawaran dan iklan taman bermain, orangtua perlu hati-hati memilih. Jangan hanya melihat bentuk fisik bangunan dan fasilitas, tetapi yang lebih penting bagaimana para "guru" di taman bermain "mengajar" anak-anak balita itu.

Kelompok bermain yang baik menurut Anggani adalah yang memberikan program sesuai kebutuhan anak. Pada taman bermain penekanannya adalah pembiasaan kegiatan sehari-hari misalnya berlatih menggunakan toilet, duduk pada saat makan, mencuci tangan sebelum makan, dan berbagai pembiasaan lain. "Pada usia 2-3 tahun, fasilitator tidak menuntut anak-anak agar bisa ini-itu. Yang penting dia bisa dekat dengan anak sehingga anak merasa aman, lalu misalnya anak-anak bisa bilang ketika ingin kencing," tutur Anggani.

Beberapa syarat yang harus dipenuhi taman bermain seperti yang muncul dalam pertemuan World Forum on Early Childhood Education di Selandia Baru yang diikuti Anggani baru-baru ini antara lain taman bermain harus menjamin peningkatan kesehatan dan keamanan anak.

Pelayanan diberikan dalam kelompok kecil dengan rasio ideal satu fasilitator untuk lima anak. Tugas utama taman bermain adalah pengasuhan dan pendidikan yang harus dilakukan konsisten. "Artinya, tidak bisa sekarang fasilitator mengatakan sebelum makan harus cuci tangan, lain kali tidak apa-apa bila anak tidak cuci tangan," tambah Anggani.

Yang perlu diperhatikan juga adalah pengasuhan harus sesuai kebutuhan anak, misalnya disesuaikan dengan umur anak. Memberi pelatihan linguistik dan kebudayaan yang berkesinambungan, yaitu menggunakan bahasa yang benar, mengucapkan terima kasih bila menerima sesuatu. "Jangan gunakan 'bahasa bayi'," tambah Anggani.

Kebutuhan individual anak mendapat perhatian dalam konteks taman. Lingkungan pun harus menyenangkan dan dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan anak-anak. "Jadi misalnya, bila salah satu pembiasaan yang diberikan adalah latihan ke toilet, maka kamar mandi harus bersih dan terang sehingga tidak menakutkan anak. Bak cuci tangan, misalnya, harus sesuai dengan tinggi tubuh anak," tambah Anggani. "Yang juga harus dituntut orangtua pada taman bermain adalah laporan kemajuan individual."

Sedangkan menurut Rifameutia, taman bermain yang baik adalah yang selalu memberikan laporan untuk segala kegiatannya. Misalnya, mereka mengenalkan bentuk bulat, maka mereka akan memberikan laporan apa saja yang mereka lakukan untuk mengenalkan anak pada bulatan. "Laporan ini tidak saja yang sifatnya berkala, tetapi di setiap kegiatan. Dengan begitu orangtua bisa memantau kurikulum yang mereka jalankan. Ini penting sekali mengingat taman bermain tidak di bawah pengawasan pemerintah," jelas Rifameutia.

Menurut Direktur Pendidikan Dini Usia (Padu) Ditjen Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda Depdiknas Gautama, izin penyelenggaraan taman bermain ada di Departemen Sosial.

Tentang banyaknya taman bermain yang menetapkan biaya sangat mahal untuk ukuran rata-rata orang Indonesia, Gautama mengakui hal itu memang ada. Menurut pantauannya, hal itu karena alat peraga biasanya dibeli dari luar negeri. Belum lagi ada layanan gizi, kesehatan, tempat bermain dan alat bermain yang lengkap. "Tetapi, sebenarnya yang tidak mahal juga ada. Contohnya di Jawa Tengah, ada Padu yang biaya pendidikannya murah karena hampir semua alat sarananya dibuat sendiri oleh pengelolanya," jelas Gautama.

Akhirnya semua kembali kepada orangtua-karena para balita itu belum bisa memilih-mau sekadar gaya, ikut-ikutan trend, atau memang mencari taman bermain yang memang cocok dengan kebutuhan anak. (ARN/TRI/NMP)
   
Jumlah Posts : 12
Jumlah di-Like : belum ada like
Dear bunda Lin, dikasih bund yang dimasukkan ke miss v..gimana bunda rasanya marine omega?
   
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda...
seminggu ini aq flek coklat trus kemarin keluar bercak darah, aq ke dokter dikasih obat penguat + cygest yg dimasukkan ke anus...
tapi inihari perut aq sakit sekali kyak haid dan masih ada darah dikit di Cd
apa gejala keguguran yaa bunda :(