SITE STATUS
Jumlah Member :
494.719 member
user online :
3684 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: janin sering begerak saat dielus elus perut

New Topic :  
Jumlah Posts : 625
Jumlah di-Like : 16
Coba bunda berbaring di kamar dalam suasana hening. Pejamkan mata dan elus-elus perut bunda. Ajak si janin bicara, misalnya: "bagaimana kabarmu di sana, dek? Bunda kangen sama adek..." atau: "ayo dek, tendang tangan bunda dua kali"

Sering-sering dielus dan diajak bicara, bund. Kabarnya hal ini dapat meningkatkan ikatan batin dan IQ si baby.

Kalau berasa berenang, ya, itu normal. Setidaknya dalam sehari si janin melakukan 1 gerakan dalam 2 3 jam, jika tidak hubungi dokter.
   


Jumlah Posts : 625
Jumlah di-Like : 16
@Bunda Herlyna,

wah, selamat ya atas kehamilannya.

Untuk asupan yang bergizi, 4 sehat 5 sempurna tentu. Coba saja makan yang banyak protein dan asam folat (tempe, tahu, kacang kedelai), zat besi (daging sapi, bayam, buncis), karbohidrat (nasi, gandum, roti), kalsium (susu, tahu). Biar nanti si Kecil jadi jenius: ikan, telur. Biar rambutnya lebat (kacang ijo). Supaya tidak kekurangan air ketuban (air kelapa), dan lain sebagainya. Asal tidak makan yang 'panas' (daging kambing, duren, nangka, nanas).
Banyak makan buah supaya kulit tidak kering dan badan tidak melar begitu melahirkan nanti. Apalagi ya... apa aja deh, asal makanannya bersih dan matang, jangan makan yang dibakar atau setengah matang.

Banyak minum air putih yang hangat, kadang janin suka kedinginan karena belum ada lemaknya. Secara air putih banyak mineral. Jangan minum teh, kabarnya menghambat penyerapan asam folat yang sangat dibutuhkan setiap janin. Apalagi kopi yang kafeinnya parah. Kalau coklat boleh asal jangan banyak-banyak, ntar dikira kelaparan. Tapi serius kok, tidak boleh banyak-banyak.

Kalau mandi air panas nanti melepuh. hehehe... mandi air hangat boleh, tapi kalau mau berendam, usahakan suhunya tidak lebih dari 38 C.

Pakai kosmetik jangan yang ada pemutihnya boleh-boleh aja. Tapi biasanya kalau krim malam suka ada minyaknya, sedangkan kalau hamil itu muka gampang banget berminyak, jadi terserah sih, secara kalau orang hamil itu lebih cantik dari biasanya loh.

Sering-sering elus perut dan senyum, biar orang yang ngeliat aneh, yang penting biar janinnya nanti jadi pintar dan ramah. Emosi ibu saat hamil berpengaruh pada anak nantinya.

Terakhir, jangan bingung-bingung... nikmati saja, mumpung lagi hamil kapan lagi.

Salam,
Lotta
   
Jumlah Posts : 43
Jumlah di-Like : 5
Dear bunda tiani, Tenang saja bunda, kasarnya mikir gini aja d kalau sewaktu USG detak jantung masih ada berarti masih hidup (ini kasarnya). Biasanya kalau diperiksa USG kan nampak denyut jantungnya dan sebagian dokter ada yang menggunakan loudspeaker untuk memperdengarkan suara jantung si baby ke ayah bunda nya, juga nampak diagram denyut jantung di layar monitor USG kan bun. Kalau suaranya detaknya bagus dan teratur begitu juga dengan diagramnya dah pasti si baby sehat banget bun. Lagian dokter biasanya juga bilang kan "bayinya sehat bu.." atau minimal "ya bagus.." atau setidaknya "normal". Dan dari ukuran badan baby, kalo dokter tidak mengatakan adanya gangguan berarti juga sehat bun. Jadi jangan terlalu cemas bun, ingat loh rasa cemas/stress pada bunda bisa mempengaruhi si baby. Jadi dibawa enjoy aja.

Cara yang dikatakan bunda virma boleh dicoba juga tuh bun..
Tapi baby saya juga kalo dibawa check up selalu adem diam ga mau gerak waktu di USG. Padahal waktu di rumah dah dielus-elus dan diajak ngomong. Waktu sebelum berangkat masih semangatnya menendang-nendang di perut. Gitu sampai di praktek dokternya langsung diam. Walau dokter sengaja menunggu dia bergerak, ditoel-toel pakai alat USG, dll tetap saja diam. Tapi dari jantung dan ukuran kepala/badan kata dokter si baby sehat. Ya bersyukur saja. Saya juga tanyakan ke dokter kenapa baby saya selalu diam sewaktu di USG, namun di rumah aktif... dokter cuma jawab sambil bercanda bahwa baby saya tuh pemalu dan jago kandang. Hehe...

Untuk memancing si baby bergerak coba bunda lakukan saat bunda rileks, misalnya sebelum tidur. Bunda sambil sandar rileks elus-elus pelan perut ibu dan ajak si baby ngomong. Atau pancing dengan musik. Atau minta sang ayah yang ajak bicara si baby. Cara ini sering berhasil pada saya loh bun =) atau bunda coba perhatikan jam-jam tertentu kapan si baby bobo dan kapan bangun/aktifnya. Jangan terlalu cemas ya bun... santai saja.
   


Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
dear dokter
salam kenal untuk doktr..
1. aq mau brtanya apakah saat mlahirkan nnti saya bisa secara normal.oh iya usia kandungn saya skrg 5bln.. 3 bln seblum saya hmil lagi saya habis operasi mngelurkan janin ..krna kta doktr saya hamil dluar kndungan.. 3 bln stlah operasi itu saya hmil lagi..kira2 kmngkinan untk mlahirkan normal ada gak dok.
2. dusia kandungn yg 5bln..bnyak yg mngatakn perut sya kcil..tpi sya mrsa jnin sya ini sangat aktif siklus bergeraknya sangat sering.. wajar ga dok klo perut kcil saat hmiil..
terima kasih sebelumnya..
   
Jumlah Posts : 11
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda mariani , bantu jawab yaaa ...
1. kalo bentuk perut berubah ubah saya juga ngalamin bun , skg saya 35w 6d. kadang benjol di kiri , kadang di kanan , kadang melintang juga ... gag papa siih ... kalo pas gitu dielus elus aja bun , sambil diajak ngobrol sama diajak becanda , nnti kan si debay seneng ..
2. kalo kata dr spog saya disini gag masalah mau berhubungan sama suami . kalo jadi aktif itu katanya juga wajar ... trus misal perut jadi kenceng juga wajar , krna sperma suami mengandung zat oksitosin (maaf kalo namanya salah , lupa lupa ingat) katanya zat itu yg bikin kontraksi perut . yg penting hati hati aja bun , malahan kalo disini dianjurkan kalo udah masuk trimester 3 sering sering buat berhubungan sama suami , biar mempercepat kelahiran .
3. saya udah membersihkan puting susu sejak uk 7 bulan . kalo usia 7 bln , setiap seminggu sekali , kalo sekarang setiap 2 hari sekali sambil dilakukan pemijatan gitu bun , biar nnti kalo udah lahiran siap untuk menyusui .
semoga bisa membantu ya , ini juga kehamilan pertama saya ... tapi saya ikut kelas maternal , jadi bisa sharing juga pengetahuan yg saya dapet ... hehehe
   


25-12-2015 22:33:20 37-38weks perut sakit
Jumlah Posts : 114
Jumlah di-Like : belum ada like
dedek bayinya lagi nyari jalan lahir tuh bun.. aku 33w jg sering sakit perut bawah dan bag.vagina nya.. terus kerasa tegang perutnya sesekali.. dielus elus aja dedek bayinya.. ntr jg ilang lagiii 😊😊😊
   
18-09-2015 08:07:10 panggul sempit
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8

Dear bunda Siany Lexa Shine,

Untuk mengetahui apakah sudah ada pembukaan mulut rahim, maka diperlukan pemeriksaan dalam. Kontraksi biasanya diawali dengan nyeri pada pinggang bagian bawah kemudian menjalar ke perut bagian bawah. Saat mulas dibagian perut, bunda dapat merasakan bagian peut mengeras. Kontraksi  akan bertambah sering, teratur dan semakin kuat. Apabila kontraksi masih dapat mereda bahkan menghilang, maka yang bunda rasakan adalah kontraksi Braxton Hicks ( kontraksi palsu ). Disarankan untuk melakukan senam hamil, jalan disantai, rileksasi, dan tetap memantau gerakan janin. Bila ternyata kontrasi semakin sering, teratur, dan kuat, bahkan diiringi dengan keluarnya lendir darah, ataupun air-air, maka segera kunjungi bidan atau dokter yang menangani kehamilan bunda, agar dapat dinilai adanya kemajuan persalinan. Semoga persalinannya dimudahkan dan sehat bunda serta dede bayi.

   
16-04-2015 15:14:03 ibu hamil wajib coba
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
Makan Burger Kami tidak menyarankan Anda ke gerai makanan siap saji setiap malam, tapi mengonsumsi daging merah saat kehamilan sangat penting untuk janin. "Konsumsi daging memberikan zat besi pada tubuh yang sangat penting untuk suplai darah Anda yang sedang berkembang. Mineral besi tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh,” kata Lovissa Nilson, ahli gizi di aplikasi kesehatan dan kebugaran, Lifesum. "Zat besi membantu pembentukan haemoglobin pada sel darah, yang berperan dalam membawa oksigen melalui darah kepada plasenta dan bayi. "Cari daging dengan kualitas terbaik, karena daging terproses dengan harga murah mengandung lemak dan kandungan sodium tinggi. Dan jangan lupa topping! Keju keras, terpasteurisasi, seperti cheddar, merupakan tambahan kalsium. Sedangkan potongan alpukat baik untuk perkembangan janin karena mengandung folat yang tinggi.  Angkat Kaki Terdengar terlalu indah untuk jadi kenyataan. Tetapi menurut dr. Susan Turner, dokter umum dan ibu dari 6 anak, bersantai sambil mengangkat kaki di sofa tidak hanya membantu Anda beristirahat, tapi juga mengurangi risiko pembengkakan pergelangan kaki. "Beristirahat setidaknya selama 1 jam dengan posisi kaki lebih tinggi dari dada sangat membantu mengurangi risiko berkumpulnya air di bagian bawah tubuh Anda," katanya.Jika Anda sudah berolahraga kecil di hari itu, idealnya sekitar 15 menit, hal inilah yang seharusnya Anda lakukan. Saat Anda sudah punya lebih dari satu anak, akan semakin sulit untuk beristirahat, sehingga hal ini seharusnya dapat lebih sering dilakukan saat kehamilan pertama.  Makan Cokelat Dan ini, berita terbaik yang akan Anda dengar sejak kabar kehamilan Anda. "Ada manfaat kesehatan yang penting dari memakan beberapa potong cokelat setiap hari sebagai bagian diet seimbang kala hamil," kata Lovisa. Cokelat tidak hanya meredakan stres, tapi juga menurunkan risiko kondisi pre-eklamsia kenaikan tekanan darah, yang dapat menyebabkan komplikasi kesehatan serius, termasuk pembekuan darah dan kelahiran prematur.Terlebih lagi, menurut laporan yang dipublikasi New Scientist, zat kimia feniletilamin yang ditemukan dalam cokelat, yang membuat otak melepaskan endorfin, diturunkan dari ibu ke bayi sehingga membuat bayi lebih ceria dan aktif. Pilih dark chocolate dengan kandungan kakao setidaknya 70 persen, karena ini akan memberikan manfaat bioflavonoid dan antioksidan yang memicu sistem imun. Moms, ternyata cara-cara menyenangkan yang sederhana ini ini bisa meningkatkan kesehatan Anda selama masa kehamilan. Coba, deh!  Hangout Pergi ke cafe jelas bukan untuk mencicipi minuman terlarang ya, tapi untuk bertemu teman-teman Anda, karena kehamilan bisa membuat kesepian. Menurut penelitian, 1 dari 3 wanita dapat merasa resah atau murung, jadi sesuatu yang dapat membuat Anda merasa menjadi diri sendiri itu penting. "Seiring perut Anda yang bertambah besar, dapat timbul perasaan perut itu membatasi Anda dan lingkungan sekitar," kata psikolog, dr. Emma Svanberg. "Anda mungkin menyadari ada teman-teman yang menjauh, tapi Anda tidak bisa meminta teman-teman yang tidak hamil untuk mengubah hidupnya karena hidup Anda sudah berubah.” Cobalah untuk tetap ikut hangout, walau akhirnya Anda pulang duluan. Bercinta Hal ini lebih menyenangkan dari menyeret diri ke gym. Percaya deh, bercinta dapat menyehatkan kehamilan Anda. Membakar kalori, memicu sistem imun, bahkan menurunkan tekanan darah. Ditambah lagi, sebuah studi Denmark yang dipublikasi pada 2011 menemukan bahwa sering bercinta dapat menurunkan risiko pre-eklamsia, karena kandungan protein HLA-G dalam sperma, mengatur sistem imun pada tubuh. Penelitian lain menemukan bahwa bercinta saat masa hamil tua berhubungan dengan turunnya risiko kelahiran prematur. Bersantai Tidak perlu merasa bersalah karena bersantai di tempat tidur. Menurut sebuah studi di Amerika, wanita yang tidur kurang dari 6 jam semalam pada bulan terakhir kehamilan, melalui proses kelahiran 11 jam lebih lama dan melalui proses sesar 4 kali lebih sering dibanding wanita yang tidur 7 jam atau lebih. "Tidak mudah untuk semua wanita hamil mendapatkan tidur yang cukup, tapi disaat kamu bisa, nikmatilah!" kata dr. Susan. "Menjadi hamil memberikan tekanan ekstra pada tubuh. Menumbuhkan seorang makhluk kecil menantang tubuh Anda dari punggung hingga kaki, jadi akan sangat bermanfaat jika Anda beristirahat, terlepas dari Anda tidur atau tidak,” tambahnya. Melupakan Kehamilan Disamping mengatur makan dan merawat diri, salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah membiarkan diri Anda merawat calon bayi sendiri. "Tanpa kita terlalu memerhatikan, tubuh kita sudah mengerti apa yang harus dilakukan," kata psikolog klinis Mia Scotland. Cobalah santai sebentar dengan membaca novel klasik, seperti Jane Austen. Atau coba berenang. Saat di dalam air, Anda akan merasa mengapung dan tidak hamil. "Lakukan gaya punggung dengan santai dan percayalah tubuh Anda akan melakukan hal-hal yang dianggap penting untuk menjaga calon bayi Anda," kata Mia.
   
Jumlah Posts : 44
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda gayuh ia bun kdang jg trasa bnget ky tangn to kaki yg brgerak dlm perut saat ku elus" mlh aku sering ajak dia ngobrol kt doktr sih biar anak nya cerdas dan bs mengenali suara bunda nya
   
05-09-2014 08:59:56 Usia Kandungan
Jumlah Posts : 54
Jumlah di-Like : belum ada like
Dokter..mau tanya, usia kandungan sya udah 5 week. tp sya sering melakukan aktifitas berat..seperti jongkok dg posisi paha menjepit perut. perut sya sering tertekan..dan sering jg saat sya jongkok untuk mengambil air, sya memaksakan diri meraih air tersebut sampai perut sya menekuk. sya kawatir do kondisi janin sya..apakah badan dan tulang janin sya jg tertekan/tertekuk saat itu? trs bahya nggak buat pertumbuhan janin sya? mohon jawabannya ya dok..sya kawatirrr bgttt....
   
05-09-2014 08:54:54 Kondisi kandungan
Jumlah Posts : 54
Jumlah di-Like : belum ada like
Dokter..mau tanya, usia kandungan sya udah 5 week. tp sya sering melakukan aktifitas berat..seperti jongkok dg posisi paha menjepit perut. perut sya sering tertekan..dan sering jg saat sya jongkok untuk mengambil air, sya memaksakan diri meraih air tersebut sampai perut sya menekuk. sya kawatir do kondisi janin sya..apakah badan dan tulang janin sya jg tertekan/tertekuk saat itu? trs bahya nggak buat pertumbuhan janin sya? mohon jawabannya ya dok..sya kawatirrr bgttt....
   
05-09-2014 08:41:08 Kobdisi janin
Jumlah Posts : 54
Jumlah di-Like : belum ada like
Selamat pagi..dokter mau tnya akhir akhir ini sya sering duduk jongkok dg posisi perut tertekan oleh paha, sya jg sering mengambil air saat jongkok dan memaksakan diri meraih air itu sampai perut saya menekuk. padahal usia kandungan sya udah 5 week, gimana ya dg keadaan janin sya? tulangnta tertekuk/tertekan jg nggak? mohon jawabannya dokter, sya kawatir bgtttt.....
   
Jumlah Posts : 30
Jumlah di-Like : belum ada like
ikutan share disini ya bunda..

awalnya memang sudah ada tanda2 kalo hamil sie bund, sering pusing dan bumi serasa berputar-putar gitu..pas di test peck emang ada positif hamil..baru pada tanggal 13 oct minggu kemarin saya periksa ke dokter SPOG dan dinyatakan hamil dengan umur kehamilan 5minggu..nah sekalian tu saya keluhkan soal flek / keputihan yang disertai bau ke dokternya dan dokternya mengatakan kalau tidak masalah..janin sehat..kuat..dan dikasih obat asam folat saja.

nah tanggal 14 oct sore saya keluar darah lumayan lah..takut bund waktu itu..suami juga cemas..tapi saya bilang ke suami ndak pa pa..insyaAllah janin kita kuat..saat itu kita ndak langsung periksa..soalnya dah malam..dan dokternya ada di RS tuh pagi sampe jam 2 siang..dan waktu itu suami langsung beli testpeck untuk memastikan masih hamil atau tidak..dan hasilnya masih ada strip dua :)

 tanggal 15 oct periksa dan dokter mengatakan kalau belum bisa dikatakan keguguran lihat minggu depan dan perkembangannya..cuma dikasih dephuston (obar penguat) dan disuruh bedrest 3 hari..tapi saya meminta untuk bedrest 5 hr..

sampai sekarang kalau banyak gerak emang keluar flek..jadi diusahakan banget sedikit bergerak dan kadang nyeri di bagian perut (sebentar duank nyerinya)..oia bun, oot nih..selama kehamilan saya tidak merasakan mual/muntah..cuma pusing dan pengen makan yang pedaz-pedaz..dan perut juga kelihatan sudah membesar..emag wakar ya kalau hamil 6 mgu 2day perut dah membesar gitu? trus celana dan pakaian juga sudah ndak muat..saya sih yakin dan positif thinking kalau semua baik dan sehat..bahkan kadang sambil ngelus perut saya ngomong sendiri kalau anak mama pasti sehat,kuat..hehehe :)

mohon doanya ya bun,diberi kelancaran dan kesehatan sama kehamilan saya yang pertama ini :)




   
29-04-2011 10:40:44 Kehamilan Palsu / pseudocysis
Jumlah Posts : 127
Jumlah di-Like : belum ada like
 

Seputar Kehamilan Palsu / Pseudocysis

Dokter Sehat - Sering kali saat seorang ibu sedang sangat berharap memperoleh buah hati akan merasa dirinya sedang mengandung. Pusing, mual, dan rasa lelah yang cepat hinggap, membuatnya teryakinkan bahwa sudah ada jabang bayi dalam rahimnya, apalagi haidnya pun sudah tak datang.

Tapi, apa yang terjadi jika hal itu ternyata palsu? Kehamilan palsu atau Pseudocysis ( berasal dari bahasa Yunani dimana pseudes = false dan kyesis = pregnancy) adalah suatu kondisi dimana seorang perempuan merasa hamil, namun sebenarnya dia tidak hamil. Dalam keadaan ini, seorang perempuan akan merasakan gejala-gejala umum sama seperti yang dialami ibu hamil. Misalnya saja, tidak haid, perut semakin besar, mual, pusing dan payudara membesar. Tapi jika diperiksa secara medis, misalnya tes urin, akan diketahui bahwa anda tidak hamil. Adanya tiga hal yang tidak ditemukan dalam kehamilan palus: denyut jantung janin tidak terdengar, USG tidak memperlihatkan adanya bayi dan yang terakhir jelas saja nggak bakalan melahirkan bayi. biggrinbiggrinbiggrin Frekuensinya sangat jarang yaitu 1-6 per 22.000 persalinan.

Kejadian yang paling terkenal untuk contoh kehamilan palsu adalah Marie Tudor, anak perempuan Henry ke VII dan Isteri dari Louis ke XII . Merupakan kasus hamil palsu yang terkenal dalam sejarah. Hal ini terjadi karena Marie Tudor sangat ingin punya anak untuk menyelamatkan muka ayahnya yang memancung semua selirnya yang tidak dapat mempunyai anak.

Penyebabnya diduga gangguan psikologis, dimana seorang wanita mempunyai keinginan yang kuat untuk hamil, menterjemahkan perubahan2 kecil pada dirinya sebagai suatu kehamilan. Hebatnya lagi test kehamilan bisa positf (false positif=positif palsu). Air susu juga bisa keluar. Keduanya terjadi lewat jalur hypothalamus-hypofise. Perut membesar akibat penumpukan lemak didinding perut. Gerakan gas dalam perut disangka gerakan bayi. Karena secara fisik kondisinya normal maka tidak dibutukan obat2an kecuali jika ingin memancing haidnya muncul kembali. Pengobatan hanya dilakukan konseling dengan psikoterapist.

Hal ini disebabkan karena pseudocyesis bisa memicu kelenjar di dalam otak untuk menghasilkan hormon kehamilan, oxytocin. Meski penelitian mengenai masalah ini masih sangat sedikit, sejumlah pakar medis berkeyakinan, pseudocyesis akut bisa meningkatkan hormon estrogen dan prolactin yang dapat mempengaruhi perubahan fisik menjadi seolah wanita hamil seperti perut membuncit, dan payudara mengeras karena peningkatan hormon tersebut.

Wanita yang  memiliki risiko untuk mengalami kelainan ini :

  1. wanita yang belum dapat anak pada usia akhir 30 atau awal 40 tahun.
  2. Wanita dengan kondisi emosi yang tidak stabil, terutama yang berhubungan dengan kehamilan.
  3. Wanita dengan riwayat abortus ataupun kematian janin sebelumnya.

Yang menarik mengenai kehamilan palsu ini dapat juga dialami oleh pria (penderita Couvade syndrome / sympathetic pregnancy), biasanya terjadi pada para suami yang sangat dekat dengan istrinya dan mempunyai simpati yang berlebihan sehingga mengalami tanda-tanda buy medicine online yang sama dengan kehamilan: morning sickness, emosi yang tidak menentu, NGIDAM, gangguan pencernaan, perubahan nafsu makan, berat badan, diare, sembelit, sakit kepala, sakit gigi, ketagihan, mual, pembesaran payudara, pengerasan puting dan insomnia . Dalam beberapa kasus ekstrim, ayah dapat tumbuh perut mirip dengan wanita hamil bulan-7.

[dari berbagai referensi medis]



Read more: http://doktersehat.com/2010/04/08/kehamilan-palsu-pseudocysis/#ixzz1KsaokrLV
   
15-03-2011 14:14:52 5 bulan sudah nendang2
Jumlah Posts : 143
Jumlah di-Like : 3

Hii bunda semua semoga Artikel ini dapat membantu bunda semua ya

Arti Tendangan Bayi

Bagaimana rasanya?
Tidak seorang pun dapat mengatakan secara jelas kepada calon ibu yang baru pertama kali hamil, tentang apa yang akan dirasakannya pada saat kehamilannya itu terjadi. Bisa jadi seratus wanita akan memberikan seratus gambaran yang berbeda. Mungkin gambaran yang paling umum adalah “terasa getaran di perut”, “seperti ada kupu-kupu di lambung”, “seperti ada orang yang memukul perutku”, “seperti suara gelembung-gelembung yang pecah”, “sakit melilit”, “seperti diputar-putar pada alat bermain di taman hiburan”. Bahkan gerakan pertama ini sering disalahartikan sebagai adanya das atau bunyi perut lapar.

Kapan bisa dirasakan?
Perasaan adanya kehidupan yang sangat berkesan ini, biasanya terjadi pada minggu ke-18 sampai 22 kehamilan. Variasi waktu memang busa terjadi. Seorang ibu yang pernah memiliki anak sebelumnya akan lebih cepat mengenali getaran janin ini (karena ia tahu apa yang ia tunggu dan otot rahimnya sudah lebih lemas, sehingga lebih mudah merasakan gerakan) daripada mereka yang baru pertama kali hamil. Seorang wanita yang ramping akan dapat merasakan gerakan-gerakan yang lemah lebih awal, sedangkan wanita gemuk mungkin tidak menyadarinya sampai gerakan tersebut sudah lebih keras. Bisa juga gerakan tidak terasa karena kesalahan deteksi umur kehamilan. Meski normal-normal saja jika janin tidak “terasa” bergerak sampai usia kehamilan 20 minggu, anda bisa meminta tolong dokter melakukan USG (ultrasonografi) untuk memeriksa kondisi bayi. Yang penting, hasil USG menunjukkan bahwa denyut jantung janin tetap kuat dan aktivitas bayi terlihat normal. Jadi tidak perlu khawatir ya! Kenapa janin yang semula bergerak tiba-tiba diam?
Setelah janin mulai bergerak, timbullah kecemasan baru jika sewaktu-waktu gerakan janin tiba-tiba menghilang atau tidak cukup sering. Frekuensi gerakan memang sangat bervariasi dan bisa kacau. Meskipun janin sebenarnya bergerak setiap saat, namun hanya beberapa gerakan cukup kuat yang dapat anda rasakan. Gerakan-gerakan lainnya tidak bisa anda rasakan karena mungkin posisi janin menghadap dan menendang ke dalam. Bisa juga anda tertidur pada saat bayi anda aktif, karena banyak bayi yang waktu aktifnya adalah tengah malam.
Yang jelas, janin juga manusia. Dan layaknya kita, kadang-kadang janin punya hari giat ketika ia menggerak-gerakkan tumitnya, lengan dan tungkai. Juga hari yang pasif saat ia lebih ingin bersantai. Kegiatan janin sering berhubungan dengan apa yang anda lakukan. Seperti bayi yang baru lahir janin menyukai buaian.
Jadi ketika anda sibuk sepanjang hari janin pun tenang, seolah-olah terbuai oleh aktivitas gerak anda, dan anda cenderung tidak merasakan gerakannya. Begitu anda berhenti bekerja janin mulai aktif bergerak. Inilah sebabnya mengapa benyak wanita hamil lebih sering merasakan gerakan janin di tempat tidur pada malam atau pagi hari. Keaktifan janin juga dapat bertambah setelah ibunya makan. Hal ini diperkirakan sebagai reaksi atas naiknya gula darah. Sebagian wanita hamil juga merasakan peningkatan kegiatan janin saat mereka sedang gembira atau gugup, mungkin janin terangsang oleh respon adrenalin ibunya.

Perlu diperiksa
Gerakan janin biasanya menjadi lebih teratur dan menetap, batas masa aktif dan istirahatnya menjadi lebih jelas, pada usia kehamilan 28 sampai 32 minggu. Dan dari hasil penelitian dianjurkan agar sejak minggu ke-28 ibu hamil sebaiknya gerakan bayinya dua kali sehari.
Sekali pada pagi hari saat geraknnya cenderung lebih sedikit dan sekali pada malam hari saat gerakannya biasanya lebih banyak. Caranya, perhatikan jam ketika anda menghitung. Hitung setiap gerakan janin yang terjadi (tendangan, kedutan, desisi, bergulir). Berhentilah menghitung ketika anda mencapai angka 10, dan catat waktunya. 10 gerakan ini seringkali bisa didapatkan dalam waktu 10 menit. Kadang-kadang lebih lama dari itu. Bila anda belum mencapai angka 10 dalam waktu satu jam, minumlah susu atau makan makanan ringan, kemudian berbaring, bersantailah dan mulai menghitung kembali. Bila dalam satu jam belum terjadi 10 gerakan, segera hubungi dokter anda. Meskipun kepasifan janin belum tentu merupakan masalah kadang-kadang hal ini menunjukkan adanya stres pada janin. Dalam kondisi seperti ini perlu segera dilakukan tindakan perawatan.

Tendangannya makin bertenaga
Ketika janin anda sudah lebih matang di dalam rahim, ia juga semakin kuat sehingga gerakannya yang dulu seperti kupu-kupu, kini makin bertenaga. Jangan heran bila kadang-kadang tulang rusuk, perut atau leher rahim anda mendapat tendangan keras dan menyakinkan. Bila anda mendapat “serangan” seperti ini, cobalah berganti posisi. Hal ini bisa mengubah keseimbangan janin sehingga ia bisa berhenti “menyerang”. Selain itu meskipun terkadang anda terasa ditendang dari segala arah atau merasa dipukuli oleh selusin kepalan tangan, sebenarnya hampir pasti bahwa hanya sepasang tangan saja yang “menyerang” ke segala arah, ditambah siku, lutut, dan kaki-kaki mungil.

Jadi nikmatilah gerakan janin anda dan jangan membandingkannya dengan janin orang lain, karena setiap janin adalah unik, masing-masing memiliki kekhususan pola aktivitas dan perkembangannya sendiri.

*AYU ANDHIKA*