SITE STATUS
Jumlah Member :
492.661 member
user online :
1502 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: hamil preeklamsia

New Topic :  
28-02-2017 20:59:58 preeklamsia...
Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : belum ada like
salam kenal bunda dwi.. mau tanya apa dlu wktu hamil kena preeklamsia?
   


Jumlah Posts : 66
Jumlah di-Like : belum ada like
Klo udah kluar flek coklat biasanya tinggal beberapa hr lagi.. aku waktu hamil pertama, siangnya kluar flek coklat, trus besok subuhnya mulai kerasa mules2, pas siang di periksa bidan udah pembukaan dua, sayangnya yg lahiran ptama ga bisa normal, karna preeklamsia, pas mau lahiran di cek tensi tinggi dan protein urine positif... waktu lahiran anak ptama di uk 40w 2d

Bunda2 dsini ada yg punya pengalaman lahiran pertama sc trus lahiran kdua normal ga? Aku pengen bgt nih yg kdua bisa normal, jarak kelahiran anak ptama sm yg kdua ini 3,5 tahun.
   
Jumlah Posts : 66
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda alin, itu kejadian aku pas hamil pertama, tensi tinggi dan protein urine tinggi, cuma ketauannya pas mau lahiran banget di uk 40w lebih 2 hari, makanya harus sc, padahal udah ada pembukaan 2, salahnya aku di uk 7 bulan ga cek urine, padahal tanda2 preeklamsia udah keliatan... klo untuk ngurangin bengkak di kaki, obgyn nyaranin aku sering jalan dan kurangi garam, atau rendem di air anget... biasanya bun, klo udah ketauan preeklamsia gtu memang harus segera dikeluarkan... tapi coba bunda konsultasikan lagi sm obgyn yg biasa bunda cek up, gimana baiknya...
   


14-10-2016 20:53:35 hamil jarak dekat pasca sc
Jumlah Posts : 7
Jumlah di-Like : belum ada like
anak pertama usia 26 bulan sc. sekarang saya lg hamil 7 minggu. kata spog jangan mikirin sc lagi harus yakin bisa normal kalo gak ada kendala. saya di bilang gitu saat nanya bun.
cuma 1 yang aku harapkan aku gak terkena preeklamsia lagi seperti anak pertama. untuk sc ataupun normal itu gak masalah asalkan bayi dan aku sehat.
   
22-03-2016 08:59:25 Kelahiran Pada Bulan Mei 2016
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda regina positif urine itu karena gejala preeklamsia, kmrn pas tensi tinggi? Soal ny saya pas hamil kmrn begitu.
   


01-12-2015 15:20:52 Pre eklamsia
Jumlah Posts : 583
Jumlah di-Like : 5

bun Choco : syukurlah ... ga nakut2in loh bun, tp temannya sobatku meninggal saat dia hamil 5 bln krn pre eklamsia. setelah cek n ricek di google itu terjadi krn adanya hypertensi dan bisa menyebabkan preeklamsia. krn bbrp minggu lalu kontrol rutin sama bidan, pas di tensi, 3x hasilnya tinggi terus... tapi  sampai saat ini saya ga ada rasa gejala2 yg bunda rasakan ... jgn sampai deh !!! 

iya betul menjaga pola makan dan jgn stres ... dibawa santai. 

sehat selalu ya bun ... 

   
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Selama masa kehamilan, Bunda harus senantiasa menjaga kondisi kesehatan Bunda dan janin yang Bunda kandung. Hal ini untuk menghindari kelainan atau komplikasi yang dapat mempengaruhi kehamilan Bunda. Salah satu yang juga harus Bunda perhatikan adalah jumlah cairan ketuban.

Cairan ketuban atau amnion adalah cairan yang memenuhi rahim.  Cairan ini diproduksi oleh buah kehamilan, yakni sel-sel trofoblas. Sejak usia kehamilan 12 minggu, janin akan mulai meminum air ketuban dan mengeluarkannya kembali dalam bentuk air seni. Jadi seperti siklus yang berulang-ulang.

Penting bagi Bunda yang tengah hamil untuk memeriksakan jumlah cairan ketuban untuk mengetahui apakah jumlahnya cukup atau kurang.  Cairan ketuban yang sedikit  atau istilah medisnyaOligohidramion dapat mengganggu kehidupan janin, hingga dapat mengakibatkan kondisi gawat janin. Sekitar  4-8 % wanita hamil di Indonesia mengalami Oligohidramion.

Bagaimana pemeriksaannya?

Dengan melakukan USG, tepatnya dengan menggunakan parameter AFI ( Amniotic Fluid Index). Pada kehamilan normal, saat cukup bulan, jumlai cairan ketuban sekitar 1000 cc atau sekitar 10 – 20 cm. Cairan ketuban dikatakan berkurang jika jumlahnya kurang dari 500 cc atau 5 cm.

Apa penyebab cairan ketuban kurang?

 Berikut beberapa diantaranya:

-          Masalah pada plasenta hingga menyebabkan  nutrisi tidak mengalir untuk janin, biasanya terjadi pada kehamilan lewat bulan.

-          Membran cairan ketuban pecah atau bocor, hingga menyebabkan cairan ketuban dalam rahim berkurang.

-          Janin tidak berkembang dengan baik.

-          Komplikasi pada Bunda hamil, seperti diabetes, preeklamsia, hipertensi yang berpengaruh pada jumlah cairan ketubannya.

Apa risiko cairan ketuban kurang?

-          Janin dapat mengalami cacat bawaan pada saluran kemih, pertumbuhannya terhambat , bahkan meninggal sebelum dilahirkan.

-          Kondisi cairan ketuban yang sedikit membuat janin seolah berada dalam ruangan sempit, yang membuatnya tidak bebas bergerak. Pada kasus yang ekstrem , sudah terbentuk amniotic band (serat amnion) yang berisiko fatal dapat memotong atau menjepit anggota tubuh janin.

-          Bila cairan merembes atau robek sebelum waktu lahir dapat menyebabkan terjadinya infeksi pada janin yang berasal dari kuman di bawah.

Bagaimana bila cairan ketuban diketahui sedikit?

-          Jalani pola hidups sehat, terutama mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang.

-          Perbanyak istirahat.

   
Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : belum ada like
preeklamsia/keracunan kehamilan yg ditandai tensi tinggi,pembengkakn yg berlebihan dikaki,tangn n wajah, ket. lbh lanjt di google aja,detail sy kurg paham jg..
sekedar share tuk smua bunda, sy selama kehamiln 1, tensi sy normal cuma mang hamil tua agak bengkak,trus sy cek lab. n hsl ny oke,lahirn dibidan pembukaan k5 tiba2 tdk sadar n kejang,dirujuk rs,lahir dgn vakum di UGD,trus msk ICU pendarhn abis 10 kantong,alhmdh 8 hr kmdian kondisi membaik,uhh perjuangn yg bener2 antr hidup n mati,makany kehamiln k2 ini ada rencana mau sc aja tp ttp berhrp norml:D
   
26-04-2015 12:03:13 hipertensi
Jumlah Posts : 543
Jumlah di-Like : belum ada like
syukur ya bund resky bs lahir dgn selamat :)

aku prnh baca d forum(sedikit cerita) jg ada ibu yg udh hamil usia 8blanan dia pnya hipertensi(krna riwayat kluarga)wktu itu tkanan drahnya udh 130/80 krna dia biasa sgitu jd ga ambil psing.
krna pngaruh kerjaan,rmh skit jauh jg dia ga priksa stlah bbrap minggu dia cek k puskesmas tekanan drahnya udh 150an,dan detak jantung bayinya lemah.
sdh d ksih rujukan k RS tp krna kerjaan dia ga k RS slama 3hari.Setelah bbrapa hari ada drah kluar,trnyata janinnya meninggal di dalam rahim krna keracunan protein(preeklamsia)..

Jd slh 1faktor yg mngkin dokternya bunda resky mlkukan CS pdhl blm HPL bs jd krna takut bayinya mngalami preeklamsia bund..
Tuk mnyelamatkan bunda dan bayi jg..
Selamat ya untuk kelahiran anaknya :)
   
20-03-2015 15:53:54 sering terasa sakit di perut
Jumlah Posts : 60
Jumlah di-Like : belum ada like

Hi bunda aku coba sharing ya dikutip dari artikel infobunda mengenai "Nyeri Perut Bawah saat Hamil" (http://www.infobunda.com/pages/articles/artikelshow.php?id=536&catid=4)

" Pada masa kehamilan, Bunda akan merasakan nyeri pada perut bagian bawah, hal ini normal dirasakan, karena peregangan ligamen untuk menahan perkembangan rahim yang semakin membesar. Namun, nyeri perut bawah pada masa kehamilan dapat menjadi masalah yang serius, walaupun hal tersebut sangat jarang terjadi.  Yuk, kita ketahui apa saja masalah serius yang menjadi penyebabnya.

Apa Saja  sih Masalah Serius tersebut?

1.       Kehamilan Ektopik

Kehamilan Ektopik adalah kehamilan yang terjadi di luar rahim. Segera periksa ke dokter, jika Bunda merasakan gejalanya, semisal:  nyeri perut bawah yang berlebihan, pendarahan atau spotting (bercak darah), rasa nyeri hebat ketika melakukan aktifitas sehari-hari dan nyeri di pundak. 

2.       Abortus Spontan

Biasanya terjadi pada 20 minggu pertama kehamilan. Spotting disertai perdarahan, merupakan gejala awalnya, diikuti dengan nyeri perut bagian bawah selama beberapa jam atau berhari-hari. 

3.       Persalinan Prematur

Salah satu gejala Persalinan Prematur adalah ketika Bunda mengalami kontraksi yang lebih sering dan menyakitkan sebelum usia kehamilan mencapai 37 minggu, dan merasakan nyeri punggung yang terus-menerus. Kontraksi tersebut tidak selalu disertai dengan pecah ketuban atau pendarahan, bahkan banyak yang tidak dapat membedakannya dengan Braxton Hicks (Kontraksi Palsu).

4.       Abrupsi Plasenta

Abrupsi Plasenta dapat menyebabkan pendarahan hebat secara tiba-tiba, namun gejala  tersebut tidak selalu sama pada tiap orang, beberapa ada yang mengalami pendarahan ringan, spotting, sakit punggung, kontraksi cepat dan sakit kepala.

5.       Preeklamsia

Preeklamsia merupakan kondisi dimana Bunda akan mengalami tekanan darah tinggi yang disertai dengan meningkatnya kadar protein dalam urin. Gejala dari preeklamsia adalah nyeri perut bawah, sakit kepala, bengkak pada bagian tubuh dan gangguan visual.

6.       Infeksi Saluran Kemih

Gejalanya adalah nyeri di bawah perut dan kesulitan untuk berkemih. ISK yang tidak ditangani akan menimbulkan masalah serius pada kehamilan.

Apa Saja Penyebab Nyeri Perut yang  Tidak Berbahaya?

Ketika Bunda memasuki masa pertengahan kehamilan, kadangkala Bunda akan merasakan rahim mengencang dan kembali normal seperti semula, jenis kontraksi ini disebut dengan Braxton Hicks atau Kontraksi Palsu. Kembung dan Konstipasi juga merupakan penyebab nyeri perut yang tidak berbahaya. 

Tidak setiap nyeri perut bawah pada kehamilan adalah berbahaya, selama nyeri tersebut berlangsung sebentar, maka aman. Rasa nyeri tersebut dapat Bunda minimalisir dengan melakukan olah tubuh ringan, berendam air hangat, perbanyak konsumsi air putih dan istirahat yang cukup. Tapi, tetaplah waspada! Jika Bunda tidak yakin mengenai aman tidaknya nyeri yang dirasakan, segera periksa ke dokter."

Semoga bermanfaat ya bun..

   
29-01-2015 14:25:04 hamil kembar
Jumlah Posts : 32
Jumlah di-Like : belum ada like
kalo kata suamiku c ga boleh madu.. sy nurut2 aj soalny suami sy dokter. hehe.. kalo kata suami c normalny hamil kembar naik berat bdn ibu tiap bulan ga boleh lbh dr 2 kg. takutnya kena preeklamsia. kyk sy nih kena preeklamsia mkanya mesti di caesar.. soalny naiknya kebanyakan beratnya.. hehe.. kan memang faktor resiko hamil kembar kan preeklamsia bun..
   
Jumlah Posts : 84
Jumlah di-Like : belum ada like
GLUCOGEN sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil & ibu menyusui. Selain menjaga kecantikan kulit sang ibu, Glucogen juga bermanfaat untuk:
- Memperkuat janin
- Melancarkan persalinan (menguatkan tulang & mengurangi resiko pendarahan serta preeklamsia)
- Menjaga daya tahan tubuh ibu
- Bayi lahir dalam keadaan bersih, tdk ada kili2 (semacam selaput berlendir)
- Mempercepat penyembuhan bekas jahitan si ibu
- Memperlancar ASI (banyak yg sampai lebih2, hingga bisa didonorkan juga)
- Kulit bayi menjadi lebih bersih & cerah
- Rambut bayi tebal & kuat
- Perkembangan bayi cenderung lebih cepat dibandingkan bayi2 seusianya.
- Bayi tampak lebih cerdas.
   
26-11-2014 11:46:56 caesar
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
maaf dok boleh nanya, skrg saya sedang hamil anak kedua baru 13 minggu, saat hamil anak pertama saya caesar waktu usia kehamilan 36 minggu karena preeklamsia berat., kata dokter yang memeriksa saya saat ini kemungkinan besar penyakit tersebut akan mengikuti kembali pada kehamilan saya kali ini dengan alasan jarak kehamilan saya yg pertama dan kedua kurang dari 5 th, dan saya harus mrlahirkan sacara caesar lagi. benarkah demikian dok? terima kasih sebelumnya.
   
Jumlah Posts : 29
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda acillia, sampe saat ini penyebab preeklamsi yg pasti belum diketahui bunda..memang pd kasus preeklamsi itu tensi tingginya tidak fimulai dati aeal kehamilan,bahkan mungkin biasanya tensiny malah normal, tetapi mendadak naik tensinya di usia lenih dari 20 minggu disertai hasil protein urin yg positif.. yg harus bunda lakukan adalah rajin kontrol ke dokter spog agar preeklamsnya terpantau dan ngga berkembang jd eklamsia .eklamsia itu preeklams yg bertmbah parah darah naik bgt diatas 150/90 Protein positif,pabdangan kabur, ada bengkak dimuka dan kaki serta bisa disertai kejang2. tetapi kalo hunda rajin mengikuti terapi dktr insyaalloh akan ada perbaikan dan tidak sampai mjd eklamsi bund.. untuk proses persalinan harus ke dokter spog krn ada terapi khusus ibu hamil dg preeklamsia.. semangad bunda..jngn stres biar ga naik tensinya. slow aja.. yakin pasti dibantu yg diatas dg berdoa dan trus kontrol dan mengikuti saran doktr... moga lancar ya bund..
   
Jumlah Posts : 34
Jumlah di-Like : belum ada like
Photobucket
Nutrisi pada ibu hamil tidak hanya untuk bayi yang ada di kandungannya, tetapi juga untuk mencegah berbagai komplikasi kehamilan dengan mengkonsumsi nutrisi yang seimbang. Pendarahan dan preeklamsia (peningkatan tekanan darah saat hamil) merupakan sebagian kecil hal-hal yang dapat memicu kematian kehamilan.

Nutrisi sangat dibutuhkan untuk menghindari gangguan-gangguan kehamilan di bawah ini:

1. Mencegah perdarahan

Anemia dan kurang darah merupakan dua dari berbagai faktor yang mengakibatkan perdarahan ketika hamil dan setelah hamil. Untuk mengatasi kurang darah bisa diatasi dengan mengkonsumsi banyak zat besi, tapi di trimester pertama sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsinya karena dapat menyebabkan mual. Dan nutrisi yang dibutuhkan untuk mengurangi resiko perdarahan adalah kalsium, asam folat, vit B kompleks dan vit A.

2. Mencegah preeklamsia

Mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan dapat mencegah penyakit yang menyebabkan tekanan darah tinggi saat hamil ini. Buah dan sayuran yang mengandung vit C, A, dan E perlu banyak dikonsumsi untuk menghindari terkena penyakit ini.

3. Mencegah Infeksi

Menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh sangat diperlukan untuk menghindari terserang infeksi, maka dari itu ibu hamil diajurkan untuk meningkatkan makanan yang mengandung vit A, seng, zat besi, tembaga, dan vit B kompleks.

Banyak tips-tips berguna untuk ibu hamil bisa didapatkan disini. Atau dapat saling sharing mengenai pengalaman pribadi ketika dalam masa kehamilan.