SITE STATUS
Jumlah Member :
492.758 member
user online :
512 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: ibu hamil perlu juga imunisasi

New Topic :  
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Keguguran dan adanya blighted ovum (kehamilan kosong ) memang sampai saat ini tidak di ketahui pasti penyebabnya. Namun para ahli menduga adanya kelainan kromosom pada calon janin sehingga ia tidak dapat membelah pada kehamilan kosong. Ada juga yang menduga factor ovum dari sang ibu dan sperma dari ayah juga berperan dalam keadaan ini. Rendahnya kualitas ovum atau sperma menyebabkan terjadinya keadaan ini. Selain itu juga adanya kelainan pada anatomi organ reproduksi yang juga menjadi salah satu factor yang di duga berperan pada kehamilan kosong. Selain itu beberapa hal lainnya adalah: infeksi (Chlamydia, Cytomegalovirus, Genital herpes, Syphilis, Toxoplasmosis, dan Rubella), adanya kelainan hormonal,dan system immune. Dari banyaknya faktor yang diduga menjadi penyebab terjadinya keguguran dan kehamilan kosong, saya menyarankan kepada bunda untuk melakukan imunisasi-imunisasi pada calon ibu hamil dan juga pemeriksaan fertilitas pada anda serta suami anda untuk memastikan apakah ada faktor kesuburan yang menyebabkan keguguran yang anda alami.

   


26-05-2015 21:12:16 minum vegeta boleh gak?
Jumlah Posts : 55
Jumlah di-Like : belum ada like
konsumsi obat pencahar untuk ibu hamil perlu pengawasan krn beberapa obat justru bisa memicu kontraksi. untuk memperlancar bab bunda cukup konsumsi sayur, buah yg berserat tinggi dan air putih. aktivitas juga diperlukan agar bab lancar. cmiiw
   
Jumlah Posts : 178
Jumlah di-Like : belum ada like

Senang rasanya saat bunda dapat hamil lagi setelah launching yang pertama. Tetapi bagaimana jika hamil saat masih menyusui? Tenang, nih aku kasih tipsnya yah bun :

  • Susu nutrisi tinggi

Pilih susu bernutrisi tinggi, buah, sayur, omega 3 dari ikan, telur, dan kandungan lainnya, berfungsi meningkatkan kekuatan, pertumbuhan, dan daya kembang bayi, janin, dan ibu hamil. Bunda juga dapat berkonsultasi dengan dokter obgyn mengenai asupan nutrisi yang dibutuhkan.

  • Hindari kontraksi

Hamil di masa menyusui dapat menyebabkan kontraksi rasa mulas di perut. Dan kalau kontraksi ini menyebabkan bunda mengalami pendarahan, hentikan segera kegiatan menyusui adik bayi. Ini dapat mempengaruhi kesehatan janin yang dikandung, karena nutrisinya terus berkurang. Agar tumbuh kembang adik bayi tetap maksimal ganti saja nutrisinya dengan memberikan makanan tambahan yang nutrisinya tinggi setara ASI. Bunda juga perlu mengkonsumsi makanan penguat janin sehingga kontraksi dan masalah kehamilan lainnya dapat dihindari.

  • ASI tetap enak buat adik bayi

Saat hamil hormon progesteron berproduksi lebih banyak. Ini menyebabkan produksi ASI berkurang, rasanya pun jadi tidak enak. Kalau adik bayi masih ingin menyusui, asupan nutrisinya harus diperhatikan bunda dengan mengkonsumsi makanan bergizi tinggi plus susu bernutrisi tinggi.

  • Perbanyak asupan nutrisi 3 kali lipat

Kehamilan di masa menyusui dampaknya kurang baik bagi janin yang dikandung dan adik bayi. Jadi saran aku bunda harus mengkonsumsi nutrisi 3 kali lipat untuk menjaga kesehatan bunda, adik bayi dan tentunya janin yang sedang dikandung. Bunda dapat mengkonsumsi buah, sayuran, dan sumber karbohidrat untuk meningkatkan kekuatan dan tenaga bunda.

sumber

   


Jumlah Posts : 178
Jumlah di-Like : belum ada like

Saat hamil, bunda perlu nutrisi ibu hamil yang cukup untuk ibu dan adek bayi. Nah, kalau semisal bunda pengen ngemil, perlu juga memperhatikan asupan camilan yang sehat, jangan asal nyemil. Aku ada beberapa tips dalam memilih camilan yang sehat, silakan disimak yah bun

  1. Dalam memilih camilan sehat, bunda harus memilih camilan yang akan memberikan dampak kesehatan optimal untuk dadek bayi. Kalori yang dibutuhkan ibu hamil sekitar 2000 kalori setiap hari. Penting buat diketahui nih bun, ibu hamil perlu yanga namanya sarapan loh, tapi kalau mau ngemil sekitar pukul 10 pagi, atau jam 3 dan jam 4 sore. Sebaiknya bunda menghindari ngemil di malam hari saat mau bobo untuk mengontrol berat badan.
  2. Camilan yang sehat seperti buah2an berserat dan sayuran berdaun hijau memberikan manfaat baik untuk bunda. Camilan lainnya yang baik untuk dikonsumsi yaitu oatmeal, biskuit gandum. Kalau bunda mau makan mie, pilih mie gandum aja, jangan mie instan itu yah. Kakakku seringnya sih ngemil popcorn, tapi yg plain, menteganya juga pakai yang butter tawar, jadi gak asin popcorn nya.
  3. Hindari junkfood bun karena bisa mengganggu kesehatan debay. Pilihan camilan sehat lain seperti smothies buah dan sayur+yoghurt mengandung banyak protein dan juga kalsium. Tambahkan almond bun biar rasanya lebih nikmat dan juga memberikan asupan gizi cukup buat bunda dan debaynya.

Sekian tips dari aku. Semoga bisa membantu. Kalau mau berbagi tips lain nya boleh loh.

sumber

   
20-12-2013 12:14:44 Jus buat ibu hamil
Jumlah Posts : 178
Jumlah di-Like : belum ada like

Halo, bu. Apa kabar? Baik saja yah. Aku mau berbagi info soal jus nih. Selama hamil, kita perlu asupan bergizi selain untuk ibu, juga untuk si kecil yang masih dalam kandungan. Berikut ini aku kasih tau jus apa saja yang baik untuk ibu hamil

1. Jus Apel
Kandungan dalam apel membantu menurunkan kadar kolesterol yang mengganggu fungsi jantung.Bisa campurkan dengan seledri atau bayam. Kandungan dalam seledri mampu mengatasi gangguan tidur selama hamil. Kandungan dalam bayam mampu mambantu kerja usus.

2. Jus Wortel
Wortel mampu meningkatkan energi jika ibu hamil letih lesu, mengurangi kadar gula darah pada ibu hamil dan mencegah darah tinggi.

3. Jus Alpukat
Kandungan kalori, lemak dan minyak yang tinggi di dalamnya bukan hanya menjadi sumber energi yang dibutuhkan ibu hamil, tapi juga mengurangi kadar kolesterol dan menjaga kelenturan otot-otot sendi.

4. Jus Blewah
Kandungan beta-karoten, pro-vitamin A, magnesium, mangan, seng dan krom pada blewah dapat mengurangi peradangan dan memulihkan luka peradangan jaringan usus. Gula alami dan enzim yang dikandung blewah mempunyai fungsi absorpsi atau penyerapan pada usus akibat makan tergesa-gesa sehingga makanan tak terkunyah dengan baik, terlalu banyak makan makanan yang berbumbu, endapan obat-obatan, dan rasa mual.

5. Jus Delima
Membantu membersihkan mulut dan gigi, serta mencegah infeksi sehingga membantu menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Delima juga mengurangi resiko luka otak pada janin

   


24-05-2013 13:44:34 habis kuret karna BO
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7
 Saya turut prihatin dengan keguguran yang bunda alami. Keguguran dan adanya blighted ovum (kehamilan kosong ) memang sampai saat ini tidak di ketahui pasti penyebabnya. Namun para ahli menduga adanya kelainan kromosom pada calon janin sehingga ia tidak dapat membelah pada kehamilan kosong. Ada juga yang menduga factor ovum dari sang ibu dan sperma dari ayah juga berperan dalam keadaan ini. Rendahnya kualitas ovum atau sperma menyebabkan terjadinya keadaan ini. Selain itu juga adanya kelainan pada anatomi organ reproduksi yang juga menjadi salah satu factor yang di duga berperan pada kehamilan kosong. Selain itu beberapa hal lainnya adalah: infeksi (Chlamydia, Cytomegalovirus, Genital herpes, Syphilis, Toxoplasmosis, dan Rubella), adanya kelainan hormonal,dan system immune. Dari banyaknya faktor yang diduga menjadi penyebab terjadinya keguguran dan kehamilan kosong, saya menyarankan kepada bunda untuk melakukan imunisasi-imunisasi pada calon ibu hamil dan juga pemeriksaan fertilitas pada anda serta suami anda untuk memastikan apakah ada faktor kesuburan yang menyebabkan keguguran yang anda alami. Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu.


   
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
1.  Percaya Allah
Untuk membangun rasa percaya diri pada ibu hamil maka hal yang harus dibangun pertama kali yaitu percaya kepada Allah.  Yakinkan pada diri kita bahwa kita akan bisa melewati masa persalinan dengan selamat dan bayi yang dilahirkan akan baik-baik saja.  Para ibu hamil juga sebaiknya tidak perlu mempercayai mitos-mitos yang tidak berdasar dan beredar dikalangan masyarakat.

2.  Curhat
Ternyata curhat atau mencurahkan perasaan hati akan membuat hati lebih lega.  Tempat yang paling tepat untuk curhat bagi para ibu hamil yaitu Allah Ta'ala.  Sempatkan untuk bangun malam dan bermunajat kepada Allah dan memohon agar diberi kelancaran selama masa kehamilan dan kelancaran selama proses persalinan.  Suami juga bisa dijadikan tempat untuk bermusyawarah termasuk segala keluhan para ibu hamil dan mencari solusi bersama.

3.  Positif thinking
Dengan positif thinking akan mampu mengusir rasa was-was dan rasa takut yang dialami para ibu hamil.  Untuk membangun rasa positif thinking maka kita bisa membayangkan bayi kita yang mungil.  Dengan membayangkan bayi mungil kita maka para ibu hamil akan siap untuk menghadapi segala rintangan.

4.  Memperbanyak sedekah
Sedekah sangat berkhasiat, terutama untuk menangkal bala.  Bala tidak akan mendahului sedekah.  Perbanyaklah sedekah karena bisa mendekatkan para ibu hamil kepada Allah Ta'ala dan merupakan rasa syukur atas kehamilan bayi.  Dengan sedekah juga akan sangat membantu proses selama masa persalinan berlangsung.

Rasa sedih dan was2 yang berlebihan yang mendera para ibu hamil perlu diwaspadai.  Karena hal tersebut bisa jadi akan mengganggu psikologis ibu hamil yang bisa berefek pada bayi dan ibu hamil.  Yang harus diingat adalah bahwa rasa was-was yang berlebihan merupakan bisikan setan yang perlu diusir.

“Katakanlah, “Aku berlidung kepada Rabb (yang memelihara dan mengatur) manusia. Penguasa manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) setan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.” (Qs. An-nas 1-4)

Smoga bermanfaat ya ;)
Wassalam
   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Dok sy pernah hamil 3 bln tp keguguran karna janin sy tdk berkembang,setlh di kuret sy blum hamil2 lgi tp msuk usia pernikan sy yg ke 3 sy udah tlat sebun tanda hamil sy rskan mual,prut kembung tp TP negatif,haid sy jg tdk tratur kadang 2 bln bahkan pernh 5 bln ßâяϋ haid dan dr blng kandungan sy di belakang,mohon jawabanya Yªªª dok,,mkasih sblumx dok

Dari : asryati.azis

Jawaban:

Dear Bunda, 

Saya turut prihatin dengan keguguran yang bunda alami. Keguguran dan adanya blighted ovum (kehamilan kosong ) memang sampai saat ini tidak di ketahui pasti penyebabnya. Namun para ahli menduga adanya kelainan kromosom pada calon janin sehingga ia tidak dapat membelah pada kehamilan kosong. Ada juga yang menduga factor ovum dari sang ibu dan sperma dari ayah juga berperan dalam keadaan ini. Rendahnya kualitas ovum atau sperma menyebabkan terjadinya keadaan ini. Selain itu juga adanya kelainan pada anatomi organ reproduksi yang juga menjadi salah satu factor yang di duga berperan pada kehamilan kosong. Selain itu beberapa hal lainnya adalah: infeksi (Chlamydia, Cytomegalovirus, Genital herpes, Syphilis, Toxoplasmosis, dan Rubella), adanya kelainan hormonal,dan system immune. Dari banyaknya faktor yang diduga menjadi penyebab terjadinya keguguran dan kehamilan kosong, saya menyarankan kepada bunda untuk melakukan imunisasi-imunisasi pada calon ibu hamil dan juga pemeriksaan fertilitas pada anda serta suami anda untuk memastikan apakah ada faktor kesuburan yang menyebabkan keguguran yang anda alami. Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu.
   
31-08-2012 15:12:54 keguguran
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Apakah keguguran itu ada pantangan makanan dan aktivitas nya? Dan salah keguguran, sebaliknya bagaimana agar bs cepat hamil kembali dok?

Dari : Widya Ningsih

Jawaban:

Dear Bunda,

Saya turut prihatin dengan keguguran yang bunda alami. Keguguran dan adanya blighted ovum (kehamilan kosong ) memang sampai saat ini tidak di ketahui pasti penyebabnya. Namun para ahli menduga adanya kelainan kromosom pada calon janin sehingga ia tidak dapat membelah pada kehamilan kosong. Ada juga yang menduga factor ovum dari sang ibu dan sperma dari ayah juga berperan dalam keadaan ini. Rendahnya kualitas ovum atau sperma menyebabkan terjadinya keadaan ini. Selain itu juga adanya kelainan pada anatomi organ reproduksi yang juga menjadi salah satu factor yang di duga berperan pada kehamilan kosong. Selain itu beberapa hal lainnya adalah: infeksi (Chlamydia, Cytomegalovirus, Genital herpes, Syphilis, Toxoplasmosis, dan Rubella), adanya kelainan hormonal,dan system immune. Dari banyaknya faktor yang diduga menjadi penyebab terjadinya keguguran dan kehamilan kosong, saya menyarankan kepada bunda untuk melakukan imunisasi-imunisasi pada calon ibu hamil dan juga pemeriksaan fertilitas pada anda serta suami anda untuk memastikan apakah ada faktor kesuburan yang menyebabkan keguguran yang anda alami. Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu.
   
18-03-2011 13:56:12 kehamilan kosong
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
dokter Tanti yang baik hati mohon solusinya ya.
dok saya sudah nikah 1 tahun 3 bulan, dan saya sudah hamil 2 x dan selalu keguguran, hamil pertama 3 bulan dan yg ke 2, 1 bulan dua"nya hamil kosong, terakhir sya perikasa ke dokter saya dikasih vitamin u/ memulihkan rahim saya.
kata dokter saya disuruh sabar insyaallah 2-3 bulan lg sya hamil tp smpe skrang itu nihil, kandungan sya tidak ada masalah, yang sya pertanyakan apa penyebab hamil kosong, dan apa yg harus saya lakukan agar sya hamil lg, krna suami dan saya sudah merindukan kehadiran buah hati dok, saya capek dihina orang trus.apa solusi yg baik buat saya dok, tolong bantu saya y dok!terimakasih.

Dari : bunda yuni

Jawaban:

Dear Bunda,

Saya turut prihatin dengan keguguran yang bunda alami. Keguguran dan adanya blighted ovum (kehamilan kosong ) memang sampai saat ini tidak di ketahui pasti penyebabnya. Namun para ahli menduga adanya kelainan kromosom pada calon janin sehingga ia tidak dapat membelah pada kehamilan kosong. Ada juga yang menduga factor ovum dari sang ibu dan sperma dari ayah juga berperan dalam keadaan ini. Rendahnya kualitas ovum atau sperma menyebabkan terjadinya keadaan ini. Selain itu juga adanya kelainan pada anatomi organ reproduksi yang juga menjadi salah satu factor yang di duga berperan pada kehamilan kosong. Selain itu beberapa hal lainnya adalah: infeksi (Chlamydia, Cytomegalovirus, Genital herpes, Syphilis, Toxoplasmosis, dan Rubella), adanya kelainan hormonal,dan system immune. Dari banyaknya faktor yang diduga menjadi penyebab terjadinya keguguran dan kehamilan kosong, saya menyarankan kepada bunda untuk melakukan imunisasi-imunisasi pada calon ibu hamil dan juga pemeriksaan fertilitas pada anda serta suami anda untuk memastikan apakah ada faktor kesuburan yang menyebabkan keguguran yang anda alami. Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu.
   
13-02-2011 16:24:39 sakit gigi
Jumlah Posts : 112
Jumlah di-Like : 9
Ketakutan para ibu hamil untuk kontrol gigi secara rutin disebabkan adanya anggapan mengenai efek samping dari tindakan kedokteran gigi seperti timbulnya cacat pada banyi ataupun kesulitan pada saat persalinan. Padahal, sebetulnya sebagian besar tindakan kedokteran gigi tidak mengakibatkan efek yang membahayakan kandungan. Dalam hal ini yang terpenting adala adanya komunikasi yang baik antara dokter gigi dan ibu hamil serta dokter ginekolog yang merawatnya. Pasien juga perlu memahami risiko dan keuntungan yang akan didapat dari tindakan medis kedokteran gigi tersebut.
Malah ibu hamil tidak memeriksakan gigi secara rutin ataupun mengobati dengan segera keluhan di giginya secara rutin ataupun mengobati dengan segera keluhan di giginya akan memberi dampak buruk bagi dirinya sendiri dan juga sang janin. Sebuah penelitian yang menarik dari American Academy of Pediatric Dentistry tahun 2007, menyatakan adanya risiko untuk melahirkan bayi dengan berat badan rendah (preterm low birth weight/ PLBW) pada ibu hamil yang menderita radangan di rongga mulut (periodontitis). Penelitian lain yang dilakukan Contreras A dalam Jurnal Periodontology tahun 2006, menduga adanya hubungan periodontitis dengan pre-eklampsia, suatu kondisi kehamilan yang ditandai dengan hipertensi dan proteinuria.

Perawatan gigi selama hamil.

Kontrol diet merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Ibu hamil harus mendapt asupan nutrisi yang cukup, meliputi vitamin A, C, D, protein, kaslium, folat, fluor, dan lain-lain. Kebutuhan makan yang meningkat membuat ibu hamil cenderung meningkatkan frekuensi cemilan di luar waktu makan. Mengingat cemilan banyak mengandung gula, sebaiknya asupan cemilan dibatasi dan segera membersihkan mulut segera setelah makan cemilan.
Perawatan rutin untuk meningkatkan higienitas rongga mulut yang meliputi pembersihan karang gigi dan plak aman dilakukan baik pada trimester 1, 2 maupun 3. sebaiknya dilakukan lebih sering untuk meningkatkan derajat kesehatan rongga mulut. Sikat gigi yang baik dan benar serta kumur dengan obat antiseptik seperti chlorhexidine 0,12% sangat dianjurkan.
Perawatan lain seperti penambalah gigi dan perawatan saluran akar masih bisa dilakukan. Penambalan dengan bahan amalgam yang mengandung mekuri, terbukti aman. Sangat disarankan untuk melakukan perawatan dan penambalan pada semua gigi yang rusak untuk menghindari terjadinya infeksi dan rasa sakit pada saat trimester akhir.
Kecuali dalam keadaan darurat, disarankan untuk melakukan pencabutan gigi pada trimester ketiga. Pada waktu ini, pembentukan organ sudah lengkap, dan merupakan waktu paling nyaman bagi ibu hamil untuk menerima perawatan dibandingkan saat trimester ketiga akhir. Perawatan lain yang bersifat kosmetik seperti pemutihan gigi (bleaching) sebaiknya ditunda dulu.
Keadaan darurat seperti abses atau infeksi akut yang memerlukan penanganan segera, dapat dilakukan pada trimester berapapun juga.
Foto rontgen atau x-ray sebaikanya dilakukan hanya bila perlu dan ibu hamil harus memakai pelindung berupa lapisan timah (apron). Apabila memungkinkan sebaiknya tindakan itu ditunda sampai setelah melahirkan. Para ibu hamil perlu memberitahu adanya kehamilan pada petugas yang melayani.
Secara keseluruhan, sangat disarankan untuk mulai menjaga kebersihan dan kontrol gigi secara rutin sejak awal kehamilan. Komunikasi antara dokter gigi, ibu hamil dan dokter ginekologi perlu lebih intensif, sehingga risiko dapat diminimalkan.
Semoga pameo setiap kali hamil, satu gigi hilang tidak berlaku lagi.

   
Jumlah Posts : 37
Jumlah di-Like : belum ada like
@ bunda stephani

jujur ya bun, waktu aku ngalami IUFD aku ga ngerasain hal yang ekstrim banget kayak pecah ketuban atau pun pendarahan cuma aku ngerasa pinggul bagian belakang ( sunda na mah bobokong ) kerasa panas banget kayak yang mo lahiran. aku sama sekali ga nyadar kalo saat itu baby ku dalam keadaan gawat, sampe pada akhirnya aku ga merasakan gerakan dan tendangan lembutnya.. kata dokter plasenta nya terlepas dari dinding rahim tapi wallohu'alam...
ini ada artikel yang lebih lengkap mudah2an dapat membantu...

penasaran dgn kasus yang terjadi, meskipun orang tua terutama ibu yg sangat terpukul mengetahui janinnya sudah tidak dapat tertolong mencoba untuk tegar, sabar, dan ikhlas menghadapinya, karena yakin semua sudah menjadi kehendak Yang Diatas, Allah SWT, namun manusia selalu ingin tahu hukum alam yang berlaku saat itu, pastilah ada penyebab ilmiah yang bisa mengakibatkan kematian janin di dalam kandungan, setidaknya di kehamilan berikutnya bisa diusahakan untuk tidak berulang dengan kasus yang sama.
Jika penelitian belum juga menghasilkan jawaban yg memuaskan, maka misteri Illahi berlaku pula di dalamnya, hanya Allah yang Maha Mengetahui setiap waktu yang terbaik untuk hambaNya. Demikian juga, lagi dan lagi, secara filosofi, kita kembalikan dengan adanya seleksi alam, kalaupun tetap dipertahankan hidup, tak akan survive.

Dari beberapa diskusi, aku coba googling dan ketemu artikel dari nakita, http://www.tabloid-nakita.com/artikel.php3?edisi=02058&rubrik=kecil.

kematian janin di kandungan, dalam dunia kedokteran dikenal dengan Intra Uterin Fetal Death (IUFD). Yang dimaksud dengan kematian janin adalah kematian yang terjadi saat usia kehamilan lebih dari 20 minggu dimana janin sudah mencapai ukuran 500 gram atau

lebih. Umumnya, kematian janin terjadi menjelang persalinan saat usia kehamilan sudah memasuki 8 bulan.

* Ketidakcocokan rhesus darah ibu dengan janin

Akan timbul masalah bila ibu memiliki rhesus negatif, sementara bapak rhesus positif. Sehingga anak akan mengikuti yang dominan; menjadi rhesus positif. “Akibatnya antara ibu dan janin mengalami ketidakcocokan rhesus.”

Ketidakcocokan ini akan mempengaruhi kondisi janin tersebut. Misalnya, dapat terjadi hidrops fetalis; suatu reaksi imunologis yang menimbulkan gambaran klinis pada janin, antara lain pembengkakan pada perut akibat terbentuknya cairan berlebih dalam rongga perut (asites), pembengkakan kulit janin, penumpukan cairan di dalam rongga dada atau rongga jantung, dan lain-lain. Akibat penimbunan cairan yang berlebihan tersebut, maka tubuh janin akan membengkak. “Bahkan darahnya pun bisa tercampur air.” Biasanya kalau sudah demikian, janin tak akan tertolong lagi.

Sebenarnya, terang dr. Nasdaldy, Sp.OG, hidrops fetalis merupakan manifestasi dari bermacam penyakit. Bisa karena kelainan darah, rhesus, atau kelainan genetik. “Biasanya bila kasusnya hidrops fetalis, maka tak ada manfaatnya kehamilan dipertahankan. Karena memang janinnya pasti mati.” Sayangnya, seringkali tidak dilakukan otopsi pada janin yang mati tersebut, sehingga tidak bisa diketahui penyebab hidrops fetalis. “Padahal dengan mengetahui penyebabnya bisa untuk tindakan pencegahan pada kehamilan berikutnya.”

* Ketidakcocokan golongan darah antara ibu dan janin

Terutama pada golongan darah A,B,O. “Yang kerap terjadi antara golongan darah anak A atau B dengan ibu bergolongan O atau sebaliknya.” Sebab, pada saat masih dalam kandungan, darah ibu dan janin akan saling mengalir lewat plasenta. Bila darah janin tidak cocok dengan darah ibunya, maka ibu akan membentuk zat antibodinya.

* Gerakan sangat “liar”

Gerakan bayi dalam rahim yang sangat berlebihan, terutama jika terjadi gerakan satu arah saja. “Nah, karena gerakannya berlebihan, terlebih satu arah saja, maka tali pusat yang menghubungkan janin dengan ibu akan terpelintir. Kalau tali pusat terpelintir, maka pembuluh darah yang mengalirkan plasenta ke bayi jadi tersumbat.” Kalau janin sampai memberontak, yang ditandai gerakan “liar”, biasanya karena kebutuhannya ada yang tidak terpenuhi, entah itu karena kekurangan oksigen, atau makanan. Karena itu, harus segera dilakukan tindakan yang mengarah pada pemenuhan kebutuhan janin. Misalnya, apakah oksigen dan gizinya cukup? Kalau ibu punya riwayat sebelumnya dengan janin meninggal, maka sebaiknya aktivitas ibu jangan berlebihan. “Sebab, dengan aktivitas berlebihan, maka gizi dan zat makanan hanya dikonsumsi ibunya sendiri, sehingga janin relatif kekurangan.”

* Berbagai penyakit pada ibu hamil

Salah satu contohnya preeklampsia dan diabetes. Itulah mengapa pada ibu hamil perlu dilakukan cardiotopografi (CTG) untuk melihat kesejahteraan janin dalam rahim.

* Kelainan kromosom

Bisa disebut penyakit bawaan, misalnya, kelainan genetik berat trisomy. “Kematian janin akibat kelainan genetik biasanya baru terdeteksi saat kematian sudah terjadi, yaitu dari otopsi bayi.” Sebab, ungkap Nasdaldy, jarang sekali dilakukan pemeriksaan kromosom saat janin masih dalam kandungan. “Selain biayanya mahal, risikonya juga tinggi. Karena harus mengambil air ketuban dari plasenta janin sehingga berisiko besar terinfeksi, juga bisa lahir prematur. Kecuali kalau memang ada keganjilan dalam kehamilan tersebut yang dicurigai sebagai kelainan kromosom.”

* Trauma saat hamil

Trauma bisa mengakibatkan terjadi solusio plasentae atau plasenta terlepas. Trauma terjadi, misalnya, karena benturan pada perut, entah karena kecelakaan atau pemukulan. “Benturan ini bisa saja mengenai pembuluh darah di plasenta, sehingga timbul perdarahan di plasenta atau plasenta lepas sebagian. Akhirnya aliran darah ke bayi pun jadi tak ada.”

* Infeksi pada ibu hamil

Ibu hamil sebaiknya menghindari berbagai infeksi, seperti infeksi akibat bakteri maupun virus. “Bahkan demam tinggi pada ibu hamil bisa menyebabkan janin tak tahan akan panas tubuh ibunya.”

* Kelainan bawaan bayi

Kelainan bawaan pada bayi sendiri, seperti jantung atau paru-paru, bisa mengakibatkan kematian di kandungan.

SEGERA DILAHIRKAN

Selama hamil, kehati-hatian dan kewaspadaan ibu perlu ditingkatkan, mengingat demi kebaikan janin dan ibu itu sendiri. Apa saja yang harus diwaspadai?

Yang pertama, bila tidak ada gerakan janin. “Pada ibu-ibu yang sudah merasakan gerakan bayi; pada kehamilan lebih dari 5 bulan, perlu diwaspadai jika dalam sehari ia tak bisa merasakan gerakan bayinya.” Gerakan bayi yang normal minimal 10 kali dalam sehari.

Yang kedua, ibu perlu mewaspadai tanda-tanda “sekarat” pada bayi. “Sebelum bayi tidak bergerak sama sekali, biasanya juga didahului tanda-tanda ’sekarat’. Timbul gerakan yang sangat hebat atau malah sebaliknya, gerakannya semakin pelan atau lemah.” Pada ibu yang peka, pasti akan terasa, kok, saat gerakan janinnya lain.

Yang ketiga, bila kehamilan tak kunjung membesar. “Ibu harus curiga bila pertumbuhan kehamilan tidak sesuai bulannya.”

Nah, bila terjadi hal-hal yang sudah diuraikan tadi, terang Nasdaldy, sebaiknya segera periksa ke dokter. “Walau belum waktunya pemeriksaan ulang, sebaiknya segera periksa. Sehingga sebelum terjadi kematian, dokter bisa melakukan tindakan pencegahan.” Tindakan yang dilakukan dokter biasanya dengan melahirkan segera atau lahir prematur. “Di luar bayi bisa di-treatment agar bisa hidup.”

Bila sudah diketahui penyebabnya, maka dokter tentu juga akan mengatasi penyebab tersebut. “Bila ada infeksi pada ibu, maka akan diobati infeksinya. Kalau ibunya diabetes, maka diobati diabetesnya.”

Dengan bantuan optimal, maka gawat janin bisa membaik kembali. “Karena untuk janin yang sedang ’sekarat’, tak selamanya harus dikeluarkan. Karena dikeluarkan pun harus melihat usia kehamilannya, kan? Kalau ternyata usianya masih muda, tidak mungkin ia dilahirkan segera. Pada usia kehamilan muda tentunya paru-parunya belum terbentuk sempurna. Sehingga di luar pun ia tak mungkin bisa bernafas. Jadi, yang dilakukan dokter adalah mempertahankan dengan mengatasi penyebabnya tersebut.”

Jika tak tertolong lagi, terang Nasdaldy, maka janin yang sudah meninggal harus segera dilahirkan. “Proses kelahiran harus dilakukan secara normal agar tidak terlalu merugikan ibu.” Jadi, bukan melalui operasi. Sebab, operasi tetap saja berisiko buat ibunya. “Anaknya, kan, sudah meninggal, kenapa harus menanggung risiko untuk anak yang sudah tidak ada?”

Operasi hanya dilakukan jika ada halangan untuk melahirkan normal. Misalnya, bayinya mati dalam posisi melintang, ibu mengalami preeklampsia, dan sebagainya.

Yang jadi berbahaya justru jika janin yang sudah meninggal tidak segera dilahirkan. “Kalau lebih dari dua minggu bersemayam dalam rahim ibunya, tentu akan mengganggu pembekuan darah si ibu. Zat pembekuan darah atau fibrinogennya bisa turun.” Hal ini akan berakibat fatal kala ibu melahirkan janin tersebut. “Dalam persalinan, kan, pasti terjadi perdarahan. Nah, kalau fibrinogennya rendah, maka perdarahannya tidak bisa berhenti. Jadi, bisa saja ibu tak tertolong karena perdarahan tersebut.”

Namun, bukan berarti tak ada obat untuk mencegahnya, lo. Sebelum dilakukan tindakan persalinan, bila telah diketahui janin sudah meninggal, maka dokter akan mengecek dulu fibrinogennya. “Kalau fibrinogennya turun, maka harus diberi obat fibrinogen.”

Tapi kasus janin meninggal bersemayam lebih dari 2 minggu sangat jarang terjadi. “Karena sebenarnya alam sudah mengaturnya. Biasanya tubuh si ibu sendiri kalau janinnya mati akan terjadi penolakan. Timbullah proses persalinan.”

Memang, diakui Nasdaldy, cukup banyak ibu yang tak menyadari janinnya sudah meninggal. “Bahkan sampai janinnya itu membatu atau mengeras.” Hal ini terjadi karena kurang pekanya sang ibu, terlebih lagi karena tak ada reaksi penolakan pada tubuhnya. “Biasanya terjadi pada ibu yang tak menyadari kalau dirinya hamil, tahu-tahu anaknya sudah meninggal dalam kandungan, bahkan telah membatu.”

Tentu saja mengeluarkan janin yang telah membatu lebih berisiko. “Mengeluarkannya akan lebih susah sehingga biasanya terjadi komplikasi, misalnya, ada perobekan di dinding rahim dan jalan lahir.”

BISA HAMIL LAGI

Setelah kematian janin, bukan berarti ibu tidak bisa hamil lagi, lo. Seperti penuturan dr. Nasdaldy, Sp.OG, “Ibu bisa memulai program hamil kapan saja. Hanya sebaiknya penyebab kematian janin terdahulu sudah diketahui sebelum hamil kembali.” Hal ini bertujuan agar pada kehamilan berikutnya bisa diantisipasi hal-hal yang menjadi permasalahan kasus tersebut.

Sayangnya, terang Nasdaldy, jarang sekali orang tua yang bersedia mengotopsi janinnya yang meninggal. Akibatnya penyebab kematiannya tidak diketahui dengan pasti. Padahal mengetahui penyebab kematian akan mempermudah pengobatan yang harus diberikan pada ibu. Misalnya, bila penyebabnya karena perbedaan rhesus darah, maka harus segera diobati rhesusnya. “Pengobatan ini harus segera diberikan supaya zat antinya tidak terlanjur terbentuk. Sehingga kalau terjadi kehamilan lagi, perbedaan rhesus tidak berdampak seperti sebelumnya.”

maaf ya kepanjangan... :D
semoga bunda dan babynya sehat dan selamat sampai lahiran nanti .. :D



   
Jumlah Posts : 34
Jumlah di-Like : 1
Hi bun...

Waktu aku hamil (sekarang Aqila dah 5 1/2bulan) aku dikasih ma dokter kandungan asam volat (aku lupa namanya) karena gak sama dikasihnya tergantung usia kandungan,sedangkan untuk vitaminnya aku dikasih volamilgenio,tu dah mencakup semuanya termasuk tuk perkembangan otak janin,jadi gak perlu banyak minum tablet,coba deh bunda tanya diapotek dan baca kandungannya semua dah ada di volamil genio,sedangkan tuk susunya aku minum susu nutrima,disamping itu asam folat bisa didapat dari alpukat dan pisang, jadi aku waktu hamil paling sering konsumsi pokat ma pisang ambon,sayuran juga aku perbanyak seperti bayam,wortel,brokoli tauge,begitu juga dengan proteinnya (ikan laut tiap hari,tempe,klo daging/ayam aku gak begitu doyan).Jadi menurutku gak usah begitu banyak konsumsi obat/vitamin,susu kedelai juga bagus.Pasti deh dijamin sehat selama hamil,karena tu yg terjadi ama aku selama mengandung Aqila ditambah aku kerja berangkat pk 5.30 pagi sampai rumah jam 9 malam,selama 8 bulan,(karena sebulan sebelum lahiran aku dah cuti), Alhamdulillah sehat2 aja,paling2 kaki sedikit keram dan bengkak,tu biasa pada ibu hamil,ngidam juga gak parah,malahan aku yg tadinya doyan mie,pas hamil jadi gak doyan mie apapun,makanan cepat saji jadi gak doyan,maunya yg segar2 aja,buah bisa satu hari 1-2 kg entah itu jeruk,mangga,anggur,duku,yg penting manis,klo asam malah gak mau,sayuran 1 ikat bayam bisa langsung habis dimakan. wah aku sampe bli sayuran dan dimasak dikantor hehehe....untung pada maklum dan yg pasti 1 jam sekali mau makan/ngemil jadi kemana2 bawa makanan,Tapi bun...bayinya lahir sehat walau beratnya cuma 2,9 kg tapi bru seminggu dah 3,2 kg ditambah cepat daya tangkapnya,sekarang aja klo dipanggil namanya oleh siapa pun langsung nengok,dah bisa diajak main tembak2an ma ka2nya,klo becanda gak da matinya,berhenti klo lgi minum susu/makan/tidur,dan dah mau sendoki sendiri makanannya,pegang botol susu juga maunya sendiri,dah bisa memanggil yg ada didekatnya,walau belum jelas seperti"He..." atau Ya.....(panggil ayahnya)klo liat yg momongnya datang langsung minta digendong seakan dia tau klo bundanya mo kerja,tapi klo hari libur,dia gak mau digendong ma yg momong sepertinya dia tau klo aku da dirumah.Rasanya gak sia2 waktu hamil aku selalu memberinya nutrisi yg bermanfaat.

Ini sih sekedar aku share aja pengalamanku,mudah2an ada manfaat yg bisa diambil.
Semoga sehat selalu dan jangan lupa rangsang pula perkembangan otak janin dengan musik klasik or jika bunda muslim sering2perdengarkan ayat suci Alquran.InsyaAllah bayinya lahir sehat,cerdas,dan berahlak mulia,Amien....
   
19-12-2008 14:05:40 tempramen di saat hamil
Jumlah Posts : 198
Jumlah di-Like : 10

Emosi ibu hamil memang lebih labil. Sebaiknya hal itu disadari untuk diantisipasi. Ibu hamil akan menjadi gampang marah, tersinggung, serta mudah menangis. Perubahan fisiologis dan emosional memang tidak mudah dihadapi. Untuk mengatasi perasaan negatif tersebut akui saja perasaan-perasaan yang ada.

Peran pasangan sangat besar untuk berbagi cerita. Pada saat Ibu dan pasangan sedang santai berdua, ungkapkanlah hal yang menyenangkan dan perasaan-perasaan negatif yang ada. Kerja sama dengan pasangan adalah kunci keberhasilan menghadapi tekanan di masa hamil.

JADI SENSITIF DI KALA HAMIL

Wajar, kok, kalau perilaku ibu hamil jadi terkesan aneh-aneh. Biang keladinya tak lain adalah perubahan hormonal

Nah, para suami dimohon maklum jika istri yang tengah hamil jadi berperilaku tidak biasa. Yang tadinya sabar jadi cepat naik darah, yang tadinya rajin mendadak jadi malas, yang semula mandiri jadi manja, atau yang biasanya selalu memperhatikan suami kini malah ingin lebih diperhatikan.

Lantaran itulah, saat memutuskan untuk hamil, istri dan suami harus benar-benar siap fisik dan mental. Jadi saat terjadi perubahan, entah itu perubahan fisik maupun perilaku, baik istri maupun suami tidak terlalu kaget menghadapinya. Jangan sampai perubahan ini membuat hubungan suami istri jadi tidak harmonis, karena memang sangat mungkin pasangan dibuat jengkel karenanya. Inilah saran dari Dra. M. Louise M.M. Psi., untuk para suami yang bingung menghadapi perubahan psikis pada istri yang tengah hamil.

CENDERUNG MALAS

Para suami perlu memahami bahwa kemalasan ini bukan timbul begitu saja, melainkan pengaruh perubahan hormonal yang sedang dialami istrinya. "Jadi tidak ada salahnya bila suami menggantikan peran istri untuk beberapa waktu. Misalnya dengan menggantikannya membereskan tempat tidur, membuat kopi sendiri, atau bila tidak punya pembantu suamilah yang mencuci piring atau mencuci baju," ujar Lusi, sapaan akrabnya.

LEBIH SENSITIF

Biasanya, wanita yang hamil juga berubah jadi lebih sensitif. Sedikit-sedikit tersinggung lalu marah. Saran Lusi, apa pun perilaku ibu hamil yang dianggap kurang menyenangngkan, hadapi saja dengan santai. Ingatlah bahwa dampak perubahan psikis ini nantinya bakal hilang. Bukan apa-apa, bila suami membalas kembali dengan kemarahan, bisa-bisa istri semakin tertekan sehingga mempengaruhi pertumbuhan janinnya.

MINTA PERHATIAN LEBIH

Perilaku lain yang kerap "mengganggu" adalah istri tiba-tiba lebih manja dan selalu ingin diperhatikan. Meskipun baru pulang kerja dan sangat letih, usahakan untuk menanyakan keadaannya saat itu. Perhatian yang diberikan suami, walau sedikit, bisa memicu tumbuhnya rasa aman yang baik untuk pertumbuhan janin. Demikian pula ketika istri merasakan pegal-pegal dan linu pada tubuhnya. Istri sering meminta suami untuk mengusap tubuhnya. Sebaiknya lakukan sambil memberikan perhatian dengan mengatakan bahwa hal ini memang sering dialami wanita yang sedang hamil dan diperlukan kesabaran untuk menghadapinya.

GAMPANG CEMBURU

Tak jarang, sifat cemburu istri terhadap suami pun muncul tanpa alasan. Pulang telat sedikit saja, istri akan menanyakan hal macam-macam. Mungkin, selain perubahan hormonal, istri pun mulai tidak percaya diri dengan penampilan fisiknya. Ia takut bila suaminya pergi dengan wanita lain. Untuk menenangkannya, suami perlu menjelaskan dengan bijaksana bahwa keterlambatannya dikarenakan hal-hal yang memang sangat penting dan bukan karena perselingkuhan. Bila perlu, ceritakan dengan terperinci aktivitas hari itu dari pergi sampai pulang.

AKIBAT HORMON PROGESTERON

Lebih lanjut, dr. Dwiana Ocvianti, Sp.OG., dari RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta, menjelaskan perubahan perilaku pada ibu hamil merupakan hal wajar karena produksi hormon progesteronnya sedang tinggi. Hal inilah yang mempengaruhi banyak hal, termasuk psikis ibu. "Perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil sebenarnya sama persis dengan perubahan hormon pada wanita yang sedang mengalami siklus haid," ujar ginekolog yang akrab disapa Ovi.

Memang, perubahan hormon yang terjadi tidak selamanya akan mempengaruhi psikis ibu hamil. Ada juga yang perilakunya tidak berubah. Hal ini, tutur Ovi, disebabkan kerentanan psikis setiap orang yang berbeda-beda. Nah, daya tahan psikis dipengaruhi oleh kepribadian, pola asuh sewaktu kecil, atau kemauan ibu untuk belajar menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut.

Tak jauh berbeda, Lusi yang merupakan psikolog klinis di Klinik Psikologi Parent Education Program RSAB Harapan Kita, Jakarta, menuturkan biasanya ibu yang menerima atau bahkan sangat mengharapkan kehamilan akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan. Secara fisik dan psikis, mereka lebih siap.

Berbeda dari ibu yang tidak siap, umpamanya karena kehamilannya tidak diinginkan, umumnya merasakan hal-hal yang lebih berat. "Begitu pula dengan ibu yang sangat memperhatikan estetika tubuh. Dia akan merasa terganggu dengan perubahan fisik yang terjadi selama kehamilan. Seringkali ibu sangat gusar dengan perutnya yang semakin gendut, pinggul lebih besar, payudara membesar, rambut menjadi kusam, dan sebagainya. Tentu hal ini akan semakin membuat psikis ibu menjadi tidak stabil."

Perubahan psikis umumnya lebih terasa di trimester pertama kehamilan. Kala itu pula, ibu masih harus menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan hormon yang terjadi. Lalu berangsur hilang di trimester kedua dan ketiga karena ibu sudah bisa menyesuaikan dirinya.

WASPADAI PERUBAHAN BERLEBIHAN

Perubahan perilaku pada ibu hamil, jika kadarnya masih normal, tidak akan mengganggu proses tumbuh kembang janin. Namun, Ovi dan Lusi sepakat bahwa ada batasan yang mesti diwaspadai, yakni saat perilaku ibu sudah "keterlaluan". Kriteria keterlaluan memang terkesan rancu, tapi yang pasti waspadai jika ibu terlihat dilanda kecemasan berlebih atau stres sehingga perilakunya bisa "membahayakan" janin. Misalnya, kemalasan ibu sampai membuatnya masa bodoh dengan kehamilannya. Atau kemarahan yang terjadi sudah sering berubah menjadi amukan.

Menurut Lusi, kondisi psikis yang terganggu akan berdampak buruk pada aktivitas fisiologis dalam diri ibu. Umpamanya, suasana hati yang kelam dan emosi yang meledak-ledak dapat mempengaruhi detak jantung, tekanan darah, produksi adrenalin, aktivitas kelenjar keringat dan sekresi asam lambung. Di samping itu, dapat pula memunculkan gejala fisik seperti letih, lesu, gelisah, pening, dan mual. Semua dampak ini akhirnya akan merugikan pertumbuhan janin karena si kecil sudah dapat merasakan dan menunjukkan reaksi terhadap stimulasi yang berasal dari luar dirinya. Apalagi masa trimester pertama merupakan masa kritis menyangkut pembentukan organ tubuh janin.

Oleh karena itu, walaupun sifat pemalas, pemarah, sensitif, dan manja wajar muncul di masa hamil, Ovi tetap menganjurkan agar ibu segera mengatasinya. "Banyak hal yang bisa dilakukan." Jika perubahan ini ditanggapi secara positif, baik ibu maupun janin akan lebih sehat kondisinya. Inilah hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi kemungkinan munculnya dampak psikis yang negatif:

1. Menyimak Informasi Seputar kehamilan

Berbagai informasi mengenai kehamilan bisa didapat dari buku, majalah, koran, tabloid, atau situs kehamilan di internet. Dengan mengetahui akar masalah yang terjadi maka ibu bisa lebih tenang menghadapi kehamilan. Ibu pun jadi tahu mana yang boleh dan mana yang tidak boleh dilakukan. Sebaliknya, jika tidak berusaha mencari tahu terhadap perubahan pada dirinya, tak mustahil akan timbul berbagai perasaan yang mungkin saja sangat mengganggu kondisi psikis.

2. Kontrol Teratur

Kontrol bisa dilakukan pada dokter kandungan atau bidan. Saat konsultasi, ibu bisa menanyakan tentang perubahan psikis yang dialami. Biasanya, bila ibu perlu penanganan lebih serius, dokter atau bidan akan menganjurkan ibu untuk menemui psikolog atau psikiater yang dapat membantu kestabilan emosi.

3. Perhatian Suami

Perhatian yang diberikan oleh suami bisa membangun kestabilan emosi ibu. Misalnya, ibu bisa saja meminta suami untuk menemaninya berkonsultasi ke dokter atau bidan agar merasa lebih nyaman karena ada perhatian dari pasangan.

4. Jalin Komunikasi

Jangan pernah menutupi perubahan psikis yang terjadi, tetapi komunikasikanlah hal itu kepada suami. Dengan begitu diharapkan suami bisa berempati dan mampu memberi dukungan psikologis yang dibutuhkan. Dukungan dari lingkungan, terutama suami, sangat berpengaruh terhadap kestabilan emosi ibu hamil. Sebaliknya, perasaan ibu hamil yang dipendam sendiri tidak akan membawa perubahan. Suami tetap tidak acuh dan masalah ibu jadi berkepanjangan.

5. Beraktivitas

Sangat dianjurkan agar ibu mencari aktivitas apa pun yang dapat meredakan gejolak perubahan psikis. Bisa dengan menjahit, melukis, bermain musik, atau apa pun. Umumnya, ibu yang aktif di luar rumah bisa mengatasi berbagai perubahan psikisnya tersebut dengan lebih baik.

6. Perhatikan Kesehatan

Tubuh yang sehat akan lebih kuat menghadapi berbagai perubahan, termasuk perubahan psikis. Kondisi ini bisa terwujud dengan berolahraga ringan dan memperhatikan asupan gizi. Hindari mengonsumsi makanan yang dapat membahayakan janin, seperti makanan yang mengandung zat-zat aditif, alkohol, rokok, atau obat-obatan yang tidak dianjurkan bagi kehamilan.

7. Relaksasi

Bila ingin mendapatkan perasaan yang lebih relaks, ibu bisa mengatasinya dengan mendengarkan musik lembut, belajar memusatkan perhatian sambil mengatur napas, senam yoga, dan bentuk relaksasi lainnya.

   
10-09-2008 10:09:43 BB & Vaksinasi Saat Hamil
Jumlah Posts : 918
Jumlah di-Like : 4
Hallo Bunda Nur di Gorontalo....   Selamat ya buat kehamilannya.... Saya coba sharing sedikit :D   - Vaksinasi Toxoid Tetanus (TT) saat hamil setahu saya perlu, terlebih bila Bunda belum sama sekali divaksin saat sebelum menikah. Jika ibu hamil tidak diberikan imunisasi tetanus lalu ada bakteri atau spora tetanus masuk ke dalam tubuh ibu, maka nyawa janin akan terancam   Jadwal pemberian vaksin TT pada ibu hamil : I. Segera setelah kehamilan terdeteksi. II. Sebulan setelah pemberian vaksin pertama, atau paling lambat dua minggu sebelum waktu kelahiran.   - Makanan penambah sel darah merah yang mengandung zat besi tinggi seperti : bayam, daun singkong, kangkung, beet merah, daging merah (sapi), hati, telur, dsb Bila bunda suka minum kopi atau teh sebaiknya dikurangi / dihentikan karena kadar kafeinnya sangat menghambat penyerapan zat besi untuk darah   Salam, Erina