SITE STATUS
Jumlah Member :
493.784 member
user online :
1063 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: jupe menangis karena disuntik payudara

New Topic :  
Jumlah Posts : 178
Jumlah di-Like : belum ada like

Untuk bunda yang masih baru punya bayi, pasti ada beberapa kesalahan yang pernah dilakukan, apakah ini diantaranya? Semoga sih gak ada yah. Berbagi yuk bun, barangkali ada kesalahan lainnya juga yang pernah dibuat bunda saat baru punya bayi

  • Sibuk banding dengan bayi lain

Duh, sebaiknya jangan bunda. Iya sih, pasti bunda juga ingin tahu gimana bayi yang lainnya. Boleh aja bun, sekedar pengetahuan tapi jangan lantas membandingkan dengan bayi bunda. Tiap bayi tuh unik dan berbeda. Ada yang cepat merangkak, atau ada juga yang langsung bisa berdiri. Bunda boleh saja mengecek pertumbuhannya, tapi jangan sekali-kali membanding-bandingkan yah, bun

  • Meletakkan banyak benda di box bayi

Iya, niat bunda baik, membuat bayi merasa nyaman plus terstimulasi sejak dini. Tapi juga jangan semua benda seperti bantal, selimut, bahkan mainan tumplek blek memenuhi boxnya. Yang ada pernapasan bayi jadi tertutup. Sebaiknya pilh yang benar-benar diperlukan deh, selimut dan bantal saja sudah cukup kok.

  • Lupa deh ngurus diri sendiri

Yah, walau baru pertama punya bayi tapi jangan sampai lupa ngurus diri sendiri bun. Bunda juga perlu asupan bergizi dan sehat, plus jangan lupakan penampilan dan kesehatan. Bunda harus tetap tampil cantik dan sehat biarpun sibuk mengurus bayi

  • Suami diabaikan

Nah ini nih yang biasanya dilupakan bunda baru, hehehe. Sering diprotes suami karena bunda terlalu perhatian dengan bayi. Coba deh sesekali ajak suami bunda ganti popok, memandikan dan memakaikan baju. Ajak juga saat bunda ingin ke dokter atau biarkan dia bermain dengan adek bayi sambil bunda mengurus yang lain.

  • Jadwal tidur harus tepat waktu

Dengan alasan sudah waktunya tidur buat dede bayi, bunda lantas memaksakkan si bayi untuk tidur. Padahal dia masih ingin main dan belum ngantuk, alhasil dia marah dan bunda jadi kesal. Sebaiknya gak perlu terlalu ketat atur jam tidurnya, dan jangan juga jadi kesal jika adek bayi tidur saat waktunya menyusui. Umumnya sih bayi tidur tiap 2-3 jam, tapi seiring perkembangan tubuhnya dan grow spurts di usia 3 bulan pertama adek bayi akan mengalami perubahan tidur.

  • Berusaha keras jadi supermom

Hahaha ada yang begini? Dulu sih saya pernah begitu. Seakan merasa bisa mengerjakan semuanya mulai dari masak, nyuc baju dan beberapa pekerjaan rumah. Semua dikerjakan sendirian. Weleh2, sebaiknya minta orang lain membantu bunda. Waktu itu saya pernah merasakannya. Badan gempor bun, pegel-pegel gak keruan.

  • Salah mengartikan tangisnya

Tiap kali nangis dikira minta makan. Sebaiknya bunda banyak belajar soal arti tangisan bayi. Karena bayi bisa saja menangis karena bosan, cape, kepanasan, atau gak nyaman.

  • Minder

Pernah ngalamin gak saat bunda pengen belajar menyusi tapi takut caranya salah, dan gak yakin dengan cara meletakkan adek bayi di payudara bunda? Saat ingin memandikan bayi pun gamang dan takut. Sibuk tanya teman, orangtua, eh makin bingung jadinya, dan makin minder. Waduh, jangan bun. Yakinkan diri bunda biarpun masih baru, tapi bunda pasti bisa mengurusnya. Coba ikut gabung dengan komunitas sesama bunda baru. Dan jangan lupa selalu bangun kedekatan dengan bayi biar bunda semakin paham dengan kebutuhannya, jadi bunda ga minder lagi deh saat mengasuhnya.

sumber : merries, ayahbunda

   


Jumlah Posts : 43
Jumlah di-Like : 5
Dear All Bunda di IB,

Mohon pendapatnya ya.. Saya kurang beruntung karena tidak mampu memberikan ASIX kepada buah hati saya. Karena hanya dalam kurang dari 1 bulan ASI saya sudah kering sama sekali. Dalam masa menyusui pun ASI saya sangat sedikit sehingga cuma sanggup memberikan 1-2x tiap harinya dan itu pun si kecil menangis karena tidak mencukupi. Memang benar sewaktu saya mencoba memompa ASI, dari kedua belah payudara hanya menghasilkan kurang dai 30ml. Dan dalam kurang 1 bulan itu sudah kering sama sekali.

Nah sampai saat ini saya tidak pernah menyusui si kecil lagi (kurang lebih sudah 3 minggu) dan sewaktu mandi sore tadi saya isenk mengurut payudara saya dan ternyata keluar ASI walau sangat sedikit. Saya sangat exited dan senang sekali. Hanya saya bingung
1. Apakah masih boleh memberikan ASI tsb ke baby? 
2. Saya sempat mengkonsumsi kopi (kafein), jadi sebaiknya jeda berapa lama agar boleh menyusui lagi? (tentunya setelah ini saya akan jaga makan)

Mohon pendapatnya ya bun.. 

Salam
   
Jumlah Posts : 1000
Jumlah di-Like : 11
Ass wr wb, Temen-temen terkasih, semoga artikel yg saya copy kan dari website group sehat bisa bermanfaat yaa. Amin.... Agar ASI lancar di awal masa menyusui 8/6/2007 (Diterjemahkan dari artikel “How to Get Your Milk Supply Off to a Good Start”) http://www.lalecheleague.org/NB/NBJulAug05p142.html Lisa Marasco, IBCLC; Santa Maria, CA, USA Diana West, IBCLC; Long Valley NJ, USA From: NEW BEGINNINGS, Vol. 22 No. 4, July-August 2005, pp. 142-147 Idealnya proses menyusui dapat segera dilakukan begitu bayi lahir. Bayi yang lahir cukup bulan akan memiliki naluri utk menyusu pada ibunya di 20 – 30 menit setelah ia lahir. Itupun jika ia tidak mengantuk akibat pengaruh obat ataupun anastesi yang diberikan ke ibu saat proses melahirkan. Di jam-jam pertama, bayi akan relatif tenang, terjaga dan memiliki kemampuan bawaan utk melakukan proses latch-on (proses masuknya sebagian besar ke dalam mulut bayi hingga ia dapat ”mengunci” dan menyusu dg baik) dan menyusu dengan baik. Riset menunjukkan bahwa bayi baru lahir yang diletakkan di perut ibu sesaat setelah ia lahir, akan mampu mencari payudara ibu dan menyusu dengan baik dalam kurun waktu kurang dari 50 menit. Memisahkan bayi dari ibunya sebelum hal tsb dilakukan akan membuat bayi kehilangan kesempatan besar. Bayi akan mengantuk dan kehilangan minatnya utk menyusu pada ibunya. Akibatnya proses inisiasi menyusui mengalami hambatan (Righard and Alade 1990; Widstrom et al. 1990; Wang and Wu 1994). Oleh karena itu, pastikan bahwa bayi mendapatkan kesempatan utk melakukan proses inisiasi menyusui paling tidak satu jam pertama setelah ia lahir. Hal ini akan menunjang proses lancarnya ASI di kemudian hari. Meskipun proses menyusui dapat segera ibu lakukan setelah bayi lahir, beberapa bayi nampak tidak dapat latch on dengan baik setelah ia lahir. Hal ini disebabkan pengaruh epidural atau anastesi lainnya yang diberikan ibu selama masa melahirkan. Beberapa jenis anastesi mengurangi refleks bayi mencari payudara ibu dan menyusu pada ibunya, juga meningkatnya temperatur tubuh bayi dan tangisan bayi (Ransjo-Arvidson et al. 2001). Namun perlu dipahami bahwa jika bayi tidak dapat menyusu setelah ia lahir bukan akhir dari segalanya. Segera minta bantuan dari ahli laktasi jika bayi sulit menyusui atau melakukan latch on. Sehingga problem tersebut dapat segera diatasi. Selanjutnya, semakin seringnya bayi disusui makin meningkatkan reseptor hormon prolaktin (Lihat kolom di halaman 144.) Jika menyusui di jam-jam pertama kelahiran tidak dapat dilakukan, alternatif terbaik berikutnya adalah memerah ASI atau pompa ASI selama 10-20 menit tiap 2 hingga 3 jam sekali, hingga bayi dapat menyusu. Tindakan tsb dapat membantu memaksimalkan reseptor prolaktin dan meminimalkan efek samping dari tertundanya proses menyusui oleh bayi. Jika ibu melahirkan di RS atau di klinik melahirkan, biasanya disediakan breastpump elektrik dan ibu butuh bantuan menggunakannya. Perawat, konsultan laktasi ataupun bidan dapat membantu ibu dalam menggunakan alat tsb. Suasana yang menyenangkan, tenang dan nyaman akan membantu saat-saat berduaan dan terciptanya bonding antara ibu dan bayi. Meskpun tidak mudah membuat suasana spt it di RS, namun adanya dukungan, support dan kenyamanan akan membantu ibu dalam proses makin lancarnya produksi ASI. Menyusui Pasca Melahirkan dengan Operasi Cesar Ibu yang melahirkan dengan cara operasi cesar (c-sections) seringkali sulit menyusui bayinya segera setelah ia lahir. Terutama jika ibu diberikan anastesi umu. Ibu relatif tidak sadar untuk dapat mengurus bayinya di jam pertama setelah bayi lahir. Meskipun ibu mendapat epidural yang membuatnya tetap sadar, kondisi luka operasi di bagian perut relatif membuat proses menyusui sedikit terhambat. Sementara itu, bayi mungkin mengantuk dan tidak responsif untuk menyusu, terutama jika ibu mendapatkan obat-obatan penghilang sakit sebelum operasi. Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa proses melahirkan dengan cesar akan menghambat terbentuknya produksi ASI (Dewey et al. 2003; Grajeda and Perez-Escamilla 2002; Rowe-Murray Fisher 2002; Hartmann 1987). Meskipun demikian, menyusui sesering mungkin setelah proses kelahiran dg cesar akan meminimalisasi masalah-masalah tsb. Bahkan beberapa ibu yang melahirkan dg cesar memiliki produksi ASI yang berlimpah. Kehebatan Kolostrum Tiap ibu perlu mengetahui dan menghargai betul betapa berharganya kolostrum. Kolostrum, cairan bening kekuningan yang sering disebut “Pre-milk”, akan diproduksi di hari-hari pertama menyusui. Kolostrum, kemudian disusul dengan ASI “matang”, akan menjaga dan melindungi bayi seperti plasenta saat ia dalam kandungan ibu. Kolostrum relatif rendah lemak dan karbohidrat, tetapi kaya akan protein. Kandungan tsb sangat tepat sesuai dengan kebutuhan bayi di hari-hari pertama. Kolostrum mudah dicerna dan mengandung sel-sel hidup yang memberikan proteksi terhadap berbagai bakteri, virus dan alergen. Kolostrum ini akan melindungi bagian dalam usus bayi dan menjaganya dari absorpsi substansi-substansi yang dapat menyebabkan terjadinya alergi. Faktor imun seperti IgG dan IgA sangat banyak jumlahnya dalam kolostrum dibandingkan dengan ASI matang. Kedua zat imun tsb akan menstimulasi dan meningkatkan sistem imun bayi. Dan penelitian menunjukkan bahwa manfaat tsb akan terus didapatkan bayi selama hidupnya. Lebih jauh lagi, kolstrum beraksi sebagai laxative (“obat pencuci perut”) yg efektif, mulai dari membuang meconium dari usus, hingga memecahkan bilirubin (substansi yg dapat membuat bayi menjadi kuning). Dua minggu kemudian, kolostrum akan berubah komposisi menjadi ASI matang. Namun kondisi tsb tidak terjadi secara sekaligus. Kolostrum akan secara perlahan berubah menjadi ASI matang. Karena itu ASI yang dihasilkan di saat-saat tsb terlihat lebih kekuningan dibandingkan ASI yg dihasilkan kemudian. Terkadang kita jumpai beberapa ibu yang belum dapat menghasilkan ASI di awal setelah kelahiran bayinya. Ibu-ibu yang tidak melihat kolostrum saat menyusui bayinya akan merasa khawatir jika dirinya tidak dapat memproduksi ASI. Namun, kenyataan bahwa tidak terlihatnya ASI saat bayi menyusu, bukan berarti ASI (kolostrum) tidak keluar. Kolostrum yang dihasilkan ibu umumnya diproduksi dalam jumlah yang sangat kecil, yaitu sekitar 7.4 sendok teh (36.23 ml) per harinya. Atau sekitar 1.4 hingga 2.8 sendok teh (6.86-13.72 ml) sekali menyusu. Dan jumlah yang sangat sedikit tsb akan segera diminum dan ditelan oleh bayi (Hartmann 1987; Hartmann and Prosser 1984; Houston et al. 1983). Kenyataan bahwa warna dari kolostrum yang bening kekuningan dan tampak spt air liur menyebabkan kolostrum sulit untuk diidentifikasi. Sehingga tak jarang ibu yang merasa ASInya belum keluar, padahal ASI (kolostrum) nya sudah keluar. Memerah ASI di awal-awal pasca melahirkan akan terasa sulit, karena payudara terasa bengkak. Disini ibu membutuhkan bantuan dari konsultan laktasi. Selanjutnya seiring dengan waktu dan makin seringnya ibu memerah ASI, maka ibu akan lebih terampil dalam memerah ASI. Karena sedemikian berharganya kolostrum, maka pastikan ibu memberikannya ke bayi meskipun hanya dalam jumlah yg amat sangat sedikit. Kolostrum ini akan menjadi hadiah yang tak ternilai harganya utk anak. Karena manfaatnya yang demikian hebat, maka segala macam upaya dalam memberikan kolostrum akan menjadi hal yang patut diperjuangkan. Rooming-In (Rawat Gabung) Banyak RS yang menawarkan pilihan agar bayi dapat terus bersama ibunya selama 24 jam. Kondisi ini dinamakan rawat gabung. Meskipun selama ini banyak RS yang masih menerapkan ruangan khusus untuk bayi, terpisah dari ibunya. Namun riset terakhir menunjukkan bahwa jika tidak ada masalah medis, tidak ada alasan untuk memisahkan ibu dari bayinya, meskipun sesaat (Yamauchi and Yamanouchi 1990; Buranasin 1991; Oslislo and Kaminski 2000). Bahkan makin seringnya ibu melakukan kontak fisik langsung (skin-to-skin contact) dengan bayi akan membantu menstimulasi hormon prolaktin dalam memproduksi ASI (Hurst 1997). Karena itu pada tahun 2005, American Academy of Pediatrics (AAP) mengeluarkan kebijakan agar ibu dapat terus bersama bayinya di ruangan yang sama dan mendorong ibu untuk segera menyusui bayinya kapanpun sang bayi menginginkannya. Semua kondisi tsb akan membantu kelancaran dari produksi ASI. Susui bayi sesering mungkin Seperti yang telah diketahui bersama, ibu harus menyusui sesering mungkin kapanpun bayi menginginkannya. Ini berarti, paling tidak tiap 2 hingga 3 jam sekali dan tiap 4 hingga 5 jam di malam hari dari 8 hingga 12 kali menyusui selama 24 jam. Coba kalkulasikan berapa lama bayi menyusu, mulai dari awal hari menyusu hingga akhir hari. Umumnya bayi menyusu kira-kira 20-40 menit sekali menyusu, tapi bukan berarti ibu harus melihat jam dan mengukur lamanya bayi menyusui. Di minggu-minggu pertama menyusui, terutama saat bayi baru lahir, hari-hari ibu terasa hanya diisi dengan kegiatan menyusui saja. Saat bayi baru selesai menyusui, ibu harus menyusu kembali. Ini sangat lumrah terjadi. Sebelum ASI matang keluar, bayi akan terasa begitu rakus menyusu. Hal ini disebabkan lambung bayi yang begitu kecil, sehingga mereka mudah lapar. Makin sering bayi menyusui akan memperbanyak ASI yang diproduksi. Hal ini disebabkan oleh stimulasi maksimum dari reseptor-reseptor prolaktin yang akan memicu produksi ASI dalam jumlah sebanyak mungkin. Bulan pertama menyusui adalah masa pembelajaran utk bayi. Di bulan tsb, ia berusaha menguasai betul bagaimana teknik menyusui yang tepat. Hingga masuk ke bulan berikutnya, ia dapat menyusu dengan baik dalam waktu yang singkat. Dengan selalu berada di dekatnya, Ibu dapat memastikan tanda-tanda awal bayi lapar (mimik muka tanda haus, dsbnya). Jadi ibu dapat segera menyusuinya sebelum bayi kelaparan dan menangis karena stres. Jika hal ini dilakukan, ibu dan orang sekitar ibu akan terhindar relatif jauh dari stres. Seiring waktu, ibu tidak selalu menghabiskan waktu dengan menyusui sepanjang hari. Ingatlah bahwa ibu dalam masa pemulihan pasca melahirkan, sehingga ibu butuh banyak istirahat. Menyusui adalah cara alami untuk memastikan ibu dapat berisitrahat dengan baik. Terutama di sela waktu menyusui. Ibu dapat beristirahat saat bayi sedang tidak menyusu. Semakin bertambahnya waktu juga, bayi akan memiliki pola menyusui. Sehingga ibu dapat mengatur waktunya dengn baik. Pola menyusui yang bayi atur akan sangat spesifik sesuai dengan kebutuhannya. Mulai dari kebutuhan emosinya hingga kebutuhan fisiologisnya. Dan pola menyusui tsb akan terus berubah sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangannya. Lindungi diri dengan lingkungan yang supportif Masa menyusui adalah masa yang paling sensitif dalam kehidupan ibu. Baik secara fisik ataupun emosional. Begitu ibu mulai menyusui, ibu butuh lingkungan yang supportif, yang mendukung ibu dari berbagai keraguan dan kritikan. Menyusui memang hal biologis yang wajar. Namun di dalam masyarakat, kita masih sering menjumpai orang-orang yang tidak nyaman dengan keberadaan ibu menyusui. Dan orang-orang ini akan banyak melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang sinis seputar produksi ASI ibu. Hal ini disebabkan oleh minimnya pengetahuan yang mereka ketahui tentang menyusui dan kadang dipengaruhi oleh anggapan yang salah tentang payudara dari segi sexual. Disini lah ibu butuh banyak dorongan dan dukungan positif. Jangan pedulikan tanggapan negatif yang dapat mengganggu kenyamanan dan rasa percaya diri ibu akan ASI dan menyusui. Memang tidak mudah menjaga jarak dari orang-orang yang tidak mendukung ibu dalam hal menyusui. Namun ingatlah bahwa ibu butuh suasana dan lingkungan yg kondusif demi keberhasilan ASI eksklusif. Ingatlah selalu bahwa bayi ibu butuh air susu ibu. Ingatlah selalu akan hal ini diatas segala kritikan dan tekanan. Jika ibu sulit menghadapi berbagai kritikan dan tekanan, mintalah bantuan suami ataupun orang lain yang dapat membantu ibu untuk menghadapi hal tsb. Mungkin ibu berpikir, “Bagaimana jika orang yg tidak mendukung saya adalah ibu saya atau ibu mertua saya ? Bagaimana cara utk menghadapinya ?”. Banyak eyang baru yang tidak berhasil menyusui anaknya saat ia bayi. Beberapa eyang yang sedih akan berupaya sedemikian rupa membantu agar anaknya ataupun menantunya sukses menyusui bayinya. Namun ada juga eyang yang justru menjadi defensif. Mereka akan berupaya mempertahankan pendapatnya agar diberikan susu formula dan menganggap menyusui adalah hal yang menyebalkan. Nah tahukah anda pengalaman ibu anda ataupun ibu mertua anda dalam hal menyusui ?! Tanyakan hal ini kepada mereka. Dengarkan cerita dan pengalaman mereka saat menyusui dulu. Dengan demikian, anda mendapatkan informasi, dukungan ataupun masalah teknis yang mungkin anda belum dapatkan. Hal ini akan mengetahui bagaimana perjuangan mereka dahulu dan bagaimana anda mengetahui betul bahwa mereka adalah orang tua yang baik. Dengan menunjukkan empati dan mendengarkan pengalaman mereka, anda akan mendapatkan dukungan ataupun masukan yang baik dalam menyusui. Kewajiban lainnya Di minggu-minggu pertama menyusui, ibu akan terfokus pada perawatan anak, menyusui dan merawat diri sendiri. Tanggung jawab lainnya tidak akan terlalu menjadi perhatian. Jika anda memiliki anak yang lebih besar (akak dari bayi), anda perlu memperhatikan mereka juga. Padahal anda harus membagi perhatian utama ke bayi dan anda sendiri. Mintalah bantuan kepada suami ataupun pengasuh yang akan membantu anda dalam memenuhi kebutuhan utama sang kakak. Biasanya teman ataupun kerabat akan mengunjungi ibu di awal-awal pasca ibu melahirkan. Di saat spt ini ibu seringkali merasa tidak dapat leluasa menyusui bai ataupun utk beristirahat. Jika hal ini terjadi, katakanlah secara perlahan dan sopan kepada tamu bahwa ibu butuh waktu untuk menyusui ataupun istirahat. Jika tamu tsb tetap memaksa utk tinggal, maka cara terbaik adalah membatasi waktu berkunjung. Atau ibu dapat menjelaskan secara perlahan bahwa ibu butuh istirahat. Istirahat di tempat tidur Tahukah anda bahwa istrihat di tempat tidur di hari-hari pertama menyusui adalah kunci awal keberhasilan menyusui. Ibu dapat membawa buku atau majalah ataupun tv untuk dibawa ke kamar ibu. Siapkan juga snack dan minuman di dekat tempat tidur. Jadi ibu hanya berdiri jika ke kamar mandi. Meluangkan waktu untuk memanjakan diri sendiri dan menyusui bayi kapanpun ia inginkan, akan membantu kelancaran ASI. Jika perlu jelaskan ke tiap orang bahwa ini adalah “perintah dokter” jika ibu butuh justifikasi. Pasca melahirkan, banyak dokter yang menginstruksikan kepada ibu utk melakukan hal diatas. Karena meskipun ibu merasa senang dan segar, tubuh ibu tetap butuh istirahat banyak utk memulihkan diri pasca melahirkan. Jika ibu tidak istirahat di awal-awal pasca melahirkan, maka beberapa bulan berikutnya akan terasa lebih sulit. Dan hal ini jelas akan mempengaruhi produksi dari ASI. Masak dan pekerjaan rumah Dari sekian banyak tanggung jawab, ada 2 hal yang sebaiknya tidak ibu lakukan sendiri, yaitu masak dan pekerjaan rumah. Mintalah bantuan teman ataupun keluarga utk dapat membantu ibu menyiapkan makanan. Jadi jika ada banyak tamu yang datang membawakan banyak makanan, simpanlah dalam kulkas utk cadangan makanan ibu nanti. Biasanya banyak tamu yang berpikir jika mereka membawa makanan akan jauh lebih bermanfaat utk ibu pasca melahirkan. Pekerjaan rumah, terutama di hari-hari saat ibu melahirkan, akan terasa sangat menumpuk. Ini bukan waktunya utk ibu memikirkan hal-hal resik spt ini. Meskipun banyak yang sudah membantu membersihkan rumah dsbnya. Jangan pedulikan hal-hal yang detail, terutama menyangkut urusan keapikan rumah, selama masa awal menyusui. Jangan paksakan diri utk membereskan pekerjaan rumah, terutama di awal pasca melahirkan. Mintalah bantuan orang lain. Beritahukan mereka dimana letak piring akan menghemat energi ibu daripada mengerjakannya sendiri. Ingat dan ingatlah selalu bahwa urusan rumah bukanlah tanggung jawab anda saat ini. Tiap orang yang bertamu akan mengerti bagaimana rasanya menjadi seorang ibu. Sehingga mereka tidak akan menuntut rumah selalu terlihat rapi. Seorang ibu menyusui yang mengatakan: “Memang melakukan sesuatu tidak semudah mengatakan sesuatu. Semua orang bilang saya hanya boleh menyusui saja. Santai dan jangan memikirkan urusan rumah. Jangan hiraukan. Konsentrasi menyusui saja. Lupakan urusan lain. Saya pikir saya tidak akan menghiraukan nasehat itu, Ini sama saja saya membiarkan diri saya sendiri bermalas-malasan. Padahal saya dapat melakukannya meski saya harus mengurus dan menyusui bayi saya. Saya tidak mengerti kenapa tiap orang menyarankan hal tsb”. Jawabannya hanya satu : Jangan biarkan energi ibu habis untuk hal yang tidak perlu, meski itu sekecil apapun. Simpan energi ibu untuk menyusui bayi. Pengasuh pasca melahirkan (Postpartum Doula Care ) Banyak ibu yang memilki suami ataupun keluarga yang begitu mendukung dan membantu semua urusan ibu. Namun ada hal lain yg ibu butuhkan selain hal tsb.Selain merawat bayi, ibu juga perlu merawat dan memanjakan diri sendiri. Terkadang ibu juga merasa kebingungan dalam merawat bayi baru lahir. Disinilah ibu butuh bantuan dari doula. Doula adalah orang (biasanya wanita) profesional yg membantu ibu dalam merawat bayi dan memberikan dukungan dalam menyusui. Banyak juga doula yg ikut membantu ibu dalam proses persalinan, meski banyak juga yg membantu ibu pasca melahirkan. Doula juga dapat membantu ibu dalam mengurus rumah, mengasuh sang kakak dari bayi, ataupun merawat anda. Kehadiran doula bukan hanya utk membantu hal-hal tsb diatas, tetapi juga membantu memastikan ibu agar tetap percaya diri selama proses menyusui dengan bayinya. Saat ibu memilih menyewa doula, tanyakan betul bagaimana filosofinya tentang perawatan bayi. Apakah ia percaya bahwa bayi disusui kapanpun bayi menginginkan atau ia lebih meyakini agar proses menyusui dilakukan berdasarkan jam? Apakah dia lebih suka bayi tinggal sekamar bersama ibu, atau ia lebih suka bayi dirawat olehnya ? Apakah ia mengerti betul tentang masalah-masalah menyusui ? Apalah dia menyarankan ibu untuk menemui konsultan laktasi jika dibutuhkan ? Dengan mengetahui betul filosofi dari doula yg akan ibu sewa, maka ibu dapat memastikan kelancaran berbagai urusan di rumah dan proses menyusui. Dan apabila ibu memiliki berbagai pertanyaan atau sekedar ingin mengetahui berbagai hal seputar menyusui, ibu dapat menghubungi ahli laktasi. Makan, minum dan tidur nyenyak Agar anda memiliki tenaga utk menyusui dan merawat bayi, anda butuh makanan yang bergizi, banyak cairan dan tidur yang banyak. Jangan melewatkan saat makan. Bahkan, ibu perlu makan snack bergizi di sela-sela waktu makan. Secara umum, jumlah dan kualitas makanan sangat perlu diperhatikan bagi ibu menyusui. Meski tubuh ibu akan membuat ASI yang bagus (berkualitas) meskipun ibu makan makanan yg kurang gizi. Makan makanan yang bergizi akan mengembalikan tubuh ibu ke kondisi prima. Karena itu nikmatilah waktu makan dengan baik. Minuman juga perlu diperhatikan. Minumlah saat ibu merasa haus. Ingatlah, minum dalam volume yang banyak tidak akan memperbanyak ASI. Air adalah cairan terbaik. Meskipun ibu dapat minum the yg tidak berkafein jika ibu menginginkannya. Buah dan jus jeruk juga sangat bermanfaat karena gizinya yg baik. Tapi jika anda minum jus yang ada dalam kemasan, pastikan anda membaca label kemasan. Pastikan tidak ada gula di dalamnya. Gula dalam jus kemasan hanya akan menambah kalori yang tidak diperlukan tubuh. Beberapa ibu merasa jika ia minum banyak jus jeruk, maka bayinya menjadi rewel. Demikian juga dengan susu sapi. Beberapa bayi sensitif thd protein dari susu sapi yg ada di dalam ASI. Meski hanya sedikit ibu yg mengalaminya. Ada anggapan bahwa ibu harus minum susu agar dapat membuat ASI. Anggapan ini tidak benar. ASI dibuat dari berbagai nutrien yg ada dari berbagai sumber. Jadi bukan hanya dari susu. Banyak ibu yang tidak minum susu dan tidak ada masalah dalam produksi ASInya. Selain urusan makan dan minum, hal lain yg perlu ibu perhatikan adalah masa tidur. Tidurlah kapanpun ibu bisa. Tidurlah saat bayi sedang tidur. Di awal kehidupannya, bayi masih belum memiliki pola tidur yg teratur. Sehingga waktu malam ia masih memungkinkan sering bangun dan memotong waktu tidur ibu di malam hari. Karena itu tidurlah saat bayi sedang tidur. Saat bayi tidur, biasanya ibu memanfaatkannya utk menelpon, menulis, mengerjakan pekerjaan rumah dsbnya. Padahal inilah waktu yg tepat utk ibu banyak beristirahat. Mungkin tidak mudah utk ibu tidur saat bayi tidur. Terutama jika tidak alma kemudian bayi bangun. Namun seiring waktu ibu akan terbiasa beristirahat dan mengikuti ritme bayi. Percayalah ibu akan mendapatkan banyak manfaat dengan istirahat banyak. Apalagi tubuh ibu butuh memulihkan kondisi pasca melahirkan. Agar produksi ASI selalu optimal Menyeimbangkan urusan menjaga produksi ASI agar terus optimal, menyusui dan mengurus keluarga adalah hal yg tidak mudah. Setiap hari ibu harus memenuhi kebutuhan bayi, keluarga dan diri sendiri. Terkadang sulit sekali bagi ibu utk membagi perhatian dan menyeimbangkan semua urusan. Jika hal ini terjadi, cobalah utk selalu mengingat bahwa ibu telah memberikan yg terbaik utk keluarga ibu sesuai dengan kemampuan ibu. Jangan pernah memaksakan diri sendiri. Anda akan kelelahan jika berusaha memaksakan diri. Akibatnya produksi ASI juga tidak optimal. Bersikap ariflah dalam melalui proses ini. Ingatlah, anda butuh waktu banyak utk mencintai bayi anda, sosok mungil yg baru lahir dan butuh waktu singkat sebelum ia tumbuh besar. Referensi American Academy of Pediatrics. Policy statement: Breastfeeding and the use of human milk. Pediatrics 2005; 115(2):496-506. Buranasin, B. The effects of rooming-in on the success of breastfeeding and the decline in abandonment of children. Asia Pac J Public Health 1991; 5(3):217-20. Dewey, K., Nommsen-Rivers, L., Heinig, M., Cohen, R. Risk factors for suboptimal infant breastfeeding behavior, delayed onset of lactation, and excess neonatal weight loss. Pediatrics 2003; 112(3 Pt 1):607-19. Grajeda, R. and Perez-Escamilla, R. Stress during labor and delivery is associated with delayed onset of lactation among urban Guatemalan women. J Nutr 2002; 132(10):3055-60. Hartmann, P. Lactation and reproduction in Western Australian women. J Reprod Med 1987; 32:543-47. Hartmann, P. and Prosser, C. Physiological basis of longitudinal changes in human milk yield and composition. Fed Proc 1984; 43:2448-53. Houston, M., Howie, P., McNeilly, A. Factors affecting the duration of breast feeding: 1. Measurement of breast milk intake in the first week of life. Early Hum Dev 1983; 8:249-54. Hurst, N., Valentine, C., Renfro, L. et al. Skin-to-skin holding in the neonatal intensive care unit influences maternal milk volume. J Perinatol 1997; 17(3):213-17. Oslislo, A. and Kaminski, K. Rooming-in: a new standard in obstetrics and neonatology. Ginekol Pol Apr 2000; 71(4):202-7. Ransjo-Arvidson, A., Matthiesen, A., Lilja, G. et al. Maternal analgesia during labor disturbs newborn behavior: effects on breastfeeding, temperature, and crying. Birth 2001; 28(1):5-12. Righard, L. and Alade, M. Effect of delivery room routines on success of first breast-feed. Lancet 1990; 336:1105-07. Rowe-Murray, H. and Fisher, J. Baby friendly hospital practices: cesarean section is a persistent barrier to early initiation of breastfeeding. Birth 2002 Jun; 29(2):124-31. Wang, Y. and Wu, S. Effect of early suckling and emptying the breasts after nursing on exclusive breastfeeding. Zhonghua Fu Chan Ke Za Zhi 1994; 29(8):465-7, 509-10. Widstrom, A., Wahlberg, V., Matthiesen, A. Short-term effects of early suckling and touch of the nipple on maternal behavior. Early Hum Dev 1990; 21:153-63. Yamauchi Y. and Yamanouchi, I. The relationship between rooming-in/not rooming-in and breast-feeding variables. Acta Paediatr Scand 1990; 79:1017-22. Last edited Sunday, September 18, 2005 9:38 PM by jlm. Lely Soraya I @ September 2005 Salam manis, Bunda Nenni & Zahwa
   


Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
selamat malam ?? saya menikah 2 bulan ini lalu saya hamil tapi akhir22 ini saya sangat mu d ah sekali menangis karena suami saya yg tidak perhatian atau saya yg berlebihan ??
   
Jumlah Posts : 111
Jumlah di-Like : 2

Contact Number : 081510123080 (SMS/WHATSAPP) / BBM : D527E0AC

Cara Pemesanan :
1 judul buku : Ketik (KODE BUKU + QTY + ALAMAT LENGKAP)
> 2 judul buku : Via Email / SMS sebutkan kode judul saja.

1. Buku dijamin baru dan original (asli)
2. Pemesanan melalui SMS/WHATSAPP (LIHAT CARA PEMESANAN DIATAS), pemesanan cara lain akan diabaikan
3. Buku yang sudah dipesan tidak dapat dibatalkan kecuali buku tersebut stoknya kosong, uang yang sudah ditransfer akan dikembalikan.
4. Pengiriman melalui JNE dan pembayaran via BCA.
5. Maaf tidak melayani pemesanan di hari libur & bila respon terlambat.

Searching/cari buku hanya dengan tekan (CTRL + F) lalu cari buku yang agan ingin cari.

Berikut daftar harga bukunya gan, koleksi lengkap silahkan pilih...

W1800    BUKU TOP WORDS HARGA --> Rp. 49500
W1801    BUKU TOP WORDS  2 HARGA --> Rp. 49500
W1802    BUKU GIRLS & TECH HARGA --> Rp. 49500
W1803    BUKU KIM HARGA --> Rp. 49500
W1804    BUKU EASY GREEN LIVING HARGA --> Rp. 49500
W1805    BUKU HIDANGAN FAV. ALA MEDITERANIA HARGA --> Rp. 49500
W1806    BUKU MENUJU RUMAH SANG KEKASIH HARGA --> Rp. 49500
W1807    BUKU MOUNTAIN CLIMBING FOR EVERYBDY HARGA --> Rp. 49500
W1808    BUKU THE GAS ROOM HARGA --> Rp. 49500
W1809    BUKU THE GATHERING HARGA --> Rp. 49500
W1810    BUKU SUKSES PRESENTASI DLM B.INGGRIS HARGA --> Rp. 49500
W1811    BUKU DARI JENDELAN HAUZAH HARGA --> Rp. 49500
W1812    BUKU MUSIM GUGUR TERAKHIR DI MANHATTAN HARGA --> Rp. 49500
W1813    BUKU THE VOICES OF DEMONS HARGA --> Rp. 49500
W1814    BUKU SEDEKAH CINTA (HC) HARGA --> Rp. 49500
W1815    BUKU SMART PATIENT HARGA --> Rp. 49500
W1816    BUKU MENJADI MUSLIMAH BAHAGIA HARGA --> Rp. 49500
W1817    BUKU THE SECRET OF HAPPINESS HARGA --> Rp. 49800
W1818    BUKU BK KESEHATAN PALING ANEH SEDUNIA HARGA --> Rp. 49900
W1819    BUKU AGAMA,BUDAYA,& BENCANA #1 HARGA --> Rp. 50000
W1820    BUKU PLURALISME KEWARGAAN HARGA --> Rp. 50000
W1821    BUKU INDRA JATI SIDI (MMU) HARGA --> Rp. 50000
W1822    BUKU BOOSTING LOYALTY MARKETING PER HARGA --> Rp. 50000
W1823    BUKU PEREMPUAN TERLUKA HARGA --> Rp. 50000
W1824    BUKU BANYAK JALAN MENUJU TUHAN HARGA --> Rp. 50000
W1825    BUKU BERANI KORUPSI ITU MEMALUKAN HARGA --> Rp. 50000
W1826    BUKU LISTEN TO THE WIND HARGA --> Rp. 50000
W1827    BUKU RATU KECANTIKAN HARGA --> Rp. 50000
W1828    BUKU SOLD HARGA --> Rp. 50000
W1829    BUKU VIRGIN MARY:PRAWAN SUCI MARYAM HARGA --> Rp. 51000
W1830    BUKU THE SHALLOWS HARGA --> Rp. 52000
W1831    BUKU RICH MOM POOR MOM HARGA --> Rp. 52000
W1832    BUKU SHERLOCK HOLMES (HIKMAH) HARGA --> Rp. 52500
W1833    BUKU INTEGRATING SALES&MARKETING HARGA --> Rp. 52500
W1834    BUKU PANDAYA SRIWIJAYA HARGA --> Rp. 53000
W1835    BUKU SEBENING MATA HATI HARGA --> Rp. 53000
W1836    BUKU MATEMATIKA ASYIKNYA HARGA --> Rp. 53000
W1837    BUKU STRONGER AFTER STROKE HARGA --> Rp. 53000
W1838    BUKU NONVIOLENT SOLDIER OF ISLAM HARGA --> Rp. 54000
W1839    BUKU A GIRL LIKE MOI HARGA --> Rp. 54000
W1840    BUKU AERIE HARGA --> Rp. 54000
W1841    BUKU HIPPOCAMPUS HARGA --> Rp. 54000
W1842    BUKU MASQUE ON THE RED DEATH HARGA --> Rp. 54000
W1843    BUKU SHADOW AND BONE HARGA --> Rp. 54000
W1844    BUKU WHY SAMSUNG HARGA --> Rp. 54000
W1845    BUKU FLYING TRAVELER HARGA --> Rp. 54000
W1846    BUKU THE WEIRD SISTERS HARGA --> Rp. 54000
W1847    BUKU IBU PERTIWI MEMANGGILMU PULANG HARGA --> Rp. 54000
W1848    BUKU SKANDINAVIA HARGA --> Rp. 54000
W1849    BUKU ROMANCE OF THEIR OWN 1:JANGAN  DIA, TAPI AKU HARGA --> Rp. 54000
W1850    BUKU OUTSIDER 2 HARGA --> Rp. 54000
W1851    BUKU JOMBLO TAPI HAFAL PANCASILA HARGA --> Rp. 54000
W1852    BUKU THE LAST WINDOW GIRAFFE-NEW HARGA --> Rp. 54000
W1853    BUKU CINTA UNTUK CEECEE HARGA --> Rp. 54000
W1854    BUKU TWO LOVELY HEARTS HARGA --> Rp. 54000
W1855    BUKU DARKFLAME HARGA --> Rp. 54000
W1856    BUKU KISAH SUKSES BISNIS BARBIE HARGA --> Rp. 54000
W1857    BUKU MY JIHAD HARGA --> Rp. 54000
W1858    BUKU SHAH RUKH KHAN:KING OF BLYWOOD HARGA --> Rp. 54000
W1859    BUKU STOCK MARKET GENIUS HARGA --> Rp. 54000
W1860    BUKU SHADOWLAND HARGA --> Rp. 54000
W1861    BUKU YOU FOR SALE HARGA --> Rp. 54000
W1862    BUKU TWO TRAVEL TALES HARGA --> Rp. 54000
W1863    BUKU MAKRIFAT CINTA HARGA --> Rp. 54000
W1864    BUKU CERTWIT:DAHLAN IS DAHLAN CAN HARGA --> Rp. 54000
W1865    BUKU FORGOTTEN HARGA --> Rp. 54000
W1866    BUKU MOTIVACTION:MIMPI ATAU MATI HARGA --> Rp. 54000
W1867    BUKU CINTA KAMU, AKU HARGA --> Rp. 54000
W1868    BUKU 12 MENIT HARGA --> Rp. 54000
W1869    BUKU BEBAS HIPERTENSI DGN SELF-HYPNOSIS HARGA --> Rp. 54000
W1870    BUKU IMAM SHAMSI ALI HARGA --> Rp. 54000
W1871    BUKU DI BAWAH LANGIT JAKARTA HARGA --> Rp. 54000
W1872    BUKU PATH OF LIFE HARGA --> Rp. 54000
W1873    BUKU MIDDLE SCHOOL 1:THE WORST YEAR OF MY LIFE HARGA --> Rp. 54000
W1874    BUKU PROMISE YOU HARGA --> Rp. 54000
W1875    BUKU GUITAR NOTES:PADA SUATU NADA HARGA --> Rp. 54000
W1876    BUKU REASONS:UNTUK SEBUAH IMPIAN HARGA --> Rp. 54000
W1877    BUKU TRAVEL IN LOVE HARGA --> Rp. 54000
W1878    BUKU CAT ME IF YOU CAN HARGA --> Rp. 54000
W1879    BUKU MIDDLE SCHOOL 3:MY BROTHER IS A BIG HARGA --> Rp. 54000
W1880    BUKU PROMISE: SEMUSIM UNTUK SELAMANYA HARGA --> Rp. 54000
W1881    BUKU SCAPPA PER AMORE 2:HIJRAH HATI DI SENJA HARGA --> Rp. 54000
W1882    BUKU BERGURU KE KIAI BULE HARGA --> Rp. 54000
W1883    BUKU DIALOG ANTRUMAT BERAGAMA DI INDONESIA HARGA --> Rp. 54000
W1884    BUKU DISKURSUS ALTERNATIF DLM ILMU SOS.ASIA HARGA --> Rp. 54000
W1885    BUKU MY LIFE AS ACTOR HARGA --> Rp. 54000
W1886    BUKU PERAMPOK BANGSA-BANGSA HARGA --> Rp. 54000
W1887    BUKU THE EVERYTHING BEDTIME STORIES HARGA --> Rp. 54000
W1888    BUKU PATCH ADAMS HARGA --> Rp. 54500
W1889    BUKU RINDU PURNAMA HARGA --> Rp. 54500
W1890    BUKU ONE PERSON MULTIPLE CAREERS HARGA --> Rp. 54500
W1891    BUKU THE INNER POWER OF MUSLIMAH HARGA --> Rp. 54500
W1892    BUKU THE TEASHOP GIRLS HARGA --> Rp. 54500
W1893    BUKU CHIC DAN CANTIK HARGA --> Rp. 54500
W1894    BUKU SECANGKIR KOPI INSPIRASI HARGA --> Rp. 55000
W1895    BUKU THE MONK WHO SOLD HIS FERRARI HARGA --> Rp. 55000
W1896    BUKU REVLS. BERPIKIR EDWARD DE BONO HARGA --> Rp. 55000
W1897    BUKU MERAH PUTIH DI OLD TRAFFORD HARGA --> Rp. 55000
W1898    BUKU IN COLD BLOOD HARGA --> Rp. 55000
W1899    BUKU A CUP OF COMFORT FOR WEDDINGS HARGA --> Rp. 55000
W1900    BUKU SHINJU HARGA --> Rp. 55000
W1901    BUKU VALUE MARKETING HARGA --> Rp. 55000
W1902    BUKU THE KITE RUNNER - NOVEL GRAFIS HARGA --> Rp. 55000
W1903    BUKU JAUHI PENYAKIT DENGAN MAKANAN MENTAH HARGA --> Rp. 55000
W1904    BUKU NISKALA HARGA --> Rp. 55000
W1905    BUKU CANT SEE YOU, CANT HEAR YOU, (BUKU-1)  HARGA --> Rp. 55000
W1906    BUKU CANT SEE YOU, CANT HEAR YOU, (BUKU 2) HARGA --> Rp. 55000
W1907    BUKU THE HUNDRED FOOT JOURNEY HARGA --> Rp. 55000
W1908    BUKU BERDAMAI DENGAN KANKER HARGA --> Rp. 55000
W1909    BUKU #1 KESATRIA KHATULISTIWA HARGA --> Rp. 55000
W1910    BUKU MY GIRLFRIEND IS A GU MI HO (1) HARGA --> Rp. 55000
W1911    BUKU SHUT UP AND LETS GO #2 HARGA --> Rp. 55000
W1912    BUKU CROSSROAD:TTG ROADTRIP,TORAJA,PIL HATI HARGA --> Rp. 55000
W1913    BUKU MERMAID MELODY HARGA --> Rp. 55000
W1914    BUKU PEREMPUAN CAHAYA HARGA --> Rp. 55000
W1915    BUKU SWEET MISFORTUNE HARGA --> Rp. 55000
W1916    BUKU PBC.TRUE PAL-(LUX) HARGA --> Rp. 55000
W1917    BUKU PBC.HYPNOLICIOUS HARGA --> Rp. 55000
W1918    BUKU PBC.DOUGHNUT BOY ED.SPESIAL HARGA --> Rp. 55000
W1919    BUKU DDP:PRINCESS DAIYU HARGA --> Rp. 55000
W1920    BUKU DDP:PRINCESS KIM YUNG HARGA --> Rp. 55000
W1921    BUKU DDP:PRINCESS NADEERA HARGA --> Rp. 55000
W1922    BUKU DDP:PRINCESS HOSHIKO HARGA --> Rp. 55000
W1923    BUKU RAHASIA 24 MASJID TERUNIK DIDUNIA HARGA --> Rp. 55000
W1924    BUKU DAI:KUMPULAN DONGENG ISLAMI MENAKJUBKAN HARGA --> Rp. 55000
W1925    BUKU KOMIK ISLAMI: RAMADHAN ALA MUSLIM SHOW  (HC) HARGA --> Rp. 55000
W1926    BUKU KOMIK ISLAMI: HIDUP BERTETANGGA ALA M HARGA --> Rp. 55000
W1927    BUKU MONTMARTRE: HATIKU TERTINGGAL HARGA --> Rp. 55000
W1928    BUKU SCB GOLD AKU BALITA SALIH HARGA --> Rp. 55000
W1929    BUKU APAKAH MAINAN YG PALING CANGGIH DI DUNIA? HARGA --> Rp. 55000
W1930    BUKU LENTERA UKHUWAH HARGA --> Rp. 55000
W1931    BUKU MUKJIZAT SABAR-NEW HARGA --> Rp. 55000
W1932    BUKU YUK, AJARKAN AKHLAK DAN IBADAH HARGA --> Rp. 55000
W1933    BUKU #AMOI BERHIJAB HARGA --> Rp. 55000
W1934    BUKU CHAMPION HARGA --> Rp. 55000
W1935    BUKU LEGEND:LOS ANGELES 2130 HARGA --> Rp. 55000
W1936    BUKU THE CHRONICLES OF WILLY  HARGA --> Rp. 55000
W1937    BUKU KEISLAMAN YANG HANIF HARGA --> Rp. 55000
W1938    BUKU KIAI ABDUL JALAL I: SANG PENAKLUK JOGOPATEN HARGA --> Rp. 55000
W1939    BUKU NYAI DUESSELDORF HARGA --> Rp. 55000
W1940    BUKU SPARKLE HARGA --> Rp. 56000
W1941    BUKU AN ILLUSTRATED GUIDE TO THE LOST SYMBOL  HARGA --> Rp. 56000
W1942    BUKU MAVERICK! HARGA --> Rp. 56000
W1943    BUKU LIVING WITH DYSLEXIA HARGA --> Rp. 56000
W1944    BUKU PELANGI MUSIM SEMI HARGA --> Rp. 57000
W1945    BUKU WONDERFUL RADIO HARGA --> Rp. 57000
W1946    BUKU AYO BANGUN!SERI WANITA HARGA --> Rp. 57000
W1947    BUKU BURUNG-BURUNG MIGRAN HARGA --> Rp. 57000
W1948    BUKU DEATH IN THE AIR #2 THE BOY SHERLOCK H. HARGA --> Rp. 57000
W1949    BUKU EYE OF THE CROW #1 THE BOY SHERLOCK H.  HARGA --> Rp. 57000
W1950    BUKU HAPPINESS INSIDE HARGA --> Rp. 57000
W1951    BUKU SAMUDRA PASAI HARGA --> Rp. 57000
W1952    BUKU EVERLASTING HARGA --> Rp. 57000
W1953    BUKU QUANTUM LEARNING HARGA --> Rp. 57000
W1954    BUKU REZEKI NOMPLOK HARGA --> Rp. 57000
W1955    BUKU HANYA DENGAN MENGINGAT MU AKU TENANG HARGA --> Rp. 57000
W1956    BUKU AL-QURAN KITAB ZAMAN KITA HARGA --> Rp. 57000
W1957    BUKU YOU  SUCK : THE VAMPIRE DIARIES HARGA --> Rp. 57000
W1958    BUKU ROOM TO READ HARGA --> Rp. 57500
W1959    BUKU BIRU INDIGO HARGA --> Rp. 57500
W1960    BUKU CANTIK DENGAN SULAM PITA HARGA --> Rp. 57500
W1961    BUKU LOVE IN RAINY DAYS HARGA --> Rp. 57500
W1962    BUKU SAVE YOUR LIFE HARGA --> Rp. 57500
W1963    BUKU 99 TOKOH MUSLIM INDONESIA HARGA --> Rp. 57500
W1964    BUKU ARMY OF ROSES HARGA --> Rp. 57500
W1965    BUKU PETER PAN & THE SHADOW THIEVES HARGA --> Rp. 57500
W1966    BUKU BINTANG DI ATAS ALHAMBRA HARGA --> Rp. 58000
W1967    BUKU COOKING WITH YOU HARGA --> Rp. 58000
W1968    BUKU WHEN GOD WAS A RABBIT HARGA --> Rp. 58000
W1969    BUKU RENCANA BESAR HARGA --> Rp. 58000
W1970    BUKU PRINCESS DEOKHYE HARGA --> Rp. 58000
W1971    BUKU RAMAYANA MAHABARATA HARGA --> Rp. 58000
W1972    BUKU KHASIAT MINYAK ZAITUN HARGA --> Rp. 58000
W1973    BUKU MENANGIS KARENA ALLAH HARGA --> Rp. 58000
W1974    BUKU CINTA PUTIH DI BUMI PAPUA HARGA --> Rp. 58000
W1975    BUKU MENCINTAI KELUARGA NABI HARGA --> Rp. 58000
W1976    BUKU SAMSUNG CODE HARGA --> Rp. 58000
W1977    BUKU THE IRON EMPRESS HARGA --> Rp. 58000
W1978    BUKU ISTANA BLA BLA BLA HARGA --> Rp. 58000
W1979    BUKU GIDEON THE CUTPURSE:PNJLJH WKT HARGA --> Rp. 58000
W1980    BUKU MARY OF NAZARETH HARGA --> Rp. 58000
W1981    BUKU DIET SEHAT DG KODE WARNA MKNAN HARGA --> Rp. 58500
W1982    BUKU THE BEST SCHOOLS HARGA --> Rp. 59000
W1983    BUKU ROMANTIKA GUARDIAN ANGEL  HARGA --> Rp. 59000
W1984    BUKU HOW TO MAKE A BABY MOMMY HARGA --> Rp. 59000
W1985    BUKU MENYIKAPI PERUBAHAN DALAM BISNIS HARGA --> Rp. 59000
W1986    BUKU JURNALISME INVESTIGASI HARGA --> Rp. 59000
W1987    BUKU THE FABULOUS UDIN HARGA --> Rp. 59000
W1988    BUKU ENDER'S GAME HARGA --> Rp. 59000
W1989    BUKU MERDEKA DALAM BERCANDA HARGA --> Rp. 59000
W1990    BUKU DINAMO DIGITAL NATION MOVEMENT HARGA --> Rp. 59000
W1991    BUKU FOR BETTER OR WORSE HARGA --> Rp. 59000
W1992    BUKU DEAR BODYGUARD HARGA --> Rp. 59000
W1993    BUKU EXISTERE HARGA --> Rp. 59000
W1994    BUKU MEMBERANGUS KEADILAN HARGA --> Rp. 59000
W1995    BUKU FRIEND LOVE SHIP HARGA --> Rp. 59000
W1996    BUKU DIBALIK LAYAR SANG PEMIMPI HARGA --> Rp. 59000
W1997    BUKU SLEEP NO MORE HARGA --> Rp. 59000
W1998    BUKU THE FIRST DAY HARGA --> Rp. 59000
W1999    BUKU A DOCTOR WITHOUT BORDERS HARGA --> Rp. 59000
W2000    BUKU JOLT! HARGA --> Rp. 59000

   


Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25

Selamat ya Bunda atas kehamilannya, semoga Bunda dan Janinnya sehat sampai melahirkan nanti..

Kami ada sedikit info tentang tanda awal kehamilan, sesuai dengan artikel di Infobunda yang berjudul Keluhan Umum pada Awal Kehamilan :

Tanda dan gejala awal yang timbul pada awal kehamilan, terkadang dapat juga menjadi suatu keluhan bagi calon ibu baru. Apa saja tanda dan gejala yang biasanya menjadi keluhan tersebut? Mungkin Bunda juga pernah atau bahkan sedang mengalaminya.

Perdarahan atau flek 
Ketika Bunda hamil, Bunda tidak akan mendapatkan menstruasi pada periode berikutnya. Namun banyak wanita yang juga mengalami perdarahan atau flek saat mereka hamil, tetapi biasanya perdarahan akan lebih pendek atau lebih ringan dari periode menstruasi normal. 
Apabila Bunda mengalami keluhan perdarahan pada awal kehamilan, sebaiknya segera memeriksakan diri pada bidan atau dokter Anda, meskipun perdarahan atau flek tersebut nantinya tidak berbahaya pada kehamilan Anda.

Payudara bengkak atau nyeri 
Gejala lain kehamilan yang mungkin mulai terjadi 1-2 minggu setelah pembuahan. Kadar hormon seorang wanita cepat berubah setelah konsepsi. Karena perubahan, payudara mungkin menjadi perih ketika disentuh, merasa sakit, atau bengkak. Sekitar puting, yang disebut areola, mungkin juga menjadi lebih gelap.

Merasa kelelahan 
Keluhan yang juga dapat dimulai pada awal minggu pertama setelah konsepsi. Usahakan untuk memperbanyak istirahat dan mengurangi aktivitas fisik berlebihan.

Mual / Morning Sickness 
Merupakan gejala kehamilan yang sering muncul antara 2-8 minggu setelah pembuahan. Beberapa wanita beruntung untuk tidak berurusan dengan morning sickness sama sekali, sementara yang lain akan merasa mual hampir sepanjang kehamilan mereka.

Nyeri Punggung 
Bila biasanya Bunda tidak punya masalah dengan sakit punggung. Namun kini, punggung bagian bawah terasa nyeri. Jika Bunda benar hamil, gangguan ini dapat menetap hingga melahirkan nantinya. 

Sakit kepala 
Kenaikan hormon tiba-tiba dan meningkatnya sirkulasi darah dalam tubuh Bunda dapat menyebabkan Bunda memiliki sakit kepala di awal kehamilan.

Sering buang air kecil 
Pada sekitar 6-8 minggu setelah pembuahan umumnya menjadi salah satu keluhan pada awal kehamilan, namun Bunda juga harus berhati-hati terhadap kemungkinan iritasi saluran kemih yang mengarah pada infeksi saluran kemih bila timbul gejala lain seperti demam misalnya.

Mengidam makanan tertentu atau keengganan terhadap makanan tertentu 
Banyak wanita akan merasa keinginan untuk makanan tertentu ketika mereka hamil. Padahal sebelumnya bunda tidak begitu suka mangga, tiba-tiba bunda ingin sekali memakan mangga.  Atau tiba-tiba Bunda menjadi tidak menyukai dan tidak tahan terhadap makanan favorit Bunda.

Tips:

Seorang wanita hamil bisa memiliki semua gejala, atau mungkin hanya memiliki satu atau dua gejala kehamilan. Yang harus Bunda ketahui adalah gejala-gejala tersebut mungkin saja disebabkan oleh hal-hal selain kehamilan.  Jika gejala-gejala tersebut telah sangat mengganggu, periksakan diri Bunda pada Bidan atau Dokter.

   
Jumlah Posts : 178
Jumlah di-Like : belum ada like

Saat bayi menangis jangan salah diasumsikan sudah pasti karena lapar. Karena masih banyak sebab lain bayi menangis bun. Yuk kita cari tahu apa saja sih yang membuat bayi menangis

  • Bila lapar

Tangisan bayi saat lapar biasanya terjadi dalam rentan waktu antara 2 sampai 3 jam setelah waktu makan terakhir. Bayi usia 0 sampai 3 bulan biasanya mengeluarkan bunyi “neh” ketika menangis akibat lapar. Bunda juga bisa memperhatikan mulutnya, karena bayi yang menangis karena lapar saat menangis akan membuka-buka mulutnya mencari puting susu ibunya atau mencari apa saja yang bisa dihisap.

  • Bila mengompol atau BAB

Tangisan bayi saat mengompol atau BAB umumnya bernada teratur lalu semakin lama semakin keras, kadang bayi akan menendang-nendang. Bayi usia 3 bulan biasanya menangis dengan mengeluarkan suara “heh” saat tidak nyaman karena popoknya basah. Jika hal ini terjadi, bunda segera mengganti popok bayi untuk mencegah ruam pada kulitnya. Ingatlah selalu gunakan popok bayi yang memiliki sirkulasi udara agar si kecil selalu nyaman saat mengenakan popok bayi.

  • Merasa sendirian

Bayi yang baru lahir selalu membutuhkan rasa aman dengan berada dekat orang tuanya. Nah, inilah yang menyebabkan saat bayi bangun dari tidurnya dan merasa sendirian, ia akan menangis seolah memanggil ayah dan bundanya.

  • Tidak nyaman

Saat bayi berada dalam rasa yang tidak nyaman dia akan menunjukkan rasa tidak nyaman dengan menangis. Misalnya saat mengenakan popok bayi yang tidak nyaman atau berada di keramaian yang sesak dan panas.

  • Saat bosan

Bila bayi bosan karena melakukan aktivitas atau bermain yang itu-itu saja bisa membuat bayi bosan. Saat bosan, bayi akan menangis dengan suara agak datar namun terus menerus. Bunda bisa segera memindahkannya ke ruangan lain atau mengajaknya bermain hal lain agar ia terlihat senang dan perlahan berhenti menangis.

  • Saat bayi merasa lelah atau mengantuk

Jika bayi tiba-tiba mengeluarkan suara “owh” diantara tangisan yang datar dan sesekali berhenti karena menguap maka si kecil merasa mengantuk atau lelah. Sebaiknya bunda jangan menidurkan bayi lewat dari jam tidurnya yah karena hal itu dapat membuatnya rewel dan sulit tidur.

  • Saat bayi sakit

Bila bayi menangis dengan suara melengking keras dan lama, kemudian berhenti sebentar lalu mulai menangis lagi, biasanya ini menjadi tanda bayi sedang sakit. Bunda bisa segera mengatasinya dan mencari penyebab penyakit si kecil.

  • Nyeri atau gatal
    Saat si kecil merasakan nyeri dan gatal maka bayi akan cenderung merintih. Bunda bisa mencari sumber gatal di lipatan tubuh bayi seperti ketiak dan selangkangan yang bisa saja terjadi iritasi.

Semoga info ini bermanfaat yah terutama untuk bunda yang baru melahirkan atau bunda yang sedang menanti kehadiran sang buah hati. 

sumber : ibuhandal & FB Merries

   
23-04-2014 11:19:30 nyeri punggung
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Perdarahan atau flek 
Ketika Bunda hamil, Bunda tidak akan mendapatkan menstruasi pada periode berikutnya. Namun banyak wanita yang juga mengalami perdarahan atau flek saat mereka hamil, tetapi biasanya perdarahan akan lebih pendek atau lebih ringan dari periode menstruasi normal. 
Apabila Bunda mengalami keluhan perdarahan pada awal kehamilan, sebaiknya segera memeriksakan diri pada bidan atau dokter Anda, meskipun perdarahan atau flek tersebut nantinya tidak berbahaya pada kehamilan Anda.


Payudara bengkak atau nyeri 
Gejala lain kehamilan yang mungkin mulai terjadi 1-2 minggu setelah pembuahan. Kadar hormon seorang wanita cepat berubah setelah konsepsi. Karena perubahan, payudara mungkin menjadi perih ketika disentuh, merasa sakit, atau bengkak. Sekitar puting, yang disebut areola, mungkin juga menjadi lebih gelap.


Merasa kelelahan 
Keluhan yang juga dapat dimulai pada awal minggu pertama setelah konsepsi. Usahakan untuk memperbanyak istirahat dan mengurangi aktivitas fisik berlebihan.


Mual / Morning Sickness 
Merupakan gejala kehamilan yang sering muncul antara 2-8 minggu setelah pembuahan. Beberapa wanita beruntung untuk tidak berurusan dengan morning sickness sama sekali, sementara yang lain akan merasa mual hampir sepanjang kehamilan mereka.


Nyeri Punggung 
Bila biasanya Bunda tidak punya masalah dengan sakit punggung. Namun kini, punggung bagian bawah terasa nyeri. Jika Bunda benar hamil, gangguan ini dapat menetap hingga melahirkan nantinya. 


Sakit kepala 
Kenaikan hormon tiba-tiba dan meningkatnya sirkulasi darah dalam tubuh Bunda dapat menyebabkan Bunda memiliki sakit kepala di awal kehamilan.


Sering buang air kecil 
Pada sekitar 6-8 minggu setelah pembuahan umumnya menjadi salah satu keluhan pada awal kehamilan, namun Bunda juga harus berhati-hati terhadap kemungkinan iritasi saluran kemih yang mengarah pada infeksi saluran kemih bila timbul gejala lain seperti demam misalnya.


Mengidam makanan tertentu atau keengganan terhadap makanan tertentu 
Banyak wanita akan merasa keinginan untuk makanan tertentu ketika mereka hamil. Padahal sebelumnya bunda tidak begitu suka mangga, tiba-tiba bunda ingin sekali memakan mangga.  Atau tiba-tiba Bunda menjadi tidak menyukai dan tidak tahan terhadap makanan favorit Bunda.

Tips:

Seorang wanita hamil bisa memiliki semua gejala, atau mungkin hanya memiliki satu atau dua gejala kehamilan. Yang harus Bunda ketahui adalah gejala-gejala tersebut mungkin saja disebabkan oleh hal-hal selain kehamilan.  Jika gejala-gejala tersebut telah sangat mengganggu, periksakan diri Bunda pada Bidan atau Dokter.

   
15-04-2014 11:03:29 perkembangan anak.
Jumlah Posts : 150
Jumlah di-Like : belum ada like
iy dok kalau saat duduk dan diletak kn di dada lehernya udh kuat tp badan nya aja yg belum bsa dia balik kan.
dok apakah ada pengaruhnya kemaren wktu usia nya msih 2 bulan dia tengkurep setelah itu menangis karena lehernya belum bisa tengak apakah bayi tersebut bisa trauma apa yg dia alami kmaren untuk dia ulangi lagi.
   
Jumlah Posts : 9
Jumlah di-Like : belum ada like

Cream perawatan Dan Kecantikan

Cream perawatan Dan Kecantikan seperti cream pemutih wajah, cream pemutih badan, cream pemutih, cream pelangsing, cream pembakar lemak, cream anti selulit, cream penghilang streack mark, cream pembesar payudara, cream pengencang payudara, cream walet, cream penghilang bekas luka, cream anti jerawat.
Dari sekian banyak cream perawatan tubuh dapat kita kelompokkan menjadi dua berdasarkan manfaatnya yaitu cream kecantikan dan cream perawatan.

Cream Kecantikan:

  • cream pemutih wajah - cream yang khusus untuk memutihkan daerah wajah
  • cream pemutih badan - cream pemutih untuk seluruh bagian tubuh
  • cream walet - cream yang berbahan dasar sarang burung walet biasanya di khususkan untuk perawatan kecantikan
  • cream pembesar payudara - cream yang biasanya di gunakan oleh wanita muda yang ingin menambah ukuran payudara bahkan ada juga wanita yang sudah menikah juga menggunakan cream jenis ini karena ukuran payudara yang tidak ideal.

Cream Perawan:

  • cream pelangsing - cream yang bertujuan untuk melangsingkan tubuh karena tidak mencapai ukuran ideal meskipun melakukan diet atau olahraga
  • cream pembakar lemak - cream yang di gunakan untuk menghancurkan lemak di daerah tertentu tertentu
  • cream anti selulit - cream untuk mengencangkan dan menghilangkan selulit karena bekas obesitas
  • cream penghilang streack mark - cream yang dapat menghilangkan atau menyamarkan streack mark, biasanya terjadi setelah melahirkan
  • cream pengencang payudara - cream untuk mengencangkan payudara yang kendor karena menyusui
  • cream penghilang bekas luka - cream yang mampu menghilangkan atau menyamarkan bekas luka seperti bekas luka bakar, terjatuh, bekas jerawat, dan lain-lain
  • cream anti jerawat - cream untuk menghilangkan jerawat dan mencegahnya timbul kembali

Cara Memilih Cream yang Benar !!! 
Cream adalah salah satu bentuk perawatan kulit yang sangat praktis dan bermanfaat. karena kepopulernya bentuk perawatan kulit jenis cream ini kini ada jutaan jenis produk krim baik yang terdaftar secara resmi maupun yang tidak. Selain itu masing-masing produk krim juga memiliki khasiat dan aturan pakai sendiri-sendiri. Akan tetapi tak semua produk krim yang dijual di pasaran cocok untuk jenis kulit Anda. Lantas bagaimana cara memilih krim untuk wajah yang benar? Berikut beberapa tipsnya.

  • Pilih Cream Berdasarkan Manfaat: Sesuwaikan cream yang akan anda pakai dengan kebutuhan kulit anda apakah krim kecantikan atau krim perawatan
  • Pilih Cream Berdasarkan Usia: Sesuwaikan cream yang akan anda gunakan dengan usia anda karena ada beberapa cream yang bisa digunakan untuk segala usia juga ada cream yang di buat berdasarkan umur atau kondisi yang tidak di izinkan seperti masa hamil, menyusui, atau gangguan penyakit tertentu.
  • Pilih Cream Berdasarkan Jenis Kulit : Jenis kulit adalah faktor terpenting yang harus Anda perhatikan sebelum membeli sebuah krim. Ada beberapa macam jenis kulit seperti kulit normal, kulit berminyak, kulit kering, dan kulit kombinasi. Untuk Anda yang berkulit normal, sangat mudah bagi Anda untuk memilih jenis krim yang akan Anda pakai, namun untuk jenis kulit tertentu sebaiknya memilih krim yang khusus dibuat untuk masing-masing jenis kulit. Untuk kulit kering sebaiknya pilih krim yang berfungsi menghidrasi sedangkan untuk kulit berminyak sebaiknya pilih krim yang dapat menyerap dan mencegah keluarnya minyak secara berlebihan.

Selain kulit putih dan sehat yang terpenting dalam memilih krim adalah produk tersebut terbukti aman dan tidak mengandung zat-zat yang berbahaya yang tidak memberikan manfaat bagi kulit Anda. Selalu waspada dan berhati-hati dalam memilih dan menggunakan produk krim untuk mengurangi resiko dan kerugian yang mungkin Anda dapatkan.

   
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Bila menstruasi Bunda tidak datang, periksa dengan test pack kehamilan agar dapat mendeteksi dini bila terjadi kehamilan.

Secara umum ada beberapa tanda awal kehamilan yang dapat membantu mengetahui apakah terjadi kehamilan, tetapi dengan test pack kehamilan dan USG akan dapat mengetahui lebih jelas lagi.

Tanda dan gejala awal yang timbul pada awal kehamilan, terkadang dapat juga menjadi suatu keluhan bagi calon ibu baru. Apa saja tanda dan gejala yang biasanya menjadi keluhan tersebut? Mungkin Bunda juga pernah atau bahkan sedang mengalaminya.


Perdarahan atau flek 
Ketika Bunda hamil, Bunda tidak akan mendapatkan menstruasi pada periode berikutnya. Namun banyak wanita yang juga mengalami perdarahan atau flek saat mereka hamil, tetapi biasanya perdarahan akan lebih pendek atau lebih ringan dari periode menstruasi normal. 
Apabila Bunda mengalami keluhan perdarahan pada awal kehamilan, sebaiknya segera memeriksakan diri pada bidan atau dokter Anda, meskipun perdarahan atau flek tersebut nantinya tidak berbahaya pada kehamilan Anda.


Payudara bengkak atau nyeri 
Gejala lain kehamilan yang mungkin mulai terjadi 1-2 minggu setelah pembuahan. Kadar hormon seorang wanita cepat berubah setelah konsepsi. Karena perubahan, payudara mungkin menjadi perih ketika disentuh, merasa sakit, atau bengkak. Sekitar puting, yang disebut areola, mungkin juga menjadi lebih gelap.


Merasa kelelahan 
Keluhan yang juga dapat dimulai pada awal minggu pertama setelah konsepsi. Usahakan untuk memperbanyak istirahat dan mengurangi aktivitas fisik berlebihan.


Mual / Morning Sickness 
Merupakan gejala kehamilan yang sering muncul antara 2-8 minggu setelah pembuahan. Beberapa wanita beruntung untuk tidak berurusan dengan morning sickness sama sekali, sementara yang lain akan merasa mual hampir sepanjang kehamilan mereka.


Nyeri Punggung 
Bila biasanya Bunda tidak punya masalah dengan sakit punggung. Namun kini, punggung bagian bawah terasa nyeri. Jika Bunda benar hamil, gangguan ini dapat menetap hingga melahirkan nantinya. 


Sakit kepala 
Kenaikan hormon tiba-tiba dan meningkatnya sirkulasi darah dalam tubuh Bunda dapat menyebabkan Bunda memiliki sakit kepala di awal kehamilan.


Sering buang air kecil 
Pada sekitar 6-8 minggu setelah pembuahan umumnya menjadi salah satu keluhan pada awal kehamilan, namun Bunda juga harus berhati-hati terhadap kemungkinan iritasi saluran kemih yang mengarah pada infeksi saluran kemih bila timbul gejala lain seperti demam misalnya.


Mengidam makanan tertentu atau keengganan terhadap makanan tertentu 
Banyak wanita akan merasa keinginan untuk makanan tertentu ketika mereka hamil. Padahal sebelumnya bunda tidak begitu suka mangga, tiba-tiba bunda ingin sekali memakan mangga.  Atau tiba-tiba Bunda menjadi tidak menyukai dan tidak tahan terhadap makanan favorit Bunda.

Tips:

Seorang wanita hamil bisa memiliki semua gejala, atau mungkin hanya memiliki satu atau dua gejala kehamilan. Yang harus Bunda ketahui adalah gejala-gejala tersebut mungkin saja disebabkan oleh hal-hal selain kehamilan.  Jika gejala-gejala tersebut telah sangat mengganggu, periksakan diri Bunda pada Bidan atau Dokter.

   
18-02-2014 14:45:00 tentanf tespeck akurat..
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Test pack urine kehamilan dapat membantu mendeteksi kehamilan secara baik setidaknya 2 minggu setelah masa subur, dengan asumsi pembuahan telah terjadi pada masa subur tersebut. Bila saat ini Bunda sudah mendapatkan hasil yang positif setelah tidak adanya menstruasi, maka dapat di amati tanda-tanda kehamilan lainnya.

anda dan gejala awal yang timbul pada awal kehamilan, terkadang dapat juga menjadi suatu keluhan bagi calon ibu baru. Apa saja tanda dan gejala yang biasanya menjadi keluhan tersebut? Mungkin Bunda juga pernah atau bahkan sedang mengalaminya.


Perdarahan atau flek 
Ketika Bunda hamil, Bunda tidak akan mendapatkan menstruasi pada periode berikutnya. Namun banyak wanita yang juga mengalami perdarahan atau flek saat mereka hamil, tetapi biasanya perdarahan akan lebih pendek atau lebih ringan dari periode menstruasi normal. 
Apabila Bunda mengalami keluhan perdarahan pada awal kehamilan, sebaiknya segera memeriksakan diri pada bidan atau dokter Anda, meskipun perdarahan atau flek tersebut nantinya tidak berbahaya pada kehamilan Anda.


Payudara bengkak atau nyeri 
Gejala lain kehamilan yang mungkin mulai terjadi 1-2 minggu setelah pembuahan. Kadar hormon seorang wanita cepat berubah setelah konsepsi. Karena perubahan, payudara mungkin menjadi perih ketika disentuh, merasa sakit, atau bengkak. Sekitar puting, yang disebut areola, mungkin juga menjadi lebih gelap.


Merasa kelelahan 
Keluhan yang juga dapat dimulai pada awal minggu pertama setelah konsepsi. Usahakan untuk memperbanyak istirahat dan mengurangi aktivitas fisik berlebihan.


Mual / Morning Sickness 
Merupakan gejala kehamilan yang sering muncul antara 2-8 minggu setelah pembuahan. Beberapa wanita beruntung untuk tidak berurusan dengan morning sickness sama sekali, sementara yang lain akan merasa mual hampir sepanjang kehamilan mereka.


Nyeri Punggung 
Bila biasanya Bunda tidak punya masalah dengan sakit punggung. Namun kini, punggung bagian bawah terasa nyeri. Jika Bunda benar hamil, gangguan ini dapat menetap hingga melahirkan nantinya. 


Sakit kepala 
Kenaikan hormon tiba-tiba dan meningkatnya sirkulasi darah dalam tubuh Bunda dapat menyebabkan Bunda memiliki sakit kepala di awal kehamilan.


Sering buang air kecil 
Pada sekitar 6-8 minggu setelah pembuahan umumnya menjadi salah satu keluhan pada awal kehamilan, namun Bunda juga harus berhati-hati terhadap kemungkinan iritasi saluran kemih yang mengarah pada infeksi saluran kemih bila timbul gejala lain seperti demam misalnya.


Mengidam makanan tertentu atau keengganan terhadap makanan tertentu 
Banyak wanita akan merasa keinginan untuk makanan tertentu ketika mereka hamil. Padahal sebelumnya bunda tidak begitu suka mangga, tiba-tiba bunda ingin sekali memakan mangga.  Atau tiba-tiba Bunda menjadi tidak menyukai dan tidak tahan terhadap makanan favorit Bunda.

Untuk mengetahui secara pasti apakah Bunda hamil atau tidak, dapat dilakukan pemeriksaan USG oleh dokter, untuk melihat adanya kantung kehamilan. Jangan lupa minum suplemen asam folat dan zat besi ya.

   
28-01-2014 11:58:48 sakit punggung saat hamil
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Tanda dan gejala awal yang timbul pada awal kehamilan, terkadang dapat juga menjadi suatu keluhan bagi calon ibu baru. Apa saja tanda dan gejala yang biasanya menjadi keluhan tersebut? Mungkin Bunda juga pernah atau bahkan sedang mengalaminya.


Perdarahan atau flek 
Ketika Bunda hamil, Bunda tidak akan mendapatkan menstruasi pada periode berikutnya. Namun banyak wanita yang juga mengalami perdarahan atau flek saat mereka hamil, tetapi biasanya perdarahan akan lebih pendek atau lebih ringan dari periode menstruasi normal. 
Apabila Bunda mengalami keluhan perdarahan pada awal kehamilan, sebaiknya segera memeriksakan diri pada bidan atau dokter Anda, meskipun perdarahan atau flek tersebut nantinya tidak berbahaya pada kehamilan Anda.


Payudara bengkak atau nyeri 
Gejala lain kehamilan yang mungkin mulai terjadi 1-2 minggu setelah pembuahan. Kadar hormon seorang wanita cepat berubah setelah konsepsi. Karena perubahan, payudara mungkin menjadi perih ketika disentuh, merasa sakit, atau bengkak. Sekitar puting, yang disebut areola, mungkin juga menjadi lebih gelap.


Merasa kelelahan 
Keluhan yang juga dapat dimulai pada awal minggu pertama setelah konsepsi. Usahakan untuk memperbanyak istirahat dan mengurangi aktivitas fisik berlebihan.


Mual / Morning Sickness 
Merupakan gejala kehamilan yang sering muncul antara 2-8 minggu setelah pembuahan. Beberapa wanita beruntung untuk tidak berurusan dengan morning sickness sama sekali, sementara yang lain akan merasa mual hampir sepanjang kehamilan mereka.


Nyeri Punggung 
Bila biasanya Bunda tidak punya masalah dengan sakit punggung. Namun kini, punggung bagian bawah terasa nyeri. Jika Bunda benar hamil, gangguan ini dapat menetap hingga melahirkan nantinya. 


Sakit kepala 
Kenaikan hormon tiba-tiba dan meningkatnya sirkulasi darah dalam tubuh Bunda dapat menyebabkan Bunda memiliki sakit kepala di awal kehamilan.


Sering buang air kecil 
Pada sekitar 6-8 minggu setelah pembuahan umumnya menjadi salah satu keluhan pada awal kehamilan, namun Bunda juga harus berhati-hati terhadap kemungkinan iritasi saluran kemih yang mengarah pada infeksi saluran kemih bila timbul gejala lain seperti demam misalnya.


Mengidam makanan tertentu atau keengganan terhadap makanan tertentu 
Banyak wanita akan merasa keinginan untuk makanan tertentu ketika mereka hamil. Padahal sebelumnya bunda tidak begitu suka mangga, tiba-tiba bunda ingin sekali memakan mangga.  Atau tiba-tiba Bunda menjadi tidak menyukai dan tidak tahan terhadap makanan favorit Bunda.

Tips:

Seorang wanita hamil bisa memiliki semua gejala, atau mungkin hanya memiliki satu atau dua gejala kehamilan. Yang harus Bunda ketahui adalah gejala-gejala tersebut mungkin saja disebabkan oleh hal-hal selain kehamilan.  Jika gejala-gejala tersebut telah sangat mengganggu, periksakan diri Bunda pada Bidan atau Dokter.

   
21-01-2014 14:47:38 ciri ciri kehamilan
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Tanda dan gejala awal yang timbul pada awal kehamilan, terkadang dapat juga menjadi suatu keluhan bagi calon ibu baru. Apa saja tanda dan gejala yang biasanya menjadi keluhan tersebut? Mungkin Bunda juga pernah atau bahkan sedang mengalaminya.


Perdarahan atau flek 
Ketika Bunda hamil, Bunda tidak akan mendapatkan menstruasi pada periode berikutnya. Namun banyak wanita yang juga mengalami perdarahan atau flek saat mereka hamil, tetapi biasanya perdarahan akan lebih pendek atau lebih ringan dari periode menstruasi normal. 
Apabila Bunda mengalami keluhan perdarahan pada awal kehamilan, sebaiknya segera memeriksakan diri pada bidan atau dokter Anda, meskipun perdarahan atau flek tersebut nantinya tidak berbahaya pada kehamilan Anda.


Payudara bengkak atau nyeri 
Gejala lain kehamilan yang mungkin mulai terjadi 1-2 minggu setelah pembuahan. Kadar hormon seorang wanita cepat berubah setelah konsepsi. Karena perubahan, payudara mungkin menjadi perih ketika disentuh, merasa sakit, atau bengkak. Sekitar puting, yang disebut areola, mungkin juga menjadi lebih gelap.


Merasa kelelahan 
Keluhan yang juga dapat dimulai pada awal minggu pertama setelah konsepsi. Usahakan untuk memperbanyak istirahat dan mengurangi aktivitas fisik berlebihan.


Mual / Morning Sickness 
Merupakan gejala kehamilan yang sering muncul antara 2-8 minggu setelah pembuahan. Beberapa wanita beruntung untuk tidak berurusan dengan morning sickness sama sekali, sementara yang lain akan merasa mual hampir sepanjang kehamilan mereka.


Nyeri Punggung 
Bila biasanya Bunda tidak punya masalah dengan sakit punggung. Namun kini, punggung bagian bawah terasa nyeri. Jika Bunda benar hamil, gangguan ini dapat menetap hingga melahirkan nantinya. 


Sakit kepala 
Kenaikan hormon tiba-tiba dan meningkatnya sirkulasi darah dalam tubuh Bunda dapat menyebabkan Bunda memiliki sakit kepala di awal kehamilan.


Sering buang air kecil 
Pada sekitar 6-8 minggu setelah pembuahan umumnya menjadi salah satu keluhan pada awal kehamilan, namun Bunda juga harus berhati-hati terhadap kemungkinan iritasi saluran kemih yang mengarah pada infeksi saluran kemih bila timbul gejala lain seperti demam misalnya.


Mengidam makanan tertentu atau keengganan terhadap makanan tertentu 
Banyak wanita akan merasa keinginan untuk makanan tertentu ketika mereka hamil. Padahal sebelumnya bunda tidak begitu suka mangga, tiba-tiba bunda ingin sekali memakan mangga.  Atau tiba-tiba Bunda menjadi tidak menyukai dan tidak tahan terhadap makanan favorit Bunda.

Tips:

Seorang wanita hamil bisa memiliki semua gejala, atau mungkin hanya memiliki satu atau dua gejala kehamilan. Yang harus Bunda ketahui adalah gejala-gejala tersebut mungkin saja disebabkan oleh hal-hal selain kehamilan.  Jika gejala-gejala tersebut telah sangat mengganggu, periksakan diri Bunda pada Bidan atau Dokter.



Infobunda : http://www.infobunda.com/artikel/417-Keluhan-Umum-pada-Awal-Kehamilan.html#ixzz2r17MwC00

   
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Tanda dan gejala awal yang timbul pada awal kehamilan, terkadang dapat juga menjadi suatu keluhan bagi calon ibu baru. Apa saja tanda dan gejala yang biasanya menjadi keluhan tersebut? Mungkin Bunda juga pernah atau bahkan sedang mengalaminya.


Perdarahan atau flek 
Ketika Bunda hamil, Bunda tidak akan mendapatkan menstruasi pada periode berikutnya. Namun banyak wanita yang juga mengalami perdarahan atau flek saat mereka hamil, tetapi biasanya perdarahan akan lebih pendek atau lebih ringan dari periode menstruasi normal. 
Apabila Bunda mengalami keluhan perdarahan pada awal kehamilan, sebaiknya segera memeriksakan diri pada bidan atau dokter Anda, meskipun perdarahan atau flek tersebut nantinya tidak berbahaya pada kehamilan Anda.


Payudara bengkak atau nyeri 
Gejala lain kehamilan yang mungkin mulai terjadi 1-2 minggu setelah pembuahan. Kadar hormon seorang wanita cepat berubah setelah konsepsi. Karena perubahan, payudara mungkin menjadi perih ketika disentuh, merasa sakit, atau bengkak. Sekitar puting, yang disebut areola, mungkin juga menjadi lebih gelap.


Merasa kelelahan 
Keluhan yang juga dapat dimulai pada awal minggu pertama setelah konsepsi. Usahakan untuk memperbanyak istirahat dan mengurangi aktivitas fisik berlebihan.


Mual / Morning Sickness 
Merupakan gejala kehamilan yang sering muncul antara 2-8 minggu setelah pembuahan. Beberapa wanita beruntung untuk tidak berurusan dengan morning sickness sama sekali, sementara yang lain akan merasa mual hampir sepanjang kehamilan mereka.


Nyeri Punggung 
Bila biasanya Bunda tidak punya masalah dengan sakit punggung. Namun kini, punggung bagian bawah terasa nyeri. Jika Bunda benar hamil, gangguan ini dapat menetap hingga melahirkan nantinya. 


Sakit kepala 
Kenaikan hormon tiba-tiba dan meningkatnya sirkulasi darah dalam tubuh Bunda dapat menyebabkan Bunda memiliki sakit kepala di awal kehamilan.


Sering buang air kecil 
Pada sekitar 6-8 minggu setelah pembuahan umumnya menjadi salah satu keluhan pada awal kehamilan, namun Bunda juga harus berhati-hati terhadap kemungkinan iritasi saluran kemih yang mengarah pada infeksi saluran kemih bila timbul gejala lain seperti demam misalnya.


Mengidam makanan tertentu atau keengganan terhadap makanan tertentu 
Banyak wanita akan merasa keinginan untuk makanan tertentu ketika mereka hamil. Padahal sebelumnya bunda tidak begitu suka mangga, tiba-tiba bunda ingin sekali memakan mangga.  Atau tiba-tiba Bunda menjadi tidak menyukai dan tidak tahan terhadap makanan favorit Bunda.



Infobunda : http://www.infobunda.com/artikel/417-Keluhan-Umum-pada-Awal-Kehamilan.html#ixzz2n3AN4y61