SITE STATUS
Jumlah Member :
493.641 member
user online :
1201 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: jari kelingking kaki bengkak

New Topic :  
Jumlah Posts : 13
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda oryza: iya bun kaki dan jari tgn kaki bengkak. malah tgn ku tiap pagi bengkak + kebas. kt dokter emang gitu.. normal bun jd jgn takut. nti abis lahiran normal lg kog
   


Jumlah Posts : 37
Jumlah di-Like : belum ada like
saya anak pertama juga melintang, bunda2. waktu itu 34w. dokter sblmnya ngga blg apa2, cuma baik2 terus sejak awal. ketauannya pas uda 34w ini saya putuskan ganti dokter trus malah dokter baru nanya apa dokter sebelumnya nggak bilang kalo baby nya melintang begini? disarankan oleh dokter bersujud dengan dada menempel d lantai, 2 tangan di sisi kepala, kepala miring ke salah satu sisi. tahan 8 hitungan, lakukan 8x sehari. saya bantu dengan terapi penghangatan dengan semacam rokok bernama MOXA pada ujung luar jari kelingking kaki, kanan kiri bergantian. pada waktu kontrol lagi sekitar 36w, posisi baby sudah kembali bagus.

moxa bisa dibeli di toko obat China atau tempat terapi tusuk jarum/ akupunktur terdekat di kota bunda2. murah kok. sebatang nya saya dulu beli 5000. bisa dipakai berkali2 juga.

semoga bisa sedikit membantu
   
Jumlah Posts : 128
Jumlah di-Like : belum ada like
Bunda Talla usia kandungan berapa? Sy jg kdg gt bun usia kandungan 30w, katanya sih krn debaynya udah mulai besar jd menekan kebawah, miss v jd rada linu gt, normal kok bun, kalau linu langsung ist aja bun. Jari tangan & kaki yg bengkak jg biasa tjd pd ibu hamil bun apalagi kalau kecapean, biar nggk terlalu bengkak coba direndam pakai air anget & garam bun, sy kalau abis rendam kaki biasanya lebih enak kakinya & bengkak berkurangâ˜ș
   


01-04-2016 09:36:41 Kelahiran Pada Bulan Mei 2016
Jumlah Posts : 9
Jumlah di-Like : belum ada like
waah, tmbah rame forum ny. :)
skrg q 35week bund. masih terkendala sama kaki bengkak yg tmbah bengkak. kalo malem q ganjel pas tidur. tp udah jarang q pake jalan2 pg. soale tmbah bengkak jadinya.
perut masih gatel. q pakein minyak telon, biar anget juga. kalo gatel2 d kaki, rasanya ini bukan herpes sih. gatel biasa aja. lagian q juga gampang gatel kulitnya. dan karena kaki bengkak, ngefek ke sela2 jari kaki yg jadi kutu air. hmm..
alhamdulillah baby q kembar bund. jadi perutnya gede. berasa makin tipis kulit perut. debay gontok2an tuh rasanya woow.. :) perut udh mentok sama paha kalo dipake duduk. bb q naiknya jg banyak banget. hampir 30kg.
3harian ini pinggang belakang udah berasa bengkak aja. payudara jg gitu. berasa bengkak, ngefek sakit semua ke badan.
smoga lancar persalinannya yah bunda2..
udh gak sabar nungguin debay lahir. :D
   
01-04-2016 09:35:34 Kelahiran Pada Bulan Mei 2016
Jumlah Posts : 9
Jumlah di-Like : belum ada like
waah, tmbah rame forum ny. :)
skrg q 35week bund. masih terkendala sama kaki bengkak yg tmbah bengkak. kalo malem q ganjel pas tidur. tp udah jarang q pake jalan2 pg. soale tmbah bengkak jadinya.
perut masih gatel. q pakein minyak telon, biar anget juga. kalo gatel2 d kaki, rasanya ini bukan herpes sih. gatel biasa aja. lagian q juga gampang gatel kulitnya. dan karena kaki bengkak, ngefek ke sela2 jari kaki yg jadi kutu air. hmm..
alhamdulillah baby q kembar bund. jadi perutnya gede. berasa makin tipis kulit perut. debay gontok2an tuh rasanya woow.. :) perut udh mentok sama paha kalo dipake duduk. bb q naiknya jg banyak banget. hampir 30kg.
3harian ini pinggang belakang udah berasa bengkak aja. payudara jg gitu. berasa bengkak, ngefek sakit semua ke badan.
smoga lancar persalinannya yah bunda2..
udh gak sabar nungguin debay lahir. :D
   


Jumlah Posts : 47
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda2 da yg kakinya bengkak ga.uk skrg 38w jari kaki n jari tangan pd bengkak.pdhl sblmny egk.buat gerak jd kaku gtu..
   
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
Ass bunda" semua.. saya rahma, menurut dokter kandungan saya Hpl tgl 5 september.. keluhan yg saya rasakan kaki bengkak, jari kaki dan tanggan pegal sampai tulang seperti asam urat.. kira" obat yg bagus apa ya untuk mengurangi rasa sakit ny
   
10-02-2015 16:55:37 nyeri kaki
Jumlah Posts : 175
Jumlah di-Like : belum ada like

subhanallah ya Bunda Marizka :), masih kuat gotong :D ... hehehe....#maaf ya bund, bercanda#

saya bantu kutip info dari artikel mengenai keluhan saat hamil yaa ... ( http://www.infobunda.com/pages/articles/artikelshow.php?id=123&catid=4 )

"

Pegal-pegal
Penyebabnya bisa karena ibu hamil kekurangan kalsium atau karena ketegangan otot. Sepanjang kehamilan, boleh dibilang ibu membawa beban berlebih. Otot-otot tubuh juga mengalami pengenduran sehingga mudah merasa lelah. Hal inilah yang membuat posisi ibu hamil dalam beraktivitas apa pun jadi terasa serba salah. Penyebab lainnya, yaitu ibu hamil kurang banyak bergerak atau olahraga.
Solusinya :
Amat disarankan untuk senantiasa menyempatkan waktu berolahraga atau setidaknya beraktivitas ringan. Ibu hamil pun sebaiknya menjaga sikap tubuh. Ibu diwajibkan mengonsumsi susu dan makanan yang kaya kalsium. Menggunakan koyo? Boleh-boleh saja.

 

Kram dan sakit pada kaki
Menjelang akhir kehamilan tangan dan kaki sering mengalami kekakuan. Bagian tubuh tersebut agak membengkak sedikit karena menyimpan cairan. Akibatnya syaraf jadi tertekan. Tekanan ini terasa sakit seperti ditusuk-tusuk jarum. Sehingga tangan dan kaki tidak merasakan apa-apa dan ototnya jadi lemah. Gejala ini terasa waktu bangun tidur di pagi hari dan membaik di siang hari. Penyebabnya diperkirakan karena hormon kehamilan, kekurangan kalsium, kelelahan, tekanan rahim pada otot, kurang bergerak sehingga sirkulasi darah tidak lancar.
Solusinya :
Saat kram terjadi, yang harus dilakukan adalah melemaskan seluruh tubuh terutama bagian tubuh yang kram. Dengan menggerak-gerakkan pergelangan tangan dan mengurut bagian kaki yang terasa kaku bisa membantu menghilangkan kekakuan. Selain itu, pada saat bangun tidur jari kaki ditegakkan sejajar dgn tumit utk mencegah kram mendadak. Agar kram tidak sampai mengganggu, atasi dengan mengkonsumsi banyak kalsium, minum air putih yang banyak, melakukan senam ringan, dan cukup istirahat.

 

Kaki bengkak (Edema)
Sekitar 75% wanita hamil pasti mengalami pembengkakan pada kaki (edema), yang umumnya terjadi pada trimester akhir. Penyebabnya bisa karena ibu terlalu banyak diam. Secara fisiologis, ibu hamil memang menanggung beban tambahan yang akan semakin memperlambat aliran darah pada pembuluh darah vena. Kaki bengkak selanjutnya bisa memicu tekanan darah tinggi atau malah preeklamsi. Sebenarnya, kaki bengkak bukan disebakan karena banyaknya mengkonsumsi garam. Ibu hamil boleh-boleh saja mengonsumsi makanan yang mengandung garam seperti sebelum hamil.
Solusinya : 
Lakukan cukup olahraga dan sebisa mungkin tidak bersikap statis atau berdiam diri dalam posisi yang sama berlama-lama. Saat Anda duduk, sebisa mungkin selalu luruskan kaki. Sempatkan untuk beristirahat sejenak di sela-sela aktivitas dan tidur dengan posisi berbaring pada sisi kiri tubuh. Anda sebaiknya mulai mewaspadai pembengkakan pada kaki bila diikuti juga dengan berat badan yang meningkat drastis, naiknya tekanan darah serta kadar protein dalam urin. Bisa jadi gejala tersebut merupakan tanda bahwa Anda mengidap pre-eclampsia."

semoga membantu ya informasinya ... 

   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25

Hai Bunda Delia Yonata,

Berikut kami berikan informasi berkaitan dengan pertanyaan Bunda mengenai kaki bengkak saat hamil, yang pernah ditanyakan oleh Bunda kiky anida pada fitur Tanya Dokter berjudul Kaki Bengkak Pada Kehamilan :

Pertanyaan : salam kenal dokter :) dok, saya mau tanya mengenai kehamilan. saat ini kandungan saya masuk ke 22 minggu. yang ingin saya tanyakan adalah knp saat kandungan saya masih berusia 8 minggu kaki saya sudah bengkak ? apakah pengaruh apabil pekerjaan saya harus byk berdiri dan jalan ? dan pada saat skrg ini saya sering mengalami kesemutan di jari tangan khususnya jari tangan kanan, apakah penyebabnya ? dan saya ingin bertanya mengenai ASI, bisakah asi kita produksi lebih byk sblm melahirkan ? bagaimana caranya ? terima kasih atas perhatiannya :)

Jawaban dr. Tanti : Dear Bunda anida kristini (kiky anida), Terjadinya bengkak pada kaki, karena bertambahnya berat badan anda yang harus ditopang oleh tubuh, dan bertambahnya beban aliran darah balik yang harus di pompakan oleh vena ke jantung. Angkat kaki anda dalam posisi lebih tinggi dari badan dan kepala untuk memperbaiki alian darah ke jantung saat anda beristirahat. Selain itu selalu periksakan tekanan darah anda kepada dokter kandungan anda, karena salah satu tanda-tanda terjadinya pre eklampsia (keadaan tekanan darah tinggi pada kehamilan) yang dapat dilihat dari perubahan fisik adalah pembengkakan pada kaki, wajah dan kelopak mata anda. Perhatikan asupan nutrisi anda dengan mengkonsumsi makanan sehat agar produksi ASI anda dapat tercukupi.

   
27-08-2014 11:06:12 mual
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25

Hai Bunda,

Pada masa kehamilan, Bunda akan mengalami beberapa perubahan hormon dan juga fisik, seperti yang dijelaskan pada artikel yang berjudul "Keluhan-Keluhan Ringan Saat Hamil Dan Solusinya" berikut:

Saat hamil kondisi fisik berubah. Banyak keluhan yang muncul. Tak semuanya berat tapi ada juga yang ringan dan tak perlu penanganan lebih lanjut. Apa sajakah dan bagaimana mengatasinya?

Pusing
Keluhan ini merupakan keluhan awal dan umum terjadi. Pengaruh hormon saat kehamilan yang menjadi penyebabnya. Hormon progesteron memicu dinding pembuluh darah melebar. Sehingga mengakibatkan terjadinya penurunan tekanan darah dan membuat calon ibu merasa pusing. Keluhan ini akan hilang dengan sendirinya.
Solusinya:
Penanganan yang tepat tentu harus dengan mengetahui lebih dulu penyebabnya. Bila akibat pengaruh hormonal, penanganannya cukup dengan tidur dan menghindari stres. Sementara bila karena anemia dan hipertensi, mau tidak mau harus diatasi dulu faktor penyebabnya. Sedangkan jika karena tekanan darah rendah, kurangi aktivitas dan hemat pengeluaran energi. Juga hindari gerakan mendadak seperti dari posisi duduk atau jongkok langsung ke posisi berdiri. Kalaupun merasa perlu menelan obat antisakit kepala lantaran tak kuat lagi menahannya, pilihlah yang paling aman. Salah satunya parasetamol yang masih bisa ditoleransi untuk dikonsumsi ibu hamil sekalipun tanpa resep dokter.

Mual dan Muntah
Menurut Dr. HM. Bayu Wahyudi, MOH, SPOG, sekitar 50 hingga 70 persen wanita hamil akan mengalami rasa mual dan terkadang disertai pegal, pusing hingga meriang. Hal ini merupakan gejala normal yang muncul pada trimester pertama kehamilan di usia 6-14 minggu. Keluhan ini kerap dikenal dengan istilah Morning Sickness. Morning sickness terjadi karena plasenta yang berkembang dan menghasilkan sejenis hormon HCG. Hormon ini prosentasenya meninggi sesuai dengan pertumbuhan plasenta. Diperkirakan, hormon inilah yang mengakibatkan muntah melalui rangsangan terhadap otot dari poros lambung. Makin tinggi hormon ini makin cepat merangsang muntah. Sebenarnya hormon HCG  sangat dibutuhkan pada awal kehamilan. Selain membentuk plasenta, HCG juga akan menjaga janin tumbuh dengan baik.
Solusinya :
Sediakan snack atau makanan ringan seperti, crackers, kue beras atau sebatang coklat di samping tempat tidur Anda. Makanlah bahan makanan tersebut ketika Anda bangun atau setelah mual hilang. Makanan-makanan tersebut dapat menghilangkan rasa mual. Selain itu, jagalah pola makan dan makanlah sesering mungkin walaupun dalam porsi kecil. Tujuannya untuk menjaga agar perut tidak berada dalam keadaan kosong dan tetap menjaga gula darah yang stabil. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat, perbanyak minum, mengkonsumsi vitamin B6, istirahat cukup, menjauhi makanan pedas serta bersikap positif terhadap kehamilan dapat mengurangi gejala mual-mual.

Buang air kecil
Inilah keluhan yang paling sering dialami. Adanya janin membuat tekanan pada kandung kemih. Kadangkala penyebabnya kecenderungan ibu hamil yang minum lebih banyak. Akibatnya, ginjal lebih banyak pula memproduksi air seni. Selain itu letak kandung kemih yang bersebelahan dengan rahim membuat kapasitasnya berkurang. Itulah salah satu sebab ibu hamil sering buang air kecil.
Solusinya :
Yang perlu diwaspadai, saat ini sering terjadi infeksi pada saluran atau kandung kemih pada ibu hamil. Sayangnya, sulit membedakan buang air kecil yang disebabkan oleh infeksi atau tidak. Yang mungkin bisa dijadikan pedoman yakni rasa nyeri yang menyertai. Jika keluarnya air seni diiringi oleh rasa nyeri dan warnanya merah atau keruh mungkin itu pertanda infeksi. Untuk mengatasinya, jangan menunda keinginan buang air kecil.

Pegal-pegal
Penyebabnya bisa karena ibu hamil kekurangan kalsium atau karena ketegangan otot. Sepanjang kehamilan, boleh dibilang ibu membawa beban berlebih. Otot-otot tubuh juga mengalami pengenduran sehingga mudah merasa lelah. Hal inilah yang membuat posisi ibu hamil dalam beraktivitas apa pun jadi terasa serba salah. Penyebab lainnya, yaitu ibu hamil kurang banyak bergerak atau olahraga.
Solusinya :
Amat disarankan untuk senantiasa menyempatkan waktu berolahraga atau setidaknya beraktivitas ringan. Ibu hamil pun sebaiknya menjaga sikap tubuh. Ibu diwajibkan mengonsumsi susu dan makanan yang kaya kalsium. Menggunakan koyo? Boleh-boleh saja.

Kram dan sakit pada kaki
Menjelang akhir kehamilan tangan dan kaki sering mengalami kekakuan. Bagian tubuh tersebut agak membengkak sedikit karena menyimpan cairan. Akibatnya syaraf jadi tertekan. Tekanan ini terasa sakit seperti ditusuk-tusuk jarum. Sehingga tangan dan kaki tidak merasakan apa-apa dan ototnya jadi lemah. Gejala ini terasa waktu bangun tidur di pagi hari dan membaik di siang hari. Penyebabnya diperkirakan karena hormon kehamilan, kekurangan kalsium, kelelahan, tekanan rahim pada otot, kurang bergerak sehingga sirkulasi darah tidak lancar.
Solusinya :
Saat kram terjadi, yang harus dilakukan adalah melemaskan seluruh tubuh terutama bagian tubuh yang kram. Dengan menggerak-gerakkan pergelangan tangan dan mengurut bagian kaki yang terasa kaku bisa membantu menghilangkan kekakuan. Selain itu, pada saat bangun tidur jari kaki ditegakkan sejajar dgn tumit utk mencegah kram mendadak. Agar kram tidak sampai mengganggu, atasi dengan mengkonsumsi banyak kalsium, minum air putih yang banyak, melakukan senam ringan, dan cukup istirahat.

Kaki bengkak (Edema)
Sekitar 75% wanita hamil pasti mengalami pembengkakan pada kaki (edema), yang umumnya terjadi pada trimester akhir. Penyebabnya bisa karena ibu terlalu banyak diam. Secara fisiologis, ibu hamil memang menanggung beban tambahan yang akan semakin memperlambat aliran darah pada pembuluh darah vena. Kaki bengkak selanjutnya bisa memicu tekanan darah tinggi atau malah preeklamsi. Sebenarnya, kaki bengkak bukan disebakan karena banyaknya mengkonsumsi garam. Ibu hamil boleh-boleh saja mengonsumsi makanan yang mengandung garam seperti sebelum hamil.
Solusinya : 
Lakukan cukup olahraga dan sebisa mungkin tidak bersikap statis atau berdiam diri dalam posisi yang sama berlama-lama. Saat Anda duduk, sebisa mungkin selalu luruskan kaki. Sempatkan untuk beristirahat sejenak di sela-sela aktivitas dan tidur dengan posisi berbaring pada sisi kiri tubuh. Anda sebaiknya mulai mewaspadai pembengkakan pada kaki bila diikuti juga dengan berat badan yang meningkat drastis, naiknya tekanan darah serta kadar protein dalam urin. Bisa jadi gejala tersebut merupakan tanda bahwa Anda mengidap pre-eclampsia.

Sakit punggung
Selama kehamilan, sambungan antara tulang pinggul mulai melunak dan lepas. Ini persiapan untuk mempermudah bayi lahir. Rahim bertambah berat, akibatnya, pusat gravitasi tubuh berubah. Secara bertahap, ibu hamil mulai menyesuaikan postur dengan cara berjalan. Hal ini menyebabkan sakit punggung dan pegal.
Solusinya :
Mengatasinya tak perlu obat cobalah perbaiki cara berdiri, duduk, dan bergerak. Jika harus duduk atau berdiri lebih lama jangan lupa istirahat setiap 30 menit.

Gatal-gatal
Keluhan ini pun lazimnya disebabkan pengaruh faktor hormonal.
Solusinya :
Cukup dengan menggunakan obat luar. Sedapat mungkin hindari obat-obatan oral atau yang diminum. Obat-obatan jenis ini umumnya tidak baik bagi tumbuh kembang janin.

Nyeri ulu hati
Jika mengalami keluhan ini jangan panik. Hal ini disebabkan adanya sejumlah kecil isi lambung yang lewat di pangkal saluran kerongkongan (penghubung mulut dengan lambung).
Solusinya:
Tak perlu ke dokter untuk mengatasinya. Malah pencegahannya tergolong mudah. Selama kehamilan, jangan membungkuk atau berbaring datar. Kalaupun ingin berbaring cobalah gunakan bantal yang tinggi. Sediakan pula segelas susu di samping tempat tidur dan minumlah sedikit-dikit setiap kali terasa nyeri.

Sembelit
Hormon progesteron saat hamil menyebabkan relaksasi usus. Akibatnya daya dorong usus terhadap sisa makanan berkurang. Sisa makanan yang menumpuk mengakibatkan sembelit. Sebab lainnya bisa juga kandungan zat besi pada tablet khusus ibu hamil. Selain itu, kebiasaan menahan buang air besar seringkali menjadi penyebab.
Solusinya :
Perbanyaklah mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan berserat. Satu lagi, lebih teraturlah ke belakang dan minum air putih minimal delapan liter setiap hari.

Apabila Bunda mengalami keluhan yang berlebih, segera periksakan ke dokter ya Bunda. Semoga bermanfaat.

   
Jumlah Posts : 8
Jumlah di-Like : belum ada like
bun aku tdi cek lgi, ke bidan hnya bilang perkiraan skitar tgl 5 ini bun..pdhl aku penasaran bgt tanda2 sdah sjak hri kmis..
bun aku jga bengkak2 malah sja usia kandungan bru 4bln tpi skg brangsur kpes dhn sndri na dan berat bdan ku naik 17kg jga..awal ma bengkak dan gemuk bkin aku susah gerak dan bengkak nya bikin jari tgan kaki sakit..tpi skg sudah trasa normal krna lma2 terbiasa..
yg penting di bwa rilex aja bun, semangaattt...
   
02-10-2013 19:17:45 share
Jumlah Posts : 3025
Jumlah di-Like : 1
Cara Ampuh Atasi Kesemutan Saat Hamil
Keluhan kesemutan, kram, nyeri sampai rasa lemah dan tidak bertenaga pada pergelangan tangan memang sering dirasakan dalam kehamilan terutama seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Ini disebabkan penekanan pada saraf di daerah pergelangan tangan akibat penimbunan cairan yg terjadi dalam kehamilan. Keluhan dirasakan lebih berat saat pagi hari setelah bangun tidur karena posisi tidur atau penekanan pada lengan atau pergelangan tangan saat tidur. Walaupun kondisi ini tidak membahayakan untuk kehamilan yang sedang berlangsung tetapi seringkali keluhan yang timbul cukup mengganggu dan menimbulkan kekhawatiran bagi para ibu.

Carpal tunnel syndrome adalah gangguan dari tangan yang disebabkan oleh tekanan pada saraf median di pergelangan tangan. Carpal tunnel syndrome dapat terjadi karena

gerakan tangan yang berlebihan dan berulang, arthritis atau selama kehamilan. Pada kehamilan perubahan hormon dapat menyebabkan retensi cairan, yang dapat memampatkan saraf median. CTS yang dipicu selama kehamilan biasanya sembuh segera setelah lahir. CTS paling sering terjadi selama trimester ketiga, tapi mungkin terjadi sejak trimester pertama dan kedua.

Apa penyebab dari CTS di kehamilan?

· Bengkak pada pergelangan tangan / disebabkan oleh penumpukan cairan (edema) yang ,menyebabkan retensi pada saraf median.

· Gejala dapat diperburuk oleh gerakan tangan yang berulang, posisi yang menekan berat badan atau berat badan tertumpu pada tangan, seperti saat berlutut atau merangkak.

Apa saja tanda dan gejala CTS?

? Mati rasa

· Terasa seperti ditusuk jarum terutama pada ibu jari, dan jari tengah

· Gejala dapat memburuk atau hanya terjadi pada malam

· nyeri menyebar kelengan bawah atau lengan atas

? tangan terasa lemah

? Nyeri dan masalah dengan gerakan ibu jari

? kecanggungan dan kehilangan koordinasi tangan

Apa saja pilihan pengobatan untuk CTS?

? Istirahat / Modify actitivities terutama pada

? malam

? Pijat

? Mandi air hangat/rendam tangan pakai air hangat bisa di campur dengan garam mineral

? latihan pompa otot / latihan menggepalkan jari lalu merilekskan jari

? Hindari tidur di sisi yang menderita CTS misalnya jika yang kesemutan tangan kiri ya usahakan tidak miring ke kiri

? Hindari konsumsi kafein dan rokok

? Gunakan bantal untuk menopang tangan pada malam hari.

? Putar pergelangan tangan Anda dan regangkan telapak dan jari tangan

? Cobalah mengenakan belat pergelangan tangan di malam hari. Splints pergelangan tangan umumnya tersedia di toko obat atau apotek. Belat harus nyaman tetapi tidak ketat

? Rajin lakukan yoga, karena beberapa Postur Yoga . Dirancang untuk memperkuat, peregangan dan menyeimbangkan setiap sendi di tubuh bagian atas, serta tubuh bagian atas sendiri, dapat membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kekuatan cengkeraman dengan sindrom terowongan karpal.

? Elektroterapi ? USG

? Akupunktur bisa membantu menyelesaikan masalah ini

? injeksi Cortisone ke pergelangan tangan

? Bedah sebagai upaya terakhir

Jika Anda merasa gejala ini lebih parah pada malam hari, itu karena cairan yang menumpuk di bagian bawah tubuh Anda di siang hari yang didistribusikan di tempat lain, termasuk tangan Anda, ketika Anda berbaring. (gravitasi terbalik.)

Dokter Anda dapat melakukan satu atau beberapa tes berikut ini untuk menentukan apakah Anda memiliki sindrom carpal tunnel:

? Riwayat gejala. Pola tanda-tanda dan gejala mungkin bisa menjadi petunjuk untuk mereka. Sebagai contoh, karena saraf median tidak memberikan sensasi ke jari kelingking Anda, gejala pada jari yang mungkin mengindikasikan masalah selain carpal tunnel syndrome. Petunjuk lain adalah waktu dari gejala. Khas adalah ketika Anda mengalami gejala carpal tunnel syndrome mungkin ketika sambil memegang telepon atau koran, mencengkeram roda kemudi, atau terbangun pada malam hari.

? Pemeriksaan fisik Dokter akan ingin menguji perasaan di jari dan kekuatan otot-otot di tangan Anda, karena dapat dipengaruhi oleh Carpal tunnel syndrome. Tekanan pada saraf median pada pergelangan tangan, dengan menekuk pergelangan tangan, menekan pada saraf atau hanya menekan pada saraf.

? Beberapa dokter merekomendasikan X-ray (tetapi ini sebaiknya dihindari jika Anda sedang dalam kondisi hamil) . Untuk mengetahui penyebab lain dari nyeri pergelangan tangan, seperti radang sendi atau patah tulang.

? Electromyogram. Elektromiografi mengukur muatan listrik kecil yang dihasilkan dalam otot. Sebuah elektroda berupa jarum tipis dimasukkan ke dalam otot Anda. Alat tersebut akan mencatat aktivitas listrik dalam otot Anda saat istirahat dan ketika otot Anda berkontraksi Tes ini dapat membantu menentukan apakah kerusakan otot telah terjadi.

? Para elektromiogram dan tes konduksi saraf studi juga berguna dalam memeriksa kondisi lain yang mungkin meniru carpal tunnel syndrome, seperti saraf terjepit di leher Anda.

? Dokter Anda mungkin menyarankan agar Anda melihat rheumatologist, ahli saraf, ahli bedah atau ahli bedah saraf tangan jika tanda-tanda atau gejala menunjukkan gangguan medis lainnya atau perlu pengobatan khusus.

Tidak ada strategi yang telah terbukti untuk mencegah sindrom carpal tunnel, namun Anda dapat meminimalkan stres pada tangan dan pergelangan tangan dengan mengambil tindakan pencegahan berikut:

? Mengurangi kekuatan pada pegangan tangan Anda. Kebanyakan orang menggunakan kekuatan lebih dari yang diperlukan untuk melakukan banyak tugas yang melibatkan tangan mereka. Jika pekerjaan Anda seperti kasir, misalnya, tekanlah tombol-tombol dengan lembut. Untuk pekerja yang menulis menggunakan tangan, gunakan pena besar dengan pegangan yang lembut.

? Sering-seringlah beristirahat. Berikan tangan dan pergelangan istirahat dengan peregangan lembut dan pembengkokan secara berkala.

? Memperbaiki postur tubuh Anda. Postur tubuh yang salah dapat menyebabkan bahu Anda untuk bergulir ke depan. Ketika bahu Anda berada dalam posisi ini, leher dan otot bahutertekan, dan saraf di leher Anda juga tertekan. ini juga dapat mempengaruhi pergelangan tangan, jari dan tangan.

? Jaga Tangan Anda tetap hangat. Jika Anda tidak dapat mengontrol suhu di tempat kerja, memakai sarung tangan dapat menjaga tangan dan pergelangan tangan hangat.
   
Jumlah Posts : 38
Jumlah di-Like : belum ada like
Halo bunda smuaa.. Lama gak buka iB nih akunya... Gmn kabarnya smua..?? Skrg ak uda 38w2d.. BBJ 3,1kg.. Kata dokter si kpalanya uda masuk panggul.. HpL ku 23 okt, cm kt dokter skrg2 baby uda siap lahir, jd ya tinggal tunggu aja dy mw kluarnya kpn.. Deuh,denger kyk gtu jd makin gak sabaran akunya.. Smua brg baby uda aku siapin,trmasuk tas utk k rS, syndrom ga sabaran..hehee^_^ Skrg jadwal periksa uda semggu sekali.. Air ketuban jernih n masi ckup, plasenta jg bagus.. Jd dokter blg tetap ditunggu untuk lahiran normal, klo lewat 1mggu dr tggal 23, katanya mw diinduksi.. Huaaa,makin bkin deg2an aja.. Berharap bgt sih 1-2mggu ini uda bs lahiran..hehee.. Bunda conny, sama bun.. Aku jg si dede berasa bgt kakinya di tulang dadaku, smpe kdg ada bunyi gletak gletuk dr dlm.. Heboh bgt,aplg klo lg kelaperan..hehee Miss V jg suka disundul2 sm dy,smpe ngilu bgt.. Klo kontraksi palsu gmn bun? Ngalamin gak? Aku mayan sering kontraksi palsu,terutama klo malem+lg nahan pipis.. Rsnya tegang,nyeri, ngilu, perut keras kyk papan..hehee.. Ga enak sih sbnrny.. Tp ak seneng jg krn dedenya uda mulai cari jln kluar, n kata org kontraksi lah yg smakin mndekatkan qt utk ktmu baby.. Jd ga sbr pgn cpt2 yg asli aja deh.. Klo lemes iya bgt bun.. Ak males ngapa2in nih.. Pdhal skrg2 harusnya lebih aktif.. Tp gmn,badan uda beraatt, secara uda naik 18kg :'( ,, baju2 jg uda susah milihnya,pada sempit smuaa.. Bunda rncana lahiran normal kan? Keluhan lain, kaki bengkak uda nggak, mskipun kmren smpat parah,smpe betis jg ikutan keras,alhasil kyk kaki gajah.. Skrg si uda kempes lg.. Satu lg, jari tangan aku suka kaku2 nih, susah digerakin,trutama klo bangun pagi.. Ada yg prna ngalamin gak?? Mdh2an qt smua proses prsalinannya mudah n lancar yaa.. Baby n bundanya sehat smua... :))
   
19-08-2011 13:54:28 asam urat pada kehamilan
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
ass..dok
saya mau tanya apa bahaya sam urat pada kehamilan, sekarang usia kehamilan saya 7 bulan, kaki sy sering kram dan agak bengkak, apa tidak akan mengganggu proses persalinan saya nanti krn kaki saya sering kaku tiba2 dan terasa sakit skl..mohon jawabannya..makasih banyak

Dari : Yuyun Sanggo

Jawaban:

Dear Bunda,

Penyakit asam urat (gout) memang sering menimbulkan gejala nyeri, kaku pada persendian terutama pada daerah ibu jari, dan juga ciri khas pada gout adalah adanya bengkak pada persendian terutama pada ibu jari. Apabila bunda mengalami gejala kaki bengkak dan nyeri, sebaiknya bunda memeriksakan diri kepada dokter kandungan anda, karena untuk menentukan penyakit gout juga memerlukan pemeriksaan fisik dan laboratorium dari kadar asam urat dalam darah. Penyakit asam urat pada kehamilan jarang terjadi, namun apabila riwayat kesehatan dalam keluarga anda ada yang menderita sakit ini terutama pada kehamilan, maka kejadian penyakit ini akan bertambah besar. Selain pengobatan, gout dapat juga di tangani dengan merubah gaya hidup dan kebiasaan makan. Kadar asam urat akan menjadi tinggi di dalam tubuh akibat dari hasil metabolism purin yang dapat berasal dari ikan-ikanan dan seafood, daging merah, beberapa jenis kacang-kacangan dan terutama jeroan (organ dalam hewani). Pada kehamilan disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk menangani masalah ini erat hubungannya dengan pengaturan diet dan pengobatan asam urat tersebut.
   
Jumlah Posts : 147
Jumlah di-Like : 3
Hai Bunda semua,
Aku mau share apa yg aku rasain saat kehamilanku masuk 23w.
Semalam aku br dr DSOG dan seneng bgt krn kata DSOGnya semua baik2 aja.
klo keluhanku sih, kaki bengkak mulai dr pergelangan kaki smp jari, tp kt dokternya itu krn pengaruh aku hamil kembar dan cuma disuruh kurangi konsumsi garam.
Yang paling serunya sekarang ini, kedua baby ku gerakannya makin aktif dan makin kencang sampai sering ketawa & senyum2 sendiri ngeliat perut aku gerak2 gitu.
Klo Bunda yg lain gimana, Baby nya dah makin aktif jg kan?