SITE STATUS
Jumlah Member :
482.135 member
user online :
2671 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: kaki bengkak setelah melahirkan

New Topic :  
Jumlah Posts : 22
Jumlah di-Like : belum ada like
hai..bunda2 mohon share'y dong...ad gak bunda2 yg mengalami kaki bengkak setelah melahirkan?mohon info'y yaa bun...
   


Jumlah Posts : 9
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda...sekedar share ya...kaki bengkak menjelang melahirkan itu normal kok...baiknya bunda2 jgn banyakan duduk dikursi dg posisi menggantung.klo kaki bengkak dibawa jalan2 bunda nanti kaki akan sembuh sendiri...
   
Jumlah Posts : 9
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda2 disini ada ga yg kakinya bengkak setelah melahirkan? Sudah dari hari Rabu melahirkan, sampe sekarang belum kempes. Share cara mengatasinya dong bunda2
   


Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
Moms...minta masukan nih.

Di tempat saya, ada kebiasaan turun-temurun pasca melahirkan yg bikin saya bingung. Yakinnya sih ga mau nurut apa kata ortu, tp ga nurut kok bikin bundaku nggondok ya??

Kalo masalah jamu-jamuan, Bundaku sdh mulai bisa terbuka menerima bahwa jamu-jamuan bisa jadi ga bagus untuk ASI dan bayi, jadi beliau sudah tidak memaksa saya untuk minum jamu setelah melahirkan nanti.

Tapi tadi ada topik baru nih...kata beliau, setelah melahirkan disuruh minum "Bir Item" dan "Anggur beranak 19 (atau 16 ya?)" ...khasiatnya katanya sih untuk mempercepat bersihnya darah nifas. Kalo dipikir, itu kan mengandung alkohol ya? Meskipun sedikit, sebagai muslim, jelas saya mikir mending jangan. Trus kalo dipikir secara logis, alkohol kan ga bagus utk janin dan bayi (ntar kita minum alkohol gitu, bisa pengaruh ke ASI yang diminum si baby).

Trus juga disuruh minum "Pil Kwantai atau Kuantai" gitu...katanya untuk menghindari payudara menjadi bengkak setelah melahirkan. Kalo dipikir-pikir, payudara bengkak setelah melahirkan kan mungkin aja karena desakan atau tekanan produksi ASI yang meningkat ya? Kalo disusukan atau diperah kan tekanannya akan berkurang dan ga akan bengkak lagi.

Jadi bingung gimana mesti merespon Bundaku. Mau berargumentasi, beliaunya sudah nggondok duluan.
Jadwalku kontrol ke dokter masih minggu depan...ini akan jadi topik yang mesti ditanyakan ke Dokterku. Tapi, selagi menunggu jadwal itu, saya pingin berbagi topik ini dengan para Moms....
Yang punya pengalaman atau tahu jawabannya, tolong respon ya... Btw, perkiraan lahiranku ntar tgl 15 September 2011, sebentar lagi...

Thanks...
   
Jumlah Posts : 945
Jumlah di-Like : belum ada like
aq pas hamil juga ga bengkak bun, tapi setelah melahirkan bengkak gede banget kanan dan kiri.. karna sering menggantung kaki saat menyusui.
   


13-02-2015 14:46:20 Persiapan Hamil Anak Pertama
Jumlah Posts : 48
Jumlah di-Like : belum ada like
persiapan nya fisik, mental, dan medis bun..

persiapan fisik diperlukan karena saat hamil, tubuh kita merespon thd sesuatu yg baru.. banyak keluhan yg biasa terjadi seperti pusing, mulai, kaki bengkak hingga nyeri di tulang belakang..

pada saat melahirkan.. entah secara normal atau caesar, tentunya juga diperlukan persiapan ekstra..

setelah melahirkan, perjuangan bunda masih berlanjut.. harus sering bangun menyusui si kecil.. mengganti popok nya secara rutin dll..

persiapan mental tentu harus dipersiapkan.. mulai memupuk rasa keibuan.. menumbuhkan rasa sayang terhadap janin.. hingga diskusi dengan suami bagaimana anda akan mendidik anak anda kelak..

persiapan medis tentu ga kalah penting.. mulai dari memilih dokter obgyn yg handal dan terpercaya.. mempersiapkan dokter anak biat bayi anda nanti.. mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi untuk mendukung perkembangan bayi.. hingga mengkonsumsi suplemen2 yg dapat menunjang bayi lahir sempurna, dan kondisi yang baik seperti yg bunda harapkan..

salah satu suplemen tambahan yang tidak kalah penting pada masa kehamilan adalah suplemen kesehatan bunda..

dimana bunda dapat menjaga kesehatan total.. mengurangi resiko keguguran.. mengurangi keluhan minor selama kehamilan.. mempersiapkan tubuh untuk memproduksi asi.. kulit bunda bisa tampak bersih bersinar tanpa menggunakan cream dan make up kimia yang bisa membahayakan janin.. dan bayi bunda juga bisa lahir dengan kulit bersih dan mulus.. hingga saat menyusui, asi bunda lancar dan kualitas bagus..

tentunya bunda mengharapkan yang terbaik buat si kecil kan..

untuk info lebih lanjut, bisa menghubungi saya melali pin bb 52247077
   
29-01-2015 14:36:46 kekentalan darah
Jumlah Posts : 175
Jumlah di-Like : belum ada like

Hi Bunda Ais, salam kenal yaa...

Saya pribadi belum pernah mengalami, tapi saya pernah liat di forum ini yang pernah mengalami, mungkin Bunda juga dapat bergabung dalam forum tersebut, berikut saya kutip postingan dari Bunda Maryani di Forum Kehamilan dengan topik "tentang d-dmer ( kekentalan darah )" :

" ddmer itu disebut kekentalan darah bun yg diakibatkan dr makanan yg menyebabkan kekentalan darah. biasanya dr makanan yg mengandung msg or pengawet, makanya orang hamil tidak dianjurkan makan somay bakso pangsit atau makanan yg pengawet. cm ga semua dokter tidak menyaran kan cek kekentalan darah, ak pas hamil prtama tidak tau klo ada kekentalan darah karena dokter tidak menyarankan. pas terjadi keguguran br cek ddmer itu pun ganti dokter kandungan karena dokter kandungan yg prtama kurang memuaskan jawabannya. setelah ketauan ternyata ddmer tinggi dan janin meninggal dikandungan karena kurangnya asupan oksigen dan darah ke janin, akibat kekentalan darah tersebut. bunda - bunda ciiri ciri kekentalan darah itu sering kesemutan kaki bengkak punggung pegal. normal kekentalan darah 0-500 bila sudah diatas 500 biasanya dikasih alspilet atau farmasal obat pengencer darah. apabila diatas 1000 biasanya disuntik pagi sore sampai bener bener stabil dan asupan ke janin bagus. sekarang ak hamil kedua dikasih obat pengencer darah farmasal karena sudah mau 800 semkga tidak sampai 1000. semuga bunda bunda sehat semua ya sampai melahirkan "

sumber  : http://www.infobunda.com/pages/newforum/posts.php?topic=21912

   
Jumlah Posts : 9
Jumlah di-Like : belum ada like

Mengembalikan Bentuk Tubuh Ideal Pasca Melahirkan

Menjadi ibu adalah pengorbanan yang besar, tidak hanya soal bertarung dengan maut saat melahirkan, namun juga perubahan tubuh yang harus dialami setelah 9 bulan mengandung dan mengalami proses melahirkan. 
Setelah melahirkan tubuh wanita cenderung menjadi lebih gemuk karena otot yang melemah dan kenaikan berat badan akibat makanan yang harus dijaga untuk mencukupi kebutuhan janin. Tapi bukan hanya itu lho, ada lima perubahan utama yang terjadi pada tubuh wanita setelah dia melahirkan.
1. Rambut rontok
Beberapa minggu setelah melahirkan, beberapa wanita mengalami kerontokan rambut yang cukup parah. 
Sebenarnya hal ini normal dan rambut akan kembali tumbuh menurut siklus normalnya. 
Namun jika Anda tidak cukup nutrisi dan tidak merawat rambut dengan baik, kondisi ini akan permanen meninggalkan kebotakan.
2. Kulit Tubuh Yang Bermasalah
Saat hamil, biasa muncul lingkar hitam di bawah mata, jerawat yang berlebihan dan juga kulit kemerahan pada daerah wajah, terutama pipi.
Jika hal ini di biarkan maka kulit wajah akan kusam dan parahnya bekas jerawat yang timbul akan tetap permanen. Hal ini dapat dapat di atasi dengan cara penggunaan cream pemutih wajah atau obat penghilang jerawat dengan tetap menjaga supply vitamin pada makanan anda.
3. Payudara membesar
Penuh terisi air susu, payudara Anda akan membesar dan terasa sakit. 
Ketika sudah tidak menyusui lagi, payudara akan kendor sebagai akibat otot payudara yang sebelumnya membesar.
4. Perut yang tidak langsing lagi
Uterus yang membesar karena hamil tidak langsung menyusut begitu Anda melahirkan. 
Butuh waktu sekitar enam minggu dan lebih lama lagi agar uterus menyusut. 
Namun stretch marksdan otot yang longgar tidak begitu saja menyusut, Anda butuh olahraga dan fitness agar bentuk badan kembali seperti semula.
5. Kaki bengkak
Kaki akan membengkak saat hamil, membuat Anda tidak bisa mengenakan sepatu cantik kesukaan. 
Beberapa wanita justru mengalaminya sesaat setelah melahirkan, namun jangan khawatir, kaki bengkak ini akan hilang dengan sendirinya.

   
Jumlah Posts : 8
Jumlah di-Like : 1
ddmer itu disebut kekentalan darah bun yg diakibatkan dr makanan yg menyebabkan kekentalan darah. biasanya dr makanan yg mengandung msg or pengawet, makanya orang hamil tidak dianjurkan makan somay bakso pangsit atau makanan yg pengawet. cm ga semua dokter tidak menyaran kan cek kekentalan darah, ak pas hamil prtama tidak tau klo ada kekentalan darah karena dokter tidak menyarankan. pas terjadi keguguran br cek ddmer itu pun ganti dokter kandungan karena dokter kandungan yg prtama kurang memuaskan jawabannya. setelah ketauan ternyata ddmer tinggi dan janin meninggal dikandungan karena kurangnya asupan oksigen dan darah ke janin, akibat kekentalan darah tersebut. bunda - bunda ciiri ciri kekentalan darah itu sering kesemutan kaki bengkak punggung pegal. normal kekentalan darah 0-500 bila sudah diatas 500 biasanya dikasih alspilet atau farmasal obat pengencer darah. apabila diatas 1000 biasanya disuntik pagi sore sampai bener bener stabil dan asupan ke janin bagus. sekarang ak hamil kedua dikasih obat pengencer darah farmasal karena sudah mau 800 semkga tidak sampai 1000. semuga bunda bunda sehat semua ya sampai melahirkan
   
12-11-2012 16:10:53 Q U I Z
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
Perubahan Fisik Pada Ibu

Menjadi Seorang Ibu
Kehamilan merupakan peristiwa yang sangat berarti dan dinanti-nantikan oleh setiap keluarga terutama pasangan muda. 

Tetapi kadang perubahan yang terjadi di saat seperti ini dapat menyebabkan stress fisiologis bagi calon ibu.

Secara umum, Ibu akan mengalami perubahan fisik yang jelas, seperti:

  • Berhentinya menstruasi
  • Perut dan payudara membesar
  • Terjadi perubahan pada kulit
     

Pengaruh kehamilan terhadap tiap wanita berbeda-beda. Kondisi fisik dan mental seseorang sangat mempengaruhi dampak perubahan ini.

Terhentinya menstruasi, terlebih apabila telah terlewatkan dua kali sering dijadikan acuan utama tanda kehamilan namun perlu diperhatikan dan dikonsultasikan kepada dokter kandungan, sebab perubahan iklim dan tempat atau migrasi, keadaan depresi, juga penyakit kronik dapat menyebabkan hal ini terjadi.

Perubahan di awal kehamilan
Pada trimester pertama, calon ibu akan merasakan perubahan pada kulit. Sebagian wanita akan mengeluarkan bintik-bintik kecil merah disekitar wajah, leher, dada, dan tangan namun hal ini tidak berbahaya. Calon ibu tidak perlu khawatir akan timbulnya flek hitam disekitar wajah, di tengah perut, leher, ketiak, puting susu, dan di sekitar paha atas karena biasanya tanda-tanda hitam ini akan hilang atau mulai berkurang setelah melahirkan. Begitu juga di beberapa tempat seperti di vagina, warna kulit akan menjadi lebih gelap keunguan atau kebiru-biruan.

Sensasi payudara calon ibu akan terasa lebih halus dan peka. Di bulan kedua, ukuran payudara akan membesar. Puting susu juga akan nampak lebih besar dan keras serta berwarna lebih gelap dan disekitarnya akan timbul bintik-bintik kecil. Selain itu, pembuluh darah halus akan terlihat lebih jelas.

Bukan itu saja, rasa mual sering juga terjadi di awal kehamilan. Biasanya hal ini dialami saat pagi hari atau ketika mencium bau-bauan tertentu, seperti bau amis, bau bumbu yang tajam, atau bau yang menyengat hidung lainnya.

Morning sickness
Rasa mual sering disebut ’morning sickness’. Secara fisik, keadaan ini disebabkan oleh perubahan hormon di dalam tubuh, dimana hormon estrogen dan progesteron meningkat sehingga berdampak menekan sistem syaraf pusat dan membuat penciuman ibu lebih peka. Ibu dapat menghindari bau-bauan yang terlalu menyengat, juga lebih rajin menggosok gigi karena hal ini dapat membantu.

Secara emosional hal ini terkadang timbul akibat rasa cemas calon ibu di masa kehamilannya atau keinginan untuk lebih diperhatikan oleh suami. Gejala ’morning sickness’ akan berkurang dan hampir-hampir tak terasa apabila dalam menjalani masa kehamilannya calon ibu merasa bahagia serta memiliki pola makan yang baik.

Makanan yang berlemak dan siap saji, serta pola makan yang tidak baik juga dapat berpengaruh terhadap rasa mual yang dialami oleh ibu.

Mengatasi rasa mual
Untuk mengatasi gejala ini, sebaiknya ibu mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna seperti:

  • Kentang
  • Ubi Jalar
  • Jagung
  • Mie
     

dan makanan yang mengandung zat tepung lainnya, bukan makanan yang berlemak atau makanan siap saji. Makanlah dalam porsi yang kecil namun sering, yaitu lima sampai enam kali sehari.

Rasa ingin muntah dapat juga disebabkan karena keadaan tubuh yang kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi. Minumlah lebih banyak air putih dan jus buah serta hindari minuman bersoda karena gas dalam perut dapat mengganggu pencernaan.

Ibu dapat pula berkonsultasi dengan dokter untuk diberikan vitamin anti mual dengan dosis yang tepat.

Hal-hal yang perlu diwaspadai
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan diwaspadai selama masa kehamilan. Apabila salah satu dari gejala-gejala yang ada di bawah ini timbul sebaiknya ibu berkonsultasi kepada dokter kandungan anda.

  • Kekurangan berata badan (setidaknya pertambahan berat selama hamil seluruhnya sebanyak 6 kg)
  • Balik kelopak mata pucat (harus berwarna merah atau merah muda)
  • Kaki, tangan, dan wajah terkadang bengkak
  • Emosi meledak-ledak
  • Berpenyakit, sakit jantung, radang paru-paru, dan penyakit lain
  • Sakit pada waktu buang air kecil
     
   
Jumlah Posts : 8
Jumlah di-Like : 1
Hi bunda.. apa kabar ?
saya winnie, kehamilan pertama saya sudah masuk ke 4,5 bulan...
berat badan saya sudah naik beberapa kilo.
yang mau saya tanya disini, dan sapa tahu bunda bisa sharing ke saya, kok saya merasa tangan saya suka kaku dan bengkak, kadang untuk ke kepal suka susah, seperti ada sesuatu yang mengganjal.

apa karena saya gak pernah gemuk seperti sekarang ini? atau kah emang setiap Bumil mengalami tubuh yang bengkak juga, kaki besar?
apakah nanti setelah melahirkan akan kembali seperti semula?

atau adakah makanan yang harus saya kurangi??
tapi yang saya tahu mengurangi makanan khan kalo kehamilan sudah besar, dan emang bayinya kebesaran? duh jadi pusing.. aq takut asam urat, tapi aq gak punya riwayat asam urat nich...

atau boleh kah BUmil itu di pijet refleksi kaki dan tangannya?
mohon sharing dan infonya..
terima kasih bunda...
semoga bunda semua berada dalam lindunganNya.
amien
   
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like

ada bacaan dari milis sebelah...


Pak Arif,
ini ada 3 potongan email & artikel yang pernah saya dapat.
Moga sedikit membantu


Wassalam
(YENTI-mama VARI)


Carpal Tunnel Syndrome
1. JANGAN SEPELEKAN KESEMUTAN!

Kesemutan kerap diabaikan. Padahal, bisa jadi itu
gejala awal carpal tunnel syndrome. Dan ternyata,
kebanyakan penderitanya perempuan, lo. Merajut pun
"dituding" sabagai salah satu pemicunya.

Coba ingat-ingat, seringkah Anda merasa kesemutan di
salah satu tangan atau jemari Anda? Atau rasa- baal
serta ngilu di bagian pergelangan? Jika jawabannya
"sering", Anda perlu waspada. Jangan-jangan, Anda
mengidap carpal tunnel syndrome (CTS).

Sekilas, namanya memang terasa "berat," padahal
sebetulnya ini adalah nama lain sindroma terowongan
karpal, yang tak lain adalah rasa nyeri di
pergelangan, tangan, dan pundak, akibat adanya tekanan
pada saraf medianus dalam terowongan karpal (letaknya
di pergelangan tangan).


Sekadar info, saraf di lengan kita ada tiga jenis.
Yaitu radialis yang letaknya di bagian atas, medianus
di tengah, serta ulnaris yang di bawah. Saraf medianus
agak spesifik, karena secara anatomis berjalan di
bagian tengah lengan, melewati terowongan (tunnel) di
daerah karpal di telapak, kemudian menuju jari-jari
tangan.

CTS akan terjadi jika saraf medianus terjepit di
terowongan karpal. Efek yang biasa dirasakan penderita
adalah rasa nyeri pada jemari, kesemutan, rasa baal
(mati rasa) pada telapak tangan dan jemari.
"Kadang-kadang ada rasa panas (burning sensation), dan
otot-otot di sekitarnya mengecil," ujar DR. dr. A.
Bambang Darwono, Sp.B, Sp.OT.

Biasanya, awalnya penderita CTS akan mengalami sulit
tidur, karena terganggu rasa nyeri pada tangan atau
pergelangan. "Bisa juga rasa nyeri akan timbul ketika
si penderita berada di ruang berpendingin udara." Rasa
ngilu dan nyeri ini bisa segera dihilangkan dengan
cara menggerak-gerakkan tangan, supaya aliran darah di
pembuluh darah disekitar terowongan kembali normal.

Namun, jika dibiarkan berlarut-larut, kerusakan saraf
akan semakin parah. Malah ujung-ujungnya, tangan kita
tidak lagi bisa berfungsi normal.

KEBANYAKAN PEREMPUAN
Yang mengejutkan, perempuan ternyata lebih mudah
terkena CTS. "Risiko perempuan terkena CTS lima kali
lebih besar dibandingkan pria. Umumnya terjadi pada
usia 30 - 60 tahun," urai Bambang. "Jumlah
penderitanya cenderung meningkat dari tahun ke tahun,
dan usianya cenderung semakin muda." Salah satu
penelitian di Amerika menyebutkan, saat ini CTS
mengincar penderita usia 25-34 tahun.

CTS mengincar orang yang banyak melakukan pekerjaan
dengan tangan. "CTS banyak sekali diderita oleh mereka
yang jenis pekerjaannya menuntut jari dan pergelangan
tangan bergerak secara ritmis dan terus menerus.
Misalnya mengetik atau data entry. Bahkan, para ibu
yang sering merajut juga berisiko tinggi terkena CTS,"
imbuh Bambang. Pekerjaan rumah tangga juga banyak yang
berisiko tinggi menyebabkan CTS. Misalnya saja menyapu
dan mengulek bumbu.

Menurut Kepala Departemen Rehabilitasi Medik RS Gatot
Soebroto ini, gerakan-gerakan yang dilakukan terus
menerus dalam jangka waktu lama tersebut menyebabkan
stres pada jaringan di sekitar terowongan karpal,
sehingga jaringan tersebut mengalami degenerasi, dan
menyebabkan saluran terowongan menjadi sempit.

Selain disebabkan jenis pekerjaan tertentu, CTS juga
bisa diakibatkan oleh penyakit lain. Misalnya diabetes
dan kelainan tyroid. "Umumnya, pasien yang menderita
CTS gara-gara penyakit lain seperti ini, pengobatan
akan difokuskan ke penyakit yang mendasarinya terlebih
dahulu, baru CTS-nya. Jika setelah diobati tetap
gagal, barulah dilakukan operasi," tutur Bambang.

CTS juga kerap diderita oleh ibu hamil. "Karena
perubahan hormonal, cairan tubuh lebih banyak, dan
menyebabkan bengkak. Ini bisa pula menyebabkan CTS."
Namun, para ibu tak perlu khawatir, karena CTS yang
terjadi selama kehamilan biasanya langsung hilang
seiring dengan lahirnya bayi

2. Penyebab Carpal Tunnel Syndrome pada kehamilan
Oka, 25 Nov 2004 13:11:03 WIB
Dokter Ferry Yth. Saya sdg hamil anak pertama dan sdh
memasuki usia 33 minggu kehamilan. Baru seminggu
terakhir ini saya merasakan kesemutan yang agak parah
di jari2 tangan kanan saya (kecuali kelingking).
Terjadinya terutama di malam hari dan di pagi hari
karena sakitnya sampai saya kesulitan melakukan
aktivitas yg menggunakan tangan. Sampai hari ini saya
masih merasa kesemutan. Terakhir saya kontrol (Sabtu,
20 Nov), total kenaikan berat badan saya baru 7 kg,
dan tensi hanya 90/70. Saya baru cek gula darah dan
hasilnya 93 (Nilai normal < 180). Dari informasi yg
saya cari2 di internet kemungkinan saya terkena Carpal
Tunnel Syndrome (CTS) karena indikasinya mirip sekali.
Yang ingin saya tanyakan dok, kenapa bisa terjadi
pembengkakan saluran carpal ini pada saat hamil ?
Mungkin tidak ada hubungannya, tapi sebagai tambahan
informasi, pergelangan kaki saya juga agak bengkak
sedikit, tapi selalu berusaha saya atasi dengan minum
air minimal 2 lt sehari dan mengangkat kaki selama
tidur. Saya juga selalu berusaha tidur miring ke kiri
krn katanya posisi tidur spt ini adalah yg terbaik utk
aliran makanan ke janin. Tapi semakin lama saya tidur
miring, semakin parah kesemutan tangan kanan saya.
Tangan kiri juga sedikit bermasalah dengan kesemutan
ini. Saya juga minum suplemen B complex (B1, B2, B6,
B12, dll), dan suplemen omega 3 dg tujuan mengurangi
pembengkakan saluran syaraf tsb. Apakah ada nutrisi
lain yg bisa membantu ? Terimakasih banyak sebelumnya
dok. Salam, Oka

Ibu Oka Yth, Saya senang sekali ibu sudah ada usaha
untuk mencari2 keterangan tentang keluhan yg ibu
hadapi ini. Memang benar, apa yg ibu hadapi ini adalah
CARPAL TUNNEL SYNDROME, yg diakibatkan oleh karena
penekanan khususnya nervus medianus yang mempersarafi
jari telunjuk, tengah dan jari manis. Keluhan ini
sering muncul pada ibu hamil. Berdasarkan hasil
penelitian sebesar 2,3% saja yang ditemukan mengalami
gejala ini dari 2400 ibu hamil. Gejala ini 80%
biasanya menyerang kedua tangan. Gejala ini biasanya
sembuh sendiri setelah melahirkan, tetapi bila keluhan
terasa cukup mengganggu diperlukan pengobatan. Bila
keluhan parah sekali baru dipikirkan untuk dilakukan
tindakan operasi. Pada kasus ibu ini, saya sarankan
cukup dengan mengkonsumsi vitamin neurotropik seperti
yg sudah ibu makan yaitu vitamin B kompleks ditambah
dengan bila ada nyeri sekali minum obat penghilang
nyeri seperti parasetamol 500 mg (Panadol) atau asam
mefenamat (Ponstan) yang dijual bebas di apotik. Atau
bisa juga dengan pengurutan di daerah pergelangan
tangan dengan diberi minyak hangat. Nutrisi lain yg
bisa membantu, saya rasa cukup vitamin itu tadi, bisa
juga dengan megkonsumsi Neurobion 3x1 tab yang juga
dijual bebas di apotik2 selama 2 minggu. Demikian,
terima kasih. (dr Ferry SpOG, RSIA EVASARI, Jkt)

   
15-10-2008 11:29:09 kaki bengkak
Jumlah Posts : 56
Jumlah di-Like : 2
hallo para bunda n calon bunda ini saya mau tanya,tgl 3okt kemarin saya telah melahirkan seorang putri pertama kami ,trus pertanyaan saya: - kenapa ya setelah melahirkan kaki saya ga kunjung kempes malahan semakin bengkak mulai dari pergelangan kaki bawah ke jari kaki? -apakah gara2 duduk menggantung itu menjadi penyebab kaki bengkak?pdhl saya sudah usahakan tidak sampai menggantung kalo sedang duduk saya juga ikut saran dari orang tua2 buat pake parem,rendam kaki dgn air hangat n garam,kaki diganjal bantal kalo sedang tidur,ama minum air asem gula hangat,tapi kok ga ngefek2 ya? kata dokter guritanya kekkencangan,udah kulongarin tapi tetap aja... mohon masukan n sarannya thx weny
   
06-07-2017 20:39:54 kaki bengkak saat hamil muda
Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : belum ada like
ada yang tau ngga kenapa masih hamil muda kaki bengkak seperti udh mau melahirkan ... makasih yaa
   
24-11-2016 09:55:46 hpl Desember 2016
Jumlah Posts : 67
Jumlah di-Like : belum ada like
bun rita : gpp kx bun klk keputihan itu wajar ,klk kaki bengkak banyak faktor'a tp klk tensi'a normal itu gg ada masalah bun bun monna :cek darah dan kencing itu wajib bun sblm mlahirkan itu tujuan'a untuk antisipasi untuk melahirkan bun icha: gpp bun keputihan yg seperti itu wajar bun rita& fitri : bnr bnget mis v kn lembab tu klk pke daleman kn nambah lembab mengurangi resiko iritasi d sekitaran mis v mnding gg pke daleman klk d rmh