SITE STATUS
Jumlah Member :
493.621 member
user online :
1298 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: jika tembuni lengket saat hamil

New Topic :  
25-08-2015 09:51:18 tanda putih seperti albino
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda, tanda lahir baik hiperpigmentasi , hipopigmentasi ataupun depigmentasi (tidak ada pigmen melanosit) seringkali keadaan genetik dan didapat dari keturunan. Namun Bunda dapat mencoba yang terbaik dengan cara memenuhi asupan nutrisi yang baik. PAda suatu penelitian didapati bahwa anak dengan asupan nutrisi yang buruk terutama asupan copper (tembaga) dan selenium yang buruk bisa mendapatkan keadaan hipopigmentasi. Asupan nurtisi yang kaya akan copper dan selenium antara lain seafood (makanan laut terutama kerang), daging, hati, kacang-kacangan dan lainnya. Pastikan berbagai asupan ini dimasak dengan baik dan terhindari dari polutan serta parasit jika Bunda mengonsumsinya saat hamil ya.

   


Jumlah Posts : 41
Jumlah di-Like : belum ada like
Sebaiknya pemeriksaan lab dilakukan
sebelum kehamilan, tapi pada kenyataannya
sering dilakukan di awal pemeriksaan
kehamilan. Umumnya pemeriksaan lab
meliputi:
Pemeriksaan urine lengkap, meliputi
kadar gula, protein, dan bakteri uria dalam
urine.
TORCH, untuk mendeteksi infeksi TORCH,
yaitu Toksoplasmosis, Other (antara lain
Sipilis, Klamidia, dll.), Rubella,
Cytomegalovirus (CMV) dan Herpes.
Infeksi TORCH pada ibu hamil dapat
menyebabkan keguguran, bayi lahir
prematur, serta kelainan/kecacatan janin.
Kadar hemoglobin (sel darah merah),
untuk mengetahui apakah ibu terkena
anemia atau tidak. Anemia membuat ibu
hamil mudah lelah dan dapat berbahaya
jika terjadi perdarahan saat hamil serta
melahirkan.
Golongan darah dan rhesus (Rh), untuk
mendeteksi kalau-kalau ada
ketidaksesuaian golongan darah dan
rhesus, terutama pada ibu hamil golongan
darah O dan rhesus negatif.
Ketidakcocokan dapat menyebabkan
gangguan pada bayi. Selain itu,
pemeriksaan ini juga penting bila
dibutuhkan transfusi darah selama hamil
atau saat melahirkan.
Tes darah khusus untuk kelompok
berisiko, yaitu tes untuk mendeteksi
penyakit yang membahayakan janin
(seperti diabetes dan HIV), kelainan
genetik yang bisa memengaruhi janin
(semisal talasemia), cacat janin atau
triple-test (deteksi sindroma Down), serta
pemeriksaan ACA (anticardiolipin) untuk
mengetahui ada-tidak kelainan
pengentalan darah.
   
09-10-2013 18:45:18 kurang tidur saat hamil
Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : belum ada like
dear bubid dan budok mau tanya jika kurang tidur saat hamil di waktu malam itu berpengaruh buat janin atau tidak? karena jika kebangun sulit tidur lagi. saya baca buku juga bumil ideal tidur 8 - 10 jam stiap harinya. mohon penjelasan nya. terima kasih.
   


09-03-2011 16:34:02 memasuki 26w mata kabur
Jumlah Posts : 64
Jumlah di-Like : 1
Bund2...usia khamilan QT sma yaaa, dan sma jga ney jgn kluhan bund2 skrg. aku jga semakin kabur pandangannya...kepala jga sering pusing. sya pernah bca artikel spt : Kehamilan 17 Tanda Darurat saat Hamil Gejala tertentu saat hamil kadang butuh pertolongan dokter segera. Jika ibu menemui gejala-gejala berikut ini, itu artinya alarm tanda bahaya telah berbunyi, dan segeralah telepon dokter untuk meminta saran tindakan apa yang seharusnya dilakukan.
1.Sakit perut yang hebat atau bertahan lama,
2.Perdarahan atau terjadi bercak dari vagina,
3.Bocornya cairan atau perubahan dalam cairan yang keluar dari vagina. Yakni jika menjadi berair, lengket, atu berdarah.

4.Adanya tekanan pada panggul, sakit di punggung bagian bawah, atau kram sebelum usia 37 minggu kehamilan.
5.Pipis yang sakit atau terasa seperti terbakar.
6.Sedikit pipis atau tidak pipis sama sekali.
7.Muntah berat atau berulangkali, atau muntah disertai sakit atau demam.
8.Menggigil atau demam di atas 101 derajat Fahrenheit (38,3 C).
9.Rasa gatal yang menetap di seluruh tubuh, khususnya jika dibarengi kulit tubuh menguning, urine berwarna gelap, dan feses berwarna pucat. 

10.Gangguan penglihatan, seperti pandangan ganda, pandangan kabur, buram, atau ada titik mata yang terasa silau jika memandang sesuatu.

11.Sakit kepala berat yang bertahan lebih dari 2-3 jam.
12.Pembengkakan atau terasa berat akibat cairan (edema) pada tangan, muka dan sekitar mata, atau

13penambahan berat badan yang tiba-tiba, sekitar 1 kilo atau lebih, yang tidak berkaitan dengan pola makan.

14.Kram parah yang menetap pada kaki atau betis, yang tidak mereda ketika ibu hamil menekuk lutut dan menyentuhkan lutut itu ke hidung.

15.Penurunan gerakan janin. Sebagai panduan umum, jika terjadi kurang dari 10 gerakan dalam 2 jam pada kehamilan minggu ke-26 atau lebih, artinya kondisi janin tidak normal

16.Trauma atau cedera pada daerah perut.
17.Pingsan atau pusing-pusing, dengan atau tanpa palpitasi (pupil mata menyempit).

Masalah kesehatan lain yang biasanya membuat ibu telepon ke dokter, meski jika tidak sedang hamil. Perlu dicatat, gejala-gejala diatas mungkin lebih atau kurang mendesak tergantung pada situasi khusus atau riwayat kesehatan ibu dan sudah berapa minggu ibu jalani kehamilan. Sebelumnya, mungkin ada baiknya jika ibu dan dokter mendiskusikan bersama berbagai titik di masa kehamilan yang mungkin bisa menimbulkan kondisi darurat. Jika ibu hamil tak yakin apakah gejala itu serius atau tidak, jangan menyimpulkannya dengan pikiran sendiri. Jika ibu hamil merasa tidak mudah memutuskannya, percayalah pada insting dan segera telepon dokter. Jika ada masalah, ibu akan mendapat pertolongan segera. Jika tidak ada masalah pun, ibu akan merasa aman kembali. Tubuh ibu hamil berubah dengan cepat sehingga sukar mengetahui apakah yang ibu alami itu normal atau tidak.

sepertinya lbh baik konsultasikan keluhan kita k spog-nya lgs yah bun, biar QT dpt penanganan yg tepat.


^hepi pregnant y bund^
   
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
saya hamil 32 weeks bunda, dan muncul Sedikit strechmark pada pinggang saya, saya pakai cream dermatix ultra + minyak zaitun
saya fikir minyak zaitun bisa meminimalisir terjadunya lagi strechmark baru
dan saya fikir juga dermatix bisa menghilangkan strechmark.krna banyak artikel yg saya baca kalau strecark dapat hilang jika masih baru ..
saya mau tanya amankah penggunaan dermatix ultra saat hamil?
   


21-11-2016 09:13:38 Penderita asma saat hamil
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like

Saya sedang hamil 5 minggu,,saya penderita asma,,kdg2 asma saya suka kambuh,,apa yg harus saya lakukan jika asma sedang kambuh?mau minum obat saya takut karna blm ada konsul sm dokter,,obat yg biasa sy pakai saat asma theobron syrup,,apakah aman dikonsumsi saat hamil?

Mohon jawabanx,, terima kasih...

   
21-07-2016 19:17:29 hamil 28 week tp ambien
Jumlah Posts : 12
Jumlah di-Like : belum ada like
saya hamil sudah 28 mgu,ini anak kedua,waktu melahirkan anak pertama ambien kluar,dan skrg anak pertama berumur 7 th, tidak ada pendarahan cuma kadang bengkak dan susah di masukan lagi,slama ini cuma kambuh jika salah makan,tp saat hamil kedua ini, usia kandungan 5 bln sudah kluar dan kadang susah masuk,rasanya panas dan perih... apakah saya bisa melahirkan normal dok...
cuma saya sudah tidak bisa berjalan lama krn jika capek ambien akn sakit,usia sy skrg 36 trimaksih
   
01-06-2016 14:56:21 diet selama hamil
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,
Untuk memperlambat kenaikan berat badan yang terlalu cepat dan besar saat kehamilan, yaitu dengan memperhatikan asupan makanan dan olahraga. Kurangi makanan yang mengandung tinggi lemak dan tinggi kalori misalnya dengan mengganti kudapan yang biasanya mengandung kandungan gula atau  karbohidrat dan lemak yang tinggi menjadi kudapan yang sehat  rendah kalori ( air putih daripada minuman manis atau minuman berkarbon, susu skim rendah lemak di bandingkan susu dengan lemak, keju rendah lemak dll).  Olahraga yang teratur serta di sesuaikan pada keadaan hamil juga dapat membantu mempertahankan kebugaran dan berat badan yang diinginkan. Oatmeal merupakan makanan yang mengandung nutrisi yang di butuhkan tubuh, oatmeal cepat saji sebaiknya di hindai. Batasi asupan makanan termasuk oatmeal jika berat badan saat ini sudah termasuk berlebih.

Bagaimana Pola diet yang sudah Bunda jalani selama ini?

   
20-05-2016 20:41:47 obat flu untuk ibu hamil
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8

Dear bunda Mey Wulan,

Saat hamil sebaiknya konsumsi obat dibatasi, terlebih obat-obatan yang dijual bebas dipasaran, karena berpotensi membahayakan pertumbuhan janin. Jika terserang flue sebaiknya perbanyak istirahat, perbanyak konsumsi air putih, dan vitamin yang dapat memperkuat daya tahan tubuh. Obat flue yang relatif aman untuk dikonsumsi saat dalam masa kehamilan adalah Terbutaline, N,Acetyleysteine, dan diphenhydramine. Bila tanda kesembuhan tidak juga tampak, maka pemeriksaan serta pengobatan dokter hharus dilakukan, karena kemungkinan pemberian obat jenis lain dan antibiotik perlu ditambahkan pada kasus yang tidak kunjung sembuh.

   
02-04-2016 14:15:27 stress saat hamil
Jumlah Posts : 17
Jumlah di-Like : belum ada like
Maaf sebelumnya saya keluh kesah karena saya bingung curhat kemana, mau curhat kekeluargaku aku ga mau mereka khawatir karena mamaq lgi sakit, sebenarnya mamaq sdh wanti2 hati2 tinggal dgan mertua, q cuek ajja q blang baik2 aj camerq. Padhl sebnrny bnar ap kta mama, tpi q krena suami pengen cpt nikah n sllu menungguq study 6 thun q menghargai keputusan suamiq segera menikah sebenrny q jga tkut kehilangannya.
Q sdah menikh ma suami, suamiq punya rumah tpi mertua ikut suamiq karena suamiq ank bungsu, seblum nkah mertuaq meminta q pke kb, q blang ia, q tanya ma suamiq katanya jangan kalo kering peranakan q lega suamiq ga mau q pke kb sebenarnya q emang ga mau soalny bnyk kejadian teman n tanteq ga punya ank karena kb. Tpi q diam aj sampai menikah, setelh menikh beliau tanya ma q sdh be kb ? Q blang suami ga ijini. Malah beliau bilang sna cpat be kb jangn blang ke suami. Sontak q kaget q cma nyengir ajja n diam. Padhl q ga mau ga q laksankan.
Setelh 3 blan menikah q hamil . setiap blan beliau sllu nanya q udh DB blm, q kesel dlm hati takt banget q punya anak takut jtuh mskin ap, q tlat mens q bilang mungkin hamil, beliau seteru salah sendiri ga pke kb, dalam hati wong q pengen punya anak.
Q selama hamil mau kerja di tempat kakaq yg jaraknya 12 km dri rumahq setiap hari, q bla dirumah rasa ga enakkkn aj banyk santai, malah bu mertua nyaranin aneh kalo hamil bawa loncat2 q bingung msh hamil mda ko loncat2, q cengerin aj.
Hamil muda kn wajr q mual2 malas makan aplgi mask beliau cuek gtu, beliau nyaranin makan sayur telat saat kandunganq bermasalh, jika beliau ngerti ya masakin buat calon cucuny, tpi beliau cuek . q ya nutrisi janin q kra dengan susu tercukupi. Soalnya sebelum hamil q ska makan sayur, saat hamil eneg meliat sayur, jdi mlas masak. Apabila suamiq puasa sunah ga mau sahur suamiq, mertuaq malah ga masak q posisi mual qpaksain masak. Beliau malah cuek q lgi hamil ga suka apa ad cucu drahimq pikirq dlm hati.

Jelang 10 w q pendarahan, sedih banget..... , mertuaq dtang2 nyalahin q ga mau q mkan sayur lh q sering perjalanan jauh lh katany lupa ngasih tau kalo jalan2 nae motor sering tu bahaya bagi janin, gumam dalam hatiq lupa atau sengaja , n nyaranin mke kb tambah sedih q nya.
Malah q setelah keluar dri Rs mertuaq maskin buatq, katany biar kuat pasca keguguran, entah q berpikir knapa masakin q saat q keguguran, lgi q hamil di cuekkin.
Q pernh ceritain ma suamiq ttg keluargany tpi dia malah cuek n nyalahin q. Tambh sedih q nya, q mau hamil lgi kata dokter bleh langsung, tpi q diam aj mertuaq blum tau q berncana mau hamil lgi. Tpi q hamil ke dua q harus dirumah.
bunda q mau solusi gmana q betah dirumah ya saat kehamilan biar ga stress tinggl dg mertua?? doa ap yg harus q lakukan menenangkn hati tinggl dirumah, q ga mau strees saat hamil .. Q berharap hamil ke 2 janin sehat n selamat dunia akhirat...
   
29-03-2016 22:06:53 obat sakit gigi
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8

Dear bunda Putri Nayla,

Saat hamil memang rentan terhadap sakit gigi dan peradangan pada gusi. Hal ini dipengaruhi oleh faktor hormon kehamilan yang membuat gusi menjadi lebih sensitif. untuk mengurangi keluhan sakit gigi, disarankan untuk berkumur dengan setengah gelas air hangat yang dicampur dengan seperempat sendok garam dapur, kompres dingin pada daerah pipi tepat disisi luar gigi yang sakit, menggunakan obat gigi oles, jika masih terasa sakit, konsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol ataupun asam mefenamat. Apabila keluhan masih dirasakan dan semakin mengganggu, disarankan untuk memeriksakan secara langsung pada dokter spesialis gigi dan mulut, untuk terapi serta tindakan yang tepat.

   
Jumlah Posts : 26
Jumlah di-Like : belum ada like
nyeri leher saat hamil jika minum es
   
09-02-2016 08:41:51 Tekanan darah tinggi
Jumlah Posts : 12
Jumlah di-Like : belum ada like
Kalau saya boleh beri saran, lebih baik coba datang ke tenaga kesehatan jika keadaan tekanan darah (TD) bunda masih dalam keadaan tinggi.
Tapi sebelum itu, coba cek TD bunda untuk yang kedua kalinya, 15 menit setelah bunda melakukan cek TD yang pertama tadi. Usahakan selama 15 menit tersebut bunda beristirahat sejenak, barang kali TD yang naik tersebut di akibatkan karena aktivitas bunda yang melelahkan.
Jika kondisi TD bunda masih tetap tinggi, bunda boleh berkonsultasi dengan pihak tenaga medis.
Untuk obat-obatan penurunan TD yang aman untuk janin biasanya akan diberikan oleh dokter sp. Kandungan tersendiri.
Jika dari pihak kebidanan, biasanya memberikan asuhan berupa saran dalam konsumsi makanan (misalnya sayur, buah, daging tanpa lemak, dan susu rendah lemak. Hindari makanan yang mengandung garam tinggi), hindari pula merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol, terapkan selalu gaya hidup sehat saat hamil, dan rutin berolahraga yang aman untuk ibu hamil.
   
Jumlah Posts : 12
Jumlah di-Like : belum ada like
@Bunda Dewi: Sperma mengandung suatu zat tertentu yang bisa menyebabkan reaksi sensitif pada mulut rahim, dan hal ini akan sangat berbahaya untuk janin. Maka ketika berhubungan seks saat hamil, sebaiknya sperma dikeluarkan di luar vagina atau dengan menggunakan kondom.
Meski mengandung protein, sperma sebenarnya tidak memiliki manfaat bagi perkembangan janin. Sperma justru akan berbahaya bagi janin. Zat dalam sperma ini akan memicu reaksi kontraksi dini, sehingga bisa menyebabkan kelahiran prematur, atau ancaman keguguran jika usia kehamilan masih muda.

Semoga bisa menjawab pertanyaannya ya Bun. ☺