SITE STATUS
Jumlah Member :
493.670 member
user online :
1019 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: kapan waktu yang tepat minum obat clover

New Topic :  
18-09-2015 13:49:05 Hamil anak kedua
Jumlah Posts : 326
Jumlah di-Like : belum ada like

 WEANING WITH LOVE (WWL): Menyapih Dengan Cinta

Bunda si kecil sudah 2 tahun ya, aduh sudah saatnya disapih nih, bisa gak ya??

Menyusui merupakan kedekatan yang sangat intens antara ibu dan bayinya. Sehingga saat harus melalui proses menyapih, seringkali ibu merasa tak tega untuk melakukannya. Demikian pula bagi si bayi, yang juga tak rela berpisah dari ibunya. Akibatnya, proses yang sebenarnya alamiah ini, maju mundur bahkan menimbulkan masalah yang bisa menjadi momok bagi ibu dan anak.

Kapan waktu yang tepat untuk menyapih?

Menentukan kapan anak perlu disapih, terkadang bukan keputusan mudah. Walau memang sudah masanya, terkadang justru bunda belum siap untuk menyapih.

Berikut yang perlu kita perhatikan:

1. Ibu ingin menyapih, anak belum siap. Alasan ibu ingin menyapih, karena tidak menikmati kegiatan menyusui, kelelahan atau sibuk bekerja.

Saran ahli:

  • Jika anak masih di rentang usia menyusui, pikirkan kembali apakah ia perlu disapih? Bila alasannya tidak mendesak, tunda dulu niat menyapih.
  • Bila kurang menikmati kegiatan menyusui, atasi pencetus masalahnya. Semisal, bila puting ibu sakit, atasi dengan cara menyusui yang benar.

Bila menyusui terasa membosankan, ubah jadi menyenangkan sambil mendengarkan musik

2. Anak ingin disapih, ibu belum siap. Anak tidak tertarik lagi minum ASI dari payudara dan ingin minum dari cangkir. Padahal ibu masih ingin menyusui dan ASI banyak.

Saran ahli:

  • Tunda penyapihan dengan menciptakan suasana menyusui yang tenang, jauh dari rangsangan yang bisa membuyarkan konsentrasi anak
  • Jika anak sudah bisa diajak komunikasi, beri pengertian manfaat ASI dengan bahasa yang sederhana
  • Bila anak ingin tetap disapih, berpikir positif dan jangan sedih atau kecewa karena bisa mengganggu kerja hormon prolaktin dan oksitosin sehingga bisa menghambat produksi ASI.
  • Karena inisiatif datang dari anak, biasanya proses menyapih menjadi lebih mudah. Tetap berikan ASI, namun melalui cangkir

3. Ibu dan anak sama-sama tidak siap. Anjuran menyapih dari pihak luar, bukan kehendak ibu ataupun anak. Misalnya, lingkungan menganggap anak sudah besar sehingga perlu disapih.

Saran ahli:

  • Pemberian ASI dianjurkan hingga anak usia 2 tahun. Tapi jika ibu dan anak masih nyaman, boleh terus dilanjutkan. Kekurangannya, anak bisa menjadi manja, kurang mandiri, tergantung pada ibu dan jadi bahan ejekan.
  • Pada kasus ibuhamil lagi, keputusan menyapih atau tidak tergantung pada kesehatan kandungan

4. Penyapihan sementara. Bisa dialami bunda yang mendapat tugas sehingga harus meninggalkan anak. Atau bunda harus minum obat sehingga ASI "tercemar" dan tidak boleh diminumkan bayi

Saran ahli:

  • Bila bepergian lama, lakukan penyapihan sementara, setelah itu relaktasi. Selama bunda pergi anak minum ASI dari cangkir. Begitu bunda kembali, anak menyusu lagi dari payudara.
  • Jika menjalani pengobatan, ASI tetap diperah namun dibuang hanya untuk menjaga produksinya. Setelah pengobatan selesai, lakukan relaktasi.

Bagaimana tips menyapih dengan cinta?

Mestinya selama proses penyapihan itu tidak perlu terjadi saling menekan antara ibu dan anak karena proses tersebut alami. Menyapih bukan proses pemisahan hubungan antara ibu dan anak, baik secara fisik maupun emosi. Menyapih adalah bagian dari fase perkembangan yang harus dijalani oleh anak. Justru karena cinta Anda, anak harus melewati fase perkembangan ini untuk menghadapi fase perkembangan selanjutnya.

Tapi perlu diingat sebisa mungkin hindari menyapih anak dengan membohonginya. Kalau ada anjuran, olesi saja daerah areola Anda dengan buah mengkudu atau obat merah agar bayi tak ingin menyusu, abaikan saran ini. Menyapih anak dengan cara ini sama dengan melakukan kekerasan padanya. Anda mengambil paksa 'kepemilikannya', yang dapat menimbulkan luka batin.

Kerelaan Anda dan si bayi untuk mengakhiri kegiatan menyusu adalah kunci utama dari menyapih dengan cinta atau weaning with love. Lakukan sepenuh cinta dengan langkah-langkah ini:

  1. Kurangi frekuensi menyusui secara bertahap dimulai pada siang hari. Sebab pada saat inilah waktu yang tepat untuk mengenalkan dia pada sesuatu yang baru, seperti rasa, bentuk dan tekstur pada makanan pendamping ASI (MP-ASI).
  2. Tidur terpisah. Balita mau tak mau belajar menahan diri untuk tidak menyusu di malan hari. Dalam hal ini perlu kerja sama ayah seperti menemani tidur, agar balita tidak rewel ketika pisah dengan ibunya.
  3. Tambah pemberian MP-ASI sebanyak 3-4 kali sehari untuk mengurangi pemberian ASI pada siang hari.
  4. Tetapkan tempat menyusui hanya pada satu tempat, misalnya di kamar. Gunanya agar si kecil tidak meminta susu di sembarang tempat sekaligus mengajaknya untuk belajar mengenal aturan.
  5. Tunjukkan perhatian dan kasih sayang selama proses menyapih, misalnya mendekap, mengusap atau mencium agar anak tahu bahwa Anda tetap menyayangi dia meski Anda sudah tidak menyusuinya lagi.
  6. Ajak bicara. Sekalipun masih kecil, sedikit-sedikit balita bisa mengerti maksud kita, asalkan dijelaskan dengan bahasa sederhana dan lemah lembut
  7. Bulatkan tekad. Artinya Anda benar-benar siap untuk melepaskan aktivitas ini. Bila Anda ragu-ragu, Anda akan kesulitan sendiri. Keraguan Anda terbaca oleh anak. Alhasil, anak pun tidak rela disapih.
  8. Sapih anak saat ia dalam keadaan sehat, karena dalam keadaan sakit ia akan semakin butuh kelekatan dengan Anda.  
  9. Libatkan suami sebagai orang yang mampu menghibur dan mengalihkan perhatian anak ketika rewel minta ASI.
  10. Berikan penjelasan pada anak mengapa ia harus disapih. Misalnya, “Ayo, kamu sudah besar, sudah tidak perlu lagi menyusu bunda. Makan kue saja yuk. Atau minum susu di cangkir?” Lakukan dengan sabar, lembut dan cinta Anda. Jangan pernah bosan untuk memberikan alasan padanya.
  11. Ganti aktivitas menyusu dengan membaca buku atau mendongeng sebelum tidur. Aktivitas ini tidak jauh berbeda saat Anda menyusuinya bukan?

Ada aturannya? Pernyataan WHO dan UNICEF di Geneva pada tahun 2001, “Tidak ada keharusan anak disapih pada usia 2 tahun. Benar bila ibu menyusui bayi secara eksklusif di enam bulan pertama kehidupannya. Kemudian ASI dapat dilanjutkan secara bersamaan dengan MP-ASI hingga anak berusia 2 tahun. Tapi tidak ada keharusan kapan harus menyapih.” Penelitian Dewey KG, Pediatric Clinics of North American, tahun 2001, ASI masih boleh diberikan pada anak usia 2 tahun karena masih mengandung: 43% protein, 36% kalsium, 75% vitamin A, dan 60% vitamin C. 

Saat proses penyapihan terjadi, sebenarnya anak sedang berada pada fase alami untuk:

  • Belajar mengenal aneka ragam rasa dan tekstur makanan.
  • Latihan mengunyah makanan padat karena gigi dan rahangnya 'diuji' agar dapat berkembang secara optimal.
  • Latihan kemandirian, sebab anak tidak harus bergantung lagi pada ASI setiap ia merasa lapar atau haus. Dia sudah bisa menikmati makanan padatnya.
  • Latihan percaya pada orang lain dalam pemenuhan kebutuhannya. Saat ini Anda bukanlah satu-satunya orang yang bisa memenuhi kebutuhannya. Selain itu anak juga sedang berlatih untuk beradaptasi dan berinteraksi dengan orang lain.

Bagaimana jika anak tidak mau disapih?

Bagi anak, menyusu bukan sekadar kegiatan yang mengenyangkan perut. Menyusu juga memenuhi kebutuhan emosi anak. Berhenti menyusu bisa jadi masalah jika anak tidak siap untuk disapih dengan alasan:

  1. Tidak mau kehilangan kedekatan bersama ibu. Dia sudah mengerti kalau dia bisa memiliki perhatian dan waktu Anda seluruhnya hanya saat menyusu.
  2. Menikmati kontak kulit. Lewat sentuhan dan pelukan, dia merasa dicintai.
  3. Memberi ketenangan. Bagi balita Anda yang selalu aktif, saat menyusu adalah waktu dimana dia bisa tenang di tengah rasa ingin tahunya yang tinggi.
  4. Memberi kenikmatan oral dan bonusnya dia bisa mendapat susu.

Apa yang sebaiknya Anda lakukan? Upayakanlah agar anak berhenti menyusu tanpa membahayakan perkembangan fisik dan emosinya.  Kuncinya mudah saja, beri anak hubungan dekat dan rasa cinta yang sama seperti pertama kali Anda menyusui dirinya.

Ini kiatnya! Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua ketika anak menolak untuk disapih:

1. Jelaskan alasan Anda menyapihnya. Biasanya strategi yang Anda gunakan ketika ingin menyapih anak adalah dengan menjauhi anak. Namun pesan yang sampai pada anak berbeda, dia justru merasa Anda tidak ingin bersamanya lagi. Untuk menhindari hal ini, anak perlu penjelasan dan anak usia 2 tahun  sudah bisa mendengarkan dan memahami penjelasan Anda.

2. Alihkan perhatiannya. Anak  tidak bisa berhenti memikirkan tentang menyusu kecuali kesempatan tersebut muncul. Anda adalah orang yang bisa tahu kapan anak ingin menyusu pada Anda. Setiap kali dia mendekati Anda untuk meminta menyusu, segera ajak dia bermain atau melakukan kegiatan menyenangkan yang bisa membuat dia lupa tujuan awalnya mendekati Anda.

3. Tinggalkan kebiasaan saat menyusui. Bila Anda terbiasa menyusui dia sebelum tidur ganti ritual tersebut dengan membacakan dia dongeng. Jika Anda punya sudut favorit untuk menyusui anak, misalnya di sofa kamar, hindari duduk di sofa tersebut di jam-jam di mana Anda biasa menyusui anak.

4. Siap dengan camilan sehat pengganti ASI. Jika Anda ingin menyapih anak, pastikan Anda sudah menyediakan  camilan lezat dan sehat yang bisa memuaskan rasa laparnya.

5. Beri waktu. Anda tidak bisa langsung berhenti menyusuinya seketika. Lakukan secara perlahan-lahan karena jika tidak Anda justru bisa membuat anak mengalami kecemasan saat berpisah. Biasanya anak lebih mudah untuk mengurangi menyusu pada Anda, bila dia masih bisa mendapat jaminan di waktu menyusu favoritnya, misalnya pagi hari atau malam hari sebelum tidur.

Yuk tunjukkan kasih sayang kita kepada anak, sapihlah dengan cinta dan antar anak ke gerbang masa depan gemilangnya dengan cinta.

   


17-03-2014 22:53:24 HPL telah lewat
Jumlah Posts : 7
Jumlah di-Like : belum ada like
iya betul bunda tanty, sebenernya bayi itu pinter lho, tau kapan waktu yang tepat buat melihat dunia ^_^ sebisa mungkin jangan pake induksi obat2an deh selama air ketuban & plasenta masih bagus, krn bisa pengaruh sama psikologisnya nanti kalo sudah besar ( orang saya belum siap keluar koq dipaksa keluar *istilahnya* ) perbanyak minum air bening & buah2an aja, kurangi makanan yg manis2 & berkarbohidrat tinggi biar bbj gak berlebih *saran bidan saya*
   
26-11-2012 07:50:30 Jual Buku Tips Hamil
Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : belum ada like


BUKU INI BISA BUNDA DAPATKAN DI WEB RESMI TIPS HAMIL  


Dalam buku ini, saya menjelaskan semua hal yang PENTING untuk Anda dan pasangan Anda ketahui. Diantaranya adalah:
  • Saya akan mengajak Anda mempelajari, faktor apa yang membuat Anda sulit hamil dan memberikan solusi berdasarkan faktor masalah tersebut
  • Saya akan memperlihatkan pada Anda: faktor apa saja yang bisa membuat suami tidak subur. Ini penting karena ketidaksuburan bukan hanya dialami istri saja
  • Saya akan memberikan daftar makanan dan minuman apa saja yang bisa membantu agar Anda bisa cepat hamil
  • Saya juga memberikan daftar makanan dan minuman apa saja yang sebaiknya DIHINDARI
  • Saya akan membeberkan Tips Rahasia Cepat Hamil yang telah terbukti secara medis mampu meningkatkan peluang hamil
  • Saya akan mengajarkan cara menghitung masa subur dengan akurat (Ingat!! Sangatlah penting untuk menghitung masa subur dengan tepat!)
  • Saya akan memberikan tips-tips dalam berhubungan seks, untuk menjawab pertanyaan: "Gaya bercinta manakah yang memperbesar peluang hamil?"
  • Saya akan membagikan tips bagaimana memperbesar peluang Anda mendapatkan anak dengan jenis kelamin yang Anda harapkan
  • Bagi Anda yang mengalami kegemukan (obesitas), saya akan membantu Anda bagaimana meningkatkan peluang hamil (disertai Tips Diet lengkap!)
  • Saya akan menjelaskan pada Anda tentang obat-obatan penyubur
  • Saya akan memberikan Anda petunjuk kapan waktu yang tepat untuk memeriksakan diri ke dokter dan melakukan serangkaian tes
  • Saya akan menjelaskan jenis-jenis pemeriksaan dan terapi yang biasa dilakukan untuk mempercepat kehamilan
  • Dan masih banyak lagi 'RAHASIA' lain yang selama ini menjadi pertanyaan-pertanyaan Anda dan pasangan Anda.
 

BUKU INI BISA BUNDA DAPATKAN DI WEB RESMI TIPS HAMIL  
   


10-11-2011 19:33:58 Pasca Keguguran
Jumlah Posts : 34
Jumlah di-Like : 1
salam kenal ya mba....

Dulu waktu keguguran dikonsultasikan ke dokter tidak? soal dikuret dan tidaknya bergantung dari hasil konsultasi dengan dokter kalau menurut saya sih.
Saya sudah dua kali keguguran mba....yang pertama usia 3 bulan dan waktu itu dokter bilang harus dikuret...15 bulan kemudian saya baru isi lagi (padahal tidak KB ) dan usia 8 minggu flek kemudian keguguran lagi..tapi ama dokter tidak perlu dikuret hanya dikasih obat saja.....dokter menyarankan harus kosong dulu 3 sampai 6 bulan...tapi baru selang 1 bulan (1x siklus haidh) saya sudah hamil lagi..dan sekarang sudah usia 7 minggu... konsultasipun kalau sudah isipun ma gimana kan ya :).............saya tadinya tergolong kurang subur makanya tidak KB....jarak anak pertama dan hamil kedua selang 4 tahun, hamil kedua ke ketiga selang 15 bulan, jadi waktu kemarin saya khawatir kalau KB malah makin susah punya anak (pemikiran orang awam).

kalau bisa di usg dulu mba..dicek rahimnya sudah bersih atau belum, dan sekaligus konsultasikan kapan waktu yang tepat en rahim sudah siap untuk hamil kembali. Dokter akan melihat dari sisi kesehatan dan kesiapan mba juga kok.........

maaf kalau kurang memberikan solusi
   
Jumlah Posts : 143
Jumlah di-Like : 3

DI ULANG KRN YANG DIATAS GA KELUAR NAMANYA

haiii bunda senua

sekedar share ya...... ini pengalaman ak sebelum hamil
aku menikah 11.Juli.2009 .... pas setahun ak baru hamil
setelah menikah aku dan suami cek-up ke dokter kandungan betapa kagetnya saat dokter menvonis bahwa aku kena Kista dermoid disebelah kiri ukurannya udah lumayan besar
setelah itu ak sempet down, gmana ga down krn tiap bulan suami selalu nanya " bunda haid ya??  klw aku jawab haid suami bilang yaaa ga jadi lagi” itu berlangsung sampai 10 bulan pernikahan kami (Sedih dech rasanya) sampai akhirnya aku pun marah sama suami " klw emang waktunya hamil juga hamil" (karena waktu itu aku berfikiran aku yg punya penyakit) setelah itu suami udah ga pernah nanya lagi hal itu ”. (Setiap Bulan aku selalu beli testpack) tepat juli 2010 adalah haid terakhir aku, setelah di nanti2 tak kunjung tiba, aku dah suami ga GR dulu karena biasannya juga haid aku kadang suka telat kalw lagi stress/cape. karena berasa akan haid aku minum spriet untuk melancarkan jalannya haid (biasanyakan klw mau haid perut bagian bawah suka sakit) spriet udah diminum 1liter tapi haid ga kunjung datang juga kalaupun datang haidnya Cuma segaris aja (waktu itu tepat bulan puasa) setiap mandi setelah sahur aku selalu muntah dan mual aku fikir itu karena masuk angin ato maag nya lagi kambuh sampai akhirnya aku dikerokin mama sepulang kerja... haid pun tak kunjung tiba sampai bulan september... karena penasaran akupun ke apotik beli testpack ternyata 2 garis merah sudah nyata sekali..orang yg pertama aku kasih tau adalah suami, melihat respon suami aku pun terharu sampai ga kerasa air mata aku jatuh (sujud syukurlah kami ber 2 )trus akupun sms ke 2 orto aku, respon ke 2 orto aku pun sangat senang (maklumlah aku anak tungal dari ke 2ortoku) trus kita dateng ke dokter kandungan ternyata usia kandungan aku udah 8week udah keliatan kantung babynya aku dikasih penguat kandungan dan vitamin, aku juga bilang klw aku juga ada kistanya. Sampai sekarang usia kandungan aku 35week penuh perjuangan dengan kehamilan ini dari mulai mabok ga doyan makan sampai 7 bulan, sering menahan nyeri perut akibat kista ini(ternyata kista aku ad 2 kiri/kanan yang letaknya dibelakang baby) tgl 18 april aku lahiran dan sekalian operasi untuk ambil kistannya (ceasar)

begitu bunda, share dari aku semoga bunda2 yang belum dikaruniakan momongan harap bersabar,berdoa,usaha untuk hasilnya serahkan saja ke Tuhan (Allah SWT, karena Cuma Allah SWT yang tau kapan waktu yang tepat untuk kita diberi momongan)

Alhamdulillah pas setahun aku Hamil ...... walaupun penuh perjuangan untuk menjalani kehamilan ini tapi tak henti2nya aku/suami dan keluarga berucap syukur melalui sholat dan doa

Tetap semangat  ya bunda

By ” AYU ANDHIKA”


   


Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like

haiii bunda senua

sekedar share ya...... ini pengalaman ak sebelum hamil
aku menikah 11.Juli.2009 .... pas setahun ak baru hamil
setelah menikah aku dan suami cek-up ke dokter kandungan betapa kagetnya saat dokter menvonis bahwa aku kena Kista dermoid disebelah kiri ukurannya udah lumayan besar
setelah itu ak sempet down, gmana ga down krn tiap bulan suami selalu nanya " bunda haid ya??  klw aku jawab haid suami bilang yaaa ga jadi lagi” itu berlangsung sampai 10 bulan pernikahan kami (Sedih dech rasanya) sampai akhirnya aku pun marah sama suami " klw emang waktunya hamil juga hamil" (karena waktu itu aku berfikiran aku yg punya penyakit) setelah itu suami udah ga pernah nanya lagi hal itu ”. (Setiap Bulan aku selalu beli testpack) tepat juli 2010 adalah haid terakhir aku, setelah di nanti2 tak kunjung tiba, aku dah suami ga GR dulu karena biasannya juga haid aku kadang suka telat kalw lagi stress/cape. karena berasa akan haid aku minum spriet untuk melancarkan jalannya haid (biasanyakan klw mau haid perut bagian bawah suka sakit) spriet udah diminum 1liter tapi haid ga kunjung datang juga kalaupun datang haidnya Cuma segaris aja (waktu itu tepat bulan puasa) setiap mandi setelah sahur aku selalu muntah dan mual aku fikir itu karena masuk angin ato maag nya lagi kambuh sampai akhirnya aku dikerokin mama sepulang kerja... haid pun tak kunjung tiba sampai bulan september... karena penasaran akupun ke apotik beli testpack ternyata 2 garis merah sudah nyata sekali..orang yg pertama aku kasih tau adalah suami, melihat respon suami aku pun terharu sampai ga kerasa air mata aku jatuh (sujud syukurlah kami ber 2 )trus akupun sms ke 2 orto aku, respon ke 2 orto aku pun sangat senang (maklumlah aku anak tungal dari ke 2ortoku) trus kita dateng ke dokter kandungan ternyata usia kandungan aku udah 8week udah keliatan kantung babynya aku dikasih penguat kandungan dan vitamin, aku juga bilang klw aku juga ada kistanya. Sampai sekarang usia kandungan aku 35week penuh perjuangan dengan kehamilan ini dari mulai mabok ga doyan makan sampai 7 bulan, sering menahan nyeri perut akibat kista ini(ternyata kista aku ad 2 kiri/kanan yang letaknya dibelakang baby) tgl 18 april aku lahiran dan sekalian operasi untuk ambil kistannya (ceasar)

begitu bunda, share dari aku semoga bunda2 yang belum dikaruniakan momongan harap bersabar,berdoa,usaha untuk hasilnya serahkan saja ke Tuhan (Allah SWT, karena Cuma Allah SWT yang tau kapan waktu yang tepat untuk kita diberi momongan)

Alhamdulillah pas setahun aku Hamil ...... walaupun penuh perjuangan untuk menjalani kehamilan ini tapi tak henti2nya aku/suami dan keluarga berucap syukur melalui sholat dan doa

 Tetap Semangat ya bunda

By ” AYU ANDHIKA”


   
Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like
hi bun..aku share cerita aku yah..

yang perlu diwaspadai, tanda2 PMS dan tanda2 kehamilan sebenarnya hampir sama.. di aku, tumbuh jerawat, payudara sakit (tapi jauh lebih sakit saat hamil), pda bulan Jan aku telat 1 minggu dengan tanda2 tsb. pas aku TP, hasilnya negatif, dan ternyata beberapa hari kemudian aku mens..

setau aku smua TP itu yang murah atau mahal, sama aja bun..
bulan Feb aku beli TP yang harga 5rbuan, karena belum telat bulan, bahkan belum masuk tanggal jadwal menstruasi, jadi aku benar2 cuma iseng.. dan cukup mengejutkan ternyata hsilnya positif, cuma masi sdikit kabur. Besoknya aku beli 5 TP sekaligus karena masih tidak yakin, dari yg harga paling murah 2rbuan sampe yg mahal 30 rbuan. Ternyata hasilnya semua sama, positif .. Padahal waktu itu aku belum telat bulan.. Tanda2 yang aku rasakan hanya payudara membengkak, dan sakit bila tersentuh. Belum ada rasa mual.

dengan ragu2 aku pergi ke spog, langsung di usg, tapi dokter kesulitan menemukan kantong janin, bahkan dokter menyerah, tak ada tanda2 aku hamil. dokter seperti tak percaya soal TP ku.. kemudian aku disuruh minum air yang banyak, sampai timbul rasa ingin pipis, tapi bukan test urine ya bunda, hanya disuruh menahan pipis, lalu aku di usg lagi.. dan amaze, kantong itu terlihat, aku dinyatakan positif  2minggu. Bersyukur skrg sudah memasuki minggu ke 5, dan rasa mual itu baru datang.. doain lancar ya bunda...

Buat bunda yang belum hamil, tetap semangat ya bun, Tuhan tau kapan waktu yang tepat dan yang terbaik buat kita bun.. satu juga saran aku, selain tetap berusaha, jangan dijadikan beban pikiran ya bun.. karena klo stress bisa jadi pengaruh juga susah hamil.. kadang, semakin kita ingin,malah ga hamil.. wktu kita gak mikirin malahan hamil. pengalaman probadi aku soalnya,,hehee..coba dibawa rileks bun, mdh2an berhasil ya bun... amiinnn

   
03-11-2015 12:53:07 alat kontrasepsi
Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like
setelah melahirkan kapan waktu yang tepat buat kb ya?
   
03-02-2015 19:23:02 Silahkan Bertanya, disini
Jumlah Posts : 186
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda dan bu bidan aku mau tanya untuk promil kapan waktu ug tepat minum folafit..
apa harus di barengin dengan santa e? bagusnya yg 200UI atau yg 400UI bun? apa semua vit e juga bagus contohnya nourish e... soalnya saya juga minum anmum juga bun.
makasih :-)
   
21-01-2014 15:34:05 Kehamilan trimester pertama
Jumlah Posts : 214
Jumlah di-Like : belum ada like

@ bunda dhita WP: aku mencoba jawab pertanyaan bunda sesuai ma pertanyaanq didokter:::

1. saat trimester pertama boleh ga sih kita berhubungan suami istri? kalau boleh sebaiknya posisi apa yang aman ya bunds? "kata dokterq lebih baik dihindari dulu paling ndak sampe usia 12w karena memang rawan bangetz bund, kalaupun kandungan kita dinyatakan kuat tp lebih baik menahan sebentar drpd debaynya bermasalah".

2. selama trimester pertama ini aku sering mual di malam hari, sembelit (bab nya ga tuntas), dan keputihan gatal. apakah itu normal? obatnya apa ya? "klo mual itu wajar bunda dalam masa kehamilan, sembelit ato susah bab juga sebagian bunda yang hamil juga pada mengalami hal serupa yang penting makan makanan yang banyak mengandung protein, sayuran yang berdaun hijau tua dan buah-buah. selama keputihannya masih warna putih itu normal bunda. tp klo bunda msih ragu tentang keputihan lebih baik konsul ma dokternya aja".

3. boleh ga sih pijat/massage saat hamil muda? misalnya pijat punggung dan refleksi? "klo untuk punggung dihindari dulu bunda karna kn secara g sengaja berhubungan ma posisi kepala debaynya. kecuali pergi ketukang pijet khusus ibu hamil".

4. pakai produk perawatan wajah boleh ga ya? karena mukaku jerawatan banget bunds, aku pake bodyshop (yg alami)? "konsul kedokter aj bunda, soalnya setauq ad beberapa dokter yang melarang ada juga yang membolehkan selama kadar dari cream tersebut dikurangi dari yang seharusnya".

5. boleh ga naik turun tangga yang tinggi? selama nai dan turun tangganya pelan-pelan dan g keburu-buru juga g masalah bunda yang penting tetap jaga kesehatan dan atur pernafasan bunda aj.

6. perlukah tes TORCH? kalau iya, kapan waktu yang tepat ya? "aku juga belum begitu tau bunda.

Bunda sekian jawaban yang aku tau dari hasil konsul ma dokter. moga bisa membantu....

selamat atas kehamilan bunda ya...^_^


 

   
21-01-2014 15:07:41 Kehamilan trimester pertama
Jumlah Posts : 7
Jumlah di-Like : belum ada like

hai bunda2, salam kenal yaa :)

aku baru gabung nih di infobunda. alhamdulilah sekarang aku sudah memasuki kehamilan di minggu ke-7, aku baru ke dokter kandungan 1x. btw, aku ada bbrp pertanyaan nih, mohon pencerahan dr bunda2 yah..

1. saat trimester pertama boleh ga sih kita berhubungan suami istri? kalau boleh sebaiknya posisi apa yang aman ya bunds?

2. selama trimester pertama ini aku sering mual di malam hari, sembelit (bab nya ga tuntas), dan keputihan gatal. apakah itu normal? obatnya apa ya?

3. boleh ga sih pijat/massage saat hamil muda? misalnya pijat punggung dan refleksi

4. pakai produk perawatan wajah boleh ga ya? karena mukaku jerawatan banget bunds, aku pake bodyshop (yg alami)

5. boleh ga naik turun tangga yang tinggi?

6. perlukah tes TORCH? kalau iya, kapan waktu yang tepat ya?

sekian pertanyaan dari saya, terimakasih sebelumnya untuk bunda-bunda yang mau respon :)

   
29-12-2013 20:22:52 menunggu kelahiran
Jumlah Posts : 54
Jumlah di-Like : belum ada like
amin ya rabb, makasih supportnya ya bun, insyaallah Allah mahatahu kapan waktu yang tepat buat debay nya lahir
   
Jumlah Posts : 38
Jumlah di-Like : belum ada like
@bunda dewi sabar aj.tuhan tw kapan waktu yang tepat memberi kita momongan.skr bunda dewi positif thinking,sabar n selalu bersyukur.
   
15-11-2013 20:13:20 kb suntik
Jumlah Posts : 12
Jumlah di-Like : belum ada like
dok...q mau tanya...setelah melahirkan itu kapan.waktu yang tepat buat melakukan KB ?supaya tidak terjadi kesundulan
mohon masukannya....
   
31-10-2013 12:05:19 kapan harus usg
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Tidak ada patokan waktu untuk USG, dapat dilakukan kapan saja dan sesuai indikasi, Bunda dapat berkonsultasi dengan dokter yang memeriksa tentang kapan waktu yang tepat untuk dilakukan USG sesuai dengan kondisi kehamilan Bunda.